fbpx

4 Cara Menghilangkan Noda Pulpen di Tas Kulit

menghilangkan noda pulpen tas kulit

bagikan artikel ini kepada teman

Diantara banyaknya jenis tas yang kerap kali bersliweran, bisa dibilang jika tas kulit merupakan salah satu jenis tas dengan paling banyak penggemar sejak dulu kala, baik itu dari kalangan muda sampai tua, pria maupun wanita. Dimana secara garis besar yang dimaksud dengan tas kulit sendiri sebetulnya dalam hal ini pada dasarnya memang adalah sebutan bagi sebuah tas yang umumnya terbuat dari bahan kulit asli hewan, contohnya seperti kulit sapi, domba, kerbau, kambing, atau bahkan bisa juga kulit dari jenis hewan eksotis dan langka seperti ular, buaya, aligator, macan, lizard, hingga ostrich.

Namun selain kulit asli, tidak sedikit pula tas kulit yang sengaja dibuat menggunakan jenis bahan kulit sintetis. Dimana jenis bahan kulit sintetis ini umumnya adalah sebuah bahan buatan yang pada dasarnya memang dibuat sedemikian rupa meniru tekstur serta penampilan dari kulit asli, tetapi diproduksi secara sintetis menggunakan campuran bahan-bahan kimia, seperti poliuretan atau vinil. Yang mana dikarenakan asal pembuatan atau susunan bahannya tersebut lah, biasanya tas yang terbuat dari kulit asli akan memiliki harga jauh lebih tinggi jika dibandingkan dari tas kulit sintetis.

Tetapi meskipun begitu, bisa dibilang jika baik tas kulit asli maupun sintetis keduanya sama sama masih menjadi favorit dan pilihan untuk berbagai selera gaya banyak orang. Mengingat jenis tas ini umumnya diketahui juga tersedia dalam berbagai tampilan model serta desain, sehingga wajar saja jika hal tersebut membuat tas kulit ini sering kali dijadikan sebagai pilihan populer. Apalagi dalam hal ini tas kulit sering kali dianggap juga memiliki sejumlah kelebihan yang mampu membuatnya tampak lebih stunning bila dibandingkan dengan jenis tas berbahan lainnya. Dan adapun beberapa kelebihannya tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Tahan Lama: Kulit adalah salah satu jenis bahan yang dikenal memiliki sifat tahan lama dan kuat. Oleh sebab itu tas yang terbuat dari bahan kulit umumnya juga dikenal memiliki daya tahan bagus, baik itu terhadap keausan maupun kerusakan, dan membuatnya kerap kali dijadikan sebagai pilihan tas harian.

2. Tampilan Elegan: Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, jika dibandingkan dengan jenis tas lainnya bisa dibilang jika tas kulit seringkali memang dianggap lebih mampu memberikan tampilan yang terkesan elegan dan mewah. Dimana kualitas serta keindahan alami yang dimiliki oleh bahan kulit ini diketahui dapat menambah nilai estetika dari sebuah tas pula.

3. Kemewahan dan Status: Tas kulit, khususnya yang terbuat dari jenis bahan kulit asli dan berasal dari hewan eksotis yang langka umumnya sering kali dianggap sebagai simbol kemewahan dan status berkelas seseorang. Dimana karena memiliki tampilan menawan serta harga mahal, mereka sering kali dipandang sebagai aksesori mode yang prestisius dan bergengsi.

4. Fleksibilitas Gaya: Bahan kulit dikenal sebagai salah satu jenis bahan yang memiliki kemampuan untuk berkembang dan menyesuaikan diri dengan pemakaian seiring waktu. Yang mana ini berarti, tas kulit dapat menjadi sebuah item fashion yang memiliki fleksibilitas penggunaan karena bisa menyesuaikan beragam jenis gaya dan timeless.

5. Keunikan: Setiap bahan kulit umumnya dinilai memiliki pola dan karakteristik berbeda yang unik. Dimana adanya hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan setiap potongan bahan kulit biasanya memang diketahui memiliki corak serta warna yang berbeda beda, sehingga secara tidak langsung membuat setiap tas kulit pantas dianggap sebagai salah satu item fashion yang unik dan eksklusif.

4 Cara Menghilangkan Noda Pulpen di Tas Kulit

Dan karena dinilai memiliki sejumlah kelebihan serta beberapa kombinasi dari faktor-faktor unggulan di atas, tentu wajar saja bukan jika hal tersebut pada akhirnya membuat tas kulit dianggap sebagai salah satu item fashion yang populer dan begitu diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Dimana agar nantinya tas kulit tersebut dapat selalu memiliki tampilan baik, cantik, menarik serta bisa digunakan dalam jangka waktu lama, hendaknya sebuah tas kulit memang diperlukan adanya perawatan ekstra untuk melindunginya dari berbagai faktor penyebab kerusakan.

Yang mana adapun sejumlah faktor penyebab kerusakan pada tas kulit tersebut umumnya bisa saja terjadi karena beberapa hal, contohnya saja seperti karena terkena paparan berkepanjangan terhadap kelembaban maupun panas yang secara perlahan dapat merusak tekstur dari permukaan bahan tas kulit, gosokan dan gesekan secara berulang pada permukaan kulit yang kerap kali menyebabkan bekas goresan, hingga paparan cairan kimia seperti parfum, kosmetik, atau bahkan noda pulpen yang dalam hal ini bukan hanya akan merusak tampilan pada tas kulit saja, melainkan juga lapisan pelindung kulit karena kandungan bahannya yang kuat.

Oleh sebab itu, agar nantinya tas kulit dapat bertahan dengan tampilan yang selalu cantik dan menarik dalam jangka waktu lama, hendaknya kita memang dituntut untuk selalu memperhatikan tips and trick cara merawat tas kulit dengan baik. Namun bagaimana jika tas kulit sudah terlanjur terkena salah satu faktor penyebab kerusakan di atas, contohnya saja seperti noda pulpen yang bisa dibilang kerap kali dialami oleh para pemilik tas kulit? Nah, untuk menemukan jawabannya, maka ada baiknya bagi kita untuk menyimak cara menghilangkan noda pulpen tas kulit, seperti berikut ini:

1. Alkohol Isopropil

menghilangkan noda pulpen tas kulit

Cara menghilangkan noda pulpen tas kulit yang pertama adalah dengan menggunakan bahan berupa alkohol isopropil atau isopropanol. Dimana bahan ini bisa dibilang merupakan salah satu jenis zat pelarut yang dinilai cukup efektif untuk menghilangkan banyak jenis noda, termasuk noda pulpen pada berbagai jenis permukaan, tidak terkecuali pada permukaan bahan kulit ini. Yang mana alkohol isopropil ini nantinya akan bekerja dengan cara melarutkan pigmen atau zat yang menyebabkan noda secara cepat, sehingga kemudian mudah untuk diangkat.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan alkohol isopropil untuk membersihkan tas kulit ini hendaknya harus dilakukan secara hati-hati, mengingat jika kandungan yang terdapat dalam alkohol ini dapat mengeringkan bahan kulit jika digunakan secara berlebihan dan tidak hati hati. Oleh sebab itu, untuk menghindari kesalahan dalam menghilangkan noda pulpen dari permukaan tas kulit menggunakan cara ini, berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan tas kulit dengan bahan alkohol isopropil yang bisa disimak:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghilangkan noda pulpen pada tas kulit adalah menyiapkan alkohol isopropil, cotton bud, kapas atau kain lembut, dan kain bersih yang kering untuk mengeringkan.
  2. Sebelum mulai membersihkan area tas yang terkena noda pulpen, ada baiknya untuk uji coba alkohol isopropil terlebih dahulu pada area kecil yang tidak terlihat pada tas, untuk memastikan bahwa nantinya tidak akan ada reaksi yang tidak diinginkan pada permukaan tas kulit, contohnya seperti perubahan warna atau kerusakan pada kulit.
  3. Bila permukaan tas kulit dipastikan aman, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan membasahi cutton bud atau kapas dengan sedikit alkohol isopropil. Dan pastikan jika ujung cutton bud atau permukaan kapas tidak terlalu basah, karena jika terlalu banyak bisa saja cairan alkohol akan menggenang dan justru merusak permukaan tas.
  4. Ketika melakukan proses penghilangan noda pulpen ini, pastikan jika kita menggosok noda pada permukaan tas kulit secara perlahan. Dimana menghindari menggosok terlalu keras ini perlu dilakukan agar nantinya kegiatan penghilangan noda tersebut tidak merusak permukaan kulit.
  5. Jika noda pulpen sudah dirasa memudar atau menghilang, maka segera keringkan area tersebut menggunakan kain bersih serta lembut. Dan jangan lupa untuk pastikan jika kita sudah menghapus sisa alkohol isopropil yang mungkin tersisa di permukaan tas secara bersih serta merata, sehingga tidak ada lagi residu tertinggal.
  6. Setelah seluruh proses penghilangan noda pulpen pada permukaan tas kulit sudah selesa dilakukan , mungkin selanjutnya kita dapat mengoleskan kondisioner kulit atau produk perlindungan bahan kulit untuk menjaga kelembaban dan kelembutan permukaan tas kulit.

2. Pasta Gigi

Selain dengan menggunakan bahan bersifat cukup keras seperti alkohol isopropil, ternyata kita juga dapat menghilangkan noda pulpen tas kulit menggunakan bahan sederhana seperti pasta gigi. Yang mana dalam hal ini, pasta gigi memang dianggap cukup bisa digunakan untuk menghilangkan noda pulpen pada tas kulit, karena umumnya sebuah pasta gigi mengandung bahan abrasif sekaligus bahan pemutih yang lembut dan dapat membantu mengangkat noda tanpa merusak permukaan kulit. Selain itu, pasta gigi pun ternyata juga memiliki sifat penyerap yang bisa membantu menyerap tinta dari permukaan tas.

Tetapi sama seperti cara sebelumnya, perlu selalu diingat bahwa sebelum mencoba metode ini ada baiknya bagi kita untuk selalu lakukan tes kecil pada area tas kulit yang tidak terlihat guna memastikan bahwa nantinya kandungan pada pasta gigi tidak akan merusak atau bahkan mengubah warna permukaan tas kulit. Dan untuk memudahkan proses penghilangan noda pulpen menggunakan pasta gigi ini sekaligus mengurangi resiko kerusakan, sebaiknya simak beberapa langkah langkahnya berikut ini:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk melakukan pembersihan noda pulpen menggunakan pasta gigi ini adalah, pastikan bila kita menggunakan pasta gigi yang non-gel, karena pasta gigi gel umumnya mengandung bahan tambahan yang tidak cocok untuk membersihkan kulit.
  2. Jika pasta gigi tersebut sudah sesuai dengan ketentuan, maka selanjutnya kita perlu mengambil sedikit pasta gigi menggunakan cutton bud dan oleskan langsung ke noda pulpen pada tas kulit secara merata juga perlahan. Dan jangan lupa untuk memastikan bila kita sudah menutupi seluruh area noda dengan pasta gigi.
  3. Setelah seluruh bagian tas kulit yang memiliki noda pulpen dioles secara merata menggunakan pasta gigi, maka langkah selanjutnya ada membiarkan kandungan pasta gigi tersebut meresap ke dalam permukaan selama beberapa menit.
  4. Dan setelah beberapa menit, gunakan kain bersih lembut yang dibasahi dengan sedikit air untuk menggosok area noda menggunakan gerakan melingkar dan lembut untuk membersihkan permukaan tas kulit serta menghindari merusak permukaan kulit.
  5. Jika noda pulpen sudah hilang, jangan lupa untuk membersihkan serta memastikan sudah menghapus semua residu pasta gigi dengan benar, lalu lap permukaan tas tersebut menggunakan lap lain kering yang lembut agar permukaan tas kulit tetap terjaga teksturnya.

3. Hairspray

menghilangkan noda pulpen tas kulit

Bukan hanya dapat digunakan untuk menstyling rambut, karena selain diperuntukkan guna hal tersebut ternyata hairspray dalam hal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk menghilangkan noda pulpen tas kulit. Dimana adanya hal ini bisa saja terjadi karena hairspray yang diketahui ternyata mengandung sejumlah campuran bahan-bahan seperti alkohol dan bahan pengikat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu melarutkan noda, termasuk noda pulpen pada tas kulit agar lebih mudah dibersihkan.

Yang mana, karena umumnya memiliki bentuk spray tentu dalam pengaplikasiannya hendaknya kita dituntut untuk lebih berhati hati, agar nantinya cairan hairspray tidak melebar kemana mana dan justru merusak permukaan kulit. Oleh sebab untuk menminilasir resiko kegagalan penghilangan noda pulpen pada tas kulit menggunakan cara ini, berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan tas kulit dari noda pulpen menggunakan hairspray yang bisa disimak:

  1. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memperhatikan area kerja. Dimana ada baiknya untuk melakukan proses ini di ruang terbuka dan tidak dekat dengan sumber api untuk menghindari kontaminasi.
  2. Jika area kerja dirasa sudah tepat dan steril dari bahan bahan berbahaya, maka langkah pertama dalam proses ini adalah semprotkan hairspray secara langsung ke noda pulpen pada tas kulit dalam jumlah yang cukup untuk melapisi noda dengan baik.
  3. Dan setelah disemprotkan pada bagian yang tepat, langkah selanjutnya adalah kita biarkan hairspray meresap ke noda selama beberapa menit terlebih dahulu. Dimana adanya hal ini bertujuan untuk memberikan waktu kepada cairan  hairspray melarutkan tinta pulpen.
  4. Bila dirasa waktu yang diberikan sudah cukup, maka langkah selanjutnya adalah kita perlu untuk mulai menggosok permukaan tas kulit tersebut menggunakan kain halus yang dibasahi sedikit secara lembut dan perlahan agar tidak merusak permukaan kulit.
  5. Terakhir, keringkan area yang dibersihkan menggunakan kain lembut dan biarkan tas kulit mengering secara alami di udara.

4. Baking Soda 

Baking soda adalah bahan yang serbaguna selanjutnya yang ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai macam noda, tidak terkecuali noda pulpen pada tas kulit. Dimana adanya hal tersebut sebetulnya tidak terlepas dari baking soda yang dalam hal ini diketahui memiliki sifat abrasif ringan sehingga dapat membantu mengangkat noda tanpa merusak permukaan kulit, selain itu baking soda dinilai juga memiliki sifat penyerap yang baik, untuk membantu menyerap noda dan kotoran dari permukaan bahan tas kulit.

Oleh sebab itu, dikarenakan berbagai sifat dari kandungan bahannya tersebutlah baking soda dianggap sebagai salah satu jenis bahan pembersih yang multifungsi, tidak terkecuali dalam hal menghilangkan noda pulpen tas kulit. Namun agar nantinya pembersihan noda pada tas kulit tersebut dapat dilakukan secara mudah dan tepat, ada baiknya untuk menyimak cara membersihkan tas kulit dari noda pulpen menggunakan baking soda, berikut ini:

  1. Sebagai langkah pertama, kita perlu mengambil sedikit baking soda dan taburkan langsung ke noda pulpen pada tas kulit. Dimana jangan lupa untuk memastikan bila baking soda tersebut sudah menutupi seluruh area noda dengan baik.
  2. Jika sudah, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membiarkan baking soda tersebut menempel pada noda selama beberapa menit. Yang mana adanya hal ini dimaksudkan untuk memberi waktu pada baking soda menyerap noda dari permukaan bahan tas kulit.
  3. Setelah baking soda dibiarkan menempel selama beberapa menit pada permukaan tas kulit bernoda, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan baking soda dari permukaan bahan kulit menggunakan sikat gigi lembut untuk menggosok bagian bernoda secara perlahan dan lembut guna membantu mengangkat noda.
  4. Bila proses menggosok noda dengan baking soda sudah selesai dilakukan, langkah selanjutnya kita perlu membasahi kain lembut dengan sedikit air dan gunakan untuk membersihkan permukaan tas dari sisa baking soda.
  5. Dan jika sisa baking soda dirasa sudah bersih dari permukaan tas kulit, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengeringkan tas kulit menggunakan lap kain kering yang lembut, atau bisa juga dikeringkan secara alami pada suhu ruangan.

Nah, itu dia sejumlah bahan beserta cara untuk menghilangkan noda pulpen tas kulit yang dapat disimak dan coba dipraktikan sendiri di rumah. Dimana bisa dibilang jika dengan merawat tas kulit secara teratur dan menggunakan cara yang benar, tentu secara pasti dapat membuat tas kulit menjadi tetap terlihat bagus dan berfungsi dengan baik meskipun sudah digunakan lama sekalipun. Namun, penting pula untuk selalu perhatikan, jika sebelum melakukan suatu treatment atau metode penghilangan noda pada tas kulit, ada baiknya untuk selalu melakukan uji coba pada area yang tidak terlihat terlebih dahulu, untuk menghindari adanya kerusakan yang tidak diinginkan.

 

Dikenal memiliki tampilan yang elegan, menawan, dan timeless, tentu secara tidak langsung hal tersebut membuat tas kulit dinilai begitu menarik, baik untuk dijadikan sebagai koleksi pribadi maupun guna keperluan komersil, contohnya seperti bingkisan eksklusif suatu acara. Yang mana khusus untuk tas kulit guna keperluan komersil, umumnya banyak orang akan sengaja membuatnya secara custom pada sebuah jasa pembuatan tas terbaik juga andalan seperti Karya Bintang Abadi agar nantinya tas tersebut dapat memiliki tampilan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan acara.

Karena dengan mengandalkan Karya Bintang Abadi sebagai pilihan, anda sebagai customer dijamin akan merasa puas dengan hasil tas custom. Mengingat jika dalam hal ini sendiri, Karya Bintang Abadi pada dasarnya juga dikenal sebagai pabrik tas custom andalan yang selalu menyediakan berbagai pilihan model, desain serta bahan baku pembuatan tas sebagai pilihan para customer. Terlebih untuk mempertahankan kredibilitas baik yang dimilikinya, Karya Bintang Abadi pun juga dengan konsisten selalu memperhatikan detail tampilan rapi, kualitas serta kuantitas terjamin, proses pengerjaan cepat, dan harga terjangkau sesuai dengan request customer.

Selain itu sebagai pabrik tas custom terbaik, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui selalu memperhatikan kenyamanan serta keamanan dari proses pemesanan tasnya, sebab pabrik tas ini pun sudah berlegalitas dan sah secara hukum, serta memiliki cara pemesanan tas mudah dan cepat, baik secara online maupun offline yang akan dibantu langsung oleh customer service ramah juga tanggap dalam membantu segala kebutuhan customer akan pemesanan tas. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom guna berbagai keperluan acara agar terasa semakin berkesan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp