fbpx

10+ Cara Membuat Tas Dari Bungkus Kopi Step By Step

cara membuat tas bungkus kopi

bagikan artikel ini kepada teman

Sampah plastik agaknya menjadi topik hangat yang tidak berkesudahan untuk selalu dibahas dibelahan bumi mana pun, terutama di Indonesia sendiri sebagai salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Menjadi salah satu negara tersebut, tentu membuktikan jika memang masih ada sistem pengolahan sampah yang kurang tepat di Indonesia, selain itu banyaknya kemasan yang beredar dengan bahan plastik dan juga kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan hidup di sekitar pun turut memperparah keadaan tersebut.

cara membuat tas dari bungkus kopi

Merupakan jenis sampah anorganik yang seperti dapat kita ketahui bila sampah dari golongan tersebut merupakan jenis sampah yang sulit untuk terurai dan pastinya akan membutuhkan waktu lama bahkan hingga bertahun tahun agar dapat hancur secara sendirinya. Ketika hancur pun sebetulnya sampah plastik tersebut juga tidak murni terurai, melainkan berubah menjadi bagian lebih kecil atau biasa disebut sebagai mikroplastik dengan tingkat polusi yang masih tinggi.

Plastik sendiri sebetulnya baru mulai dikembangkan pada awal abad ke 20, namun siapa sangka bila ternyata pertumbuhan serta penggunaannya sangatlah luar biasa cepat, mulai dari yang awalnya hanya ratusan ton berkembang menjadi ratusan juta ton tanpa bisa dikendalikan. Namun tingginya penggunaan plastik tentu juga bukan tanpa alasan, mulai dari harganya yang terbilang murah, dirasa lebih praktis untuk digunakan juga mudah ditemukan adalah beberapa alasan yang menjadikan plastik sulit terlepas dari kehidupan manusia.

Sebetulnya tidak bisa disangkal juga bila penggunaan plastik bagi kehidupan sehari hari memang membawa beberapa manfaat, namun bila tidak bisa menangani serta mengolahnya dengan benar tentu dampak buruk yang fatal terhadap lingkungan juga tidak akan terhindarkan. Sebut saja seperti tersumbatnya saluran air bahkan yang paling parah adalah pencemaran lingkungan baik itu pada tanah maupun air.

Dan dari sekian banyak jenis sampah plastik tersebut, kemasan minuman merupakan yang menjadi penyumbang terbesar terlebih pada kemasan sachet. Dan hal ini tentu akan sulit dihindari mengingat banyaknya produsen minuman instan yang menjadikan plastik sebagai kebutuhan utama guna mengemas produknya untuk dipasarkan.

Tetapi meskipun begitu, tentu masih terdapat beberapa cara yang bisa diusahakan guna mengurangi atau meminimalisir semakin bertumpuknya sampah tersebut, salah satunya dengan melakukan daur ulang maupun D.I.Y (Do It Yourself) untuk mengolah sampah tersebut menjadi barang lebih berguna kembali, seperti dengan membuatnya menjadi tas seperti cara berikut ini:

Cara Membuat Tas Dari Bungkus Kopi Step By Step

cara membuat tas dari bungkus kopi

Tas yang menjadi salah satu barang bermanfaat tentu bukan tidak mungkin bila bisa dibuat menggunakan berbagai bahan. Salah satunya dengan menggunakan bungkus bekas kopi sebagai cara mendaur ulang sampah tersebut. Selain dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik, dibuatnya tas menggunakan bahan tersebut nyatanya juga bisa membuat penampilan lebih eyecatching dengan keunikan dari tampilan tas tersebut. Untuk kapasitas pun agaknya anda juga bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak mengurangi nilai fungsionalitas dari tas tersebut.

Adapun cara membuat tas dari bungkus kopi yang mudah untuk dipraktikkan secara langsung adalah sebagai berikut:

1. Siapkan alat dan bahan

Sebelum mulai untuk berkreasi untuk membuat tas dengan bekas bungkus kopi, tentu kita perlu untuk menyiapkan terlebih dahulu baik alat maupun bahan yang sekiranya dibutuhkan seperti berikut ini:

Alat: 

  1. Ember: Penggunaan ember disini dimaksudkan sebagai wadah untuk menampung bekas bungkus kopi untuk dibersihkan, sehingga prosesnya lebih mudah dan ringkas.
  2. Kain lap: Setelah bungkus kopi di cuci tentu sebelum digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu, selain dengan cara di jemur pengeringan bungkus kopi juga dapat dibantu oleh kain lap bersih.
  3. Gunting: Dalam hal ini, gunting digunakan untuk memotong bekas bungkus kopi menjadi beberapa bagian sebelum mulai di susun.
  4. Penggaris: Sebelum mulai menggunting, biasanya bungkus kopi akan diukur terlebih dahulu agar hasil guntingan memiliki besar yang sama rata.
  5. Jarum: Digunakan pada tahap finishing, yaitu untuk menjahit antar bagian bungkus kopi yang sudah dianyam agar tidak rentan lepas atau berlubang.

Bahan: 

  1. Air bersih: Digunakan untuk mencuci bekas bungkus kopi dari berbagai kotoran maupun sisa bubuk kopi yang masih tertinggal dan memungkinkan akan terasa lengket saat digunakan untuk membuat tas.
  2. Sabun: Untuk penggunaan sabun, bisa menggunakan sabun cuci piring guna memastikan bungkus kopi bersih dan tidak meninggalkan bau.
  3. Benang jahit: Benang jahit yang dipilih dalam proses pembuatan tas bungkus kopi bisa menggunakan jenis benang poliester maupun nilon dengan warna senda untuk mengikat antar bagian.
  4. Lem: Selain menggunakan benang, untuk merekatkan antar bagian bungkus kopi, bisa juga dengan menggunakan lem.
  5. Kain furing: Kain ini digunakan untuk melapisi bagian dalam tas, selain agar tampilan lebih menarik, sekaligus meminimalisir resiko barang jatuh dari celah anyaman yang kurang kuat.
  6. Resleting: Seperti fungsinya pada tas biasa, resleting dalam hal ini juga digunakan sebagai pengunci tas agar barang yang disimpan di dalam tas lebih aman.

2. Kumpulkan lalu bersihkan terlebih dahulu bungkus bekas kopi

Untuk pembuatan satu buah tas dengan ukuran kecil, maka anda perlu untuk mengumpulkan kurang lebih sekitar 100 sampai 150 sachet bungkus kopi bekas. Jika sudah maka segera bersihkan bungkus tersebut menggunakan air bersih dan juga sabun yang sudah disiapkan sebelumnya. Selain langsung mencucinya menggunakan sabun, anda juga bisa merendam terlebih dahulu bungkus kopi di dalam ember selama beberapa saat menggunakan air bersih guna melunturkan kotoran maupun sisi bubuk kopi yang masih menempel.

3. Keringkan bungkus kopi sebelum di potong

Setelah bungkus kopi selesai di bersihkan, maka langkah selanjutnya adalah memastikan bungkus tersebut kering sebelum mulai dipotong dan disusun menjadi tas. Dalam proses pengeringan ini, bisa dilakukan dengan mengangin anginkan bungkus tersebut atau dibantu degan lap kering. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari jamur maupun bau tidak sedap dari bungkus yang kurang kering.

4. Potong setiap bungkus bekas kopi pada bagian atas dan bawah sama besar

Jika bungkus kopi sudah dipastikan kering, maka langkah selanjutnya adalah dengan memotong bagian atas juga bawah bungkus sama besar. Pemotongan ini dilakukan agar sisi pada bungkus menjadi lebih simetris sehingga lebih mudah untuk disusun menjadi anyaman tas.

5. Bagi bungkus tersebut menjadi dua bagian sama besar

Setelah di potong dan dirapikan pada bagian ujungnya, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membagi bungkus kopi tersebut menjadi 2 bagian sama besar. Maka dari itu bila memiliki bungkus kopi sebanyak 100 sachet akan menghasilkan potongan 200 bagian untuk disusun menjadi sebuah tas berukuran kecil.

6. Setelah itu lipat bagian atas dan bawah sebesar 1 cm

Dari hasil satu potongan bungkus kopi tersebut, maka selanjutnya adalah dengan melipat masing masing potongan dengan ukuran sebesar 1 cm pada bagian atas dan bawah sehingga menghasilkan bekas lipatan yang cukup kentara.

7. Lipat ke dalam bagian bekas lipatan sebelumnya hingga menghasilkan lipatan sebesar 2 cm

Setelah masing masing bagian dilipat pada bagian atas dan bawah dengan ukuran 1 cm, maka langkah selanjutnya adalah melipat bagian atas dan bawa tersebut ke arah dalam hingga batas cetakan lipatan yang sebelumnya sudah dibuat. Pastikan bila anda melipat secara rapi dan menghasilkan bagian bungkus dengan lebar 2 cm. Gunakan lem untuk merekatkan bagian lipatan agar tidak mudah terlepas. Lakukan proses ini hingga potongan bungkus kopi habis.

8. Buat anyaman dengan bentuk baling baling menggunakan lipatan bungkus tersebut

Jika semua bagian sudah terlipat secara rapi dan benar dengan ukuran sama besar yaitu 2 cm, maka langkah selanjutnya adalah menyusun potongan bungkus tersebut dengan cara dianyam. Dalam tahap ini, hal yang harus dilakukan adalah dengan menyelipkan antar bagian potongan tas dengan menganyam hingga berbentuk baling baling.

9. Teruskan anyaman pada tas hingga membentuk suatu kantong sebagai body tas

Teruskan anyaman dengan menyambungkan tiap bagiannya hingga membentuk sebuah kantong atau body tas, dalam melakukan tahap ini memang diperlukan adanya ketelitian dan kesabaran agar sambungan tas tidak salah masuk celah dan menghasilkan bentuk berantakan yang tidak beraturan.

10. Jika sudah maka selanjutnya rapikan tas dengan cara memberi lem atau menjahit

Jika seluruh potongan bungkus kopi sudah tersusun dan membentuk satu bentuk tas yang rapi, cara membuat tas dari bungkus kopi selanjutnya adalah dengan merapikan setiap bagian atau sudutnya menggunakan lem atau dijahit, cara ini dilakukan selain itu merapikan namun juga untuk merekatkan dan memperkuat sambungan antar anyaman yang ada.

11. Berikan lapisan pada bagian dalam tas menggunakan furing

Bila setiap sambungan atau anyaman sudah dipastikan rekat satu sama lain, maka anda bisa menambahkan lapisan berupa bahan furing dibagian dalam tas guna mempercantik serta merapikan bagian dalam tas.

12. Lengkapi dengan resleting dan strap tas

Langkah terakhir sekaligus finishing dalam cara membuat tas dari bungkus kopi adalah memasang resleting sekaligus strap pada tas. Pemasangan resleting maupun strap pada tas bisa dilakukan dengan cara dilem lalu di jahit sehingga bisa dipastikan bila keduanya melekat sempurna pada bagian body tas. Penggunaan strap sendiri dapat dikombinasikan dengan strap berbahan atau model lain sebagai kreasi.

Itu dia cara membuat tas dari bekas bungkus kopi yang bisa di praktikkan secara langsung. Memiliki tampilan unik juga menarik, merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki tas ini selain untuk untuk menambah koleksi tas sekaligus membantu langkah mengurangi sampah plastik yang semakin hari semakin meresahkan.

 

Tas dengan bahan pembuatan plastik memang lah cantik dan tidak kalah eyecatching bila dibandingkan dengan tas berbahan lain, namun untuk beberapa keperluan tentu penggunaan tas ini kurang disarankan, contohnya seperti untuk keperluan media promosi suatu usaha. Dan untuk kepentingan tersebut memang lah disarankan untuk memilih tas dengan tampilan lebih elegan namun memiliki nilai fungsionalitas tinggi, seperti tote bag, tas ransel, maupun tas laptop yang dapat di custom dengan menambahkan desain sebagai ciri khas usaha yang dijalankan agar maksud dari adanya barang tersebut lebih tersampaikan secara maksimal.

Namun dalam mendukung hal tersebut maka dibutuhkan adanya jasa pabrik tas custom untuk mengerjakan kebutuhan tas tersebut. Untuk pemilihan pabrik pun juga tidak sembarangan, melainkan perlu juga untuk mempertimbangkan model tas, kualitas serta harga dari setiap produk tas yang dihasilkan. Dan salah satu pabrik tas yang memiliki beragam spesifikasi tersebut tentu saja apalagi jika bukan Karya Bintang Abadi.

Karya Bintang Abadi adalah pilihan tepat untuk mempercayakan segala jenis kebutuhan tas berbagai acara dengan beragam model kekinan serta harga terjangkau. Sudah berdiri lebih dari 10 tahun tentu menjadikan pabrik tas ini memahami dengan betul apa yang menjadi kebutuhan dari para customer maupun calon customernya. Maka dari itu, tidak heran bila mulai dari perguruan tinggi, kelembagaan, perusahaan hingga instansi pemerintahan sejak lama sudah mempercayakan segala kebutuhan tas acaranya.

Menghadirkan tas beragam model dan desain menarik yang dibuat menggunakan bahan pilihan berkualitas di pabrik sendiri oleh tenaga ahli berpengalaman, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kekuatan serta ketahanan terjamin. Selain itu proses pengerjaan cepat atau dapat disesuaikan dengan deadline juga menjadi poin lebih yang dimiliki oleh pabrik tas custom terbaik di jogja satu ini.

Meskipun memang berlokasi di Jogja, namun nyatanya banyak juga customer dari luar kota Jogja yang mempercayakan segala kebutuhan tasnya pada Karya Bintang Abadi, hal ini bisa saja terjadi dikarenakan mudahnya cara pemesanan yang dapat dilakukan baik secara online maupun offline, dengan bantuan para customer service ramah untuk menjelaskan terkait detail produk tas sekaligus membantu proses pemesanan tas yang mudah dan cepat. Jadi tunggu apalagi? Segara hubungi cuctomer service dari Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas untuk berbagai keperluan dengan hasil yang memuaskan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik lainnya seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp