fbpx

Sablon DTF: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

sablon dtf

bagikan artikel ini kepada teman

Menjadi salah satu jenis teknik sablon modern yang tengah naik daun dengan keberadaannya yang cukup mendominasi dikalangan masyarakat, secara tidak langsung telah membuat teknik penyablonan bernama dtf ini begitu umum dijumpai pada kehidupan sehari hari. Dan adanya hal tersebut pun tentu tidak lepas dari banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh sebuah sablon dtf sebagai salah satu teknik sablon populer masa kini yang penggunaannya banyak diandalkan untuk berbagai keperluan.

Namun sebelum masuk dalam pembahasan terkait apa itu sablon dtf beserta dengan kelebihan dan kekuarangannya, taukah anda bila sebetulnya selain teknik dtf ada satu lagi teknik sablon yang memiliki beberapa kemiripan dengan dtf, baik dari segi namanya, alat hingga proses pengerjaannya yang bernama dtg. Dimana bila pada teknik dtf proses pemindahan desain dan warna ke media sablon harus melalui media berupa kertas film lebih dulu. Maka lain halnya dengan sablon dtg yang dalam prosesnya dapat dilakukan secara langsung tanpa adanya kertas film sebagai media perantara.

Bisa dibilang pula bila proses penyablonan yang menggunakan dtf sebagai tekniknya memang dirasa sedikit lebih rumit, namun meskipun begitu bila dibandingkan dari segi keunggulan lainnya tentu dtf menjadi pemenangnya. Terlebih lagi dtf bisa diterapkan untuk berbagai media sablon, sedangkan tidak dengan dtg yang memiliki bentuk media sablon lebih terbatas. Selain itu dikarenakan cara transfer desain serta warnanya yang berbeda tersebut, secara tidak tidak langsung juga memberikan pengaruh pada keawetan mesin sablon, dimana untuk mesin sablon dtf dianggap jauh lebih awet dan tidak mudah rusak seperti milik dtg.

Dan untuk gambaran jelas tentang proses penyablonan dengan teknik dtf, berikut ini adalah langkah langkah sablon dtf yang dapat disimak untuk menambah pemahaman kita tentang sablon dtf:

  1. Langkah pertama adalah membuat desain digital dengan format PNG atau TIFF terlebih dahulu. Pastikan bila setelah desain jadi, kita mengatur tata letaknya di software cetak khusus dtf.
  2. Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kertas film sesuai ukuran yang dibutuhkan ke dalam printer, setelah itu mulailah proses pencetakan yang bisanya akan memakan waktu beberapa menit.
  3. Setelah cetakan desain selesai, langkah selanjutnya adalah taburi bubuk lem pada bagian tinta putih di film sebagai perekat.
  4. Jika sudah maka selanjutnya lelehkan bubuk lem menggunakan hotgun. Setelah itu barulah desain sablon tersebut siap di transfer ke media sablon dengan cara meletakannya di mesin heat press selama kurang lebih 10 detik.
  5. Setelah 10 detik mulailah untuk membuka press dan kelupas kertas film lalu ulangi kembali proses press sekali lagi tanpa film dengan cara yang sama untuk finishing dan setelah itu proses penyablonan menggunakan teknik dtf pun selesai dilakukan.

Sablon DTF: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Meskipun terbilang menjadi tekinik sablon yang sudah sangat populer, nyatanya tidak sedikit pula orang yang justru masih belum mengetahui dengan betul tentang apa itu sablon dtf beserta dengan kelebihan dan kekuarangannya sebagai salah satu teknik sablon. Dan untuk mengetahui 3 hal dasar tapi penting tentang sablon dtf tersebut, ada baiknya bagi kita untuk menyimak ulasan singkat berikut ini:

Apa itu sablon DTF?

DTF yang memiliki kepanjangan Direct Transfer Film pada dasarnya termasuk dalam jenis atau teknik penyablonan canggih karena memiliki cara kerja yang cukup berbeda dari jenis sablon kebanyakan. Dimana dalam proses pengerjaannya umumnya sablon dtf ini memiliki cara berupa memindahkan desain dan tinta ke media sablon melalui kertas film menggunakan bantuan sebuah alat bernama heat press. Yang mana bila dilihat dari keseluruhan proses pengerjaannya tersebut, tentu sudah terlihat kontras berbeda dengan jenis sablon umumnya bukan?

Karena bila dibandingkan dengan jenis sablon lainnya yang masih manual, bisa dibilang dtf memang memiliki perbedaan proses pengerjaan yang sangat signifkan. Pasalnya untuk mencetak sebuah desain sablon ke film untuk selanjutnya dicetak pada media sablon, kita diharuskan untuk menggunakan printer khusus sablon dtf. Yang mana untuk harga dari printer khusus tersebut umumnya dibandrol dengan harga belasan hingga puluhan juta. Oleh sebab itu, jenis sablon dtf kerap dibilang juga sebagai teknik sablon pricey karena harga alatnya yang mahal.

Namun meskipun memiliki harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis sablon lainnya, hal tersebut nyatanya justru tidak membuat jenis sablon dtf ini menjadi jarang digunakan. Karena dibalik harganya yang hal, faktanya sablon ini juga dilengkapi dengan beragam kelebihan yang dirasa menguntungkan. Dan adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis sablon ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan dari sablon DTF

1. Tidak mudah terkelupas dan lembut

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh jenis sablon dtf adalah hasil cetaknya yang tidak mudah terkelupas juga memiliki permukaan lembut saat disentuh. Hal ini dikarenakan umumnya tinta sablon pada jenis penyablonan ini juga memiliki kerekatan baik dengan media yang disablon serta bersifat lentur, sehingga meskipun sudah digunakan dalam waktu lama dan mengalami proses pencucian atau pengeringan berulang kali, hasil cetakan sablon tersebut tidak akan mudah terkelupas dan tetap terasa lembut.

2. Cocok digunakan pada semua media

Salah satu kelebihan milik sablon dtf yang juga sekaligus menjadi alasan kuat kenapa jenis sablon ini banyak digunakan adalah karena jenis penyablonan ini yang umumnya cocok digunakan untuk pada beragam media, bahkan pada jenis media yang sekiranya sulit untuk disablon misalnya seperti bahan scuba atau TC, dimana umumnya untuk jenis jenis bahan tersebut memang hanya cocok disablon dengan beberapa jenis penyablonan saja, yang mana salah satunya adalah jenis sablon dtf, agar hasil cetakan sablon tampak lebih bagus dan maksimal.

3. Bisa digunakan untuk mencetak desain berukuran kecil

Saat mendesain suatu gambar, terlebih yang memiliki tingkat kerumitan tinggi tentu adanya detail detail kecil tidak dapat dihindari begitu saja sebagai bagian yang mempercantik keseluruhan tampilan. Namun adanya detail berukuran kecil tersebut justru biasanya menjadi bagian tersulit untuk disablon.

Dimana tidak semua jenis penyablonan dapat mengerjakan bagian detail kecil tersebut secara maksimal seperti yang dimiliki oleh jenis sablon ini. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan bukan bila banyak pengrajin sablon yang menggunakan dtf sebagai cara penyabalonan desain berukuran kecil agar hasilnya tampak lebih maksimal.

4. Hasil sablon anti retak dengan warna yang solid

Karena dibuat dengan teknik press dalam prosesnya, hal ini menjadikan jenis sablon kali ini dikenal memiliki hasil cetakan anti retak, dimana umumnya bubuk tinta yang digunakan akan melekat dengan baik pada permukaan media cetak, sehingga menjadikannya lebih rapat dan tidak mudah retak. Selain itu, hasil cetakan jenis sablon ini juga dikenal lebih eyecatching karena hasil warnanya yang tampak solid atau pekat. Oleh seba itu dtf umumnya akan sangat cocok untuk digunakan menyablon desain yang full color karena dapat memberikan kesan lebih hidup pada desain.

5. Bisa digunakan untuk sablon satuan

Berbeda dengan jenis sablon lainnya yang umumnya memiliki minimal jumlah sablon, untuk jenis dtf ini justru biasanya bisa menerima penyablonan secara satuan  dikarenakan dalam prosesnya menggunakan bantuan dari mesin digital yang memudahkan proses penyablonan meskipun dalam jumlah sedikit.

6. Proses penyablonan cepat

Selain dapat melakukan penyablonan dalam jumlah sedikit atau bahkan satuan, kelebihan lain yang juga dimiliki oleh jenis sablon dtf ini adalah proses pengerjaannya yang terbilang cepat dan bahkan bisa ditunggu karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih selama 1o menit saja. Oleh seba itu banyak orang merasa jenis sablon ini lebih praktis untuk dipilih.

Kekurangan dari sablon DTF

1. Tidak bisa digunakan untuk sablon dengan warna gradasi

Meskipun dikenal memiliki warna yang solid atau pekat, namun sayangnya jenis sablon kali ini memiliki kekurangan berupa tidak bisa menyablon warna dengan tampilan gradasi atau 3 dimensi. Hal ini dikarenakan proses penyablonan yang dilakukan dalam jenis dtf ini adalah dengan menggunakan mesin digital dan juga press yang membuatnya tidak bisa menggabungkan beberapa warna sekaligus pada saat proses penyablonan pada media sablon. Oleh sebab itu, jenis sablon kali ini memang dianjurkan untuk menyablon desain full color tanpa adanya bagian warna yang di gradasi.

2. Sulit diperbaiki bila ada kesalahan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh jenis sablon dtf adalah hasil sablonnya yang sulit untuk diperbaiki bila terjadi kesalahan. Hal ini dikarenakan penggunaan jenis tinta dalam proses sablon ini yang dikenal memiliki daya rekat kuat setelah menempel pada bagian permukaan media sablon, terlebih dalam prosesnya pun hasil cetakan sablon juga masih dipress sebagai cara untuk mentransfer desain dan warna pada permukaan media sablon agar semakin melekat dengan sempurna.

3. Warna cukup mudah luntur

Dikenal sebagai jenis sablon dengan warna solid dan juga pekat dengan daya tahan cetakan baik, nyatanya tidak cukup membuat hasil sablon dtf memiliki kekuatan baik pula dalam mempertahankan warnanya. Dimana hal ini disebabkan kurang pekatnya warna dasar putih pada awal proses penyablonan. Yang mana hal tersebut membuat warna sablon tidak menempel atau meresap secara sempurna. Oleh sebab itu bila terlalu sering dicuci dan dikeringkan maka umumnya warna dari cetakan sablon ini perlahan akan tampak luntur atau pudar.

Nah itu dia, sedikit ulasan terkait pengertian, kelebihan beserta kekurangan dari jenis sablon dtf yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan teknik sablon ini dalam proses penyablonan segala macam barang. Dimana dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis sablon ini, diharapkan anda dapat menjadi lebih paham dan menyesuaikan kembali dengan kebutuhan.

 

Dan bagi anda yang menginginkan sablon dtf pada produk tas guna keperluan komersil dengan tampilan terbaik tetapi tidak mau repot, maka mempercayakan proses pembuatan tas custom tersebut beserta sablonnya pada sebuah jasa pembuatan tas seperti Karya Bintang Abadi bisa dijadikan sebagai pilihan tepat. Mengingat pabrik tas ini dikenal sebagai tempat pembuatan tas custom berkredibilitas baik juga berpengalaman yang terpercaya serta dapat diandalkan untuk membantu menangani segala hal terkait kebutuhan tas custom customer.

Sudah berdiri selama lebih dari 10 tahun, tentu menjadikan Karya Bintang Abadi sudah banyak dikenali juga dipercaya oleh banyak customer, mulai dari perorangan, kelembagaan, perusahaan kecil sampai besar, hingga berbagai instansi pendidikan, pemerintahan, dsb. Adapun alasan lain kenapa pabrik tas ini selalu dipilih adalah karena dirinya yang juga selalu mempertahankan kredibilitas serta kekonsistenannya dengan terus memastikan kepuasan customer akan hasil pesanan tas dan juga pelayanan terbaiknya.

Selain itu, Karya Bintang Abadi pun juga tidak pernah lupa untuk menghadirkan tas dengan model juga desain kekinian yang memiliki detail tampilan rapi, kualitas serta kuantitas terjamin, proses pengerjaan cepat, dan harga terjangkau yang sesuai dengan request juga budget customer. Dan tidak berhenti di situ saja, karena para customer pun juga tidak perlu ragu akan keamanan dari proses pemesanan tas sebab pabrik tas ini pun sudah berlegalitas dan sah secara hukum.

Dimana seluruh proses pemesanan tas dapat dilakukan dengan cara mudah dan cepat, baik secara online maupun offline karena akan dibantu langsung oleh customer service ramah juga tanggap dalam membantu segala kebutuhan customer akan pemesanan tas. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom guna berbagai keperluan acara agar terasa semakin berkesan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

model tas bulan Maret
Informasi

10 Model Tas Trendy di Bulan Maret 2024

Sejak dahulu, bisa dibilang jika perkembangan yang terjadi dalam dunia mode memang lah sangat pesat. Dimana, diantara banyaknya jenis barang fashion yang diketahui selalu mengalami

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp