Cara Membuat Tas dari Kardus untuk MOS, Simpel dan Mudah

Cara Membuat Tas dari Kardus

bagikan artikel ini kepada teman

Siapa bilang kardus bekas tidak lagi bermanfaat? Jika kreatif, kardus bisa jadi tas. Apalagi jika tahu cara membuat tas dari kardus. Kardus bisa lebih bermanfaat.

Tas dari kardus bisa untuk MOS. Kardus yang dipakai bisa kardus susu, kardus mie, dan kardus-kardus yang tidak terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis.

Baca juga: Cara Membuat Tas Serut dengan Baju Bekas, Hasil Bagus & Rapi

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara membuat tas dari kardus. Kardusnya bisa memakai kardus susu. Sedangkan tasnya sendiri bisa untuk MOS nantinya.

1. Buat Pola Tas Kardus

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pola tas lebih dulu. Setelah pola tas jadi, kamu tentu akan lebih mudah dalam membuat tas nantinya.

Kamu tidak harus membuat pola tas di kardus. Melainkan bisa juga di kertas bekas atau buku tulis bekas. Buat pola tas dengan pensil agar bisa dihapus jika keliru.

Dengan begitu, kamu tidak akan kehabisan banyak kertas dan buku tulis. Jika memakai bolpoint, kamu akan susah menghapus pola tas kardus jika ada kesalahan.

2. Cari Kardus Susu Bekas

Setelah pola jadi, langkah selanjutnya adalah cari kardus susu yang sudah tidak dipakai lagi. Pastikan kardus dalam keadaan kering atau baik. Tidak basah atau lembab.

Selain itu, pastikan juga kardus yang mau dipakai tidak jamuran alias masih bersih. Terakhir, pastikan ketebalan kardus juga tidak terlalu tips dan juga tidak terlalu tebal.

3. Potong Kardus Sesuai Pola

Pola sudah jadi dan kardus juga sudah ada. Maka, langkah selanjutnya adalah potong kardus tersebut sesuai dengan pola. Tidak perlu tergesa-gesa, agar hasilnya rapi.

Baca juga: Tas Pria Keren, Branded, Kekinian, dan Terbaru Original 2022

Pola tas sendiri biasanya hanya berbentuk kontak dengan tutup sederhana. Tidak misalnya berbentuk segi tiga atau malah segi lima dengan tutup yang memakai tali.

4. Jahit atau Lem Kardus

Dua cara ini bisa dipakai, baik jahit atau lem. Untuk menempelkan bagian satu dan bagian lagi dari kardus yang mau dibuat tas, bisa dengan cara dijahit atau dilem.

Namun, alangkah lebih baik jika dilem. Asalkan dengan lem yang benar-benar berkualitas. Jika dengan jahit, maka harus sangat berhati-hati ketika menjahit agar tidak sobek.

5. Beri Tali Gendong

Terakhir, setelah tas selesai dibuat, jangan lupa untuk memasang tali. Fungi tali sendiri agar tas bisa dijinjing maupun digendong. Sehingga tas lebih mudah untuk dibawa.

Beberapa tali yang cocok  tas ini antara lain adalah tali kepang, tali sumbu, dan tali pita. Untuk ukuran atau diameter tali sendiri tidak perlu terlalu besar, 1 cm sudah cukup.

Akhir Kata

Demikian cara membuat tas dari kardus. Setelah jadi, tas bisa kamu pakai untuk kegiatan MOS. Kamu bisa memakai kardus apapun. Baik itu kardus susu maupun yang lain.

Baca juga: Merek Tas Pria Terbaik, Salah Satunya Produk Lokal Indonesia

Lebih dari itu, jika tas yang kamu buat benar-benar berkualitas, kamu juga bisa menjualnya. Baik lewat marketplace maupun media sosial seperti WA dan sebagainya.

Akhir kata, jika menurut kamu artikel cara membuat tas dari kardus ini bermanfaat, jangan lupa share. Oiya, buat yang mau membuat tas, bisa di CV. Karya Bintang Abadi.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi