6 Cara Memperbaiki Tas Kulit Yang Terkelupas

cara memperbaiki tas terkelupas

bagikan artikel ini kepada teman

Sudah bukan rahasia lagi bila tas dengan bahan kulit merupakan salah satu item fashion idaman baik bagi pria maupun wanita. Meskipun memiliki harga yang mahal bila dibandingkan dengan jenis bahan lain, juga cara perawatan yang cukup rumit nyatanya pamor tas kulit tidak juga meluntur. Mulai dari fashion brand lokal sebut saja seperti Rorokenes hingga fashion brand kelas dunia seperti Hermes juga selalu mengeluarkan produk tas kulitnya yang memiliki tampilan memukau dengan kualitas unggul demi memuaskan para konsumennya.

Umumnya tas kulit sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu tas kulit asli dan sintetis, yang masing masing juga masih dibagi berdasarkan kualitas dan karakteristik bahannya. Namun meskipun begitu, baik tas yang terbuat dari kulit asli maupun palsu sama sama membutuhkan perawatan khusus guna mempertahankan tampilan dan fungsinya dalam jangka waktu lama. Adapun cara perawatan tas berbahan kulit yang perlu diterapkan agar tas kulit awet dan tetap cantik, diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan cairan pembersih khusus 

Seperti kita ketahui, bila tas berbahan kulit tidak boleh terkena air terlebih dalam intensitas tinggi. Maka dalam cara membersihkannya pun tas kulit biasanya hanya di lap menggunakan kain bertekstur halus dengan tambahan cairan pembersih khusus yang aman untuk bahan kulit, dengan maksud menjaga tekstur permukaan tas tetap dalam keadaan baik, tidak kering, kaku atau bahkan mengelupas.

2. Oleskan pelembab khusus tas kulit 

Mengoleskan pelembab khusus di sini dimaksudkan untuk mengembalikan dan juga menjaga kelembaban dari tekstur tas kulit tersebut, terlebih setelah tas melalui proses pembersihan. Dengan mengoleskan pelembab pada tas kulit di harapkan permukaan pada tas kulit akan terhindar dari kekakuan kering, retak hingga mengelupas. Selain itu mengoleskan pelembab pada tas juga bisa membuat tampilan tas tidak terlihat kusam

3. Simpan di tempat dengan ruang cukup

Pastikan tidak menyimpan tas dengan cara ditumpuk dengan cara menyediakan ruang cukup sebagai tempat penyimpanan tas. Hal ini dikarenakan tas berbahan kulit memerlukan sirkulasi udara yang baik juga menghindari tekstur serta struktur tas rusak karena terlipat saat tumpang tindih dalam waktu lama.

4. Sesuaikan suhu ruangan 

Untuk menjaga kelembaban dari tas kulit, selain mengoleskan pelembab khusus adapun cara lainnya adalah dengan mengatur suhu ruangan tempat menyimpan tas kulit. Sedangkan suhu ruangan yang tepat untuk menyimpan tas adalah bekisar 19 – 23 derajat celcius.

5. Membawa tas kulit ke bag spa  

Cara yang praktis juga mudah untuk merawat tas kulit adalah dengan membawanya ke jasa bag spa. Saat melakukan treatmen ini, tas akan mendapatkan perawatan mulai dari cleaning, retouching hingga recoloring, yang akan membuat tampilan tas terus seperti baru dan juga awet untuk digunakan dalam waktu lama.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat tas kulit guna meminimalisir resiko kerusakan dini pada tas kulit. Namun bila tas sudah terlanjur rusak atau bahkan terkelupas, bagaimana cara memperbaikinya? Simak tips berikut ini untuk mengetahui caranya mudahnya:

6 Cara Memperbaiki Tas Kulit Yang Terkelupas

Cara Merawat Tas Kulit yang Wajib Anda Ketahui Agar Selalu Terlihat Baru |  IndiHome

Dari sekian banyak jenis tas yang ada, tas dengan bahan kulit agaknya memang menjadi salah satu yang memiliki harga tinggi, terlebih untuk tas kulit asli. Selain harganya yang mahal, perawatannya pun juga khusus dan cukup rumit guna menghindari tas mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan permukaan tas menjadi retak hingga mengelupas dan berpengaruh pada tampilan tas yang kurang cantik lagi. Namun, bagaimana bila tas kulit tersebut sudah terlanjur mengelupas? Apakah tidak ada cara untuk memperbaikinya?

Bila tas sudah terlanjur terkelupas pada bagian permukaannya tentu ada beberapa cara yang bisa di usahakan guna memperbaiki juga mengembalikan tampilannya. Diantaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan lem sebagai perekat

10 Cara Memperbaiki Tas yang Terkelupas dengan Mudah

Tas kulit yang memiliki tampilan simple namun elegan tentu banyak dipilih untuk dijadikan sebagai aksesoris pendukung penampilan, terutama bagi para pekerja kantoran yang banyak bertemu dengan para clientnya untuk melakukan meeting, dsb. Namun saat menggunakan tas berbahan kulit untuk berkegiatan dengan tingkat mobilitas tinggi, bukan tidak mungkin bila pengguna menjadi kurang memperhatikan kondisi tasnya yang bisa saja tergores sesuatu dan mengakibatkan permukaan tas kulit menjadi mengelupas.

Meskipun bagian yang mengelupas bisa dibilang tidak terlalu lebar, namun bukankah tetap saja hal itu akan mengganggu tampilan tas. Dan cara pertama yang dapat diusahakan untuk memperbaiki tas kulit yang mengelupas tersebut adalah dengan menggunakan lem perekat, usahakan untuk memilih lem yang cocok untuk bahan kulit dan memiliki tekstur mudah diaplikasikan serta hasil akhirnya tidak merubah tekstur tas menjadi kaku.

Untuk lemnya sendiri bisa menggunakan lem putih, dan pastikan untuk mengaplikasikan di tempat dengan cukup cahaya agar hasil yang didapatkan bisa lebih rapi. Setelah di lem, keringkan tas dengan cara di angin anginkan agar lem kering dan tidak mengotori bagian lain. Tetapi sayangnya cara ini hanya bisa diterapkan pada bagian tas kulit yang mengelupas dengan ukuran kecil saja.

2.Tutup dengan cat khusus untuk kulit

Harga Cat Jaket Kulit Terbaru November 2022 |BigGo Indonesia

Penyebab dari tas kulit yang mengelupas tentu dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah cara penyimpanan yang tidak benar sehingga menyebabkan tas terlipat dan menimbulkan retakan yang pada akhirnya membuat permukaan tas menjadi rusak. Namun biasanya pengelupasan tas kulit yang di sebabkan kejadian ini hanya berukuran kecil dan masih bisa di perbaiki sendiri menggunakan bahan sederhana.

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk memperbaiki atau lebih tepatnya menyamarkan bagian tas kulit yang terkelupas adalah dengan menggunakan cat khusus untuk kulit yang memiliki tone warna sama dengan warna tas yang dimiliki. Pilihlah cat warna yang memang dikhususkan atau aman untuk kulit guna mengurangi resiko tas semakin rusak. Namun sayangnya cara ini juga hanya bisa diterapkan untuk kerusakan dalam ukuran kecil, dan juga harus dilakukan secara berkala guna menyamarkan tampilan yang mengelupas.

3. Siasati dengan semir sepatu

Merek Semir Tas Kulit Asli Terbaik dari Biopolish Leather Care - Biopolish

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan tas, bahan leather atau kulit juga kerap dimanfaatkan untuk pembuatan sepatu terutama sepatu dengan model pantofel yang kerap digunakan untuk pergi bekerja sebagai pasangan dari tas kulit guna semakin menunjang penampilan agar terlihat lebih serasi. Salah satu barang yang pasti dimiliki oleh para pengguna sepatu kulit tentu saja adalah semir sepatu, dan dalam hal ini barang tersebut tentu juga dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki tas kulit yang mengelupas.

Sama sama berbahan kulit, tentu bukan tidak mungkin bila tas kulit yang mengelupas dapat diperbaiki tampilannya menggunakan semir sepatu, namun pastikan bila semir sepatu tersebut memiliki warna yang sama dengan warna bahan kulit tas. Setelah menemukan semir sepatu dengan warna yang sama, mulailah dengan mengoleskan semir pada permukaan tas yang mengelupas sebanyak 1 kali, setelah itu angin anginkan. Bila dirasa pengaplikasian semir masih kurang, proses sebelumnya dapat diulang sampai mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi lagi lagi, cara ini tetap tidak bisa digunakan bila tingkat pengelupasan tas kulit sudah parah.

4. Perbaiki dengan leather repair kit

3 Kelebihan Tas Selempang Kulit Sapi Asli Aleta Leather

Bila cara cara sebelumnya hanya digunakan untuk mengatasi masalah tas kulit yang mengelupas dengan ukuran kecil, maka cara memperbaiki tas kulit terkelupas ini dapat di terapkan dalam memperbaiki kondisi pengelupasan yang lebih parah dan berukuran lebar. Seperti namanya bahan ini memang di khususkan untuk memperbaiki bahan kulit yang mengalami kerusakan, baik retak atau mengelupas.

Leather repair kit atau disebut juga sebagai dempul tas, adalah sebuah bahan yang dapat membantu mengatasi masalah kerusakan tas secara mandiri. Hal ini dikarenakan cara pengaplikasian dempul yang bisa dibilang mudah. Cukup dengan mendempul bagian permukaan yang mengelupas, lalu ratakan menggunakan kain atau kertas berserat kulit setelah itu diamkan seharian agar hasil dempulan kering dan merekat sempurna pada tas.

Bila dibandingkan dengan menggunakan lem atau semir, cara ini tentu lebih efektif. Sayangnya harga dari leather repair kit memang lebih mahal bila dibandingkan dengan bahan bahan sebelumnya. Namun untuk hasil dan ketahanan, tentu cara ini lebih terjamin

5. Kreasikan bagian tas yang mengelupas

Ini 10 Merk Tas Kulit Lokal Wanita dengan Harga Bersaing (Updated 2022) |  BukaReview

Bila melihat tampilan dari tas kulit, memang rata rata diantaranya memiliki tampilan yang begitu sederhana namun sudah terlihat sangat elegan juga modis. Tetapi dengan tampilan sederhananya tersebut membuat tas berbahan kulit yang mengalami pengelupasan barang sedikit akan langsung terlihat mengacaukan tampilan keseluruhan.

Namun bila ingin memperbaiki bagian tas yang mengelupas sekaligus mempercantik tampilannya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkreasikan tas tersebut dengan berbagai aksesoris tambahan. Sebetulnya cara ini bisa dibilang bukan memperbaiki namun lebih tepatnya menyamarkan pengelupasan dengan menutupnya menggunakan berbagai pernak pernik seperti patch, kain berpetern, manik manik, dsb yang bisa menutup sekaligus mempercantik tampilan tas agar tidak terlihat monoton.

6. Bawa ke tempat reparasi

6 Tempat Reparasi Tas Terbaik di Jakarta - tempat.com

Setelah mencoba berbagai cara diatas namun dirasa pengelupasan pada tas tidak juga dapat ditutup secara maksimal atau bahkan semakin parah, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan sebagai cara memperbaiki tas kulit terkelupas adalah membawa tas tersebut ke tempat reparasi untuk mendapatkan penanganan lebih komplit.

Dibandingkan cara cara sebelumnya, memang membawa tas ke tempat reparasi merupakan cara paling praktis dan ampuh, namun untuk budget yang dibutuhkan tentu juga tidaklah sedikit. Mengingat treatment yang diberikan untuk memperbaiki tas berbahan kulit juga tidaklah mudah.

Itu dia beberapa cara memperbaiki tas kulit terkelupas yang bisa diusahakan untuk  guna mempertahankan tampilan serta fungsionalitasnya sebagai wadah untuk berbagai barang keperluan sekaligus aksesoris penunjang penampilan. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki agaknya juga merupakan istilah yang tepat untuk merawat tas kulit bukan? Mengingat biaya dibutuhkan untuk memperbaiki tas berbahan kulit juga tidaklah murah dan mudah.

 

Tas dengan kualitas serta mutu terjamin yang memiliki kekuatan serta ketahanan baik namun dengan harga terjangkau tentu adalah dream bag bagi banyak orang, terlebih bila tas tersebut bisa di custom untuk berbagai keperluan acara atau kegiatan seperti souvenir seminar, media promosi atau bingkisan.

Namun tentu saja mencari tas dengan spesifikasi nyaris sempurna tersebut bukan lah perkara yang cukup mudah, diperlukan adanya pabrik tas custom yang sudah berpengalaman dan terpercaya untuk mengerjakan produk tas tersebut, sehingga menghasilkan tas dengan mutu unggulan yang dimaksud.

Dalam hal ini rasanya Karya Bintang Abadi merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai pabrik tas custom andalan dalam membantu memenuhi segala kebutuhan tas acara anda. Menghadirkan banyak model pilihan yang trendi juga up to date, menggunakan bahan pilihan berkualitas dan dikerjakan langsung oleh tenaga ahli di pabrik sendiri dengan tingkat kerapian serta detail yang baik guna memastikan kekuatan serta ketahanannya.

Selain itu proses pengerjaannya juga terbilang cepat, karena kurang lebih sekitar 14 hari atau bisa disesuaikan dengan kesepakatan deadline, tingkat kerumitan produk tas juga jumlah pesanan. Memiliki harga terjangkau dan semakin murah bila melakukan pemesanan dalam jumlah besar dengan minimal order 50 pcs. Adapun proses pengiriman juga dipastikan aman sampai ke tangan client di seluruh wilayah di Indonesia oleh jasa ekspedisi terpercaya.

Bukan hanya itu saja, kelebihan lain yang dimiliki Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom terbaik adalah mudahnya cara pemesanan yang dapat dilakukan baik secara online maupun offline dengan bantuan customer service ramah dan tanggap. Dengan jelas akan membantu menjawab berbagai pertanyaan terkait detail produk, estimasi harga hingga saat melakukan proses pemesanan tas. Jadi, tunggu apalagi? Segera percayakan segala kebutuhan tas custom anda pada Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan hasil tas yang maksimal dan juga memuaskan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel menarik lainnya!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!