fbpx

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

cara mencuci tas polyester

bagikan artikel ini kepada teman

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan banyaknya pilihan warna yang semakin nyentrik. Namun dari sekian banyak jenis bahan yang ada, terdapat beberapa jenis bahan yang agaknya menjadi favorit untuk dijadikan sebagai material dalam pembuatan tas yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Oxford cloth 

Oxford merupakan sebuah bahan yang terbuat dari campuran antara katun dan juga teteron (campuran antara polyester dan katun) dan termasuk dalam daftar kain drill. Sedangkan yang dimaksud dengan kain drill sendiri adalah sebuah golongan jenis kain yang permukaannya memiliki bentuk khas, yaitu berupa garis diagonal yang tersusun dari material campuran antara katun juga polyester dengan tekstur lembut, rata dan juga benang menyerupai titik pixel dalam resolusi gambar sehingga sedikit mengkilap.

Adapun kelebihan dari bahan ini saat dijadikan sebuah tas diantaranya adalah:

  1. Kuat: karena dibuat dengan teknik pemintalan khusus maka tidak heran bila oxford memiliki segi kekuatan bahan yang baik dan terbukti kuat.
  2. Permukaan halus: Memiliki permukaan yang rata sehingga menghasilkan tekstur halus dan juga lembut, jadi akan terasa nyaman saat digunakan.
  3. Ketebalan bahan: Dibandingkan dengan golongan kain drill lain, Oxford merupakan yang paling tipis namun paling cocok dan nyaman digunakan sebagai pembuatan tas karena dianggap memiliki ketebalan pas.

2. Kulit

Untuk menghasilkan tas dengan tampilan elegan dan juga classy, sudah barang pasti bila bahan kulit merupakan pilihan paling tepat untuk digunakan. Bahan kulit sendiri memiliki dua versi yaitu kulit asli dan juga sintetis dengan perbedaan karakteristik. Namun meskipun begitu, untuk kedua jenis kulit ini tetap memiliki cara perawatan yang tidak jauh berbeda, seperti misalnya tidak boleh terkena air dan juga panas matahari secara langsung dalam waktu lama guna mempertahankan tampilan serta tekstur bahannya.

Sedangkan untuk kelebihan dari bahan kulit baik asli maupun sintetis saat dijadikan tas adalah:

  1. Tampilan yang memukau: Tampilan dari tas berbahan kulit agaknya tidak pernah mengecewakan. Memiliki kesan elegan, simple, namun tetap classy dan glamour dalam waktu bersamaan yang jarang dimiliki oleh tampilan bahan lain.
  2. Kelenturan bahan: Untuk kekuatan bahan kulit juga tidak kalah dari jenis bahan lain, hal ini bisa saja dipengaruhi karena tekstur bahan yang lentur sehingga dapat menahan beban dengan baik.
  3. Tahan api: Bahan kulit juga dikenal memiliki sifat tahan api, sehingga tidak mudah terbakar atau bolong bila tidak sengaja terkena percikan api.

3. Kanvas

Biasanya identik dengan tas model tote bag, namun siapa sangka bila bahan ini termasuk dalam daftar bahan tas terfavorit sekaligus memiliki kekuatan serta daya tahan baik dengan perawatan mudah. Memiliki ciri khas bahan kain bertekstur atau bahkan sedikit berbulu dan juga tebal dengan warna original putih tulang, menjadikan bahan satu ini banyak dipilih untuk tampil casual, dengan beberapa kelebihan lain yang diantaranya:

  1. Tidak mudah sobek: Karena memiliki bahan yang tebal, maka tidak heran jika menjadikan kanvas memiliki sifat tahan sobek dan goresan.
  2. Cocok untuk tampil casual: Memiliki warna dasar putih tulang menjadikan bahan kanvas kerap dijadikan bahan pembuatan tas dengan gaya casual karena tampilan sederhana namun elegan dan juga modis.

4. Cordura

cara mencuci tas polyester

Merupakan jenis bahan premium sebagai material pembuatan tas dengan spesifikasi unggulan. Memiliki karakteristik tebal, serat kuat dan rapat juga sedikit mengkilap. Bahan cordura juga kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan outdoor gear maupun taktical bag dengan kelebihan yang dimiliki oleh bahan ini diantaranya:

  1. Kekuatan untuk menahan beban: Kekuatan dari bahan ini agaknya memang menjadi hal pasti, maka tidak heran bila penggunaan bahan ini kerap dijadikan sebagai material tas aktivitas berat.
  2. Tebal namun ringan: Salah satu alasan bahan ini mampu menahan beban dengan baik adalah karena ketebalan yang dimiliki, sehingga bisa menahan dari sobekan atau koyakan dengan cukup baik, Namun meskipun begitu bahan ini memiliki bobot yang ringan sehingga tetap nyaman di gunakan.
  3. Tahan air: Memiliki sifat bahan kedap air dengan intensitas baik juga adalah keunggulan lain yang di tawarkan bahan ini sebagai material pembuatan tas berkualitas.

5. Polyester

cara mencuci tas polyester

Dari sekian jenis bahan untuk pembuatan tas, tentu polyester adalah yang paling umum di kenali juga dijumpai. Terbuat dari campuran bahan yang mengandung plastik tentu membuat polyester memiliki kekuatan serta ketahanan baik, tetapi sayangnya hal itu juga yang menjadikan pengguna harus lebih berhati hati dengan percikan api karena tas dengan bahan ini akan sangat mudah terbakar atau bolong karena leleh. Namun meskipun begitu bahan ini juga di sertai dengan segala kelebihannya, diantaranya:

  1. Tahan air: Karena memiliki susunan bahan berupa plastik maka tidak heran jika polyester memiliki daya tahan terhadap air cukup baik. Hal ini juga yang menjadikan bahan ini tidak mudah kotor.
  2. Tipis namun kuat: Meskipun memiliki ketebalan bahan tipis namun kekuatan dari bahan ini tidak perlu diragukan lagi. Mampu menahan bobot dengan beban cukup berat juga tahan terhadap goresan.
  3. Ringan: Karena bahannya yang tipis maka bobot dari bahan ini juga termasuk ringan, sehingga tidak mempengaruhi bobot tas saat membawa beban.
  4. Memiliki banyak variasi warna: Selain dari segi kekuatan serta ketahanan, polyester juga dikenal memiliki variasi warna yang banyak sebagai pilihan, mulai dari warna gelap hingga cerah mentereng.
  5. Perawatan mudah: Memiliki bahan yang cenderung licin dengan sifat kedap air menjadikan bahan ini mudah dirawat juga dibersihkan, salah satunya adalah dengan dicuci seperti cara mencuci tas polyester berikut ini:

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Untuk menjaga tas kesayangan tentu terdapat banyak hal yang bisa diusahakan untuk menjaga bentuk serta tampilannya. Dalam hal tersebut tentu memperhatikan cara perawatan dari tas sangatlah penting untuk di lakukan sekaligus di perhatikan. Dan mencuci tas dengan benar merupakan salah satu cara tepat untuk mendukung langkah perawatan tersebut, seperti cara mencuci tas polyester berikut ini yang mudah untuk diikuti tahapannya:

1. Siapkan alat dan bahan untuk membersihkan tas polyester

Sebagai langkah awal untuk memulai cara mencuci tas polyester adalah dengan menyiapkan segala keperluan yang diburuhkan guna mendukung proses tersebut, seperti berbagai alat dan bahannya. Untuk membersihkan tas ini sebetulnya tidaklah memerlukan banyak komponen mengingat bahan polyester sendiri merupakan jenis bahan yang tergolong mudah untuk dibersihkan. Dan untuk alat serta bahan yang perlu di siapkan diantaranya adalah:

Alat: 

  1. Ember: Dalam proses pencucian tas, tentu saja ember sangatlah diperlukan guna memudahkan pengguna ketika menaruh tas saat di sikat atau saat proses perendaman.
  2. Sikat: Benda ini akan membantu untuk menghilangkan noda membandel pada bagian permukaan tas yang cukup sulit untuk hilang.
  3. Lap: Penggunaan lap di sini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan atau menyamarkan noda ringan pada tas.
  4. Mesin cuci (opsional): Untuk mencuci tas ini ada dua cara bisa dilakukan yaitu secara manual maupun menggunakan mesin cuci, namun itu hanya sebuah pilihan bukan sebuah kerharusan.
  5. Hair dryer: Pada umumnya penggunaan hairdryer akan dimanfaatkan  untuk mengeringkan sudut serta bagian terhimpit tas agar kering secara merata.

Bahan: 

  1. Air bersih: Penggunaan air bersih tentu sangat diperlukan saat melakukan kegiatan pencucian apapun jenis barangnya, tidak terkecuali untuk tas berbahan polyester ini. Dan lebih disarankan untuk menggunakan air yang mengalir.
  2. Sabun: Untuk sabun sendiri, bisa menggunakan sabun mandi atau sabun bayi yang memiliki kandungan lebih aman dibandingkan detergen untuk permukaan bahan tas.

2. Bersihkan tas dengan lap air hangat untuk noda biasa

Setelah selesai mempersiapkan berbagai keperluan tersebut, maka proses pencucian tas polyetser bisa langsung dimulai dengan memperhatikan terlebih dahulu bagian permukaan tas secara keseluruhan, bila hanya terdapat sedikit noda atau bercak maka dalam hal ini sebetulnya tas tidak perlu dicuci dengan cara selanjutnya melainkan cenderung lebih ke proses pembersihan tas saja.

Mengelap tas polyester menggunakan air hangat di sini dimaksudkan hanya untuk menghilangkan bercak noda dengan intensitas ringan sehingga tidak perlu melalui proses pencucian lengkap. Namun bila di rasa tas sangat kotor dan juga memiliki noda membandel, maka berikut ini adalah cara utama untuk mencucinya.

3. Rendam tas beberapa saat

Bila tas memiliki banyak noda membandel maupun terlihat begitu kotor juga kusam maka tahapan pertama yang wajib untuk dilakukan terlebih dahulu untuk mengatasi hal tersebut, adalah dengan merendam tes polyester tersebut menggunakan air bersih dan dapat di tambahkan sedikit saja sabun.

Untuk suhu airnya sendiri bisa menggunakan air biasa namun lebih disarankan bila menggunakan air hangat karena dirasa lebih jitu dalam membantu melunturkan noda membandel pada tas. Saat merendam tas, tidaklah dibutuhkan waktu terlalu lama, cukup 15 sampai 20 menit saja agar warna tas juga tidak mudah memudar.

4. Gosok perlahan permukaan yang kotor

Setelah tas selesai di rendam maka tahapan selanjutnya adalah dengan mulai menggosok secara perlahan permukaan tas terutama yang memiliki noda membandel dan cukup sulit untuk di hilangkan. Dalam proses ini, penggunaan sikat dan sedikit sabun sangat disarankan untuk memudahkan pekerjaan.

Namun perlu diingat bila sikat yang digunakan untuk menyikat permukaan tas haruslah sikat dengan bulu halus, hal ini dimaksudkan agar permukaan tas polyester tidak mudah terkoyak dan berubah menjadi lebih kasar. Lakukan proses ini selama beberapa kali hingga bercak noda sudah tidak terlihat lagi.

Untuk sabun sendiri juga pastikan bila tidak menggunakan detergen, melainkan sabun bayi atau sabun mandi berbentuk liquid atau cair agar lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Penggunaan sabun mandi memang lebih disarankan dalam pencucian tas karena dianggap lebih aman untuk bahan tas dibandingkan detergen.

5. Masukan dalam mesin cuci dengan kekuatan sedang

Sebelum melakukan tahapan berikut, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu label instruksi yang biasanya terdapat pada bagian dalam tas untuk memastikan bila tas tersebut boleh atau tidak di cuci menggunakan mesin cuci, mengingat memang ada banyak jenis serta model tas yang tidak boleh di cuci menggunakan mesin cuci melainkan wajib secara manual.

Bila dibandingkan dengan mencuci tas secara manual, cara ini memang di rasa lebih hemat tenaga namun bila memaksa tas untuk di cuci menggunakan mesin cuci tanpa memperhatikan cara tepatnya maka bukan tidak mungkin bila tas akan rusak.

Adapun dalam proses pencucian tas menggunakan mesin cuci sebaiknya menggunakan kekuatan sedang saja dan pastikan tas di balik terlebih dahulu sehingga bagian dalamnya menjadi di luar untuk mengurangi resiko permukaan tas terkoyak.

6. Bilas tas hingga bersih

Jika proses pembersihan bagian tas dari noda menggunakan serangkaian alat dan bahan selesai dilakukan maka cara mencuci tas polyester selanjutnya adalah dengan membilas tas polyester tersebut menggunakan air bersih. Dalam proses ini usahakan untuk menggunakan air mengalir agar kebersihan pada tas lebih terjamin dan tidak ada sisa atau endapan bekas sabun yang dapat menempel pada tas.

Untuk penggunaan air sendiri, dapat menggunakan air biasa, jadi tidak lagi perlu untuk menggunakan air hangat. Saat membilas pastikan juga tas sudah di bilas secara keseluruhan hingga ke bagian dalamnya, atau bila perlu bagian dalam tas bila di balik keluar terlebih dahulu guna memastikan kebersihannya.

7. Jemur tas sampai kering merata

Cara mencuci tas polyester selanjutnya sekaligus untuk menutup rangkaian proses pencucian adalah dengan mengeringkan tas tersebut hingga benar benar kering merata dengan cara di jemur. Namun di jemur dalam hal ini bukanlah diletakkan dibawah sinar matahari secara langsung. Melainkan tas harus dikeringkan menggunakan cara di angin anginkan hingga kadar air menurun dan kering.

Saat penjemuran tas, memang disarankan untuk tidak menempatkannya dibawah sinar matahari secara langsung guna menghindari warna tas cepat pudar dan membuat tampilan tas menjadi kusam. Saat penjemuran pun pastikan bila tas kering merata, dan dalam hal ini penggunaan hair dryer dapat dimanfaatkan fungsinya untuk mengeringkan bagian sudut dalam tas yang sukar untuk kering dalam waktu singkat.

Setelah tas sudah kering keseluruhan, maka tas berbahan polyester pun dapat segara digunakan kembali atau juga disimpan dalam lemari penyimpanan tas agar terhindar dari noda maupun debu yang dapat menyebabkan tas menjadi kotor kembali.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencuci tas berbahan polyester dengan benar sehingga tidak merusak bahan dan juga menjaga tampilan agar selalu tampak baru. Meski baik untuk dilakukan, namun bukan berarti pencucian pada tas bisa dilakoni dalam waktu sering, usahakan untuk menjaga kebersihan tas sehingga anda dapat membersihkan atau mencuci tas setidaknya 2 sampai 3 bulan sekali saja agar tampilan tas tetap terjaga dan bukan malah menjadi kusam karena terlalu sering dicuci.

 

Sebagai barang multifungsi maka tas agaknya adalah pilihan tepat untuk dimanfaatkanf guna berbagai keperluan, tidak terkecuali sebagai media promosi maupun seminar kit. Dan untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan adanya produk tas berkualitas namun sesuai dengan budget juga berasal dari pabrik tas terpercaya.

Dan Karya Bintang Abadi lah pabrik tersebut, sebagai pilihan tepat bagi anda yang sedang mencari pabrik tas custom untuk segala jenis keperluan tas acara. Mulai dari tas berukuran kecil yang memiliki desain simple seperti tote bag, waist bag maupun goodie bag hingga tas laptop dan juga tas ransel dengan harga terjangkau.

Tersedia dengan berbagai desain kekinian yang trendi dan terbuat dari bahan berkualitas unggul sehingga daya tahan serta kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Adapun seluruh tas juga dibuat langsung oleh para tenaga ahli di pabrik sendiri guna memastikan detail serta kerapian jahitan maupun komponen lain pada pesanan tas.

Karya Bintang Abadi sudah berdiri sejak tahun 2007, itu artinya pabrik tas custom ini telah lebih dari 10 tahun membantu melayani segala kebutuhan tas customernya. Mulai dari perguruan tinggi, perusahaan bersekala kecil sampai besar, hingga instansi pemerintahan adalah sebagian besar customer setia dari pabrik tas terbaik ini.

Lama berkarya, tentu Karya Bintang Abadi juga sudah cukup mengenal serta memahami dengan betul apa yang menjadi kebutuhan sekaligus keinginan para customernya, sehingga bukan tidak mungkin jika banyak dari mereka yang mengandalkan pabrik tas ini untuk menghandle segala kebutuhan tasnya.

Adapun kelebihan lain yang menjadikan Karya Bintang Abadi semakin jaya dan malang melintang di dunia jasa pembuatan tas adalah karena baiknya pelayanan yang dilakukan sekaligus mudahnya cara pemesanan tas baik secara online maupun offline.

Dibantu oleh para customer service ramah dan dengan senang hati akan menjelaskan terkait detail produk serta estimasi harga dari pesanan tas, selain itu Karya Bintang Abadi juga akan membantu dalam tahap pemesanan tas yang mudah dan cepat hingga pesanan tas sampai ke tangan customer dengan kondisi baik serta aman. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan tas dengan hasil maksimal yang memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami. Jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar selalu update berbagai informasi menarik sekaligus up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp