fbpx

Cara-Cara Efektif Menjadi Seorang Marketer Pemula: Tips dan Trik Membangun Karir Dalam Bidang Pemasaran

cara menjadi marketing pemula

bagikan artikel ini kepada teman

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu kesuksesan menjadi salah satu harapan yang selalu diusahakan untuk di raih, dan dalam prosesnya tentu banyak cara dilakukan untuk mewujudkan adanya hal tersebut, salah satunya adalah dengan melibatkan marketing untuk mendukung kegiatan promosi serta penjualan. Namun sebelum masuk dalam pembahasan cara menjadi marketing pemula yang baik, tentu tidak ada salahnya bila kita juga turut membahas sedikit hal lain yang turut mendukung keberhasilan usaha selain adanya marketing beserta dengan manfaat dari adanya marketing itu sendiri, sebagai berikut:

1. Memperhatikan tampilan serta mutu dari hal yang di jual 

Hal pertama yang wajib untuk diperhatikan guna mendapatkan banyak atensi customer dan meraih kesuksesan adalah dengan memperhatikan bentuk tampilan serta mutu dari produk atau jasa yang dijual tersebut. Karena tidak dapat di pungkiri bila sesuatu hal yang memiliki kesan baik dan terlihat di persiapkan secara matang akan lebih menarik perhatian customer untuk menggunakan jasa atau membeli produk tersebut lebih kuat.

Oleh sebab itu, ketika memulai sebuah usaha, pastikan bila anda mampu untuk membuat dan menghasilkan produk atau jasa yang memang berguna dan dapat mempermudah customer dalam penggunaannya. Karena melalui hal tersebut tentu bukan tidak mungkin akan memancing minat customer untuk menggunakan produk atau jasa anda berulang kali dan menjadi customer tetap.

2. Gunakan berbagai paltform online untuk memaksimalkan promosi 

Selain dengan memperhatikan tampilan serta mutu dari produk atau jasa yang di jual, di era serba digital seperti saat ini agaknya memanfaatkan berbagai platform online tersedia untuk mengoptimalkan promosi usaha agar dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas adalah keputusan yang tepat. Mengingat dengan memanfaatkan teknologi yang ada tersebut jangkauan customer yang di raih pun akan semakin luas dan banyak sehingga membuka lebar peluang untuk lebih sukses.

3. Bangun tim marketing yang handal 

Selain kedua hal tersebut, membangun tim marketing yang handal tentu juga dapat menjadi pilihan tepat untuk membuat usaha anda semakin dikenal. Karena seperti kita ketahui bila marketing memiliki bagian khusus untuk melakukan berbagai aktivitas terkait promosi, pemasaran, pengenalan produk, dsb yang berakhiran pada penjualan produk atau jasa.

Selain itu marketing sendiri juga memiliki berbagai tugas tambahan yang dimaksudkan untuk mendukung keberhasilan usaha, yang diantaranya seperti

  1. Membantu mencari target pasar yang sesuai dan spesifik
  2. Membantu menjelaskan kepada customer terkait berbagai informasi produk atau jasa yang ditawarkan
  3. Memberikan demonstarsi serta benefit apa saja yang akan di peroleh customer dari hal yang ditawarkan
  4. Sarana untuk meningkatkan brand awareness
  5. Menjembatani hubungan baik antara perusahaan dengan customer
  6. Membantu mendapatkan serta meningkatkan kepercayaan customer pada perusahaan
  7. Meningkatkan jumlah transaksi atau pembelian terhadap produk atau jasa, dsb

Dari sekian banyaknya tugas yang akan di jalani oleh seorang marketer, tentu untuk mendukung kelancaran berbagai tugas tersebut diperlukan adanya tim marketing yang solid. Namun dalam proses membangun tim tersebut, tentu tidak semua anggota didalamnya akan terdiri dari orang orang yang sudah jago dalam bidangnya, karena bukan tidak mungkin bila tim tersebut sebagian akan diisi oleh para pemula juga.

Tetapi meskipun begitu, sebagai marketer pemula yang ingin membangun karir dalam bidang pemasaran anda tidak perlu khawatir dengan kemampuan yang dimiliki, karena dengan menyimak serta menerapkan beberapa cara menjadi marketing pemula berikut ini, diharapkan anda dapat lebih berkembang dan handal, yang diantaranya seperti berikut ini:

Cara-cara Efektif Menjadi Seorang Marketer Pemula: Tips dan Trik Membangun Karir Dalam Bidang Pemasaran

Seperti sudah di sebutkan sebelumnya bila dalam sebuah usaha, marketing merupakan bagian yang memegang peran cukup besar dan berpengaruh bagi keberhasilan suatu usaha selain dari branding yang dimilikinya. Marketing sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas atau proses pemasaran, penjualan, hingga pembuatan strategi bisnis guna menawarkan dan mempromosikan produk atau jasanya kepada customer agar mau menggunakan jasa yang di tawarkan atau membeli produk yang di jual.

Oleh sebab itu dalam melakukan aktivitas pemasaran tersebut, seorang marketer yang dalam hal ini adalah orang dengan tanggung jawab mempromosikan serta melakukan aktivitas pemasaran lainnya di haruskan untuk memperhatikan banyak hal guna mendukung kelancaran dari proses marketing tersebut. Menjadi sebuah profesi yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri untuk digeluti, namun mendatangkan keuntungan yang cukup banyak tentu membuat tidak sedikit orang tertarik untuk menjadi seorang marketer.

Dan sebetulnya untuk menjadi bagian dari tim marketing sendiri terdapat banyak tips yang bisa di jajal untuk menunjang keberhasilan, namun tentu tidak semua dapat langsung diterapkan terlebih bagi para pemula. Maka dari itu, agar bisa menjadi seorang marketer yang baik dan dapat membangun karir dalam bidang pemasaran secara maksimal, simak terlebih dahulu cara menjadi marketing pemula berikut ini:

1. Kuasai produk knowledge

Cara menjadi marketing pemula yang pertama dan bisa mulai untuk di terapkan adalah dengan berusaha menguasai produk knowledge dengan baik. Hal ini tentu perlu untuk dilakukan mengingat marketing sendiri memiliki tugas untuk menjelaskan dan memberikan berbagai informasi terkait produk atau jasa yang di tawarkan sebagai salah satu aktivitas pemasaran kepada calon customer.

Oleh sebab itu pemahaman yang matang terhadap produk knowledge haruslah dimiliki oleh seorang marketer guna menunjang tugasnya tersebut. Informasi basic terkait produk knowledge yang wajib di pelajari oleh seorang marketing pemula sendiri dapat di mulai dari memahami tentang kelebihan produk atau jasa, kegunaannya, kualitas, harga serta benefit apa yang akan didapatkan oleh customer bila menggunakan produk atau jasa yang di tawarkan tersebut.

Bila beberapa hal basic seputar produk knowledge tersebut sudah bisa dikuasai maka langkah ke depan untuk mendapatkan banyak customer menjadi lebih mudah di raih. Karena dengan menguasai hal tersebut tentu akan mempengaruhi tingkat percaya diri anda saat memberikan penawaran kepada calon customer yang tentunya juga akan menimbulkan keyakinan customer untuk memilih menggunakan dan membeli jasa atau produk yang ditawarkan tersebut.

2. Membuat strategi pemasaran dan sesuaikan dengan target konsumen

Setelah memahami dengan betul terkait produk knowledge dari produk atau jasa yang akan di tawarkan maka cara menjadi marketing pemula selanjutnya adalah dengan membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan target konsumen. Dalam hal merancang strategi pemasaran ini sebetulnya terdapat banyak cara, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan beberapa iklan di berbagai platform media online atau bisa juga dengan langsung mempresentasikan produk atau jasa tersebut kepada calon customer.

Dan agar berhasil untuk mendapatkan atensi dari para customer, sebagai marketer anda diharuskan untuk dapat melakukan presentasi dengan baik dan menarik dengan menggunakan emosional dan rasional argumen saat mendemonstrasikan jualan. Selain itu pastikan pula bila anda memberikan alasan tepat kenapa harus menggunakan hal yang anda tawarkan serta benefit apa saja yang akan dapat untuk semakin meyakinkan customer.

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu strategi pemasaran, pastikan terlebih dahulu bila anda juga sudah menyesuaikannya dengan karakteristik target pasar, karena sebaik apapun strategi yang di gunakan bila tidak di terima oleh target pasar sesuai maka kemungkinan untuk berhasil juga minim. Oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu segmen pasar yang akan di tuju lalu pelajari strategi pemasaran yang sekiranya cocok untuk di gunakan.

3. Mempelajari dan memahami karakter dari customer

Bila dirasa bagian strategi pemasaran sudah sesuai dengan target konsumen yang akan di tuju, langkah selanjutnya yang perlu untuk dilakukan sebagai cara menjadi marketing pemula selanjutnya adalah dengan mempelajari serta memahami bagaimana karakteristik dan perilaku yang dimiliki oleh para customer untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka dengan baik. Karena tidak dipungkiri bila dengan hal ini tentu akan membuat proses penjualan menjadi lebih efektif

Selain itu, pemahaman yang baik terhadap karakter customer juga dimaksudkan untuk menentukan tindakan seperti apa yang dapat atau harus anda lalukan untuk memulai menawarkan atau menjelaskan terkait produk dan jasa yang di jual kepada customer, karena umumnya setiap customer akan memiliki atau memberikan respon yang beragam pula terhadap penawaran yang anda lakukan tersebut.

Contohnya saja, bila anda memiliki target konsumen yang berasal dari kalangan anak sekolah atau muda tentu anda diharuskan untuk melakukan pendekatan dengan lebih santai serta menarik dan disertai penjelasan yang ringan terkait produk atau jasa yang di tawarkan agar lebih mudah di pahami. Namun bila target anda adalah kalangan orang dewasa terlebih kalangan menegah atas tentu sebagai marketer anda di haruskan bisa bersikap lebih serius dengan penjelasan rinci namun mudah dipahami untuk meyakinkan customer.

4. Perluas jaringan relasi

Selain dari memperhatikan target pasar serta bagaimana karakteristik masing masingnya, cara menjadi marketing pemula dengan memperluas jaringan relasi juga nyatanya dapat membantu marketing pemula menjadi lebih berkembang dalam karirnya dibidang pemasaran tersebut. Karena dengan memiliki jaringan relasi atau bisnis yang luas akan memudahkan anda dalam meraih peluang kerja sama dan customer lebih banyak.

Jadi dapat disimpulkan bila semakin besar jangkauan relasi yang dimiliki oleh seorang marketer maka akan semakin besar pula peluang yang tercipta bagi anda untuk mendapatkan calon customer potensial. Bukan itu saja, karena dengan usaha memperluas relasi tersebut juga bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih banyak terkait kondisi pasar sehingga bisa digunakan sebagai bahan membuat strategi pemasaran yang lebih akurat lagi.

5. Pahami kompetitor dan selalu optimis

Ternyata dalam menjalankan kegiatan marketing sebagai usaha untuk menjadi marketer handal memahami konsumen atau customer dengan baik tidaklah cukup karena faktanya sebagai marketing anda juga diharuskan untuk turut memahami pihak kompetitor dengan tidak kalah baik pula. Karena dengan melakukan hal ini di harapkan anda bisa lebih mengetahui apa kelemahan dari produk atau jasa yang disediakan oleh kompetitor dan mendapatkan celah cukup untuk bersaing dengan memberikan pelayanan lebih baik kepada customer.

Selain itu, dengan memahami kompetitor anda juga dapat membuat strategi pemasaran yang lebih baik dan matang sehingga akan tepat sasaran. Namun yang perlu untuk di ingat, bila dalam melakukan seluruh usaha marketing tersebut anda juga diharuskan untuk membekali diri degan rasa percaya diri serta optimis yang tinggi pula. Karena dengan menerapkan rasa optimis dalam diri tentu akan membuat anda menjadi tidak mudah menyerah dan selalu semangat untuk belajar serta berusaha mengalahkan segala tantangan.

Itu dia beberapa tips dan trik untuk membangun karir dalam bidang pemasaran bagi pemula yang bisa mulai di terapkan sebagai usaha menjadi seorang marketer handal. Sebetulnya bekal yang paling di butuhkan untuk menjadi bagian dari marketing yang sukses suatu perusahaan adalah dengan memiliki kemampuan komunikasi baik dan tertata sehingga akan memudahkan saat harus berinteraksi dengan customer. Dan dengan adanya beberapa tips atau cara menjadi marketing pemula di atas, di harapkan anda sebagai pemula dalam bidang ini dapat mengalami peningkatan lebih baik dalam hal kemampuan dan karir.

 

Adanya peran seorang marketer dan berbagai strategi pemasaran yang baik tentu juga harus dibarengi dengan hadirnya kualitas produk yang terjamin pula sebagai pembuktian bila apa yang ditawarkan memang memiliki nilai lebih sehingga bukan keputusan salah untuk menggunakannya, dan hal tersebut tentu juga tidak luput untuk diperhatikan oleh para penyedia jasa pembuatan tas custom yang dalam hal ini menawarkan jasa sekaligus produk bagi para customernya.

Dan dari sekian banyaknya pabrik tas custom tersebut, Karya Bintang Abadi merupakan salah satu yang memiliki paket komplit tersebut, yaitu tim marketing solid sekaligus sebagai customer service ramah dan cekatan, serta tim produksi yang berani menjamin seluruh produk pesanan tas memiliki kualitas dan mutu unggulan yang memuaskan. Semua hal tersebut pun dibuktikan dengan banyaknya customer yang sudah menaruh kepercayaan untuk menyerahkan segala kebutuhan tas customnya pada pabrik tas custom ini.

Mulai dari perorangan, perusahaan kecil hingga besar, berbagai lembaga, instansi pendidikan hingga pemerintahan merupakan sebagian besar customer yang selalu mempercayakan kebutuhan tas segala acaranya pada Karya Bintang Abadi selama lebih dari 10 tahun malang melintang dalam bidang ini. Untuk keberagaman model serta desain tas pun tidak perlu diragukan lagi, karena pabrik tas ini selalu menghadirkan tas dengan tampilan kekinian dan trendi.

Selain itu, karena di buat langsung oleh tenaga ahli di pabrik sendiri menggunakan material berkualitas menjadikan pesanan tas yang dikerjakan Karya Bintang Abadi memiliki mutu terjamin. Pelayanan yang diberikan oleh pabrik ini kepada customer maupun calon customer pun juga dikenal memuaskan dengan cara pemesanan mudah dan cepat baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp