fbpx

Arti Conference, Penjelasan, Tujuan, Serta Jenisnya

conference adalah

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum masuk dalam pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan conference beserta tujuan serta jenisnya, tentu kita semua setuju bukan jika conference adalah salah satu kegiatan atau acara yang sering diadakan di Indonesia. Dan, dapat diketahui jika Indonesia sendiri sebetulnya pun diketahui pernah menjadi tuan rumah dari berbagai macam konferensi, baik itu yang bertaraf internasional, regional, maupun nasional disetiap tahunnya. Yang mana, acara konferensi tersebut pun umumnya juga akan meliputi berbagai bidang, mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis, kesehatan, pendidikan, budaya, dan lain sebagainya.

Dimana, biasanya acara sejenis conference ini pun diketahui akan lebih banyak diadakan di beberapa kota besar di Indonesia, diantaranya seperti  Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Mengingat beberapa kota besar tersebut umumnya memang sering dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan sebuah conference dikarenakan kota kota tersebut yang dinilai memiliki infrastruktur memadai dan daya tarik memikat. Yang mana, adanya hal tersebut pun tentu tidak terlepas dari acar seperti conference yang umumnya merupakan jenis event terorganisir dengan maksud pengadaan penting dan perlu melibatkan sejumlah orang dalam bidang tertentu.

Oleh sebab itu, hendaknya penyelenggaraan sebuah acara sejenis conference ini pun umumnya akan dipersiapkan seruntut serta sebaik mungkin agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Sehingga memang dibutuhkan adanya concern khusus dalam persiapannya. Mengingat, pengadaan acara seperti conference dalam hal ini juga diketahui memang memiliki berbagai kelebihan dan sejumlah kekurangannya sendiri, tergantung pada tujuan, skala, hingga konteksnya. Dan adapun beberapa kelebihan serta kekurangan dari acara ini yang perlu untuk diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan dari adanya conference:

1. Terjadinya Pertukaran Pengetahuan dan Pengalaman: Pengadaan jenis kegiatan seperti conference dalam hal ini diketahui memiliki kelebihan utama berupa dapat memberikan pengetahuan juga pengalaman bagi para peserta, baik dari segi keprofesionalitasan maupun akademis. Mengingat adanya conference biasanya memang maksudkan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan, ide, dan pengalaman antara peserta.

2. Membangun Networking: Diadakannya conference dalam hal ini diketahui juga dapat memberikan kelebihan berupa perluasan networking. Dikarenakan pada acara sejenis conference ini para peserta memiliki kesempatan untuk berkenalan dan berinteraksi dengan peserta lain dalam bidang yang sama, sehingga memungkinkan untuk dapat membuka peluang kolaborasi di masa depan.

3. Pengembangan Keterampilan: Dapat menjadi wadah atau media untuk mengembangkan keterampilan seseorang dalam bidang tertentu bisa dibilang juga merupakan salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh acara sejenis conference ini dan membuatnya cukup banyak diselenggarakan, baik dalam bidang teknologi, bisnis, pendidikan, dsb.

4. Meningkatkan Visibilitas: Pengadaan acara sejenis conference dalam hal ini diketahui juga dapat mendatangkan kelebihan atau keuntungan berupa peningkatan visibilitas bagi suatu organisasi atau perusahaan yang menyelenggarakannya. Yang mana, adanya peningkatan visibilitas ini pun nantinya dinilai dapat  dan memperkuat citra merek mereka menjadi semakin kuat.

5. Memperluas Wawasan: Karena pengadaan sebuah conference umumnya dimaksudkan untuk membahas suatu topik, tentu adanya hal tersebut secara tidak langsung pun membuat acara sejenis conference ini dikenal dapat membantu para pesertanya memperluas wawasan mereka tentang isu-isu terkini dalam bidang tertentu. Sehingga nantinya bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tren dan perkembangan terbaru.

6. Menginspirasi dan Memotivasi: Bukan hanya memiliki kelebihan berupa dapat memperluas wawasan dari para pesertanya saja, karena selain itu adanya conference ini pun dikenal juga dapat menjadi sumber inspirasi serta motivasi bagi para pesertanya pula. Mengingat dalam sebuah acara cofenrence umumnya akan dihadiri pula oleh orang orang ahli serta berpengalaman sebagai pengarah atau pembicara.

Kekurangan dari adanya conference:

1. Biaya: Pengadaan acara sejenis conference dalam hal ini umum bisa dibilang memang memerlukan adanya budget yang besar, terutama jika acara conference tersebut nantinya akan membahas suatu topik rumit dan perlu melibatkan banyak ahli atau komponen pendukung, baik itu berupa penyewaan tempat, biaya perjalanan, akomodasi, dan biaya lainnya.

2. Waktu dan Tenaga: Karena umumnya sebuah acara conference akan membahas suatu topik penting untuk didiskusikan dan memerlukan kehadiran dari orang orang berpengalaman, adanya hal tersebut tentu secara tidak langsung membuat persiapan dan pelaksanaan sebuah conference membutuhkan waktu dan tenaga yang besar, terutama dari pihak penyelenggara.

3. Keterbatasan Interaksi: Meskipun suatu acara conference umumnya dikenal menyediakan kesempatan untuk berinteraksi, namun sayangnya terkadang adanya interaksi tersebut juga bisa menjadi terbatas, baik karena durasi atau karena jumlah peserta yang banyak serta format acara yang padat. Sehingga pada akhirnya tidak semua peserta conference dapat terlibat secara aktif dalam konferensi.

Arti Conference, Penjelasan, Tujuan, Serta Jenisnya

Dan dari sejumlah penjelasan beserta kelebihan juga kekurangan acara conference, sebagaimana sudah disebutkan di atas, tentu rasanya wajar saja bukan jika adanya hal tersebut pada akhirnya membuat acara sejenis conference ini menjadi dianggap sebagai salah satu jenis kegiatan penting dan memerlukan concern penuh dalam persiapan penyelenggarannya. Terlebih secara garis besar, adanya acara seperti conference ini pun sebetulnya juga dikenal memiliki sejumlah tujuan penting dan terdiri dari berbagai jenis. Yang mana, adapun penjelasan tentang apa itu conference beserta tujuan dan jenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Conference adalah:

Menjadi salah satu jenis kegiatan yang bisa dibilang penyelenggaraannya sudah cukup sering dilakukan juga di temui pada beberapa macam keperluan, baik secara online maupun offline, khususnya di Indonesia. Ternyata tidak serta merta membuat orang orang menjadi memahami dan mengetahui secara jelas tentang apa itu yang dimaksud dengan conference. Karena nyatanya sampai saat ini, bisa dibilang memang masih banyak pula orang orang yang ternyata belum begitu memahami dengan baik tentang apa itu conference serta berbagai informasi pendukungnya.

Dimana dalam hal ini sebetulnya dapat dijelaskan jika yang dimaksud dengan conference adalah sebuah penyebutan bagi acara atau pertemuan formal yang umumnya di hadiri oleh sejumlah orang dan diadakan dengan tujuan untuk membahas, mempresentasikan, serta bertukar informasi, pengetahuan, juga ide-ide dalam suatu bidang atau topik tertentu. Oleh sebab itu, suatu acara conference biasanya memang hanya akan diikuti oleh sejumlah peserta yang dinilai memiliki minat atau keahlian sama dalam bidang tersebut.

Yang mana, penyelenggaraan jenis acara seperti conference ini pun umumnya juga dapat berlangsung dalam berbagai bentuk, baik itu berupa presentasi, diskusi panel, lokakarya, dan sesi tanya jawab. Selain itu, pengadaan sebuah acara conference pun bisanya juga dapat diadakan dalam skala kecil, seperti konferensi lokal atau regional, maupun dalam skala yang lebih besar, seperti konferensi internasional. Maka dari itu, hendaknya penyelenggaraan suatu konferensi memang dikenal perlu melibatkan persiapan yang matang.

Mengingat acara sejenis conference ini pada dasarnya memang seringkali dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk memperluas wawasan, memperkuat hubungan profesional, dan memajukan perkembangan dalam berbagai bidang ilmu dan industri. Oleh sebab itu berbagai jenis persiapannya, termasuk pemilihan lokasi, penyusunan agenda, undangan pembicara dan peserta, serta pengaturan fasilitas dan teknis lainnya perlu untuk selalu diperhatikan dan membutuhkan concern khusus.

Tujuan dari diadakannya suatu conference:

Apalagi, dapat diketahui jika keberadaan dari diselenggarakannya sebuah acara sejenis confrence ini pun pada dasarnya juga memiliki sejumlah tujuan penting, yang umumnya memang dapat disesuaikan dengan topik atau juga keprerluannya. Karena sebetulnya tujuan dari diadakannya suatu acara conference sendiri pun secara garis besar  juga sekaligus menjadi alasan kenapa jenis acara seperti ini semakin banyak diselenggarakan. Dan adapun sejumlah tujuan umum dari diadakannya conference ini diantaranya adalah:

1. Memberikan Wadah Pertukaran Pengetahuan dan Ide

Tujuan utama dari diadakannya conference adalah sebagai wadah untuk pertukaran pengetahuan dan ide. Dimana, dalam suatu konferensi, umumnya akan tercipta suatu forum di mana orang-orang dengan minat atau keahlian yang sama dalam  suatu bidang dapat berkumpul, berbagi informasi, dan bertukar ide. Sehingga melalui adanya konferensi ini lah, mereka menjadi memiliki media untuk bertukar pengetahuan serta pengalaman dengan peserta lain, dan nantinya dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang topik yang dibahas, memperluas wawasan mereka, serta  memperkaya pengetahuan mereka.

2. Sebagai Media untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Selain sebagai wadah untuk bertukar pengetahuan juga pengalaman, diadakannya conference pun dalam hal ini juga memiliki tujuan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pesertanya. Sehingga nantinya mereka dapat lebih memperdalam pemahaman mereka tentang topik tertentu dan mengembangkan keterampilan yang relevan dalam bidang tersebut. Mengingat suatu konferensi umumnya juga akan sengaja mengundang para ahli dalam bidangnya untuk memberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan solusi terbaru dari masalah atau topik utama yang dibahas dalam conference.

3. Sarana untuk Pertemuan dan Perluasan Jaringan

Menjadi sarana untuk memperluas jaringan bisa dibilang juga merupakan salah satu tujuan penting dari diadakannya conference. Karena melalui jenis kegiatan ini, umumnya para peserta yang terlibat memang dapat sekaligus menciptakan platform yang memungkinkan mereka untuk bertemu, berinteraksi, dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dengan orang-orang yang memiliki minat atau keahlian sama. Sehingga nantinya mereka bisa memperluas jaringan profesional serta menjalin hubungan baru atau bahkan juga berkolaborasi dalam suatu inisiatif proyek.

4. Diseminasi Informasi

Diadakannya suatu acara conference ternyata dalam hal ini juga dapat memiliki tujuan untuk diseminasi informasi, Dimana maksud dari diseminasi informasi ini sendiri sebetulnya adalah sebuah proses menyebarkan informasi atau pengetahuan kepada khalayak yang lebih luas, agar informasi tersebut dapat diakses, dipahami, dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang membutuhkannya. Oleh sebab itu, suatu acara conference umumnya akan melibatkan para ahli berpengalaman sebagai pembicaraanya.

5. Mendorong Kolaborasi dan Pengembangan Profesional

Mendorong kolaborasi dan pengembangan profesional adalah tujuan diadakannya conference yang selanjutnya. Karena umumnya, suatu acara conference bisanya akan dijadikan sebagai platform bagi para profesional untuk bertukar ide, pengalaman, dan best practice dalam bidang mereka. Yang mana, adanya hal tersebut pun secara tidak langsung dapat menginspirasi dan memperkaya pengetahuan peserta konferensi lain yang ikut terlibat pula. Mengingat, tidak jarang adanya konferensi ini pun bisa memungkinkan para peserta untuk berinteraksi dan berkenalan dengan profesional lain dalam bidang yang sama atau terkait pula.

6. Memecahkan suatu Persoalan

Bukan hanya memiliki tujuan sebagai sarana belajar atau memperoleh pengalaman saja, karena selain itu adapun tujuan lain dari diadakannya conference dalam hal ini pun juga adalah untuk memecahkan suatu masalah atau persoalan. Oleh sebab itu bisanya suatu konferensi akan membawa para ahli, praktisi, dan pemangku kepentingan dalam suatu bidang untuk turut serta terlibat dalam kegiatan ini, guna mencari solusi atau jawaban terbaik, serta merumuskan strategi dan merekomendasikan cara untuk mengatasi persoalan juga tantangan yang sedang dihadapi dalam bidang tersebut.

7. Menyediakan Platform untuk Diskusi dan Debat

Menyediakan platform untuk diskusi dan debat ternyata juga menjadi bagian dari tujuan diadakannya suatu conference. Mengingat suatu konferensi umumnya memang tidak bisa lepas begitu saja dari yang namanya diskusi serta debat. Karena dengan adanya diskusi dan debat ini, para peserta yang terlibat dalam konferensi akan memiliki kesempatan untuk mendengarkan dan memahami berbagai perspektif yang mungkin berbeda dengan pandangan mereka sendiri. Sehingga nantinya dapat mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mencari solusi yang paling inovatif dan efektif.

8. Meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman

Dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman juga adalah tujuan lain dari diadakannya suatu conference. Karena umumnya suatu konferensi secara tidak langsung akan menyediakan platform untuk menyampaikan informasi yang relevan dan memfasilitasi terjadinya diskusi mendalam tentang masalah-masalah yang sedang dihadapi. Dimana, adanya hal ini tentu dapat membantu mereka untuk bisa mengambil keputusan yang lebih baik serta mengembangkan ide-ide baru, dan memperluas pemahaman mereka tentang bagaimana isu-isu tersebut akan berpengaruh.

9. Memfasilitasi Perubahan dan Inovasi

Tujuan diadakannya conference yang terakhir adalah untuk memfasilitasi perubahan dan inovasi. Mengingat pada suatu acara konferensi, umumnya kita dapat menghadirkan pemikir-pemikir kreatif dan inovatif yang dapat menginspirasi dengan ide-ide baru terhadap masalah-masalah yang ada. Selain itu, adanya konferensi dalam hal ini pun biasanya secara tidak langsung juga dapat platform bagi para profesional, akademisi, dan praktisi untuk berkolaborasi dan bekerja sama dalam mengembangkan solusi-solusi inovatif untuk tantangan yang sedang atau akan dihadapi.

Jenis jenis dari conference:

Selain memiliki tujuan yang terbilang sangatlah beragam, ternyata acara sejenis konferensi ini pun dilengkapi pula  oleh beberapa jenis yang berbeda, dan umumnya dapat dikategorikan berdasarkan berbagai kriteria, baik itu mulai dari tujuan pengadaannya, skala, format, hingga tipe peserta yang dimilikinya. Dan adapun beberapa jenis dari conference tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Akademis Conference

Academic Conference atau Konferensi Akademis adalah jenis konferensi berupa acara pertemuan atau forum yang umumnya sengaja diadakan oleh suatu institusi akademis, organisasi ilmiah, atau lembaga riset untuk membahas berbagai macam topik dalam bidang akademis atau ilmiah tertentu. Dimana, jenis ini biasanya akan dihadiri oleh para ahli, peneliti, akademisi, mahasiswa, atau bahkan juga praktisi yang sekiranya memiliki minat atau keahlian dalam bidang tersebut, untuk menyajikan hasil-hasil penelitian, memperkenalkan teori-teori baru, serta mendiskusikan isu-isu terkait dunia pendidikan.

2. Bisnis Conference

Sesuai namanya, jenis bisnis conference dalam hal ini memang adalah suatu konferensi yang biasanya diadakan dalam dunia bisnis atau industri tertentu, dan umumnya sengaja dirancang untuk membahas isu-isu terkini dalam dunia bisnis, memperkenalkan tren dan praktik terbaik, atau bahkan juga sebagai media untuk memfasilitasi jaringan dan kolaborasi antara para profesional dan pemimpin bisnis. Oleh sebab itu, jenis ini biasanya akan dihadiri oleh para eksekutif, manajer, dan profesional bisnis lainnya yang sekiranya ingin memperluas pengetahuan mereka, memperluas jaringan, dan mendapatkan wawasan baru untuk meningkatkan kinerja bisnis.

3. Profesional Conference

Jenis conference  selanjutnya yang bisa dibilang juga cukup sering dijumpai adalah jenis profesional conference, yang umumnya akan diadakan khusus untuk membahas isu-isu yang relevan dalam suatu profesi atau industri tertentu. Dimana konferensi ini biasanya diketahui akan dihadiri oleh para profesional yang bekerja dalam bidang sama, guna memfasilitasi pertukaran informasi terbaru, praktik terbaik, dan tren terkini dalam industri atau profesi tersebut bagi mereka yang memang bekerja dalam bidang atau keahlian sama. Dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, keterampilan dan memperkuat jaringan profesional.

4. Industri Conference

Industri conference adalah istilah yang umumnya digunakan untuk jenis conference dalam industri atau sektor tertentu, dengan tujuan untuk membahas isu-isu, tren, dan perkembangan terbaru dalam industri tersebut. Yang mana, jenis ini pun biasanya akan dihadiri oleh para profesional, akademisi, dan praktisi dalam industri terkait, baik itu mencakup berbagai jenis industri, seperti industri teknologi, industri kesehatan, industri keuangan, industri otomotif, dan lain-lain. Dimana tujuan utama dari adanya jenis ini sendiri umumnya adalah untuk memfasilitasi pertukaran informasi, pengalaman sekaligus memperluas jaringan profesional.

5.Internasional Conference

Diantara jenis lainnya, bisa dibilang jika internasional conference adalah jenis yang paling umum didengar oleh kebanyakan orang. Dimana, jenis ini umumnya memang adalah sebuah konferensi terbuka yang dapat dihadiri oleh peserta dari berbagai negara di seluruh dunia, dan biasanya sengaja diadakan untuk membahas topik tertentu. yang tentunya relevan secara global. Misalnya saja seperti isu-isu lingkungan, perkembangan teknologi, kesehatan global, dan lain sebagainya. Yang mana, dikarenakan itu pula lah jenis ini sering dianggap sebagai kesempatan untuk mendapatkan wawasan global.

6. Lokal atau Regional Conference

Bukan hanya internasional conference saja yang cukup sering didengar, karena selain itu agaknya lokal atau regional conference juga menjadi bisa dibilang menjadi jenis selanjutnya yang tidak kalah populer. Dimana jenis ini umumnya memiliki pengaturan hampir mirip dengan internasional conference, namun bedanya untuk konferensi ini biasanya akan diadakan dalam skala yang lebih terbatas pada wilayah geografis tertentu, contohnya seperti pada sebuah kota atau juga provinsi pada suatu negara bagian. Serta umumnya juga hanya akan membahas tentang isu-isu yang relevan dengan wilayah tersebut.

7. Virtual Conference

Virtual conference adalah jenis selanjutnya, yang mana seusia dengan namanya, jenis ini umumnya memang adalah sebuah acara konferensi yang akan diadakan secara online, tanpa memerlukan kehadiran fisik peserta atau pembicara di lokasi. Dimana, para peserta tersebut biasanya dapat mengikuti acara tersebut melalui internet menggunakan perangkat komputer atau ponsel pintar mereka melalui platform konferensi web atau aplikasi khusus. Yang mana, dikarenakan sistemnya itu lah jenis ini dianggap lebih muda diakses dan hemat biaya karena tidak perlu menyediakan biaya perjalanan, akomodasi, dsb.

8. Hybrid Conference

Bila pada jenis sebelumnya para peserta maupun pembicara tidak perlu hadir bertemu secara fisik, maka lain halnya dengan jenis Hybrid conference ini. Karena pada jenis ini, dapat diketahui jika konferensi hybrid merupakan jenis yang sengaja menggabungkan elemen dari  konferensi on-site dengan virtual conference. Sehingga pada jenis ini umumnya sebagian peserta diketahui dapat menghadiri acara secara langsung di lokasi, sementara sebagian lainnya bisa mengikuti acara tersebut secara virtual melalui platform web atau aplikasi khusus.

9. Pers Conference

Pers conference adalah sebuah sebutan bagi acara di mana seseorang atau sekelompok orang yang memiliki informasi atau pengumuman penting mengundang para wartawan dan media massa untuk memberikan informasi tersebut secara langsung. Dimana, adanya jenis ini pada dasarnya memang dimaksudkan untuk menyampaikan informasi dari organisasi. institusi atau bahkan seorang individu terkait tanggapan terhadap isu-isu terkini, dsb kepada media massa untuk nantinya disebarluaskan pada masyarakat secara luas.

Nah, itulah dia sedikit ulasan terkait apa itu conference beserta dengan tujuan diadakan dan jenisnya. Dimana dengan memperhatikan hal-hal di atas, tentu diharapkan nantinya kita dapat sama sama lebih memahami secara mendalam tentang segala hal terkait jenis kegiatan seperti conference ini, sekaligus menentukan jenis conference seperti apa yang sekiranya bisa kita hadiri atau selenggarakan guna mencapai maksud serta tujuan yang dikehendaki dengan baik.

 

Jenis acara seperti confrence agaknya memang sudah menjadi salah satu jenis kegiatan yang umum diadakan, khususnya di Indonesia sendiri. Yang mana, untuk mendukung suatu acara confrence ini dapat berjalan lancar dan baik, sebetulnya banyak cara bisa dilakukan. Dimana, selain dengan mengangkat tema berkualitas serta pembicara berpengalaman, kita bisa juga mengusahakan suksesnya acara ini melalui sebuah bingkisan atau souvenir sebagai kenang kenangan sekaligus bentuk ucapan terimakasih kepada para hadirin untuk memberikan kesan baik kepada setiap peserta yang telah bersedia meluangkan waktunya.

Yang mana, untuk perwujudan barang guna keperluan bingkisan acara tersebut hendaknya kita diharuskan untuk memilih jenis barang yang fungsional dan berpenampilan menarik, contohnya seperti tas custom yang dibuat secara khusus pada sebuah penyedia jasa pembuatan tas custom terbaik juga andalan seperti Karya Bintang Abadi.Dimana, pabrik tas custom satu ini dikenal sudah malang melintang dalam bidang pembuatan tas custom selama lebih dari 10 tahun. Sehingga seluruh produk pesanan tas dijamin memiliki detail tampilan terbaik, kualitas terjamin, waktu pengerjaan cepat, hingga harga affordable yang sesuai dengan ekspetasi customer akan tas customnya.

Bukan hanya itu saja, karena Karya Bintang Abadi pun juga tidak pernah lupa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada customer maupun calon customer dengan menjamin kenyamanan dan keamanan proses pemesanan tas custom berjalan aman, mudah dan cepat, karena para customer akan didampingi oleh customer service ramah juga sigap baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil terbaik dan paling memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp