Jika berbicara tentang alat strategis yang secara ideal dan efisiensi dapat digunakan dengan bijak serta mampu memberikan dampak maupun kesan positif yang signifikan bagi hubungan bisnis dan citra perusahaan, tentu kita semua setuju bukan jika keberadaan dari adanya sebuah corporate gift yang bermakna adalah salah satunya, terutama jika corporate gift tersebut berasal dari jenis barang fungsional, contohnya saja seperti tas. Karena tidak dapat dipungkiri, jika diantara banyaknya jenis barang fungsional yang dapat dijadikan sebagai hadiah, corporate gift tas bisa dibilang memang adalah salah satu yang paling populer dan dinilai efektif.
Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja berjalan lurus dengan pengertian dari corporate gift itu sendiri yang dalam hal ini sebetulnya merupakan sebuah istilah untuk menyebutkan suatu barang atau bahkan bisa juga jasa, yang secara khusus dan sengaja disediakan oleh sebuah perusahaan untuk nantinya diberikan kepada pihak pihak terkait, mulai itu dari client, mitra bisnis, maupun calon pelanggannya dengan tujuan yang tentu saja berbeda beda. Dan adapun sejumlah tujuan utama dari diadakannya sebuah corporate gift ini diantaranya saja adalah seperti untuk membangun serta mempererat hubungan karena merupakan simbol dari niat baik.
Sebagai media penting untuk menjaga loyalitas klien maupun calon mitra bisnisnya agar mau terus berkolaborasi bersama dalam jangka waktu panjang, menjadi wujud dari ungkapan rasa terimakasih dan apresiasi atas kerja keras dan dukungan client yang dimaksudkan agar mereka merasa lebih dihargai dan terkesan, menunjukan perhatian perusahaan terhadap detail yang berkaitan dengan kesan profesionalnya, membangun brand awareness maupun branding diri agar client maupun mitra bisnis memiliki ingatan yang baik dengan perusahaan kita, serta bisa juga untuk kepentingan branding personal perusahaan yang mungkin akan berpotensi menjangkau audiens baru.
Yang mana, dikarenakan memiliki sejumlah tujuan utama penting serta mendalam tersebut juga lah, corporate gift ini umumnya bisa sangat bervariasi bentuknya, dan biasanya pemilihannya pun akan didasarkan pada tujuan, penerima, hingga anggaran perusahaan. Dan selain daripada corporate gift tas maupun gift dalam bentuk barang barang fungsional lainnya, dapat diketahui jika tidak sedikit pula perusahaan perusahaan yang secara sengaja justru akan menghadirkan hadiah hadiah menarik dalam wujud berbeda. Katakan saja seperti hadiah eksklusif yang bernilai tinggi seperti gadget elektronik, hingga voucher dan produk produk terbaik dari perusahaannya sendiri.
Karena tidak dapat dipungkiri, jika dalam pemilihan jenis hadiah untuk kepentingan corporate gift ini, banyak perusahaan umumnya memang akan memberikan corporate gift tas maupun corporate gift jenis lainnya dengan mempertimbangkan beberapa hal, namun yang paling utama dan pertama memang adalah adanya kualitas dan fungsionalitas baik yang sesuai dengan kebutuhan penerima, memiliki sentuhan personalisasi yang dapat membuat hadiah tersebut dapat lebih berkesan, serta kesesuaian dengan kebijakan etika yang berlaku agar tujuan pengadaan dari adanya corporate gift tersebut betulan dapat menghasilkan makna yang mendalam bagi penerimanya.
Daftar Isi
ToggleCorporate Gift Tas
Menjadi bagian penting yang dikenal memiliki banyak tujuan krusial dan mampu mendukung jalannya kerjasama antara perusahaan dengan client,maupun mitra bisnisnya agar dapat berlangsung lancar dan tahan lama, tentu secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari adanya corporate gift ini umumnya akan sengaja dipersiapkan secara matang, sehingga nantinya pemberian corporate gift tas maupun corporate gift berwujud lainnya dapat sungguhan memberikan kesan dan makna mendalam yang melekat di hati serta ingatan penerimanya. Dimana untuk mewujudkan hal tersebut biasanya mereka akan memperhatikan adanya psikologi corporate gifting yang dinilai dapat membuat keberadaan dari suatu corporate gift menjadi lebih efektif, seperti berikut ini:
Psikologi Corporate Gifting yang Efektif
Secara garis besar, memperhatikan psikologi corporate ternyata juga dianggap sebagai bagian efektif yang krusial untuk diperhatikan ketika akan atau sedang mempersiapkan corporate gift. Karena tidak dapat dipungkiri, jika persiapan hadiah perusahaan tanpa memahami atau memperhatikan aspek aspek psikologisnya, justru mungkin saja akan berakibat buruk dan sia sia. Mengingat, adanya psikologi corporate gift yang efektif ini pun pada dasarnya memang sudah dianggap masuk ke dalam jajaran strategi yang kuat untuk membangun hubungan maupun untuk mencapai tujuan bisnis jangka panjang serta menjadikan pemberian hadiah tersebut sebagai strategi bisnis cerdas.
Dan sebagai bagian dari strategi bisnis yang telah dianggap menjadi salah satu langkah bisnis cerdas, tentu secara tidak langsung hal tersebut memang sudah menjadikan tindakan atau pengadaan corporate gift ini kemudian bukan lagi hanya menjadi sebuah kegiatan memberikan hadiah saja. Melainkan adanya tindakan tersebut pun secara efektif memang sudah dianggap pula sebagai alat atau media untuk menciptakan dampak positif yang langgeng pada hubungan bisnis dan citra perusahaan dengan client maupun mitra bisnisnya. Oleh sebab itu, didasarkan dari hal tersebut setidaknya terdapat psikologi corporate gifting efektif yang perlu diketahui, diantaranya seperti berikut ini:
Reciprocity atau Prinsip Timbal Balik
Hal pertama yang biasanya termasuk ke dalam psikologi corporate gifting adalah adanya prinsip timbal balik atau reciprocity. Dimana dapat dikatakan jika adanya prinsip ini hendaknya adalah suatu fenomena psikologis yang paling kuat dan mendasar dalam sebuah interaksi manusia. Sehingga ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik untuk kita, maka secara naluriah kita pun akan merasakan adanya dorongan untuk membalas kebaikan tersebut dengan cara yang setara atau bahkan lebih besar, dalam dalam konteks corporate gifting ini sendiri biasanya suatu suatu perusahaan akan secara sengaja memberikan hadiah sebagai bentuk dari inisiatif awalnya.
Yang mana, berawal dari hal tersebut lah nantinya akan muncul feeling of indebtedness yang akan membuat pihak penerima menjadi memiliki perasaan ingin membalas pemberian hadiah tersebut meskipun pemberian hadiah tersebut dilakukan tanpa pamrih. Dan untuk menghilangkan perasaan indebtedness tersebut, biasanya pihak penerima akan cenderung mengambil tindakan yang menguntungkan pemberi dengan balasan yang bisa bervariasi dan tidak melulu sebuah hadiah berwujud barang, melainkan bisa juga dengan loyalitasnya dan bahkan juga dengan peningkatan kerjasama yang dapat berlangsung secara lebih baik dan dalam jangka waktu yang lebih lama pula.
Pengakuan dan Rasa Apresiasi
Psikologi corporate gifting yang efektif selanjutnya adalah adanya rasa apresiasi dan pengakuan, dimana adanya hal ini pun tentu saja berkaitan erat dengan bagaimana setiap orang ingin merasa dihargai juga diakui. Oleh sebab itu, memberikan sebuah corporate gift tas maupun corporate gift dalam bentuk lain umumnya sangat membutuhkan perhatian khusus, sehingga nantinya keberadaan dari hadiah tersebut secara cermat dapat sungguhan menunjukan bahwa kita betulan menghargai keberadaan dan kontribusi penerima hadiah tersebut. Dan didasarkan dari hal tersebut, wajar saja bukan jika dalam psikologi corporate gifting yang efektif ini pengakuan dan rasa apresiasi ini kemudian dianggap begitu penting untuk menyampaikan pesan emosional yang mendalam secara eksplisit.
Endowment Effect atau Efek Kepemilikan
Efek kepemilikan atau endowment effect adalah psikologi corporate gifting selanjutnya yang juga dikenal efektif dan perlu untuk diperhatikan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dengan memanfaatkan endowment effect ini perusahaan nantinya dapat memastikan bahwa hadiah yang akan diberikan bukan hanya sekedar sebuah barang saja, tetapi juga merupakan salah satu bentuk atau wujud dari aset emosional yang berharga di mata penerimanya dengan maksud serta tujuan untuk memperkuat hubungan. Oleh sebab itu didasarkan dari hal tersebut, tentu dapat dipastikan jika keberadaan dari endowment effect ini begitu penting dalam psikologi corporate gifting yang efektif.
Atau secara sederhana, dapat disimpulkan jika endowment effect ini pada dasarnya memang adalah sebuah kecenderungan dimana manusia akan memberikan nilai yang lebih tinggi pada suatu barang atau aset setelah mereka memiliki rasa kepemilikan, dan hal tersebut pun tentu saja juga berlaku pada konteks hubungan kerjasama antara satu perusahaan dengan client maupun mitra bisnisnya. Sehingga melalui pemberian hadiah atau corporate gift yang berkesan ini, kita sebagai pihak pemberi umumnya ingin menunjukkan bahwa melalui rasa kepemilikan tersebut kita bisa menciptakan ikatan emosional yang meningkatkan persepsi nilai dari suatu objek.
Pemilihan Tas Sebagai Corporate Gift yang Tepat
Karena termasuk ke dalam jenis barang yang keberadaanya memiliki tujuan pengadaan penting dan bermakna dalam, khususnya bagi suatu hubungan bisnis antara sebuah perusahaan dengan perusahaan lainnya sebagai mitra bisnis maupun clientnya. Tentu secara tidak langsung memang menjadikan presensi dari adanya sebuah corporate gift, utamanya dalam hal ini adalah corporate gift tas dinilai begitu populer bahkan juga dianggap sebagai salah satu model corporate gift yang bisa dijadikan sebagai pilihan ideal serta efektif, karena diketahui memiliki nilai guna tinggi dan potensi exposure yang berkelanjutan dan berdampak baik bagi hubungan kerjasama tersebut.
Dan dikarenakan menjadi komponen penting dengan nilai tinggi tersebut, maka wajar saja bukan jika didasarkan oleh alasan itu, memastikan pengadaan hadiah guna kepentingan corporate gift, utamanya yang berwujud tas sungguhan berjalan lancar dan sesuai kebutuhan pun kemudian menjadi hal krusial yang harus selalu diperhatikan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dengan melakukan langkah pengadaan atau pemilihan tas sebagai corporate gift yang tepat tersebut, nantinya memang dapat memberikan dampak maksimal. Dimana, adapun beberapa hal penting yang harus selalu diperhatikan juga dipertimbangkan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Gunakan Desain Tas yang Ergonomis
Hal pertama yang umumnya dianggap begitu penting untuk diperhatikan dalam pemilihan tas sebagai corporate gift yang tepat adalah penggunaan desain tas yang ergonomis dan minimalis namun tetap fungsional. Dimana dapat dikatakan jika memilih desain tas yang ergonomis sebagai bagian dari corporate gift ini hendaknya memang merupakan sebuah keputusan cerdas dan tepat, karena hal tersebut yang setidaknya mampu menunjukan jika kita sebagai pihak pemberi sebetulnya tidak hanya memperhatikan estetika semata dan peduli pada citra saja, melainkan juga berfokus pula pada kesejahteraan dan kenyamanan penerima.
Mengingat, melalui penggunaan desain tas yang ergonomis ini nantinya memang akan membuat keberadaan dari sebuah corporate gift tas menjadi memiliki kemampuan lebih untuk meningkatkan kenyamanan dan utilitas penggunanya, serta mampu mencerminkan serta menunjukan citra perusahaan yang peduli dan berorientasi pada detail dan profesionalitas. Karena tidak dapat dipungkiri jika dengan menggunakan tas dengan desain ergonomis sebagai corporate gift tas ini, nantinya kita memang dapat menunjukan kepedulian kita akan hal hal tersebut dalam bentuk wujud barang yang nyata dan berkualitas dengan nilai investasi berjangka panjang.
Dibuat Dari Material dan Komponen Berkualitas
Perkara selanjutnya yang diketahui juga harus diperhatikan dalam pemilihan tas sebagai tas corporate gift adalah material dan komponen pendukungnya yang tentu saja harus berkualitas tinggi. Dimana dapat diketahui jika melakukan pemilihan tas guna kebutuhan corporate gift tas ini umumnya memang sangat perlu untuk dilakukan, karena dengan penggunaan material dan komponen berkualitas tinggi tersebut nantinya kita sebagai pihak pemberi bukan hanya akan menyediakan sebuah barang fungsional sebagai hadiah dari wujud ungkapan rasa terimakasih maupun apresiasi saja, tetapi juga sekaligus pula sebagai bentuk dari penghargaan dan rasa hormat.
Karena tidak dapat dipungkiri, jika memilih tas yang terbuat dari material dan komponen yang berkualitas tinggi sebagai bagian dari corporate gift tas ini nantinya memang dapat menjadi salah satu bentuk dari investasi tidak langsung yang cerdas dan strategis, yang nantinya akan berpotensi untuk memberikan dampak positif jangka panjang bagi citra dan hubungan bisnis kita dengan perusahaan lain atau client dan mitra bisnis. Dimana secara singkat, dapat disimpulkan jika penggunaan material dan komponen berkualitas tinggi ini hendaknya memang bukan hanya tentang estetika saja, tetapi juga tentang investasi jangka panjang, reputasi, dan hubungan kerjasama.
Tujuan Pengadaan Tas
Selain memperhatikan kondisi fisik atau tampilan dari tas, sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya. Dalam hal ini umumnya kita juga akan diharuskan untuk menentukan dan menyesuaikan pemilihan tas sebagai corporate gift berdasarkan tujuan pengadaan tas tersebut. Yang mana, adanya hal tersebut pun tentu saja dianggap penting untuk dilakukan karena keberadaan dari sebuah corporate gift tas yang sesuai dengan tujuan pengadaannya ini pada dasarnya memang adalah pondasi dari corporate gifting sukses, yang nantinya secara langsung memang dapat mempengaruhi efektivitas hadiah tersebut dalam mencapai sasaran bisnis.
Apalagi lebih dari itu, memastikan jika keberadaan dari tas sebagai bagian dari corporate gift tersebut sesuai dengan tujuan pengadaannya pun hendaknya juga sangat penting untuk menjaga relevansi dan efektivitas citra positif perusahaan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika hadiah tas yang relevan dan sesuai dengan tujuan pengadaannya tersebut tentu akan lebih berguna bagi penerima, dan juga mungkin akan lebih dihargai dan sering digunakan. Selain itu, tas yang dibuat berdasarkan tujuan pengadaan pun umumnya juga dapat semakin memperkuat citra merek dan konsistensi pesan yang ingin disampaikan.
Perhitungkan dengan Jumlah Anggaran
Ketika memilih dan membuat tas untuk kebutuhan corporate gift, ada baiknya sebagai pihak pemberi kita juga selalu memperhitungkan pengadaan tas tersebut dengan jumlah anggaran yang dimiliki. Mengingat membuat tas sebagai corporate gift yang sesuai dengan jumlah anggaran ini bisa dibilang memang adalah salah satu bagian yang sangat krusial dan dapat dianggap sebagai pondasi utama untuk memastikan strategi gifting berjalan secara efektif, efisien, dan bisa memberikan Return on Investment (ROI) yang positif. Karena tidak dapat dipungkiri jika pada saat melakukan pengadaan kita mengabaikan jumlah anggaran ini, nantinya mungkin bisa berakibat fatal.
Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja sangat lah menujukan bukan jika perhitungan jumlah anggaran ini sebetulnya bukan hanya sekadar angka saja, melainkan juga merupakan panduan strategis yang nantinya akan memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang tepat mengenai jenis, kualitas, dan jumlah tas, sekaligus memastikan bahwa corporate gift tas yang kita adakan tersebut tidak hanya bisa diterima dengan baik oleh client maupun mitra bisnis terkait, tetapi juga efektif dalam mencapai tujuan bisnis tanpa harus membebani keuangan perusahaan atau bahkan pemborosan dan overspanding money.
Sesuaikan dengan Profil Penerima
Pada saat melakukan pemilihan tas sebagai corporate gift yang tepat, umumnya sebagai pihak pemberi kita akan diharuskan untuk mempertimbangkan serta menyesuaikan corporate gift tas tersebut dengan profil penerimanya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika pemilihan tas untuk kebutuhan corporate gift yang disesuaikan dengan profil penerimanya ini hendaknya memang adalah salah satu kunci utama untuk memastikan hadiah tersebut tepat guna, berkesan, dan efektif dalam mencapai tujuan bisnis yang dikehendaki. Apalagi memilih tas sesuai dengan profil penerima ini pun pada dasarnya juga berkaitan dengan menerapkan psikologi personalisasi dan utilitas, yang nantinya bisa menjadi investasi strategis yang menghasilkan engagement emosional, meningkatkan loyalitas, dan memperkuat citra merek di mata mereka yang paling penting bagi bisnis.
Personalisasi dan Packaging yang Menarik
Merupakan dua bagian atau komponen yang sama sama dianggap sebagai elemen krusial dan saling melengkapi yang nantinya dapat membuat sebuah corporate gift tas tidak lagi hanya terlihat sebagai sekadar hadiah, tapi juga bisa menjadi sebuah wujud dari barang yang berkesan serta efektif. Wajar saja bukan jika adanya personalisasi dan packaging yang menarik pada sebuah pengadaan corporate gift tas pun kemudian dijadikan sebagai bagian yang sulit untuk dipisahkan begitu saja. Apalagi dapat diketahui jika adanya personalisasi dan packaging yang menarik ini pun umumnya juga merupakan 2 bagian krusial yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan nilai persepsi hadiah.
Oleh sebab itu, didasarkan dari hal tersebut maka wajar saja bukan jika kedua elemen ini pun kemudian sangatlah dibutuhkan untuk dipakai menyampaikan pesan, menciptakan ikatan emosional, dan membuat hadiah tersebut sulit dilupakan. Terlebih lagi, dengan memadukan personalisasi yang cerdas serta packaging yang menarik dan berkualitas, kita sebagai pihak pemberi pun hendaknya juga tidak hanya memberikan sebuah tas saja kepada pihak pihak yang dituju, tetapi juga sebuah pengalaman berkesan yang akan memperkuat hubungan, meningkatkan loyalitas, dan meninggalkan kesan mendalam tentang profesionalisme dan kepedulian kita.
Dan untuk semakin mewujudkan segala macam alasan maupun tujuan pengadaanya tersebut, biasanya banyak perusahaan secara sengaja memang akan mempersiapkan corporate gift tasnya sebaik mungkin dengan sentuhan personalisasi yang khusus dan unik, misalnya saja seperti dengan menggunakan adanya desain personalisasi berupa inisial atau nama penerima yang dicetak pada salah satu sisi bagian tas untuk membuat penerima merasa hadiah itu “milik mereka” secara eksklusif dan memicu endowment effect secara maksimal, menggunakan warna pilihan sesuai dengan preferensi warna penerima, atau bisa juga dengan menambahkan desain dan referensi yang lebih spesifik.
Sedangkan untuk bagian packaging tasnya sendiri, dapat diketahui jika corporate gift tas ini umumnya juga akan membutuhkan perhatian ekstra, karena sebagai bagian yang dilihat pertama tentu sudah barang pasti jika tampilan dari packaging sebuah corporate gift tas ini diharuskan untuk memiliki look yang menarik dan terbuat dari kualitas material yang berkualitas pula, sebagai usaha untuk menciptakan antisipasi dan kesan premium pada tampilan awal hadiah perusahaan, juga sekaligus meningkatkan keseluruhan pengalaman unboxing dari penerima hadiah tersebut, yang memungkinkan untuk meningkatnya persepsi nilai hadiah dimata penerimanya.
Dimana adapun beberapa hal penting dan utama yang diketahui harus dimiliki oleh packaging sebuah corporate gift tas ini diantaranya saja adalah seperti menggunakan adanya kualitas premium pada material packaging berupa kotak kardus tebal dan kokoh maupun kertas pembungkus dan kain pelindung dengan finishing yang baik untuk melindungi tas dan menambah elemen kemewahan saat dibuka, yang nantinya dapat menaikkan perceived value hadiah. Atau bisa juga dengan menghadirkan adanya desain packaging yang estetik menggunakan warna branding konsisten maupun bentuk packaging yang serbaguna dan fungsional lebih dari sekedar wadah pembungkus hadiah.
Timing yang Tepat Untuk Pemberian Corporate Gift
Selain perlu memperhatikan hal hal penting dalam pengadaan tas, baik itu dari pemilihan spesifikasi tas hingga personalisasi dan packingnya, dapat diketahui jika dalam hal ini pun umumnya kita juga akan diharuskan pula untuk mempertimbangkan waktu yang tepat untuk memberikan corporate gift tersebut kepada penerimanya, dikarenakan timing yang tepat ini pada dasarnya memang dinilai dapat membantu memaksimalkan dampak positif dan membuat pemberian corporate gift tas ini menjadi menjadi lebih bermakna, personal, dan efektif dalam mencapai tujuan bisnis. Dan adapun beberapa timing yang dianggap tepat untuk melakukan pemberian corporate gift tersebut diantaranya saja adalah seperti berikut ini:
Pada Saat Hari Raya atau Akhir Tahun
Momen pertama yang dianggap sebagai timing tepat untuk melakukan pemberian corporate gift tas maupun corporate gift lainnya adalah pada saat hari raya dan akhir tahun. Dimana dapat dikatakan jika kedua momen ini hendaknya memang adalah timing yang dianggap paling tepat dan strategis untuk pemberian corporate gift dikarenakan pada hari raya, seperti saat Idul Fitri, Natal, Imlek, dsb, maupun pada momen akhir tahun ini, secara universal dinilai identik dengan semangat memberi, berbagi, dan bersyukur, yang tentu akan membuat pemberian hadiah ini nantinya dapat membangun goodwill dan memperkuat hubungan emosional antar perusahaan.
Hari Jadi Perusahaan atau Kemitraan
Tidak hanya pada saat hari raya atau akhir tahun, umumnya timing yang tepat untuk memberikan corporate gift juga adalah pada saat hari jadi perusahaan atau kemitraan. Yang mana, pemberian hadiah perusahaan pada saat hari jadi ini secara umum hendaknya memang banyak dianggap bisa dianggap sebagai salah satu momen yang strategis dan tepat karena pada waktu waktu ini,umumnya kita bisa memberikan hadiah tersebut bukan hanya sekadar wujud formalitas saja, melainkan juga kesempatan emas untuk memperkuat ikatan, menunjukkan penghargaan, dan menegaskan nilai hubungan jangka panjang. Selain itu dengan memanfaatkan momen hari jadi ini, pemberian corporate gift ini pun umumnya juga dianggap bisa merayakan perjalanan sekaligus menegaskan komitmen ikatan yang telah terjalin.
Saat Memulai Kemitraan atau Onboarding Client Baru
Pada saat memulai kemitraan atau onboarding dengan client baru, umumnya hal tersebut juga dapat dijadikan sebagai momen yang tepat untuk melakukan pemberian corporate gift tas ini. Dimana adanya hal tersebut bisa dibilang sebagai timing yang sangat efektif dan strategis untuk memberikan corporate gift dikarenakan pada saat memulai kemitraan dan onboarding client baru ini ketersediaan corporate gift tersebut sebetulnya bukan hanya tentang memberikan barang sebagai hadiah saja, tetapi juga sekaligus tentang menanam benih hubungan yang kuat, menciptakan kesan yang tak terlupakan, dan meletakkan dasar bagi kesuksesan jangka panjang dengan kesan yang tentu saja positif dan penuh perhatian.
Saat Mencapai Momen Penting
Momen mencapai momen penting dalam hal ini juga dianggap sebagai timing yang tepat untuk pemberian corporate gift yang paling tepat, efektif serta strategis. Yang mana, adanya hal tersebut pun secara umum memang bisa saja terjadi dikarenakan adanya hadiah yang diberikan pada saat saat krusial ini biasanya memang dianggap memiliki dampak yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pemberian hadiah rutin atau pada hari libur besar. Dimana adanya hal tersebut tentu saja dikenal berpotensi dapat lebih membuka peluang untuk memperkuat hubungan, membangun loyalitas, dan mendorong kesuksesan bisnis bersama secara berkelanjutan karena hadiah tersebut yang dinilai merupakan penghargaan atas kerja keras, komitmen, dan kepercayaan.
Sebagai Permintaan Maaf atau Koreksi Kesalahan
Tidak hanya pada saat momen momen penting dan membahagiakan saja yang dianggap sebagai timing tepat untuk pemberian corporate gift ini. Karena selain daripada itu, dapat diketahui jika memberikan corporate gift sebagai permintaan maaf atau koreksi kesalahan pun sebetulnya juga adalah timing yang sangat strategis dan efektif, atau bahkan juga bisa dianggap sebagai sebuah alat powerful untuk memulihkan kepercayaan, memperbaiki hubungan, dan menunjukkan komitmen perusahaan, dikarenakan dengan memberikan hadiah ini sebagai wujud dari ungkapan meminta maaf hendaknya memang bisa menunjukkan bahwa perusahaan kita sungguhan bertanggung jawab dan tidak mengabaikan masalah yang ada selain daripada sekadar kata kata.
Measuring Impact dari Corporate Gift Program
Memiliki pengertian berupa sebuah proses sistematis yang berkaitan dengan pengumpulan dan analisis data yang berguna untuk memahami perubahan perubahan apa saja yang terjadi dari dilakukannya suatu tindakan, kegiatan, intervensi, atau program, dengan lebih berfokus pada dampak sebenarnya yang dihasilkan. Dimana pada konteks corporate gift tas ini sendiri, dapat diketahui jika measuring impact yang dimaksud sendiri secara umum memang lebih mengarah pada mencari tau apakah hadiah perusahaan yang secara sengaja diadakan tersebut sungguhan telah berhasil menghasilkan perubahan yang diinginkan pada loyalitas klien dan citra perusahaan atau tidak.
Yang mana, didasarkan pada hal tersebut juga lah mengukur dampak atau measuring impact dari sebuah program corporate gift tas pun kemudian dijadikan sebagai salah satu bentuk langkah krusial yang sengaja dipakai untuk membantu memastikan bahwa investasi yang dilakukan tersebut tidaklah sia sia dan benar benar dapat memberikan Return on Investment (ROI) yang positif. Meskipun memang, tidak dapat dipungkiri pula jika terdapat beberapa dampak yang umumnya bersifat intangible atau sulit diukur, namun meskipun begitu tetap saja setidaknya terdapat beberapa aspek yang masih bisa diukur dengan metrik dan strategi yang tepat.
Dan adapun beberapa aspek utama yang bisa dibilang memang termasuk ke dalam measuring impact dari program corporate gift tersebut diantaranya adalah seperti dampak terhadap client atau prospek yang biasanya akan meliputi tingkat retensi client yang akan mengukur berapa banyak klien yang terus bekerjasama setelah menerima hadiah, dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima, atau bisa juga dampaknya pada tingkat rujukan atau referral rate yang biasanya datang dari klien yang menerima hadiah, dan conversion rate yang akan menunjukkan efektivitas hadiah dalam mendorong prospek untuk maju dalam sales funnel.
Namun bagi anda yang berencana untuk melakukan pengadaan corporate gift, khususnya corporate gift tas dengan measuring impact yang bagus dan index tinggi karena dapat membuat pihak penerimanya betulan merasa dihargai, diperhatikan, dan disambut dengan baik, menggunakan barang yang tidak hanya estetik saja, tetapi juga fungsional dan relevan dengan kebutuhan pekerjaan maupun aktivitas harian, yang bisa dibuat secara personalisasi atau khusus berdasarkan jumlah budget, branding perusahaan, dan kebutuhan pengadaan. Maka kini anda bisa secara langsung melakukan konsultasi corporate gift program guna memenuhi kebutuhan corporate gift tas tersebut dengan Karya Bintang Abadi, yaitu dengan cara segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi sebagai solusi terbaik dan tepat.