Sebelum berbicara tentang tas universitas custom, dalam hal ini dapat diketahui jika keberadaan dari adanya istilah school pride dan juga alumni engagement ternyata merupakan dua hal yang bisa dibilang cukup penting bagi suatu universitas. Karena tidak dapat dipungkiri, jika adanya school pride serta alumni engagement ini sendiri pada dasarnya memang bisa dianggap sebagai sebuah pondasi emosional yang kuat bagi suatu universitas secara berkelanjutan. Sehingga dapat disimpulkan jika keduanya ini hendaknya memang merupakan pilar penting yang nantinya akan memperkuat reputasi jangka panjang yang akan mendukung ekosistem komunitas akademik.
Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja tidak terlepas begitu saja dari bagaimana pengertian school pride sendiri yang pada dasarnya merupakan sebuah istilah untuk menyebutkan suatu kebangaa terhadap institusi pendidikan dengan perasaan positif yang didapatkan dari loyalitas juga pengalaman serta identifikasi emosional yang dimiliki oleh para mahasiswanya, staff pengajar, para alumni atau bahkan masyarakat umum disekitarnya. Dan perasaan emosional yang dikeluarkan dari identifikasi mereka itu pun umumnya juga bukan hanya sekedar menghasilkan perasaan bangga biasa saja, melainkan menggambarkan rasa yang lebih mendalam dan bermakna.
Katakan saja seperti adanya rasa memiliki yang membuat mereka merasa bangga menjadi bagian dari komunitas universitas tersebut serta membuatnya begitu aware akan reputasinya. Juga rasa untuk selalu ingin memberikan dukungan aktif, baik itu secara verbal maupun non verbal, secara langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu, didasarkan dari perasaan perasaan loyal tersebut, maka tidaklah mengherankan bukan jika adanya school pride ini pun kemudian dianggap begitu penting dalam mendukung peningkatan terhadap reputasi dan citra universitas, membangun komunitas yang kuat, hingga untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa serta khalayak umum terkait.
Sedangkan untuk pengertian dari alumni engagement sendiri, secara garis besar dapat dikatakan sebagai sebuah proses aktif untuk membangun, memelihara, juga memperkuat hubungan universitas dengan para alumninya. Dimana dapat dikatakan jika keberadaan dari alumni engagement ini hendaknya merupakan salah satu bagian dari strategi jangka panjang untuk memajukan juga menjaga keterhubungan serta kontribusi para lulusan dengan universitas, agar nantinya dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan almamater. Dan didasarkan oleh hal tersebut juga lah, alumni engagement ini biasanya bisa beragam bentuknya.
Mulai itu dari mentorship dan bimbingan karir bagi para alumni yang baru saja lulus maupun para mahasiswa aktif, menyelenggarakan acara reuni bagi para alumni agar tetap terhubung satu sama lain dengan universitas, memberikan sejumlah akses keterlibatan alumni pada beberapa acara universitas, memberikan kesempatan magang atau lowongan pekerjaan bagi para para lulusan baru atau alumni lama, serta mengikutsertakan alumni menjadi duta promosi universitas, khususnya di lingkungan profesional dan sosial mereka. Dimana adapun salah satu cara promosi yang dapat dilakukan, diantaranya adalah dengan mengadakan dan menggunakan tas universitas custom.
Daftar Isi
ToggleTas Universitas Custom
Karena menjadi dua bagian penting yang bahkan juga dianggap sebagai pilar kuat untuk mendukung keberlanjutan dan kemajuan sebuah universitas, tentu wajar saja bukan jika adanya school pride dan alumni engagement ini umumnya memang akan saling berkaitan satu sama lain. Yang mana, didasarkan dari kedua hal tersebut juga lah, untuk bisa mendukung optimalisasi dari school pride maupun alumni engagement ini, biasanya banyak universitas akan secara sengaja rajin rajin melakukan promosi. Dan adapun salah satu cara atau metode promosi yang diketahui paling banyak diterapkan oleh suatu universitas karena dinilai cukup efisien dilakukan guna kepentingan jangka panjang adalah dengan mengadakan merchandise berupa tas universitas custom.
Peran Merchandise Dalam Membangun School Pride
Menjadi salah satu komponen penting yang akan mendukung suatu universitas dalam metode promosi jangka panjangnya, yang nantinya akan berpengaruh baik untuk menunjang reputasinya di mata publik maupun untuk meningkatkan nilai akreditasinya, tentu secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari pengadaan sebuah merchandise guna keperluan ini dianggap begitu krusial dan memiliki peran luas dalam membangun school pride suatu universitas. Karena tidak dapat dipungkiri, jika keberadaan dari merchandise tersebut hendaknya memang lebih dari sekedar benda fisik saja, melainkan juga merupakan sebuah simbol visual pengingat.
Yang mana didasarkan oleh alasan itu juga lah, keberadaan dari merchandise universitas ini pun umumnya secara sengaja akan dibuat custom, sehingga nantinya dapat ditambahkan berbagai macam atribut desain yang bisa dipakai untuk membantu mengekspresikan identitas maupun loyalitas universitas. Dan karena keberadaan dari adanya merchandise universitas ini bukan lagi hanya tentang penjualan produk saja, tetapi merupakan bagian integral dari strategi branding, tentu sudah barang pasti jika hal tersebut pun kemudian telah membuat keberadaan merchandise ini memiliki peran tersendiri dalam membangun school pride universitas, yang diantaranya adalah seperti berikut:
Menjadi Simbol Identitas dan Afiliasi
Peran utama merchandise dalam membangun school pride suatu universitas adalah dirinya yang dinilai bisa menjadi simbol identitas serta afiliasi universitas tersebut, baik itu yang berwujud jaket almamater, tas, maupun barang barang custom lainnya. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan keberadaan dari barang barang tersebut yang pada dasarnya dapat menjadi media atau kanvas tepat untuk menampilkan berbagai macam atribut desain terkait identitas universitas, serta mengkomunikasikan seberapa loyalnya para anggota komunitas universitas, baik itu para mahasiswanya, staff dan pengajar, maupun para alumninya.
Karena tidak dapat dipungkiri, jika keberadaan dari berbagai macam bentuk merchandise universitas custom tersebut hendaknya memang sangat mampu untuk merepresentasikan visual secara instan dan konsisten yang akan berpotensi membuat penggunanya menjadi lebih mudah dikenali berasal afiliasi universitas mana. Serta secara aktif juga dapat menjadi penanda dari ikatan emosional akan rasa bangga yang nantinya mampu semakin memperkuat dan mendorong afiliasi di antara semua anggota komunitas universitas guna menjaga semangat school pride universitas tetap menyala dalam wujud komunitas yang solid dan kohesif.
Merupakan Media Promosi Berjalan
Dapat menjadi wujud dari walking billboard atau media promosi berjalan, agaknya juga merupakan peran merchandise selanjutnya dalam mendukung school pride sebuah universitas. Karena dapat diketahui, jika selain bisa menjadi simbol identitas sebuah universitas, ternyata keberadaan dari sebuah merchandise universitas yang umumnya dibuat secara custom ini pun hendaknya juga dapat menjadi sarana media promosi yang sangat efektif dan bahkan berjangka waktu panjang, serta membuat penggunanya secara tidak langsung telah menjadi duta promosi bagi universitasnya ketika mereka menggunakannya di luar lingkungan kampus.
Dan dikarenakan setiap potong merchandise universitas yang dikenakan di luar kampus tersebut dapat berfungsi sebagai iklan berjalan yang dinamis dan autentik, maka tidaklah mengherankan bukan jika keberadaanya pun kemudian dianggap dapat menjadi eksposur yang luas namun organik karena dilakukan oleh individu yang secara tidak langsung telah sukarela dan bangga menampilkan afiliasinya dengan suatu universitas. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja akan semakin membantu meningkatkan kesadaran dan pengenalan identitas universitas di mata publik, menciptakan citra positif yang loyal dan kredibel, hingga memikat atensi calon mahasiswa potensial.
Menjadi Barang Kenangan yang Sentimental
Bisa menjadi barang kenangan yang memiliki nilai sentimental tersendiri, bisa dibilang juga merupakan peranan khusus selanjutnya dari sebuah merchandise universitas custom yang secara tidak langsung dapat dipakai untuk membantu membangun school pride suatu universitas. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja didasarkan oleh bagaimana keberadaan dari berbagai macam jenis merchandise tersebut yang umumnya dibuat secara khusus atau custom, sehingga memiliki atribut identitasnya tersendiri, yang kemudian membuatnya menjadi barang kenang kenangan sentimental yang memanfaatkan kekuatan memori dan emosional penggunanya.
Oleh sebab itu dengan perannya yang dianggap telah melampaui fungsi dasarnya tersebut, maka wajar bukan jika keberadaan dari berbagai macam merchandise universitas ini biasanya akan dibuat secara custom menggunakan materi desain tertentu yang dirancang khusus agar nantinya dapat mengandung identitas, juga atribut atribut desain penting yang sekiranya dapat membantu penggunanya, khususnya para alumni bisa membawa kembali kenangan indah, memperkuat ikatan emosional, dan secara terus menerus mengingatkan mereka akan pengalaman berharga maupun identitas mereka sebagai bagian dari komunitas universitas tersebut.
Sebagai Sumber Pendapatan Tambahan
Selain bisa menjadi bagian penting dalam mendompleng keberhasilan promosi atau sebagai bagian dari barang dengan kandungan sentimental tinggi, ternyata keberadaan dari adanya merchandise universitas ini pun secara umum juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang secara tidak langsung telah memberikan kontribusi pada pembangunan school pride suatu universitas. Karena dengan mengandalkan pendapatan tersebut, secara tidak langsung memang telah membuat keberadaan dari berbagai macam merchandise universitas tersebut menjadi bagian integral dari strategi keberlanjutan dan pengembangan universitas yang akan memperkuat school pride.
Jenis Tas yang Populer di Kalangan Mahasiswa
Dianggap sebagai atribut penting dalam membangun school pride suatu universitas, tentu wajar saja bukan jika keberadaan dari merchandise universitas yang diadakan tersebut akan dirancang sedemikian rupa menggunakan spesifikasi khusus, sebagai bentuk diferensiasi atau pembeda dengan merchandise universitas lain. Dan diantara banyaknya jenis barang fungsional yang dianggap sangat cocok untuk dipakai sebagai media cetak dari atribut atribut desain identitas univ tersebut, bisa dibilang tas memang adalah satunya, bahkan paling banyak dicari dan dibeli setelah jaket almamater, terlebih jenis jenis tas yang biasanya memang sedang populer di kalangan mahasiswa seperti berikut ini:
Ransel Model Rucksack
Jenis tas universitas custom pertama yang dikenal paling populer di kalangan para mahasiswa dan cocok untuk dijadikan sebagai merchandise universitas adalah jenis as ransel dengan model rucksack. Dimana dapat diketahui jika adapun alasan dibalik kenapa jenis tas ini bisa menjadi salah satu jenis tas terfavorit dan populer di kalangan mahasiswa pun tentu saja dikarenakan oleh bagaimana tampilannya yang dianggap begitu eyecatching dengan ciri khas desain klasiknya yang terinspirasi dari tas gunung atau militer, serta kombinasi unik antara fungsionalitas, gaya, dan kemampuannya untuk menampilkan daya tarik visual dengan kinerja yang tak lekang waktu.
Karena tidak dapat dipungkiri jika estetika klasik dan timelessnya tersebut biasanya memang dinilai sangat menarik untuk para mahasiswa jaman sekarang yang kebanyakan justru memiliki ketertarikan pada gaya retro dan vintage yang kuat untuk memberikan kesan petualangan di jiwa muda mereka. Apalagi selain daripada itu, jenis tas ransel ini pun umumnya juga diketahui memiliki kapasitas dan nilai fungsionalitas lebih tinggi ketimbang model ransel lain, diikarenakan dirinya yang memiliki ruang luas, banyaknya kantong tambahan, tingkat durabilitas optimal, dan mampu menjadi kanvas promosi yang baik, tanpa terlihat berlebihan atau kehilangan karakteristiknya.
Jenis tas Messenger Bag
Dikenal sebagai jenis tas yang menawarkan kombinasi sempurna antara kepraktisan dan gaya minimalis, secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari jenis tas messenger bag ini termasuk ke dalam jajaran jenis tas yang tengah populer di kalangan para mahasiswa dan cocok untuk dijadikan sebagai salah satu model merchandise universitas yang banyak disukai. Karena tidak dapat dipungkiri, jika berbekal dari karakteristiknya yang dinilai mengandung kombinasi antara kepraktisan, gaya, dan fungsionalitasnya tersebut hendaknya memang cukup mampu untuk dipakai membantu memenuhi kebutuhan fungsional dan gaya mahasiswa,
Apalagi dengan mengandalkan bentuk persegi serta bentuk penutup berupa flap bagnya, hal tersebut pun secara tidak langsung memang membuat keberadaan dari jenis tas messenger bag ini semakin populer dikalangan para mahasiswa yang umumnya dikenal memiliki kebutuhan akan tas berkapasitas besar, lega juga fleksibel untuk membantu mereka dalam membawa berbagai macam barang keperluan kuliah, mulai itu dari buku hingga perangkat elektronik seperti laptop, dsb, dengan akses yang tentu saja lebih mudah dan cepat ketimbang dengan tas model lain. Dan mengandalkan fleksibilitas penggunaanya tersebut, tentu wajar saja bukan jika tas ini begitu populer.
Jenis Tas Tote Bag
Jika berbicara tentang jenis tas paling populer di kalangan para mahasiswa jaman sekarang, maka akan kurang afdol jika tidak menyertakan jenis tas tote bag ini sebagai salah satunya. Karena tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari jenis tas satu ini hendaknya memang sangat kental dengan popularitasnya di kalangan mahasiswa yang tentu saja disebabkan oleh berbagai keunggulan fungsionalitas dan gaya yang dimilikinya, sehingga bisa menjadi salah satu merchandise paling efektif dalam membantu membangun school pride di kalangan mahasiswa. Oleh sebab tu, untuk memaksimalkan perannya, jenis tas ini biasanya akan dilengkapi dengan atribut desain univ yang tepat.
Namun selain daripada itu, sebetulnya terdapat sejumlah alasan kuat pula kenapa jenis tas tote bag ini bisa begitu populer di kalangan mahasiswa terlepas dari keunggulan fungsionalitas dan gayanya, katakan saja seperti dikarenakan tas ini yang diketahui memiliki kapasitas fleksibel dengan menawarkan ruang penyimpanan luas sehingga mahasiswa dapat secara mudah memasukkan berbagai barang esensialnya, tampilan minimalis dan timeless yang tentu saja akan memberikan rasa nyaman ketika digunakan untuk bermobilitas di kampus, maupun diluar kampus tanpa harus terlihat terlalu kaku atau bahkan monoton.
Strategi Customization Logo dan Maskot Universitas
Selain daripada harus mempertimbangkan jenis tasnya dan memilih berdasarkan kepopulerannya, sebetulnya ada pula hal lain yang setidaknya juga sangat penting untuk diperhatikan ketika akan melakukan pengadaan sebuah merchandise universitas custom, khususnya dalam hal ini yang berwujud tas universitas custom. Dan adapun hal penting yang dimaksud tersebut adalah adanya strategi kustomisasi logo dan maskot dari universitas. Karena tidak dapat dipungkiri, jika kedua hal tersebut hendaknya memang merupakan kunci utama yang nantinya akan turut memastikan keefisienan serta keefektifannya dalam membangun juga memperkuat school pride.
Apalagi keberadaan dari tas universitas custom ini sendiri pun pada dasarnya juga bukan lagi hanya sebagai sebuah barang fungsional saja, tetapi juga merupakan bagian dari sebuah simbol kebanggaan yang bisa dipamerkan. Sehingga didasarkan dari hal tersebut juga lah, maka wajar saja bukan jika untuk mewujudkan hal tersebut kemudian kita akan diharuskan untuk memastikan kustomisasi logo dan maskot universitas tidak hanya dapat menghasilkan merchandise yang menarik secara visual saja, tetapi juga menjadi alat yang ampuh dengan menerapkan beberapa strategi kustomisasi logo dan maskot universitas secara komprehensif, seperti berikut ini:
Konsisten Dalam Branding
Bisa dibilang menerapkan konsistensi dalam branding ini merupakan salah satu strategi kustomisasi logo dan maskot universitas yang dianggap sebagai pondasi penting dan tidak bisa terpisahkan begitu saja dalam proses pengadaan tas universitas custom. Karena dengan konsistensi pada branding ini, nantinya kita tidak hanya dapat menampilkan merchandise berupa tas custom yang berpenampilan visual baik maupun menarik saja, melainkan juga yang dapat membangun kepercayaan, kredibilitas, dan rasa kebanggaan mendalam di diri seluruh komunitas universitas, serta memastikan bahwa setiap potongan merchandise tersebut bisa menjadi promosi yang efektif.
Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan konsistensi branding dalam strategi kustomisasi logo dan maskot universitas ini yang sebetulnya merupakan pilar utama yang nantinya akan turut serta membangun brand recognition secara kuat, menciptakan citra profesional dan kredibel, juga memperkuat school pride maupun afiliasinya. Sehingga penting untuk selalu memunculkan logo dan maskot dengan bentuk, warna serta proporsi yang sama di setiap media cetak, supaya keberadaan dari logo dan maskot pada merchandise universitas tersebut dapat memudahkan para audiensnya dalam mengenali ataupun mengingatnya ketika melihatnya.
Identifikasi dan Segmentasikan Relevansinya dengan Audiens
Melakukan identifikasi dan segmentasi pada audiens ternyata juga turut serta menjadi hal krusial selanjutnya dalam strategi kustomisasi logo dan maskot universitas yang tidak bisa hiraukan begitu saja. Karena tidak dapat dipungkiri, jika adanya tindakan ini hendaknya memang dianggap penting untuk dilakukan, bahkan juga dinilai sebagai salah satu kunci utama menciptakan tas universitas custom yang benar benar relevan dengan kebutuhan maupun tujuan pengadaannya. Mengingat untuk bisa membangun school pride yang baik, hendaknya kita memang perlu pula memastikan jika setiap merchandise yang dibuat nantinya sungguhan bisa dipakai oleh penggunanya dengan apik.
Dan untuk mewujudkan adanya hal tersebut, tentu sudah barang pasti melakukan tindakan seperti pengidentifikasian juga segmentasi desain logo serta maskot pada tas berdasarkan relevansinya dengan audiens kemudian menjadi penting untuk dilakukan. Apalagi adanya hal tersebut pun tentu saja juga didasarkan kuat oleh bagaimana setiap kelompok audiens yang biasanya bisa datang dari berbagai kalangan, misalnya saja seperti mahasiswa baru, mahasiswa aktif, alumni muda, alumni senior, staf, atau bahkan orang tua calon mahasiswa yang umumnya akan memiliki preferensi, gaya, dan kebutuhan berbeda.
Pastikan Menggunakan Teknik Produksi yang Tepat
Karena nantinya keberadaan dari merchandise, utamanya yang berwujud tas universitas custom akan turut serta menjadi bagian untuk mencerminkan identitas, kualitas dan kredibilitas dari universitas itu sendiri, maka wajar saja bukan jika dalam jajaran strategi kustomisasi logo dan maskot universitas biasanya pihak pengadaan akan diminta untuk selalu memastikan penggunaan teknik produksi yang tepat, utamanya pada tahap pencetakan logo serta maskot pada media cetaknya, yang dalam hal ini adalah tas universitas custom. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bukan hanya sekedar didasarkan karena ingin memperkuat school pride yang positif saja.
Melainkan adanya tindakan tersebut pun umumnya dianggap penting dilakukan juga karena didasarkan oleh seberapa baik durabilitas logo dan maskot tersebut dapat melekat kuat pada media cetaknya, yang secara tidak langsung begitu lekat dengan bagaimana keefektifannya perannya dalam menjalankan tugas sebagai bagian dari salah satu media promosi berjalan jangka panjang, barang kenang kenangan bernuansa kampus, juga sebagai simbol dari kebanggaan anggota komunitas universitas. Oleh sebab itu, didasarkan alasan alasan tersebut maka wajar saja bukan jika menentukan kualitas dan teknik produksi yang tepat sangat diperlukan untuk menjamin durabilitas.
Kombinasikan dengan Desain Inovatif
Secara sengaja melakukan kombinasi dengan desain desain inovatif ternyata juga menjadi strategi kustomisasi logo dan maskot universitas selanjutnya yang dianggap bisa menjadi salah satu tindakan tepat untuk membuat keberadaan dari sebuah merchandise universitas, utamanya yang berwujud tas universitas custom memiliki visibilitas tinggi. Namun perlu untuk selalu diingat, jika penggabungan atau pengkomniasian antara logo dan maskot universitas dengan desain inovatif ini tentu saja harus dilakukan secara cermat, sehingga nantinya bisa tetap memiliki tampilan yang relevan dengan fungsi, tujuan pengadaan dan school pride yang dibangun.
Program Merchandise untuk Alumni Engagement
Bukan hanya memiliki tujuan utama untuk meningkatkan, menguatkan sera menjaga school pride saja yang menjadi dasar kenapa keberadaan dari merchandise universitas, khususnya yang berwujud tas universitas custom dianggap sebagai bagian penting. Karena selain daripada itu, keberadaan dari adanya merchandise merchandise universitas tersebut pun hendaknya juga didasarkan pula guna kebutuhan program alumni engagement, yaitu sebuah program atau strategi terencana yang akan dirancang oleh universitas dengan memanfaatkan keberadaan merchandise merchandise univ sebagai alat untuk membangun, memelihara dan memperkuat hubungan dengan para lulusannya.
Dimana dapat dikatakan jika keberadaan dari merchandise merchandise yang dimaksud tersebut pun hendaknya bukan menjadi sebuah alat dagang semata, melainkan memiliki maksud serta tujuan mendalam seperti untuk menciptakan ikatan emosional, kebanggaan, dan dukungan berkelanjutan dari alumni terhadap almamater mereka. Oleh sebab itu, didasarkan dari hal tersebut lah pelaksanaan program merchandise untuk alumni engagement ini kemudian dianggap sebagai hal salah satu investasi jangka panjang yang nantinya dinilai bisa memberikan manfaat besar bagi universitas dalam hal reputasi, dukungan finansial, dan jaringan komunitas.
Dan karena keberadaan dari program merchandise untuk alumni engagement ini memiliki tujuan memperkuat simbol afiliasi yang akan mengingatkan alumni dengan identitas mereka sebagai bagian dari komunitas universitas bahkan setelah lulus. Sebagai benda nostalgia yang akan memperkuat ikatan emosional mereka dengan universitas. Dan juga sebagai sarana untuk mendorong keterlibatan para alumni dalam hal mempromosikan almamater mereka kepada teman, keluarga, atau kolega, agar memiliki minat menjadi calon mahasiswa atau bahkan potensi donatur, maka sudah barang pasti jika pada penerapannya membutuhkan perhatian khusus, yang diantaranya seperti berikut:
Memahami Profil dan Kebutuhan Alumni
Karena biasanya para alumni memiliki rentang usia, profesi dan minat yang lebih beragam,maka ada baiknya untuk selalu melakukan usaha usaha, seperti survei kebutuhan dan juga segmentasi untuk alumni misalnya saja seperti berdasarkan angkatan muda angkatan tua, alumni dari fakultas tertentu, hingga alumni yang sudah sukses dan yang baru merintis karir untuk mengetahui jenis merchandise seperti apa yang paling diminati, desain seperti apa yang mereka suka, atau bahkan kisaran harga berapa yang bersedia mereka bayar. Mengingat sebagai para lulusan dengan kesibukan, lingkup sosial, atau gaya hidup yang mungkin sudah berubah, kebutuhan mereka akan merchandise guna kebutuhan alumni engagement pun mungkin akan turut berubah pula, sehingga perlu disesuaikan kembali.
Desain dan Kualitas Merchandise
Merchandise universitas yang berkualitas tinggi dan berpenampilan baik umumnya tidak hanya akan mencerminkan kredibilitas dari school pride yang baik saja, melainkan juga turut serta merepresentasikan kepedulian, juga apresiasi mendalam bagi para alumni, yang secara tidak langsung tentu bagus pula untuk meningkatkan nilai alumni engagement. Dimana didasarkan dari hal tersebut, maka wajar saja bukan jika dalam pelaksanaan program merchandise untuk alumni engagement ini nantinya kita akan diharuskan untuk selalu memperhatikan bentuk desain serta kualitasnya pula, karena tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari merchandise yang berkualitas tinggi dan berdesain menarik tersebut tentu akan menjadi kebanggaan dan representasi universitas dimata alumni.
Strategi Penjualan dan Harga
Hal selanjutnya yang diketahui juga dianggap sebagai bagian penting dalam mendukung pelaksanaan program merchandise untuk alumni engagement adalah menentukan strategi penjualan dan harganya. Yang mana, dapat dikatakan jika penetapan harga yang tepat dan saluran penjualan yang efektif ini hendaknya memang menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam mendukung margin keuntungan program alumni tanpa harus membebani mereka. Selain itu, pemanfaatan saluran komunikasi alumni yang memudahkan pun umumnya juga sangat lah dibutuhkan guna menunjang kemudahan akses para alumni pada merchandise yang menjadi program untuk meningkatkan alumni engagement tersebut.
Ketersediaan Logistik dan Pelayanan
Guna memastikan keberhasilan dan optimalisasi program merchandise untuk alumni engagement, dalam hal ini pihak universitas yang terlibat umumnya akan diharuskan pula untuk memperhitungkan ketersediaan logistik serta kenyamanan pelayanan bagi para alumni, sebagai upaya untuk memastikan pengalaman positif para alumni. Dimana dalam pelaksanaannya, ada baiknya bagi pihak terkait untuk memiliki manajemen stok yang efisien terutama pada produk merchandise universitas yang populer, serta memastikan pemberian pelayanan dilakukan secara optimal dengan cara yang responsif untuk menjamin kepuasan dan peningkatan pada alumni engagement.
Kolaborasi dengan Student organization
Untuk mendukung keoptimalan pengadaan merchandise universitas, khususnya yang berwujud tas universitas custom dalam urusan peningkatan school pride maupun alumni engagement, ternyata kita juga dapat mengusahakannya melalui pengkolaborasian terkait pengadaan merchandise universitas ini dengan student organization. Dimana itu berarti nantinya pihak universitas akan secara sengaja dan aktif bekerja sama melibatkan para mahasiswanya dalam berbagai usaha untuk mencapai tujuan bersama, yang dalam hal ini sendiri tentu saja adalah peningkatan, penguatan, serta penjagaan terhadap school pride dan juga alumni engagement.
Dan oleh sebab itu, maka tidaklah mengherankan bukan jika adanya keputusan untuk berkolaborasi dengan para mahasiswa ini pun kemudian dianggap pula sebagai bagian pendekatan strategis yang mengakui betapa penting serta integralnya peran mahasiswa bagi ekosistem suatu universitas. Apalagi dengan melibatkan kolaborasi aktif pada program merchandise tersebut, universitas pun dalam hal ini juga dinilai tidak hanya berhasil menghasilkan pendapatan saja, tetapi juga secara signifikan telah memperkuat school pride dengan meningkatkan partisipasi mahasiswa, dan menciptakan hubungan yang lebih erat antara mahasiswa dan almamater mereka.
Terlebih selain daripada bisa meningkatkan partisipasi dan keterlibatan para mahasiswa yang bisa menguatkan rasa kepemilikan, adanya langkah pengkolaborasian ini pun umumnya juga dinilai bisa menghasilkan desain ide merchandise yang lebih kekinian serta relevan dengan wawasan trend dan perspektif segar yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh staf universitas, dapat meningkatkan potensi meluasnya jangkauan merchandise karena para mahasiswa biasanya banyak memiliki sosial media dan komunikasi eksternal yang luas, serta sebagai ajang untuk membangun kemampuan mahasiswa dalam pengalaman praktis di bidang non akademik.
Namun selain daripada itu, yang jelas diberlakukannya langkah kolaborasi ini tentu saja akan membuat terjadinya efisiensi sumber daya manusia yang lebih baik pula, karena organisasi mahasiswa biasanya akan menyediakan tenaga relawan untuk membantu dalam penjualan, promosi, atau bahkan pengemasan merchandise, sehingga didasarkan hal tersebut tentu beban kerja dari staff universitas akan lebih berkurang. Karena tidak dapat dipungkiri, jika untuk mendukung terlaksananya rencana kolaborasi dengan student organization ini, pihak universitas biasanya akan secara sengaja membentuk sejumlah agenda penting.
Dimana, adapun sejumlah bentuk agenda penting yang dinilai dapat mendukung terjadinya kolaborasi dengan student organization atau para mahasiswa terkait dengan pengadaan merchandise universitas custom diantaranya adalah seperti mengadakan kompetisi desain merchandise yang karya pemenangnya akan diproduksi. Menunjuk organisasi mahasiswa sebagai duta promosi untuk mempromosikan merchandise di lingkungan mereka. Membangun kemitraan penjualan dengan memberikan presentase dari hasil penjualan. Atau bisa juga dengan membuat proyek khusus dengan mengajak para mahasiswa menjual merchandise atau membuat konten promosi.
Tetapi bagi anda yang sekiranya lebih membutuhkan jasa profesional untuk kepentingan partnership guna menjalankan program merchandise untuk universitas agar hasil merchandise universitas, khususnya dalam hal ini yang berwujud tas universitas custom dapat memiliki visibilas, durabilitas, kualitas, kuantitas dan fungsionalitas terbaik sesuai dengan kebutuhan nilai school pride maupun alumni engagement tinggi yang, maka kini anda bisa mengandalkan penyedia jasa pembuatan tas custom terbaik serta terpercaya seperti Karya Bintang Abadi, dengan cara langsung menghubungi Customer Service KBA yang dijamin selalu tanggap dalam membantu kebutuhan anda.