Sebelum membahas lebih lanjut tentang tips menyiapkan goodie bag tour untuk para peserta rombongan wisata, dalam hal ini dapat diketahui jika yang dimaksud dengan goodie bag sendiri sebetulnya memang adalah sebuah gambaran bagi suatu model tas jinjing atau kantong, yang umumnya sengaja dibuat menggunakan bahan baku khusus, yaitu bahan non woven seperti spunbond, kanvas, atau kertas. Dimana isi dari goodie bag ini pun biasanya akan berisikan berbagai macam barang kecil yang umumnya sengaja diberikan sebagai hadiah, bingkisan, atau kenang kenangan kepada tamu, pengunjung atau peserta yang hadir dalam suatu acara, kegiatan, atau event.
Dan karena secara rinci keberadaan dari adanya goodie bag ini biasanya akan dijadikan sebagai wujud nyata rasa apresiasi dengan cara memberikan kenangan manis dari penyelenggara kepada tamu atau peserta yang telah hadir dan ikut berpartisipasi dalam suatu agenda kegiatan. Maka wajar saja bukan jika didasarkan dari alasan itu juga lah, kini mulai banyak agen tour dan travel yang secara sengaja menghadirkan goodie bag sebagai bingkisan untuk pada peserta tour rombongannya. Karena sebetulnya selain dapat menjadi bentuk nyata ucapan terimakasih dan apresiasi fungsinya sebagai kenang kenangan pun umumnya juga dapat sekaligus dimanfaatkan untuk kepentingan lain.
Dimana adapun kepentingan lain yang dimaksud tersebut pun tentu saja berkaitan dengan urusan usaha promosi jangka panjang dan branding bisnis penyedia biro perjalanan. Yang mana, adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan selain bisa berfungsi sebagai kemasan yang praktis untuk menampung souvenir, merchandise, atau barang barang lain yang ingin dibagikan, keberadaan dari goodie bag ini pun pada dasarnya juga dikenal dapat menjadi alat bagi para pelaku bisnis agen perjalanan untuk mempromosikan atau bahkan memperkenalkan layanan mereka kepada publik dengan cara yang lebih efisien dan efektif namun juga sekaligus berkesan.
Apalagi selain dapat dimanfaatkan sebagai media iklan berjalan, pemanfaatan goodie bag tour sebagai bagian dari bingkisan yang diberikan kepada para peserta tour rombongan pun pada dasarnya juga dimaksudkan pula untuk me-recall ingatan para pesertanya akan kenangan yang sudah mereka lalui pada saat menggunakan layanan jasa agen tour dan travel tersebut. Sehingga dengan kenangan yang dimilikinya tersebut, tentu saja bukan tidak mungkin jika suatu hari ketika mereka ingin mengadakan agenda wisata bersama lagi, mereka akan mempercayakan segala urusan perjalanan dan wisata tersebut kepada agen tour sebelumnya kembali.
Oleh sebab itu, agar nantinya manfaat tambahan tersebut dapat sungguhan berjalan sesuai dengan tujuan pengadaan goodie bag dan dapat menghasilkan hasil yang optimal, maka sangat diwajibkan bagi para agen perjalanan ini untuk menyiapkan goodie bag yang dibuat secara custom dan dicetak dengan logo, nama biro, atau desain yang relevan dengan branding, serta menyesuaikan juga isinya dengan barang barang keperluan yang sekiranya dibutuhkan dan dapat dimanfaatkan oleh para peserta tour rombongan selama mereka mengikuti agenda perjalanan wisata tersebut, maupun setelah agenda perjalanan wisata tersebut selesai dilakukan.
Daftar Isi
ToggleTips Menyiapkan Goodie Bag untuk Tour Rombongan

Karena memiliki fungsi yang bisa dibilang cukup kompleks, tentu wajar saja bukan jika didasarkan oleh alasan tersebut keberadaan dari goodie bag tour pun kemudian juga dianggap sebagai salah satu elemen yang penting dan bermanfaat bagi sebuah agen tour. Meskipun memang bukan kebutuhan yang mutlak, namun tetap saja peran dari keberadaan dari goodie bag ini umumnya sangat direkomendasikan untuk diadakan, karen merupakan bentuk dari investasi yang relatif kecil tetapi dikenal memiliki dampak besar dalam pemasaran jangka panjang dan memperkuat loyalitas klien,terutama dalam industri travel yang memang sangat bergantung pada kepercayaan dan kesan positif.
Dan karena alasan itu juga lah, goodie bag yang bisa dipakai untuk memaksimalkan tujuan pengadaanya tersebut pun diharuskan memiliki visibilitas jangka panjang, sehingga ketika peserta tour rombongan ingin menggunakannya kembali dalam perjalanan berikutnya atau untuk kegiatan sehari hari, goodiebag tour tersebut dapat terus berfungsi sebagai billboard berjalan yang efektif dan efisien dalam meningkatkan brand awareness agen tour. Apalagi adanya hal tersebut pun umumnya juga dinilai dibutuhkan, karena goodie bag tour dengan tampilan baik akan membuat peserta bisa terus mengingat pengalaman positif mereka dengan agen setiap kali menggunakan goodie bagnya.
Selain itu, keberadaan dari goodie bag tour ini pun umumnya juga harus dipersiapkan sebaik mungkin supaya nantinya dapat sungguhan membantu meningkatkan pengalaman dan kepuasan peserta tour dengan pelayanan yang diberikan oleh agen perjalanan. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja dikarenakan pemberian goodie bag ini sendiri yang pada dasarnya seperti menunjukkan bahwa agen perjalanan dalam proses pelayanannya memang sungguhan menghargai klien, dan telah mempersiapkan detail kecil untuk kenyamanan mereka selama perjalanan, yang kemudian akan menciptakan kesan profesional dan perhatian terhadap detail untuk meningkatkan value.
Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memastikan jika setiap persiapan yang dilakukan untuk menghadirkan goodie bag ini sudah dirancang dan direncanakan dengan matang. Karena meskipun secara bentuk goodie bag ini hendaknya memang adalah jenis tas yang sederhana, namun justru disitulah letak kesulitannya. Mengingat dengan bentuk atau tampilan visualnya yang sederhana tersebut, para agen tour tentu ditantang untuk bisa memberikan kesan menarik dan berkesan yang optimal, tetapi tetap relevan dengan tujuan pengadaan dan citra diri sebagai agen atau biro perjalanan wisata yang profesional, sebagaimana disebutkan dan dijelaskan pada 4 tips menyiapkan goodie bag tour bagi peserta tour rombongan berikut ini:
Perhatikan Relevansinya dengan Peserta

Tips pertama dan utama yang harus diperhatikan ketika akan atau sedang mempersiapkan goodie bag tour untuk para peserta rombongan tour adalah memperhatikan relevansi antara goodie bag tas tersebut dengan tipe pesertanya. Dimana tipe yang dimaksud disini pun bisa didasarkan oleh beragam hal, mulai itu dilihat dari rentan usia mereka, jenis rombongan (keluarga, rekreasi sekolah, komunitas, atau perusahaan), tujuan diadakannya agenda wisata, durasi waktu perjalanan, hingga jenis destinasi yang akan dikunjungi. Karena tidak dapat dipungkiri, jika hal ini umumnya memang sangat krusial dan akan sangat berpengaruh bagi nilai perceived value dan brand image tour.
Sehingga mempersiapkan goodie bag tour sesuai dengan preferensi klien juga jenis peserta tentu saja sangat penting untuk dilakukan oleh para agen tour and travel, karena pengadaan dari goodie bag yang tidak relevan pun ibaratnya juga hanyalah pemborosan uang. Jadi untuk memastikan jika keberadaan dari goodie bag tersebut sungguhan mampu membantu meningkatkan utility dan daya tarik biro perjalanan di mata para klien atau peserta rombongan tour, tentu ada baiknya untuk menentukan konsep yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan mereka. Apalagi dengan memikirkan detail ini pun peserta juga akan merasa jika agen betulan memikirkan kebutuhan mereka.
Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja akan menghasilkan apresiasi yang lebih mendalam, dan ampuh untuk membantu menciptakan kesan positif jangka panjang yang berimbas pada terciptanya loyalitas pelanggan, serta dapat mencerminkan dan menunjukkan pula bahwa agen perjalanan adalah biro profesional, terorganisir, dan peduli terhadap kenyamanan klien sekecil apa pun. Oleh sebab itu, dikarenakan alasan alasan tersebut wajar saja bukan jika keberadaan dari goodie bag tour yang relevan ini pun kemudian dianggap sebagai salah satu media promosi yang berkesan dan bermakna mendalam, namun juga memiliki efisiensi biaya yang maksima.
Isi dengan Barang yang Fungsional Bagi Perjalanan Peserta

Selain harus memperhatikan relevansi tampilan goodie bag dengan tipe atau jenis peserta rombongan tour, umumnya dalam langkah mempersiapkan goodie bag tas selanjutnya, supaya nantinya dapat memiliki spesifikasi yang sesuai dengan peserta rombongan tour, hendaknya sebagai pihak penyelenggara atau agen tour pun kita akan diharuskan pula untuk selalu memperhatikan isi barang yang akan diberikan. Dimana dapat diketahui jika dalam urusan menyiapkan goodie bag tas untuk peserta tour rombongan ini, mengisi dengan barang yang fungsional bagi perjalanan peserta adalah kunci strategi yang memiliki banyak manfaat strategis.
Karena tidak dapat dipungkiri, jika adanya hal ini pun sebetulnya juga bukan hanya seperti sekadar memberikan hadiah untuk menyenangkan para peserta rombongan tour saja, tetapi juga ini tentang perkara bagaimana mengubah hadiah menjadi alat marketing yang efektif dan pengalaman positif bagi pelanggan, yang tentunya nanti dapat membuat agen tour and travel lebih menonjol dari kompetitor. Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut, ada baiknya untuk memperhatikan jenis barang yang akan diberikan, dan mengutamakan jenis barang fungsional yang dapat segera digunakan oleh peserta sejak hari pertama tour.
Yang mana, adanya hal tersebut pun tentu saja dimaksudkan untuk membuat para peserta rombongan tour merasa goodie bag yang diberikan kepada mereka benar benar bernilai dan bukan hanya “sampah” yang akan dibuang saat sampai di rumah. Selain itu, menggunakan barang barang fungsional seperti hand sanitizer, handuk kecil, botol minum beserta isinya, topi, dsb pun umumnya juga dianggap dapat membuat para peserta merasa agen travel peduli dan memikirkan kebutuhan praktis mereka selama perjalanan, serta secara tidak langsung juga seperti memberikan mereka kenang kenangan sambil mengatasi kebutuhan tak terduga yang membuatnya lebih berkesan dan bermakna.
Sertakan Materi Branding yang Jelas

Sebagai komponen yang memiliki peran untuk mempromosikan pelayanan jasa dan meningkatkan brand awareness suatu biro perjalanan, tentu sudah barang pasti jika tips menyiapkan goodie bag tour untuk para peserta rombongan tour selanjutnya adalah harusnya menyertakan adanya materi branding yang jelas. Dimana dapat dikatakan jika tips ini pada dasarnya memang adalah salah satu langkah strategis yang sangat penting untuk dilakukan karena memiliki tujuan utama bukan hanya sekadar memberi hadiah kepada para peserta saja, tetapi juga sekaligus sebagai usaha memanfaatkan kesempatan berinvestasi dalam pemasaran jangka panjang.
Sehingga agar usaha menciptakan iklan berjalan bisa berlangsung untuk jangka waktu panjang, maka ada baiknya untuk memaksimalkan eksposur tampilan goodie bag tersebut dengan atribut atribut desain yang optimal dan berkelanjutan dengan selalu mempertimbangkan visibilitas, keterbacaan, dan daya tarik fungsionalitas. Misalnya saja seperti dengan memperhatikan penempatan logo di posisi yang strategis dan dominan agar mudah dikenali dari jarak tertentu, tetapi tidak terlalu besar sehingga menghilangkan estetika tas. Menggunakan desain yang minimalis dan clean, karena desain ramai biasanya malah akan tampak berantakan dan mengurangi fokus pada branding.
Pilih kombinasi warna yang kontras dan konsisten, serta gunakan tipografi yang mudah dibaca, karena warna juga tipografi ini sebetulnya memang adalah elemen yang secara tidak langsung dapat mengkomunikasikan identitas brand dengan cepat, dan dapat membangun sekaligus memperkuat brand awareness yang jelas pada goodie bag, karena akan memastikan bahwa agen selalu ada di benak pelanggan dan calon pelanggan. Terlebih, dengan menggunakan goodie bag yang dirancang secara baik, berkualitas, dan memiliki branding profesional, hal tersebut pun umumnya juga dinilai dapat menunjukkan keseriusan dan perhatian agen terhadap detail.
Pertimbangkan Aspek Budaya atau Tema Destinasi

Mempertimbangkan kesesuaian aspek budaya dengan tema destinasi bisa dibilang juga bisa menjadi tips selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika menyiapkan goodie bag tour untuk para peserta rombongan tour. Dimana dapat dikatakan jika perkara mempertimbangkan aspek budaya dan tema destinasi ini sebetulnya adalah strategi yang jauh melampaui sekadar memberikan hadiah, karena diharapkan dapat bertujuan untuk memperkaya pengalaman peserta, menunjukkan penghargaan, dan meningkatkan kualitas branding agen tour juga. Karena tidak dapat dipungkiri, jika menghadirkan goodie bag dengan look khusus ini tentu akan membuatnya semakin berkesan.
Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika perkara mempertimbangkan hal ini pun kemudian dianggap sebagai bagian integral dari keseluruhan pengalaman tour, dan menjadikan keberadaan goodie bag bukan hanya sebagai bingkisan semata, melainkan juga penyambung memori yang akan langsung mengingatkan peserta rombongan tour pada destinasi yang baru saja mereka kunjungi, dan membantu mereka dalam menciptakan dan mengabadikan kenangan manis, karena peserta merasa bahwa goodie bag tersebut unik dan otentik, serta tidak hanya berisikan barang barang promosi generik yang bisa mereka temukan di mana saja.
Selain itu, memberikan goodie bag tour yang disesuaikan dengan aspek budaya atau tema destinasi perjalanan wisata para peserta rombongan tour pun umumnya juga bisa dianggap sebagai aksi untuk menunjukkan penghargaan terhadap budaya destinasi. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja berkonotasi positif, karena secara tidak langsung keberadaan dari goodie bag tersebut dapat menjadi media edukasi ringan yang memperkenalkan ciri khas, sejarah singkat, hingga filosofi budaya destinasi tersebut, yang tentu saja membuat biro perjalanan tampak lebih menonjol di tengah persaingan dengan kesan mendalam.
Dan karena mulai dianggap sebagai komponen penting yang akan membantu kemaksimalan eksposur suatu bisnis biro perjalanan, agaknya memang menjadikan keberadaan dari goodie bag tour ini menjadi hal krusial yang harus selalu diperhatikan, khususnya pada proses pengadaannya. Karena tidak dapat dipungkiri, selain daripada diharuskan untuk memiliki tampilan menarik yang bermakna dan berkesan untuk disajikan atau dibagikan. Adanya sebuah goodie bag tour yang baik pun hendaknya juga perlu memiliki nilai fungsional tinggi dengan kapasitas memadai, sehingga dapat sungguhan dimanfaatkan untuk menunjang kemudahan perjalanan para peserta tour.
Namun untuk mendapatkan goodie bag sesuai dengan spesifikasi khusus yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan tips menyiapkan goodie bag untuk peserta rombongan tour, sebagaimana sudah dibahas, baik itu terkait bentuk , desain, ukuran, materi branding, maupun jumlah peserta dan budget yang dimiliki. Tentu sebagai pihak penyelenggara, suatu agen perjalanan hanya bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada goodie bag tournya jika membuat pengadaan tas tersebut dengan cara mengcustomnya pada sebuah jasa pembuatan tas custom terbaik, terpercaya serta berpengalaman, contohnya saja seperti Karya Bintang Abadi.
Dimana dapat dikatakan jika Karya Bintang Abadi ini sendiri sebetulnya memang adalah salah satu pabrik tas seminar custom berpengalaman juga andalan yang sudah berdiri selama lebih dari 10 tahun dengan segudang pencapaian berharga. Sehingga bagi para customer yang ingin mempercayakan kebutuhan tas customnya tentu tidak perlu ragu lagi. Karena selain memiliki banyak pilihan model serta desain tas, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui memiliki produk tas dengan detail tampilan terbaik, kualitas serta mutu terjamin, proses pengerjaan cepat, hingga harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, serta budget customer.
Apalagi dirinya pun diketahui juga selalu memberikan pelayanan terbaik baik secara online maupun offline, melalui cara pemesanan yang mudah dan cepat, serta proses pemesanan aman karena sudah sah secara hukum dan berlegalitas. Jadi dengan segala keunggulan dan kemampuan yang dimilikinya tersebut, tunggu apalagi? Langsung saja hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan goodie bag tour, maupun jenis tas lainnya, terutama untuk tas guna keperluan bersifat komersil, yang umumnya membutuhkan spesifikasi khusus dan harus sesuai dengan preferensi, agar hasilnya bisa maksimal.



