Sebagai salah satu upaya multidimensional terorganisir atau terencana yang sengaja dilakukan oleh suatu kelompok politik, dengan maksud serta tujuan untuk mempengaruhi opini publik sehingga mau memberikan dukungan pada dirinya, tentu secara tidak langsung memang membuat adanya sebuah momen kampanye partai politik akan dihiasi oleh berbagai macam aktivitas maupun cara untuk menarik perhatian maupun simpati publik guna memenangkan dukungan pemilih. Dan diantara banyaknya cara atau usaha, bisa dibilang kehadiran dari adanya merchandise politik custom memang adalah salah satu yang paling umum dijumpai untuk melengkapi momen kampanye.
Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan pengertian dari merchandise politik custom itu sendiri yang pada dasarnya memang merupakan sebuah istilah untuk merujuk berbagai macam jenis barang, yang secara umum memang sengaja diadakan dan diproduksi dengan spesifik, menggunakan segala macam atribut serta material design sesuai branding yang dimiliki oleh suatu partai politik. Dan karena dikenal memiliki tujuan utama untuk mendukung kampanye politik, kandidat, partai, atau isu tertentu, tentu sudah barang pasti jika keberadaan dari merchandise ini akan tampak berbeda dengan merchandise pada umumnya.
Karena tidak dapat dipungkiri, sebagai salah satu media yang memiliki fungsi untuk pengenalan dan meningkatkan visibilitas kandidat ditengah masyarakat, membangun identitas dan memperkuat loyalitas antar pendukung partai, dan juga sebagai media untuk menyampaikan pesan maupun kunci kampanye dengan cara yang lebih mudah dan efisien. Tentu sudah barang pasti jika pengadaan dari merchandise politik ini umumnya memang harus dibuat secara custom atau khusus, sehingga bisa mengandung pesan yang unik dan sesuai dengan hal hal krusial yang sekiranya penting dan bisa mendukung kebutuhan kampanye secara optimal.
Yang mana, diantara sejumlah macam atau jenis barang yang banyak dijadikan sebagai pilihan merchandise politik ini, bisa dibilang jika tas kampanye custom memang adalah salah satu jenis merchandise politik custom yang paling banyak dijadikan sebagai pilihan ideal. Mengingat dengan wujudnya yang berupa tas, tentu jenis merchandise satu ini dianggap lebih fleksibel untuk dirancang secara khusus dalam konteks kampanye politik menggunakan berbagai elemen elemen kampanye, mulai itu dari logo partai, foto kandidat, nomor urut, slogan partai, maupun pesan pesan yang biasanya dimiliki oleh setiap kandidat sebagai kunci kampanyenya.
Dan didasarkan dari alasan alasan krusial tersebut, maka wajar saja jika keberadaan dari tas kampanye politik ini pun kemudian tidak hanya dianggap sebagai sekedar wadah saja, melainkan juga merupakan alat branding dan media komunikasi yang efektif. Sehingga dalam pengadaanya, sebuah tas kampanye politik ini akan selalu dilengkapi dengan daya tarik visual dan desain menarik guna menonjolkan identitas visual yang kuat, pesan pesan yang jelas namun tetap ringkas dan mudah dipahami, daya tahan baik dan fungsionalitas tinggi agar dapat dipakai untuk jangka panjang dan menunjukan kredibilitas, serta relevan dengan konteks kampanye juga jumlah budget.
Daftar Isi
ToggleMerchandise Politik Custom
Merupakan alat strategis dalam kampanye politik yang memiliki fungsi serta tujuan utama untuk memperkuat identitas, loyalitas, dan solidaritas, menyebarluaskan pesan kampanye secara efisien dan membangun kepercayaan khalayak umum agar mendapat dukungan. Tentu wajar saja bukan jika keberadaan dari merchandise politik custom, khususnya yang berupa tas kampanye custom pun kemudian dianggap sebagai bagian integral dari strategi pemasaran politik, yang memang dinilai cukup mampu untuk membantu kandidat dan partainya dalam menjangkau pendukungnya melalui media yang berbentuk secara fisik dan visual.
Apalagi, sebagai jenis barang yang keberadaanya memang sudah sangat umum dan lekat dengan aktivitas harian masyarakat luas, tas pun hendaknya juga tidak lagi hanya bisa dianggap sebagai sebuah wadah atau alat pembagian barang saja, tetapi juga mulai dikenal serta dijadikan pula sebagai bagian dari aset berharga yang nantinya dapat terus membantu seorang kandidat dan partainya dalam mempromosikan pesan dan identitas politiknya secara efektif juga efisien. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja dikarenakan tas kampanye tersebut yang bisa dibuat dengan ikatan emosional khusus, dengan tetap mematuhi regulasi kampanye yang berlaku seperti berikut ini:
Regulasi Merchandise Kampanye di Indonesia
Sebagai pihak yang berencana untuk melakukan kampanye dengan kepentingan tertentu, umumnya kita akan diharuskan untuk memahami betul regulasi kampanye yang berlaku di Indonesia. Karena tidak dapat dipungkiri, jika mengetahui, memahami dan mematuhi regulasi terkait merchandise kampanye ini, hendaknya memang bukan hanya tentang persoalan kepatuhan terhadap hukum saja. Melainkan adanya tindak tindakan tersebut pun umumnya juga dimaksudkan untuk menjaga demokrasi yang sehat, adil, transparan, dan berintegritas. Mengingat dengan mematuhi regulasi ini, kita akan mencerminkan komitmen kampanye terhadap nilai demokrasi itu sendiri.
Dan sebagai salah satu bagian integral yang bisa dibilang sangat penting untuk dilakukan karena nantinya akan memberikan dampak yang luas serta krusial terhadap integritas, legalitas, maupun citra kampanye dari partai politik itu sendiri. Maka sudah barang pasti jika dalam pelaksanaanya terdapat beberapa alasan dan juga ketentuan yang tidak boleh diabaikan supaya nantinya dapat terhindar dari pelanggaran hukum dan sanksi, mencegah praktik politik uang, menjaga kesetaraan dan keadilan kompetisi, membangun kredibilitas kampanye, menegaskan transparansi dan akuntabilitas kampanye, serta menghindari disparitas sosial.
Dimana untuk mewujudkan hal tersebut dapat diketahui jika segala macam regulasi mengenai merchandise kampanye di Indonesia tersebut sudah diatur secara spesifik dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) dan lebih lanjut dirinci dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), khususnya yang berkaitan dengan kampanye Pemilu, dan bisa seringkali berubah seiring waktu karena akan selalu disesuaikan untuk setiap jenis pemilihan (Pilpres, Pileg, atau Pilkada), namun tetap dengan prinsip dasar yang serupa. Dan adapun berikut ini adalah poin poin penting mengenai regulasi merchandise kampanye di Indonesia:
Batasan Nilai Merchandise
Karena dalam pelaksanaan kampanye politik ini, setiap kandidat dan partainya diharuskan untuk bisa menjaga kesetaraan dan keadilan kompetisi, maka sudah barang pasti jika regulasi merchandise politik custom ini nantinya mereka akan diharuskan untuk melakukan pembatasan pada nilai cenderamata atau merchandisenya. Dimana adanya aturan ini pun secara umum juga dimaksudkan pula untuk mencegah praktik politik uang yang dapat merusak integritas pemilihan. Oleh sebab itu, biasanya KPU akan mengatur nilai maksimal untuk barang barang yang akan dipakai kampanye, dan biasanya tidak boleh melebihi batas tertentu. Maka dari itu, merchandise ini umumnya harus berupa barang, dan tidak boleh berupa uang tunai.
Jenis dan Desain Merchandise
Selain mengatur batasan mengenai nilai merchandisenya, dalam hal ini para kandidat beserta dengan partai politiknya pun diharuskan untuk memahami dan mematuhi pula regulasi tentang jenis juga desain merchandise yang bisa dipakai. Meskipun memang KPU tidak melarang jenis atau desain tertentu secara spesifik, namun tetap saja terdapat sejumlah batasan umum terkait desain merchandise yang tidak boleh dilanggar, katakan saja seperti identifikasi merchandise kampanye tersebut yang harus jelas (nama kandidat, nomor urut, logo partai), juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan jenis barang atau desain yang mengandung propaganda, atau menyebabkan gangguan, baik itu bagi kandidat lain maupun bagi masyarakat.
Pelaporan Sumber Dana Kampanye yang Jelas
Karena keberadaan dari adanya merchandise politik custom ini termasuk ke dalam bagian kampanye yang termasuk ke dalam kategori pengeluaran kampanye, maka sudah barang pasti jika pengadaan merchandise merchandise tersebut akan membutuhkan anggaran khusus. Yang mana, dikarenakan memiliki hitungan anggaran khusus tersebut juga lah, dalam pengadaanya partai atau kandidat terkait umumnya akan diharuskan untuk tunduk pula pada regulasi tentang dana kampanye, dengan cara melakukan pelaporan sumber dana dan jumlah anggaran kampanye secara jelas.
Dimana dana untuk pengadaan merchandise politik custom tersebut hendaknya diharuskan berasal dari sumber sah dan tercatat dalam laporan dana kampanye yang biasanya diatur dari harta kekayaan pribadi pasangan calon, sumbangan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, sumbangan perseorangan, atau bahkan sumbangan kelompok atau badan hukum swasta. Namun meskipun berasal dari harta pribadi maupun sumbangan, hendaknya tetap ada batasan nominal sumbangan yang boleh diterima oleh kandidat dari perseorangan, kelompok, atau badan hukum swasta yang akan bervariasi tergantung jenis pemilihan dan levelnya (pusat, provinsi, kabupaten/kota).
Tetapi yang jelas, semua penerimaan dan pengeluaran dana kampanye yang dipakai tersebut, utamanya dalam hal ini adalah dana yang digunakan untuk pengadaan merchandise politik atau kampanye ini hendaknya harus dicatat secara rinci dan dilaporkan secara berkala kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang telah ditunjuk oleh KPU. Dimana adanya tindakan tersebut tentu saja penting untuk dilakukan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas yang dimiliki oleh setiap kandidat dan partai politiknya dalam berkampanye.
Desain Tas yang Menarik Untuk Kampanye
Meskipun mengetahui, memahami dan juga mematuhi regulasi terkait ketentuan merchandise kampanye penting untuk dilakukan, tidak terkecuali untuk masalah jenis dan desain merchandise guna menghindari segala macam kendala terutama yang berkaitan dengan masalah hukum dan juga usaha untuk menjaga integritas proses demokrasi di Indonesia. Tetapi tetap saja, agar nantinya pengadaan dari merchandise politik custom ini sungguhan berfungsi secara optimal dan dengan senang hati dapat diterima oleh penerimanya, maka hendaknya tetap penting untuk menghadirkan adanya desain tas kampanye yang menarik.
Karena tidak dapat dipungkiri, sebagai salah satu barang atau media untuk menyampaikan pesan yang fungsional, hendaknya keberadaan dari adanya merchandise politik custom berupa tas kampanye ini umumnya memang harus dilengkapi dengan kualitas cetakan logo dan gambar yang jelas sehingga tidak mudah luntur, memiliki pilihan warna yang kontras dan tajam namun tetap terlihat harmonis, serta berbentuk atau berdesain praktis yang sesuai dengan kebutuhan, tujuan pengadaan, hingga anggaran yang ditelah ditetapkan oleh PKPU. Dan adapun sejumlah rekomendasi desain tas yang menarik dan dianggap cocok untuk dipakai kampanye tersebut adalah sebagai berikut:
Tas Kampanye Berdesain Minimalis
Desain tas kampanye pertama yang dianggap menarik untuk dipakai saat berkampanye adalah tas kampanye dengan desain minimalis. Dimana adapun alasan dibalik kenapa desain ini bisa dianggap menarik tentu saja dikarenakan oleh tas kampanye ini yang umumnya dinilai mampu menciptakan kesan profesional dan modern dengan looknya yang dianggap lebih rapi, bersih dan profesional. Yang mana, keberadaan dari tas kampanye dengan karakteristik seperti itu juga lah yang kadang kali justru berhasil mencerminkan citra modern dan berkelas dari kampanye, dan kemudian mampu membuat kandidat bisa menarik segmen pemilih yang lebih urban atau sesuai visi misinya.
Apalagi adanya hal tersebut pun diketahui juga semakin didukung pula oleh bagaimana desain tas kampanye ini yang lebih relevan dan bisa dipakai untuk aktivitas hari hari, diluar momen kampanye. Mengingat dengan desain minimalis tersebut, dapat diibaratkan jika tas kampanye tersebut tentu cenderung tidak terlalu “berteriak” sebagai tas politik, sehingga akan membuat penerimanya merasa lebih nyaman untuk menggunakan atau membawanya ke tempat umum lainnya karena desainnya yang memang tidak terlalu mencolok atau norak. Dimana semakin sering tas itu dipakai, maka secara tidak langsung semakin sering pula pesan kampanye terlihat oleh banyak orang.
Tas Kampanye Berdesain Ikonik dan Unik
Meskipun cukup bertentangan dengan rekomendasi desain tas kampanye menarik sebelumnya, namun tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari desain tas yang mengadaptasi desain ikonik serta unik ini pun hendaknya juga dianggap cukup cocok pula untuk dipakai berkampanye. Apalagi jika tas tersebut secara sengaja menggunakan simbol atau ilustrasi yang secara visual dapat merepresentasikan kandidat atau program kampanye dan mampu menciptakan identitas visual yang lebih kuat dari kampanye lain. Misalnya saja seperti menggunakan ilustrasi ikonik berupa maskot dari daerah pemilihan, atau bahkan gambar karikatur ramah dari kandidat yang berkampanye.
Yang mana didasarkan dari hal tersebut juga lah, maka wajar saja bukan jika penggunaan atau penerapan desain tas kampanye yang unik dan ikonik ini pun kemudian dianggap sangat mampu untuk meningkatkan daya ingat serta pengenalan identitas kandidat, membangun identitas kampanye yang kuat, membedakan diri dari kandidat kompetitor, juga menunjukkan kreativitas dan upaya yang bisa menjadi nilai tambah di mata pemilih. Karena membagikan merchandise berupa tas kampanye berdesain ikonik dan unik ini, memang adalah salah satu cara untuk menanamkan citra dan pesan yang kuat serta tak terlupakan di benak pemilih.
Tas Kampanye Berdesain Humor dan Kreatif
Selain bisa menghadirkan tas kampanye dengan desain yang ikonik dan unik, ternyata kita juga bisa menggunakan desain humor dan kreatif pada tas kampanye supaya tampak menarik dan memiliki nilai visibilitas tinggi. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan penggunaan atribut maupun material desain tas yang berkonsep humor dan mengandalkan kreativitas, misalnya saja seperti dengan menggunakan ilustrasi kartun, tipografi yang unik, atau bahkan sedikit humor (jika sesuai dengan karakter kandida), secara tidak langsung kita memang tidak hanya membuat tas kampanye menjadi tampak lebih menonjol saja, tetapi juga sekaligus membuat kampanye terasa lebih ringan dan mudah didekati.
Desain Bertema Lokal atau Budaya
Secara tidak langsung, sebagai negara yang sangat terkenal dengan keaneka ragaman seni dan budayanya, kadang kali masyarakat di Indonesia cenderung lebih menyukai model pendekatan secara emosional menggunakan suatu hal yang mampu merepresentasikan identitas lokal mereka. Dan untuk menunjukan kedekatan dengan akar budaya lokal dan memancing dukungan masyarakat lokal terkait, tentu saja menjadikan desain tas dengan kesan lokal serta budaya sebagai tas untuk kampanye cocok dipilih. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dengan menampilkan tas kampanye dengan motif, ukiran, atau simbol budaya khas, secara tidak langsung kita telah menunjukkan bahwa kandidat atau partai betulan menghargai dan memahami akar budaya milik komunitas masyarakat tempat mereka berkampanye tersebut.
Strategi Distribusi Tas Kampanye
Karena dimanfaatkan sebagai alat atau media media komunikasi secara tidak langsung yang dimaksudkan untuk mengenalkan identitas maupun visi misi, guna memperoleh simpati serta dukungan dari masyarakat luas, tentu wajar saja bukan jika keberadaan dari sebuah merchandise politik custom seperti tas kampanye ini umumnya diharuskan terdistribusi dengan baik dan benar. Dimana selain daripada harus memberikan tas kampanye yang bermanfaat dan berkualitas,pendistribusian tas kampanye ini pun hendaknya juga diharuskan transparan, jujur dan adil pula supaya keberadaannya dapat sungguhan membantu membangun kepercayaan pemilih terhadap kandidat.
