PR Package Merupakan Strategi Promosi, Berikut Keuntungan & Tipsnya

pengertian PR package

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang rencana penjualan, tentu kita semua setuju bukan jika adanya strategi promosi yang matang umumnya memang merupakan bagian krusial dan fundamental dari keseluruhan alur proses pemasaran yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh suatu bidang usaha. Dan diantara sejumlah cara atau jenis strategi promosi yang paling umum digunakan, bisa dibilang PR package memang adalah salah satunya. Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang pengertian PR package, dalam hal ini kita akan lebih dulu membahas tentang apa itu strategi promosi.

Dimana dapat diketahui, jika secara spesifik sendiri umumnya strategi promosi ini hendaknya memang merupakan salah satu bagian penting dari empat elemen utama dalam konsep pemasaran atau kerap juga dikenal dengan istilah “Marketing Mix”, yang biasanya diketahui terdiri dari produk (berkaitan dengan barang atau jasa yang ditawarkan), harga (berkaitan dengan nilai uang yang harus dibayarkan konsumen), lokasi (berkaitan dengan dimana dan bagaimana produk atau jasa tersedia bagi konsumen), dan yang terakhir tentu saja adalah promosi, dimana strategi promosi termasuk ke dalam bagian ini.

Karena secara garis besar dapat diketahui jika promosi sendiri pada dasarnya memang berkaitan dengan segala aktivitas yang dimaksudkan untuk mengkomunikasikan manfaat produk, guna membujuk dan memancing target pasar supaya mau membeli serta menggunakan barang maupun jasa yang sediakan. Oleh sebab itu, untuk memastikan tujuannya tersebut dapat terlaksana dengan optimal, tentu sudah barang pasti jika dalam urusan promosi ini hendaknya seorang pelaku usaha maupun perusahaan berskala kecil, menegah, hingga besar membutuhkan adanya strategi promosi yang matang.

Yang mana, dalam perkara promosi ini sendiri dapat diketahui jika terdapat banyak elemen pendukung pula didalamnya, katakan saja seperti iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), pemasaran digital (digital marekting), dan tentu saja hubungan masyarakat (public relation/ PR). Dan sebagai sebuah rencana yang umumnya dibuat secara terstruktur dan terpadu oleh suatu perusahaan, tentu sudah barang pasti jika adanya beberapa strategi promosi tersebut hendaknya memang memiliki tujuan yang khusus.

Mengingat, sebagai salah satu cara sistematis yang dipakai untuk membantu mengkomunikasikan nilai produk kepada calon konsumen. Dalam hal ini dapat diketahui secara jelas jika tujuan utama serta khusus dari penggunaan strategi promosi hendaknya memang bukan hanya untuk mengumumkan atau memperkenalkan produk dan jasa saja. Melainkan memiliki beberapa tujuan utama pula, katakan saja seperti untuk membantu meningkatkan brand awareness, membujuk atau persuade, reminding brand atau brand recall, dan yang paling utama tentu saja adalah untuk meningkatkan penjualan.

Sehingga wajar saja bukan jika pada pelaksanaannya, suatu strategi promosi yang baik dan matang umumnya akan menggunakan sejumlah kombinasi dari beberapa jenis model promosi sebagaimana sudah disinggung sebelumnya. Tetapi yang jelas, diantara sejumlah elemen atau model strategi promosi yang umum digunakan, bisa dibilang mempertimbangkan PR package dengan baik memang adalah salah satu keputusan yang relevan, terutama pada era modern dan digitalisasi seperti saat ini. Dan adapun beberapa keuntungan beserta tips pelaksanaan PR package ini sendiri adalah sebagai berikut:

 Berikut Keuntungan dan Tips PR Package

pengertian PR package

Diantara sejumlah elemen atau model strategi promosi yang biasa digunakan, katakan saja seperti iklan atau advertising yang umumnya merupakan jenis komunikasi non personal dan berbayar, melalui media masa untuk menjangkau audiens dengan lebih luas (Facebook dan Google Ads). Sales Promotion atau promosi penjualan yang biasanya dianggap sebagai insentif jangka pendek dan dirancang hanya untuk mendorong pembelian segara (Diskon, flash sale). Personal Selling atau penjualan pribadi yang biasanya membutuhkan interaksi tatap muka (penjualan door to door atau demonstrasi).

Pemasaran langsung atau direct marketing yang umumnya juga akan mengandalkan komunikasi langsung dengan target konsumen, namun secara individual demi mendapatkan respon dan transaksi segera (katalog, telemarekting). Pemasaran digital atau digital marketing, yaitu promosi menggunakan platform digital sebagai medianya (SEO, konten marketing, promo marketplace). Dan yang terakhir sekaligus paling utama adalah hubungan masyarakat atau public relation, yang biasanya dipakai sebagai upaya membangun hubungan dan reputasi baik juga loyal dengan publik (CSR, sponsor, bingkisan).

Pengertian PR Package

Sebagai topik pembahasan utama, secara garis besar sebetulnya dapat diketahui jika di dalam elemen strategi promosi, spesifiknya pada perkara hubungan masyarakat atau pubic relation, hendaknya terdapat salah satu bagian yang umumnya juga selalu melekat dengan tindakan atau urusan terkait PR tersebut, yaitu PR package. Yang mana, dalam hal ini sendiri dapat diketahui jika peran atau pengertian PR package pada perkara ini sebenarnya menjelaskan tentang sebuah strategi hubungan masyarakat yang berfokus pada pemberian nilai positif serta pengalaman eksklusif kepada pihak berpengaruh.

Dimana, pemberian nilai dan pengalaman tersebut pun tentu saja diterjemahkan sebagai promosi tidak langsung dan kerap kali disebut dengan istilah PR box atau Influencer Kit. Maka dari itu, secara garis besar pengertian PR package ini pun umumnya juga dapat didefinisikan sebagai sebuah kiriman produk yang dilakukan oleh suatu brand dan dikurasi atau dipilih dan disiapkan secara khusus dengan kemasan menarik, untuk kemudian dikirimkan kepada sejumlah orang yang dianggap memiliki pengaruh di mata publik, dan secara tidak langsung dapat memberikan eksposur bagi brand tersebut.

Yang mana didasarkan dari pernyataan tersebut lah, wajar saja bukan jika penerima PR package ini biasanya akan terdiri dari orang orang pilihan dan dipilih secara strategis, katakan saja seperti para influencer atau konten kreator yang memiliki banyak pengikut di sosial media dan dinilai dapat mempengaruhi keputusan pembelian audiens, bloger atau reviewer yang aktif memberikan ulasan mendalam tentang suatu produk pada platform mereka, hingga mitra bisnis atau pelanggan setia yang dimaksudkan untuk membangun loyalitas dan bentuk apresiasi atas kerjasama yang sudah berlangsung.

Keuntungan PR Package

Karena dikenal memiliki tujuan utama untuk menciptakan publisitas organik, mendapatkan ulasan  kredibel, menciptakan buzz dan hype, hingga menjalin serta menguatkan relasi. Tentu sudah barang pasti jika pengertian PR package yang sudah dijelaskan sebelumnya hendaknya memang mengandung sejumlah keuntungan ketika secara sengaja diadakan dipersiapkan dengan matang. Dimana adapun beberapa keuntungan yang diketahui akan didapatkan oleh suatu brand ketika menerapkan strategi promosi dalam konteks publik relation ini, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Meningkatkan Brand Awareness dan Eksposur Brand

Keuntungan pertama yang akan dimiliki oleh suatu brand jika menerapkan strategi promosi berupa PR package ini adalah meningkatnya brand awareness dan eksposur brand. Dimana dapat diketahui jika keberadaan dari PR package ini sering kali memang akan mengkonversi produk fisik menjadi konten digital yang kredibel, serta menciptakan efek viral melalui jaringan influencer yang luas. Oleh sebab itu, pada penerapannya ada baiknya untuk memilih orang orang yang memang memiliki pengaruh dan basis pengikut besar juga loyal, guna memastikan kualitas eksposur dalam menjangkau calon konsumen.

Apalagi dalam hal ini dapat diketahui pula jika dalam strategi pemasaran, rekomendasi dari pihak ketiga yang memiliki pengaruh atau pamor biasanya memang jauh lebih dipercaya oleh konsumen. Sehingga peningkatan kesadaran merek yang didorong oleh word of mouth digital ini hendaknya dapat dikatakan memang tidak hanya sebatas tentang pengenalan merek saja, tetapi juga merupakan langkah kritis menuju keputusan pembelian, yang dihasilkan dari visibilitas konten PR package, dan membuat  eksposur merek menjadi investasi jangka panjang, bukan sekadar campaign singkat saja.

Menciptakan Citra Merek yang Eksklusif dan Personal

Dinilai dapat menciptakan citra merek yang eksklusif dan juga personal bisa dibilang juga merupakan keuntungan selanjutnya yang diketahui akan didapatkan dari menerapkan strategi promosi berupa pengadaan PR package. Karena tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari adanya PR package ini umumnya memang dinilai dapat mengubah transaksi sederhana menjadi sebuah pengalaman personal brand buliding yang efisien, dikarenakan pengadaan PR package yang dalam hal ini menjadikannya berhasil untuk mengkomunikasikan jika brand mereka memang istimewa dan sangat memperhatikan detail juga relasionalitas, yang kemudian secara tidak langsung akan menaikkan persepsi publik serta membentuk citra merek yang terkesan eksklusif serta personal.

Memperoleh Umpan Balik Produk yang Otentik

Dengan melakukan pengadaan atau mengirimkan PR package kepada beberapa orang pilihan, hal tersebut bisa dibilang juga merupakan salah satu cara cerdas untuk membiarkan pasar yang berpengaruh menguji produk dan memberikan kritik membangun yang tidak bias atau bisa juga disebut dengan istilah umpan balik produk yang otentik. Dimana dapat diketahui, jika mendapatkan umpan balik yang otentik ini sendiri hendaknya adalah  sesuatu yang sulit didapatkan dari endorsement berbayar, karena tujuan adanya mereka memang adalah untuk mempromosikan, bukan mengkritik.

Oleh sebab itu, bagi brand brand yang dalam hal ini sedang dalam proyek menganalisis produk baru dan ingin melakukan pengujian bagaimana kualitas produk yang dihasilkan dapat diterima, maka menggunakan cara PR package yang dibagikan kepada pihak pihak tertentu tanpa tujuan eksposur memang bisa dijadikan sebagai pilihan. Apalagi dalam hal ini sifat dasar dari PR package sendiri pun sebetulnya juga adalah hadiah tanpa ikatan finansial atau kewajiban untuk membuat posting, sehingga penerima bis memberikan pengalaman nyata mereka saat menggunakan produk.

Tips Pengadaan PR Package

Menjadi salah satu dari bagian strategi promosi yang efektif untuk mendukung eksposur brand dari segi konteks public relation, bisa dibilang memang menjadikan pengadaan PR package yang baik hendaknya didasarkan oleh beberapa ketentuan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika kegagalan dalam pengadaan PR Package, hendaknya memang malah dapat menyebabkan pemborosan biaya, hilangnya peluang untuk publisitas, dan bahkan merusak citra merek. Oleh sebab itu untuk memastikan hal hal tersebut tidak terjadi, tentu terdapat sejumlah hal yang wajib untuk disimak, atau bahkan diterapkan.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja dikarenakan  pengadaan PR Package yang baik dan efektif ini hendaknya memang dimaksudkan untuk memaksimalkan peluang PR Package, menghasilkan eksposur yang luas dan membangun hubungan yang kuat dengan para Key Opinion Leaders. Sehingga karena memerlukan perencanaan yang matang dan bukan hanya sekadar perkara mengirimkan produk saja, maka berikut ini adalah beberapa tips kunci untuk memastikan PR Package sukses dan sungguhan bisa menghasilkan buzz yang diinginkan:

Tentukan Tujuan Pengadaan

pengertian PR package

Hal pertama dan utama ketika berencana untuk mengadakan PR package sebagai bagian dari strategi promosi adalah menentukan tujuan pengadaan terlebih dahulu. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dalam proses pengadaan PR Package ini, perkara menentukan tujuan pengadaan bisa dibilang memang adalah langkah pertama dan paling krusial, bahkan bisa dikatakan juga merupakan kompas strategis yang akan membantu memastikan setiap rupiah yang dikeluarkan, setiap produk yang dimasukkan, dan setiap nama yang dipilih betulan dapat bekerja secara sinergis untuk mencapai sasaran bisnis spesifik.

Oleh sebab itu, pada saat merencanakan akan menggunakan PR package sebagai bagian dari strategi promosi, ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu tujuan pengadaan paket tersebut, baik itu sebagai pengenalan produk baru saja, untuk mendapatkan review yang otentik saja, atau sebagai alat strategis meningkatkan penjualan sebagai dasar pengambilan keputusan yang taktis, sekaligus untuk memastikan jika anggaran serta sumber daya yang dikeluarkan nantinya memang dapat berfungsi secara maksimal, tanpa ada hal yang terkesan sia sia dilakukan.

Lakukan Riset Untuk Menentukan Target PR

Melakukan riset untuk menentukan target PR atau penerima package bisa dibilang juga menjadi tipe selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dimana dapat dikatakan jika perkara melakukan riset ini pada dasarnya juga merupakan salah satu langkah yang paling krusial dan merupakan pondasi dari keberhasilan seluruh strategi PR Package. Karena tidak dapat dipungkiri jika melakukan riset target PR ini sebetulnya secara tidak langsung juga adalah proses penargetan audiens melalui media dan influencer yang akan memengaruhi mereka.

Oleh sebab itu, didasarkan oleh alasan tersebut maka wajar saja bukan jika melakukan riset secara seksama ini nantinya dinilai bisa membantu memastikan bahwa produk, pesan, dan investasi mendarat pada saluran yang tepat, dan pada akhirnya dapat betulan menghasilkan eksposur yang maksimal dan kredibel. Dimana untuk memastikan jika penargetan dilakukan dengan baik, ada baiknya untuk  memastikan bahwa produk yang dikirimkan relevan dengan niche atau minat utama dari Key Opinion Leader, karena KOL cenderung akan bersemangat pada produk yang benar benar mereka sukai.

Lakukan Kurasi Produk dengan Bijak

pengertian PR package

Supaya bisa mendapatkan hasil engagement yang optimal, dalam hal ini sebagai pelaku usaha yang menerapkan pengadaan PR package sebagai bagian dari strategi pemasaran, umumnya pada persiapan paket PR ini kita akan diharuskan pula untuk melakukan yang namanya kurasi produk. Dimana pengakurasian produk yang dilakukan secara bijak, tentu nantinya dapat lebih memastikan peran PR Package sebagai salah satu alat komunikasi dapat sungguhan berperan aktif serta efektif, bukan hanya sekadar kotak berisi barang acak yang tidak relevan dengan tujuan pengadaan.

Dan sebagai salah satu tindakan yang dikenal memiliki peranan krusial karena secara langsung akan memengaruhi keberhasilan kampanye dan hubungan dengan penerima, tentu sudah barang pasti jika pengakurasian produk PR package ini bukan hanya sekadar perkara memilih produk yang paling mahal atau paling baru saja, melainkan juga tentang bagaimana memilih produk yang paling tepat dan relevan, supaya selain bisa direview guna mendapatkan eksposur brand, peroduk yang dikirimkan tersebut dapat sungguhan dimanfaatkan pula oleh penerimanya, sehingga tidak berakhir sia sia.

Sertakan Informasi Produk dengan Jelas

Selain harus mengakurasi produk dengan baik dan tepat supaya tidak berakhir sia sia, hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan saat mempersiapkan pengadaan PR package adalah menyertai produk produk tersebut dengan informasi yang jelas. Karena tidak dapat dipungkiri jika perkara menyertakan informasi produk yang jelas dalam PR Package ini sebetulnya adalah tindakan profesionalisme dan strategis yang bertujuan untuk mengoptimalkan hasil promosi dengan membuat proses pembuatan konten menjadi mudah, akurat, dan sesuai dengan tujuan pemasaran.

Oleh sebab itu, didasarkan dari alasan tersebut tentu wajar saja bukan jika perkara ini pun kemudian dianggap sebagai keharusan yang dilakukan, dan dianggap sebagai salah satu tips paling fundamental dan strategis dalam memaksimalkan peranan PR package sebagai jembatan antara pemberian hadiah dan penciptaan konten promosi yang efektif. Selain itu, keberadaan dari adanya informasi produk yang jelas pun umumnya juga akan memastikan influencer menyoroti keunggulan unik produk, bukan hanya sekadar fitur umum, sekaligus juga memastikan bahwa klaim yang disampaikan sesuai dengan klaim resmi perusahaan

Perhatikan Spesifikasi dan Visualisasi Package

Dianggap juga sebagai elemen yang sangat penting pula dalam rangkaian persiapan PR package, dalam hal ini dapat diketahui jika memperhatikan spesifikasi serta visualisasi package hendaknya juga merupakan bagian taktis dan langkah strategis untuk mengubah PR Package dari tadinya hanya sekadar pengiriman produk sebagai alat pemasaran saja, menjadi memiliki kemampuan untuk menciptakan story dan visual impact yang dibutuhkan di platform digital, dan biasa dikenal sebagai investasi kecil  yang akan menghasilkan Return on Investment besar dalam bentuk publisitas dan citra merek.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan perkara spesifkasi dan visualisasi PR package ini yang pada dasarnya memang diketahui berhubungan langsung dengan tujuan utama pengiriman PR Package itu sendiri, yaitu untuk mendorong pembuatan konten yang positif dan kredibel oleh pihak penerima, serta untuk menciptakan first impression dan nilai eksklusivitas yang tinggi. Sehingga pada pengadaannya, ada baiknya untuk memastikan jika paket tersebut memiliki standar kualitas dan visual yang tinggi, baik dari segi tampilan kemasan paket hingga packaging produk inti.

Dan untuk mendapatkan keseimbangan visual tersebut dari PR package, khususnya dalam hal kemasannya, kini sebagai pelaku usaha yang mengandalkan PR package sebagai salah satu strategi promosi, kita dapat mengandalkan kemampuan jasa pembuatan tas custom sebagai pendukung proyek tersebut. Karena sesuai dengan namanya, umumnya dalam perannya keberadaan dari jasa pembuatan tas custom ini hendaknya memang dapat diandalkan untuk urusan pembuatan tas atau kemasan PR package dengan spesifikasi khusus dan membutuhkan atribut branding masuk ke dalam bagiannya.

Yang mana, diantara banyaknya penyedia jasa pembuatan tas custom sendiri, bisa dibilang Karya Bintang Abadi memang adalah salah satu yang terbaik, terpercaya dan dapat diandalkan. Sehingga bagi para customer yang ingin mempercayakan kebutuhan tas customnya tentu tidak perlu ragu lagi. Karena selain memiliki banyak pilihan model serta desain tas, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui memiliki produk tas dengan detail tampilan terbaik, kualitas serta mutu terjamin, proses pengerjaan cepat, hingga harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, serta budget customer.

Apalagi dirinya pun diketahui juga selalu memberikan pelayanan terbaik, secara online maupun offline, melalui cara pemesanan yang mudah, cepat dan aman karena sudah berlegalitas. Jadi dengan segala keunggulan dan kemampuan yang dimilikinya tersebut, tunggu apalagi? Langsung saja hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas PR package, maupun jenis tas lainnya, terutama untuk tas guna keperluan bersifat komersil, yang umumnya membutuhkan spesifikasi khusus dan harus sesuai dengan preferensi, agar hasilnya bisa maksimal.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi