fbpx

Cara Mencuci Tas Kanvas Paling Aman & Murah

cara mencuci tas kanvas

bagikan artikel ini kepada teman

Bagi kalangan anak muda terlebih yang gemar tampil casual namun tetap modis agaknya pasti sudah tidak asing lagi dengan tas kanvas yang kerap kali dijumpai dengan model tote bag. Meskipun saat ini sudah banyak inovasi dan menghasilkan tas berbahan kanvas dengan beragam model , sebut saja mulai dari tas ransel, waist bag, hingga hand  bag dan sling bag pun sudah tersedia dengan bahan pembuatan kanvas.

Secara garis besar, tas kanvas sendiri merupakan sebuah tas yang dibuat menggunakan bahan kanvas dan umumnya memiliki desain sederhana serta polos, tetapi seiring berjalannya waktu pun kini sudah banyak jenis tas kanvas dengan berbagai model serta desain unik. Bila dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, tas kanvas memang memiliki harga yang relatif lebih terjangkau, namun meskipun begitu untuk urusan kekuatan juga ketahanan, tas kanvas tentu tidak kalah baiknya. Bahan kanvas untuk tas juga memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  1. Kanvas Marsoto: Bertekstur halus dan dikenal paling mahal.
  2. Baby Kanvas: Memiliki karakteristik lembut dan juga lentur.
  3. Kanvas Blacu: Jenis bahan kanvas paling murah karena ringan dan tipis.
  4. Kanvas Sueding: Bahan kanvas yang tidak terlalu tebal namun khas dengan tekstur berbulu.
  5. Kanvas PE: Merupakan campuran dari bahan kanvas dan polyester sehingga dikenal kuat juga awet.
  6. Kanvas Ripstop: Jenis bahan kanvas yang ringan dan tidak terlalu tebal, satu tingkat di atas kanvas blacu.

Memiliki beragam model dan desain dengan banyak penggemar, tentu tidak heran bila tas kanvas turut mendukung perkembangan fashion yang ada. Mulai dari kalangan anak muda hingga dewasa banyak yang memilih tas kanvas sebagai tas untuk menemani berbagai aktivitasnya baik hangout, sekolah maupun bekerja.

Selain itu perkembangan dari tas kanvas sendiri juga semakin terdorong dari banyaknya fashion brand yang menghadirkan berbagai koleksi tas kanvas dengan desain yang eyecatching juga nyetrik, seperti beberapa merk lokal berikut yang menjadikan bahan kanvas sebagai salah satu material utama pembuatan produknya, diantaranya:

1. Esgotado 

cara mencuci tas kanvas

Merupakan merk lokal asal bandung yang sejak tahun 2020 berhasil menarik banyak atensi dari para customernya dengan beragam produk. Salah satu produk yang menjadi best seller adalah produk tas kanvasnya yang banyak dibuat menggunakan material kanvas premium dengan desain trendi namun tetap berfungsi secara maksimal.

2. Canvasliving

cara mencuci tas kanvas

Canvasliving merupakan salah satu brand unisex  lokal asli Indonesia yang menghadirkan berbagai koleksi tas berbahan kanvas dengan tampilan eyecatching. Menampilkan koleksi produk tas dengan ciri khas etnik menggunakan metode kanvas cetak tangan dengan tinta berbasis air yang menjadi daya tarik sekaligus ciri khas tersendiri dari merk ini.

3. Tropis Studio

cara mencuci tas kanvas

Merk lokal satu ini agaknya akan sangat pas bagi penyuka tas berbahan kanvas dengan tampilan eyecatching juga nyentrik. Menghadirkan banyak koleksi tas dengan desain yang playfull juga colorfull sehingga terlihat begitu trendi dan kekinian saat digunakan. Tidak heran bila produk tas dari merk ini banyak digunakan oleh kalangan anak muda.

Menjadi tas dengan segudang daya tarik, dan kerap dijadikan sebagai tas kesayangan tentu mengharuskan penggunanya mengetahui dengan betul bagaimana cara merawatnya, terutama cara mencucinya agar tas kanvas dapat bertahan lama dengan tampilan selalu baik, seperti cara berikut ini:

Cara Mencuci Tas Kanvas Paling Aman & Murah

Untuk mempertahankan tampilan serta fungsi suatu tas kanvas tetap dalam keadaan baik, tentu diperlukan adanya usaha untuk melakukan perawatan dan pembersihan. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan cara pencucian pada tas kanvas, namun sebelum mulai untuk membahas cara mencuci tas kanvas paling aman dan murah, tentu ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dan tidak dilakukan guna menghindari tas kanvas menjadi mudah rusak, yang diantaranya sebagai berikut:

1. Jangan menggunakan mesin cuci 

Saat akan mencuci tas kanvas, pastikan untuk tidak menggunakan mesin cuci dalam prosesnya, meskipun dirasa tas kanvas memiliki bahan kain cukup lunak dan bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Hal ini bertujuan untuk menghindari permukaan pada tas kanvas menjadi kasar atau rusak karena resiko terkoyak. Pencucian tas menggunakan mesin cuci pun juga sebetulnya kurang bersih karena tidak bisa menjangkau bagian bagian kecil atau sudut dari tas kanvas tersebut.

2. Jangan menggunakan sikat berbulu kasar

Selain mesin cuci, resiko permukaan tas menjadi kasar atau terkoyak juga bisa disebabkan karena penggunaan sikat berbulu kasar terlebih jika digunakan dengan cara terlalu kasar saat menyikat permukaan tas, maka bisa dipastikan bila permukaan pada tas kanvas akan cepat rusak dan menghasilkan tampilan yang buruk pada tas. Untuk penggunaan sikat disarankan lebih baik menggunakan sikat gigi saja dan jangan gosok tas dengan terlalu kasar untuk mempertahankan tekstur pada tas.

3. Jangan menggunakan detergen

Untuk menghilangkan noda membandel pada tas, ada baiknya untuk menghindari detergen karena sifatnya yang keras dan panas sering kali tidak cocok bila digunakan untuk mencuci tas, tidak terkecuali tas berbahan kanvas. Penggunaan detergen pada saat pencucian tas akan membuat permukaan pada tas menjadi lebih kusam, kaku dan bukan tidak mungkin membuat retakan serta permukaan kasar. Maka dari itu dibandingkan menggunakan detergen, akan lebih baik bila menggantinya dengan bahan bahan alami seperti air cuka.

4. Jangan jemur dibawah sinar matahari secara langsung

Saat mencuci tas memang sudah hal wajib untuk mengeringkan tas hingga benar benar kering, namun bukan berarti tas tersebut bisa dikeringkan dengan cara menjemurnya secara langsung dibawah sinar matahari. Karena bila hal ini dilakukan bukan tidak mungkin bila warna pada tas akan cepat memudar dan menghasilkan permukaan tas yang terlalu kaku.

Itu dia beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika akan melakukan proses pencucian baik pada tas berbahan kanvas maupun bahan lain sebagai langkah mempertahankan tampilan juga memperpanjang umur pemakaian dari tas tersebut. Lalu bagaimana cara mencuci tas kanvas yang paling aman dan juga murah? Simak tips berikut ini:

1. Siapkan alat dan bahan

Langkah pertama untuk cara mencuci tas kanvas tentu saja dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan selama melakukan proses ini. Baik alat maupun bahan yang digunakan dalam proses pencucian ini umumnya tentu sudah dimiliki oleh setiap orang sehingga tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk menyiapkannya. Adapun alat serta bahan tersebut diantaranya:

Alat: 

  1. Ember: Barang satu ini agaknya pasti ada disetiap rumah mengingat fungsinya yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan rumah tangga sehari hari. Tidak terkecuali dalam proses mencuci tas kanvas kali ini. Siapkan 1 atau 2 ember berukuran sedang atau sesuai dengan kebutuhan dan ukuran tas yang dimiliki.
  2. Sikat berbulu halus: Untuk penggunaan sikat sebaiknya pilih sikat dengan bulu halus, bila tidak ada bisa menggantinya dengan sikat gigi bekas guna menyikat permukaan tas yang memiliki noda membandel.
  3. Lap lembut atau spons: Dalam hal ini, penggunaan lap atau spons dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran atau noda tipis pada permukaan tas yang tidak membutuhkan usaha ekstra maupun sabun untuk membersihkannya.

Bahan: 

  1. Air bersih: Sudah barang pasti dalam proses mencuci tas kanvas diperlukan adanya air bersih baik saat melakukan tahap pencucian maupun saat tahap pembilasan tas. Untuk air bersih sendiri bisa menggunakan air hangat dan biasa. Satu untuk merendam dan satu lagi untuk membilas tas kanvas.
  2. Sabun bayi: Penggunaan sabun pada bayi dianggap lebih aman ketimbang menggunakan detergen, mengingat kandungan pada sabun bayi biasanya lebih aman juga lembut sehingga tidak perlu khawatir permukaan atau tekstur tas menjadi cepat rusak atau warna pudar.
  3. Bahan dapur: Selain menggunakan sabun bayi, bahan lain yang bisa dipilih untuk membantu menghilangkan noda membandel pada tas kanvas adalah campuran dari bahan bahan dapur, seperti cuka maupun baking soda yang dirasa mampu untuk melunturkan noda membandel pada tas kanvas.

Bila dibandingkan dengan membawa tas kanvas ke spa bag, tentu dengan melakukan proses pencucian tas kanvas sendiri di rumah akan jauh lebih hemat, selain itu untuk kebersihan pun akan lebih terjamin juga karena melakukannya sendiri secara langsung.

2. Basahi tas terlebih dahulu

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk mencuci tas kanvas, langkah selanjutnya sebagai cara mencuci tas kanvas adalah dengan membasahi tas terlebih dahulu, dalam proses ini cairan yang digunakan untuk membasahi tas pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis noda yang terdapat pada tas kanvas, seperti berikut ini:

  1. Noda dari minuman atau makanan: Kerap ditemui pada pengguna yang tidak sengaja menumpahkan minuman berwarna seperti kopi atau makanan, yang akan meninggalkan noda membandel pada permukaan tas dan berkemungkinan susah dihilangkan. Maka dari itu untuk noda seperti ini sebaiknya rendam tas terlebih dahulu kedalam air hangat yang dicampur sedikit sabun untuk membantu melunturkan nodanya.
  2. Noda minyak: Hampir semua barang jika terkena noda minyak pasti akan sulit dibersihkan, tidak terkecuali pada tas kanvas yang memiliki daya serap terhadap cairan cukup baik. Maka dalam hal ini untuk proses  pencucian pertama pada tas bisa dilakukan dengan meneteskan air juga cairan sabun pada permukaan yang kotor lalu didiamkan beberapa saat sebelum di gosok secara perlahan.
  3. Noda tinta: Mirip dengan noda minyak, noda tinta juga termasuk dalam jenis noda yang akan susah dihilangkan saat sudah menempel pada permukaan suatu barang termasuk tas kanvas, namun ada cara yang bisa dilakukan guna meminimalisir bekas noda tinta tersebut yaitu dengan menggosok secara perlahan bagian tas tersebut menggunakan campuran bahan antara baking soda, cuka juga pasta gigi dan lakukan secara berulang kali hingga dirasa noda sudah mulai memudar dan hilang.
  4. Noda make up: Untuk hal ini agaknya yang sering mengalami tentu saja adalah para perempuan yang gemar membawa berbagai peralatan make up kemana pun di dalam tas. Untuk jenis alat make up seperti lipstik, maskara maupun eyeliner yang kerap kali tumpah dan mengotori tas, cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan lap lembut lalu dibasahi menggunakan cairan alkohol maupun aseton lalu gosok perlahan pada bagian kotor dan lakukan hingga bekas noda memudar.
  5. Noda ringan: Noda ringan yang dimaksud disini adalah noda debu yang menempel pada permukaan tas dan sedikit meninggalkan bekas. Maka dalam proses pembersihannya pun tidaklah sesulit membersihkan jenis noda sebelumnya dan hanya menggunakan sikat atau spons yang dibasahi lalu gosok secara perlahan pada bagian noda hingga bekasnya hilang.

Membasahi tas terlebih dahulu dimaksudkan agar permukaan tas yang kotor atau terkena noda tidak terlalu kering sehingga noda atau kotoran yang menempel bisa lebih mudah untuk di bersihkan, baik hanya di gosok perlahan saja mengunakan lap atau spons secara langsung maupun disikat menggunakan sikat lembut secara perlahan agar tidak merusak tekstur dari tas kanvas tersebut.

3. Gosok permukaan yang kotor secara perlahan

Saat melakukan cara mencuci tas kanvas yang benar, sebaiknya perhatikan dengan betul alat yang digunakan serta kekuatan saat menggosok tas kanvas tersebut. Pastikan saat mencuci tas, gosok permukaan tas dengan cara perlahan secara teratur agar tekstur bahan tidak menjadi rusak karena terkoyak. Saat menggosok tas juga tidak perlu menggunakan sabun yang terlalu banyak hingga berbusa, cukup gunakan secukupnya saja.

4. Bilas dengan air bersih

Cara mencuci tas kanvas selanjutnya setelah tas di sikat menggunakan sabun atau campuran bahan alami adalah dengan membilas tas menggunakan air bersih, usahakan membilas tas kanvas pada air mengalir dan pastikan bagian dalam hingga sudut sudutnya terjangkau sehingga bisa dipastikan bila tas tersebut dalam kondisi bersih dari sisa sabun atau busa.

5. Jemur hingga kering

Langkah terakhir dalam cara mencuci tas kanvas adalah dengan menjemur tas tersebut setelah menjalani serangkaian tahap pencucian. Dalam hal ini pastikan bila tas kanvas kering secara merata hingga kebagian dalam dan sudut sudutnya. Namun, saat mengeringkan tas, hindari tas terkena sinar matahari secara langsung agar warna pada tas tidak cepat pudar dan terlihat kusam. Maka dari itu saat penjemuran tas, pilihlah tempat dengan ruang terbuka yang teduh.

Itu dia beberapa cara mencuci tas kanvas paling aman dan murah yang bisa diterapkan sendiri dirumah guna memperpanjang umur pemakaian tas serta usaha untuk mempertahankan tampilan tas kanvas selalu baru. Selain dengan memperhatikan cara pencucian pada tas, agar tas kanvas tetap dalam kondisi baik maka sebagai pengguna anda juga wajib untuk memastikan tempat dan cara penyimpanan tas kanvas sudah benar, seperti berikut ini:

  1. Suhu ruangan tidak terlalu lembab: Saat menyimpan tas, baik tas berbahan kanvas maupun lainnya sebaiknya sesuaikan terlebih suhu ruangan yang dimiliki. Jangan terlalu lembab atau terlalu kering dengan mengaturnya pada suhu 19 sampai 25 derajat celcius.
  2. Simpan di tempat bersih: Tentu saja saat melakukan penyimpanan, anda harus memastikan bila tempat tersebut bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang akan menempel pada permukaan tas.
  3. Sediakan ruang cukup bagi tas: Saat menyimpan tas, usahakan bila lemari atau tempat penyimpanan tersebut memiliki kapasitas cukup sehingga tas tidak disimpan secara tertumpuk atau terlipat.

Agar tidak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk mencuci atau bahkan memperbaiki tampilan tas, maka ada baiknya untuk mulai membiasakan diri rajin merawat tas guna meminimalisir resiko kerusakan dini pada tas dengan menerapkan tips tips yang sudah disebutkan diatas.

 

Bagi anda yang ingin menjadikan tas sebagai sebuah souvenir acara maupun media promosi suatu bisnis, tentu memerlukan adanya jasa dari pabrik tas custom untuk membantu memenuhi kebutuhan tas tersebut. Namun dalam pemilihan pabrik tas tersebut pastilah tidak bisa dilakukan secara sembarangan guna mendapatkan hasil yang terjamin kualitas serta mutunya. Dari sekian banyaknya jasa pabrik yang menawarkan jasanya, salah satu yang patut untuk dijadikan pilihan adalah sebuah pabrik terbaik, terpercaya dan sudah berpengalaman.

Dan Karya Bintang Abadi adalah salah satu pabrik tas custom terbaik di Jogja tersebut. Sudah berdiri sejak tahun 2007, itu artinya sudah lebih dari 10 tahun perjalanan pabrik tas ini untuk membantu memenuhi segala kebutuhan tas custom para customernya. Bukan hanya customer sekitar Jogja saja, melainkan customer dari berbagai wilayah di Indonesia pun juga banyak yang menjadikan Karya Bintang Abadi sebagai andalannya.

Mulai dari perorangan, perusahaan, kelembagaan, perguruan tinggi, hingga instansi pemerintahan sudah mempercayakan segala kebutuhan tas customnya dengan hasil maksimal juga memuaskan. Menghadirkan berbagai koleksi tas beragam model yang dibuat menggunakan bahan berkualitas dan dikerjakan di pabrik sendiri oleh para tenaga ahli berpengalaman sehingga kekuatan serta detail tas tidak perlu diragukan lagi.

Dengan bantuan para customer service yang ramah dan sabar akan menjelaskan segala hal terkait detail produk, estimasi harga hingga proses pemesanan tas secara cepat dan mudah. Dilihat dari segala kemudahan dan keunggulan yang dimiliki, tentu tidaklah heran bila banyak customer maupun calon customer yang mempercayakan segala kebutuhan tas customnya pada Karya Bintang Abadi. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi customer service dari Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp