Sering dianggap penting karena akan menawarkan berbagai manfaat strategis bagi kelancaran suatu momen atau acara yang diselenggarakan oleh seorang individu maupun sebuah perusahaan dan organisasi, karena tidak hanya bisa dijadikan sebagai wadah dan alat bantu membawa barang saja, melainkan juga bisa berfungsi utama sebagai media promosi yang efektif, dan alat praktis yang bisa menunjukan identitas visual secara kuat. Secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari adanya sebuah tas custom logo begitu dihargai oleh penerima. Apalagi harga tas custom logo ini sendiri pun secara umum juga dikenal lebih variatif ketimbang tas konvensional.
Karena sebetulnya pun memang tidak dapat dipungkiri begitu saja, jika dari banyaknya hal krusial yang diketahui tidak boleh dilewatkan pada saat akan melakukan pengadaan tas custom, katakan saja seperti mulai dari menentukan tujuan dan target penggunaan tas custom, merancang desain spesifik yang detail, memastikan kuantitas dan kualitas yang dibutuhkan, menentukan deadline produksi, serta memilih jasa vendor tas custom terpercaya, bisa dibilang memperkirakan dan menghitung anggaran maupun harga tas custom secara realistis berdasarkan kebutuhan dan jumlah budget yang dimiliki pun hendaknya juga tidak kalah penting untuk dilakukan.
Dimana dengan memperhatikan penghitungan anggaran maupun harga tas tersebut, tentu diharapkan nantinya kita dapat menjalankan prosedur pengadaan tas secara lebih terstruktur, efisien, sehingga nantinya bisa sungguhan menghasilkan produk tas custom sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan acara. Oleh sebab itu didasarkan dari hal tersebut, maka wajar saja bukan jika menghitung budget sebelum melakukan pengadaan tas custom ini pun kemudian termasuk ke dalam langkah fundamental untuk memastikan proyek tas custom berjalan lancar dan berjalan lurus dengan tujuan pengadaan tanpa menimbulkan masalah finansial di kemudian hari.
Mengingat melakukan penghitungan harga tas custom ini pun bisa dianggap begitu penting bahkan termasuk ke dalam langkah fundamental tentu saja juga tidak terlepas dari sejumlah alasan esensialnya, katakan saja seperti agar nantinya kita bisa lebih mudah dalam menentukan batasan serta ekspektasi realistis sesuai dengan kemampuan finansial. Membantu kita dalam memilih serta menentukan kualitas spesifikasi desain tas sesuai dengan anggaran tanpa mengorbankan kualitas atau fungsi utamanya. Menghindari terjadinya resiko pembengkakan biaya tak terduga. Dan meningkatkan efisiensi pengeluaran anggaran, sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan memiliki nilai.
Namun selain daripada beberapa poin sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, sebetulnya melakukan penghitungan budget pada tas custom ini pun umumnya bisa pula dilakukan dengan maksud utama untuk memberikan rekomendasi yang paling relevan dengan jumlah budget, memiliki kesempatan lebih untuk bisa melakukan negosiasi harga dan mendapatkan peluang harga tas custom terbaik, serta memungkinkan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan rencana pengadaan tas custom sehingga tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan opsi yang jauh di luar jangkauan finansial.
Daftar Isi
ToggleHarga Tas Custom Logo
Mengandalkan berbagai manfaat inti yang dimilikinya, yaitu sebagai bagian dari investasi strategis yang nantinya dianggap mampu untuk mendukung berbagai macam tujuan pemasaran, branding, maupun keterlibatan audiens pada suatu gelaran acara. Secara tidak langsung memang telah menjadikan keberadaan dari adanya sebuah tas custom logo memiliki peran tersendiri yang tidak bisa lewatkan atau digantikan begitu saja dalam menunjang keberhasilan sebuah acara. Dimana bersamaan dengan hal tersebut juga lah, menghitung budget atau harga tas custom kemudian turut serta menjadi langkah fundamental yang tidak boleh dilewatkan dalam pengadaannya.
Apalagi lebih daripada itu, pun hendaknya dapat diketahui pula jika dalam sebuah tahapan atau rencana pengadaan tas custom logo ini, umumnya kita sebagai pihak penyelenggara juga akan dihadapkan oleh beberapa macam faktor krusial yang dianggap sangat berpengaruh pada fluktuatifnya harga harga pengadaan tas custom tersebut. Dan adapun sejumlah faktor faktor penting yang diketahui dapat memberikan pengaruh krusial terhadap harga tas custom logo tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Tas Custom
Adanya banyak faktor yang berhasil mempengaruhi harga tas custom logo biasanya memang rata rata didasarkan oleh bagaimana proses pembuatan tas custom tersebut yang bisa sangat personal dan spesifik, serta akan sangat berbeda dengan produksi tas massal yang umumnya memang sudah memiliki standar dan spesifikasi tetap. Karena sesuai namanya, setiap tas custom yang dipesan tersebut hendaknya pun memang adalah produk unik yang dibuat berdasarkan permintaan detail dari pelanggan, sehingga setiap detail kecil bisa menjadi penentu biaya. Dan adapun beberapa faktor yang dinilai mampu mempengaruhi harga tas custom tersebut diantaranya adalah berikut ini:
Ukuran dan Model Tas
Faktor pertama yang diketahui akan mempengaruhi harga pada tas custom adalah ukuran dan model tas. Dimana panjang, lebar dan tinggi tas beserta dengan bentuk tas seperti apa yang akan adaptasi untuk direalisasikan nanti umumnya memang bisa dianggap sebagai salah faktor penentu harga tas dikarenakan semakin besar ukuran tas, maka akan semakin banyak pula material kain yang dibutuhkan untuk memotong pola dan membuat biaya material meningkat.
Sedangkan untuk penerapan model yang lebih kompleks sendiri, misalnya saja seperti pada model tas custom ransel dengan banyak kantong, padding laptop, atau struktur kaku, dsb pun biasanya juga akan tidak kalah memerlukan pola potong dan detail jahitan lebih banyak, serta waktu pengerjaan lebih lama oleh penjahit, yang tentu saja didasarkan dari semua kebutuhan produksi tas custom tersebut, secara tidak langsung memang akan menambah kompleksitas dari produksi dan harga di setiap unitnya.
Jenis Material dan Kualitasnya
Tidak hanya karena terdapat banyak pilihan ukuran serta model tas saja yang membuat harga pembuatan sebuah tas custom menjadi lebih variatif. Karena selain daripada itu, keberadaan dari beragam jenis, kualitas dan spesifikasi bahan baku tas pun umumnya juga turut serta termasuk ke dalam faktor krusial yang akan mempengaruhi harga tas custom logo. Dimana adanya hal ini pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan setiap jenis bahan biasanya memang memiliki harga per meter yang berbeda di pasaran.
Yang mana, untuk jenis jenis bahan baku premium dengan karakteristik tahan lama, tahan air, atau memiliki tekstur serta tampilan yang lebih mewah, misalnya saja seperti jenis bahan Cordura atau kulit sintetis berkualitas tinggi, tentu saja akan memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga dari bahan baku dasar seperti spunbond atau blacu. Selain itu semakin tebal bahan, tentu akan semakin banyak pula material yang digunakan per unit luasan, sehingga untuk jenis bahan tebal biasanya harga per unit tas pun akan lebih mahal pula.
Keberadaan dari Detail serta Aksesoris Tambahan
Sebagaimana kita ketahui bersama, jika bentuk dari sebuah tas umumnya tidak akan bisa berdiri sendiri secara optimal jika tidak tunjang oleh sejumlah detail maupun aksesoris tambahan,katakan saja seperti resleting, furing, padding, strap, buckle, dsb. Yang mana dapat dikatakan jika setiap detail dan aksesoris pada tas tersebut pun hendaknya memang termasuk kedalam komponen tambahan yang harus dibeli dan menjadikannya sebagai salah satu faktor penting yang diketahui juga akan mempengaruhi harga dari tas custom tas logo. Apalagi selain jumlah, jenis dan kualitasnya, waktu dan tenaga kerja ekstra untuk proses pemasangannya ke tas yang digunakan pun secara umum juga semakin memungkinkan mahalnya biaya tas.
Metode Pencetakan Desain Custom Logo
Sebagai tas yang dibuat secara custom atau khusus agar nantinya dapat memiliki atribut personal yang membuatnya tampak berbeda dengan produk tas konvensional, tentu secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari tas custom logo ini akan mendapatkan perlakukan tambahan pada bagian pencetakan desain customnya. Dimana dapat diketahui jika proses atau metode pencetakan desain custom logo yang dimaksud tersebut pun tentu ada banyak macamnya, dan memiliki perbedaan dari segi ketahanan, kualitas, cara kerja, hingga harganya.
Yang mana adapun sejumlah metode pencetakan desain custom logo yang diketahui bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya adalah seperti sablon dan digital printing yang umumnya memiliki biaya cetak lebih murah dan cocok untuk produksi tas custom berskala besar dengan tampilan sederhana dan ergonomis, serta metode pencetakan berupa bordier dan emboss atau deboss yang biasanya memiliki biaya cetak lebih mahal karena memiliki detail tinggi, kekuatan,ketahanan serta kualitas lebih baik, juga memiliki look yang lebih eksklusif pula.
Jumlah Pesanan Tas
Hal selanjutnya yang diketahui juga menjadi faktor penentu harga tas custom selanjutnya adalah kuantitas atau jumlah pesanan tas custom itu sendiri dalam satu batch produksi. Dimana bisa dibilang jika jumlah pesanan tas ini sesungguhnya memang adalah salah satu faktor paling signifikan karena ada adanya biaya tetap (fixed cost) dalam produksi, misalnya saja seperti biaya setting mesin, pembuatan pola awal, atau pembelian bulk bahan yang nantinya akan didistribusikan ke setiap unit yang diproduksi.
Oleh sebab itu, untuk kuantitas kecil biaya tetap ini tentu saja akan membebani setiap unit secara signifikan, sehingga harga per unitnya menjadi mahal. Sedangkan untuk kuantitas besar, biaya tetap ini tentu saja dapat dibagi ke lebih banyak unit, sehingga nantinya harga per unit dari tas custom pesanan tersebut akan menjadi jauh lebih murah karena adanya skala ekonomi. Selain itu, vendor vendor pun umumnya juga cukup sering secara sengaja memberikan harga diskon untuk pemesanan tas custom logo dalam jumlah besar.
Deadline Waktu dan Biaya Pengiriman
Tenggat waktu pengerjaan dan juga biaya pengiriman tas custom pesanan pun dalam hal ini agaknya juga menjadi faktor selanjutnya sekaligus terakhir yang turut serta mempengaruhi harga tas custom logo. Yang mana seberapa cepat kita membutuhkan tas tersebut selesai diproduksi biasanya akan turut serta dipertimbangkan dalam menentukan harga tas, karena jika kita membutuhkan pesanan dalam waktu singkat atau mendesak, di luar waktu produksi standar vendor, maka bisa saja vendor mungkin perlu mengalokasikan sumber daya ekstra dan mencantumkan biaya rush order atau biaya tambahan untuk menutupi biaya operasional ekstra tersebut.
Sedangkan untuk biaya pengiriman sendiri, biasanya hal tersebut akan ditentukan oleh sejumlah hal. Dimana dapat diketahui jika biaya logistik ini nantinya akan dihitung berdasarkan berat, volume, dan jarak pengiriman. Terutama jika kita memesan tas custom logo tersebut dari vendor yang lokasinya berada di luar kota atau luar pulau, sehingga tentu saja didasarkan dari alasan tersebut biaya pengiriman tas custom ini akan lebih mahal dan bahkan bisa menjadi komponen yang signifikan dari total pengeluaran.
Breakdown Harga Berdasarkan Quantity
Bisa dibilang jika diantara beberapa macam komponen utama produksi sebuah tas custom, jumlah pesanan atau quantity tas memang adalah salah satu bagian yang memegang peranan penting dalam menentukan jumlah keseluruhan budget pengadaan tas. Yang mana, didasarkan oleh hal tersebut juga lah, ada baiknya untuk selalu mengingat jika perubahan sekecil apa pun pada material, desain, atau branding tas umumnya memang akan sanggup mengubah harga dasar per unit di semua kuantitas. Sehingga akan lebih baik jika kita tidak hanya terpaku pada harga termurah saja, tetapi juga pada kuantitasnya yang akan memberikan perbedaan pada harga akhirnya. Misalnya saja seperti dapat dilihat pada contoh breakdown harga tas berdasarkan quantitynya berikut ini:
Kuantitas 100 pcs
Untuk pemesanan tas custom dengan model biasa, misalnya saja seperti model tas tote bag tanpa resleting, tanpa furing, dan tanpa banyak kantong, dengan ukuran sekitar 35×40 cm dan terbuat dari bahan baku jenis blacu maupun kanvas tebal, serta dengan material desain berupa sablon 1 warna di 1 sisi berukuran logo standar, umumnya kita akan dihadapkan dengan estimasi harga per unitnya sekitar 25 ribu sampai 35 ribu. Dimana adanya hal tersebut dapat di lihat secara lebih rinci dari breakdown harga tas berikut ini:
Kategori Biaya | Estimasi Biaya per Unit | Total Estimasi Biaya untuk 100 pcs |
Biaya Material (Kain) | Rp 10.000 – Rp 15.000 | Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000 |
Biaya Material (Tali) | Rp 1.000 – Rp 2.000 | Rp 100.000 – Rp 200.000 |
Biaya Jahit/Produksi | Rp 8.000 – Rp 12.000 | Rp 800.000 – Rp 1.200.000 |
Biaya Sablon | Rp 4.000 – Rp 6.000 | Rp 400.000 – Rp 600.000 |
Biaya Finishing & QC | Rp 1.000 – Rp 2.000 | Rp 100.000 – Rp 200.000 |
Overhead & Margin Vendor | Rp 1.000 – Rp 3.000 | Rp 100.000 – Rp 300.000 |
Total Estimasi Harga Per Unit | Rp 25.000 – Rp 40.000 | Rp 2.500.000 – Rp 4.000.000 |
Kuantitas 500 pcs
Jumlah atau kuantitas tas custom selanjutnya yang akan kita breakdown selanjutnya adalah pemesanan tas dengan jumlah 500 pcs. Dimana breakdown harga yang diestimasikan 19,5 – 25 ribu per unit kali ini, akan didasarkan pada model tas custom standar yang desainnya tidak terlalu rumit, dengan ukuran sekitar 38×42 cm dan cukup untuk membawa barang esensial ringan, serta sengaja dibuat menggunakan jenis bahan baku berupa kain D600m, dengan atribut desain mengandung 3 warna dasar dan sablon 2 warna di 1 sisi berukuran logo standar sekitar 25×25 cm dan hanya dilengkapi oleh tali webbing standar, 1 resleting, tanpa furing, juga tanpa kantong tambahan, dengan breakdown harga seperti berikut ini:
Kategori Biaya | Estimasi Biaya per Unit | Total Estimasi Biaya untuk 500 pcs |
Biaya Material (Kain & Tali Webbing) | Rp 8.000 – Rp 10.000 | Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000 |
Biaya Jasa Jahit (Produksi) | Rp 7.000 – Rp 9.000 | Rp 3.500.000 – Rp 4.500.000 |
Biaya Sablon (2 Warna, 1 Sisi) | Rp 3.000 – Rp 4.000 | Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 |
Biaya Aksesoris (Resleting) | Rp 1.500 – Rp 2.000 | Rp 750.000 – Rp 1.000.000 |
Total Estimasi Harga Per Unit | 19.500 – Rp 25.000 | Rp 9.750.000 – Rp 12.500.000 |
Kuantitas 1.000 pcs
Contoh quantity tas custom selanjutnya yang akan kita breakdown harganya adalah pengadaan tas custom dengan jumlah 1000 pcs. Dimana contoh breakdown harga tas berdasarkan quantity ini akan didasarkan pada tas custom dengan model sederhana yang memiliki satu kompartemen utama, tanpa furing, tanpa saku tambahan yang rumit, dengan ukuran kurang lebih 35×40 cm, dan sengaja dibuat menggunakan jenis bahan baku berupa kain D300 atau D600, serta tersablon dengan 1 warna di 1 sisi berukuran logo standar sekitar A4 dan dilengkapi oleh aksesoris berupa tali webbing yang estimasi harga per unitnya sekitar 15 ribu sampai 22 ribu dengan breakdown harga berikut:
Kategori Biaya | Estimasi Biaya per Unit | Total Estimasi Biaya untuk 1000 pcs |
Biaya Material | Rp 6.000 – Rp 8.000 | Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000 |
Biaya Aksesoris | Rp 2.000 – Rp 3.000 | Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000 |
Biaya Jasa Jahit & Perakitan | Rp 2.500 – Rp 4.000 | Rp 2.500.000 – Rp 4.000.000 |
Biaya Branding (Sablon 1 Warna, 1 Sisi) | Rp 2.500 – Rp 3.500 | Rp 2.500.000 – Rp 3.500.000 |
Biaya Overhead & Margin Keuntungan Vendor | Rp 2.000 – Rp 3.500 | Rp 2.000.000 – Rp 3.500.000 |
Total Estimasi Harga Per Unit | Rp.15.000- Rp.22.000 | Rp. 15.000.000 – Rp 22.000.000 |
Kuantitas 5.000 pcs
Quantity tas custom selanjutnya sekaligus terakhir yang akan kita lihat contoh breakdownnya adalah sebuah tas custom berjumlah 5000 pcs dengan harga per unitnya 12 ribu sampai 16 ribu, dan memiliki spesifikasi berupa model desain tas yang sederhana dengan dilengkapi oleh satu kompartemen utama, tanpa furing, tanpa saku tambahan yang rumit, berukuran kurang lebih 35×40 cm yang dibuat menggunakan kain spunbond atau blacu, serta desainnya dicetak menggunakan sablon 1 warna di 1 sisi berukuran logo standar, dan hanya dilengkapi oleh strap adjustable simple. Dan adapun breakdown harga untuk tas dengan spesifikasi tersebut berjumlah 5000 pcs, adalah berikut ini:
Kategori Biaya | Estimasi Biaya per Unit | Total Estimasi Biaya untuk 1000 pcs |
Biaya Material | Rp. 6.000 – Rp 9.000. | Rp 30.000.000 – Rp 45.000.000 |
Biaya Aksesoris | Rp 1.000 – Rp 2.000 | Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000 |
Biaya Jasa Jahit & Perakitan | Rp 2.000 – Rp 3.500 | Rp 1.000.000 – Rp 17.500.000 |
Biaya Branding (Sablon 1 Warna, 1 Sisi) | Rp 1.000 – Rp 2.000 | Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000 |
Biaya Overhead & Margin Keuntungan Vendor | Rp 2.000 – Rp 3.500 | Rp 1.000.000 – Rp 17.500.000 |
Total Estimasi Harga Per Unit | Rp 12.000- Rp.20.000 | Rp 60.000.000 – Rp 100.000.000 |
Note:
Perlu diingat kembali, jika breakdown harga tas berdasarkan quantity di atas sebetul betulnya adalah sebuah contoh. Sehingga kemungkinan adanya perbedaan harga pada setiap komponen tentu saja wajar terjadi. Baik itu dikarenakan bedanya jenis bahan, kualitas yang ditawarkan, ukuran yang dibutuhkan, hingga variasi model serta materi desain branding yang diterapkan oleh setiap customer pada pesanan tas customnya, juga negosiasi maupun kemampuan serta lokasi dari jasa vendor tas custom yang dipercaya.
Tips Mengoptimalkan Budget Tanpa Mengurangi Kualitas
Karena memiliki sejumlah faktor krusial yang dinilai dapat berpengaruh kuat untuk membuat harga tas custom logo menjadi terkesan fluktuatif dan berbeda beda antara satu kebutuhan dengan kebutuhan tas custom lainnya. Secara tidak langsung hal tersebut memang membuat sebuah proses pengadaan tas custom memerlukan strategi tepat sebagai usaha atau kunci cerdas untuk mengoptimalkan budget pengadaan tas custom logo sesuai dengan kebutuhan, namun tanpa perlu mengurangi kualitasnya. Dan adapun sejumlah tips yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan budget tanpa mengurangi kualitas tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Identifikasi Fitur Tas dan Tentukan Skala Prioritasnya
Untuk mengoptimalkan budget pengadaan tas custom logo tanpa harus mengurangi kualitas tas yang pertama adalah mengidentifikasi fitur tas dan menentukan skala prioritasnya. Karena tanpa adanya prioritas yang jelas ini tentu saja kita justru berisiko menghabiskan uang untuk fitur yang tidak terlalu penting dan malah mengorbankan kualitas yang seharusnya menjadi bagian krusial. Oleh sebab itu, mengidentifikasi fitur dan menentukan skala prioritas ini hendaknya memang sangat dibutuhkan dalam membuat keputusan cerdas dan strategis di awal proses pengadaan tas guna membantu kita untuk mendapatkan tas custom yang sungguhan bisa memenuhi kebutuhan utama dengan kualitas yang sesuai, tapi tanpa harus mengeluarkan biaya berlebihan untuk hal hal kurang relevan.
Mengingat setiap fitur tambahan, setiap material premium, dan setiap detail yang rumit pada tas custom tentu sudah barang pasti akan memiliki rincian biayanya sendiri. Sehingga mengendalikan diri melalui cara mengidentifikasi dan memfilter mana yang paling penting dengan mengutamakan fitur esensial, tentu sangat penting untuk dilakukan guna menghindari pembengkakan anggaran. Apalagi dapat dikatakan pula jika kualitas pada tas custom ini sebetulnya termasuk ke dalam hal yang relatif, jadi tidak semua aspek tas memerlukan tingkat kualitas yang sama tinggi. Oleh sebab itu, mengalokasikan budget pada fitur fitur yang paling berpengaruh pada fungsi inti dan daya tahan merupakan hal yang paling penting.
Pilihlah Material Tas yang Tepat Berdasarkan Kebutuhan
Tips selanjutnya yang diketahui juga penting untuk dipertimbangkan untuk mengoptimalkan budget pengadaan tas tanpa harus mengurangi kualitas tas custom adalah dengan memilih material tas yang tepat dan berdasarkan kebutuhan. Dimana dapat dikatakan jika tindakan ini pada dasarnya memang dikenal sebagai salah satu strategi paling efektif untuk mengoptimalkan budget tanpa mengorbankan kualitas dikarenakan adanya hal ini yang sebetulnya bukan hanya sekadar tentang pemilihan murah dan hemat saja, melainkan juga tentang kelihaian untuk menemukan titik keseimbangan sempurna yang bisa menyinambungkan antara nilai fungsionalitas, estetika, daya tahan, dan biaya. Serta memastikan setiap rupiah yang dikeluarkan sungguhan dapat memberikan nilai maksimal dalam menghasilkan tas custom yang efektif dan efisien sesuai tujuan pengadaan.
Prioritaskan Desain atau Model yang Simple dan Ergonomis
Selain harus mempertimbangkan pemilihan jenis bahannya, ada baiknya kita juga memprioritaskan desain atau model tas yang simple dan ergonomis saja untuk mengoptimalkan budget tas custom tanpa harus mengurangi kualitasnya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dengan memprioritaskan desain yang cenderung simple serta ergonomis ini, kita secara cerdas telah berhasil mengelola komponen biaya tas custom tanpa harus mengorbankan fungsionalitas atau kekuatan tas itu sendiri. Apalagi tidak jarang kesederhanaan tampilan tas ini justru menjadi kunci untuk kualitas dan daya tahan tas yang lebih baik dengan biaya yang lebih terkontrol.
Mengingat desain tas custom yang rumit dengan banyak lekukan, panel berbeda, atau potongan non standar tentu saja akan memerlukan lebih banyak perhitungan, pemotongan yang presisi, dan seringkali menghasilkan lebih banyak sisa potongan material terbuang sia sia dengan lama waktu produksi yang tentu saja juga lebih lama ketimbang tas model biasa. Dimana adanya hal tersebut tentu memungkinkan untuk terjadinya overbudget atau penambahan biaya biaya yang kurang efisien. Oleh sebab itu, untuk menghindari adanya hal tersebut, hendaknya memang lebih baik jika kita lebih memprioritaskan model tas simple namun berkualitas dan fungsional.
Batasi Variasi Warna dan Kerumitan Branding
sebagai elemen yang bisa dibilang sangat amat menentukan finishing look yang ditampilkan oleh tas custom, tentu sudah barang pasti jika perkara variasi warna dan juga detail branding pun menjadi hal selanjutnya yang dikenal perlu dibatasi pula sebagai salah satu strategi efektif guna mengoptimalkan jumlah budget tanpa perlu mengurangi kualitas tas custom. Terlebih tindakan membatasi warna dan kerumitan branding ini pun pada dasarnya juga bukan berarti kita membuat tas menjadi tampak membosankan atau monoton, tetapi justru merupakan salah satu tindakan yang bisa mendorong kita berpikir lebih kreatif dalam menyampaikan pesan brand secara efisien dan impactful.
Mengingat desain tas custom minimalis yang hanya terdiri dengan satu atau dua warna dan detail desain branding sederhana pun seringkali justru tidak hanya dinilai lebih ekonomis saja, melainkan juga lebih mudah diingat dan terlihat lebih elegan. Oleh sebab itu, didasarkan dari alasan tersebut, maka wajar saja bukan jika tindakan membatasi penggunaan variasi warna dan kerumitan branding ini pun kemudian dianggap sebagai salah satu cara yang memungkinkan kita untuk dapat mengalokasikan budget dengan lebih bijak, karena sisa budget bisa dibagi rata untuk memperbaiki aspek kualitas lain, misalnya seperti material tas yang lebih baik atau aksesoris yang lebih kuat.
Perhitungkan Optimalisasi Jumlah Pesanan Tas
Memperhitungkan optimalisasi jumlah pesanan tas custom bisa dibilang juga adalah salah satu strategi paling krusial pula untuk mengoptimalkan budget tanpa harus mengurangi atau mengorbankan kualitas tas custom. Karena dengan memahami titik optimal kuantitas pada pesanan tas custom ini, nantinya kita bisa memanfaatkan efisiensi produksi vendor dan mengalihkan penghematan biaya tersebut guna mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas material maupun detail tas lainnya, tanpa harus menguras budget. Dan oleh sebab itu, didasarkan dari hal tersebut maka wajar saja bukan jika tindakan ini pun kemudia dianggap sebagai strategi yang cerdas untuk mendapatkan produk tas custom berkualitas tinggi dengan investasi yang efisien.
Hidden Cost yang Sering Terlupakan
Selain biaya biaya yang secara umum sudah pasti masuk ke dalam komponen produksi sebuah tas custom, katakan saja seperti material, ukuran, dan kuantitasnya, ternyata dalam hal ini terdapat pula beberapa hidden cost atau biaya tersembunyi yang kadang kali masih sering terlupakan saat menghitung budget tas custom. Dimana ketidak sengajaan melupakan hitungan hitungan ini, tentu saja bisa berpotensi menyebabkan terjadinya pembengkakan biaya tak terduga dan mungkin masalah masalah lain di kemudian hari. Oleh sebab itu, memperhitungkan sejumlah hidden cost berikut sejak awal, sangatlah penting untuk dilakukan agar anggaran jauh lebih akurat dan realistis, serta menghindari kejutan yang tidak menyenangkan, demi memastikan proyek tas custom berjalan lancar.
Biaya Desain Grafis
Hidden cost pertama yang bisa dibilang merupakan komponen penting dalam sebuah pembuatan tas custom, namun justru sering kali biayanya tidak diperhitungkan dengan baik adalah biaya desain grafis. Dimana keberadaan dari biaya tambahan ini biasanya muncul ketika kita tidak memiliki file desain yang siap cetak (vector) untuk logo atau elemen grafis lainnya. Sehingga untuk mengadakannya kita mungkin perlu menyewa desainer grafis untuk membuat atau mengadaptasi desain branding yang diharapkan agar nantinya bisa sesuai dengan format dan persyaratan produksi tas (misalnya, membuat versi vektor, mengatur tata letak sablon/bordir, atau membuat mock-up digital).
Biaya Revisi Desain
Selain hidden cost yang dihasilkan oleh biaya desain grafis, dalam hal ini ternyata biaya revisi desain juga turut serta termasuk ke dalam daftar hidden cost yang seringkali lupa untuk diperhitungkan. Karena jika ada perubahan desain setelah proses produksi dimulai (misalnya setelah sample dibuat namun ternyata ingin mengubah detail kecil), atau jika ada kesalahan yang disebabkan oleh kia sendiri yang mengharuskan produksi ulang sebagian, maka tentu kita akan dikenakan biaya revisi. Maka dari itu, ketika mengcustom sebuah tas dan sudah masuk ke dalam proses eksekusi desain, ada baiknya untuk tidak menganggap bahwa “koreksi itu wajar”, karena setiap perubahan setelah final approval umumnya memerlukan biaya tambahan untuk merevisinya.
Biaya Sample Produksi Tas
Ketika akan melakukan pengadaan sebuah tas custom, umumnya kita memerlukan adanya sebuah sample produk untuk mengetahui ketepatan spesifikasi apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Namun sayangnya keberadaan dari adanya sample produk tas tersebut beserta dengan biaya produksinya seringkali malah terlupakan oleh pemesan dikarenakan mereka secara langsung lebih fokus pada harga per unit untuk jumlah massal, dan lupa bahwa ada biaya untuk melihat dan menyetujui produk fisik pertama kali sebelum diproduksi ribuan unit. Padahal biaya sample ini biasanya dikenakan terpisah dan bisa sama atau bahkan lebih mahal dari harga per unit jika diproduksi massal, karena biaya setup untuk 1-2 unit tetap besar.
Biaya Pengemasan Ekstra
Biasanya biaya pengemasan yang dilakukan sesuai standar memang sudah otomatis masuk kedalam hitungan budget tas custom, namun sebetulnya perlu untuk diketahui jika sesungguhnya standar pengemasan dari setiap vendor tas custom ini mungkin saja berbeda beda dan akan disesuaikan kembali dengan kebutuhan pengemasan, sehingga didasarkan dari hal tersebut tentu bukan tidak mungkin jika nantinya akan terdapat biaya tambahan untuk material packing dan tenaga kerja dalam proses pengemasan ekstra tas custom tersebut, apalagi jika pengiriman dilakukan keluar kota atau luar kota dan membutuhkan penanganan khusus. Dan didasarkan dari alasan tersebut juga, tidaklah mengherankan bukan bila biaya pengemasan ini pun kemudian termasuk ke dalam jajaran hidden cost yang sering dilupakan oleh pemesanan
ROI Calculation untuk Merchandise Tas
Tidak hanya menghitung budget tas custom logo saja yang dalam hal ini dinilai penting untuk dilakukan ketika akan menjalankan proses pengadaan tas custom. Karena selain daripada itu, hendaknya kita juga diharuskan pula untuk menghitung Return on Investment (ROI) untuk merchandise tas custom. Dimana adanya hal ini bisa dibilang memang adalah bagian dari langkah penting dikarenakan berfungsi untuk mengevaluasi efektivitas pengeluaran dan akan membantu kita dalam melihat apakah investasi yang dilakukan pada tas custom sungguhan menghasilkan keuntungan yang sepadan, baik dalam bentuk finansial maupun non finansial atau tidak.
Mengingat, pengertian dari Return on Investment (ROI) ini sendiri pada dasarnya memang adalah sebuah rumus penghitungan yang metrik kinerjanya digunakan untuk mengevaluasi efisiensi investasi, yang dalam konteks merchandise tas custom ini secara umum memang diketahui dipakai untuk mengukur seberapa besar pengembalian yang bisa dapatkan dari hasil investasi pengadaan tas custom tersebut. Oleh sebab itu, rumus penghitungan ROI ini akan membutuhkan nominal dari pendapatan langsung (jika tas dijual) atau nilai manfaat non finansial yang dikonversi ke nilai uang dan total biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan tas custom, termasuk semua hidden cost.
Dan adapun langkah langkah menghitung ROI untuk pengadaan sebuah merchandise tas custom ini biasanya akan dimulai dari menentukan total biaya investasinya atau biaya pengadaan tasnya terlebih dahulu dengan memasukkan semua komponen, mulai itu dari biaya pokok produksi tas (material, biaya jahit, biaya branding, overhead), biaya logistik (biaya pengirman,packing, dan asuransi jika ada), termasuk pula hidden cost yang sering terlupakan seperti biaya desain grafis dan pembuatan sample). Contohnya seperti pada saat kita memesan 1.000 tas custom dengan harga 25 ribu per unit, jadi total 25 jt ditambah biaya desain 500 ribu dan biaya pengiriman 1,5 jt hasilnya 27 jt.
Setelah menemukan hasil total biaya investasi atau pengadaan tas, maka langkah selanjutnya adalah menentukan keuntungan dari investasi dengan cara mencari pendapatan penjualan menggunakan rumus (jumlah tas terjual x Harga jual per unit), contohnya 1.000 dari 1.000 tas dikali dengan harga 50 ribu per unit, hasilnya 5o juta. Dan jika sudah mendapatkan kedua angka yang dibutuhkan, maka mulai masukkan ke dalam rumus:
Contoh Perhitungan ROI Lengkap:
- Total Biaya Investasi: Rp 27.000.000
- Total Keuntungan/Manfaat: Rp 50.000.000
ROI= (Rp 27.000.000 – Rp 50.000.000 / Rp 27.000.000) × 100%
ROI= (Rp 23.000.000 / Rp 27.000.000) × 100%
ROI= 0.8518 × 100%
ROI= 85.18%
Hasil Interpretasi ROI:
- ROI Positif ( > 0%): Investasi menghasilkan keuntungan, karena semakin tinggi persentasenya maka semakin efektif pula nilai investasi tersebut. Sehingga ROI 85.18% berarti setiap Rp 1 yang di investasikan dapat dikatakan telah menghasilkan pengembalian Rp 0.85, atau dengan kata lain, kita telah mendapatkan kembali 85.18% dari modal yang diinvestasikan sebagai keuntungan bersih.
Nah itulah dia beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penghitungan budget tas custom logo, beserta dengan bagaimana langkah langkah menghitung ROI calculating merchandise tas custom logo. Dimana, meskipun memang langkah langkah tersebut memiliki tantangan maupun tingkat kesulitan dan kerumitan tersendiri, namun tidak dapat dipungkiri jika hal hal tersebut hendaknya memang begitu penting dilakukan karena dapat memberikan kita gambaran yang lebih jelas tentang nilai strategis investasi dari pengadaan merchandise tas custom tersebut.
Dan bagi anda yang sekiranya berkeinginan untuk mendapatkan request quotation terkait kebutuhan spesifik tas custom, dengan nilai investasi yang tentu saja memuaskan, kini anda dapat mendapatkan dan mempercayakannya pada Karya Bintang Abadi, yaitu sebuah pabrik tas custom terbaik dan berlegalitas, dengan cara segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi.