7 Keunggulan Custom Tas untuk Identitas Agen Travel Anda

custom tas travel

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang sebuah perjalanan dengan durasi waktu tertentu yang dimaksudkan untuk mencari hiburan ke berbagai destinasi, tentu kita semua setuju bukan jika adanya agenda tersebut biasa kita sebut dengan istilah traveling. Dimana dapat diketahui jika untuk melakukan agenda ini sendiri, biasanya kita dapat menggunakan dua jenis metode, yaitu atur sendiri secara mandiri atau bisa juga menggunakan jasa agen travel untuk membantu pengaturan perjalanan supaya lebih mudah dan praktis. Apalagi penggunaan jasa ini pun kini juga diketahui memiliki banyak bonafit, salah satunya adalah seperti mendapatkan custom tas travel sebagai salah satu fasilitas.

Karena sebagai individu atau perusahaan yang menyediakan layanan terkait perjalanan dan wisata kepada publik, keberadaan dari agen atau biro perjalanan ini tentu tidak hanya bertugas untuk membantu para kliennya merencanakan serta mengatur perjalanan liburan mereka saja, tetapi juga sekaligus bertanggung jawab atas kenyamanan dan keamanan mereka selama melakukan perjalanan yang sudah diatur. Sehingga wajar saja bukan jika salah satu cara mereka membuktikan dedikasi maupun tanggung jawab mereka kepada klien adalah menggunakan sejumlah item atau komponen dengan nilai visibilitas tertentu untuk memperkuat identitas branding mereka.

Apalagi dengan kompleksitas tugas dan layanan umum yang biasa mereka sediakan, mulai tu dari melakukan pemesanan dan penjualan tiket segala moda transportasi baik domestik atau bahkan internasional, mengatur pemesanan akomodasi dengan melakukan pembookingan hotel maupun jenis penginapan lain, membuat rencana destinasi wisata yang sudah mencakup tempat hiburan hingga kuliner dan pusat oleh oleh, memberikan informasi lengkap seputar destinasi wisata dan detail perjalanan lain sesuai dengan preferensi ataupun anggaran klien, hingga melakukan pengurusan dokumen perjalanan seperti visa sampai asuransi perjalan para klien.

Maka sudah barang pasti jika dalam proses kerjanya, setiap agen ataupun biro perjalanan akan membutuhkan yang namanya branding sebagai identitas dirinya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika adanya branding bagi sebuah bisnis agen perjalanan sendiri umumnya memang memegang peran krusial, baik itu untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas dirinya di mata klien karena keterlibatan investasi uang dan waktu yang besar dari pelanggan, sehingga mereka membutuhkan agen travel dengan identitas yang jelas, profesional, konsisten, juga bereputasi baik, untuk memastikan bila perjalanan yang akan mereka lakukan dapat berjalan aman dan nyaman.

Serta bisa juga dipakai untuk membentuk citra atau brand image yang kuat dan diferensiasi dari pesaing. Mengingat saat ini sendiri keberadaan industri agen travel sebetulnya sudah mulai dipenuhi oleh banyak pemain, baik yang berbasis secara offline atau online, dan dari operator untuk tur kecil hingga tur berskala besar. Sehingga untuk membantu agen travel kita dapat bersaing dengan memberikan citra diri yang khas dan memiliki visibilitas tinggi, tentu diperlukan adanya branding diri. Dan diantara banyaknya media yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat branding di tampilkan, custom tas travel memang adalah salah satu yang dianggap paling jitu.

7 Keunggulan Custom Tas untuk Agen Travel

Merupakan jenis bisnis yang bertindak sebagai perantara antara wisatawan dengan agenda liburannya, karena akan bertugas untuk mengatur perjalanan klien, mulai dari perkara mengurus transportasi, akomodasi, konsumsi, destinasi, hingga logistik yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan. Tentu wajar saja bukan jika didasarkan dari pernyataan tersebut keberadaan dari agen travel atau biro perjalanan ini pun kemudian dinilai sangat krusial dalam mempermudah dan memastikan perjalanan klien berjalan lancar, aman, dan nyaman. Dimana dikarenakan oleh hal itu juga lah, dalam bisnis jasa perjalanan ini branding adalah sebuah pondasi yang sangat dibutuhkan.

Karena sebagaimana sudah disebutkan juga, jika peranan branding sebagai pondasi berdirinya sebuah agen travel atau biro perjalanan ini pada dasarnya memang merupakan salah satu alat penting untuk membangun kepercayaan dan perbedaan yang membuat mereka tidak hanya terlihat seperti penjual komoditas saja. Sehingga akan sangat wajar dan bahkan juga menjadi hal wajib bukan jika perkara branding bagi para agen travel ini pun kemudian akan dianggap sebagai persoalan fundamental yang membutuhkan perhatian mendetail, guna memastikan jika agen perjalanan yang dibangun tersebut dapat berjalan sukses dan efektif untuk menarik kepercayaan klien.

Dan sebagai salah satu hal krusial yang diketahui harus dimiliki oleh setiap bisnis jasa perjalanan profesional, maka adapun beberapa hal mendetail yang diketahui perlu dijadikan sebagai hal utama oleh suatu agen travel dalam membangun branding dirinya adalah seperti dengan menentukan target pasar secara jelas terlebih dahulu berdasarkan demografi, gaya perjalanan, dan destinasi. Menentukan spesialisasi agenda perjalanan yang akan ditawarkan dengan menetapkan visi misi yang jelas dan memastikannya tercermin dalam setiap aspek layanan. Dan  menggunakan identitas visual yang berkesan juga kuat dengan desain solid, konsisten, tapi tetap mudah diingat.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja dimaksudkan untuk memastikan jika keberadaan dari branding diri yang diimplementasikan dalam wujud logo atau desain visual dapat sungguhan merepresentasikan harapan, tujuan, karakter, komitmen, serta visi misi agen travel. Oleh sebab itu, menggunakan desain yang unik namun mudah diingat tentu sangat disarankan, bahkan akan lebih baik lagi jika ditambahkan oleh tipografi maupun warna yang konsisten guna menambahkan daya tarik visual dan kesan profesional pada desain branding. Namun selain itu, pastikan juga desain branding yang dibangun diterapkan pada media cetak yang tepat pula.

Mengingat, sebagai komponen krusial yang berperan sebagai wajah atau identitas diri suatu agen travel, bisa dibilang keputusan untuk memilih media cetak untuk desain branding juga adalah bagian dari langkah strategis yang sangat penting bagi agen travel. Karena dengan adanya hal tersebut, tentu suatu agen travel dapat lebih menunjukkan konsistensi bisnisnya, meningkatkan brand awareness dan visibilitasnya, membangun integritas, dan menciptakan touchpoint fisik. Sehingga didasarkan alasan tersebut wajar saja bukan jika pemilihan media cetak apa saja yang akan digunakan umumnya akan mengandung beberapa elemen penting.

Katakan saja seperti diperlukannya media cetak yang mampu mewakili profesionalisme agen serta memiliki kemungkinan visibilitas tinggi. Dimana menggunakan media cetak berupa barang sehari hari bisa dibilang adalah salah satu solusi karena dapat menjadi sebuah investasi yang menjamin konsistensi brand, memperkuat kredibilitas pada titik sentuh fisik, serta memberikan alat penjualan yang efektif di luar ranah digital. Dan diantara banyaknya jenis barang sehari hari yang dinilai ideal untuk dijadikan media cetak branding, custom tas travel agaknya memang adalah salah satu yang paling direkomendasikan, dikarenakan memiliki sejumlah keunggulan seperti berikut ini:

Iklan Berjalan Jangka Panjang

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh penggunaan custom tas travel bagi identitas sebuah agen travel adalah bagaimana tas tersebut yang dalam hal ini dapat menjadi iklan berjalan jangka panjang. Karena sebagai jenis barang fungsional yang umumnya sering dibawa bepergian, terlebih pada saat akan melakukan perjalanan panjang dan liburan. Tentu sudah barang pasti hal tersebut akan membuat custom tas travel yang sudah dicetak dan dilengkapi dengan atribut desain branding sebagai bagian dari benefit atau fasilitas pendukung yang disediakan oleh agen travel bagi para kliennya pun akan memiliki nilai keberkesanan dan visibilitas yang tinggi.

Dimana ketika tas tersebut digunakan, baik selama periode waktu perjalanan maupun setelah agenda wisata selesai, logo dan nama agen travel tentu saja akan tetap terlihat oleh banyak orang, dan menjadikannya seakan akan seperti media promosi gratis yang berkelanjutan dan memiliki eksposur luas. Terlebih dengan kombinasi sempurna yang dimilikinya antara fungsionalitas tinggi, daya tahan bahan, dan eksposur yang bergerak, custom tas travel ini tentu akan memastikan bahwa pesan branding agen travel bisa tetap relevan dan terlihat dalam kurun waktu yang lama, jauh melampaui masa promosi awal, dan membuatnya dijuluki sebagai billboard berjalan yang ergonomis.

Relevan Dengan Kebutuhan Klien

Karena berkaitan dengan agenda perjalanan yang biasanya akan mengharuskan para peserta tour membawa banyak jenis barang bawaan dan keperluan pribadi, tentu sudah barang pasti bukan jika keunggulan selanjutnya yang umumnya akan didapatkan oleh suatu agen travel ketika menggunakan custom tas travel sebagai kanvas atau media cetak brandingnya adalah relevansi yang kuat dengan kebutuhan klien, dan memungkinkan mereka menganggap jika pihak agen travel memang adalah pihak yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab, karena menjadikan tas sebagai bagian dari fasilitas tambahan untuk mendukung kemudahan perjalanan wisata mereka.

Apalagi sebagai salah satu keunggulan yang paling menonjol dari custom tas travel, kemampuannya yang dikenal  relevan dengan kebutuhan klien ini pun pada dasarnya juga tidak hanya membuat agen travel dapat sepenuhnya menyesuaikan produk tersebut agar sesuai dengan jenis perjalanan, durasi, atau bahkan profil demografi klien mereka saja. Melainkan dengan kemampuan customnya, suatu agen travel pun umumnya juga dinilai telah memberikan hadiah dengan logo untuk penguat branding diri, sekaligus memberikan alat bantu perjalanan yang sangat berguna bagi para peserta untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman mereka selama tour, yang secara secara otomatis dapat pula meningkatkan persepsi positif terhadap brand agen travel.

Memiliki Nilai Fungsionalitas Tinggi

Sebagaimana sudah dijelaskan, sebagai jenis barang yang umumnya selalu ada dan wajib dibawa atau dipakai ketika beraktivitas di luar rumah, khususnya pada saat melakukan perjalanan wisata bersama dengan rombongan dan diatur oleh agen travel. Tentu adanya hal tersebut memang menjadikan peran dari keberadaan dari tas ini sangat melekat dalam perkara agenda traveling. Sehingga didasarkan oleh pernyataan tersebut, maka wajar saja bukan custom tas travel pun umumnya juga dinilai memiliki keunggulan tersendiri bagi suatu agen travel. Dimana memiliki nilai fungsionalitas tinggi bisa dibilang adalah keunggulan yang dimaksud tersebut.

Karena tidak dapat dipungkiri, jika secara keseluruhan adanya nilai fungsionalitas tinggi pada tas custom travel ini pada dasarnya memang adalah hasil dari desain yang terfokus pada kebutuhan wisatawan sepanjang perjalanan, bukan hanya untuk membawa barang, tetapi juga untuk mengatur, melindungi, dan membawa barang dengan nyaman di lingkungan yang asing dan penuh mobilitas. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu bagian benefit yang tidak hanya dirancang secara spesifik memenuhi kebutuhan praktis dan logistik sebuah perjalanan, tetapi juga sekaligus sebagai kanvas branding dan media iklan berjalan pun tentu dianggap sangatlah efektif dan efisien.

Bisa Menjadi Recall Brand Awareness

Merupakan jenis barang yang peran kegunaannya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sehari hari, tentu hal tersebut juga akan membuat keberadaan dari tas custom yang disediakan dan dibagikan oleh suatu agen travel kepada seluruh peserta atau kliennya, dapat memiliki keunggulan berupa kemampuannya yang bisa menjadi recall brand awareness, bahkan ketika agenda wisata yang diikuti oleh peserta tersebut sudah lama berlalu. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan bukan jika custom tas travel ini pun kemudian dinilai menjadi merchandise fungsional berdaya tahan lama yang mampu mengubah investasi branding satu kali menjadi media promosi berkelanjutan.

Oleh sebab itu, agar nantinya kemampuan tas custom travel tersebut dapat terwujud dengan optimal, tentu ada baiknya untuk memastikan jika custom tas travel yang dilakukan berfokus pada spesifikasi tas berfungsionalitas tinggi guna mendorong penggunaan berulang dalam jangka waktu panjang, dan pastikan jika peletakan logo brand ditempatkan pada posisi yang memungkinkan visibilitas maksimal, sehingga branding ditampilkan pada setiap tas custom pun dapat sungguhan mendapatkan eksposur yang baik dan bisa menjadi recall memories untuk brand awareness, baik bagi penggunanya maupun bagi calon klien yang berencana untuk melakukan agenda wisata group.

Memiliki Identitas Kelompok yang Kuat

Dapat menciptakan identitas kelompok yang kuat bisa dibilang juga merupakan keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh suatu agen travel ketika menggunakan custom tas travel sebagai bagian dari cara brandingnya. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja dikarenakan keberadaan dari tas sendiri yang pada perannya sebetulnya dinilai memiliki keterlibatan pada aspek psikologis, logistik, dan visual. Karena tidak dapat dipungkiri, dari sisi psikologi dapat dikatakan ketika semua peserta tur membawa tas dengan look yang sama, hal tersebut secara tidak langsung akan memicu rasa kebersamaan di dalam kelompok dan membuat agenda wisata semakin terasa hangat juga solid.

Sedangkan dari segi logistik sendiri, keberadaan dari tas yang di custom tersebut tentu saja tidak hanya akan membuat para peserta menjadi terlihat berada dalam satu kesatuan kelompok yang mudah dikenal dan dibedakan dengan wisatawan lain, tetapi juga dapat sekaligus dapat membuat logistik atau barang bawaan mereka dapat dengan mudah dan cepat diidentifikasi dari kejauhan, bahkan ketika hanya dengan melihat warna atau logo tas yang seragam saja. Dimana adanya hal tersebut tentu saja akan membantu mempercepat proses identifikasi barang dan  mengurangi risiko tersesat atau terpisah dari kelompok karena sudah memiliki tanda pengenal yang sama.

Mampu Memberikan Kesan Eksklusif dan Profesional

Diantara barang lain yang bisa dan biasa dijadikan sebagai merchandise atau souvenir, bisa dibilang tas custom memang adalah satu yang dikenal terbaik dan dapat memberikan kesan mendalam bagi penerimanya. Tidak terkecuali pada custom tas travel, yang secara garis besar memang dikenal memiliki keunggulan berupa kemampuannya yang dapat memberikan kesan eksklusif dan profesional bagi branding agen travel. Namun tentu saja, agar kesan yang ingin dimunculkan tersebut dapat tampak nyata, maka terdapat beberapa kualifikasi khusus yang umumnya harus dimiliki serta dipastikan oleh para agen travel, khususnya terkait kualitas dan durabilitas.

Dimana penggunaan jenis bahan baku berkualitas tinggi dengan desain yang terkendali penuh, tentu menjadi syarat utama dari custom tas travel bisa mencapai kesepakatan tersebut. Mengingat secara keseluruhan sendiri, kesan eksklusif dan profesional yang dimiliki oleh suatu tas custom, biasanya memang tidak hanya datang dari tampilan desain logo saja, tetapi juga secara kuat dipengaruhi oleh bagaimana kualitas fisik yang dimiliki tas. Tetapi meskipun kualitas fisik menjadi hal penting, tetap saja ada baiknya untuk selalu mempertimbangkan pula keoptimalan nilai fungsionalitas dan juga keselarasan desain dengan identitas brand yang ingin ditampilkan.

Fleksibilitas Desain dan Biaya yang Efisien

Penggunaan custom tas travel sebagai identitas suatu agen travel ternyata juga dinilai memiliki keunggulan berupa fleksibilitas desain dan biaya yang lebih efisien. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja didasari oleh bagaimana keberadaan tas tersebut yang dalam hal ini dianggap bisa memberikan kebebasan penuh dalam hal desain, yang sangat penting bagi agen travel untuk mencerminkan branding dan identitas mereka. Oleh sebab itu, dari segi fleksibilitas biasanya agen agen travel bisa melakukan penyesuaian bentuk dan model tas dengan kebutuhan perjalanan para kliennya maupun jenis destinasi yang akan dituju.

Sedangkan dari segi biaya yang lebih efisien sendiri, tentu saja hal tersebut didasarkan oleh bagaimana budget produksi tas custom yang umumnya memang tampak cukup besar di awal namun sebetulnya justru lebih ekonomis dan terbukti lebih efisien dalam jangka panjang ketika dijadikan sebagai alat promosi. Selain itu, karena fungsional tas ini dapat digunakan secara berulang kali, tidak seperti media cetak lainnya. Tentu hal tersebut juga akan membuat eksposur yang didapatkan dari menggunakan tas custom pun bisa dibilang juga lebih tinggi dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, sehingga sebagai pihak agen kita tidak perlu memproduksi secara masif.

Dimana didasarkan dari hal tersebut juga lah, kini diketahui mulai banyak agen travel atau penyedia jasa biro perjalanan yang kemudian mulai menggunakan tas custom sebagai alat promosinya, dengan maksud serta tujuan untuk membantu memenuhi tujuan branding jangka panjang yang mereka butuhkan. Apalagi adanya hal tersebut pun diketahui juga semakin didukung oleh bagaimana pengadaan tas custom ini sendiri yang ini lebih beragam dan ditunjang pula oleh kualitas produk luar biasa, sehingga membuat para agen travel dapat mengikuti ritme dari kebutuhan perjalanan para kliennya, sekaligus memenuhi target tujuan pengadaan tas custom tersebut.

Dan bagi anda yang berencana untuk melakukan pengadaan tas custom dengan hasil pengerjaan yang tentu saja berkualitas baik, variatif, tetap fungsional dan relevan dengan kebutuhan perjalanan maupun keperluan logistik para peserta wisata, namun secara fleksibel juga tetap bisa disesuaikan dengan jumlah budget maupun di dipersonalisasi menggunakan materi branding, maka kini anda dapat mempercayakan kebutuhan tas custom tersebut pada Karya Bintang Abadi, yaitu dengan cara segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi sebagai solusi terbaik dan tepat untuk melakukan pengerjaan pada tas custom anda.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi