fbpx

Cara Mudah Memperbaiki Resleting Tas Rusak Yang Jarang Diketahui

memperbaiki resleting tas

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang jenis barang multifungsi dalam kehidupan sehari hari, tentu kita semua setuju bukan jika tas merupakan salah satunya. Yang mana, selain dapat berperan sebagai aksesoris penunjang penampilan, tas diketahui juga memiliki fungsi atau peran utama sebagai sebuah wadah untuk menampung sekaligus menyimpan segala jenis barang keperluan yang akan dibawa oleh seseorang selama menjalani beragam mobilitas diluar rumah. Maka dari itu dikarenakan hal tersebut pula lah, umumnya sebuah tas akan disengaja dibuat sebaik mungkin dengan banyak bagian penting, agar dapat digunakan secara maksimal.

Dimana, diantara banyaknya jenis bagian penting pada sebuah tas yang dirasa dapat mendukung kemaksimalan kinerjanya tersebut, bagian resleting bisa dibilang merupakan salah satu yang dianggap memiliki peran paling krusial serta dibutuhkan. Mengingat jika yang dimaksud dengan resleting pada tas sendiri sebetulnya dalam hal ini merujuk pada suatu alat mekanis yang biasanya bisa terbuat dari logam atau plastik, dan terdiri dari dua sisi saling terkait dengan gigi-gigi kecil yang dapat disatukan atau dipisahkan menggunakan sebuah slider atau penarik resleting, karena berfungsi sebagai alat penutup atau pembuka tas.

Yang mana, selain berfungsi utama sebagai alat untuk membuka atau menutup bagian tas dengan mudah, adanya resleting pada sebuah tas pun sebetulnya dalam hal ini juga memiliki sejumlah fungsi penting lainnya pula. Oleh sebab itu sebuah resleting tas biasanya akan sengaja dibuat menggunakan jenis bahan bersifat kuat serta tahan lama, seperti logam atau jenis plastik berkualitas. Karena secara garis besar, adapun sejumlah fungsi penting dari resleting tas selain untuk membuka dan menutup tas, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Keamanan

Bukan hanya memiliki fungsi untuk membuka dan menutup tas saja, karena selain itu resleting tas dalam hal ini tentunya juga difungsikan untuk membantu menjaga barang-barang di dalam tas agar tidak jatuh atau tercecer. Dimana dengan adanya resleting yang bisa ditutup rapat ini, tentu nantinya barang-barang di dalam tas akan lebih aman dari pencurian atau juga kehilangan.

2. Kemudahan Penggunaan

Jika dibandingkan dengan metode penutupan tas lainnya, misalnya saja seperti kancing, magnet, atau gesper, bisa dibilang jenis metode penutupan tas menggunakan resleting memang jauh terasa lebih mudah, cepat, juga praktis dilakukan. Apalagi kemudahan yang dimaksud pun dalam hal ini juga bukan hanya dari segi cara menutup atau membuka tas saja, melainkan juga meliputi kemudahan dalam hal mengakses barang didalam tas pula.

3. Perlindungan dari Cuaca

Karena umumnya terbuat dari jenis bahan seperti logam atau plastik, serta dapat tertutup secara rapat, hal ini pun ternyata juga membuat adanya sebuah resleting pada tas memiliki fungsi untuk menjaga isi didalam tas dari berbagai faktor kerusakan eksternal juga, baik itu berupa air hujan, debu, hingga jenis kotoran lain. Oleh sebab itu, selain tidak akan tercecer barang barang didalam tas beresleting pun umumnya akan lebih aman dari faktor kerusakan eksternal.

4. Membuat Tas Lebih Terorganisir

Adanya penggunaan resleting pada sebuah tas ternyata dalam hal ini juga dapat membuat barang bawaan pengguna menjadi lebih terorganisir. Dimana hal tersebut pun sebetulnya tidak terlepas dari tas beresleting yang biasanya kan memiliki sejumlah kompartemen tambahan beresleting pula sehingga membuat penyimpanan barang menjadi lebih tertata dan mudah di atur.

5. Estetika

Selain memiliki fungsi sebagai alat bantu yang mempermudah penggunaan tas, ternyata dalam hal ini resleting pada tas juga dapat difungsikan pula untuk memberikan sentuhan estetika tambahan pada desain tas, sehingga nantinya dapat menambah nilai visual dan gaya pada tas menjadi semakin terlihat menarik juga modis.

Cara Mudah Memperbaiki Resleting Tas Yang Jarang Diketahui

Dan karena memiliki sejumlah fungsi penting yang dapat menunjang serta meningkatkan kinerja sebuah tas sebagaimana sudah disebutkan di atas, tentu adanya hal tersebut secara tidak langsung menjadikan keberadaan dari resleting pada sebuah tas perlu untuk selalu diperhatikan. Mengingat jika adanya resleting tas yang baik, kuat, dan tahan lama dalam hal ini pun dinilai dapat mempengaruhi kualitas dan kemaksimalan kinerja tas pula. Oleh sebab itu, saat mencari tas untuk keperluan mobilitas harian, ada baiknya untuk mengetahui sejumlah ciri-ciri khusus dari resleting tas yang berkualitas, berikut ini:

1. Bahan Berkualitas: Resleting yang berkualitas umumnya akan memiliki ciri utama berupa terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, misalnya saja seperti logam atau bahan plastik yang berkualitas tinggi. Dimana umumnya jenis bahan bahan tersebut memang dinilai akan lebih tahan terhadap gesekan dan tekanan yang sering terjadi pada tas.

2. Gigi Resleting Kuat: Bukan hanya jenis bahan yang perlu diperhatikan saat menentukan resleting pada tas berkualitas baik atau tidak, karena selain itu gigi resleting yang terdapat pada resleting tas pun umumnya juga harus terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama. Mengingat jika gigi resleting yang berkualitas tinggi tentu akan lebih sulit rusak atau patah meskipun digunakan secara intensif.

3. Slider Lancar: Slider atau penarik resleting dalam hal ini bisa dibilang merupakan salah satu bagian paling penting bagi sebuah resleting karena berperan untuk menutup serta membuka gerigi resleting. Oleh sebab itu, hendaknya sebuah slider resleting terbuat dari bahan yang kuat dan mudah digunakan. Karena penggunaan dari slider yang berkualitas tentu akan membuat proses membuka dan menutup tas menjadi lebih lancar dan nyaman.

4. Kerapihan Jahitan: Bukan hanya kualitas dari resletingnya saja yang perlu diperhatikan ciri cirinya, karena selain itu bagian kerapihan jahitan pada resleting pun umumnya dalam hal ini juga memegang peranan penting. Dimana jahitan pada resleting tersebut biasanya memang diharuskan rapi dan kuat untuk membantu resleting tetap dalam posisi yang benar, dan tidak rusak, macet atau tersendat karena terganjal sisa benang dari bagian jahitan.

5. Desain dan Konstruksi: Selain beberapa hal di atas, ciri ciri dari resleting tas yang berkualitas dalam hal ini juga bisa didasarkan dari desain dan konstruksi yang baik pula. Dimana resleting yang berkualitas, umumnya harus dipasang dengan konstruksi rapat juga kuat, agar nantinya tidak mudah bergeser dan rusak akibat tekanan atau tarikan yang kuat dan berulang.

Namun, bagaimana jika ternyata resleting tas sudah terlanjur rusak dan tidak dapat berfungsi secara normal lagi? Mengingat jika adanya resleting pada tas sendiri pun dalam hal ini diketahui memiliki banyak fungsi penting. Sehingga perkara memperbaiki resleting tas yang rusak agaknya akan menjadi salah satu tantangan yang cukup sulit untuk dilakukan. Tetapi meskipun begitu, ketimbang memutuskan untuk mengganti resleting secara keseluruhan, sepertinya ada baiknya bagi kita untuk mencoba beberapa cara memperbaiki resleting tas yang rusak berikut ini terlebih dahulu:

1. Menaburi bedak 

Cara memperbaiki resleting tas rusak yang pertama bisa dengan cara mengoleskan atau menaburi pelumas kering pada bagian resleting. Dimana untuk menerapkan cara ini, umumnya kita diharuskan untuk menyiapkan bedak bayi terlebih dahulu, lalu gunakan sikat gigi bekas yang sudah dibersihkan untuk membersihkan gigi resleting dari debu atau kotoran yang menempel. Karena sebelum mulai mengoleskan pelumas kering pada bagian resleting, hendaknya kita perlu untuk memastikan jika resleting tas tersebut sudah dalam keadaan bersih.

Dan jika permukaan resleting tas dirasa sudah bersih, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mulai mengoleskan atau menaburi pelumas kering berupa beda tersebut secara merata di sepanjang gigi resleting menggunakan jari atau kain bersih untuk melakukannya. Yang mana, agar cara tersebut dapat berjalan maksimal, ada baiknya untuk memastikan pelumas meresap ke gigi resleting dengan baik dan dilakukan secara berulang. Sehingga ketika slider ditarik, nantinya dapat bergerak secara lancar dan tidak terhambat.

2. Menggunakan Gunakan Lilin

Memperbaiki resleting tas yang rusak selanjutnya juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan lilin, dimana memperbaiki resleting menggunakan lilin ini umumnya banyak dilakukan untuk mengatasi resleting yang macet atau sulit digerakkan. Dimana, sebelum mulai mengoleskan lilin pada alur resleting, hendaknya kita diharuskan untuk membersihkan gigi resleting dan area sekitarnya dari debu atau kotoran dengan lembut menggunakan sikat gigi atau lap bersih terlebih dahulu.

Yang mana, jika permukaan resleting tas tersebut dirasa sudah bersih dan terhindar dari segala jenis kotoran, maka langkah selanjutnya adalah kita perlu mulai untuk menggosokan lilin secara perlahan dan merata di sepanjang gigi resleting. Namun perlu diingat, ketika melakukan proses penggosokan ini pastikan jika lilin sudah menutupi gigi resleting secara merata, dengan cara menggeserkan slider atau penarik resleting beberapa kali ke atas dan ke bawah untuk memastikan lilin sudah melumasi gigi resleting dengan baik.

Dimana, agar hasil dari proses perbaikan resleting tas menggunakan lilin ini dapat berjalan maksimal, disarankan bagi kita untuk menggunakan lilin dengan jumlah yang cukup banyak dan lakukan secara berulang hingga alur resleting menjadi terasa lebih lancar juga ringan kembali. Tetapi jika resleting pada tas terasa masih macet macet, maka ada baiknya untuk membawa ke tukang jahit atau toko reparasi resleting saja guna mendapatkan bantuan. Mengingat bahwa penggunaan lilin ini sebetulnya adalah solusi sementara untuk mengatasi resleting tas yang bermasalah.

3. Sesuaikan Posisi Slider

Selain menggunakan bantuan bahan bahan khusus seperti pelumas kering atau lilin, ternyata untuk memperbaiki resleting tas yang rusak  kita bisa juga menggunakan cara berupa menyesuaikan posisi slider. Dimana, untuk cara memperbaiki ini, bisa dibilang memang dikhususkan untuk resleting tas yang mengalami masalah karena keluar dari jalurnya, sehingga terasa berat atau bahkan stuck ketika akan ditarik. Yang mana, adanya masalah seperti ini sebetulnya bisa dibilang memang cukup umum dijumpai pada jenis jenis tas beresleting, terutama tas yang digunakan dengan kasar.

Dan untuk memperbaiki resleting tas menggunakan cara ini, adapun hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa letak slider berada di jalur yang benar, dan jika sekiranya slider memang keluar dari jalurnya, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah coba geserlah kembali slider tersebut ke posisi yang seharusnya menggunakan jarum atau benda kecil berujung tajam lainnya. Setelah itu dorong slider ke atas atau ke bawah agar sesuai dengan gigi resleting secara perlahan sampai nantinya berada pada jalur seharusnya dan tidak macet lagi ketika ditarik.

4. Periksa dan Ganti Penarik Resleting

Memperbaiki resleting tas yang rusak, bisa juga dilakukan dengan cara memeriksa dan mengganti penarik resleting. Namun sebelum itu, tentu ada baiknya untuk memeriksa bagian penarik resleting terlebih dahulu untuk melihat apakah ada kerusakan atau hanya keausan saja yang menyebabkan resleting sulit menjadi digerakkan. Dan jika ternyata kerusakan disebabkan karena penarik resleting rusak, patah, atau tidak berfungsi dengan baik, maka kita memang diharuskan untuk mengganti penarik resleting tersebut.

Yang mana, untuk mengganti penarik resleting dengan yang baru hendaknya kita perlu melepas penarik resleting yang lama terlebih dahulu menggunakan gunting atau alat pemotong berukuran kecil agar bisa dipakai untuk menarik bagian yang rusak. Tetapi sebelum itu, ada baiknya untuk membeli penarik resleting sesuai dengan ukuran tas agar nantinya penarik resleting yang baru tersebut dapat berfungsi secara baik. Dan jika sudah, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memasang penarik resleting yang baru ke gigi resleting dengan kuat dan rapi menggunakan bantuan tang kecil.

5. Perbaiki Gigi Resleting yang Patah

Untuk memperbaiki resleting tas rusak, khususnya pada bagian gigi resleting yang patah hendaknya kita bisa melakukannya dengan cara menyiapkan tang, pinset kecil, gigi resleting baru dan juga lem khusus untuk kain atau bahan sintetis. Yang mana, jika seluruh alat serta bahan untuk memperbaiki resleting tas tersebut sudah lengkap tersedia, maka langkah selanjutnya adalah mulai meluruskan gigi resleting yang patah menggunakan tang berukuran kecil secara hati-hati agar tidak merusak gigi resleting lainnya.

Jika gigi resleting sudah kembali lurus, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan alur gigi resleting tersebut menggunakan pinset kecil atau kuas lembut, untuk memastikan jika tidak ada lagi kotoran atau bahkan serpihan dari gigi resleting yang rusak. Dan bila bagian bagian tersebut sudah dijamin aman, maka proses selanjutnya kita bisa mulai menempelkan gigi resleting baru pada posisi yang tepat di atas gigi resleting yang rusak, dan pastikan gigi resleting baru tersebut terpasang secara rapi, pas dan baik menggunakan lem khusus untuk kain atau bahan sintetis.

Namun, jika setelah lem mengering dan gigi resleting tetap tidak bisa berfungsi baik maka ada baiknya untuk membawa tas tersebut ke tukang jahit atau reparasi tas saja. Mengingat jika perbaikan menggunakan cara ini bisa dibilang memang adalah salah satu cara alternatif memperbaiki tas secara mandiri. Oleh sebab itu, jika sekiranya hasil dari perbaikan mandiri tersebut kurang maksimal, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan tas dibawa ke tukang jahit atau toko reparasi resleting untuk mendapatkan bantuan yang lebih profesional.

Nah, itu dia sejumlah cara memperbaiki resleting tas yang agaknya perlu untuk diketahui. Apalagi dalam hal ini  sebetulnya terdapat banyak tipe kerusakan yang sering dijumpai pula pada sebuah resleting tas, misalnya seperti resleting macet, slider rusak, gigi resleting patah, slider keluar dari jalur, kain resleting robek, dsb. Yang mana adanya beberapa kerusakan tersebut pun umumnya bisa saja terjadi karena sejumlah faktor, diantaranya seperti karena kotoran yang menumpuk di gigi resleting, penggunaan kasar, penyimpanan tidak tepat, umur pakai, dsb. Oleh sebab itu, sebelum mengalami kerusakan ada baiknya bagi kita untuk selalu memastikan kondisi resleting.

 

Dikenal memiliki fungsi penting dalam menunjang kinerja sebuah tas, tentu adanya resleting dalam hal ini memang dianggap memiliki peran sangat penting bagi sebuah tas. Dimana untuk mendapatkan tas dengan kualitas resleting baik tersebut, tentu kita membutuhkan adanya produsen tas berpengalaman dan terbaik pula, terlebih jika tas itu nantinya akan dipakai untuk jenis kebutuhan komersil, misalnya seperti tas untuk keperluan bingkisan, souvenir, hingga media promosi yang umumnya diharuskan memiliki tampilan spesial lebih berkesan dan menarik. Yang mana untuk mewujudkan hal itu, hendaknya kita bisa mengandalkan jasa pembuatan tas terbaik juga andalan.

Dan adapun salah satu penyedia jasa pembuatan tas custom terbaik, terpercaya juga berpengalaman yang bisa diandalkan tersebut adalah Karya Bintang Abadi. Karena dengan mengandalkan Karya Bintang Abadi sebagai pilihan, anda sebagai customer dijamin akan merasa puas dengan hasil tas custom. Mengingat jika dalam hal ini , Karya Bintang Abadi sendiri pada dasarnya juga dikenal sebagai pabrik tas custom andalan yang selalu menyediakan berbagai pilihan model, desain serta bahan baku pembuatan tas sebagai pilihan para customer untuk mempertahankan kredibilitas baik yang dimilikinya.

Apalagi sebagai pabrik tas custom terbaik, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui selalu memperhatikan kenyamanan serta keamanan dari proses pemesanan tasnya, sebab pabrik tas ini pun sudah berlegalitas dan sah secara hukum, serta memiliki cara pemesanan tas mudah dan cepat, baik secara online maupun offline yang akan dibantu langsung oleh customer service ramah juga tanggap dalam membantu segala kebutuhan customer akan pemesanan tas. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom guna berbagai keperluan acara agar terasa semakin berkesan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp