fbpx

7 Jenis Tali Webbing Untuk Tas Ranselmu Semakin Bagus & Kuat

jenis tali webbing tas ransel

bagikan artikel ini kepada teman

Merupakan salah satu model tas yang dikenal memiliki kinerja berat tentu menjadikan sebuah tas ransel umumnya dibuat secara khusus dan mendetail dengan banyak komponen pendukung sebagai penunjang kinerjanya. Dimana selain memastikan kelengkapan dari setiap komponennya tersebut, biasanya sebuah tas model ransel pun juga akan sengaja dibuat menggunakan material pembuatan yang berkarakter kuat serta tahan lama. Terutama pada bagian jenis tali webbing tas ransel, yang dalam hal ini memang diketahui memiliki peranan besar untuk menentukan ketahanan, kekuatan, serta kemaksimalan kinerja pada tas.

Dan sebetulnya dapat dijelaskan secara garis besar, jika yang dimaksud dengan webbing pada tas ransel sendiri sebenarnya adalah istilah yang merujuk kepada sebuah strip atau tali yang umumnya terbuat dari bahan berkatakteristik kuat, contohnya seperti nilon, polyester, dsb karena umumnya akan digunakan sebagai pengikat atau pengait pada tas. Dimana webbing ini biasanya akan sengaja digunakan untuk menopang atau memperkuat bagian-bagian tertentu pada tas ransel, misalnya saja seperti pada tali bahu, tali pengikat, atau bahkan sebagai bagian dari sistem penyangga serta penopang pada tas.

Oleh sebab itu, wajar saja bukan bila pada akhirnya hal tersebut membuat adanya webbing pada sebuah tas ransel diharuskan memiliki sifat yang tahan terhadap tarikan dan tahan lama, sehingga membuatnya cocok untuk digunakan dalam pembuatan tas ransel, guna memberikan kekuatan dan daya tahan ekstra pada bagian-bagian yang membutuhkan dukungan atau keamanan tambahan. Dimana secara garis besar pun sebetulnya dapat dijelaskan jika adapun beberapa fungsi utama dari webbing pada tas ransel ini adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai Sumber Kekuatan dan Daya Tahan

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama, jika sebuah webbing tas ransel umumnya memang sengaja dibuat menggunakan jenis bahan yang memiliki karakter kuat serta tahan lama. Dimana adanya hal tersebut tentunya juga tidak terlepas dari webbing yang dalam hal ini berfungsi sebagai sumber atau penambah kekuatan dan daya tahan pada bagian-bagian penting dari tas ransel. Sehingga nantinya dapat membuat tas lebih mampu dalam menahan beban berat maupun tekanan yang diberikan saat digunakan.

2. Pengait dan Pengikat

Selain berfungsi sebagai sumber kekuatan pada tas ransel, webbing pada tas ransel umumnya juga diketahui memiliki fungsi berupa sebagai pengait atau pengikat pada tas ransel. Yang mana adanya hal ini dinilai  memungkinkan pengguna untuk dapat mengaitkan aksesoris tambahan, seperti gantungan kunci, botol minum, atau barang-barang kecil lainnya pada tas dengan aman dan mudah.

3. Penyempurnaan Desain

Bukan hanya berfungsi sebagai bagian yang menunjang kinerja tas saja, karena faktanya adanya webbing pada tas ransel pun umumnya juga dinilai dapat difungsikan pula sebagai nilai tambahan dari segi estetika desain tas. Karena saat ini sendiri diketahui juga sudah ada beberapa produsen tas ransel yang sengaja menggunakan webbing dengan warna dan pola menarik untuk menambah keindahan visual pada tas ransel buatannya.

4. Penyokong Struktur

Pada beberapa tipe tas ransel dengan peruntukkan khusus dan kompleks, adanya webbing pada tas umumnya bisa difungsikan pula sebagai bagian dari pendukung sistem penyangga atau penopang tas yang membantu meyeimbangkan beban agar terbagi secara lebih merata di seluruh tas, sehingga dapat mencegah terjadinya ketegangan berlebih pada satu bagian tertentu dari tas.

5. Fungsi Keselamatan

Bukan hanya dapat digunakan sebagai bagian dari penyokong struktur tas, adanya webbing pada beberapa tipe tas ransel pun ternyata diketahui juga menggunakan webbing sebagai bagian dari fitur pendukung keselamatan, misalnya seperti strip reflektif yang ditempatkan di webbing untuk meningkatkan visibilitas di malam hari, guna meningkatkan keamanan bagi pengguna tas.

Dan dengan berbagai fungsi sebagaimana telah disebutkan tersebut, tentu dapat disimpulkan bukan jika webbing pada tas ransel umumnya memang tidak hanya dapat digunakan untuk memperkuat struktur dan daya tahan pada tas saja, tetapi juga sekaligus dapat memberikan kemudahan penggunaan serta menambah nilai estetika dan fitur keselamatan pada tas. Oleh sebab itu pula, webbing untuk tas ransel umumnya diketahui juga memiliki beberapa jenis, contohnya seperti 7 jenis tali webbing tas ransel bagus dan kuat berikut ini:

7 Jenis Tali Webbing Untuk Tas Ranselmu Semakin Bagus & Kuat

Karena memiliki berbagai fungsi penting dalam menunjang kinerja sebuah tas ransel, maka hendaknya dalam pemilihan sebuah webbing untuk tas ransel, kita diharuskan untuk memperhatikan beberapa hal yang sekiranya  dapat mendukung kekuatan, daya tahan, serta kinerja tas secara keseluruhan. Dan adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan juga di pertimbangkan dalam memilih webbing tas yang tepat, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Bahan: Saat memilih webbing tas, ada baiknya untuk selalu memastikan webbing yang dipilih tersebut terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama, contohnya seperti nilon atau polyester. Dimana bahan-bahan ini umumnya memang dikenal kuat, tahan terhadap tarikan, dan tahan terhadap cuaca pula. Sehingga cenderung lebih kuat serta awet.

2. Lebar dan Ketebalan: Selain memperhatikan kualitas bahan pembuatan webbing, dalam pemilihannya kita diharuskan pula untuk memilih webbing dengan lebar dan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan. Karena tidak dapat dipungkiri jika lebar serta ketebalan webbing yang tepat akan memengaruhi kekuatan dan stabilitas webbing dalam menahan beban saat tas digunakan.

3. Breaking Strength: Karena memiliki fungsi sebagai pengikat juga sumber kekuatan, maka dalam pemilihannya kita juga diharuskan untuk memperhatikan rating kekuatan tarik atau breaking strength dari webbing tersebut. Yang mana hal ini sebetulnya dimaksudkan untuk mengindikasikan seberapa berat beban maksimum yang dapat ditahan oleh webbing.

4. Kualitas Jahitan: Bukan hanya harus terbuat dari bahan berkarakter kuat saja, karena untuk mendapatkan webbing dengan kualitas baik serta kuat, kita juga diharuskan untuk memastikan webbing terpasang dengan baik melalui kualitas jahitannya. Karena jahitan webbing yang berkualitas dianggap dapat lebih mampu untuk meningkatkan daya tahan serta kekuatan keseluruhan dari webbing.

5. Warna dan Estetika: Memilih webbing tas ransel dari segi kekuatan dan ketahanan memang penting untuk dilakukan, namun selain itu agar nantinya tas ransel dapat memiliki tampilan menarik serta serasi, tentu ada baiknya untuk memilih webbing sesuai dengan desain atau estetika tas ransel juga. Mengingat saat ini webbing tas rasnel sendiri diketahui juga sudah tersedia dalam berbagai warna dan pola yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekaligus meningkatkan tampilan visual tas, contohnya seperti 7 jenis tali webbing tas ransel berikut ini:

1. Nylon Webbing

jenis tali webbing tas ransel

Nylon Webbing adalah jenis tali webbing tas ransel pertama yang bisa dibilang penggunaannya sudah cukup dijumpai, khususnya pada tas ransel yang diperuntukkan sebagai item fashion dan membutuhkan tampilan serba menawan. Dimana sebagaimana namanya, jenis webbing tas ransel kali ini memang adalah sebuah jenis webbing yang umumnya terbuat dari bahan sintetis, yaitu nilon. Oleh sebab itu webbing ini biasanya memang dikenal memiliki struktur yang kuat, tahan terhadap tarikan, juga tahan lama. Mengingat jika bahan nylon sendiri pun dikenal karena keunggulannya dalam hal ketahanan terhadap kerusakan.

Terlebih nylon pun diketahui juga memiliki daya tahan baik terhadap kerusakan dan aus, sehingga cocok digunakan untuk menopang beban berat pada tas ransel, khususnya pada bagian-bagian krusial tas yang sekiranya memang memerlukan dukungan ekstra dan bisa memberikan umur pakai panjang pada tas ransel. Selain itu webbing nylon ini pun ternyata juga dikenal tersedia dalam berbagai variasi lebar, ketebalan, dan warna yang memungkinkan fleksibilitas dalam desain tas ransel, dan dianggap sebagai pilihan yang sangat baik untuk memperkuat maupun memperpanjang umur pemakaian tas ransel, mengandalkan sifat-sifatnya yang tangguh dan tahan lama.

2. Polyester Webbing

Selain nylon webbing, polyester webbing agaknya juga menjadi jenis tali webbing tas ransel selanjutnya yang wajib untuk dibahas dan tidak kalah banyak digunakan. Dimana webbing atau strip tas ransel ini umumnya memang adalah sebuah jenis webbing yang terbuat dari serat poliester dan dikenal dengan kekuatan, tahan lama, juga daya tahannya terhadap tarikan ketika digunakan sebagai webbing untuk tas ransel. Yang mana penggunaan dari jenis polyester webbing ini biasanya akan sering diaplikasikan untuk memberikan dukungan kuat pada bagian-bagian penting dari tas, misalnya pada seperti tali bahu, tali pengait, atau sistem penyangga lainnya.

Karena sebetulnya selain dikenal dengan kekuatan tarik yang baik, sehingga mampu menahan beban atau tekanan yang dihasilkan dari penggunaan tas ransel, polyester webbing ini pun juga dikenal memiliki ketahanan cukup baik terhadap paparan sinar yang secara tidak langsung membuatnya cocok untuk penggunaan tas luar ruangan. Terlebih webbing ini diketahui juga cenderung tahan terhadap gesekan atau abrasi dengan tekstur cukup halus, sehingga  menjadikannya dinilai sebagai pilihan baik untuk webbing tas ransel yang memiliki kinerja berat.

3. Polypropylene Webbing

jenis tali webbing tas ransel

Polypropylene Webbing adalah jenis tali webbing tas ransel selanjutnya yang umumnya terbuat dari bahan polypropylene. Dimana dalam hal ini dapat dijelaskan jika yang dimaksud dengan polypropylene adalah sebuah bahan polimer plastik dikenal memiliki sifat berupa bobot yang ringan, tahan terhadap kelembapan, dan memiliki  ketahanan baik terhadap bahan kimia. Yang mana dapa dikatakan jika polypropylene webbing ini umumnya dikenal memiliki kekuatan tarik yang cukup baik, meskipun memang tidak sebaik webbing yang terbuat dari bahan lain, misalnya seperti nylon atau polyester.

Namun meskipun begitu, karena sifat bahan polypropylene yang membuat webbing ini tahan terhadap kelembapan juga sebagai besar jenis bahan kimia, tentunya hal ini secara tidak langsung pun menjadikannya polypropylene webbing tetap bisa dijadikan sebagai pilihan yang baik untuk digunakan. Terlebih jenis polypropylene webbing ini pun diketahui juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan pola, sehingga dinilai lebih memberikan fleksibilitas dalam desain serta estetika pada tas ransel.

4. Flat Webbing

Flat webbing adalah salah satu jenis tali webbing tas ransel yang cukup umum digunakan dalam pembuatan tas, khususnya modal ransel. Yang mana istilah “flat” dari jenis webbing ini sendiri sebetulnya mengacu pada bentuk datar dan berlapisnya. Dimana umumnya jenis webbing ini akan banyak terbuat dari berbagai macam bahan, namun yang paling sering dijumpai adalah flat webbing berbahan nilon, poliester, atau bahan sintetis lainnya. Dan karena karakteristik utamanya adalah tampilan lebar juga lebih besar dibandingkan dengan ketebalannya, flat webbing ini biasanya dinilai dapat memberikan area yang lebih luas dan besar untuk mendistribusikan beban tas.

Oleh sebab flat webbing ini biasanya akan banyak digunakan pada tali bahu atau bagian-bagian tas ransel yang sekiranya membutuhkan dukungan kuat maupun perndistribusian beban yang merata pada tas ransel. Karena dapat dikatakan jika salah satu keunggulan utama dari jenis webbing ini memang terletak pada kemampuannya untuk memberikan kekuatan, kenyamanan, dan aspek estetika yang baik saat diterapkan pada sebuah rancangan tas model ransel.

5. Kevlar Webbing

jenis tali webbing tas ransel

Jenis tali webbing tas ransel dengan jenis Kevlar adalah jenis webbing yang umumnya terbuat dari material pembuatan berupa serat sintetis bernama Kevlar. Dimana dapat dijelaskan jika bahan kevlar sendiri dalam hal ini adalah penyebutan bagi sebuah serat polimer yang sangat kuat, ringan, serta tahan terhadap panas dan biasanya banyak digunakan dalam aplikasi produk yang sekiranya memerlukan kekuatan tinggi juga ketahanan baik terhadap tekanan atau tarikan besar, contohnya seperti pada penggunaan tas model ransel. Terlebih jenis webbing satu ini dikenal juga tahan terhadap berbagai kondisi ekstrem seperti panas, korosi, dan kekuatan tarik yang tinggi pula.

Namun sayangnya karena dikenal sebagai jenis webbing yang menawarkan kekuatan luar biasa dan berbagai kelebihan lainnya, tentu hal tersebut secara tidak langsung membuat kevlar webbing ini diketahui memiliki harga yang lebih mahal daripada beberapa jenis webbing lainnya yang lebih umum digunakan, seperti nilon atau poliester. Tetapi meskipun begitu, karena memiliki kekuatan tinggi dan daya tahan terhadap kondisi ekstrem, webbing kevlar ini pun masih banyak dipilih, khususnya untuk tas ransel yang memerlukan tingkat keamanan, kekuatan, dan ketahanan ekstra.

6. Cotton Canvas Webbing

Tali webbing tas ransel berjenis Cotton Canvas Webbing adalah jenis webbing yang terbuat dari bahan kanvas berbasis katun dan dirajut bersama untuk membuat bahan berkarakter kuat dan tahan lama. Dimana bisa dibilang jika webbing jenis ini pun biasanya juga cukup banyak digunakan pada tas ransel atau model tas lainnya guna memberikan dukungan struktural pada bagian tali bahu, tali pengikat, atau sebagai bagian dari sistem penyangga lainnya agar dapat memiliki kinerja lebih baik.

Selain itu, karena terbuat dari serta bahan katun, secara tidak langsung hal tersebut pun membuat cotton canvas webbing ini juga dinilai daat memberikan tampilan yang lebih kasual atau vintage pada tas ransel dan akhirnya sering digunakan untuk tujuan estetika. Yang mana biasanya pemilihan webbing dari kanvas katun untuk tas ransel ini pun lebih banyak di pilih tergantung pada preferensi estetika, keinginan untuk tampilan yang lebih kasual, serta kebutuhan untuk kekuatan yang memadai sesuai dengan penggunaan tas ransel.

7. Reflective Webbing

jenis tali webbing tas ransel

Reflective webbing adalah jenis tali webbing tas ransel terakhir yang diketahui sengaja dirancang dengan material reflektif sehingga memungkinkannya dapat memantulkan cahaya saat terkena sumber cahaya, seperti lampu kendaraan atau cahaya sekitar. Sehingga membuatnya lebih terlihat di kondisi cahaya rendah atau gelap dan membuatnya sering digunakan pada jenis tas ransel atau peralatan outdoor lainnya yang sekiranya membutuhkan adanya visibilitas penggunan di malam hari atau kondisi pencahayaan yang minim.

Nah, itu dia beberapa jenis tali webbing tas ransel yang dikenal paling umum digunakan juga memiliki ketahanan serta kekuatan baik. Dimana sebetulnya yang terpenting saat memilih tali webbing terbaik untuk tas ransel, adalah selalu pertimbangkan lagi antara kebutuhan spesifik dengan lingkungan di mana tas ransel tersebut akan digunakan. Karena kekuatan, daya tahan, ketahanan terhadap cuaca, hingga kebutuhan fitur khusus seperti reflektivitas bisa dibilang merupakan beberapa faktor penting pula yang perlu dipertimbangkan.

 

Dinilai sebagai bagian penting dalam menunjang suatu kinerja tas ransel, tentu menjadikan peran dari webbing begitu perlu diperhatikan. Dimana untuk mendapatkan tas dengan kualitas unggulan, baik dari segi tampilan maupun kekuatan bahan dan webbingnya, tentu diperlukan adanya produsen tas terbaik juga berpengalaman untuk mengerjakan tas ransel tersebut. Yang mana sebetulnya, untuk bisa mendapatkan tas ransel dengan spesifikasi tersebut, kini anda bukan hanya bisa membelinya dari beberapa merek tas ternama saja. Melainkan bisa juga dengan cara membuatnya sendiri secara custom pada pabrik tas custom terbaik, seperti Karya Bintang Abadi.

Dimana Karya Bintang Abadi sendiri sebetulnya merupakan nama dari sebuah pabrik tas custom terpercaya yang sudah banyak diandalkan, baik oleh perusahaan, instansi, organisasi hingga individu untuk membantu kebutuhannya akan tas custom guna berbagai keperluan acara. Yang mana adanya hal tersebut pun tentu tidak terlepas dari pabrik tas custom ini yang dikenal memiliki banyak variasi model serta desain tas dengan detail tampilan terbaik, kualitas terjamin, waktu pengerjaan cepat serta harga terjangkau. Sehingga membuat para customer mendapat fleksibilitas lebih dalam hal pembuatan tasnya.

Terlebih, sebagai pabrik tas custom terpercaya yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui selalu memberikan pelayanan terbaiknya, melalui proses pemesanan aman karena sudah berlegalitas, serta cara pemesanan mudah, cepat dan tepat dengan bantuan para customer service tanggap, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil terbaik juga memuaskan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik serta up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp