fbpx

Inilah Perbedaan Seminar dan Webinar Yang Jarang Diketahui!

perbedaan seminar dan webinar

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum kita mulai masuk dalam pembahasan tentang perbedaan dari seminar dan webinar secara lebih jauh, agaknya penting bagi kita untuk memahami terlebih dahulu terkait pengertian keduanya. Dimana sebetulnya dapat dikatakan jika baik seminar maupun webinar secara tidak langsung merupakan dua tipe kegiatan pelatihan yang terbilang sama namun di selenggarakan dengan cara cukup berbeda. Yang mana tentunya hal tersebut pun tidak terlepas dari adanya seminar maupun webinar sendiri yang diketahui memiliki pengertian sebagai berikut ini:

Seminar adalah suatu kegiatan atau pertemuan dimana didalamnya akan terdiri dari sekelompok orang yang berkumpul untuk membahas topik tertentu, baik itu berkaitan dengan dunia pendidikan, pelatihan, diskusi ilmiah, atau berbagai informasi mengenai suatu bidang pengetahuan hingga industri tertentu. Oleh sebab itu dalam sebuah seminar umumnya akan dijumpai satu atau beberapa orang yang berperan sebagai pembicara dan diketahui memiliki keahlian juga pengetahuan mendalam terkait topik pembahasan.

Dan mengingat jika tujuan utama dari diadakannya seminar memang adalah untuk memfasilitasi pertukaran gagasan, pengetahuan, dan informasi antara para sesama peserta yang hadir atau dengan para ahli. Maka umumnya pada sebuah seminar, para pembicara akan memberikan pengajaran melalui sebuah presentasi yang sudah disusun sebelumnya berdasarkan analisis, studi kasus, atau penelitian terkini. Juga seringkali melibatkan adanya sesi tanya jawab atau diskusi interaktif di antara peserta dan pembicara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam

Dimana adapun ciri khas dari sebuah seminar yang pada akhirnya membedakannya dari webinar adalah seminar yang biasanya akan berlangsung di sebuah ruang konferensi, aula, atau tempat khusus lainnya yang dirasa dapat menampung sejumlah peserta dan diadakan dalam suasana formal maupun santai dengan rentang waktu yang bervariasi, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari tergantung pada kompleksitas topik yang dibahas dan agenda acara yang telah disusun oleh pihak penyelenggara.

Sedangkan untuk pengertian dari webinar dalam hal ini sebetulnya tidaklah jauh berbeda dari seminar, karena kepanjangan dari webinar adalah “web seminar”. Sehingga dapat dijelaskan secara singkat jika yang dimaksud dengan webinar ini merupakan suatu acara atau pertemuan yang dilakukan secara daring atau online melalui internet untuk membahas sebuah topik penting terkait pendidikan, pelatihan, presentasi, atau bahkan juga diskusi mengenai topik tertentu, dan dapat diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah.

Yang mana karena seluruh pembicara atau panelis yang memimpin sesi akan menggunakan platform online untuk berhubungan dengan para peserta, maka tidak mengherankan bukan jika pada akhirnya hal tersebut membuat webinar menjadi begitu populer. Karena pada era saat ini cara tersebut memang dianggap lebih fleksibel dalam memberikan dan menghadiri presentasi, pelatihan, atau diskusi tanpa perlu hadir secara fisik di lokasi acara. Sehingga dinilai dapat meningkatkan aksesibilitas serta memfasilitasi pertukaran informasi antara pembicara dan peserta dari seluruh dunia secara lebih mudah.

Inilah Perbedaan Seminar dan Webinar Yang Jarang Diketahui!

Namun sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, yaitu meskipun merupakan dua jenis acara dengan tujuan dan cara kerja serupa, tetapi dikarenakan adanya perbedaan dalam bagian penyelenggaraan maka tidak dapat dipungkiri jika hal tersebut membuat seminar dan webinar memiliki beberapa perbedaan cukup signifikan. Dan adapun beberapa perbedaan dari seminar dan webinar yang agaknya masih jarang di ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lokasi dan Format

Perbedaan antara seminar dan webinar yang pertama adalah dari segi lokasi dan format, dimana umumnya hal ini akan melibatkan karakteristik tempat di mana acara tersebut diadakan dan bagaimana cara penyampaian informasi tersebut dilakukan kepada para peserta. Karena biasanya untuk jenis acara seminar akan diadakan secara langsung di sebuah lokasi tertentu, misalnya seperti ruang konferensi, aula, hotel, atau tempat khusus lainnya dan harus dihadiri secara langsung oleh peserta. Sedangkan webinar biasanya akan diadakan secara daring atau online melalui internet. Sehingga peserta dapat mengakses webinar dari mana saja menggunakan koneksi internet.

Sedangkan untuk dari segi formatnya sendiri, umumnya pada sebuah seminar kita akan lebih sering menjumpai adanya penggunaan peralatan lebih kompleks, misalnya seperti layar proyeksi, mikrofon, hingga papan tulis, sebagai alat untuk presentasi atau menyampaikan materi kepada peserta secara langsung. Namun lain halnya pada jenis acara webinar yang biasanya sudah menggunakan teknologi online, seperti platform konferensi video, perangkat lunak presentasi, fitur live chat, dan fitur interaktif lainnya, untuk menyampaikan materi kepada peserta secara virtual.

2. Interaksi dan Keterlibatan Peserta

Selain dari segi lokasi dan format, interaksi atau keterlibatan peserta acara pun agaknya juga bisa dijadikan sebagai perbedaan antara seminar dan webinar selanjutnya. Dimana dapat dikatakan jika dalam seminar biasanya para peserta bisa memiliki kesempatan lebih untuk berinteraksi secara langsung dan fisik, atau dalam kata lain mereka dapat berkomunikasi secara tatap muka dengan pembicara maupun sesama peserta. Sehingga adanya hal tersebut pun akan memungkinkan para peserta dapat membangun jaringan atau koneksi pribadi secara lebih mudah dan mendalam.

Sedangkan untuk webinar bisa dibilang jika dibandingkan dengan seminar dari segi interaksi atau keterlibatan peserta memang cenderung memiliki tingkat interaksi yang lebih terbatas. Meskipun pada acara sejenis webinar kini sudah terdapat banyak fitur pendukung untuk sesi tanya jawab. Namun tetap saja, interaksi peserta biasanya tidak akan seaktif dalam seminar karena peserta tidak berada dalam satu lingkungan fisik yang sama. Sehingga secara tidak langsung membuat jaringan atau koneksi antar pribadi menjadi kurang maksimal.

3. Penggunaan Teknologi

Untuk perbedaan seminar dan webinar kali ini agaknya bisa dibilang cukup signifikan, dimana perbedaan kali ini berkaitan dengan penggunaan teknologi dua jenis acara tersebut. Yang mana pada seminar umumnya masih dijumpai adanya penggunaan teknologi konvensional seperti proyektor, layar proyeksi, mikrofon, dan alat bantu presentasi fisik seperti slide PowerPoint, papan tulis, atau demonstrasi langsung di hadapan peserta untuk menyampaikan topik pembahasan kepada para peserta.

Namun lain halnya pada webinar yang dinilai memiliki perkembangan teknologi lebih maju karena sepenuhnya mengandalkan teknologi daring. Mengingat jika acara ini pun diadakan secara online melalui platform khusus webinar yang memungkinkan penyiaran video secara langsung kepada peserta yang terhubung melalui internet,  seperti Zoom, GoToWebinar, atau platform serupa yang memang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti berbagi layar, fitur tanya jawab, chat, dan interaksi online lainnya.

4. Aksesibilitas

Perbedaan antara seminar dan webinar selanjutnya terletak dari segi aksesibilitas. Yang mana aksesibilitas pada seminar biasanya akan dinilai sedikit lebih sulit karena para peserta harus hadir secara langsung di tempat acara, seperti ruang konferensi, aula, atau tempat khusus lainnya yang telah ditentukan. Dimana ini berarti mereka harus mempertimbangkan faktor perjalanan, waktu, dan lokasi untuk menghadiri seminar tersebut yang secara tidak langsung kerap kali membuat para peserta menjadi cukup kesulitan untuk menghadiri suatu acara seminar dikarenakan adanya beberapa kendala dalam perjalanannya.

Tetapi hal berbeda agaknya di jumpai pada sebuah acara yang mengusung konsep webinar, dimana untuk acara jenis ini dianggap memiliki aksesibilitas yang lebih luas. karena umumnya para peserta dapat menghadiri acara seminar dari mana saja asalkan mereka memiliki akses internet juga perangkat seperti komputer, tablet, atau ponsel, tanpa harus hadir secara fisik di lokasi tertentu. Sehingga faktor lokasi tidak lagi menjadi halangan karena para peserta dapat menghadiri webinar dari berbagai belahan dunia tanpa perlu melakukan perjalanan.

5. Biaya

Selain beberapa hal di atas, adapun perbedaan seminar dan webinar selanjutnya sekaligus menjadi yang terakhir adalah dari segi biaya juga efisiensi. Dimana dalam hal ini bisa dikatakan jika seminar biasanya memiliki perhitungan biaya lebih tinggi, karena umumnya pihak penyelenggara diharuskan untuk mempersiapkan berbagai jenis kebutuhan fisik acara, misalnya seperti akomodasi, lokasi, konsumsi, bahkan ada beberapa hingga bagian transportasi pula.

Sedangkan pada jenis acara webinar justru akan dijumpai adanya perhitungan biaya lebih rendah, karena untuk cara webinar ini umumnya pihak penyelenggara tidak diharuskan untuk menanggung biaya perjalanan atau akomodasi. Mengingat para peserta dapat mengikuti acara dari mana saja dengan koneksi internet, sehingga tentu saja hal tersebut sangatlah mengurangi biaya yang terkait dengan kehadiran fisik dan membuatnya dianggap lebih hemat biaya serta efisien, baik dari sisi penyelenggara maupun peserta.

Nah, itu dia beberapa perbedaan seminar dan webinar yang bisa disimak sebagai bahan pertimbangan akan menggunakan cara penyelenggaraan atau mengikuti acara seminar yang seperti apa. Namun yang jelas persiapan untuk mengadakan seminar dan webinar umumnya masih melibatkan beberapa langkah penting yang sama untuk memastikan kelancaran. Dan adapun beberapa hal yang setidaknya harus dipersiapkan untuk menyelenggarakan kedua jenis acara tersebut, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penyusunan Rencana Acara  dengan Baik: Saat akan mengadakan sebuah gelaran acara sejenis seminar atau webinar ada baiknya untuk selalu menentukan terlebih dahulu tujuan seminar, topik yang akan dibahas, jadwal acara, dan siapa saja yang akan menjadi pembicara atau panelis agar nantinya susunan acara menjadi jelas dan dapat berjalan sistematis.

2. Pendaftaran dan Promosi: Agar nantinya acara seminar maupun webinar dapat di ikuti oleh banyak pihak dan memiliki antusias tinggi, jangan lupa pula untuk membuat sistem pendaftaran bagi peserta dan promosikan acara melalui berbagai saluran, seperti email, media sosial, situs web, atau bahkan brosur cetak.

3. Persiapan Materi dan Pembicara: Karena umumnya sebuah acara seminar atau webinar akan menjadi media belajar, berlatih dan berbagi pengalaman, maka ada baiknya untuk selalu memastikan pula jika para pembicara yang ditunjuk untuk mengisi materi memang sudah memiliki pengetahuan memadai, materi presentasi yang siap, dan persiapan matang lainnya sehingga dapat menyampaikan materi dengan baik.

4. Fasilitas dan Perlengkapan: Untuk mendukung keberlangsungan acara seminar maupun webinar, hendaknya sebagai pihak penyelenggara kita juga diharuskan untuk mampu mempersiapkan semua perlengkapan yang nantinya akan dibutuhkan, mulai dari peralatan presentasi, meja, kursi, materi promosi, cek listrik, dll agar keseluruhan acara dapat berjalan lancar dan semestinya.

Dan demikianlah beberapa perbedaan seminar dan webinar yang dapat disimak beserta beberapa informasi tambahan terkait apa saja yang perlu dipersiapkan dalam penyelenggaraan sebuah seminar atau webinar agar nantinya acara tersebut dapat berjalan dengan baik juga lancar.

 

Jika membahas tentang seminar ataupun webinar, agaknya tidak akan jauh dari yang namanya seminar kit pula bukan. Dimana bisa dibilang jika seminar kit dalam hal ini pun merupakan salah satu hal yang memegang peran penting dan dapat menentukan sebuah acara seminar atau webinar dapat berjalan dengan baik serta penuh antusias. Namun tentu saja untuk mewujudkan hal tersebut, sebagai pihak penyelenggara acara kita diharuskan untuk dapat mempersiapkan seminar kit sebaik mungkin. Contohnya seperti menggunakan tas custom buatan Karya Bintang Abadi. 

Tetapi kenapa harus Karya Bintang Abadi? Tentu saja harus, karena sebagai salah satu pabrik tas custom terbaik juga terpercaya, Karya Bintang Abadi yang sudah lebih dari 10 tahun malang melintang dalam bidang jasa pembuatan tas custom andalan diketahui sudah dikenal luas memiliki detail tampilan produk tas terbaik, kualitas dan kuantitas terjamin, proses pengerjaan cepat, hingga harga bersaing. Sehingga dijamin setiap customer yang mempercayakan kebutuhan tas customnya akan mendapatkan tas sesuai dengan keinginan serta kebutuhan yang diharapkan, baik dari segi tampilan, kualitas maupun harganya.

Terlebih sebagai pabrik tas custom berpengalaman, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui selalu memiliki pelayanan terbaik melalui proses pemesanan aman karena sudah berlegalitas, juga cara pemesanan cepat dan mudah yang didampingi secara langsung oleh  para customer service ramah juga tanggap, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera percayakan kebutuhan tas custom anda pada jasa pembuatan tas custom ini dengan segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan tas custom dengan hasil maksimal serta memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami dan jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik juga up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp