Sering juga disebut dengan istilah pameran, dapat diketahui jika jenis acara ini sebetulnya memang adalah sebuah agenda acara yang strukturnya dirancang secara khusus untuk mewakili sejumlah individu, perusahaan, hingga brand beserta dengan produk dan layanan jasanya, dengan tujuan utama untuk membantu meningkatkan brand awareness mereka. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika pada pelaksanaannya banyak dari mereka yang akan secara sengaja menghadirkan adanya bingkisan bingkisan menarik sebagai alat promosi sekaligus kenang kenangan, yang salah satunya sendiri umumnya akan berwujud tas branding event, karena keberadaannya dianggap paling efisien.
Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja sejalan dengan bagaimana pelaksanaan suatu booth exhibition yang secara umum, hendaknya memang memiliki maksud utama tidak hanya sebagai usaha untuk meningkatkan brand awareness saja, tetapi juga sekaligus untuk mempromosikan produk atau layanan mereka, berinteraksi langsung dengan calon customer atau customer, dan melakukan penjualan. Sehingga pada pelaksanaannya, suatu booth exhibition ini biasanya akan menggunakan desain booth yang mencolok dan visual kuat, yang bertujuan agar merek yang dipamerkan tersebut nantinya akan lebih mudah menarik atensi, dikenali dan diingat oleh pengunjung.
Selain itu, agar para pengunjung yang datang dapat secara langsung mengetahui apa sedang ditawarkan, maka biasanya pihak pihak terkait yang ikut serta dalam agenda acara booth exhibition ini pun akan secara sengaja memajang, mendemonstrasikan, dan menjelaskan secara detail produk atau layanan kepada calon pelanggan, guna membangun koneksi pribadi dengan pengunjung, menjawab pertanyaan, dan menciptakan pengalaman yang interaktif. Dimana dengan dilakukannya usaha atau tindakan tindakan tersebut, tentu saja dimaksudkan dapat membuat para pengunjung tertarik dan berpotensi melakukan pembelian serta menjadi pelanggan baru.
Namun ada pula beberapa kasus booth exhibition yang memiliki fokus bukan pada penjualan, melainkan lebih ke brand awareness saja atau bahkan malah mencari karyawan, contohnya saja seperti yang banyak dilakukan oleh perusahaan perusahaan besar dalam model exhibition seperti job fair, yaitu sebuah acara atau pameran dimana berbagai perusahaan dari beragam industri berkumpul di satu lokasi untuk memamerkan profil perusahaan mereka dan secara aktif merekrut karyawan. Yang mana didasarkan dari alasan itu juga lah, wajar saja bukan jika adanya booth exhibition ini pun kemudian dianggap sebagai salah satu alat pemasaran yang efektif dan efisien.
Dan karena menjadi bagian yang dianggap sebagai representasi fisik strategis bagi seorang pelaku usaha, maupun suatu perusahaan dan merek tertentu dalam berinteraksi dengan target audiens di lingkungan yang ramai namun tetap terfokus, maka wajar saja bukan jika pada penyelenggaraan sebuah acara pameran atau booth exhibition ini banyak diantara peserta booth yang secara sengaja menghadirkan beragam hal menarik, baik itu terkait desain boothnya maupun bingkisan menarik yang akan dibagikan, agar boothnya bisa menjadi titik fokus di antara ratusan peserta pameran lainnya, dan membuat para pengunjung tersebut mau berhenti serta berinteraksi.
Daftar Isi
ToggleTas Promosi untuk Brand Awareness Booth Exhibition

Selain daripada harus memperhatikan desain booth yang umumnya diharuskan untuk memiliki tampilan menarik dengan ketentuan berupa harus menggunakan warna yang konsisten untuk membantu menarik perhatian dari jauh, namun tetap sesuai tema dan berfokus pada branding juga pesan yang jelas untuk memaksimalkan visibilitas. Mempertimbangkan penggunaan pencahayaan yang terang dan merata, untuk membuat booth terlihat lebih profesional tanpa membuat pengunjung silau atau terasa panas. Memprioritaskan tata letak dan kenyamanan yang akan memungkinkan pengunjung bergerak dengan leluasa dan tidak merasa sesak.
Hingga menggunakan elemen elemen interaktif dan atraktif untuk membantu meningkatkan keterlibatan dan mendorong pengunjung membagikan pengalaman mereka di media sosial, yang nantinya tentu akan sangat berpengaruh bagi eksposur brand dan brand awareness. Biasanya para peserta yang ikut serta dalam suatu pameran atau exhibition ini umumnya juga akan secara sengaja menghadirkan hal hal menarik lain untuk memancing minat pengunjung mendatangi boothnya, salah satunya saja seperti dengan menghadirkan adanya tas branding event sebagai bagian dari bingkisan boothnya, karena keberadaannya yang memang dinilai memiliki peran kompleks.
Peran Tas Promosi untuk Booth Exhibition

Keberadaan dari tas branding event atau yang kerap juga disebut dengan istilah tas promosi, secara garis besar memang dikenal sudah begitu lekat dengan agenda atau jenis acara seperti pameran. Bahkan dapat dikatakan pula, jika keberadaan dari tas tersebut pun umumnya juga memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam sebuah perhelatan booth exhibition, karena dinilai memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai wadah praktis sebagaimana fungsi dasarnya, dan satu lagi sebagai alat marketing dengan nilai investasi paling efektif serta efisien, yang diketahui dapat meningkatkan brand awareness secara optimal karena memiliki dapat berperan sebagai berikut ini:
Menjadi Media Iklan Berjalan yang Efektif
Peran utama yang membuat keberadaan sebuah tas branding event pada suatu perhelatan exhibition bisa dianggap begitu penting tentu saja adalah karena keberadaan dari tas tersebut yang dinilai dapat menjadi bagian dari media iklan berjalan paling efektif, atau kerap juga disebut dengan istilah Walking Advertisement. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja didasarkan oleh bagaimana keberadaan tas ini yang memanfaatkan mobilitas pengunjung untuk memberikan paparan merek berulang dengan biaya yang relatif rendah. Karena sebagaimana kita ketahui, jika tidak seperti spanduk atau stand banner yang statis, tas promosi ini tentu saja bisa berpindah pindah.
Sehingga ketika pengunjung mengambil tas dari booth dan mereka membawanya berkeliling di area pameran, materi branding yang kita cetak pada tas promosi tersebut pun secara otomatis akan dipamerkan kepada pengunjung lain yang melintasi lorong pameran dan belum tentu mengunjungi booth, atau bahkan ketika mereka meninggalkan lokasi pameran dan berada di jalan maupun lokasi lain, dimana adanya hal tersebut tentu secara tidak langsung telah melipatgandakan jangkauan visual merek, baik di dalam maupun di luar lokasi event. Jadi didasarkan oleh alasan tersebut, ada baiknya untuk membuat tas promosi dengan visibilitas dan brand recall yang maksimal.
Daya Tarik Pendorong Kunjungan
Sebagai jenis barang yang memiliki nilai fungsionalitas tinggi, tentu wajar saja bukan jika peran dari keberadaan tas branding event selanjutnya yang dikenal juga sangat dibutuhkan dalam suatu perhelatan acara seperti pameran atau booth exhibition ini, adalah bagaimana daya tariknya yang bisa menjadi pendorong kunjungan. Dimana munculnya peran tas tersebut sebagai alat penarik minat kunjungan tersebut pun tentu saja didasarkan oleh bagaimana pemanfaatan psikologi dasar pengunjung pameran, yang dalam hal ini umumnya dikenal memiliki keinginan untuk mendapatkan nilai tambah (gratisan) sebagai kenang kenangan dan keuntungan, selain daripada ilmu atau hiburan.
Sehingga didasarkan dari pernyataan tersebut, tentu saja tas branding event adalah salah satu umpan yang dianggap paling efisien sekaligus efektif, karena berwujud hadiah bermanfaat yang memanfaatkan kebutuhan dasar pengunjung pameran, sehingga secara tidak langsung hal tersebut akan mendorong lalu lintas kunjungan ke booth. Selain itu, dengan memperlihatkan aktivitas pembagian tas atau tumpukan tas yang menarik, hal tersebut pun umumnya juga akan menciptakan motivasi instan bagi para pengunjung untuk berhenti dan berinteraksi, karena mereka tahu akan mendapatkan sesuatu yang bernilai secara gratis
Nilai Tambah untuk Meningkatkan Engagement
Selain bisa menjadi alat untuk meningkatkan daya tarik pendorong kunjungan pada booth exhibition, dalam hal ini dapat diketahui jika keberadaan dari adanya sebuah tas branding event pada suatu perhelatan acara pameran pun umumnya juga berperan kuat untuk memberikan nilai tambah pada engagement perusahaan atau merek terkait yang sedang mengikuti acara exhibition. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja tidak terlepas begitu saja dari bagaimana keberadaan dari tas tersebut yang bisa berfungsi sebagai jembatan emosional dan praktis antara brand dengan para pengunjung, karena akan menjadi wujud dari apresiasi dan ucapan terima kasih.
Yang mana tas tersebut tentu saja akan bertindak sebagai souvenir fisik dari pengalaman interaksi di booth, yang ketika pengunjung menggunakan tas itu di kemudian hari, mereka akan teringat pada brand dan pengalaman positif di acara tersebut. Serta sebagai pendorong sekaligus bukti keterlibatan pengunjung setelah interaksi yang substantif, dimana pemberian tas tersebut nantinya akan memperkuat informasi yang baru saja diterima pengunjung, dan membuat mereka meninggalkan booth dengan sesuatu yang berharga, bukan hanya kertas. Sehingga dengan memberikan sesuatu yang bernilai tambah dan fungsional tersebut, secara tidak langsung kita tengah membangun loyalitas dan memberikan manfaat nyata.
Untuk Menunjukkan Citra Positif
Secara keseluruhan peran nyata selanjutnya dari diadakannya sebuah tas branding event bagi suatu perhelatan acara seperti pameran selain 3 poin sebelumnya, adalah tas branding event ini yang pada dasarnya juga diketahui berhasil menjadi nilai tambah dan pencipta citra positif bagi brand atau merek terkait, karena dianggap dapat mengubah transaksi sederhana di booth menjadi pengalaman yang berkesan. Sehingga wajar saja bukan jika didasarkan dari pernyataan tersebut, keberadaan dari tas branding event di booth exhibition ini pun kemudian memiliki peran penting dan bertindak lebih dari sekadar alat promosi semata.
Karena tidak dapat dipungkiri pula, jika tas ini hendaknya adalah bentuk perwujudan fisik dari apresiasi, kualitas, dan komitmen perusahaan atau merek terkait yang akan membuat pengunjung merasa dihargai karena telah meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan booth. Mengingat adanya tindakan memberikan sesuatu yang bermanfaat secara gratis ini sendiri pada dasarnya pun juga dinilai bisa cukup efektif untuk membangun hubungan emosional yang baik, karena perusahaan maupun brand terkait dinilai memberikan telah menunjukkan rasa terima kasih, yang cenderung berkemungkinan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan calon pelanggan.
Detail Penting Tas Promosi untuk Booth Exhibition

Dianggap sebagai komponen yang memainkan peranan penting dalam mendukung efektivitas brand awareness serta efisiensi usaha meningkatkan eksposur brand, tentu sudah barang pasti bukan jika dalam pengadaan tas branding event untuk kebutuhan booth exhibition ini, hendaknya sebagai pihak penyelenggara kita memang diharuskan untuk selalu memastikan bahwa tas tersebut tidak hanya berfungsi sebagai wadah saja, tetapi juga sekaligus sebagai alat branding dan marketing yang efektif. Dimana, adapun beberapa detail penting yang dinilai sebagai aset berharga untuk memaksimalkan kehadiran tas promosi tersebut di booth exhibition, diantaranya adalah sebagai berikut:
Keselarasan dengan Tujuan dan Target Audiens
Detail atau hal pertama yang umumnya perlu diperhatikan saat akan melakukan pengadaan tas branding event atau tas promosi bagi kebutuhan booth exhibition adalah memastikan keselarasan wujud tas dengan tujuan dan target audiens. Dimana adanya hal ini pun tentu saja penting untuk dilakukan, karena mengabaikan keselarasan wujud tas dengan tujuan dan target audiens, sama saja kita seperti telah mempertaruhkan efektivitas pemasaran dan citra merek.
Karena tidak dapat dipungkiri jika tas yang tidak selaras, nantinya hanya akan berakhir sebagai sampah promosi, sedangkan tas yang selaras akan menjadi aset branding yang berharga dan duta merek yang bekerja keras. Sehingga wajar saja bukan jika, perkara memastikan keselarasan wujud mulai itu dari bentuk, desain, hingga atribut branding dan kualitas tas branding event dengan tujuan dan target audiens pun kemudian bisa menjadi salah satu aspek yang paling krusial dalam pengadaan tas promosi.
Konsistensi Desain Materi Branding
Karena memiliki tujuan sebagai alat marketing yang dimaksudkan untuk meningkatkan brand awareness dan mencapai eksposur brand yang optimal. Tentu sudah barang pasti jika perkara penting selanjutnya yang harus diperhatikan pula dalam pengadaan sebuah tas branding event atau tas promosi guna kebutuhan booth exhibition adalah konsistensi desain materi brandingnya. Mengingat dengan memperhatikan konsistensi desain pada tas branding event ini pada dasarnya memang adalah salah satu upaya strategis untuk mengubah tas sederhana menjadi alat komunikasi merek yang kuat, kredibel, dan mudah diingat.
Sehingga didasarkan oleh alasan tersebut, maka wajar saja bukan jika perkara ini dalam pengadaan tas event untuk kebutuhan booth exhibition pun kemudian menjadi hal yang sangat krusial, karena tidak hanya akan memberikan pengaruh pada nilai estetika tas saja, tetapi juga berperan langsung dalam efektivitas marketing dan kredibilitas merek. Jadi ada baiknya untuk memastikan jika tas promosi memiliki warna, font, dan logo yang persis sama dengan booth, seragam staff, dan brosur, untuk menciptakan pengulangan visual yang kuat, sekaligus memastikan bahwa setiap kali pengunjung melihat logo, mereka langsung mengaitkannya dengan perusahaan atau merek kita.
Perhatikan Kualitas dan Fungsionalitas Tas
Menjadi salah satu komponen yang dianggap memiliki peran sebagai wajah dari suatu perusahaan atau merek dalam perhelatan acara pameran, tentu saja hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan dalam perkara pengadaan tas promosi ini adalah memperhatikan kualitas dan fungsionalitas tas untuk memaksimalkan kegunaannya pada kebutuhan booth exhibition. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja tidak terlepas begitu saja dari bagaimana hal ini yang menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan branding dan pengembalian investasi, karena perkara ini yang sebetulnya seperti mempertaruhkan citra merek.
Karena tidak dapat dipungkiri, jika kita menggunakan tas branding event yang mudah robek, jahitan berantakan, atau sablon luntur, tentu saja hal tersebut akan menciptakan kesan bahwa produk atau layanan perusahaan juga berkualitas rendah dan tidak serius. Tetapi sebaliknya, jika kita kita menghadirkan tas promosi dengan kualitas yang kuat, rapi, berbahan bagus dan memiliki nilai fungsionalitas maksimal, maka hal tersebut akan menunjukkan bahwa perusahaan memang sungguhan profesional, karena memperhatikan detail dan tidak pelit dalam berinvestasi. Apalagi dapat dikatakan pula jika kualitas yang baik pun hendaknya juga menciptakan first impression positif pula.
Pertimbangkan Isi Didalamnya
Selain daripada harus memperhatikan tampilan tas secara fisikly, dalam proses pengadaan tas branding event atau tas promosi guna kebutuhan booth exhibition, umumnya kita diharuskan untuk memperhatikan pula isi didalamnya. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja didasarkan oleh bagaimana isi tas promosi sendiri yang dalam hal ini sebetulnya adalah konten yang sebenarnya, sedangkan tasnya adalah packaging-nya. Sehingga mengabaikan isinya, sama saja seperti kita kehilangan kesempatan untuk memaksimalkan return on investment dari kehadiran di booth exhibition, karena hal tersebut adalah perkara krusial yang tidak boleh diabaikan.
Mengingat, sebagai elemen yang mengubah tas dari sekadar wadah menjadi alat konversi dan retensi pelanggan, tentu sudah barang pasti jika memastikan isi yang tepat akan turut serta memastikan jika branding yang kita tanamkan pada tas promosi tersebut dapat sungguhan bertahan lama, bisa mendorong konversi, dan meningkatkan citra positif perusahaan. Namun perlu diperhatikan pula, selain perlu memasukkan alat promosi utama seperti brosur dan kartu nama, hendaknya kita juga perlu mempertimbangkan barang lain dengan tampilan menarik dan fungsional, tetapi tetap relevan dengan bidang bisnis yang dijalani.
Sesuaikan dengan Jumlah Anggaran
Meskipun dalam pengadaanya kita harus memperhatikan kualitas dan tampilan tas promosi, namun jangan lupa juga untuk tetap memperhitungkan dan menyesuaikan kebutuhan tas tersebut dengan jumlah anggaran yang dimiliki. Karena tidak dapat dipungkiri, jika penyesuaian pengadaan tas branding event dengan jumlah anggaran ini hendaknya memang adalah langkah fundamental dan sangat penting untuk dilakukan, karena akan menentukan keberhasilan keseluruhan partisipasi dalam booth exhibition. Sekaligus memastikan jika kita sungguhan mendapatkan nilai branding yang maksimal dari setiap rupiah yang diinvestasikan, tanpa perlu mengorbankan kualitas dari spesifikasi tas.
Terlebih untuk membantu mewujudkan hal tersebut, yaitu mendapatkan tas promosi sesuai dengan spesifikasi khusus yang dibutuhkan dan disesuaikan berdasarkan hitungan jumlah anggaran, sebagaimana sudah dibahas. Juga beserta dengan bagaimana bentuk, desain, ukuran, materi branding, maupun jumlah tas yang akan dicetak. Kini sebagai pihak penyelenggara diketahui bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada tas branding event atau tas promosi guna kebutuhan booth exhibition tersebut dengan cara mengcustomnya pada sebuah jasa pembuatan tas custom terbaik, terpercaya serta berpengalaman, contohnya saja seperti Karya Bintang Abadi.
Dimana dapat dikatakan jika Karya Bintang Abadi ini sendiri sebetulnya memang adalah salah satu pabrik tas seminar custom berpengalaman juga andalan yang sudah berdiri selama lebih dari 10 tahun dengan segudang pencapaian berharga. Sehingga bagi para customer yang ingin mempercayakan kebutuhan tas customnya tentu tidak perlu ragu lagi. Karena selain memiliki banyak pilihan model serta desain tas, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui memiliki produk tas dengan detail tampilan terbaik, kualitas serta mutu terjamin, proses pengerjaan cepat, hingga harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, serta budget customer.
Apalagi dirinya pun diketahui juga selalu memberikan pelayanan terbaik baik secara online maupun offline, melalui cara pemesanan yang mudah dan cepat, serta proses pemesanan aman karena sudah sah secara hukum dan berlegalitas. Jadi dengan segala keunggulan dan kemampuan yang dimilikinya tersebut, tunggu apalagi? Langsung saja hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan goodie bag tour, maupun jenis tas lainnya, terutama untuk tas guna keperluan bersifat komersil, yang umumnya membutuhkan spesifikasi khusus dan harus sesuai dengan preferensi, agar hasilnya bisa maksimal.



