fbpx

Perbedaan Co Card dan Id Card: Gini Cara Bedakannya!

perbedaan co card dan id card

bagikan artikel ini kepada teman

Dalam kehidupan sehari hari tentu kita semua tidak lagi asing dengan yang namanya kartu identitas atau id card bukan? Mengingat banyak jenis kegiatan atau acara yang dalam pelaksanaannya pun membutuhkan adanya kelengkapan identitas diri sebagai tanda pengenal. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila kartu identitas atau tanda pengenal ini menjadi salah satu benda yang termasuk wajib atau harus di miliki oleh setiap orang dalam kehidupannya. Apalagi jenis dari tanda pengenal ini pun juga ada beragam, tergantung dari tujuan pengadaannya.

Misalnya seperti tanda pengenal yang banyak digunakan oleh para pekerja dari sebuah perusahaan atau bias juga oleh kepanitiaan dari sebuah acara besar, yang mana umumnya tanda pengenal tersebut sengaja dibuat dan berikan kepada para anggotanya karena dianggap memiliki peranan penting, dengan banyak manfaat. Dan adapun manfaat dari adanya sebuah kartu identitas atau tanda pengenal tersebut dalam kehidupan sehari hari, khususnya bagi seorang karyawan perusahaan maupun panitia dari sebuah acara besar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kesan profesional dan percaya diri 

Ketika seorang pekerja atau karyawan melengkapi dirinya dengan sebuah kartu identitas, baik berupa kartu nama maupun tanda pengenal tentu secara tidak langsung hal tersebut dapat menjadikan dirinya tampak memiliki kesan lebih positif, formal dan profesional di mata lawan bicara atau mitra kerjanya. Dimana dengan adanya hal itu, dapat membantu kepercayaan dirinya juga turut serta meningkat, hingga nantinya dapat memberikan dampak baik pada kinerjanya pula.

2. Meningkatkan kepercayaan lawan bicara 

Bukan hanya akan meningkatkan rasa percaya diri pada diri sendiri saja yang bisa dirasakan ketika memiliki sebuah kartu identitas atau tanda pengenal. Karena faktanya ketika mengenakan sebuah tanda pengenal kita pun juga dapat sekaligus meningkatkan rasa percaya lawan bicara pada kita, khususnya dalam hal ini adalah calon mitra kerja. Dimana hal ini tentu akan memberi kemudahan serta keuntungan dalam segi kinerja kita, terlebih bila  sedang terlibat dalam sebuah proyek pekerjaan.

3. Sebagai kartu presensi dan akses 

Selain sebagai aksesoris pendukung yang dapat meningkatkan tampilan formal dan profesional seseorang, siapa sangka bila ditengah kemajuan teknologi saat ini, nyatanya juga telah membuat kegunaan dari sebuah tanda pengenal atau id card  kian bertambah canggih. Dimana saat ini adanya sebuah id card juga dapat dimanfaatkan sebagai kartu akses sekaligus kartu presensi yang aman, mudah dan praktis digunakan. Yang mana hal ini tentu akan sangat membantu keamanan dari suatu perusahaan atau acara tertentu dari pihak pihak yang tidak seharusnya terlibat.

Dan setelah mengetahui tentang apa saja manfaat dari sebuah id card, taukah anda bila sebetulnya dalam keseharian kita, tidak semua tanda pengenal dapat disebut sebagai id card, melainkan ada juga sebagian yang seharusnya disebut dengan nama co card. Lalu sebetulnya apa perbedaan dari id card dan co itu sendiri? Simak ulasan berikut untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis card tersebut:

Perbedaan Co Card dan Id Card: Gini Cara Bedakannya!

Kebanyakan dari kita bila melihat benda berbentuk persegi pipih berukuran cukup kecil dan berisikan sesuatu yang bersangkutan dengan data diri, maka kemungkinan besar dari kita akan langsung berpikiran bila benda tersebut bernama id card bukan? Padahal faktanya belum tentu benda itu betulan bernama id card, melainkan bisa saja justru bernama co card. Yang mana mungkin untuk jenis card satu ini memang masih belum banyak di ketahui orang tentang keberadaan atau ciri cirinya yang membedakan dari id card biasanya.

Walaupun memang bisa dibilang memiliki penyebutan atau istilah yang nyaris serupa, namun taukah anda bila sebetulnya antara id card dan co card sendiri merupakan dua hal yang cukup berbeda? Karena faktanya meskipun sama sama berisikan tentang sesuatu yang menunjukkan data diri atau identitas seseorang dalam suatu lingkungan atau kegiatan, baik id card maupun co card nyatanya memiliki ciri khas masing masing yang dapat dijadikan sebagai patokan mudah untuk membedakan keduanya, yang diantaranya seperti 3 perbedaan co card dan id card berikut ini:

1. Bahan pembuatannya

Perbedaan co card dan id card pertama merupakan pembeda yang bisa dibilang paling kentara dan akan membuat kita langsung menyadari bila card tersebut tergolong dalam id atau co card, yaitu pada jenis bahan pembuatan keduanya. Dimana dalam hal ini id card memiliki jenis bahan pembuatan yang terbilang lebih unggul dibandingkan dengan bahan pembuatan milik co card. Yang mana tentu hal tersebut akan membuat id card dianggap memiliki tampilan yang lebih baik pula ketimbang co card.

Umumnya sebuah benda yang dinamakan atau tergolong sebagai jenis id card, dalam proses pembuatannya akan mengandalkan bahan pembuatan berupa plastik PVC yang memiliki ciri khas lebih kaku, keras, dan sedikit mengkilap. Sedangkan untuk co card sendiri bisanya justru terbuat dari jenis bahan berkarakteristik terbalik dari milik id card, karena bisanya sebuah co card akan terbuat dari bahan kertas ivory yang memiliki ciri khas berupa kedua sisi berbeda tampilan, serta lebih fleksibel.

Namun meskipun memang tidak sekuat atau memiliki permukaan semengkilap bahan PVC milik id card, tetap saja bila dibandingkan dengan jenis kertas lainnya ivory masihlah memiliki keunggulan, dimana umumnya jenis kertas yang memiliki tampilan elegan ini bukan hanya dapat dijadikan sebagai bahan utama pembuatan dari co card saja, melainkan juga jenis barang lain seperti paper bag atau tas souvenir. Oleh sebab itu tidak lah mengherankan bukan bila co card juga kerap dijadikan sebagai alternatif lain dari id card.

2. Ukuran cardnya

Selain dari jenis bahan atau material pembuatannya, perbedaan selanjutnya dari kedua jenis kartu ini juga dapat dilihat dari bagian ukuran yang dimiliki keduanya. Dimana baik id card maupun co card sendiri sebetulnya masing masing sama sama memiliki beberapa variasi ukuran sesuai dengan standar internasional yang barlaku. Yang mana tentu saja setiap ukurannya dari jenis card ini tentu memiliki peruntukan berbeda beda.

Untuk co card sendiri umumnya akan memiliki beberapa variasi ukuran card dan plastik laminating yang berbeda beda, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran B1: Dengan ukuran card 85 x 55 mm dan plastik laminating atau cashing berukuran 100 x 65 mm.
  2. Ukuran B2: Dengan ukuran card 105 x 70 mm dan plastik laminating atau cashing berukuran 1 23 x 80 mm.
  3. Ukuran B3: Dengan ukuran card 122 x 95 mm dan plastik laminating atau cashing berukuran 105 x 85 mm.
  4. Ukuran B4: Dengan ukuran card 155 x 106 mm dan plastik laminating atau cashing berukuran 135 x 95 mm.

Sedangkan untuk jenis id card sendiri umumnya memiliki variasi ukuran yang bisanya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan atau peruntukkannya, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Id Card 000: Memiliki ukuran yang paling kecil, yaitu  sekitar 25 x 15 mm.
  2. Id Card 1: Umumnya memiliki ukuran standar sekitar 85, 60 x 53,98 mm.
  3. Id Card 2: Berukuran sekitar 105 x 70 mm.
  4. Id Card 3: Berukuran paling besar yaitu sekitar 125 x 70 mm

3. Penggunaan

Sebagaimana sudah disebutkan pada poin sebelumnya, bila baik co card maupun id card sendiri sebetulnya sama sama memiliki ukuran beragam, yang mana perbedaan dari ukuran ukuran tersebut nyatanya juga dapat menimbulkan adanya perbedaan lain antara co card dan id card, yaitu berupa adanya perbedaan dalam hal pemanfaatan atau penggunaan kedua jenis card tersebut.

Dimana untuk penggunaan Id card umumnya akan meliputi lebih banyak hal, diantaranya seperti penggunaan jenis card ini sebagai kartu identitas resmi, misalnya seperti KTP, SIM, BPJS, ATM, kartu pelajar/ mahasiswa, hingga kartu karyawan sekaligus kartu akses, dsb. Yang mana biasanya jenis jenis id card tersebut akan disimpan didalam dompet atau dipakai dengan menggunakan lanyard guna mempermudah pemiliknya di saat membutuhkan.

Sedangkan untuk penggunaan dari jenis co card sendiri umumnya akan nampak lebih berbeda, karena bila pada jenis id akan banyak di jumpai pada jenis kartu identitas bersifat pribadi, maka lain halnya dengan jenis co card yang mana biasanya justru banyak digunakan sebagai tanda pengenal yang bersifat komersil atau umum, misalnya seperti pada kartu nama, atau tanda pengenal kepanitiaan. Dimana umumnya akan dipakai dengan cara di gantungkan pada leher menggunakan tali yang disimpulkan pada dua lubang buatan pada card.

Dan itulah dia beberapa perbedaan dari co card dan id card yang dapat sama sama kita simak lebih dulu guna menambah pengetahuan serta wawasan seputar jenis jenis card yang umum kita jumpai atau bahkan gunakan dalam kehidupan sehari hari. Sehingga nantinya diharapkan kita menjadi lebih paham dan tidak lagi melakukan kesalahan dalam mengenali kedua jenis card tersebut.

 

Melihat dari pentingnya sebuah tanda pengenal baik itu berupa id maupun co card dalam suatu gelaran acara atau kegiatan, tentu menjadikan benda tersebut harus disimpan sebaik mungkin dengan menempatkannya di tempat yang sesuai bukan, seperti pada tas misalnya. Namun untuk mendapatkan tas dengan spesifikasi tepat guna menyimpan barang barang krusial, tidak terkecuali tanda pengenal tersebut. Faktanya kini bukan hanya bisa diusahakan dengan mencarinya pada merek merek tas terkenal berharga mahal saja.

Melainkan juga dapat diusahakan dengan mempercayakan kebutuhan tas tersebut pada sebuah jasa pembuatan tas custom seperti Karya Bintang Abadi, yang mana akan membuat tas pesanan anda memiliki kualifikasi dan spesifikasi sesuai dengan yang diharapkan, khususnya bila tas tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan bersifat komersil, diantaranya seperti tas untuk media promosi, souvenir, bingkisan, hingga seminar kit.

Dimana pabrik tas custom ini akan menghadirkan banyak pilihan model serta desain tas kekinian bagi customer yang bisa dibuat secara custom dengan menambahkan berbagai request khusus pada pesanan tasnya, baik itu berkaitan dengan warna, model, ukuran, jenis bahan, komponen pendukung, hingga atribut tambahan yang akan melekat pada tas.

Seluruh pesanan tas yang masuk pun juga dipastikan akan dikerjakan secara langsung oleh tenaga ahli dalam bidangnya di pabrik sendiri dengan menetapkan suatu standarisasi agar seluruh produk tas pesanan dapat selesai cepat dan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan deadline, namun tetap dengan hasil yang bermutu tinggi baik dalam hal detail tampilan hingga kualitas dan daya tahannya.

Bukan hanya itu saja, karena Karya Bintang Abadi juga tidak pernah lupa untuk memberikan pelayanan terbaik pada customer maupun calon customer dengan menjamin kenyamanan dan keamanan proses pemesanan tas custom customer yang didampingi oleh para customer service ramah juga sigap dalam membantu segala kebutuhan terkait pesanan tas sehingga dapat berjalan lancar, mudah dan cepat, baik secara online maupun offline.

Dengan segala paket lengkap dan kemudahan yang ditawarkan oleh Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom terpercaya dan andalan, tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil yang memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp