5 Cara Membersihkan Tas Dari Jamur Yang Membandel

membersihkan tas dari jamur

bagikan artikel ini kepada teman

Tas yang memang memiliki fungsi untuk membantu sekaligus memudahkan aktivitas sehari hari sebagai wadah untuk menyimpan berbagai barang keperluan, tentu sudah pasti akan selalu dibawa kemana pun dan dalam kondisi apapun, bahkan untuk kegiatan dengan mobilitas tinggi. Dikarenakan hal ini juga lah tas rentan atau beresiko mengalami beberapa kerusakan salah satunya adalah tas berjamur. Dan sebelum mulai membahas perihal membersihkan tas dari jamur, ada baiknya bila kita membahas terlebih dahulu hal apa saja yang menjadi pemicu adanya jamur pada tas tersebut.

Bila tas sudah mulai berjamur tentu akan sangat mengganggu tampilan fisik dari tas tersebut, bukan hanya dari segi tampilannya saja melainkan bau dari tas juga akan menjadi tidak sedap yang berkemungkinan akan mengganggu aktivitas. Dalam masalah tas berjamur, tentu ada beberapa faktor yang dapat membuat tas menjadi mudah bejamur, seperti beberapa hal atau kebiasaan berikut ini:

1. Menyimpan tas di tempat lembab

Penyebab utama tas menjadi berjamur salah satunya berasal dari tempat penyimpanannya. Untuk menghindari tas berjamur tentu ada baiknya untuk melakukan pengaturan dengan baik pada tata letak penyimpanan tas, cara ini bisa dilakukan dengan memberikan ruang cukup antar tas sehingga tidak saling berhimpit dan memiliki sirkulasi udara baik.

Bukan hanya tata letaknya saja, namun juga pengaturan suhu ruang yang tepat turut penting untuk diperhatikan. Karena bila tas di simpan pada ruangan dengan suhu terlalu rendah dan lembab, bukan tidak mungkin bila koleksi tas akan semakin mudah berjamur. Sebaiknya saat menyimpan tas, pastikan suhu ruang berkisar antara 19 sampai 23 derajat celcius saja.

2. Tidak mengeluarkan isi tas dalam waktu yang lama

Kebiasaan satu ini kerap dianggap remeh atau tidak disadari menjadi salah satu pemicu munculnya jamur pada tas yang membandel. Banyak orang sering kelupaan atau merasa malas ketika harus mengeluarkan barang bawaan dari dalam tas setelah melakukan banyak kegiatan.

Padahal mungkin saja di dalam tasnya terdapat banyak jenis barang yang berkemungkinan menimbulkan jamur, sebut saja seperti barang dengan bahan liquid seperti parfum, handsinitizer, dsb yang beresiko tumpah dan mengakibatkan tas menjadi basah, lembab, lalu berjamur.

Maka dari itu untuk meminimalisir resiko tumbuhnya jamur pada tas, terutama dibagian dalam yang lebih susah dibersihkan, ada baiknya untuk mulai menerapkan kebiasaan baik dengan mengeluarkan barang barang bawaan dari dalam tas setelah selesai digunakan.

3. Tidak rajin membersihkan tas 

Tidak rajin membersihkan tas juga bisa menjadi penyebab munculnya masalah tas berjamur. Saat melakukan berbagai aktivitas mengunakan tas tersebut tentu kerap tidak disadari tas terkena cipratan air atau noda yang membuat tas menjadi lembab dan mudah berjamur. Hal ini bila dibiarkan dan tidak segera dibersihkan tentu akan memicu adanya jamur pada tas yang mengganggu tampilan tas.

Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk melakukan perawatan serta pembersihan secara rutin pada tas, minimal 2 bulan sekali. Namun bila dirasa tas tidak kotor, anda bisa mengangin anginkan tas saja guna menurangi kelembaban pada tas.

Lalu bagaimana bila tas sudah terlanjur berjamur dan sulit untuk dibersihkan? Untuk mengatasi masalah tas yang sudah terlanjur berjamur dan sulit untuk dibersihkan bila menggunakan cara biasa, maka simak cara berikut ini:

5 Cara Membersihkan Tas Dari Jamur Yang Membandel

Dari sekian banyak permasalahan yang terdapat pada tas, salah satu yang sangat mengganggu terlebih pada tampilan adalah jamur. Bila di pembahasan sebelumnya sudah disinggung terkait apa saja hal yang menjadi penyebab timbulnya jamur. Maka kini saatnya kita membahas cara tepat untuk membersihkan tas dari jamur yang membandel, guna mempercantik lagi tampilan dari tas, diantaranya sebagai berikut:

1. Taburkan soda kue atau baking soda

membersihkan tas dari jamur

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan tas dari jamur adalah mencuci tas dengan campuran baking soda atau soda kue. Seperti yang kita ketahui, bila baking soda merupakan salah satu bahan dapur dengan banyak kegunaan dan manfaat, yang diantaranya dapat digunakan sebagai pemutih atau peluruh kerak. Tetapi siapa sangka bila bahan ini nyatanya juga dapat dijadikan sebagai bahan pembersih tas yang berjamur, bahkan juga dapat sekaligus menghilangkan bau akibat jamur yang menempel pada tas.

Adapun cara yang perlu dilakukan untuk membersihkan tas dari jamur menggunakan baking soda adalah:

  1. Jemur atau keringkan terlebih dahulu tas selama 24 jam hingga benar benar kering.
  2. Setelah tas dalam keadaan kering, mulailah untuk menaburkan baking soda pada bagian tas yang berjamur.
  3. Bila seluruh bagian tas yang berjamur sudah ditaburi secara merata, maka diamkan tas selama semalaman di tempat kering dan tertutup.
  4. Setelah semalaman di diamkan, maka mulailah menggosok bagian tas yang berjamur menggunakan spons atau lap basah guna menghilangkan jamur.
  5. Bila jamur sudah hilang, langkah selanjutnya adalah membilas tas menggunakan air bersih atau air hangat hingga bekas baking soda benar benar bersih.
  6. Setelah tas sudah bisa dipastikan bersih, keringkan tas dengan cara diangin anginkan hingga benar benar kering. Usahakan untuk tidak menjemur dibawah sinar matahari.

2. Bersihkan tas menggunakan cuka

membersihkan tas dari jamur

Cara selanjutnya yang dianggap mampu untuk membasmi jamur pada tas adalah menggunakan cairan cuka, tepatnya adalah cuka putih atau cuka dapur. Hampir sama dengan baking soda, cuka juga dikenal memiliki banyak manfaat selain sebagai rasa tambahan pada masakan. Diantaranya dapat membersihkan aneka perabot satinless steel, atau kerak yang membandel, dan yang paling penting adalah dapat membersihkan tas dari jamur. Dan berikut ini adalah cara mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan tas berjamur menggunakan cuka putih:

  1. Untuk membersihkan tas dengan cuka, pertama kali persiapkan dahulu bahannya menggunakan satu gelas air bersih yang dicampurkan dengan satu sendok teh cuka putih.
  2. Setelah itu gunakan lap kering untuk di celupkan pada campuran cuka tersebut, lalu usapkan pada bagian tas yang berjamur secara perlahan agar jamur hilang.
  3. Bila noda jamur dirasa sudah hilang, maka segera cuci tas menggunakan air bersih dan keringkan tas hingga benar benar kering.

3. Bersihkan tas dengan cairan alkohol

Selain bahan bahan dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai pembersih tas dari jamur, nyatanya alkohol yang merupakan bahan kimia juga dapat turut menghilangkan jamur pada tas, namun yang membedakan adalah dalam cara membersihkan dengan alkohol diperlukan adanya kehati hatian, juga tidak semua jenis tas bisa dibersihkan menggunakan bahan ini.

Jika ingin mencoba membersihkan tas berjamur menggunakan alkohol, maka simak cara berikut ini guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal, diantaranya:

  1. Siapkan alat dan bahan berupa ember, sikat halus dan juga kain lap.
  2. Untuk membersihkan tas menggunakan alkohol, maka siapkan terlebih dahulu satu gelas air bersih dan satu gelas alkohol, setelah itu mulailah campurkan keduanya dan aduk hingga rata.
  3. Setelah alat dan bahan siap, persiapkan tas yang akan dibersihkan dari jamur, lalu mulai gosok bagian tas berjamur menggunakan sikat atau lap yang sudah dibasahi menggunakan cairan alkohol tersebut.
  4. Lakukan proses pembersihan hingga noda jamur bisa dipastikan hilang atau minimal memudar.
  5. Setelah itu bila tas menggunakan air bersih dan keringkan dengan cara di angin anginkan.

4. Menggunakan Saddle Soap

Untuk penggunaan bahan ini sebetulnya lebih di khususkan bagi tas berjamur yang memiliki material pembuatan kulit. Karena seperti kita ketahui bila tas berbahan kulit memang memerlukan treatment khusus dalam proses perawatan dan pembersihannya, namun meskipun begitu bukan berarti saddle soap tidak bisa digunakan untuk membersihkan tas dengan bahan lain.

Memiliki tekstur bahan krim padat sehingga untuk membersihkan tas ini diperlukan alat berupa lap atau sikat berbulu halus. Adapun cara yang harus dilakukan untuk membersihkan tas dari jamur menggunakan saddle soap adalah, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat berupa lap atau sikat berbulu halus, kemudian celupkan ujungnya pada air hingga setengah basah.
  2. Setelah di celupkan pada air, usapkan permukaan lap atau sikat yang basah pada saddle soap secukupnya.
  3. Bila permukaan lap atau sikat sudah cukup berlumur dengan saddle soap, langkah selanjutnya adalah dengan mengusapkan lumuran tersebut kebagian tas yang berjamur dengan perlahan.
  4. Setelah dirasa bagian berjamur sudah hilang maka bilas bagian tersebut menggunakan lap atau sikat yang sudah dibilas menggunakan air bersih, dan usapkan hingga bekas sabun hilang dan bersih.
  5. Jika proses sudah selesai dan tidak ada sisa sabun yang tertinggal, maka keringkan tas dengan cara diangin anginkan.

5. Membawa tas ke tempat laundry atau spa bag

Diantara cara cara yang sudah di sebutkan sebelumnya, cara membersihkan tas dari jamur berikut ini agaknya adalah yang paling mudah, praktis namun juga menguras biaya lebih bila dibandingkan cara lainnya. Namun bila membicarakan perihal keakuratan kebersihan, tentu dengan cara membawa tas ke laundry atau spa bag lebih terjamin.

Bahkan bukan hanya terbebas dari jamur saja, melainkan juga dari noda atau kotoran lain. Hal ini dikarenakan tas yang dibawa ke tempat laundry tentu akan mendapatkan treatment lebih lengkap, dan mengunakan cairan khusus yang dimaksudkan untuk melunturkan jamur sekaligus mencegah tas kembali berjamur.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan guna membersihkan tas dari jamur yang membandel. Meskipun cara yang dilakukan bisa dibilang mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak, namun usahakan untuk selalu rajin untuk merawat juga membersihkan tas agar tidak timbul jamur yang dapat merusak tampilan tas. Terlebih bila tas tersebut berbahan kain dan berwarna terang.

 

Tas sebagai salah satu kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan dalam membantu kegiatan sehari hari tentu membuat barang satu ini menjadi pilihan tepat untuk dijadikan sebagai media promosi suatu usaha atau bisa juga dijadikan sebuah souvenir suatu acara atau kegiatan, terlebih saat ini tas sendiri dapat dibuat custom dan disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan dari pemesannya agar lebih serasi dengan jenis kegiatan yang diadakan.

Dalam hal ini, untuk menghasilkan tas yang berkualitas, memiliki model trendi dan harga yang dapat disesuaikan dengan budget, tentu diperlukan adanya jasa pabrik tas custom yang bisa dipercaya juga diandalkan serta sudah berpengalaman. Dan salah satu pabrik tersebut adalah Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom andalan dari banyak client sejak tahun 2007. Sudah berkarya selama lebih dari 10 tahun untuk membantu segala kebutuhan tas acara para clientnya dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Mulai dari perguruan tinggi, perusahaan kecil sampai besar, kelembagaan hingga instansi pemerintahan dari seluruh wilayah di Indonesia sudah mempercayakan kebutuhan tasnya pada pabrik tas custom ini. Menawarkan banyak kemudahan seperti pada cara pemesanan yang dapat dilakukan secara online maupun offline dengan bantuan customer service tanggap akan membantu proses pemesanan dan menjelaskan berbagai hal terkait detail produk hingga estimasi harga.

Adapun seluruh produk tas yang dihasilkan juga memiliki tampilan trendi dan kekinian, namun tetap dengan memperhatikan kualitas serta mutunya karena dikerjakan langsung oleh tenaga ahli di pabrik sendiri. Selain itu setiap pesanan tas yang sudah selesai diproduksi juga akan melalui tahap quality control guna memastikan kondisi tas sebelum sampai ke tangan client. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil yang memuaskan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu dengan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang orang terdekat anda, agar selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!