10 Contoh Tema Seminar Kewirausahaan yang Menarik & Kekinian

Tema seminar kewirausahaan yang menarik

bagikan artikel ini kepada teman

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa topik kewirausahaan adalah salah satu topik yang hangat untuk diperbincangkan dan bisa menarik minat banyak orang. Seminar dengan tema kewirausahaan sering sekali diselenggarakan, dan tidak pernah sepi peminatnya. Hal ini dikarenakan hampir dari semua kalangan tertarik untuk menjadi wirausahawan. Mulai dar mahasiswa, IRT, bahkan karyawan perusahaan yang sudah lelah dengan tekanan dan juga ingin keluar dari zona nyaman dengan cara  berwirausaha.

Meski tidak sedikit yang tertarik dengan entrepreneurship, hal ini tidak menjamin bahwa seminar yang diselenggarakan akan langsung banyak pesertanya. Salah satu kunci menarik minat calon peserta seminar untuk ikut adalah merumuskan tema yang pas, solutif, dan menjawab tantangan era sekarang. Selain itu, dalam memilih tema haruslah tepat dan sesuai dengan karakteristik audiens. Dengan begitu, segala pengetahuan dan praktik yang akan disampaikan di seminar akan membuat audiens lebih paham dan merasa lebih terlibat.

Dewasa ini, perkembangan teknologi berbanding lurus dengan perkembangan bisnis dan kewirausahaan. Sehingga saat ini tema seminar kewirausahaan yang menarik dan kekinian menjadi salah satu yang paling ramai dicari. Hal ini terjadi karena banyak sekali anak muda yang sudah sadar pentingnya wirausaha untuk masa depan yang lebih baik.

Apa saja manfaat mengikuti seminar kewirausahaan?

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan saat mengikuti seminar kewirausahaan. Baik itu yang bisa dirasakan secara langsung, maupun yang butuh proses. Apalagi seminar kewirausahaan yang mengangkat tema menarik dan kekinian serta mengikuti perkembangan zaman. Kami akan membahas beberapa diantaranya, manfaat yang akan didapatkan saat mengikuti seminar kewirausahaan ini.

1. Belajar langsung dengan ahlinya

Acara seminar yang kredibel tentu saja akan mendatangkan seseorang yang ahli dalam bidangnya sebagai narasumber. Narasumber yang didatangkan tentu saja tidak hanya yang ahli dalam teori saja, tapi yang  memang sudah banyak makan asam garam dibidang yang digeluti. Sehingga, ilmu yang akan dibagikan tentu sangat bermanfaat untuk para peserta seminar.

Bukan hanya itu saja, tapi peserta bisa bertanya secara langsung kepada narasumber untuk mendapatkan informasi dan ilmu tambahan. Bertanya langsung kepada narasumber tentu akan mendapatkan ilmu dan informasi yang lebih terpercaya dari pakarnya.

2. Mendapatkan ilmu, informasi, pengalaman, dan inovasi baru

Narasumber dengan kualifikasi terpercaya tentunya akan membagikan ilmu dan informasi yang bermanfaat, yang didapatkan dari pengalamannya. Melalui narasumber ini, kita bisa mendapatkan informasi sekaligus inovasi baru untuk bisnis yang sedang atau akan kita rintis. 

Sesi tanya jawab pada seminar kewirausahaan yang diikuti juga bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin. Jawaban yang diberikan oleh narasumber yang berpengalaman ini tentu bisa memberikan informasi dan ilmu yang bisa kita gunakan membuat inovasi baru untuk bisnis yang akan atau sedang kita rintis.

3. Membangun koneksi dan relasi dengan orang baru

Peserta yang mengikuti seminar kewirausahaan biasanya datang dari berbagai latar belakang pekerjaan dan pendidikan yang berbeda. Apalagi jika seminar ini mengumpulkan leader dari berbagai perusahaan, koneksi baru yang akan kita temukan tentu akan sangat berguna dan menguntungkan untuk kita di kemudian hari.

Bukan hal yang aneh jika seorang pengusaha menjalin relasi dengan pengusaha lain. Apalagi jika bidang bisnis yang dijalankan bisa saling bekerja sama untuk menghasilkan keuntungan yang lebih baik. Selain keuntungan, produk dan inovasi baru juga bisa dihasilkan dari kolaborasi antar pengusaha dan membuat perusahaan akan semakin berkembang ke arah yang positif.

4. Manfaat untuk jangka panjang

Seminar kewirausahaan yang kita ikuti tentu juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan bukan hanya dalam jangka pendek, tapi juga jangka panjang. Tujuan dan manfaat jangka panjang yang bisa didapatkan salah satunya adalah untuk mempersiapkan para pengusaha memperoleh keahlian dibidang tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan yang dijalankan. 

Selain itu, seminar kewirausahaan juga memberikan kita kemampuan dan pengetahuan yang cukup tentang perusahaan yang kita rintis. Sehingga, kita akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada karyawan yang bekerja bersama kita.

10 Contoh Tema Seminar Kewirausahaan Menarik & Kekinian

Pada dasarnya, pemilihan tema yang menarik dan sesuai dengan berkembangan zaman untuk seminar kewirausahaan adalah hal yang paling penting. Dengan tema yang menarik, seminar yang diselenggarakan tentu akan menarik banyak orang untuk menjadi peserta. Kami akan memberikan beberapa pilihan tema seminar tentang kewirausahaan menarik dan kekinian yang bisa dijadikan referensi jika ingin menyelenggarakan seminar kewirausahaan.

1. Dasar-Dasar Menjadi Seorang Wirausahawan

Ratusan Mahasiswa Ikuti Seminar Nasional Kewirausahaan dan Diksar – Universitas Kuningan

Hal pertama yang harus diketahui sebelum menjadi seorang wirausahawan adalah bagaimana memulai sebuah wirausaha dengan mengetahui dasar-dasar berwirausaha terlebih dahulu. Seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Kewirausahaan bisa diartikan dengan mencari masalah yang ada di pasaran, kemudian mencari peluang untuk menciptakan solusi dari masalah yang ada di pasar.

Tema seminar kewirausahaan “Dasar-Dasar Menjadi Seorang Wirausahawan” adalah salah satu yang bisa dipakai. Ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan materi untuk tema seminar ini. Bisa dimulai dengan membahas manfaat berwirausaha, keuntungan dan kelemahan wirausaha, sasaran atau target yang ingin dicapai dengan wirausaha, sampai dengan karakteristik wirausahawan.

Menjadi seorang wirausahawan juga harus memiliki mental yang kuat dan tidak mudah terpengaruh dengan pencapaian orang lain. Hal ini bisa menjadi salah satu poin penting dari tema ini. Kita bisa mengembangkan teori dengan pengalaman narasumber untuk menciptakan materi seminar yang tidak hanya informatif, tapi juga bisa langsung diaplikasikan oleh para peserta seminar.

2. Kunci Sukses Berwirausaha dari Nol

Portal pengembangan karir dan hubungan alumni

Hal penting lainnya yang bisa diangkat menjadi tema seminar kewirausahaan adalah “Kunci Sukses Membuka Usaha dari Nol”. 

Usaha mandiri memang membuat semua keuntungan yang didapatkan jatuh semua kepada pelakunya. Namun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan upaya yang tidak selalu mudah. Hal ini yang membuat orang-orang sudah mundur dahulu bahkan sebelum memulai wirausahanya. 

Modal yang besar, perjuangan yang tidak mudah, hasil yang tidak bisa diprediksi, dan lain sebagainya menjadi satu dari banyaknya penyebab orang tidak berani memulai berwirausaha. Padahal seperti yang diketahui banyak orang, beberapa pemilik usaha yang sudah besar sekarang ini memulai usaha dari tempat yang kecil dengan modal yang terbatas. Bahkan tidak sedikit yang memulai usahanya benar-benar dari nol.

Dari banyaknya materi yang bisa diberikan dari tema ini, tentunya menjadi suatu keuntungan bagi narasumber dan juga panitia untuk menyelenggarakan seminar dengan mengangkat tema tersebut. Selain narasumber yang bisa banyak memberikan informasi dan ilmu dari tema yang diangkat, panitia juga diuntungkan dengan kesempatan bisa membuat acara seminar yang menarik. Dengan tema dan acara yang menarik, otomatis banyak peserta yang akan ikut. Ini juga bisa menjadi peluang untuk menarik minat calon peserta seminar karena kesuksesan seminar yang sebelumnya.

3. Risiko Umum yang Dihadapi Wirausahawan dan Cara Mengatasinya

Sukses Membangun Wirausaha Sejak Mahasiswa | Universitas Gadjah Mada

Terlepas dari kesan sukses dan mewah yang melekat pada seorang wirausahawan, kata wirausaha selalu beriringan dengan risiko. Karena dalam menjalankan sebuah usaha, sudah pasti ada risiko yang harus dihadapi oleh seorang pengusaha. Risiko sendiri memiliki arti yaitu adanya kemungkinan mengalami kerugian atau kegagalan karena tindakan atau peristiwa tertentu. 

Modern ini, topik tentang risiko kewirausahaan sedang banyak diperbincangkan orang-orang. Mulai dari risiko keuangan, risiko pasar, risiko operasional, kondisi ekonomi yang terus berubah, risiko permodalan, hingga kondisi alam yang tidak bisa diprediksi. 

Dari beberapa contoh tema seminar kewirausahaan yang kami rekomendasikan, tema ini adalah salah satu yang terbaik dan paling cocok untuk situasi seseorang yang baru akan memulai berwirausaha. 

Kebanyakan tema kewirausahaan yang sering diangkat sekarang ini lebih menonjolkan hasil yang sudah didapat setelah berusaha bertahun-tahun lamanya. Dengan iming-iming hasil besar, sebagian orang langsung nekad terjun di bidan wirausaha tanpa tahu banyaknya risiko yang akan dihadapi di kemudian hari. Sehingga ketika tersandung masalah atau risiko yang ada, pelaku usaha tidak tahu cara menghadapinya dan berakhir menyerah, tanpa usaha yang maksimal.

Hal ini lah yang ingin dihindari dengan mengangkat tema ini. Agar peserta yang ingin terjun di bidang kewirausahaan paham dan tahu risiko yang akan datang dan tahu bagaimana cara menghadapinya.

4. Membidik Peluang Wirausaha yang Tepat di Generasi Milenial

Tiga Faktor untuk Menjadi Wirausahawan Sukses - ITS News

Modern ini, sudah ada berbagai jenis usaha yang bisa dikembangkan. Namun, bukan berarti semua jenis peluang bisa berkembang dan bertahan dalam waktu yang lama. Karena, peluang usaha bukan hanya masalah ide yang hebat, tapi juga kerja keras dan ketekunan yang akan menentukan kesuksesan usaha seseorang.

Tidak sedikit usaha atau bisnis yang tidak bisa bertahan karena tergerus perkembangan zaman. Ide konsep yang lemah, dan eksekusi serta ketekunan yang kurang menjadi faktor terbesar runtuhnya sebuah usaha. Ide yang hebat juga dibarengi dengan usaha maksimal, dan selalu konsisten, akan menjadi pondasi usaha yang menjanjikan di masa depan.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, sebuah bisnis juga akan memiliki kesempatan untuk terus berkembang dan bertahan. Pemilihan jenis bisnis dan peluang ke depan yang memiliki potensi untuk bertahan dan terus berkembang tentu banyak.

Hal ini yang bisa menjadi konsentrasi dari tema seminar “Membidik Peluang Usaha yang Tepat di Generasi Milenial”. Jenis dan peluang usaha seperti apa yang cocok dan bisa dipilih di era sekarang ini. Jenis usaha memang banyak, tapi tentu tidak semua memiliki peluang yang menjanjikan. Untuk itulah tema ini diangkat. Agar para peserta seminar memiliki pengetahuan serta gambaran untuk memulai atau menjalankan usaha yang dimiliki.

5. Bisnis Wirausaha Kecil yang Menjanjikan

Tiga Faktor untuk Menjadi Wirausahawan Sukses - ITS News

Tidak ada kesuksesan bisnis yang instan. Setiap pelaku bisnis memiliki sesuatu yang harus dikorbankan untuk membangun serta menjalankan bisnisnya. Mulai dari berkorban waktu, tenaga, uang, pikiran, sampai hati, untuk mengembangkan bisnisnya. Walaupun skalanya berbeda, tapi setiap pelaku bisnis memang memiliki masalah dan hambatan yang hampir sama. Tergantung bagaimana cara mengatasi setiap masalah yang dihadapi itu.

Memulai bisnis juga tidak akan bisa langsung besar, kecuali bisnis yang diwariskan. Semua berawal dari bisnis kecil yang akan berkembang sejalan dengan usaha yang dilakukan pemiliknya. Sebuah wirausaha kecil akan bisa menjadi bisnis besar jika wirausahawan mampu mengembangkannya.

Sekarang ini banyak sekali bisnis kecil yang bisa dilakukan untuk memulai menjadi seorang wirausahawan. Dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan ini kita dipaksa untuk belajar bagaimana mengelola dan mengembangkan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar yang ada. Dengan ini, bukan hanya ilmu teori tetapi praktik dan pengalaman akan didapatkan dan bisa digunakan untuk mengembangkan atau memulai bisnis baru yang mempunyai skala lebih besar.

Bagaimana cara memulai bisnis kecil, sampai bisnis kecil apa saja yang bisa dipilih dan menjanjikan prospek kedepannya bisa dipakai untuk tema seminar ini. Narasumber yang dipilih haruslah yang memulai bisnisnya sendiri dari yang awalnya kecil, sampai bisa berkembang agar bisa relate dengan tema dan nyambung dengan peserta seminar. Seminar kewirausahaan ini sangat cocok dipakai untuk peserta yang masih muda dan mengikuti perkembangan kekinian saat ini.

6. Pemanfaatan Kemajuan Teknologi dan Dampaknya Terhadap Kewirausahaan

Jangan Terlewat! Segera Daftar Seminar Nasional Bidang Teknologi | Republika Online

Teknologi informasi adalah salah satu yang mengalami perkembangan dan juga kemajuan paling pesat. Perkembangan teknologi informasi di era modern seperti saat ini, membawa celah positif yang harus kita manfaatkan secara maksimal. Salah satu dampak positif perkembangan teknologi informasi  adalah untuk mempermudah penyebaran informasi. Dengan kemajuan teknologi interaksi antar manusia kini sudah tidak terbatas waktu dan tempat.

Internet sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang baru bisa menjadi salah satu media untuk pertukaran pengetahuan dari seluruh penjuru dunia. Hal ini juga sangat berdampak pada perkembangan kewirausahaan. Untuk melakukan bisnis atau wirausaha kini sudah tidak dibatasi oleh waktu maupun tempat. Karena kita bisa tetap menjalankan bisnis dari mana saja dan kapan saja, berkat perkembangan teknologi yang ada.

Karena begitu pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan banyaknya dampak dan pengaruh terhadap kemajuan industri pada masyarakat maupun perusahaan, baik berupa dampak positif maupun dampak negatif. Hal ini yang bisa dijadikan fokus dari tema yang diambil ini. Bagaimana narasumber membagikan ilmu untuk peserta tentang dampak positif kemajuan teknologi untuk kewirausahaan. Tapi, juga tidak melupakan dampak negatifnya.

Kemajuan teknologi harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan usaha dan bisnis, dengan catatan jangan sampai lupa resiko yang akan dihadapi dan dampaknya. Tema ini akan sangat menarik untuk peserta seminar jika narasumber bisa memberikan contoh langsung dan dikemas secara apik.

7. Membangun Website yang Profesional

Seminar Web Application With Framework CodeIgniter & Internet Marketing With Web

Bagi wirausahawan yang bergerak dibidang jasa maupun produk kekinian, memiliki website berkualitas merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mendesak. Bagaimana tidak, website ini sangat berguna bukan hanya untuk menampilkan informasi jasa atau produk yang ditawarkan, tapi juga dapat digunakan sebagai tempat untuk mempresentasikan proyek atau produk yang pernah dibuat.

Calon customer harus bisa mengakses websitemu dengan mudah. Maka, ketika akan membuat website sebagai portofolio, bukan hanya harus memilih penyedia jasa domain dan hosting terpercaya, tetapi juga memilih tema terbaik dan paling cocok dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Ada banyak sekali tema yang ditawarkan oleh penyedia layanan yang bisa dipilih agar tampilan website terlihat lebih profesional.

Untuk tema seminar kewirausahaan yang ini, narasumber dituntut untuk bisa memberikan contoh langsung bagaimana membangun website agar terlihat lebih profesional untuk para peserta. Karena perkembangan zaman, bukan hanya jenis wirausaha saja yang menjadi kekinian, tapi bentuk promosi juga harus kekinian agar lebih bisa menjangkau semua pihak.

8. Strategi Pemasaran untuk Wirausaha Kekinian

Seminar Nasional "Peran Strategis Pemasaran untuk Unggul dalam Persaingan" di Kampus UPI Y.A.I - Yayasan Administrasi Indonesia

Persaingan dalam dunia bisnis kini semakin ketat. Sekarang ini wirausahawan dituntut untuk bisa mengembangkan usahanya supaya bisa terus ada dan semakin besar. Tapi, ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, buktinya sudah banyak sekali pengusaha yang gulung tikar karena tidak bisa mengembangkan usahanya dan hanya stuck di tempat.

Salah satu persoalan yang paling banyak dihadapi adalah cara memasarkan suatu produk. Jika kita sudah memiliki nama di suatu bidang usaha yang digeluti, tentu akan mudah untuk menawarkan produk baru. Tapi, justru disitu tantangan terbesarnya. Membuat nama kita dikenal adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan.

Dalam tema seminar kewirausahaan ini, harus dijabarkan bagaimana kita bisa membuat suatu produk dikenal banyak orang dengan strategi pemasaran apa yang paling cocok dan efektif untuk dipakai. Selain itu, strategi pemasaran juga harus sesuai dengan jenis bisnis yang kekinian dan mengikuti perkembangan yang ada, jangan sampai tertinggal zaman.

9. Tips dan Trik Menerapkan Digital Marketing pada Sosial Media

Seminar dan Workshop Bisnis Digital Marketing - Indocoach Management

Digital marketing bukan hal baru lagi di kalangan pelaku bisnis. Digital marketing bisa menjadi salah satu solusi dalam menjembatani pemilik bisnis dengan pelanggan. Kegiatan bisnis kini tidak harus dilakukan secara langsung dengan tatap muka, tapi bisa dilakukan secara online atau menggunakan pihak ketiga.

Penerapan digital marketing untuk mengembangkan wirausaha bisa sangat berguna sekarang ini. Ada beberapa kunci yang perlu diperhatikan dalam digital marketing di era yang kegiatan di luar serba dibatasi karena pandemi ini, fokus pada customer service dan customer handling yang baik, serta kampanye brand awareness untuk mengembangkan bisnis agar tidak dilupakan dan akhirnya mati adalah salah satunya.

Sosial media merupakan salah satu media yang paling mudah digunakan untuk digital marketing. Setiap produk atau usaha bisa menggunakan media sosial yang digunakan khusus untuk produk atau bisnis tersebut. Narasumber yang berpengalaman di dunia digital marketing tentu menjadi syarat utama seminar kewirausahaan ini. 

Narasumber yang bukan hanya tahu, tapi juga paham dan mengikuti berbagai perkembangan dalam dunia digital marketing, serta bisa menyampaikan informasi dengan baik agar bisa langsung dipahami peserta seminar tentu sangat diperlukan. Seminar kewirausahaan dengan tema kekinian seperti ini bisa menarik banyak sekali minat peserta untuk mengikutinya.

10. Basic Bussiness Plan

SEBI UMY Adakan Seminar Kewirausahaan dan Workshop Business Plan – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Rencana bisnis adalah hal paling dasar yang harus dibuat oleh setiap wirausahawan sebelum memulai bisnisnya. Rencana bisnis biasanya dibuat dengan bentuk dokumen agar bisa dijadikan pedoman yang bisa dibuka kapan saja. Hal ini dilakukan agar pelaku bisnis mempunyai gambaran dan tujuan yang jelas dan tidak mudah bergeser dan goyah. Terlebih lagi, fakta bahwa perusahaan yang mampu bertahan lama tanpa rencana bisnis sangatlah sedikit. Jadi, membuat rencana bisnis dan berpegang teguh pada rencana tersebut merupakan hal wajib.

Namun sayangnya, wirausahawan baru banyak yang tidak mengetahui pentingnya membuat dan menulis rencana usaha mereka. Hal ini sejatinya menjadi salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan wirausahawan.

Untuk mengedukasi para wirausahawan ini, mengadakan contoh tema seminar kewirausahawan tentang business plan ini merupakan hal yang tepat. Tema ini akan sangat efektif menarik minat wirausahawan yang baru akan merintis, ataupun mereka yang sudah pernah gagal mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Sebagai pihak penyelenggara seminar, selain mengundang narasumber yang ahli di bidangnya, menyajikan materi yang menarik dan juga memastikan acara berjalan dengan baik. Ada lagi hal yang bisa dilakukan untuk membuat para peserta semakin semangat dalam mengikuti seminar, yaitu dengan membagikan souvenir menarik atau seminar kit. Souvenir yang dibagikan  pada saat seminar juga menjadi salah satu media promosi yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Maka dari itu, souvenir untuk seminar tidak bisa asal pilih, karena berkaitan juga dengan peningkatan brand awareness agar peluang bisnis semakin besar.

Tas adalah salah satu bentuk souvenir seminar karena memiliki nilai fungsionalitas tinggi dengan kualitas baik namun harga terjangkau. Maka dari itu di perlukan konveksi tas custom yang berpengalaman juga terpercaya untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Dan Karya Bintang Abadi adalah jawabannya, menawarkan berbagai macam paket tas seminar kit dengan beragam model yang trendi serta berkualitas. Sudah banyak client yang mempercayakan segala kebutuhan seminar kitnya pada Karyabintangabadi.id. Mulai dari perguruan tinggi, perusahaan kecil sampai besar, lembaga, pemerintahan, dsb dari seluruh wilayah di Indonesia.

Menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan bagi calon client, beragam pilihan model tas yang dapat di cek pada katalog produk, tas dengan bahan berkualitas dan juga detail jahitan rapi, harga terjangkau serta pengerjaan cepat. Selain itu Karyabintangabadi.id juga melayani pemesanan tas dari seluruh wilayah di Indonesia dengan cara pemesanan mudah dan dapat di lakukan secara online. Segera hubungi customer service yang dengan sigap akan membantu segala kebutuhan anda seputar tas, mulai dari menjelaskan detail produk, estimasi harga sampai dengan saat melakukan pemesanan.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas yang akan membuat anda semakin up to date. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!