Dan karena distribusi tas kampanye ini dapat dikatakan bukan hanya sekedar kegiatan membagikan barang secara sukarela saja, melainkan merupakan bagian integral dari strategi kampanye yang efisien serta efektif. Maka tidaklah mengherankan bukan jika dalam kegiatan mendistribusikannya, tas kampanye ini umumnya juga membutuhkan adanya strategi jitu namun tetap sesuai dengan aturan pemilu yang berlaku. Dimana adapun beberapa strategi distribusi tas kampanye yang membuatnya tidak hanya dianggap sebagai gimmick semata, melainkan sebagai salah satu alat strategis untuk menyebarkan pesan dan meningkatkan awareness, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Rencanakan Secara Matang dan Tentukan Tujuan
Sebelum mulai mendistribusikan tas kampanye ke khalayak ramai, ada baiknya untuk selalu merencanakan secara matang dan tentukan tujuan dengan jelas. Dimana adanya hal tersebut umumnya bisa dimulai dari mengenali target audiens terlebih dahulu supaya tas kampanye nantinya dapat relevan dengan model kebutuhan dan referensi mereka. Selain itu jangan lupa untuk memastikan tas kampanye tersebut mengandung materi atau atribut sesuai dengan yang ingin dicapai maupun ditampilkan. Sehingga nantinya pendistribusiannya dapat sungguhan meningkatkan brand awareness, menarik atensi dari para simpatisan, serta dapat mendorong partisipasi pemilih.
Gunakan Saluran Distribusi yang Efektif
Alur pendistribusian tas kampanye secara umum biasanya dapat dilakukan menggunakan dua cara atau metode, yaitu distribusi langsung yang umumnya dianggap sebagai metode paling personal dan efektif dikarenakan dengan cara bertemu langsung ini tentu kandidat dapat menjangkau simpatisan yang sudah menyempatkan hadir secara lebih personal dan dapat menunjukan ungkapan terimakasih serta apresiasi secara nyata, juga dapat membangun ikatan personal dengan pemilih karena memungkinkan adanya dialog secara langsung.
Sedangkan untuk metode tidak langsung, biasanya cukup banyak dilakukan pula dengan melibatkan koordinator atau kerja sama dengan organisasi masyarakat, komunitas dan kelompok relawan yang memiliki jaringan luas dan terafiliasi dengan kandidat terkait. Atau bisa juga melalui memanfaatkan acara acara publik, seperti bazar atau kegiatan sosial di mana kandidat dan partai politiknya memang bisa membagikan tas kampanyenya secara gratis kepada target audiensnya, guna menarik perhatian segmen masyarakat yang lebih luas.
Tetap Patuh dengan Aturan dan Hukum
Agar pendistribusian tas kampanye dapat berjalan dengan baik dan benar, strategi selanjutnya yang dapat digunakan adalah dengan tetap mematuhi aturan serta hukum yang berlaku. Karena sebagaimana kita ketahui bersama, jika segala macam terkait kampanye partai politik ini hendaknya memang sudah diatur sedemikian rupa oleh PKPU, sehingga untuk memastikan keamanan juga keteraturannya ada baiknya bagi kandidat beserta partai politiknya untuk selalu mempetimbangkan dan patuh terhadap aturan juga hukum yang berlaku, tidak terkecuali dalam alur pendistribusian merchandise politik custom berupa tas kampanyenya ini.
Dimana memastikan pendistribusian tas kampanye dilakukan secara transparansi dan akuntabilitas yang baik, melalui pencatatan dengan cermat terkait berapa jumlah tas yang didistribusikan, kepada siapa, dan di mana, bisa dibilang memang sangat lah penting untuk dilakukan sebagai bahan evaluasi, akuntabilitas, dan pelaporan keuangan kampanye. Selain itu, pastika pula jika semua aktivitas distribusi tas kampanye betulan sudah mematuhi peraturan perundang undangan yang berlaku, terutama terkait larangan politik uang dan batasan pemberian barang kampanye dengan selalu mengecek serta menyesuaikannya dengan aturan KPU mengenai nilai barang yang boleh dibagikan.
Pantau Efektivitas Kegiatan Pendistribusian
Untuk memastikan jika pendistribusian terlaksana dengan baik juga merata, ada baiknya untuk selalu melakukan pemantauan terhadap efektivitas kegiatan pendistribusian, baik itu dengan cara melakukan survei sederhana atau observasi lapangan guna melihat seberapa sering tas kampanye digunakan dan apakah tujuan distribusi tercapai. Karena tidak dapat dipungkiri, jika untuk mewujudkan kampanye yang dinamis, umumnya pihak kandidat terkait memang harus bisa mempersiapkan dirinya sebaik mungkin, sehingga nantinya dapat menyesuaikan strategi distribusi paling tepat dan akurat jika sewaktu waktu ada kendala di lapangan.
Budget Optimization untuk Merchandise Politik
Tidak hanya perkara strategi atau alur pendistribusian tas kampanye saja yang perlu menjadi perhatian utama dalam proses pengadaan merchandise politik custom, karena selain itu umumnya kita juga diharuskan pula untuk memperhitungkan budget optimization guna keperluan merchandise politik custom ini. Dimana adanya hal tersebut tentu saja sangat penting dilakukan karena dengan memperhitungkan hal tersebut nantinya kita dapat memastikan setiap rupiah yang dikeluarkan benar benar bisa memberikan dampak maksimal bagi kampanye. Mengingat perhitungan budget optimization untuk merchandise politik ini pada dasarnya bukan sekadar perhitungan angka.
Karena tidak dapat dipungkiri jika penghitungan pada budget pada merchandise politik ini hendaknya pun juga termasuk ke dalam strategi kunci untuk memastikan kampanye berjalan efektif, efisien, patuh hukum. Yang mana, tanpa adanya tindakan pengoptimasian ini, tentu terdapat resiko pemborosan atau bahkan pelanggaran, yang nantinya memungkinkan kampanye tersebut justru memiliki dampak kurang baik Dan adapun tips tips yang dapat dilakukan dalam memperhitungkan budget optimization untuk merchandise politik custom agar dapat berjalan lancar dan memberikan dampak maksimal, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Lakukan Riset untuk Memilih Jenis Merchandise
Hal pertama yang harus dilakukan pada tahapan perhitungan budget optimization untuk merchandise politik adalah melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih jenis merchandise seperti apa yang akan dipakai sebagai media komunikasi kampanye secara tidak langsung. Dimana bisa dikatakan jika tindakan ini pada dasarnya memang adalah salah satu jenis tindakan fundamental dalam perhitungan budget optimization untuk merchandise politik yang harus dilakukan agar anggaran kampanye bisa seefisien dan seefektif mungkin. Karena tidak dapat dipungkiri, jika tanpa riset yang cermat, pemilihan jenis merchandise politik bisa saja malah menjadi boomerang merugikan.
Mengingat ketidak sesuaian yang mungkin saja terjadi jika pemilihan jenis merchandise politik dilakukan tanpa didasari oleh adanya riset terlebih dahulu, mungkin saja justru tidak hanya akan mengakibatkan terjadinya pemborosan anggaran, atau merchandise yang tidak efektif saja, melainkan bisa juga malah berpotensi berimbas pada pelanggaran hukum. Dan adapun beberapa macam riset yang perlu dilakukan, diantaranya adalah seperti dengan memastikan relevansi jenis merchandise dengan target audiens, juga memastikan efisiensi anggaran dan ROI, memastikan kesesuaiannya terhadap hukum dan regulasi.
Menentukan Estimasi Kuantitas Merchandise
Selain harus melakukan riset terhadap jenis merchandise yang akan digunakan, dalam hal ini untuk memastikan optimasi budget guna keperluan merchandise politik, umumnya kita pun akan diharuskan pula untuk menentukan terlebih dahulu estimasi dari kuantitas merchandise yang dibutuhkan. Karena dengan menentukan estimasi kuantitas merchandise ini, nantinya kita dapat mempengaruhi efektivitas dan efisiensi kampanye, bahkan juga mengubah pengeluaran menjadi investasi yang memberikan hasil lebih maksimal, karena melalui jumlah estimasi ini, kita bisa memastikan setiap merchandise berfungsi sebagai alat kampanye efektif, bukan sekadar beban finansial
Mengingat dana kampanye yang biasanya tersedia sendiri umumnya memang sering kali terbatas, bahkan memiliki nilai ketetapan sendiri, sehingga mengestimasi kuantitas yang akurat membantu ini tentu akan membantu kita dalam menekan biaya produksi dan memastikan setiap unit merchandise politik sungguhan memiliki peluang tinggi untuk dimanfaatkan. Karena produksi berlebihan tentu justru akan berakhir tidak terpakai dan hanya berakibat pada pemborosan anggaran dan kerugian finansial yang signifikan. Sedangkan produksi yang kurang pun juga malah akan membuat kita kehilangan peluang untuk menjangkau pemilih potensial dan kehilangan momentum bagus.
Hitung Biaya Total dan Biaya per Dampak
Jika kita sudah menemukan jumlah estimasi kuantitas merchandise, maka langkah tepat selanjut yang perlu dilakukan dalam budget optimization untuk merchandise politik adalah menghitung biaya total dan biaya per dampak untuk setiap jenis merchandise. Karena tidak dapat dipungkiri jika menghitung biaya total dan biaya per dampak dalam optimasi anggaran merchandise politik ini pada dasarnya memang adalah salah satu langkah krusial yang sering diabaikan, padahal ini merupakan inti dari efisiensi.
Dimana adanya pernyataan tersebut pun umumnya didukung oleh bagaimana perhitungan biaya total dan per dampak tersebut yang begitu penting untuk menentukan akuntabilitas anggaran, dan efektivitas investasi tim kampanye dalam membuat keputusan yang jauh lebih cerdas dan strategis, serta untuk memastikan bahwa setiap rupiah betulan memberikan kontribusi nyata terhadap keberhasilan kampanye.
Tentukan Prioritas dan Alokasikan Anggaran Secara Bijak
Dalam perhitungan budget optimization untuk merchandise politik, hendaknya kita akan diharuskan pula untuk dapat menentukan prioritas dan pengalokasian anggaran kampanye secara bijak. Yang mana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan tindakan ini yang pada dasarnya memang dapat dikatakan sebagai jantung dari strategi efisien yang nantinya akan menentukan seberapa jauh dan seberapa efektif merchandise politik bekerja. Mengingat sumber daya dana yang dimiliki oleh setiap kandidat biasanya secara sengaja akan dibatasi, sehingga dengan menetapkan prioritas ini, tentu dapat dipastikan bahwa sebagian besar anggaran memang sudah dialokasikan untuk item yang bisa memberikan dampak terbesar dan paling sesuai dengan tujuan utama kampanye.
Case Study Kampanye Sukses dengan Merchandise Tas
Menjadi salah satu alat komunikasi secara tidak langsung yang dianggap pula sebagai bagian dari strategi kampanye paling efisien, agaknya memang menjadikan keberadaan dari merchandise politik, utamanya yang berwujud tas kampanye seringkali dijadikan sebagai pilihan ideal oleh para kandidat dan partai politiknya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika elemen elemen yang dimiliki oleh sebuah tas kampanye custom tersebut hendaknya memang sangat cocok dengan konteks politik di Indonesia. Dimana, adanya hal tersebut pun dapat dilihat dari contoh case study kampanye sukses dengan merchandise tas, seperti berikut ini:
Studi Kasus: Kampanye untuk Calon Legislatif
Latar Belakang:
Sebagai calon legislatif yang aktif berkampanye untuk mengenalkan identitas diri beserta dengan visi misinya kepada masyarakat disuatu daerah pemilihan atau Dapil, calon legislatif ini tentu ingin memiliki rekam jejak yang baik. Karena tidak dapat dipungkiri, jika pemilihan umum legislatif di Indonesia sendiri sejak dahulu kala memang merupakan sebuah ajang kontestasi sengit, sehingga sangat membutuhkan adanya strategi kampanye yang cerdas, komprehensif dan inovatif. Dimana didasarkan dari hal tersebut juga lah, visibilitas dan koneksi emosional dengan para calon pemilih masih menjadi kunci utama yang dapat menentukan kemenangan.
Dan salah satu cara atau alat kampanye untuk mendapatkan visibilitas tinggi serta kedekatan koneksi emosional dengan para calon pemilih tersebut yang diketahui telah lama diterapkan adalah menghadirkan adanya merchandise politik secara custom. Namun dapat diketahui pula, jika diantara banyak macam atau jenis barang yang dapat dijadikan sebagai merchandise politik, tas kampanye memang adalah salah satu yang dianggap memiliki potensi paling unik juga efisien. Karena memang keberadaanya yang bisa dibilang bukan hanya sebagai sekedar alat pengenalan saja, melainkan juga bisa dijadikan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kampanye.
Tujuan Kampanye Dengan Merchandise Tas:
Karena dalam kampanye seorang calon legislatif, keberadaan dari adanya sebuah merchandise politik biasanya bukan hanya sebagai sekedar bingkisan saja, melainkan juga dirancang khusus dan didistribusikan secara strategis, dengan beragam tujuan untuk mendukung kesuksesan kampanye secara keseluruhan pula. Dan adapun sejumlah tujuan kampanye dengan menggunakan merchandise politik berupa tas kampanye ini, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
- Meningkatkan awareness dan visibility dari identitas kandidat legislatif
- Untuk membangun citra positif dan kredibilitas, karena tas bisa menjadi representasi fisik dari janji atau karakter serta memberikan kesan profesional dari Caleg.
- Mendorong terjadinya interaksi dan engagement pemilih, karena melalui pemberian tas kampanye ini Caleg bisa memulai percakapan dan mendorong partisipasi.
- Meskipun untuk pengadaannya membutuhkan biaya, namun keberadaan tas kampanye ini secara umum ternyata juga bisa dipakai untuk mengoptimalkan anggaran kampanye menjadi lebih efisien.
Tantangan Menjadikan Merchandise Politik Berupa Tas:
Walaupun menjadi jenis merchandise politik yang dinilai paling efisien dan efektif untuk dipakai saat berkampanye, namun tetap saja masih ada saja sejumlah tantangan yang harus dihadapi ketika menjadikan tas kampanye ini sebagai merchandise politik, dan memastikan keberadaannya sungguhan dapat memberikan dampak positif. Dimana, adapun beberapa tantangan yang dimaksud tersebut diantaranya adalah seperti keterbatasan anggaran yang membuat pengadaan tas kampanye berjumlah besar dan berkualitas tinggi cukup memusingkan dilakukan, aturan ketat mengenai batas nilai barang kampanye, tantangan menciptakan tas dengan desain yang menarik namun tetap fungsional untuk menyampaikan pesan kampanye, serta pengelolaan akuntabilitas yang cukup rumit.
Solusi Untuk Mengatasi Tantangan Merchandise Politik Tas:
Jika terdapat tantangan dalam pengadaannya, tentu bukan berarti tidak terdapat solusi untuk mengatasinya. Karena dapat diketahui jika dibalik masalah masalah yang mungkin akan menghambat proses pengadaan tas kampanye sebagai merchandise politik, hendaknya memag terdapat beberapa solusi yang bisa dipretimbangkan untuk memcahkan masalah tersebut. Katakan saja seperti pengoptimalisaian anggaran dengan memprioritaskan kualitas dibandingkan kuantitas dan juga pilih lah jenis tas yang simple namun relevan dengan kebutuhan kampanye serta budget, pilih jasa vendor terpercaya dan lakukan negosiasi terbaik, patuhi aturan hukum dan regulasi yang berlaku, serta gunakan strategi distribusi yang tepat dan efisien agar penyebaran tas kampanye sesuai juga merata.
Kesimpulan:
Dengan berlandaskan latar belakang, tujuan pengadaan, hingga tantangan yang mungkin saja akan dihadapi beserta dengan solusi solusi untuk mengatasinya, tentu tidak dapat dipungkiri bukan jika hal hal tersebut secara umum hendaknya emmang sudah menunjukkan bahwa kesuksesan dari pengadaan merchandise politik berupa tas kampanye ini sebetulnya tidak hanya terletak pada jumlah atau kemewahan tampilannya saja, melainkan justru terletak pada pemahaman mendalam tentang target audiens, desain yang fungsional, strategi distribusi yang cerdas, dan alokasi anggaran yang bijak serta patuh aturan. Karena tidak dapat dipungkiri, sesederhana apapun bentuk tasnya, jika dikelola dengan benar, maka bukan tidak mungkin jika tas kampanye tersebut justru bisa menjadi alat kampanye yang sangat kuat dan efektif.
Dan bagi anda yang berencana untuk melakukan pengadaan tas juga untuk dijadikan sebagai bagian dari piranti untuk merchandise politik custom sekaligus strategi kampanye jitu, maka kini anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan merchandise kampanye politik tersebut pada Karya Bintang Abadi, yang dalam hal ini merupakan nama dari salah satu pabrik penyedia jasa tas custom terbaik serta terpercaya. Dimana dengan segudang pengalamannya dijamin dapat membantu mengatasi segala macam masalah dan tantangan anda terkait pembuatan tas kampanye politik tersebut, hanya dengan menghubungi customer servicenya secara langsung di kontak yang sudah tersedia.