fbpx

Kenali Ukuran Standar ID Card dan Fungsinya

ukuran standar ID card

bagikan artikel ini kepada teman

ID card agaknya tentu bukan lagi menjadi hal asing untuk didengar apalagi dimiliki serta digunakan. Dan sebelum mulai membahas terkait ukuran standar dari ID card, sepertinya ada baiknya bila kita membahas terlebih dahulu terkait apa yang dimaksud dengan ID card itu sendiri beserta dengan bagaimana cara memilih ID card yang tepat, seperti berikut ini:

ID card sendiri sebetulnya dapat diartikan sebagai tanda pengenal diri seseorang yang berisikan berbagai informasi pribadi, baik itu nama panjang, tempat/tgl lahir, alamat, dsb. Biasanya sebuah ID card juga akan di lengkapi dengan foto dari pemilik identitas tersebut yang berguna sebagai bukti sekaligus kemudahan dalam pencocokan antara data identitas yang tercantum dengan pembawa identitas tersebut.

Untuk jenis ID card sendiri tentu ada beragam, sebut saja seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Izin Mengemudi), kartu pelajar, dsb. Namun banyak orang bila mendengar sebutan ID card akan cenderung langsung memikirkan bentuk atau jenis ID card kartu karyawan yang biasanya digunakan oleh para karyawan, baik dengan cara di gantungkan menggunakan card holder maupun di kaitkan pada baju sebagai tanda pengenal selama berada di lingkup perusahaan.

Karena digunakan dalam banyak keperluan dan umumnya akan digunakan dalam jangka waktu lama, tentu dalam pembuatannya, ID card diharuskan untuk memiliki spesifikasi baik agar memiliki bentuk yang tetap kokoh dan tulisan terbaca jelas meski sudah digunakan dalam waktu lama. Adapun 2 hal wajib yang utama untuk diperhatikan dalam pemilihan ID card, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bahan ID card  

Karena akan digunakan dalam jangka waktu lama, maka dalam pemilihan bahannya, sebuah ID card haruslah dibuat menggunakan material yang memiliki karakteristik kuat, kokoh, tahan air, dan mudah untuk diberikan cetakan tulisan maupun desain lainnya.

Untuk jenis materialnya sendiri sebetulnya juga dapat di sesuaikan dengan peruntukkan dari ID card tersebut. Contohnya untuk ID card standar bisa menggunakan bahan PVC namun untuk ID card yang sekaligus dijadikan sebagai kartu untuk transaksi dan juga scan accsess bisa menggunakan bahan jenis proximity maupun mifare.

2. Bentuk atau ukuran ID card 

Saat membuat sebuah ID card pastikan bila bentuk yang dikehendaki tersebut tidak menyulitkan penggunanya. Umumnya ID card akan memiliki bentuk standar yaitu persegi panjang baik landscape maupun potrait dengan ukuran yang beragam. Bentuk ini dianggap yang paling cocok karena dapat menampung beragam tulisan terkait data dengan baik juga bentuknya tidak akan menyulitkan pengguna baik saat menyimpan maupun ketika sedang digunakan.

Diantara banyaknya hal yang perlu diperhatikan, sebut saja seperti pemilihan warna maupun desain ID card, kedua hal yang sudah disebutkan di atas merupakan hal yang utama untuk diperhatikan terlebih dahulu sebelum membuat ID card sendiri. Selain itu, umumnya ID card juga hadir dengan beberapa variasi ukuran dan fungsi seperti berikut ini:

Kenali Ukuran Standar ID Card dan Fungsinya

Seperti sudah disinggung pada penjelasan sebelumnya, bila ID card memang terdiri dari banyak jenis dengan bentuk, ukuran serta penggunaan yang beragam pula. Namun bila membahas terkait pemilihan ukuran ID card sendiri pun juga sebetulnya dapat disesuaikan kembali dengan keinginan serta kebutuhan penggunanya. Tetapi banyak pengguna yang memilih ukuran tersebut berdasarkan tujuan penggunaan dan material pembuatannya. Adapun daftar ukuran ID card yang umum digunakan berdasarkan penggunaannya diantaranya sebagai berikut:

1. Ukuran ID card KTP, SIM, E-money 
Untuk jenis ID card kali ini memang adalah yang paling umum dimiliki oleh masyarakat, mengingat penggunaan kartu kartu tersebut yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Bila membahas terkait ukurannya, baik ukuran KTP, SIM, maupun E-money memang dilengkapi dengan ukuran yang sama, yaitu 8,56 cm x 5,4 cm atau 85,60 mm x 53.98 mm. Ukuran yang digunakan oleh standar umum nasional di Indonesia tersebut merupakan penyesuaian terhadap standar ukuran internasional yang berlaku.

2. Ukuran Kartu Nama 

Selain KTP, pada umumnya banyak orang juga akan menggunakan kartu nama atau kerap juga disebut sebagai bussiness card sebagai tanda pengenalan diri beserta profesinya guna kepentingan tertentu. Karena seperti julukannya, biasanya kartu ini digunakan oleh orang tertentu guna mendukung pengenalan dirinya beserta dengan usaha atau profesi yang dijalani, sehingga tidak semua orang akan memiliki jenis kartu ini. Sama halnya dengan  KTP dan kartu identitas sebelumnya, kartu nama umumnya juga memiliki 2 ukuran yang biasa digunakan yaitu ukuran 9 cm x 5.5 cm dan 8 cm x 5.3 cm.

3. Ukuran Kartu Karyawan 

Banyak orang bila membahas terkait ID card maka akan langsung terpikirkan bentuk atau jenis kartu satu ini. Hal tersebut sebetulnya juga tidak lah salah, karena dalam kartu yang dikhususkan untuk karyawan sebuah perusahaan ini memang terdapat beberapa informasi seputar data diri sebagai tanda pengenal dari penggunanya.

Biasanya digunakan dengan cara digantung pada leher menggunakan strap yang biasanya disebut sebagai card holder atau bisa juga dikaitakan pada saku baju penggunanya. Dan karena cara penggunaannya tersebut, untuk kartu karyawan ini sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya seperti ukuran B1 (10,2 cm x 6,5 cm) dan B2 (12,5 cm x 7,9 cm) yang paling banyak digunakan, namun tidak jarang juga ada yang menggunakan ukuran B3 sampai B6.

Bila membahas jenis ID card memang sebetulnya ada banyak, namun keseluruhannya tersebut biasanya memiliki ukuran yang serupa dengan 3 contoh ID card diatas. Setelah mengetahui tentang ukuran standar ID card yang banyak digunakan tersebut, maka rasanya akan kurang afdol bila tidak membahas pula terkait fungsi sebetulnya dari ID card itu sendiri. Jadi sebetulnya ID card memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan atau kegiatan sehari hari manusia, diantaranya seperti berikut ini:

1. Sebagai tanda pengenal

Fungsi utama dari sebuah ID card tentu saja adalah sebagai sebuah tanda pengenal seseorang yang biasanya berisikan berbagai informasi tentang data pribadi seperti yang sudah disinggung sebelumnya dalam pembahasan terkait pengertian dari ID card. Dan bila melihat isi data dari ID card tersebut, tentu benda ini merupakan sesuatu yang penting untuk dimiliki sekaligus dibawa dalam berbagai kegiatan. Dalam hal ini, untuk ID card yang dimaksud sendiri bisa berupa KTP, SIM, maupun kartu pelajar.

2. Pemindai suatu jabatan

Dalam hal ini untuk ID card yang dimaksud adalah berupa kartu karyawan yang banyak diberikan oleh suatu perusahaan bagi para karyawannya dan biasanya perusahaan yang memberlakukan ID card ini adalah jenis perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan. Adanya ID card sendiri sebetulnya difungsikan sebagai tanda pengenal dari masing masing karyawannya baik untuk nama maupun jabatan yang diduduki, hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pimpinan maupun antar karyawan dalam membedakan antar divisi dan distribusi tugas agar lebih sesuai dengan jobdesk.

3. Sebagai access control

Pada beberapa usah atau kegiatan biasanya akan memiliki tempat atau ruangan khusus yang tidak bisa dimasuki oleh sembarangan orang, dan dalam hal ini peran sebuah ID crad juga akan sangat dibutuhkan untuk di andalkan. Umumnya beberapa perusahaan atau kegiatan akan memberlakukan sebuah akses control atau akses masuk secara khusus ke dalam sebuah ruangan dan di haruskan menggunakan adanya ID card sebagai tanda pengenal bila orang tersebut memang merupakan salah satu orang yang mendapatkan akses untuk masuk dan melakukan beberapa keperluan di dalam sebuah kegiatan atau ruangan tersebut.

4. Verifikasi pembayaran

Selain digunakan sebagai tanda pengenal, ada beberapa jenis ID card yang juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan sebuah verifikasi pembayaran atau kartu pembayaran. Hal ini dikarenakan dalam ID card tersebut sudah terpasang chip yang menyimpan berbagai informasi terkait data pribadi pengguna bahkan termasuk tanda tangan atau data biometris guna memudahkan sinkronisasi dengan data keamanan perbankan.

5. Mendukung penampilan atau kepercayaan diri penggunanya

Untuk fungsi berikut ini sebetulnya akan lebih dirasakan oleh pengguna dengan ID card jenis kartu karyawan maupun kartu nama. Hal ini dikarenakan, sebagai sebuah karyawan maupun seorang pelaku usaha tentu saja bisa memanfaatkan adanya sebuah ID card untuk mendukung kepercayaan diri saat bertemu dengan client atau customer guna mengenalkan diri beserta beberapa benefit dari jabatan maupun usaha yang dimiliki sehingga dapat memberikan kesan penampilan lebih baik karena kepercayaan diri yang meningkat sekaligus kepercayaan dari lawan bicara.

Itu dia sedikit pembahasan terkait ukuran maupun fungsi dari ID card yang merupakan barang kecil dengan banyak tujuan penggunaan. Seperti sudah disinggung sebelumnya, bila dalam memilih sebuah ID card pastikan bila sudah memerhatikan berbagai hal yang dirasa penting untuk  mendukung peruntukkan dan juga kenyamanan saat menggunakan ID card , terlebih bila ID card tersebut digunakan sebagai tanda pengenal yang harus digunakan secara terlihat bukan hanya digunakan ketika dibutuhkan saja.

 

ID card memang adalah sebuah barang yang memiliki kepentingan besar bagi kehidupan sehari hari, maka tidak heran bila saat ini banyak acara atau perusahaan yang menjadikan ID card sebagai keperluan penting dalam menjalankan kegiatannya. Dan hal tersebut juga lah yang menjadikan alasan dari beberapa orang atau kelembagaan dan perusahaan memilih menjadikan card holder sebagai salah satu souvenir atau media promosinya dengan menambahkan beberapa detail kecil terkait usaha atau kegiatannya.

Umumnya pemberian card holder tersebut akan disertakan dengan barang lain yang umumnya berupa tas model goodie bag atau totebag dengan tujuan untuk semakin menarik minat dari peserta maupun customer yang ada. Namun bila dilihat dari penggunaannya tersebut, tentu dalam pemilihan card holder maupun tasnya diperlukan adanya perhatian khusus agar tujuan dari adanya kedua barang tersebut dapat bekerja lebih maksimal, yaitu dengan memberikan barang dengan kualitas terbaik namun tetap aman di budget.

Dan dalam hal ini, maka memilih jasa sebuah pabrik tas custom andalan seperti Karya Bintang Abadi adalah pilihan yang tepat, karena bukan hanya bisa membantu dalam hal pembuatan tas custom saja, melainkan juga beserta dengan menyediakan komponen lain yang dibutuhkan, contohnya seperti card holder. Untuk kualitas dari keduanya pun juga tidak perlu diragukan lagi, karena dalam setiap memproduksi pesanan customer, pabrik tas satu ini selalu memperhatikan berbagai hal untuk menghasilkan produk berkualitas dan bermutu unggul

Memiliki berbagai model serta desain tas kekinian yang pastinya dibuat menggunakan bahan pilihan berkualitas atau bisa juga disesuaikan dengan request dari customer. Selain itu seluruh pesanan yang masuk juga akan dibuat di pabrik sendiri oleh tenaga ahli profesional yang memperhatikan setiap detail kerapian tas, sehingga produk yang dihasilkan tentu akan memiliki tampilan serta kekuatan juga daya tahan baik.

Bukan hanya itu saja, Karya Bintang Abadi juga dikenal memiliki pelayanan baik juga cara pemesanan mudah baik secara online maupun offline. Dibantu oleh para customer service ramah juga tanggap dalam membantu segala kebutuhan tas custom  customer, mulai dari menjelaskan terkait detail produk beserta estimasi harga hingga saat melakukan proses pemesanan dengan cepat dan mudah. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak selalu update dan tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp