5 Contoh Tema Seminar Yang Menarik Untuk Mahasiswa Milenial Saat Ini

5 Contoh Tema Seminar Yang Menarik Untuk Mahasiswa Milenial Saat Ini

bagikan artikel ini kepada teman

Masa kuliah adalah waktu terbaik yang bisa digunakan para mahasiswa untuk menggali potensi diri dan mencari pengalaman serta wawasan seluas-luasnya. Mahasiswa mempunyai banyak kesempatan untuk belajar dari berbagai sumber serta mengasah kemampuan berpikir maupun skill melalui berbagai kegiatan di dalam maupun luar kampus.

Salah satu kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa untuk menambah wawasan dan skill adalah dengan mengikuti kegiatan seminar di kampus maupun seminar umum di luar kampus. Dengan mengikuti seminar, diharapkan mahasiswa lebih bisa mengenali potensi diri sehingga siap untuk menghadapi masa depan.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan saat mengikuti seminar. Bukan hanya ilmu, dengan mengikuti seminar mahasiswa juga berkesempatan untuk memperluas koneksi dan relasi dengan orang baru. Koneksi baru yang dibangun juga tidak terbatas sesama mahasiswa satu fakultas, tapi bisa fakultas lain atau bahkan kampus lain. Hal ini tentu akan sangat berguna, walaupun tidak secara langsung.

Agar kegiatan seminar menarik untuk diikuti, ada hal yang harus diperhatikan oleh penyelenggara. Tema yang menarik menjadi kunci penting untuk membuat mahasiswa semangat mengikuti seminar. Banyak sekali tema yang bisa diambil, tapi tidak semua tema menarik minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan seminar. 

Mencari tema seminar yang menarik untuk mahasiswa tentu bukan perkara yang bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan, serta riset untuk menemukan tema-tema yang berpotensi menarik banyak minat mahasiswa untuk mengikuti seminar tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menentukan tema seminar yang menarik untuk mahasiswa.

Tips Menentukan Tema Seminar yang Menarik

Penting gak sih Sebuah Seminar? Yuk Ulas Lebih dalam – Event Hunter Indonesia

Kenali Target Peserta

Saat memilih tema seminar, mengenali target peserta tentu menjadi salah satu hal paling pertama yang harus menjadi pertimbangan. Profesi dari target yang dituju, berapa rentan usia target peserta, adalah hal paling dasar yang harus ditentukan sebelum mencari tema seminar. Kemudian setelah itu, baru mulai mengenali target peserta secara lebih spesifik dan dalam lagi.

Memahami target peserta lebih spesifik bisa dengan cara mencari tahu apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka sukai di umur sekarang, dan sebagainya. Ketika semuanya sudah didapatkan, persiapan selanjutnya mulai dari menentukan pembicara, menentukan waktu, hingga proses promosi seminar akan lebih mudah dilakukan.

Cari yang Sedang Trend

Tidak bisa dipungkiri, apalagi untuk kalangan anak muda hal-hal yang sedang tren punya daya tarik sendiri. Untuk menarik minat peserta seminar, tema yang dipilih haruslah yang relevan dengan kondisi sekarang ini. Menyelenggarakan seminar dengan tema yang terkesan “kuno” tentu tidak akan menarik untuk diikuti di era yang serba digital sekarang ini.

Seminar yang mengusung tema tentang digital marketing, memulai berwirausaha, hingga tema tentang pengembangan diri, menjadi beberapa tema yang menarik apalagi di kalangan mahasiswa. Tema yang selalu ramai dan tentu akan sangat bermanfaat di era sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk membuat seminar lebih menarik untuk diikuti, apalagi untuk mahasiswa.

Buat yang Unik dan Berbeda

Seminar dengan tema sesuatu yang sedang tren akan banyak dilirik calon peserta. Tapi, banyak seminar dengan tema yang sama akan membuat calon peserta yang tertarik untuk mengikuti seminar malah akan bingung dan akhirnya tidak ada yang dipilih. 

Agar seminar yang akan diadakan tidak masuk dalam banyaknya tema seminar yang serupa, ada baiknya untuk mencari sudut pandang yang unik dan berbeda. Hal ini dilakukan agar seminar yang akan diadakan terlihat lebih menarik dan berbeda, sehingga akan menarik banyak minat calon peserta. Dengan mengubah judul tema seminar menjadi lebih spesifik bisa membuat seminar itu lebih terlihat menarik.

5 Contoh Tema Seminar Yang Menarik Untuk Mahasiswa Milenial Saat Ini

Cara Membuat Seminar Menarik dan menyenangkan, peserta tetap fokus

1. Pengembangan Diri dan Skill

Banyak sekali hal yang bisa dibahas dalam salah satu contoh tema seminar yang menarik untuk mahasiswa ini. Mulai dari seputar peningkatan kesadaran dan identitas diri, menemukan dan mengembangkan bakat, cara mengelola waktu agar lebih produktif dan masih banyak lagi.

Mahasiswa datang dari berbagai background yang berbeda. Sebagian datang dari keluarga dan lingkungan yang baik serta mendukung, sebagian lagi mungkin tidak seberuntung yang lainnya. Dengan background yang kurang menyenangkan, tidak jarang di usia dewasa pun mahasiswa masih memiliki trauma masa kecil. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penghalang mahasiswa untuk berkembang, baik di bidang pendidikan, karir, bahkan kemampuan sosial.

Kasus seperti ini sebenarnya sudah banyak di masyarakat, tapi masih saja ada yang menggampangkan bahkan menyepelekan masalah seperti ini. Padahal, mahasiswa yang mempunyai trauma masa kecil cenderung lebih tertutup, tidak percaya diri, dan selalu mempunyai pikiran negatif, baik pada diri sendiri maupun orang sekitar sehingga bisa menghambat kemampuan bersosial dengan lingkungan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membantu mereka yang berada di situasi tersebut adalah dengan memberikan dukungan dan motivasi. Mereka yang sedang berada pada proses pencarian jati diri sangat tertarik jika disuguhi ilmu-ilmu terkait pengembangan diri. 

Selain mengembangkan diri, skill juga perlu untuk diasah. Mahasiswa harus punya soft skill maupun hard skill, karena hanya mengandalkan pribadi yang baik tentu masih kurang. Pribadi yang baik juga perlu dibekali dengan skill yang mumpuni untuk bisa terus bertahan dan tidak tergerus perkembangan zaman. Maka dari itu, tema seminar tentang pengembangan diri dan skill menjadi salah satu tema seminar yang menarik untuk mahasiswa milenial saat ini.

Dengan membuat acara berdasarkan salah satu contoh tema seminar yang menarik untuk mahasiswa ini, diharapkan bisa membantu dan menumbuhkan pribadi yang lebih baik dan dengan skill yang mumpuni.

2. Kewirausahaan dan Bisnis 

Dewasa ini, generasi muda lebih banyak yang memilih untuk membuka usaha sendiri dibandingkan menggantungkan karir di sebuah perusahaan atau usaha milik orang lain, seperti generasi pendahulunya. Generasi milenial yang sekarang ini masih banyak yang berstatus sebagai mahasiswa kebanyakan lebih tertarik untuk membuka bisnisnya sendiri.

Stigma kesuksesan seseorang yang diukur berdasarkan profesi seperti PNS, Polisi, Tentara, ataupun karyawan perusahaan besar, kini mulai tergeser dengan peluang menjadi seorang pengusaha sukses. Apalagi sekarang ini sudah banyak bisnis kecil dengan modal tidak memerlukan modal besar, tapi punya potensi untuk tumbuh dan berkembang menjadi besar.

Oleh karena itu, tema seminar yang menarik untuk mahasiswa milenial selanjutnya adalah tentang kewirausahaan dan bisnis. Tema ini menjadi salah satu tema yang paling banyak menarik minat mahasiswa yang sekarang ini kebanyakan ingin berinovasi untuk memulai bisnisnya sendiri.

Banyak sekali pembahasan yang bisa diangkat dari salah satu tema seminar yang menarik untuk mahasiswa ini, sehingga akan lebih memudahkan untuk penyelenggara seminar. Opsi terkait materi juga narasumber yang akan diundang untuk mengisi seminar ini tentu lebih banyak.

Beberapa contoh tema seminar tentang bisnis dan kewirausahaan yang bisa dibuat antara lain, cara memulai bisnis dari nol, peluang bisnis kecil yang bisa dikerjakan mahasiswa, manajemen bisnis untuk pemula, atau bisa juga membuat seminar tentang cerita inspiratif dengan entrepreneur sukses sebagai pembicara, dan masih banyak lagi.

3. Digital Marketing untuk Modal Mahasiswa Berbisnis

Digital marketing memang bisa dikategorikan dalam seminar bisnis, tapi pembahasan mengenai digital marketing bisa menjadi tema sendiri. Materi tentang digital marketing tidak hanya penting untuk bisnis pribadi, tapi juga berpeluang untuk meningkatkan jenjang karir pada sebuah perusahaan. Karena digital marketing termasuk bidang yang dicari mulai dari perusahaan lokal, nasional, maupun perusahaan multinasional.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, semua bisnis berlomba-lomba untuk memasarkan produknya secara online. Untuk pemula yang ingin membuat bisnis online, masih banyak yang berpikir hanya dengan membuat toko online dan upload foto produk saja sudah cukup. Nyatanya, banyak sekali ilmu yang diperlukan untuk membuat bisnis online ini berhasil. Ilmu tersebut bisa berupa strategi yang digunakan untuk menjalankan digital marketing. Karena ini lah para ekspert dalam dunia digital marketing sering membagikan ilmunya dalam bentuk seminar.

Tidak heran, seminar sering diselenggarakan dengan mengangkat salah satu tema seminar yang menarik untuk mahasiswa milenial ini. Hal ini karena dunia digital adalah dunia yang sangat dinamis dan sulit diprediksi. Strategi yang berhasil digunakan oleh orang lain belum tentu bekerja untuk kita saat ditiru. Selain itu, cara yang berhasil digunakan hari ini, belum tentu akan bekerja saat digunakan minggu depannya. Makanya, seminar dengan tema ini sangat diminati karena ilmu digital marketing bisa menjadi modal untuk mahasiswa menata masa depannya.

Fokus digital marketing sendiri sangat luas, karena perkembangan internet dan platform di dalamnya juga semakin besar. Hal ini menjadi keuntungan untuk penyelenggara seminar karena ide materi bisa dikembangkan semenarik mungkin tergantung apa yang sedang tren. Mulai dari pembahasan tentang web SEO friendly, tips dan trik menerapkan digital marketing pada sosial media, peran penting iklan pada sosial media, dan masih banyak yang lainnya.

4. Pentingnya Public Speaking untuk Milenial

Public Speaking merupakan soft skill yang harus dimiliki generasi muda di era milenial saat ini, terlebih untuk mahasiswa yang aktif berorganisasi dan nantinya untuk bekal mencari kerja. Karena, public speaking menjadi salah satu skill yang sering dijadikan salah satu syarat saat melamar pekerjaan.

Berbicara di depan umum adalah suatu hal yang biasanya ditakutkan oleh beberapa orang yang tidak memiliki kepercayaan diri dan merasa takut untuk berbicara di depan umum. Ketidakpercayaan diri itu dipengaruhi oleh kurangnya penguasaan materi yang disampaikan, penampilan, dan hal hal lainnya. Padahal sebenarnya, bicara di depan umum (public speaking) merupakan sebuah skill atau kemampuan yang bisa dipelajari oleh semua orang.

Tidak cuma dalam dunia kerja, kemampuan public speaking juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan mahasiswa di kampus. Hal ini yang membuat seminar yang membahas tentang public speaking selalu diminati oleh mahasiswa. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, para mahasiswa akan lebih mudah dalam menyampaikan materi presentasi, menjadi moderator, atau menjawab berbagai pertanyaan yang didapatkan dari dosen.

Mahasiswa yang unggul dalam public speaking tentunya akan memiliki banyak keuntungan tidak hanya di dunia pendidikan, tapi juga di dunia karir professional. Public speaking sendiri merupakan skill yang bisa dipelajari secara otodidak. Bukan hanya itu, banyak penyelenggara yang mengadakan seminar yang mengangkat tema yang menarik untuk mahasiswa ini, jadi mahasiswa juga bisa belajar mengenai public speaking dengan mengikuti seminar.

5. Membangun Karir Sejak Kuliah

Semakin berkembangnya teknologi semakin banyak peluang karir dalam berbagai bidang bisnis yang bisa dipilih. Di era yang serba digital ini, banyak sekali jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media yang bisa dikerjakan sambil kuliah. Apalagi berkarir di perusahaan besar lebih menjanjikan untuk masa depan masih menjadi kepercayaan beberapa mahasiswa. Sehingga seminar tentang karir masih banyak diminati oleh para mahasiswa.

Semakin banyak karir yang bisa dimulai bahkan sejak masih menjadi mahasiswa, membuat tema seminar yang menarik untuk mahasiswa milenial ini menjadi salah satu seminar yang paling diminati khususnya mahasiswa untuk bekal masa depan. Kesempatan untuk magang atau freelance di perusahaan besar untuk mahasiswa, bisa menjadi langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membangun karir.

Tema tentang karir sendiri bisa dipecah dalam beberapa kategori mulai dari wawasan dan pengenalan, edukasi, atau tips dan trik. Pembicara dalam seminar dengan tema ini sebaiknya adalah yang memang ahli dalam bidangnya dan sudah punya jam terbang tinggi. Contoh judul tema seminar tentang karir yang bisa dipakai mulai dari tips dan trik lolos tes CPNS, peran data analis di era digital, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Ada hal yang diperlukan untuk membuat para peserta semakin semangat dalam mengikuti seminar, selain tema yang menarik, narasumber yang bagus,  membagikan souvenir menarik atau seminar kit bisa menjadi daya tarik tersendiri. Souvenir bisa dibagikan untuk peserta seminar bisa menjadi salah satu media promosi yang dapat membantu meningkatkan nama penyelenggara. Jad, souvenir untuk seminar tidak bisa asal pilih, karena berkaitan dengan peningkatan brand awareness untuk meningkatkan peluang bisnis menjadi lebih besar.

Tas bisa dipilih menjadi souvenir seminar karena fungsionalitasnya yang tinggi dengan kualitas baik namun harga tetap terjangkau. Maka dari itu, di perlukan konveksi tas custom yang berpengalaman juga terpercaya untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Dan Karya Bintang Abadi adalah jawabannya. Menawarkan berbagai macam paket tas seminar kit dengan beragam model yang trendi serta berkualitas. Sudah banyak client yang mempercayakan segala kebutuhan seminar kitnya pada Karyabintangabadi.id. Mulai dari perguruan tinggi, perusahaan kecil sampai besar, lembaga, pemerintahan, dsb dari seluruh wilayah di Indonesia.

Menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan bagi calon client, beragam pilihan model tas yang dapat di cek pada katalog produk, tas dengan bahan berkualitas dan juga detail jahitan rapi, harga terjangkau serta pengerjaan cepat. Selain itu Karyabintangabadi.id juga melayani pemesanan tas dari seluruh wilayah di Indonesia dengan cara pemesanan mudah dan dapat di lakukan secara online. Segera hubungi customer service yang dengan sigap akan membantu segala kebutuhan anda seputar tas, mulai dari menjelaskan detail produk, estimasi harga sampai dengan saat melakukan pemesanan.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas yang akan membuat anda semakin up to date. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!