fbpx

4 Karakteristik Bahan Bimo Untuk Tas

bahan bimo untuk tas

bagikan artikel ini kepada teman

Bila membahas tas dengan spesifikasi terbaik tentu salah satu faktor pendukung yang akan diperhatikan adalah dari segi jenis bahan pembuatannya. Dan pernyataan tersebut juga tidaklah salah mengingat material pembuatan adalah hal dasar sekaligus utama dalam pembentukan sebuah tas. Namun diantara banyaknya jenis bahan tas yang ada, siapa sangka bila bahan bimo merupakan salah satu yang paling banyak direkomendasikan.

Bila menyebutnya dengan nama bahan bimo mungkin banyak orang masih merasa asing, namun bagaimana dengan nama bahan cordura? Karena pada dasarnya baik bahan bimo maupun cordura merupakan jenis bahan yang sama namun dengan penyebutan berbeda. Dan pada awal kemunculanya sendiri, bahan bimo ini digunakan sebagai material pembuatan baju para tentara pada masa perang dunia ke 2 dikarenakan karakteristik unggul yang dimilikinya.

Setelah digunakan sebagai bahan pakaian perang, memasuki tahun 1977 bahan bimo mulai mengalami revolusi dan beralih menjadi bahan dasar pembuatan tas dengan banyak variasi dan keunggulan. Dibuat menggunakan campuran beberapa bahan seperti nilon, katun, atau serat lainnya sehingga bukan hanya berkembang dari segi tampilan dan warna saja, melainkan juga dengan kualitas serta daya tahan yang dimiliki sehingga menjadi lebih sesuai dengan tujuan penggunaan sekaligus dapat mendukung fungsi dari sebuah tas semakin maksimal.

Meskipun dikenal sebagai bahan premium yang memiliki banyak keunggulan, tetap saja agar daya tahannya dapat terjaga dalam jangka waktu lama, sebagai pengguna tentu tetap diharuskan untuk merawat dan rajin membersihkan tas agar umur pemakaiannya dapat lebih lama. Dan bila dibandingkan dengan jenis bahan lain, sebut saja seperti kulit atau kanvas, jenis bahan bimo ini justru memiliki cara membersihkan yang lebih mudah, seperti berikut ini:

1. Sikat perlahan permukaan tas 

Dalam membersihkan sebuah tas berbahan bimo yang memiliki kotoran tidak membandel atau berupa debu, sebagai pengguna anda bisa memanfaatkan adanya sikat berbulu halus untuk menyikat permukaannya secara perlahan guna menghilangkan kotoran yang menempel tersebut. Dalam hal ini pastikan terlebih dahulu bila sikat memiliki bulu yang halus agar tidak merusak tekstur permukaan bahan. Untuk sikat yang digunakan juga bisa sikat kering atau setengah basah agar lebih mudah dalam mengangkat kotoran yang menempel.

2. Bersihkan tas menggunakan lap 

Cara lain yang dapat di lakukan untuk membersihkan tas berbahan bimo adalah dengan menggunakan lap. Bila sikat digunakan untuk menghilangkan kotoran yang tidak membandel maka lain halnya dengan lap yang justru di manfaatkan untuk mengangkat noda membandel. Untuk penggunaan lapnya sendiri pastikan bila lap juga memiliki tekstur lembut.

Hal yang harus dilakukan untuk membersihkan tas bahan bimo menggunakan lap adalah dengan membasahi lap terlebih dahulu menggunakan air yang sudah dicampur sedikit sabun, setelah itu lap ditekan tekan serta di gosok secara perlahan pada permukaan tas yang bernoda hingga noda mulai pudar dah hilang, Hal ini bisa dilakukan karena permukaan bahan bimo yang licin dan kecilnya pori pori membuat noda menjadi cukup sulit terserap sehingga dapat dengan mudah ditarik keluar dari serta bahan.

3. Keringkan dengan cara diangin anginkan

Sedangkan untuk tahap terakhir pembersihan, tas berbahan bimo memiliki cara yang sma dengan jenis tas bahan lain yaitu di keringkan dengan cara diangin anginkan saja karena bila terkena sinar matahari secara langsung akan membuat warnanya menjadi cepat pudar dan nampak kusam.

Dan itu dia sedikit informasi seputar bahan bimo beserta dengan cara membersihkannya yang mudah untuk diterapkan. Namun setelah mengetahui hal tersebut, agaknya akan terasa kurang bila tidak menyimak juga karakteristik utama yang dimiliki oleh bahan bimo sendiri, seperti dalam pembahasan berikut ini:

4 Karakteristik Bahan Bimo Untuk Tas

Merupakan bagian dari bahan cordura yang merupakan jenis bahan premium, tentu bahan bimo sendiri juga kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tas dengan spesifikasi terbaik, dengan adanya hal tersebut maka sudah barang pasti bila bahan bimo tersebut juga dilengkapi dengan karakteristik terbaik pula sebagai sebuah bahan pembuatan tas unggulan. Dan adapun karakteristik bahan yang dimiliki tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bahan tebal dan tidak menerawang

Karakteristik pertama yang dimiliki oleh sebuah bahan bimo adalah bahannya yang tebal dan tidak menerawang. Dalam hal pemilihan tas, tentu karakteristik tersebut akan menjadi poin yang penting untuk dipertimbangkan, karena tingkat kekuatan sebuah bahan untuk menahan sebuah bobot atau beban juga dipengaruhi oleh ketebalan bahan itu sendiri, dan tentu semakin tebal bahan akan memberikan kekuatan lebih besar juga menghasilkan finishing produk yang tidak menerawang.

Dan bahan bimo merupakan salah satu bahan pembuatan tas yang dilengkapi dengan karakteristik tersebut, sehingga tidaklah heran bila dengan ketebalannya tersebut menjadikan bahan bimo lebih sering dimanfaatkan untuk membuat tas dengan penggunaan berat karena dirasa memiliki kekuatan serta daya tahan baik. Selain itu tas yang dibuat menggunakan bahan bimo ini dikenal tidak menerawang tanpa perlu tambahan pelapis dibagian dalamnya.

2. Memiliki permukaan yang bertekstur dan panas

Selain tebal, bahan bimo juga memiliki permukaan bahan yang bertekstur sehingga bila disentuh akan terasa sedikit kasar, selain itu pori porinya yang kecil menjadikan bahan ini memiliki sirkulasi udara cukup buruk dan membuat terasa sedikit panas saat digunakan. Dan karena hal tersebut lah bahan bimo jarang dimanfaatkan untuk menjadi material pembuatan sebuah pakaian, andai akan dibuat menjadi sebuah pakaian pun umumnya akan diberikan lapisan furing terlebih dahulu agar tidak langsung bersentuhan dengan kulit.

Dengan alasan tersebut pula lah bisa dibilang pemanfaatan bahan bimo yang paling tepat adalah dengan dijadikan sebagai sebuah tas. Dikarenakan teksturnya yang cukup kasar dan karakteristik bahannya yang panas karena tidak memiliki sirkulasi udara baik lebih cocok untuk dijadikan sebuah tas dengan spesifikasi baik.

3. Waterproof dan mengkilap

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bila bahan bimo ini memiliki karakteristik bahan yang panas karena sirkulasi udaranya yang kurang baik dikarenakan pori porinya kecil juga serat rapat, namun karena hal tersebut juga lah bahan bimo ini memiliki karakteristik bahan lain yang menguntungkan bila dijadikan sebagai sebuah tas sekaligus penguat alasan kenapa bahan ini banyak dijadikan untuk tas kegiatan outdoor.

Dan karakteristik bahan yang dimaksud tersebut adalah permukaannya yang cukup licin dan mengkilap sekaligus waterproof atau daya tahan baik terhadap air yang memiliki tingkatan cukup tinggi, sehingga tas yang terbuat menggunakan bahan ini tentu akan lebih mampu dan aman untuk melindungi barang didalamnya dari basahnya air intensitas sedang tanpa bantuan rain cover, sekaligus menghalau noda untuk menempel.

4. Bobot bahan ringan

Meskipun memiliki karakteristik bahan yang tebal dan bertekstur namun siapa sangka bila bahan bimo ini justru tetap hadir dengan bobot ringan sehingga tidak akan mempengaruhi atau menambah beban dari tas yang digunakan saat membawa barang bawaan dengan bobot cukup berat. Dan hal tersebut merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan masuk dalam spesifikasi sebuah tas guna memaksimalkan penggunaannya.

Itu dia beberapa karakteristik yang dimiliki oleh bahan bimo yang banyak dipilih digunakan dalam pembuatan tas sehingga menghasilkan tas dengan kualitas dan mutu terjamin. Namun untuk mendapatkan tas dengan spesifikasi terbaik, sebetulnya bukan hanya dilihat dari jenis bahannya saja, melainkan juga tetap dari detail jahitan serta kerapian sehingga segi kekuatan serta daya tahannya lebih terjamin.

 

Tas yang kerap dibuat menggunakan bahan bimo tersebut biasanya memang dikenal memiliki kualitas baik dan terjamin serta harga yang tidak begitu mahal, maka dari itu ada banyak orang atau pihak penyelenggara sebuah acara yang memilih bahan bimo sebagai material pembuatan tas custom guna berbagai keperluan komersil karena dirasa memiliki tampilan baik juga keawetan terjamin.

Namun seperti sudah disinggung sebelumnya, bila sebuah tas yang baik bukan hanya dilihat dari jenis bahannya saja melainkan juga dinilai dari kemampuan produsen tas dalam menghasilkan produk tas. Maka dari itu, dalam pemilihan tas untuk keperluan suatu acara akan lebih baik bila mempertimbangkan pula tentang jasa pembuatan tas custom tersebut.

Dan dalam hal ini Karya Bintang Abadi adalah solusi tepat sebagai jasa pembuatan tas custom terpercaya juga andalan untuk menghasilkan produk tas yang memuaskan tersebut. Sudah berdiri sejak tahun 2007 tentu menjadikan pabrik tas ini memiliki banyak pengalaman dan juga pencapaian baik.

Jadi tidaklah heran bila mulai dari perorangan, kelembagaan, perusahaan kecil sampai besar, berbagai perguruan tinggi dan instansi pemerintahan selalu mempercayakan kebutuhan tas customnya selama lebih dari 10 tahun. Hal ini juga didasari karena di Karya Bintang Abadi tersedia banyak menyediakan pilihan model serta desain tas kekinian yang memiliki tampilan trendi namun juga berfungsi secara maksimal.

Terlebih seluruh pesanan tas yang masuk juga akan dikerjakan secara langsung oleh tenaga ahli di pabrik sendiri sehingga detail jahitan baik itu kerapian maupun kerapatan akan lebih terjamin dan menghasilkan produk tas terbaik dengan kekuatan serta ketahanan yang tidak perlu diragukan lagi untuk digunakan dalam segala jenis kegiatan dalam jangka waktu lama.

Bukan itu saja, karena Karya Bintang Abadi juga selalu memastikan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para customer maupun calon customer dengan cara pemesanan mudah dan cepat yang akan didampingi oleh para customer service ramah dan tanggap dalam membantu segala proses pemesanan maupun menjawab segala pertanyaan terkait detail produk dan estimasi harga. Dengan segala kelebihan serta kemudahan tersebut, segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan tas dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp