5 Manfaat Memberikan Hadiah Untuk Kehidupan Sehari-hari

manfaat memberikan hadiah

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang tindakan yang berhubungan dengan relasi, sosial dan penghargaan, tentu kita semua setuju bukan jika pemberian hadiah adalah salah satunya. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja tidak terlepas begitu saja dari bagaimana manfaat memberikan hadiah sendiri yang pada dasarnya memang kerap kali dianggap sebagai bentuk dari tindakan nyata atas kepedulian dan juga hubungan yang berkesan serta bermakna. Meskipun memang, walaupun dinilai memiliki kesan positif dan sering diibaratkan sebagai wujud kasih antar sesama, tidak jarang pemberian hadiah ini pun perlu diwaspadai pula agar tidak masuk kategori gratifikasi.

Terlebih jika pemberian hadiah tersebut berhubungan dengan jabatan atau berlawanan dengan kewajiban atau tugas penerima. Karena dalam konteks ini, pemberian hadiah yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi kebijakan dan juga untuk mendapatkan kemudahan, umumnya akan dianggap sebagai bentuk penyuapan halus. Sehingga jika berdasarkan hukum, perkara pemberian hadiah tersebut tentu dapat dilaporkan sebagai gratifikasi dan dianggap sebagai tindak pidana korupsi. Oleh sebab itu guna menghindari hal ini ada baiknya bagi seseorang, khususnya bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara untuk lebih berhati hati dan memperhatikan maksud pemberian hadiah.

Tetapi dibandingkan lebih berfokus pada hal negatif tersebut, dalam hal ini manfaat memberikan hadiah umumnya memang didominasi untuk kepentingan hal hal yang positif, katakan saja untuk keperluan kegiatan sosial dan relasional yang biasanya akan bertujuan utama untuk memperkuat ikatan antar individu, komunitas atau kelompok. Dimana bisa dibilang jika pemberian hadiah versi ini hendaknya memang adalah kategori yang paling umum, karena memiliki tujuan murni sebagai bentuk kasih sayang, perhatian atau penghormatan saja, serta ditujukan untuk mempererat hubungan, menunjukkan rasa cinta, terimakasih dan sebagai kenang kenangan saja.

Maka dari itu, dalam konteks atau versi pemberian hadiah untuk keperluan sosial dan relasional, momen memberikan hadiah tersebut umumnya akan dilakukan pada hari hari tertentu, misalnya saja seperti hari ulang tahun, hari peringatan, maupun pada saat momen momen spesial dan berkesan lainnya, supaya ungkapan emosional dan nilai dari tindakan pemberian hadiah dapat diapresiasi juga dirasakan secara tulus. Namun selain untuk keperluan sosial dan relasional, dalam hal ini dapat diketahui jika manfaat memberikan hadiah ini pun umumnya juga dapat pula digunakan untuk mendukung momen penghargaan dan motivasi juga.

Dimana pada konteks ini, sesuai dengan istilahnya, biasanya pemberian hadiah memang akan memiliki fungsi utama sebagai sebuah imbalan atas suatu prestasi, kinerja dan pencapaian seseorang, misalnya saja seperti pada pemenang lomba dan kompetisi, atau sebagai wujud pengakuan atas jasa dan kontribusi seseorang dalam suatu lingkup sosial, dengan tujuan untuk mengakui prestasinya, memberikan motivasi dan ungkapan selamat atas keberhasilan,serta menegaskan standar kinerja. Oleh sebab itu, pada konteks ini biasanya bentuk hadiah yang akan diberikan umumnya berwujud piala, medali, bonus kinerja, atau bisa juga berupa uang tunai.

 Manfaat Memberikan Hadiah

manfaat memberikan hadiah

Menjadi hal yang dianggap memiliki peran signifikan serta mengandung nilai sentimental, tentu wajar saja bukan jika didasarkan oleh pernyataan tersebut, tindakan pemberian hadiah kepada seseorang atau sekelompok orang pun kemudian dianggap sebagai salah satu tindakan atau usaha sosial yang penting dilakukan, karena nantinya akan berfokus pada pemberian nilai emosional juga relasional di luar nilai materinya. Terlebih, pemberian hadiah kepada suatu individu ini pun umumnya diketahui juga dapat pula dilakukan dalam berbagai macam situasi dan konteks, selain daripada yang sudah disebutkan sebelumnya, contohnya saja untuk keperluan kegiatan pemasaran.

Yang mana pada konteks pemasaran atau kegiatan ekonomis ini sendiri, biasanya pemberian hadiah umumnya memang ditujukan untuk keperluan komersial dan dimaksudkan sebagai pendorong minat pembelian. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja membuat manfaat memberikan hadiah pada konteks ini lebih mengarah untuk menarik atensi pelanggan, guna meningkatkan penjualan serta membangun loyalitas merek. Sehingga didasarkan dari maksud serta tujuannya tersebutlah, umumnya bentuk hadiah yang akan dipakai atau diberikan pada konteks ini akan berupa undian berhadiah, hadiah langsung (tanpa diundi) saat membeli produk tertentu, atau diskon.

Dan didasarkan dari berbagai perannya tersebut, tentu wajar saja bukan jika tindakan pemberian hadiah ini pun kemudian dianggap sebagai salah satu tindakan penuh makna juga manfaat. Bahkan bisa dibilang jika pemberian hadiah ini pada dasarnya memang memiliki manfaat yang sangat signifikan, baik dari sudut pandang sosial maupun psikologis, dimana manfaat yang dirasakan pun juga tidak hanya dapat diterima oleh pihak penerimanya saja, melainkan juga dapat pula memberikan manfaat positif yang besar pada pihak pemberi dan pada kualitas hubungan secara keseluruhan. Yang mana, adapun beberapa manfaat memberikan hadiah tersebut adalah sebagai berikut ini:

Menciptakan Kebahagiaan dan Kenangan

manfaat memberikan hadiah

Manfaat memberikan hadiah yang pertama tentu saja adalah untuk menciptakan kebahagiaan dan juga kenangan berharga. Dimana dapat dikatakan jika manfaat satu ini hendaknya memang merupakan salah satu alasan krusial  dan signifikan kenapa banyak orang secara sengaja mau memberikan hadiah kepada orang lain, khususnya pada saat momen momen spesial. Dan adapun alasan atau penjelasan dibalik manfaat ini sendiri adalah tentu saja tidak terlepas dari bagaimana pemberian hadiah ini yang sebetulnya dapat dijelaskan dari sudut pandang psikologis, karena dikenal dapat memicu pelepasan hormon kebahagiaan pada otak dan memberikan dampak psikologis instan.

Oleh sebab itu, secara keseluruhan adanya tindakan pemberian hadiah ini umumnya memang bukan hanya dianggap dapat memperkaya dalam bentuk material saja, tetapi juga dapat memberikan kebahagiaan dan kenangan yang bisa memperkaya pengalaman hidup juga memori abadi, serta akan menghasilkan perasaan gembira, antusiasme, dan kebahagiaan yang instan, karena perasaan bahagia tersebut umumnya juga tidak hanya didasarkan oleh barang fisik hadiah saja, melainkan juga dari pesan dibalik pemberian dan siapa yang memberikan hadiah pula. Sehingga dengan adanya hal tersebut pemberian hadiah pun dapat menjadi salah satu sumber kebahagiaan yang mendalam.

Apalagi selain daripada dapat menjadi alasan terciptanya siklus kebahagiaan yang saling menguntungkan, dapat diketahui pula jika pemberian hadiah ini pun umumnya juga dikenal dapat menciptakan kenangan dan dampak kognitif dalam jangka panjang pula. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja didukung oleh bagaimana pemberian hadiah ini yang ternyata bisa menjadi penghubung antara fisik dan emosional dan mengaitkannya dengan memori suatu peristiwa. Sehingga momen pemberian hadiah ini sering kali akan menjadi momen puncak emosional dari suatu perayaan dan menjadi simbol permanen yang menghubungkan setiap masa.

Mempererat Kualitas Hubungan

Karena dapat mendatangkan perasaan bahagia dan kenangan yang tak terlupakan, maka sangat wajar bukan jika manfaat memberikan hadiah selanjutnya adalah dapat mempererat kualitas hubungan antara individu maupun kelompok. Yang mana, adapun alasan kenapa pemberian hadiah ini bisa memiliki manfaat signifikan sebagai media untuk mempererat kualitas hubungan pun tentu saja adalah dikarenakan hadiah tersebut yang secara tidak langsung berfungsi sebagai simbol material dari investasi emosional yang dilakukan seseorang terhadap orang lain. Sehingga secara ringkas, hadiah tersebut akan mempererat hubungan karena dapat mentransmisikan pesan fundamental.

Terlebih selain daripada itu, keberadaan dari hadiah pun umumnya juga dinilai sebagai wujud dari bahasa non verbal yang kuat dan memiliki kemampuan untuk menunjukkan perasaan yang mungkin sulit diungkapkan dengan kata kata, misalnya saja seperti ungkapan cinta, rasa terima kasih, atau permintaan maaf. Maka dari itu, tidaklah mengherankan bukan jika pemilihan hadiah yang spesifik dan tepat, biasanya dapat membantu menunjukkan perhatian yang terperinci dan mampu membuat penerima merasa dihargai, diperhatikan serta dikasihi, juga dapat memicu siklus positif yang dapat menguatkan ikatan sosial guna memelihara pondasi hubungan yang kuat.

Wujud Rasa Syukur dan Penghargaan

Dapat dijadikan sebagai wujud untuk mengungkapkan rasa syukur dan menjadi bukti nyata dari penghargaan, bisa dibilang juga adalah manfaat memberikan hadiah selanjutnya yang tidak bisa dihiraukan begitu saja, sekaligus menjadi alasan kenapa tindakan pemberian hadiah masih saja dilakukan, khususnya untuk merayakan pencapaian dan menjadi bentuk nyata dari ucapan selamat maupun bukti standar pencapaian seseorang. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja tidak terlepas dari bagaimana pemberian hadiah tersebut yang pada dasarnya memang berfungsi sebagai simbol fisik dari apresiasi dan rasa terima kasih yang melampaui kemampuan kata kata.

Dan sebagai simbol yang biasa dipakai untuk menggambarkan kedalaman rasa syukur, terutama atas pencapaian seseorang, tentu saja hal tersebut membuat keberadaan dari hadiah pun kemudian dianggap telah menawarkan cara konkret dan taktil untuk mengkomunikasikan perasaan syukur dan penghargaan. Selain itu, adanya tindakan pemberian hadiah ini pun umumnya juga sering kali dikaitkan dengan sikap pengakuan atas nilai dan kontribusi seseorang dalam lingkup sosial atas prestasi dan dedikasi yang telah dilakukan, sekaligus memvalidasi kerja keras mereka untuk menunjukkan penghormatan dan ungkapan rasa terimakasih.

Bentuk Kepedulian dan Kasih

Tidak hanya menjadi wujud nyata dari saya sukur dan juga bentuk penghargaan atas pencapaian seseorang saja yang menjadi bagian dari manfaat memberikan hadiah untuk kehidupan sehari hari. Karena selain itu, sebetulnya dapat pula diketahui jika adanya tindakan memberikan hadiah kepada seseorang ini hendaknya juga bermanfaat untuk menunjukkan kepedulian dan kasih sayang. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja disebabkan oleh bagaimana keberadaan sebuah hadiah yang pada dasarnya memang dapat dianggap sebagai simbol nyata dari perhatian dan bentuk usaha serta pengorbanan waktu yang telah dicurahkan oleh si pemberi kepada penerima.

Mengingat adanya pernyataan tersebut pun tentu saja tidak dapat dipungkiri, karena keberadaan dari hadiah yang dalam hal ini hendaknya memang dapat dijadikan sebagai bukti konkret bahwa si pemberi sungguhan memikirkan penerima hadiah, sampai sampai dirinya rela meluangkan waktu dan usaha untuk merenungkan minat atau bahkan keinginan spesifik dan kebutuhan penerima hadiah, yang pada konteks ini sendiri dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian juga bukti kasih sayang non verbal. Sehingga dengan demikian, dapat dikatakan jika pemberian hadiah ini memang adalah investasi emosional yang membuat antarindividu dapat terkoneksi secara mendalam.

Dimana didasarkan oleh alasan itu juga lah, terdapat banyak orang yang kemudian menjadikan hadiah sebagai salah satu sarana untuk menunjukkan dan mengungkapkan perasaan atau emosi yang sulit diucapkan menggunakan kata kata. Selain itu, tidak sedikit pula orang yang menjadikan pemberian hadiah sebagai cara utama mereka dalam merasakan dan memberikan cinta, juga sebagai pengingat yang berkelanjutan tentang hubungan dan kebaikan yang telah diberikan, sehingga dengan momen pemberian hadiah tersebut, secara tidak langsung juga dapat membantu memperkuat ikatan kasih sayang dalam jangka panjang, khususnya antarindividu.

Strategi Pemasaran dan Loyalitas

manfaat memberikan hadiah

Selain dapat mendatangkan manfaat yang berkaitan dengan kualitas maupun sentimen hubungan personal, ternyata dalam hal ini dapat diketahui pula jika manfaat memberikan hadiah pun umumnya juga dinilai sangat berguna bagi strategi pemasaran dan loyalitas pelanggan. Yang mana, adanya pernyataan tersebut pun tentu saja didukung oleh bagaimana peran hadiah dalam hal ini yang secara signifikan dapat difungsikan sebagai jembatan antara transaksi bisnis yang monoton dengan ikatan emosional dan hubungan emosional, yang menjadikan strategi pemasaran bukan hanya tentang biaya saja, tetapi juga tentang investasi untuk mendapatkan pelanggan loyal.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan keberadaan dari hadiah sendiri yang dapat dijadikan sebagai bentuk reward atau insentif, yang secara langsung dianggap dapat mempengaruhi kesetiaan pelanggan. Sehingga ketika suatu perusahaan memberikan hadiah baik berupa free gift, diskon eksklusif, atau poin reward kepada pelanggan, maka hal tersebut secara tidak langsung dapat membuat penerima hadiah, yaitu customer merasa lebih diakui dan dihargai, bukan hanya sebagai dompet berjalan, yang mana dari rasa dihargai ini lah nantinya akan mendorong pelanggan untuk tetap setia dan memilih merek kita dibandingkan pesaing,

Apalag adanya tindakan pemberian hadiah ini pun umumnya juga dianggap memiliki manfaat dari segi branding pula, karena hadiah fisik yang seringkali berwujud jenis barang fungsional atau jenis barang yang ramah digunakan dalam kehidupan sehari hari, biasanya memang dapat berfungsi secara optimal sebagai alat pemasaran yang bergerak. Sehingga untuk memaksimalkan perannya, tentu ada baiknya untuk mencantumkan logo dan brand perusahaan pada hadiah tersebut, dengan maksud untuk meningkatkan visibilitas merek karena akan berfungsi sebagai papan iklan berjalan hemat biaya yang dapat menciptakan asosiasi emosional positif pada brand.

Dan jika didasarkan dari beberapa manfaatnya tersebut, agaknya menjadi keharusan bukan bagi si pemberi untuk memastikan hadiah yang akan diberikan nantinya sungguhan memiliki nilai keberkesanan. Dimana dikarenakan oleh hal itu juga lah, hendaknya dalam memilih hadiah dibutuhkan adanya pertimbangan secara matang, baik itu dengan cara memahami sentuhan personal si penerima, menentukan tujuan pemberian hadiah, menetapkan nilai dan kualitas hadiah, memperhatikan aspek praktis, maupun memastikan memiliki efek keujutan. Karena hadiah yang baik bukan hanya tentang nilainya, tetapi tentang seberapa besar hadiah mencerminkan perhatian pula.

Dianggap sebagai tindakan sentimental yang memiliki banyak manfaat dan peran, agaknya memang membuat momen pemberian hadiah, khususnya pada momen momen spesial dan bagi orang orang tertentu dinilai begitu berkesan dan harus dipersiapkan sebaik mungkin. Apalagi sebagai salah satu hal yang sering dijadikan sebagai wujud nyata dari rasa syukur, ucapan terimakasih, dan ungkapan apresiasi yang mendalam, hal tersebut pun tentu saja juga membuat pengadaan sebuah hadiah menjadi perkata penting guna memaksimalkan peran dari adanya hadiah tersebut, sekaligus memastikan jika hadiah yang diberikan betulan akan memiliki nilai makna mendalam.

Dan diantara banyaknya ide hadiah untuk berbagai macam keperluan, momen, atau konteks, khususnya konteks komersial seperti untuk tujuan pemasaran, bisa dibilang tas memang bisa menjadi salah satu rekomendasi barang terbaik guna dijadikan sebagai hadiah terbaik sekaligus unik, apalagi jika tas tersebut secara sengaja dibuat dengan khusus dan diberi desain atribut sesuai dengan tujuan pengadaan untuk mempertegas maksud diberikannya hadiah tersebut. Terlebih dapat diketahui jika tas sendiri pun hendaknya juga memang merupakan salah satu jenis barang multifungsi yang unik, menarik, serta berkesan, namun tetap fungsional dan tahan lama.

Tetapi tentu saja, supaya nantinya tas untuk keperluan hadiah tersebut sungguhan dapat merepresentasikan perasaan yang tulus dan bisa menyampaikan penghormatan maupun ungkapan perasaan secara mendalam, tentu saja ada baiknya untuk mempercayakan pembuatan tas tersebut pada jasa pengadaan tas custom terbaik yang sungguhan dapat dipercaya, katakan saja seperti pabrik tas custom Karya Bintang Abadi.  Yang dalam hal ini pada dasarnya memang dikenal memiliki hasil produk dengan detail tampilan rapi, kualitas dan mutu produk terjamin, hingga harga terjangkau yang tentu saja sangat ideal untuk diandalkan guna memenuhi kebutuhan ini.

Apalagi selain daripada itu, Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom andalan pun umumnya juga dikenal melengkapi dirinya dengan kunggilan lain, yaitu memiliki pelayanan yang baik serta proses pemesanan yang aman, cepat serta mudah, karena sudah berlegalitas dan nantinya akan ditangani langsung oleh para SDM berkompeten dan juga customer service berpengalaman yang dengan sigap akan membantu menjelaskan berbagai pertanyaan terkait detail produk, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan pelayanan terbaik sekaligus produk tas custom yang berkualitas juga memuaskan.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi