5 Perbedaan Dinir dan Kanvas Untuk Pembuatan Tas

bagikan artikel ini kepada teman

Tas yang memiliki banyak varian model tentu menjadikan bahan pembuatannya juga beragam. Beberapa jenis bahan tas yang umum digunakan diantaranya ada poliester, cordura, kulit, dinir, kanvas, parasut, dsb. Namun dari beberapa jenis bahan yang sudah disebutkan tersebut, kali ini kita akan membahas 2 diantaranya yaitu dinir dan juga kanvas, tepatnya adalah 5 perbedaan dinir dan kanvas untuk pembuatan tas. Tetapi sebelum masuk dalam pembahasan perbedaan dinir dan kanvas untuk pembuatan tas, tentu ada baiknya bila kita mengenali terlebih dahulu apa itu bahan dinir dan kanvas secara singkat.

Bahan Dinir 

perbedaan dinir dan kanvas

Untuk jenis bahan ini sendiri sebetulnya dapat diartikan juga sebagai kata yang menunjukan sebuah tingkat tebal atau tipisnya serat sebuah kain yang terdapat dalam benang atau filamen. Atau singkatnya bahan dinir merupakan istilah yang di pakai untuk menggambarkan ketebalan dari isian serat sebuah kain.

Maka dari itu, tidak heran bila dinir memiliki beberapa golongan seperti D 300, D 420, D 600, D 1050, D 1680. D 1800 sebagai pembeda spesifikasi dari setiap jenis bahannya. Dari sekian banyak jenis bahan dinir yang ada, hampir keseluruhannya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tas yang beragam. Namun untuk bahan dinir 1680 atau biasa di sebut juga bahan Dolby bisa dibilang merupakan dinir kualitas premium dan paling direkomendasikan sebagai bahan tas.

Bahan Kanvas 

perbedaan dinir dan kanvas

Sedangkan untuk kanvas sendiri bisa diartikan sebagai bahan kain yang memiliki proses pembuatan ditenun dan bila di lihat secara jeli, anyaman yang dimiliki bahan kanvas memiliki pola benang kotak kotak atau bulat. Pola anyaman benang yang dihasilkan pun juga memiliki sifat rapat dan rapi sehingga menghasilkan karakteristik bahan kuat juga tahan lama yang tidak mudah sobek.

Pada awalnya bahan kanvas dibuat menggunakan material linen yang berwarna kecokelatan namun sering berjalannya waktu, kini kanvas banyak juga dibuat menggunakan bahan katun. Peruntukan bahan kanvas pun juga semakin beragam, yang tadinya hanya di manfaatkan sebagai media lukis saat ini sudah berkembang dan banyak diaplikasikan pada pembuatan sepatu, hingga tas.

Setelah mengenal sedikit banyak tentang apa itu bahan dinir maupun kanvas, maka kini saatnya untuk mulai membahas apa saja perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis bahan tersebut sebagai berikut:

5 Perbedaan Dinir dan Kanvas Untuk Pembuatan Tas

Kerap kali dipilih untuk dijadikan bahan tas, nyatanya kedua jenis bahan ini tetap memiliki karakteristik masing masing yang menjadi pembeda keduanya, diantaranya:

1. Daya tahan bahan terhadap air

Dalam mencari sebuah tas tentu ada banyak hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan terutama jenis dan sifat dari bahan yang digunakan untuk pembuatan tas tersebut. Salah satu sifat bahan yang banyak dibutuhkan guna menunjang kinerja tas semakin maksimal adalah waterproof atau kedap air minimal untuk intensitas ringan.

Dalam hal ketahanan terhadap air bahan dinir dinilai lebih baik, dikarenakan hampir semua jenis bahan dinir memiliki sifat kedap air dari yang cukup baik sampai baik. Hal ini dikarenakan bahan dinir sebenarnya masih termasuk dalam golongan bahan poliseter dan tersusun dari material yang menghasilkan sifat kedap air.

Berbeda dengan bahan kanvas yang tidak memiliki sifat waterproof atau kedap air. Hal ini dikarenakan beberapa kanvas memiliki material penyusun berupa bahan katun yang justru bersifat menyerap air sehingga tidak bisa menghalau air dengan baik. Namun kini sudah ada beberapa jenis kanvas yang sengaja dibuat dengan sifat water repellent dalam meskipun dalam intensitas ringan.

2. Ketahanan juga kekuatan bahan

Tas merupakan sebuah alat yang difungsikan sebagai wadah untuk menyimpan atau membawa berbagai barang keperluan saat beraktivitas diluar rumah tentu harus memiliki ketahanan juga kekuatan yang baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Untuk segi kekuatan juga ketahanan bahan, dinir dinilai lebih baik terutama untuk jenis dinir tertentu. Memiliki pola benang yang rapat dan juga fleksible sehingga tidak mudah sobek bila digunakan untuk membawa barang dengan bobot cukup berat. Tidak heran bila bahan dinir kerap dipilih untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam model tas seperti koper, travel bag atau tas ransel.

Sedangkan untuk bahan kanvas sendiri, ketahanan dan kekuatannya juga tidak bisa dibilang buruk meskipun belum sebaik dinir, karena tersusun dari serat cukup rapat dan juga kuat. Namun untuk penggunaannya sendiri bahan kanvas juga lebih sering dimanfaatkan untuk membuat tas dengan model sederhana seperti jinjing atau tote bag karena dirasa lebih pas.

3. Tampilan bahan

Pemilihan bahan yang digunakan untuk membuat suatu tas secara tidak langsung tentu akan mempengaruhi juga hasil akhir dari tas tersebut. Dalam hal ini bila anda lebih menyukai tampilan tas yang simple namun terlihat tangguh ada baiknya untuk memilih tas dengan bahan dinir. Hal ini karena biasanya tas dengan bahan dinir sengaja dibuat polos saja tanpa adanya corak atau motif tambahan dengan permukaan sedikit mengkilap.

Namun bila anda menyukai tampilan tas sederhana terkesan classic atau vintage untuk gaya casual pemilihan tas berbahan kanvas agaknya yang paling pas. Memiliki ciri khas berwarna dasar putih tulang yang netral dan mudah untuk diberikan warna lain maupun corak tambahan.

4. Tekstur bahan

Tekstur bahan juga bisa menjadi penentu apakah tas akan nyaman digunakan atau tidak. Untuk bahan dinir yang memiliki serat kecil, tebal dan juga rapat membuat bahan ini bertekstur halus dan sedikit mengkilap pada permukaannya. Sedangkan untuk bahan kanvas justru memiliki tekstur bahan agak kaku dan juga sedikit kasar karena pola pola yang dihasilkan oleh tenunan benang. Namun dengan tekstur yang dimiliki, kanvas cenderung  terlihat lebih rapi ketika diaplikasikan dalam pembuatan suatu barang, tidak terkecuali tas.

5. Bobot bahan

Saat memilih tas, ada baiknya ketika memperhatikan juga bahan pembuatan dari segi bobotnya, karena digunakan sebagai alat untuk membawa berbagai keperluan, maka pastikan bila bahan dasar pembuatan tas memiliki bobot ringan yang tidak menambah beban saat tas digunakan.

Sebetulnya antara bahan dinir dengan kanvas sama sama memiliki bobot yang ringan, namun untuk bahan dinir sendiri nyatanya memang sedikit lebih unggul untuk masalah ini. Terbuat dari serat benang kecil yang rapat membuat bahan dinir dinilai lebih ringan bila dibandingkan dengan bahan kanvas. Tetapi kembali lagi bobot yang ringan juga tergantung dari jenisnya, mengingat baik dinir maupun kanvas memang masih terbagi dalam beberapa jenis yang disesuaikan dengan tebal bahan juga kerapatan serat.

Itu dia 5 perbedaan dari perbedaan dinir dan kanvas sebagai bahan pembuatan tas yang dapat anda simak dan menjadi pengetahuan tambahan saat memilih tas untuk berbagai kebutuhan aktivitas.

 

Memilih tas untuk dijadikan sebagai media promosi maupun souvenir agaknya memang tepat, mengingat tingginya nilai fungsionalitas yang dimiliki oleh barang tersebut. Namun bila akan digunakan bagi 2 peruntukan tersebut tentunya bukan sembarang tas yang bisa dipilih, tetapi tas dengan ciri khas khusus atau yang dibuat secara custom adalah pilihan terbaik. Dan untuk mendukung hal tersebut pastilah diperlukan adanya jasa pabrik tas custom terpercaya dan berpengalaman yang akan membantu memenuhi kebutuhan tas tersebut.

Salah satu pabrik tas custom yang dapat anda jadikan pilihan sekaligus andalan adalah Karyabintangabadi.id sebagai pabrik tas custom berpengalaman juga unggul. Sudah melayani berbagai client dari seluruh daerah di Indonesia, mulai dari perguruan tinggi, berbagai perusahaan dari sekala kecil hingga besar, kelembagaan juga pemerintahan selama lebih dari 10 tahun. Dengan adanya banyak pengalaman tersebut tentu menjadikan Karyabintangabadi,id mengenal dengan baik apa saja kebutuhan penting yang diinginkan para client untuk tas pesanannya. Dan selalu berusaha menghasilkan produk tas dengan kualitas unggul yang dikerjakan langsung oleh tenaga ahli dipabrik sendiri demi kepuasan para clientnya.

Selain itu Karyabintangabadi.id juga memanjakan para client mau calon clientnya dengan cara pemesanan mudah dan dapat dilakukan secara online dibantu oleh para customer service yang dengan ramah akan menjelaskan berbagai pertanyaan seputar detail produk hingga estimasi harga sampai ke proses pemesanan tas. Adapun produk yang dihasilkan juga selalu dalam kualitas serta mutu terjamin dengan model trendi dan up to date juga harga terjangkau. Jadi bagaimana, sudah siap menjadikan Karyabintangabadi.id sebagai pabrik tas custom terbaik dan andalan?

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!