fbpx

10+Tema Untuk Kegiatan Dalam Organisasi Lebih Menarik

tema kegiatan organisasi

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum mulai dalam pembahasan tentang contoh contoh tema kegiatan organisasi yang dianggap dapat membuat keberlangsungan kegiatan menjadi lebih menarik. Bagi anda yang memiliki keinginan atau bahkan sudah gemar berorganisasi, sudahkah hal tersebut membuat anda menjadi memahami tentang apa yang dimaksud dengan organisasi itu sendiri? Karena dalam hal ini sebetulnya dapat dikatakan jika secara garis besar, yang dimaksud dengan organisasi tersebut merupakan sebuah penyebutan bagi sekumpulan individu-individu atau kelompok yang tergabung dalam suatu struktur dan sengaja bekerja sama guna mencapai tujuan bersama.

Dan karena umumnya memiliki tujuan pengadaan yang beragam, maka wajarnya sebuah organisasi pun dapat memiliki berbagai bentuk konteks, ukuran, dan pelaksanaan yang berbeda beda tergantung pada dimana organisasi itu dibentuk, apa tujuan pembentukannya, hal apa yang ingin di raih, siapa saja anggotanya, dan masih banyak lagi.  Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan bukan, jika hal tersebut menjadikan hadirnya berbagai jenis organisasi yang sering dijumpai di berbagai sektor masyarakat. Contohnya seperti beberapa jenis organisasi berikut ini:

1. Organisasi Bisnis (Perusahaan): Jenis organisasi pertama adalah organisasi bisnis yang umumnya terdiri dari atau berbentuk perusahaan publik, perusahaan swasta, atau koperasi. Dimana diadakannya jenis organisasi ini umumnya sengaja didirikan untuk menghasilkan laba melalui produksi dan penjualan barang atau jasa.

2. Organisasi Pemerintah: Organisasi ini umumnya akan bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemerintahan dan memberikan layanan publik kepada masyarakat. Dimana pihak yang terlibat biasanya terdiri dari  berbagai tingkatan pemerintahan, misalnya mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

3. Organisasi Nirlaba (Amal): Adalah jenis organisasi yang tidak memiliki tujuan utama untuk mencari keuntungan finansial, karena mereka memang sengaja didirikan untuk mencapai tujuan amal atau sosial. Dan contoh dari jenis organisasi ini misalnya seperti organisasi kemanusiaan, yayasan amal, atau lembaga nirlaba lainnya.

4. Organisasi Pendidikan: Terdiri dari berbagai instansi pendidikan, diantaranya seperti sekolah, perguruan tinggi, atau universitas yang umumnya sengaja didirikan untuk menyediakan wadah pengembangan potensi terkait ilmu pengetahuan dan lain-lain.

5. Organisasi Kesehatan: Sengaja di dirikan untuk menyediakan layanan kesehatan kepada masyarakat. Dimana umumnya jenis organisasi ini terdiri dari rumah sakit, klinik, dan lembaga kesehatan lainnya.

6. Organisasi Sosial: Bisanya berwujud sebuah grup atau asosiasi yang sengaja dibentuk untuk mempromosikan kepentingan bersama atau memecahkan masalah sosial tertentu. Contohnya seperti karang taruna, LSM, panti asuhan, dan relawan bencana alam.

7. Organisasi Profesional:  Biasanya terdiri dari asosiasi atau kelompok berisikan individu-individu yang bekerja dalam suatu profesi profesional tertentu. Misalnya, barisan advokat, organisasi medis, atau lembaga profesi lainnya.

8. Organisasi Politik: Yang termasuk dalam jenis organisasi ini biasanya adalah partai politik, kelompok advokasi, atau lembaga politik lainnya yang memang biasanya terlibat langsung dalam proses politik dan pemerintahan.

9. Organisasi Internasional: Seperti namanya, jenis organisasi kali ini umumnya akan melibatkan lebih dari satu negara. Yang mana tujuan dari didirikannya sendiri biasanya untuk mencapai tujuan bersama dan melibatkan kerjasama lintas batas.

Nah itu dia beberapa jenis organisasi yang umum di jumpai di tengah masyarakat. Dimana bisa dikatakan jika setiap jenis organisasi tersebut umumnya memang memiliki karakteristik dan tujuan uniknya sendiri sendiri yang dapat bervariasi wujudnya, tergantung pada sektor dan konteks di mana mereka beroperasi. Yang mana, karena nantinya akan memiliki banyak fungsi juga manfaat, maka hendaknya setiap kegiatan organisasi perlu diadakan secara seru juga menarik. Misalnya seperti dengan sengaja memilih beberapa contoh tema organisasi berikut ini saat mengadakan sebuah kegiatan:

10+Tema Untuk Kegiatan Dalam Organisasi Lebih Menarik

Memiliki banyak jenis dan tipe tergantung dari tujuan diadakannya, pada dasarnya mengikuti sebuah organisasi memang lah dinilai dapat memberikan berbagai manfaat, baik dari segi pengembangan pribadi maupun profesional bagi seseorang yang mengikutinya. Dan adapun beberapa manfaat yang umumnya bisa diperoleh seseorang tersebut dari keterlibatannya dalam suatu organisasi, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Pengembangan keterampilan
Bergabung dalam sebuah organisasi dalam hal ini diketahui dapat memberikan manfaat berupa pengembangan terhadap keterampilan kerja juga jenis keterampilan yang lain, misalnya seperti kepemimpinan dan masih banyak lagi. Dimana umumnya keterampilan tersebut bisa dibilang nantinya akan sangat diperlukan di lingkungan profesional.

2. Jaringan (Networking)
Ketika memutuskan untuk mengikuti sebuah organisasi, umumnya kita akan bertemu dengan banyak orang di dalamnya. Dimana adanya hal tersebut tentunya bisa kita manfaatkan untuk membangun jaringan profesional, yang nantinya mungkin dapat membantu kita untuk saling membuka peluang terkait pertukaran ide, kolaborasi, bahkan hingga peluang pengembangan karir pula.

3. Peningkatan kesejahteraan emosional

Saat seseorang memutuskan untuk bergabung dalam sebuah organisasi, bida dikatakan jika nantinya mereka sering kali akan mendapatkan manfaat berupa peningkatan terhadap kestabilan emosional pula. Dimana dengan mengikuti sebuah organisasi tersebut, secara tidak langsung dapat memberikan rasa penerimaan dan keanggotaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan emosional seseorang menjadi lebih baik.

5. Pengembangan soft skills
memiliki banyak tipe dan tujuan, biasa dikatakan jika dalam hal ini seluruh aktivitas yang dijumpai dalam setiap organisasi dirasa dapat membantu pengembangan soft skills seseorang pula. Baik itu mulai dari segi meningkatnya keterampilan komunikasi, secara lisan maupun tertulis, hingga kemampuan untuk menyesuaikan diri bekerja dalam tim, dsb yang dirasa dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan seseorang.

Namun kembali lagi, perlu untuk selalu diingat bahwa manfaat yang diperoleh seseorang dari mengikuti sebuah organisasi umumnya dapat bervariasi juga bentuknya, tergantung pada jenis organisasi, tingkat keterlibatan dan sejauh mana keaktifan berpartisipasi kita pada setiap kegiatan organisasi tersebut. Mengingat dalam setiap organisasi pun umumnya akan dijumpai beragam kegiatan yang biasanya akan di dukung pula oleh adanya tema tema menarik, seperti beberapa contoh tema kegiatan organisasi berikut ini:

1. Tema organisasi terkait leadership

Tema pertama yang bisa diangkat agar kegiatan berorganisasi menjadi lebih menarik adalah tema kegiatan organisasi terkait kepemimpinan (leadership). Yang mana biasanya tema ini memang sengaja dirancang untuk memotivasi, menginspirasi, serta memperkuat kemampuan kepemimpinan para anggota dan berfokus pada pengembangan serta penguatan keterampilan kepemimpinan di antara anggota organisasi. Dan adapun contoh tema yang bisa diusung dari jenis ini misalnya seperti:

  •  Journey to Leadership Excellence
  • Inspirational Leadership
  • Building Resilient Leaders
  • Empowering Leaders of Tomorrow

2. Tema organisasi terkait kecerdasan emosional

Jenis tema organisasi terkait kecerdasan emosional ini pada dasarnya dirancang sebagai upaya untuk mengintegrasikan pemahaman tentang pengembangan kecerdasan emosional di antara anggota organisasi. Dimana yang dimaksud dengan kecerdasan emosional  sendiri adalah sebuah kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola, dan menggunakan emosi secara efektif, baik pada diri sendiri maupun dalam hubungan dengan orang lain. Sehingga nantinya dapat memberikan berbagai manfaat, misalnya seperti meningkatkan hubungan interpersonal, kepemimpinan yang efektif, dan kesejahteraan anggota.

  • Relasi antara kecerdasan emosional dengan cara kepemimpinan
  • Pentingnya empati dalam memutuskan sebuah tindakan
  • Perlunya memahami apa itu emotional intelligence

3. Tema organisasi terkait seberapa berpengaruhnya jiwa kepemimpinan

Tema organisasi tentang seberapa berpengaruhnya jiwa kepemimpinan ini sebetulnya merupakan sebuah tema kegiatan organisasi yang menarik, karena mencerminkan hubungan antara nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang dianut oleh organisasi, dan juga bagaimana cara kepemimpinan seorang pemimpin dalam memberi dampak pada organisasinya sebagai usaha untuk menciptakan budaya kerja yang memperkuat nilai-nilai organisasinya. Karena tidak dapat dipungkiri jika adanya jiwa kepemimpinan yang baik tersebut dapat menciptakan adanya sebuah pondasi kuat dalam membangun ikatan dan motivasi di antara anggota organisasi.

  • Etika dan integritas menjadi bagian integral dari kepemimpinan.
  • Bagaimana cara seorang pemimpin menginspirasi dan memotivasi anggotanya
  • Pentingnya keseimbangan antara kepemimpinan dan kemanusiaan
  • Build great leader charachteristic for everybody

4. Tema organisasi terkait unggulnya berpikir kreatif

Selain mengusung tema tentang leadership, kita juga dapat memilih tema organisasi yang berkaitan dengan cara berpikir kreatif. Dimana tema ini sebetulnya menyoroti tentang seberapa pentingnya mengembangkan dan mendorong kreativitas di antara para anggota organisasi. Yang dalam hal ini sendiri memang dimaksudkan untuk  meningkatkan kemampuan menghasilkan ide-ide baru, solusi inovatif, guna mencapai tujuan organisasi bersama.

  • Orang yang bermental kreatif akan mampu beradaptasi dengan segala situasi
  • Great ideas are the fuel of progress
  • Kreativitas membutuhkan keberanian, dan keberanian membutuhkan kreativitas

5. Tema organisasi terkait pentingnya selft leadership

Bukan hanya jiwa leadreship bagi organisasi saja yang bisa diangkat sebagai tema menarik, karena selain itu tema organisasi yang berkaitan dengan pentingnya self-leadership pun juga dirasa menjadi tema kegiatan organisasi yang penting dan menarik pula untuk di angkat. Dimana tema ini sendiri sebetulnya mengacu pada pentingnya jiwa kepemimpinan kepada diri sendiri untuk menekankan kemampuan seseorang dalam memotivasi diri sendiri, mengelola emosi, dan mengambil inisiatif tanpa tergantung sepenuhnya pada bimbingan atau arahan eksternal.

  • All human beings are self-leaders
  • Semua orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri, tapi tidak semua bisa memimpin dirinya sendiri
  • The first and best victory is to conquer self

6. Tema organisasi terkait mengenal skill juga potensi

Menjadikan tema kegiatan organisasi terkait mengenal skill dan potensi agaknya juga dirasa dapat membuat kegiatan suatu organisasi menjadi lebih asik juga menarik untuk di ikuti. Yang mana tema ini sendiri sebetulnya merujuk pada pendekatan atau fokus tertentu sebagai usaha untuk mengembangkan dan mengoptimalkan keterampilan serta potensi dari para anggota organisasi dengan tujuan memotivasi, memberdayakan, serta meningkatkan kontribusi anggota melalui skill juga potensi yang dimiliki oleh masing masing individu.

  • Bakat terhebat sering kali terkubur di luar pandangan
  • Pentingnya mengasah skill dan juga menggali potensi
  • Menggali potensi sama dengan mempelajari diri sendiri

7. Tema organisasi terkait entrepreneurship

Jenis tema organisasi tentang entrepreneurship ini bisa dijadikan sebagai pilihan tema menarik, khususnya bagi organisasi berjenis bisnis. Dimana tema ini sebetulnya mengacu pada sudut pandang tertentu yang menekankan atau mendorong aspek kewirausahaan di dalam suatu organisasi. Dan dalam konteks ini, kewirausahaan yang dimaksud pun dapat mencakup berbagai kegiatan, nilai, dan inisiatif guna mendorong inovasi, pengambilan risiko yang terukur, dan pengembangan potensi anggota.

  • Menerapkan prinsip tanggung jawab dalam berbisnis
  • Pentingnya menyusun rencana bisnis untuk jangka panjang
  • Mengatasi rasa takut dalam entrepreneurship

8. Tema organisasi terkait pentingnya melakukan hard skill development

Tema kegiatan organisasi selanjutnya yang rasanya juga akan sangat menarik untuk di angkat adalah tema yang berterkaitan dengan pentingnya melakukan pengembangan keterampilan khusus atau hard skill (hard skill development). Dimana pada tema ini, umumnya kita akan menjumpai pembahasan atau cara tentang meningkatkan kemampuan teknis, pengetahuan, hingga keterampilan praktis pada diri setiap anggota organisasi. Yang mana bisa dikatakan jika tema ini pada dasarnya,  menekankan pentingnya memperkuat kompetensi yang bersifat konkret dan terukur untuk mencapai tujuan organisasi atau meningkatkan kinerja individu di dalamnya.

  • Pentingnya melakukan penilaian kinerja berbasis keterampilan
  • Kolaborasi dan transfer pengetahuan
  • Work hard for your dreams. No one else will

9. Tema organisasi terkait pentingnya pengendalian diri

Selain mengusahakan adanya hard skill development, saat berorganisasi tentu penting pula bagi kita untuk dapat memiliki pengendalian diri yang baik. Oleh sebab itu tema kegiatan organisasi yang terkait dengan pentingnya pengendalian diri pun juga cocok untuk diangkat. Dimana yang dimaksud dengan pengendalian diri dalam hal ini sendiri adalah kemampuan untuk mengelola emosi, impuls, dan tindakan secara efektif. Sehingga dianggap penting dalam konteks organisasi karena dapat memberikan kontribusi pada atmosfer yang lebih produktif, harmonis, dan juga profesional saat berorganisasi.

  • Pentingnya menagement stress dalam lingkungan kerja dan kehidupan sehari-hari
  • Mendorong pengembangan ketahanan mental untuk menghadapi tantangan dan kegagalan dengan sikap positif
  • Apa yang kamu pikirkan adalah yang kamu dapatkan

10. Tema organisasi terkait perlunya taking responsibility for great oportunity

Kegiatan organisasi yang bertemakan taking Responsibility for Great Opportunity umumnya menggambarkan tentang  pentingnya organisasi dan anggotanya untuk mengambil tanggung jawab terhadap peluang besar yang ada di hadapan mereka. Atau dalam kata lain, tema ini ingin menekankan pada para anggota organisasi akan kesadaran  peluang yang bisa dimanfaatkan dan tanggung jawab yang harus diemban oleh individu maupun organisasi dalam menghadapi situasi atau proyek yang potensial untuk mencapai hasil yang signifikan.

  • Untuk mendukung perkembangan ada baiknya untuk selalu mengidentifikasi peluang
  • Pentingnya mengambil langkah proaktif dalam mengambil manfaat dari peluang yang muncul.
  • Berani ambil risiko untuk menghadapi peluang yang signifikan.

11. Tema organisasi terkait kesiapan dalam menghadapi suatu tantangan

Tema kegiatan organisasi yang terakhir berkaitan dengan kesiapan seorang pribadi atau organisasi dalam menghadapi suatu tantangan.Yang mana sebetulnya tema ini nantinya akan merujuk pada konsep umum yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mengilustrasikan atau memotivasi anggotanya dalam menghadapi tantangan atau perubahan tertentu.

  • Pentingnya bersatu menghadapi perubahan
  • Tantangan dimaksudkan untuk dihadapi dan diatasi
  • Kunci untuk tetap hidup adalah menerima tantangan

Nah itu dia beberapa contoh tema kegiatan organisasi yang dirasa dapat membantu menciptakan suasana menyenangkan sekaligus memotivasi serta membuat keberlangsungan sebuah kegiatan dalam suatu organisasi berjalan dengan lebih lancar. Dimana dalam pemilihan setiap tema kegiatan tersebut, hendaknya selalu pastikan bila tema yang dipilih sudah sesuai dengan keunikan dan budaya organisasi. Sehingga nantinya mampu mendorong partisipasi aktif dan semangat kebersamaan di antara anggota organisasi semakin terjalin kuat.

 

Tergolong ke dalam jenis kegiatan yang memiliki banyak manfaat, baik bagi individu maupun kelompok besar, tentu hal tersebut secara tidak langsung membuat adanya sebuah organisasi dianggap memiliki peran lebih di tengah masyarakat. Dimana untuk menunjang berbagai aspek dan menunjukan kesolidannya, umumnya banyak jenis organisasi dengan sengaja akan memberikan atau menggunakan sebuah barang untuk dibagikan kepada seluruh anggotanya sebagai identitas diri. Yang mana dalam hal ini, bisa dibilang tas custom merupakan salah jenis barang paling banyak di pilih guna keperluan tersebut.

Dimana untuk perwujudan tas guna keperluan tersebut tentu akan lebih baik bila proses pembuatannya dibuat secara custom saja di Karya Bintang Abadi selaku pabrik tas custom terbaik dan terpercaya. Sehingga nantinya tas yang dimaksud pun dapat memiliki spesifikasi sesuai dengan keinginan serta kebutuhan organisasi. Terlebih karena  sudah malang melintang dalam bidang pembuatan tas custom selama lebih dari 10 tahun. Hal tersebut pun membuat pabrik tas custom satu ini di kenal memiliki detail tampilan terbaik, kekuatan serta keawetan terjamin, cepatnya waktu pengerjaan, hingga harga affordable yang sesuai dengan ekspetasi customer akan tas customnya.

Dan bukan hanya itu saja, karena Karya Bintang Abadi pun juga tidak pernah lupa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada customer maupun calon customer dengan menjamin kenyamanan dan keamanan proses pemesanan tas custom customer yang akan didampingi oleh para customer service ramah juga sigap baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil terbaik dan paling memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp