fbpx

7+ Cara Menghilangkan Sablon Dari Kaos

menghilangkan sablon dari kaos

bagikan artikel ini kepada teman

Bagi sebagian orang menggunakan kaos untuk menjalani aktivitas harian biasanya memang dirasa lebih nyaman, terlebih saat ini model serta desain kaos pun diketahui juga semakin beragam jenisnya sehingga memiliki tampilan jauh lebih eyecatching. Dimana bisa dibilang jika kaos bersablon adalah salah satu yang dianggap paling menarik dan banyak diminati karena dinilai memiliki sejumlah kelebihan, yang diantaranya adalah seperti berikut ini:

1. Biaya yang lebih terjangkau: Kaos yang dibuat dengan proses sablon umumnya dinilai lebih murah bila dibandingkan kaos yang dibuat menggunakan teknik lainnya, terlebih saat ini sendiri jenis sablon juga sudah sangat beragam jenisnya, sehingga wajar saja bukan jika pada akhirnya hal tersebut membuat kaos sablon menjadi pilihan yang lebih ekonomis, tidak terkecuali untuk kebutuhan kaos dalam jumlah besar sekalipun.

2. Kekuatan dan ketahanan: Meskipun murah, bisa dibilang jika kaos yang dibuat menggunakan teknik sablon umumnya memang cenderung lebih tahan lama. Mengingat jika tinta yang digunakan pada proses sablon tersebut biasanya dapat bertahan lama meskipun dicuci berkali-kali, dan menjadikannya sebagai pilihan terbaik guna menghiasi pakaian sehari-hari.

3. Kemungkinan desain yang lebih besar: Penggunaan teknik sablon untuk menambahkan desain pada tas umumnya di ketahui dapat memungkinkan kita untuk bisa mencetak desain dengan lebih banyak warna dan detail halus. Dimana adanya hal tersebut tentu akan memungkinkan kita untuk dapat mencetak gambar secara lebih kompleks beserta dengan warna-warna cerah tanpa mengorbankan kualitas desain pada kaos.

Namun meskipun diketahui memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya tampak menarik, perlu untuk selalu diingat pula jika kaos bersablon pada dasarnya pun juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya seperti adanya keterbatasan pada beberapa jenis desain kaos yang memerlukan tampilan gradasi warna halus atau juga desain dengan detail sangat kecil. Apalagi karena dibuat menggunakan tinta sablon yang dicetak, hal tersebut pun secara tidak langsung juga membuat kaos bersablon rentan mengalami kerusakan atau terkelupas, terlebih karena beberapa faktor berikut:

1. Pencucian yang tidak tepat: Faktor pertama yang kerap kali membuat kaos bersablon menjadi cepat rusak adalah dikarenakan adanya cara pencucian kurang tepat. Dimana biasanya penggunaan detergen yang terlalu keras, penggunaan air panas, cara mencuci terlalu kasar, dan terlalu sering dicuci adalah beberapa hal yang dirasa dapat menyebabkan terkelupasnya sablon pada kaos lebih cepat. Oleh sebab itu umumnya disarankan untuk mencuci kaos sablon menggunakan air dingin dan detergen bersifat lembut untuk mempertahankan keawetan sablon kaos.

2. Pengeringan yang tidak tepat: Selain cara pencucian kaos yang tidak tepat, adapun hal lain yang juga bisa menjadi faktor penyebab kaos bersablon mudah rusak atau bahkan terkelupas, adalah karena proses pengeringan kaos yang salah pula. Yang mana pengeringan kaos menggunakan suhu tinggi atau panas berlebihan dinilai dapat merusak ketahanan sablon dan membuatnya lebih mudah retak atau bahkan juga terkelupas.

3. Gosokan atau penekanan yang kuat: Meskipun dikenal sebagai teknik penambahan desain pada kaos yang memiliki ketahanan baik, namun perlu diingat pula jika untuk mempertahankan sablon tersebut tetap dalam keadaan baik, hendaknya kita juga perlu untuk menghindari menggosok atau menekan bagian sablon secara berlebihan saat mencuci atau menyetrika. Karena adanya hal tersebut umumnya juga dapat menyebabkan resiko terkelupasnya sablon pada kaos menjadi lebih tinggi.

4. Kualitas tinta atau teknik sablon yang buruk: Penggunaan tinta berkualitas rendah atau teknik sablon yang tidak tepat juga dinilai menjadi salah satu penyebab utama kenapa sablon pada kaos mudah terkelupas atau rusak. Dimana biasanya proses sablon yang tidak dilakukan dengan baik serta penggunaan jenis tinta yang tidak tepat dinilai dapat membuat sablon lebih rentan terhadap kerusakan.

Dan dapat disimpulkan jika dengan mengikuti petunjuk perawatan sesuai yang disarankan juga menghindari faktor faktor kerusakan di atas, tentu hal tersebut akan dapat lebih membantu kita dalam memperpanjang umur sablon pada kaos. Namun jika kaos bersablon sudah terlanjur mengalami kerusakan dan kita menginginkan untuk membersihkan bekas sablonnya, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan sablon dari kaos yang bisa coba untuk dipraktikan:

7+ Cara Menghilangkan Sablon Dari Kaos

Kegiatan menghilangkan sablon dari kaos bisa dibilang memang menjadi salah satu tugas paling sulit dan rumit untuk dilakukan, mengingat jika teknik menghias kaos menggunakan cara di sablon ini pun biasanya juga diketahui akan menghasilkan tampilan desain yang permanen. Namun, taukah jika sebetulnya ternyata ada beberapa metode yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sablon dari kaos, sehingga nantinya tampilan kaos pun bisa tampak lebih baik juga rapi kembali.

Meskipun jika dibandingkan dengan tampilan kaos yang baru, kaos hasil dari penghilangan sablon tersebut umumnya memang tidak sepenuhnya dapat memiliki tampilan bersih karena biasanya masih akan menyisakan sedikit bagian sablon yang cukup sulit untuk dihilangkan. Terlebih jika kaos tersebut terbuat dari bahan seperti katun yang dikenal sebagai salah satu jenis permukaan terbaik untuk tinta sablon dan dicetak menggunakan jenis sablon terbaik sehingga memiliki tingkat kerekatan tinggi.

Namun walaupun begitu, tentu tidak ada salahnya bagi kita tetap untuk mencoba terlebih dahulu menghilangkan tinta sablon pada sebuah kaos menggunakan beberapa cara yang dianggap mudah juga cukup jitu, seperti 7+ cara menghilangkan sablon dari kaos berikut ini:

1. Pengelupasan manual

Pengelupasan manual adalah salah satu metode yang cukup banyak digunakan untuk mencoba menghilangkan sablon dari kaos secara fisik dan hanya menggunakan jenis jenis alat sederhana seperti pisau kecil, cutter, atau bahkan juga gunting kuku dalam prosesnya. Namun perlu diingat, karena menggunakan alat bantu berupa benda tajam, tentu hendaknya saat menjalani metode ini kita memerlukan adanya kehati-hatian ekstra agar nantinya tidak menyebabkan kerusakan pada bahan kaos. Dan adapun langkah-langkah umum untuk mencoba pengelupasan sablon kaos secara manual, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kita memiliki pisau kecil atau cutter yang tajam namun tidak terlalu besar untuk mempermudah pengelupasan sablon.
  2. Sebelum mengupas sablon pada seluruh kaos, ada baiknya untuk memilih area kecil dan yang tidak terlalu mencolok atau terlihat terlebih dahulu untuk melakukan uji coba.
  3. Gunakan pisau kecil atau cutter dengan gerakan lembut serta hati-hati di bagian belakang sablon dan masukkan ujung pisau ke bawah sablon lalu angkat secara perlahan agar nantinya tidak merobek kain.
  4. Lanjutkan proses pengelupasan secara perlahan dan berhati-hati, karena jika terlalu terburu-buru maka besar kemungkinan kita bisa saja merusak kain atau menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan.

Namun penting untuk selalu diingat bahwa meskipun pengelupasan manual adalah salah satu cara yang bisa dicoba, tetapi tetap saja  tidak ada jaminan bahwa sablon pada kaos akan sepenuhnya terkelupas atau hilang. Mengingat jika proses pengelupasan satu ini juga bisa merusak kain atau bahkan menimbulkan kerusakan permanen pada kaos jika tidak dilakukan secara hati hari dan teliti.

2. Penggunaan acetone

Acetone adalah senyawa kimia yang sering digunakan sebagai pelarut, dan bisa dibilang jika penggunaan bahan ini pun juga dapat digunakan untuk mencoba menghilangkan sablon pada kaos. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan acetone bisa saja merusak bahan kaos, terutama jika kaos tersebut terbuat dari jenis bahan baku bersifat sensitif dan tidak digunakan secara hati-hati. Maka dari itu, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian yang tidak terlihat dari kaos sebelum menerapkannya pada area yang lebih luas dengan menerapkan cara berikut ini:

  1. Pastikan area kerja untuk melakukan pengelupasan sablon pada kaos memiliki sirkulasi udara baik dan bebas dari bahan-bahan yang sekiranya mudah terbakar, mengingat bila acetone sendiri adalah salah satu jenis senyawa yang mudah terbakar.
  2. Untuk memulai proses pengelupasan, ada baiknya untuk mengoleskan acetone sedikit demi terlebih dahulu ke bagian belakang sablon pada kaos yang tidak terlihat dan biarkan beberapa saat untuk melihat reaksinya terhadap kain.
  3. Setelah ditunggu selama beberapa saat, maka langkah selanjutnya adalah mengoleskan secara perlahan cairan tersebut menggunakan kapas atau kain pada bagian belakang sablon yang ingin dihilangkan.
  4. Selain dengan mengoleskan secara perlahan, kita juga bisa mencoba membantu proses pengelupasan tersebut dengan hati-hati dari tepi menggunakan kuku atau pisau kecil untuk mempercepat proses peghilangan sablon.
  5. Jika seluruh bagian sablon sudah dirasa hilang, maka proses selanjutnya adalah mencuci kaos tersebut dengan air dan detergen yang lembut untuk menghilangkan residu acetone juga sisa-sisa tinta yang mungkin tersisa.

3. Penggunaan pelarut cat

Menggunakan pelarut cat atau thinner yang lembut juga diketahui dapat membantu menghilangkan sablon dari kaos. Dimana pelarut cat tersebut sendiri dalam hal ini umumnya adalah sebuah bahan kimia yang biasanya memang  digunakan untuk melarutkan cat atau tinta pada permukaan. Sehingga dianggap cukup mampu pula untuk dipakai membantu menghilangkan sablon pada kaos. Dan adapun langkah langkah yang bisa diterapkan untuk menghilangkan sablon dari kaos menggunakan cara ini, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Hampir sama seperti penghilang sablon menggunakan bahan actone, dimana langkah pertama adalah kita diharuskan untuk memastikan jika lokasi pengerjaan ini dilakukan di area yang berventilasi baik.
  2. Karena dikenal memiliki banyak jenis, maka ada baiknya untuk untuk memilih pelarut cat dengan sifat paling lembut serta aman jika terkena bahan kaos.
  3. Oleskan pelarut cat ke bagian belakang sablon pada kaos dengan hati-hati menggunakan kuas kecil atau kain bersih, agar pengaplikasian bahan tersebut dapat merata ke seluruh bagian sablon yang ingin dihilangkan.
  4. Hindari menggunakan terlalu banyak pelarut, karena bisa merusak kain atau menghilangkan warna dari kaos dan biarkan pelarut cat selam beberapa saat agar tinta mulai melunak dan mudah untuk dibersihkan.
  5. Jika bahan pelarut cat tersebut dirasa sudah cukup meresap dengan baik, langkah selanjutnya adalah gunakan pisau kecil atau gunting kuku untuk mengelupas atau mengangkat bagian sablon secara perlahan.
  6. Bila seluruh bagian sablon sudah terangkat semua, maka langkah terakhir adalah kita diharuskan untuk mencuci kaos dengan air dan detergen ringan guna melunturkan sisa sisa pelarut cat, lalu gantung kaos agar kering secara alami.

4. Penggunaan suhu panas

Sebagaimana sudah kita ketahui, jika salah satu faktor penyebab kerusakan atau terkelupasnya sablon adalah karena suhu panas. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan sablon dari kaos kita bisa memanfaatkan adanya penggunaan suhu panas. Dimana biasanya cara ini umumnya bisa dilakukan menggunakan beberapa cara dan alat bantu berbeda, diantaranya adalah seperti berikut ini:

1. Menggunakan Setrika

  • Untuk menghilangkan sablon dari kaos menggunakan cara ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah letakkan kaos menghadap ke bawah di atas permukaan datar.
  • Setelah itu panaskan setrika pada suhu yang cukup tinggi dan tempatkan kain tebal atau kertas pembungkus  yang tidak berwarna di atas bagian belakang sablon.
  • Jika sudah, maka selanjutnya kita dapat mulai menggosok bagian belakang sablon dengan setrika yang sudah dipanaskan agar sablon pada kaos tersebut dapat melunakkan hingga terangkat dari bahan kaos lalu melekat pada lapisan kertas.

2. Menggunakan Pengering rambut

  • Sebetulnya dapat dikatakan jika penghilangan sablon pada kaos dengan penggunaan suhu panas menggunakan alat bantu ini mirip dengan menggunakan setrika. Dimana awalnya kita diharuskan untuk memanaskan pengering rambut pada suhu tinggi lebih dulu.
  • Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan panas pengering rambut ke bagian belakang sablon selama beberapa waktu, tetapi pastikan jaraknya tidak terlalu dekat agar tidak merusak kain.
  • Bila dirasa sudah cukup panas, maka setelah itu kita biasa mulai mencoba perlahan-lahan mengupas atau menggosok bagian sablon hingga tidak menempel lagi pada kain.

5. Penggunaan air panas

Bukan hanya dipanaskan menggunakan suhu tinggi melalui alat bantu seperti setrika atau pengering rambut saja, melainkan kita juga dapat menghilangkan sablon dari tas melalui suhu panas dengan cara merendam kaos dalam air panas pula selama beberapa waktu. Karena tidak dapat dipungkiri jika penggunaan air panas dalam hal ini pun juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencoba menghilangkan sablon pada kaos tanpa perlu merusak warna atau tekstur keseluruhan pada kaos. Dimana adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sablon melalui cara ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah yang cukup besar untuk merendam kaos dengan air panas, namun pastikan jika air tersebut tidak terlalu panas agar tidak merusak kain
  2. Jika sudah maka kita diharuskan untuk merendam kaos dalam air panas selama beberapa waktu. Dimana durasi perendaman dapat bervariasi tergantung pada seberapa lama sablon telah menempel pada kaos dan jenis tinta yang digunakan.
  3. Setelah direndam selama beberapa waktu, maka langkah selanjutnya adalah kita bisa mulai mengeluarkan kaos dari air panas dan menggunakan sikat atau kain kasar untuk menggosok bagian sablon dengan lembut guna mencoba mengangkat atau melonggarkan sablon dari kain.
  4. Bila proses perendaman dan juga pengelupasan sudah selesai dilakukan, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mencuci kaos seperti biasa menggunakan detergen yang lembut dan air dingin untuk menormalkan kembali suhu pada kaos.

6. Penggunaan detergen cuci piring

Penggunaan detergen cuci piring untuk menghilangkan sablon pada kaos merupakan salah satu metode yang bisa dibilang juga dapat dicoba. Namun penting untuk dicatat bahwa tidak ada jaminan bahwa metode ini akan sepenuhnya menghilangkan sablon dari kaos, karena umumnya hasil dari cara penghilangan sablon ini  bisa bervariasi tergantung pada jenis tinta yang digunakan pada sablon, bahan kaos, dan seberapa lama sablon telah menempel pada kaos tersebut. Dan adapun beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menerapkan cara ini, adalah sebagai berikut ini:

  1. Rendam kaos dalam air menggunakan ember atau wadah dengan air hangat, lalu mulai tambahkan detergen pencuci piring ke dalam air dan aduk hingga tercampur dengan baik. Jangan lupa untuk memastikan jika air yang digunakan cukup untuk merendam seluruh bagian kaos bersablon.
  2. Letakkan kaos ke dalam larutan detergen tersebut secara menyeluruh dan biarkan terendam selama minimal 30 menit hingga beberapa jam untuk membantu melemahkan atau melarutkan tinta sablon.
  3. Setelah direndam selama beberapa saat, maka langkah selanjutnya adalah keluarkan kaos dari larutan dan gunakan sikat lembut atau spons untuk menggosok bagian sablon secara lembut agar tidak merusak kain kaos.
  4. Bila sablon pada kaos dirasa sudah hilang secara menyeluruh, maka langkah selanjutnya adalah kita perlu untuk membersihkan kaos menggunakan air bersih dan pastikan jika tidak ada sisa sabun yang tertinggal di kaos.

7. Penggunaan bahan kimia penghilang tinta

Bahan kimia tertentu yang dapat dijumpai di toko-toko kimia dinilai juga dapat memungkinkan kita dalam membantu melarutkan tinta sablon. Namun perlu untuk selalu diingat, jika sangat penting untuk menggunakannya dengan hati-hati sesuai petunjuk dan ada baiknya menghindari bahan kimia yang dapat merusak kain, karena sebagaimana kita ketahui, jika bahan kimia yang digunakan bisa berbahaya pula bagi kualitas bahan kaos. Dan adapun beberapa langkah-langkah untuk membersihkan sablon pada kaos menggunakan cara ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan ruangan tempat kita melakukan proses ini terventilasi dengan baik dan kita juga menggunakan  sarung tangan untuk melindungi tangan dari bahan kimia.
  2. Jika semua sudah siap, maka kita bisa mulai untuk mengoleskan bahan kimia penghilang tinta ke bagian belakang sablon pada kaos menggunakan lap atau spons yang sudah dibasahi dengan bahan kimia ini.
  3. Namun pastikan jika dalam pengaplikasiannya kita tidak terlalu banyak menuangkan bahan kimia sehingga tidak meresap terlalu dalam ke kain kaos.
  4. Dan jika bahan kimia tersebut sudah dioleskan secara merata, maka selanjutnya biarkan bahan kimia bekerja selama beberapa menit lalu mulai kelupas sablon menggunakan bantuan lap atau pinset secara perlahan.
  5. Setelah selesai dan dirasa sudah cukup bersih, maka langkah selanjutnya kita bisa menggunakan lap atau spons dengan air bersih untuk membersihkan area yang diaplikasikan dengan bahan kimia secara menyeluruh.

8. Pengecatan kembali

Pengecatan kembali atau penutupan ulang sablon pada kaos merupakan salah satu cara terakhir untuk menghilangkan sablon dari kaos yang rusak atau tidak diinginkan. Dimana dapat dikatakan jika metode ini pada umumnya memang melibatkan adanya proses penutupan atau pengecatan kembali area yang sebelumnya memiliki sablon dengan cat tekstil atau cat khusus kaos menggunakan desain baru. Dan adapun langkah langkah yang setidaknya perlu dilakukan untuk melakukan proses ini diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pastikan kita mempersiapkan juga menggunakan cat tekstil atau cat khusus untuk kaos yang sesuai dengan warna desain sebelumnya dan bahan kaos agar tahan lama ketika mencuci dan memiliki kepekatan baik agar mampu menutupi desain sablon yang sudah ada dengan maksimal.
  2. Sebelum memulai proses ini pun ada baiknya untuk memastikan jika kaos juga dalam kondisi bersih serta kering menggunakan kain bersih atau kuas untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mungkin ada.
  3. Pada saat memulai pengaplikasian cat, ada baiknya untuk mengoleskan cat secara merata di atas area sablon yang ingin ditutup menggunakan kuas kecil atau alat yang sesuai.
  4. Jika sudah maka selanjutnya biarkan cat benar-benar kering sebelum mulai dicuci. Dimana dalam proses pencuciannya sebaiknya untuk  menggunakan air dingin agar cat menempel dengan baik dan keringkan kaos  menggunakan pengering suhu rendah.

Nah itu dia beberapa cara untuk menghilangkan sablon dari kaos yang dianggap cukup mudah dilakukan dan memiliki hasil baik. Dimana sebetulnya penting untuk selalu diingat bahwa menghilangkan sablon dari kaos adalah sebuah tindakan yang bisa saja justru semakin merusak tekstil atau warna pada kaos itu sendiri, terlebih bila proses penghilangan sablon tersebut dilakukan secara asal asalan dan tanpa memperhatikan petunjuk atau ketentuan. Oleh sebab itu, ada baiknya bagi kita untuk selalu memperhatikan petunjuk sebelum menerapkan metode penghilangan sablon pada sebuah kaos tersebut.

 

Selain dianggap dapat memeprcantik tampilan pada kaos, adanya sablon dalam hal ini pun juga diketahui dapat memperindah tampilan sebuah tas agar tampak lebih menarik dan juga sesuai dengan peruntukkannya. Khususnya bila tas tersebut nantinya akan dipakai guna keperluan bersifat komersil, seperti sebagai souvenir atau bahkan media promosi. Dimana umumnya ,mendapatkan tas sablon dengan spesifikasi terbaik, kini kita dapat membuatnya secara custom pada sebuah jasa pembuatan tas terbaik juga andalan seperti Karya Bintang Abadi.

Yang mana Kaya Bintang Abadi sendiri dalam hal ini adalah nama dari sebuah pabrik tas custom berpengalaman yang sudah berdiri selama lebih dari 10 tahun, dan membuatnya dipercaya oleh banyak customer untuk menangani berbagai kebutuhannya akan tas custom. Mengingat pabrik tas custom satu ini pada dasarnya memang dikenal selalu berhasil mempertahankan kredibilitas serta kekonsistenannya melalui tas dengan memiliki detail tampilan rapi, kualitas serta kuantitas terjamin, serta proses pengerjaan cepat, dan harga terjangkau yang sesuai dengan request juga budget customer.

Selain itu, sebagai pabrik tas custom terbaik Karya Bintang Abadi pun juga diketahui selalu memperhatikan kenyamanan serta keamanan dari proses pemesanan tasnya, sebab pabrik tas ini pun sudah berlegalitas dan sah secara hukum, serta memiliki cara pemesanan tas mudah dan cepat, baik secara online maupun offline yang akan dibantu langsung oleh customer service ramah juga tanggap dalam membantu segala kebutuhan customer akan pemesanan tas. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom guna berbagai keperluan acara agar terasa semakin berkesan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat and happy weekend!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp