fbpx

5 Tools Cara Buat Sertifikat Seminar Secara Online

cara buat sertifikat seminar

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum masuk dalam pembahasan tentang 5 tools cara buat sertifikat seminar, jika mendengar kata “sertifikat” apa kira kira yang akan terpikirkan pertama kali oleh kita? Mungkin sebagian besar dari kita akan langsung memikirkan berbagai jenis surat surat berharga yang menunjukkan kepemilikan, atau mungkin juga sertifikat berupa piagam, dsb sebagai bukti dari keikutsertaan diri kita dalam suatu perlombaan, acara atau bahkan seminar.

Dan dari beberapa pernyataan tersebut pun nyatanya memang benar adanya. Namun agar kita menjadi lebih memahami terkait apa yang dimaksud dengan sertifikat itu sendiri, agaknya tidak ada salahnya bukan bila kita sama sama menyimak terlebih dahulu sedikit ulasan terkait hal tersebut, mengingat sertifikat juga merupakan salah satu hal yang cukup kerap kita jumpai pada kehidupan sehari sehari.

Jadi pada dasarnya, sertifikat sendiri sebetulnya memiliki pengertian yaitu sebagai salah satu bukti tertulis yang menyatakan suatu kepemilikan seseorang terhadap sesuatu dan disahkan oleh badan maupun lembaga yang berewenang. Oleh sebab itu, penting bagi seseorang untuk memiliki sertifikasi, baik itu terkait keahlian, kepemilikan barang atau jasa, dsb  karena memang secara garis besar sertifikat merupakan tanda bukti yang sah juga tidak dapat diganggu gugat karena memiliki kekuatan hukum didalamnya.

Tetapi selain sebagai salah satu tanda bukti sah dan berkekuatan hukum, seperti sudah disinggung sebelumnya bila sertifikat sendiri nyatanya juga kerap dijumpai pada gelaran suatu event atau acara seminar. Bahkan bisa dibilang, jika antara seminar dengan sertifikat merupakan dua hal yang saling melekat dan tidak bisa dipisahkan, hal ini dikarenakan dalam sebuah seminar, sertifikat memang memiliki peran penting yaitu sebagai bukti dari keikutsertaan pemiliknya dalam acara yang diselenggarakan tersebut.

Selain sebagai bukti telah berpartisipasi dalam suatu acara seminar, umumnya sebuah sertifikat juga memiliki beberapa manfaat lainnya, yang diantaranya adalah seperti sebagai nilai tambahan saat melamar pekerjaan, menambah daftar pengalaman pada CV, serta memperkuat personal branding. Oleh dikarenkan beberapa manfaatnya tersebut pula, umumnya sertifikat yang diberikan akan memiliki tampilan yang baik. Dan adapun beberapa tools yang dapat digunakan sebagai cara buat sertifikat secara online yang penggunaannya termasuk mudah, diantaranya adalah sebagai berikut:

5 Tools Cara Buat Sertifikat Seminar Secara Online

Selain tema pembahasan bersifat informatif dan souvenir menarik yang diberikan kepada peserta dalam suatu acara seminar, umumnya para peserta yang hadir dan turut berpartisipasi dalam sebuah acara seminar pun juga tidak kalah menantikan adanya sertifikat yang akan diperoleh selepas mengikuti seminar, sebagai bukti keikutsertaan apabila mereka memang benar telah mengikuti acara seminar yang diselenggarakan tersebut, mulai dari awal hingga akhir acara.

Dan bila melihat dari tujuan dibuat atau diadakannya sertifikat tersebut, agaknya memang cukup menjelaskan apabila sertifikat memiliki peran penting dalam berjalannya sebuah acara seminar. Oleh sebab itu, para pihak penyelenggara umumnya akan membuat sertifikat dengan tampilan sebaik mungkin, dan agar proses pembuatan sertifikat dapat berjalan dengan lebih mudah serta menghasilkan tampilan yang memuaskan, agaknya menggunakan beberapa rekomendasi tools cara buat sertifikat seminar berikut ini, dapat dijadikan sebagai pilihan:

1. Microsoft Word

Tools cara buat sertifikat seminar pertama di buka oleh salah satu software paling populer, apalagi jika bukan Microsoft Word. Merupakan program pengolah kata dengan fungsi membuat dokumen teks yang dapat tersimpan secara elektronik, di cetak, maupun dalam format lainnya. Dan bisa dibilang jika Ms Word sendiri sebetulnya sejak dulu sudah banyak digunakan bahkan diandalkan untuk keperluan tersebut.

Namun selain digunakan untuk membuat dokumen berupa teks biasa, dengan mengandalkan banyaknya fitur atau template yang dimilikinya, nyatanya kini Microsoft Word juga sudah menjadi salah satu tools andalan untuk membuat sertifikat seminar dengan cara yang cukup mudah untuk dipraktikkan. Dan adapun cara tersebut, diantaranya adalah seperti langkah membuat sertifikat seminar berikut ini:

1. Buka Microsoft Word pada laptop atau komputer, lalu klik New.

2. Setelah klik New, ketik “Certificate” pada kolom pencarian. Dan setelah itu akan muncul berbagai pilihan model sertifikat yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan juga keinginan.

3. Jika sudah menentukkan satu template sertifikat yang dirasa paling sesuai, maka klik lah template tersebut, lalu klik tombol create.

4. Setelah itu, anda akan masuk pada halaman utama Ms Word dengan template sertifikat yang di klik sebelumnya. Kemudian untuk langkah selanjutnya anda cukup klik dan mengganti bagian bagian dari template tersebut sesuai dengan teks yang ingin di cantumkan seusai pada penempatannya.

5. Selain dapat mengganti kata sesuai dengan kebutuhan, anda juga dapat mengedit warna dan juga menambahkan gambar atau tanda tangan digital sebagai kelengkapan sertifikat.

6. Jika seluruh bagian sertifikat dirasa sudah pas dan selesai di edit, maka langkah selanjutnya sekaligus tahapan terakhir dalam membuat sertifikat adalah menyimpan dengan cara biasa dalam format PDF agar lebih mudah ketika harus di cetak atau dibagikan kepada para peserta seminar dalam bentuk softfile,

2. Google Form

Cara buat sertifikat seminar selanjutnya yang juga tidak kalah mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan google form. Bagi sebagian orang mungkin jika mendengar kara google akan langsung terpikirkan akan mesin pencarian andalan, namun siapa sangka bila ternyata google sendiri justru juga dapat dijadikan sebagai tools membuat sertifikat yang penggunaannya cukup banyak diminati.

Meskipun bila dibandingkan dengan menggunakan Ms Word, cara buat sertifikat seminar dengan google form memang sedikit lebih rumit, namun nyatanya hal tersebut tidaklah menjadi masalah, terlebih setelah anda menyimak langkah langkah berikut ini:

1. Jika belum memiliki akun Google, maka anda diharuskan untuk membuat akun Google terlebih dahulu, namun bila sudah maka anda bisa langsung masuk dalam langkah selanjutnya.

2. Bila akun Google sudah ada atau jadi, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat form terlebih dahulu dengan cara membuka google drive, lalu klik my drive dan pilih new folder setelah itu beri nama folder tersebut sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

3. Setelah folder siap, maka selanjutnya klik my drive kembali lalu pilih google forms setelah itu klik blank form dan buatlah data sesuai yang dibutuhkan untuk membuat sebuah sertifikat. Pastikan selama menginput data, anda selalu mengeklik required setelahnya. Jika seluruh data siap maka selanjutnya klik save.

4. Bila form sudah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah anda harus melihat keseluruhan data menggunakan spreadshet, lalu buat file spreadsheet dengan nama file sesuai kebutuhan.

5. Jika file spreadsheet sudah jadi, anda harus memastikan bila perangkat anda sudah menginstal autocrat. Bila sudah maka selanjutnya anda perlu membuat desain sertifikat terlebih dahulu menggunakan google slides, lalu klik tombol + untuk membuat slide baru.

6. Setelah slide terbuka, maka anda bisa mulai mendesain sertifikat seminar dengan tampilan sesuai kebutuhan.

7. Bila desain sudah jadi, langkah selanjutnya adalah buka file spreadsheet sebelumnya, lalu klik add-ons, pilih autocrat dan klik launch, kemudian tunggu proses hingga terbuka halaman autocrat, setelah itu klik new job.

8. Setelah kilk new job, selanjutnya isi kolom tersebut sesuai kebutuhan isi sertifikat dan jika sudah klik next, kemudian pilih template sertifikat yang sudah dibuat sebelumnya, lalu klik select pada template pilihan.

9. Selanjutnya tentukan data dengan mengatur mapping data sesuai template, setelah sertifikat jadi dan memiliki tampilan serta penulisan tepat, maka langkah selanjutnya ubah type data menjadi PDF dan klik next untuk memilih lokasi penyimpanan. Dan sertifikat seminar pun jadi.

3. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang banyak digunakan untuk membuat grafis bagi beragam keperluan, seperti grafis untuk media sosial, presentasi, poster, hingga berbagai konten visual lainnya, tidak terkecuali sertifikat seminar.

Menyediakan banyak contoh desain kekinian untuk digunakan, menjadikan canva sebagai tools cara buat sertifikat seminar selanjutnya yang juga dapat diandalkan untuk membuat sertifikat seminar secara mudah dengan tampilan bagus. Dan berikut ini adalah cara membuat sertifikat menggunakan Canva yang dapat di ikuti:

1. Cara pertama adalah anda harus membuka laman Canva terlebih dahulu di https://www.canva.com/id_id/ melalui komputer atau laptop.

2. Setelah itu ketik sertifikat pada kolom pencarian.

3. Jika sudah, maka akan muncul beragam template sertifikat yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan juga kebutuhan. Bila sudah menemukan satu template yang dirasa paling tepat, maka klik template tersebut.

4. Setelah template terbuka, selanjutnya anda bisa mulai mengedit template tersebut sesuai dengan kebutuhan. mulai dari bagian teks, warna, ukuran font, jenis font, dsb menggunakan berbagai tools yang tersedia.

5. Jangan lupa pula untuk menambahkan gambar atau grafis pendukung pada sertifikat menggunakan grafis yang tersedia.

6. Jika keseluruhan bagian sertifikat dirasa sudah memiliki kelengkapan yang pas serta tampilan bagus, maka selanjutnya download sertifikat tersebut. Dan sertifikat pun siap untuk di cetak atau dikirimkan langsung sebagai softfile.

4. Corel Draw

Selain Canva, anda juga dapat menggunakan Corel Draw sebagai tools cara buat sertifikat seminar dengan mudah juga memiliki tampilan terbaik. Corel Draw sendiri umumnya dikenal memiliki resolusi file yang besar, sehingga akan meminimilasir kemungkinan sertifikat memiliki tampilan pecah saat di cetak.

Selain itu, aplikasi desain grafis ini pun juga dianggap memiliki sifat user friendly, sehingga bagi para pemula pun rasanya tidak akan merasa kesusahan saat menggunakan Corel Draw ini untuk membuat sertifikat seminar. Adapun langkah langkah yang harus dilakukan untuk membuat sertifikat seminar menggunakan tools ini adalah sebagai berikut:

1. Buka Corel Draw lalu buat lembar kerja baru dengan mengeklik bagian new document.

2. Setelah lembar kerja baru sudah terbuka, maka langkah selanjutnya adalah anda harus membuat ukuran lembar kerja atau dalam hal ini adalah ukuran sertifikat yang dibutuhkan, umumnya berukuran A4 menggunakan rectangel tools.

3. Jika sudah, maka langkah selanjutnya mulai buat desain sertifikat menggunakan tool bernama pen tool. Buatlah desain sesuai dengan kebutuhan dan sebagus mungkin, jangan lupa untuk menyertakan atribut pelengkap juga warna yang serasi.

4. Bila keseluruhan desain sertifikat sudah jadi, maka selanjutnya mulai masukkan teks yang dibutuhkan menggunakan tool bernama teks tools.

5. Setelah seluruh isi dan segala kelengkapan sertifikat dirasa sudah tepat, maka proses membuat sertifikat menggunakan Corel Draw pun telah selesai, dan selanjutnya sertifikat yang sudah dibuat tersebut dapat langsung di save untuk selanjutnya dicetak atau di bagikan kepada para peserta seminar menggunakan format PDF agar lebih mudah di akses.

5. Adobe Photoshop

Bukan hanya Canva atau Corel Draw saja yang direkomendasikan sebagai tools cara buat sertifikat dengan mudah dan hasil bagus, karena selain dua tools tersebut masih ada Adobe Photoshop yang tidak kalah banyak diandalkan oleh para desainer ketika diharuskan membuat sertifikat seminar.

Memiliki barisan tools lengkap sehingga dapat membuat desain sertifikat memiliki kesan seotentik mungkin dikarenakan tampilannya tampak berbeda juga memiliki ciri khas tersendiri yang sulit untuk di tiru. Dan adapun cara mudah untuk membuat sertifikat seminar menggunakan tools ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama anda harus membuka Adobe Photoshop terlebih dahulu, kemudian buatlah lembar kerja baru dengan cara klik Ctrl+N dan atur ukuran lembar kerja dengan ukuran kebutuhan sertifikat, dimana umumnya memiliki ukuran A4 juga beresolusi 300 pixel per inci.

2. Setelah lembar kerja siap pakai, maka selanjutnya anda bisa mulai membuat desain sertifikat menggunakan berbagai tools yang disediakan oleh Adobe Photoshop, misalnya menggunakan rectangel tool dan custom shape tool.

3. Buatlah desain sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan, jangan lupa juga untuk memberikan warna yang tampak serasi, dan atribut pelengkap pula.

4. Bila desain sudah jadi secara keseluruhan, maka langkah selanjutnya anda bisa mulai mengisi desain tersebut dengan berbagai teks yang dibutuhkan dengan cara mengeklik icon teks. Jangan lupa untuk menyesuaikan antara ukuran, jenis font, dan posisi teks sesuai kebutuhan serta keserasian pada desain.

5. Bila seluruh desain, kelengkapan, dan teks pada sertifikat dirasa sudah memiliki tampilan yang pas dan memuaskan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengesave desain sertifikat dan pilih format yang dibutuhkan untuk selanjutnya di cetak atau di kirimkan pada para peserta seminar.

Itulah dia rekomendasi 5 tools cara buat sertifikat seminar yang dirasa memiliki cara paling mudah, cepat, juga hasil memuaskan saat anda diharuskan untuk membuat sertifikat seminar dengan waktu singkat namun berpenampilan baik. Dan melalui beberapa rekomendasi mengenai tools membuat sertifikat di atas, di harapkan kemampuan serta hasil sertifikat anda kedepannya dapat semakin baik, sehingga para peserta yang akan mendapatkan sertifikatnya selepas mengikuti seminar bukan hanya terkesan dengan jalannya seluruh rangkaian acara seminar saja, melainkan juga pada tampilan sertifikat yang di dapatkannya untuk selanjutnya di simpan.

 

Dalam sebuah acara seminar peran dari adanya sertifikat memang penting, namun adanya seminar kit menarik pun nyatanya juga tidak dapat dipungkiri menjadi nilai plus sekaligus daya pikat tersendiri yang membuat para peserta seminar menjadi semakin semangat dalam mengikuti seluruh gelaran acara seminar. Dan diantara banyaknya jenis barang fungsional menarik, agaknya tas merupakan salah satu jenis barang yang bisa dibilang paling diharapkan oleh para peserta.

Maka dari itu, tidak lah mengherankan apabila saat ini banyak pihak penyelenggara seminar juga lebih memilih tas sebagai seminar kitnya ketimbang barang lainnya. Terlebih tas kini juga dapat di custom dengan aneka model, desain, ukuran, material pembuatan, hingga atribut yang berkaitan dengan tema acara dan logo sebagai identitas pihak penyelenggara. Sehingga pihak penyelenggara dapat mempersiapkan souvenir tas yang lebih sesuai dengan kebutuhan serta budget.

Namun untuk mendapatkan tas dengan spesifikasi unggul yang seusai dengan harapan, tentu anda akan membutuhkan peran dari adanya vendor pembuatan tas custom seperti Karya Bintang Abadi yang dikenal sebagai pabrik tas custom berpengalaman, terpercaya dan dapat diandalkan selama 10 tahun lebih berkarya. Dengan mempercayakan kebutuhan tas custom pada pabrik tas custom ini, dijamin anda akan mendapatkan kepuasan dari hasil produk tas.

Hal tersebut karena pada dasarnya Karya Bintang Abadi adalah pabrik tas yang memiliki banyak pilihan model serta desain tas kekinian yang di buat menggunakan bahan berkualitas oleh SDM berkompeten. Sehingga baik dari detail tampilan, kekuatan, kerapihan, keawetan, lama waktu pengerjaan, hingga harga tidak perlu lagi di ragukan, karena Karya Bintang Abadi memastikan bila seluruh tas pesanan yang dibuat akan memiliki spesifikasi terbaik juga sesuai dengan ekspetasi anda.

Selain itu pabrik tas ini juga tidak pernah lupa untuk memastikan para customernya mendapatkan pelayanan terbaik dengan cara pemesanan aman, cepat dan mudah, baik secara online maupun offline melalui dampingan customer service ramah dan sigap. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil terbaik dan paling memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi terkini juga menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

model tas bulan Maret
Informasi

10 Model Tas Trendy di Bulan Maret 2024

Sejak dahulu, bisa dibilang jika perkembangan yang terjadi dalam dunia mode memang lah sangat pesat. Dimana, diantara banyaknya jenis barang fashion yang diketahui selalu mengalami

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp