Strategi Memilih Goodie Bag yang Memorable untuk Peserta Event Corporate

merchandise event

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang perkara merchandise event, tentu kita semua setuju bukan jika jenis event seperti event corporate hendaknya memang adalah salah satu yang penyelenggaraannya selalu menghadirkan berbagai macam model merchandise menarik, berkesan dan fungsional. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja tidak terlepas dari bagaimana suatu event corporate atau acara perusahaan yang dalam hal ini pada dasarnya memang merupakan sebuah program dan kegiatan yang umumnya akan sengaja diselenggarakan oleh suatu perusahaan dengan susunan acara yang terstruktur dan sistematis, serta memiliki tujuan tertentu pada pengadaannya.

Sehingga wajar saja bukan jika untuk memeriahkan dan memberikan kesan mendalam bagi para pesertanya, biasanya dalam setiap pelaksanaan suatu event corporate, perusahaan memang akan dengan sengaja menghadirkan berbagai macam jenis bingkisan menarik sebagai merchandise eventnya. Apalagi adanya hal tersebut pun umumnya semakin didukung pula oleh bagaimana tujuan spesifik dan terencana yang sejalan dengan visi, misi, atau kebutuhan strategi bisnis perusahaan pada saat itu, serta penyelenggaraan acaranya yang bisa ditujukan untuk audiens internal maupun eksternal, yang membuat setiap detail bagiannya tentu harus dipersiapkan secara komplit.

Karena tidak dapat dipungkiri begitu saja, jika acara yang ditujukan untuk audiens internal, yaitu para karyawan perusahaan hingga pihak eksternal seperti klien, pemegang saham, hingga para mitra bisnis maupun media. Tentu hal tersebut sudah cukup mengindikasikan seberapa penting dan berharganya momen event corporate ini bukan. Dimana adanya pernyataan tersebut sendiri biasanya diketahui bisa dikelompokan menjadi dua kategori tujuan utama acara, katakan saja tujuan acara perusahaan khusus untuk internal yang biasanya akan berfokus pada karyawan dan organisasi perusahaan, dan satu untuk eksternal yang berfokus pada pihak luar dan pasar.

Yang mana secara garis besar sendiri dapat dijelaskan jika tujuan dari adanya event corporate dalam lingkup internal sendiri biasanya memang akan lebih berorientasi pada penguatan sumber daya manusia dan budaya kerja yang ada, sehingga pada pelaksanaannya akan cenderung mengarah pada agenda motivasi dan penghargaan atas kontribusi karyawan, untuk membuat mereka merasa lebih dihargai, loyal, dan termotivasi untuk mencapai kinerja terbaik dengan rasa kebersamaan, kepercayaan, dan komunikasi yang baik antar karyawan serta divisi. Selain itu, acara tersebut pun umumnya bisa juga dipakai untuk mengkomunikasikan visi misi perusahaan hingga pelatihan mereka.

Sedangkan untuk tujuan utama dari event corporate dalam lingkup eksternal sendiri, umumnya akan lebih berfokus pada usaha untuk meningkatkan citra, hubungan bisnis, dan pertumbuhan pasar dengan cara memperkenalkan serta memperkuat citra merek di mata publik, media, dan industri, hingga memperkenalkan inovasi baru kepada target pasar, media, dan klien. Karena memang tujuannya adalah untuk membangun dan memperkuat bisnis dengan klien, investor, dsb. Oleh sebab itu, untuk memberikan keberkesanan dan bentuk terimakasih atas partisipasi setiap pihak, suatu perusahaan biasanya akan memberikan merchandise event yang menarik sebagai bingkisan.

 Goodie Bag Memorable untuk Peserta Event Corporate

Karena secara keseluruhan, baik itu untuk kepentingan internal maupun eksternal, diadakannya sebuah event corporate hendaknya memang adalah untuk mencapai hasil bisnis yang lebih terukur, terutama untuk nilai ukur pada perkara peningkatan moral karyawan dan kinerja mereka, maupun peningkatan pada brand awareness dan loyalitas mitra bisnis serta klien, yang nantinya akan menjadi penguat posisi perusahaan pada pasar global. Tentu wajar saja bukan jika didasarkan dari alasan tersebut, penggunaan cara yang terencana dan berkesan berupa pemberian merchandise event pada saat event corporate pun menjadi salah satu hal yang dianggap krusial.

Apalagi dapat diketahui pula, jika pamor dari adanya sebuah merchandise event dalam suatu acara sendiri pun sebetulnya sejak dulu juga sudah terkenal dengan perannya yang sangat penting dan strategis, hingga dianggap jauh melampaui sekedar sebuah hadiah atau cendramata. Karena dapat diketahui jika peranan dari adanya sebuah merchandise bagi suatu event, khususnya event corporate ini pada dasarnya juga dapat difungsikan sebagai alat pengikat emosional sekaligus alat penguat mereka jangka panjang dan alat pemasaran juga. Mengingat secara garis besar, dapat dikatakan jika merchandise ini hendaknya memang merupakan pengingat fisik yang tangible.

Sehingga keberadaanya sebagai bingkisan yang nantinya akan dibagikan kepada setiap peserta event corporate pun tentu saja akan memberikan pengalaman yang berkesan dan bermakna dalam, karena dapat menciptakan kenangan dan ikatan emosional. Selain itu, memberikan merchandise sebagai bingkisan pun pada dasarnya juga adalah bentuk apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada karyawan, klien, atau mitra bisnis atas partisipasi mereka, yang tentu saja akan meningkatkan rasa dihargai dan loyalitas untuk memperkuat hubungan bisnis. Apalagi, adanya peran sebagai media promosi dan branding jangka panjang yang dimilikinya pun juga semakin membuatnya menarik.

Dimana peran sebagai alat promosi dan branding jangka panjang yang ditawarkan oleh sebuah merchandise event bagi suatu perusahaan ini pun tentu saja tidak terlepas dari bagaimana pengadaan merchandise ini yang umumnya selalu dirancang sesuai dengan tema dan nilai nilai acara atau perusahaan untuk memperkuat identitas merek di benak penerima. Dan oleh sebab itu, agar nantinya peran utama merchandise pada suatu event corporate dapat sungguhan berjalan optimal serta bisa mendukung keberhasilan tujuan pengadaan acara, maka ada baiknya untuk mempersiapkan setiap komponen merchandise dengan baik, khususnya perkara goodie bag yang dipakai.

Yang mana adanya perkara goodie bag ini bisa dianggap sebagai hal krusial dalam pengadaan merchandise event pun tentu saja dikarenakan keberadaan goodie bag ini yang faktanya dapat mengubah koleksi merchandise menjadi satu paket terorganisir dan berkesan, karena dirinya merupakan wajah dari merchandise event, yang nantinya akan menjembatani kesan sesaat saat acara dengan ingatan jangka panjang setelah acara berakhir. Oleh sebab itu, dengan peran krusial dan strategis bagi sebuah event corporate ini lah, setidaknya terdapat beberapa strategi penting yang harus diketahui dalam memilih goodie bag memorable bagi peserta event, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Utamakan Nilai Fungsionalitas

merchandise event

Strategi pertama dan utama yang harus diperhatikan pada saat memilih goodie bag untuk keperluan merchandise event suatu acara perusahaan agar pemberiannya dapat menjadi hadiah yang memorable dan berkesan bagi peserta event corporate adalah harusnya mengutamakan nilai fungsionalitas goodie bag sebagai wadah yang baik. Karena tidak dapat dipungkiri, jika perkara nilai fungsionalitas dalam pemilihan goodie bag event ini pada dasarnya memang adalah sebuah kunci dasar untuk memastikan jika keberadaan goodie bag tersebut bukan hanya sebagai wadah saja dari bingkisan produk didalamnya saja, tetapi juga merupakan wajah dari keseluruhan merchandise.

Selain itu, keberadaan dari adanya sebuah goodie bag ini pun umumnya juga sekaligus dimaksudkan pula sebagai  alat branding jangka panjang yang efektif, karena bisa dibilang merupakan investasi kecil dengan dampak branding yang besar dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, agar keberadaannya dapat mengubah pengeluaran menjadi aset marketing yang beroperasi setiap hari, tentu ada baiknya untuk memastikan jika goodie bag memiliki nilai fungsionalitas yang maksimal. Karena logikanya saja, barang dengan nilai fungsional tinggi akan lebih sering digunakan kembali serta lebih mudah diingat pula oleh penggunanya.

Yang mana, selain daripada bisa membuat peserta merasa lebih dihargai ketika menerima merchandise sebagai bingkisan atau hadiah atas kehadiran dan partisipasi mereka, keberadaan dari goodie bag dengan nilai fungsionalitas tinggi pun tentu saja juga akan lebih bermanfaat dan dapat meninggalkan kesan positif yang mendalam terhadap perusahaan. Karena kesan yang akan ditimbulkan nanti adalah bahwa perusahaan tidak hanya memberikan hadiah  sebagai gimmick saja, tetapi juga barang yang bernilai dan berkualitas dengan daya fungsional baik, sehingga selepas acara dan diluar perannya sebagai wadah pembungkus, goodie bag tersebut dapat dipakai lagi untuk keperluan lain.

Perhatikan Estetika Goodie Bag

Meskipun perkara nilai fungsionalitas harus menjadi pokok utama yang penting untuk selalu diperhatikan ketika memilih goodie bag guna kebutuhan merchandise event corporate yang memorable, namun tetap saja persoalan memilih dan memperhatikan nilai dari estetika goodie bag ini hendaknya juga bukan hal sederhana yang bisa dihiraukan begitu saja. Karena secara garis besar sendiri dapat diketahui jika perkara memperhatikan estetika goodie bag ini sendiri sebetulnya bukan hanya sekadar masalah “cantik” atau “bagus” saja, tetapi juga merupakan keputusan strategis yang nantinya akan berdampak langsung pada brand image perusahaan jangka panjang.

Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja dilihat dari bagaimana konteks event corporate sendiri yang secara umum menjadikan goodie bag sebagai komponen untuk perpanjangan visual perusahaan. Sehingga perkara nilai estetika ini, ada baiknya untuk menjatuhkan pilihan pada goodie bag yang didesain secara elegan, minimalis, dan menggunakan material berkualitas tinggi, guna mengkomunikasikan bahwa perusahaan memang serius, profesional, dan peduli terhadap detail. Apalagi goodie bag yang secara visual menarik dan stylish, tentu saja juga akan jauh lebih mungkin digunakan kembali oleh peserta dan membuat potensi brand exposure meningkat.

Sesuaikan dengan Tipe Audiens

merchandise event

Selain perlu memperhatikan nilai fungsional dan juga faktor estetika goodie bag, dalam hal ini umumnya sebagai pihak penyelenggara event corporate, suatu perusahaan umumnya juga diharuskan pula untuk mempertimbangkan kesesuaian antara bentuk tampilan goodie bag dengan tipe audiens atau peserta dan tamu undangan yang hadir pada acara perusahaan. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja dimaksudkan untuk menciptakan ikatan emosional dan promosi merek yang efektif, karena strategi memorable ini tidak hanya tentang memberikan barang yang mahal saja, tetapi juga tentang memberikan barang yang tepat kepada orang yang tepat.

Oleh sebab itu wajar saja bukan jika perkara penyesuaian goodie bag dengan tipe audiens ini pun kemudian dinilai dapat mengubah souvenir menjadi alat branding yang berfungsi secara maksimal dan personal. Terutama bagi para peserta acara yang menghargai kualitas, desain elegan, dan fungsionalitas. Apalagi selain daripada itu, ketika sebuah perusahaan memberikan merchandise dengan rupa goodie bag yang sesuai dengan tipe audiens, hal tersebut pun secara tidak langsung juga akan membuat timbulnya rasa personalisasi yang dibuat khusus untuk penerimanya, yang kemudian akan membangun nilai persepsi meningkat drastis.

Gunakan Desain Minimalis tapi Elegan

Penggunaan desain minimalis namun elegan pada goodie bag untuk merchandise event, khususnya event corporate bisa dibilang juga merupakan sebuah strategi penting yang nantinya akan didasarkan pada tujuan jangka panjang branding dan nilai persepsi dari hadiah yang diberikan. Oleh sebab itu, didasarkan dari alasan tersebut, maka wajar saja bukan jika perkara memilih atau menggunakan desain goodie bag yang minimalis dan elegan pun kemudian dianggap sebagai salah satu kunci utama untuk menciptakan adanya aset branding bernilai tinggi. Karena tidak dapat dipungkiri, jika penggunaan desain yang terlalu mencolok malah akan beresiko menghilangkan kesan profesional dan citra positif perusahaan. Mengingat dalam hal ini dapat dikatakan jika urusan pemilihan tampilan atau desain goodie bag ini sendiri, sebetulnya juga merupakan bentuk cerminan dan keseriusan perusahaan dalam merepresentasikan karakter dan kualitasnya, sehingga ada baiknya untuk memperhatikan betul desain goodie bag.

Pilih Material yang Kuat dan Sustainability

Untuk memastikan jika nilai nilai yang terkandung dibalik pengadaan serta pemberian merchandise pada suatu event corporate sungguhan tersampaikan dengan optimal kepada para penerimanya, baik itu bagi pihak internal maupun pihak eksternal. Umumnya suatu perusahaan juga diharuskan pula untuk menerapkan strategi pemilihan goodie bag event berupa melakukan pemilihan goodie bag dengan jenis bahan yang kuat, dan akan lebih baik jika dilengkapi dengan unsur sustainability pula. Karena tidak dapat dipungkiri, jika pemilihan material goodie bag yang kuat dan sustainable ini hendaknya memiliki dampak ganda.

Katakan saja seperti untuk tujuan meningkatkan efektivitas promosi jangka panjang dan juga untuk memperkuat citra korporat yang positif dan bertanggung jawab.  Oleh sebab itu, didasarkan dari alasan tersebut, tentu tidaklah mengherankan bukan jika perkara memilih goodie bag yang kuat dan sustainable ini pun kemudian dikenal sebagai salah satu strategi cerdas yang mengintegrasikan fungsi promosi jangka panjang dengan etika perusahaan modern. Karena perkara memastikan merchandise tidak hanya berfungsi di hari-H, pun secara tidak langsung juga seperti terus mempromosikan brand sambil membangun citra perusahaan yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Tambahkan Sentuhan Personal

Supaya tampilan dari merchandise event nantinya dapat sungguhan memberikan kesan mendalam dan berkesan bagi penerimanya, khususnya para pihak eksternal yang diundang untuk memeriahkan event corporate, seperti para klien hingga mitra bisnis, yang dalam hal ini kerap kali sengaja diundang untuk meningkatkan visibilitas dan loyalitas hubungan bisnis. Biasanya suatu perusahaan yang dalam hal ini berperan sebagai pihak penyelenggara acara, akan secara sengaja menghadirkan adanya merchandise event yang memorable sebagai bingkisan dan kenang kenangan berharga kepada para koleganya yang sudah meluangkan waktunya untuk datang dan berpartisipasi.

Dan salah satu upaya yang diketahui menjadi bagian dari strategi pemilihan goodie bag yang baik untuk keperluan merchandise event, adalah dengan membuat goodie bag tersebut menggunakan sentuhan personal yang cukup kuat sebagai bagian dari desain dan alat identifikasinya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika penggunaan jenis goodie bag yang dibuat dengan sentuhan personal perusahaan ini sebetulnya memang sangat fundamental dan dinilai dapat memberikan dampak psikologis dan branding yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan model goodie bag standar dan komersil, yang biasanya sudah dijual secara bebas dan memiliki tampilan terlalu umum.

Dimana adanya alasan kenapa goodie bag dengan sentuhan personal ini dianggap sangat fundamental pun tentu saja dikarenakan hadiah yang diberikan dengan dibuat secara dipersonalisasi, secara tidak langsung seperti mengirimkan pesan bahwa perusahaan melihat mereka bukan hanya sebagai “peserta” dalam jumlah besar saja, melainkan sebagai individu yang penting. Sehingga didasarkan dari hal tersebut, ikatan mereka terhadap perusahaan pun akan semakin kuat, dan menjadikan keberadaan dari goodie bag yang tadinya hanya sebagai wadah pembungkus merchandise, , bisa berubah menjadi bagian dari kenang kenangan yang berkesan.

 

Dianggap sebagai komponen penting dalam menunjang tampilan dan kesan merchandise event terlihat lebih menarik dan memorable bagi penerimanya, agaknya memang menjadikan keberadaan dari goodie bag dengan spesifikasi sesuai strategi pemilihan sebagaimana disebutkan menjadi hal krusial yang harus selalu diperhatikan, khususnya pada proses pengadaannya. Karena tidak dapat dipungkiri, selain daripada diharuskan untuk memiliki tampilan menarik yang bermakna dan berkesan untuk disajikan atau dibagikan. Sebuah goodie bag yang baik pun hendaknya juga perlu memiliki nilai keberlanjutan dan visibilitas yang seimbang juga.

Dan untuk mendapatkan goodie bag sesuai dengan spesifikasi khusus sebagaimana sudah disebutkan, baik itu terkait bentuk, desain, ukuran, materi branding, maupun jumlah peserta dan budget yang dimiliki. Tentu sebagai pihak penyelenggara, suatu perusahaan yang akan mengadakan event corporate besar hanya bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika membuat pengadaan goodie bag tersebut dengan cara mengcustomnya pada sebuah jasa pembuatan tas custom terbaik, terpercaya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika untuk mendapatkan spesifikasi komplit dan sesuai kebutuhan, goodie bag tersebut memang harus dibuat secara khusus di tempat yang tepat.

Dimana diantara banyaknya pilihan tempat pengcustoman goodie bag Karya Bintang Abadi memang bisa menjadi salah satunya, karena dikenal sudah sangat berpengalaman juga andalan untuk membuat aneka macam produk tas, tidak terkecuali goodie bag guna keperluan merchandise event, khususnya event corporate yang umumnya dikenal memiliki kompleksitas dan membutuhkan adanya bentuk goodie bag dengan detail tampilan terbaik, kualitas serta mutu terjamin, proses pengerjaan cepat, hingga harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan, serta jumlah anggaran yang dimiliki oleh perusahaan.

Apalagi selain daripada itu, dirinya pun diketahui juga selalu memberikan pelayanan terbaik baik secara online maupun offline, melalui cara pemesanan yang mudah dan cepat, serta proses pemesanan aman karena sudah sah secara hukum dan berlegalitas. Jadi dengan segala keunggulan dan kemampuan yang dimilikinya tersebut, tunggu apalagi? Langsung saja hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan goodie bag tour, maupun jenis tas lainnya, terutama untuk tas guna keperluan bersifat komersil, yang umumnya membutuhkan spesifikasi khusus dan harus sesuai dengan preferensi, agar hasilnya bisa maksimal.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi