fbpx

Cara Membuat Tas Dari Kardus Paling Simple! Cek Selengkapnya

cara membuat tas dari kardus

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum membahas terkait cara membuat tas dari kardus paling simple, ada baiknya bila kita mengenal terlebih dahulu seputar bahan utama pembuatan tas ini yaitu kardus. Karena seperti kita ketahui bila kardus merupakan sebuah benda dengan banyak kegunaan dalam kehidupan manusia, sebut aja sebagai bungkus makanan, hingga berbagai perkakas karena dirasa lebih mudah didapatkan juga cukup aman untuk melindungi sesuatu didalamnya tanpa menambah beban dari barang tersebut saat dibawa.

Kardus atau bisa juga disebut sebagai karton dan paper board adalah sebuah bahan yang dalam pembuatannya menggunakan plup. Plup sendiri merupakan bubur kertas yang dibuat dari hasil pemisahan bahan baku berserat kayu maupun non kayu dengan proses mekanis, kimia dan semikimia. Plup biasanya terdiri dari serat selulosa dan hemiselulosa sebagai bahan baku sebuah kertas. Dan untuk pembuatan kardus jenis plup yang bisa digunakan berupa plup organik, sintetis atau sisa kertas daur ulang.

Karton atau kardus ini dibuat pertama kali pada tahun 1871 di Inggris dan awal pembuatannya di dasari dari diperlukannya pelindung atau sebuah kemasan untuk barang barang yang tidak terlalu memakan tempat dan bisa digunakan secara berulang kali sehingga lebih hemat, ringkas juga praktis. Tidak disangka sejak awal kemunculannya tersebut, kardus berhasil menarik banyak atensi dan terus mengalami perkembangan dari segi kualitas hingga kuantitasnya sampai saat ini.

Untuk kardus sendiri juga sebetulnya dapat dibedakan menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan karakteristik serta penggunaannya seperti berikut ini:

1. Kardus karton

Memiliki sifat mudah dibentuk atau dilipat tanpa merusak dan mempengaruhi kondisi isi didalamnya, Biasanya dilengkapi dengan irisan melintang sebuah lapisan bergelombang pada bagian tengahnya dengan ketebalan berbeda beda guna memberikan kekuatan pada kardus sehingga tidak mudah rusak. Jenis ini merupakan jenis kardus yang paling banyak digunakan terutama untuk membungkus benda yang rawan rusak atau berukuran besar dan banyak.

2. Kardus lentur

Jenis selanjutnya adalah kardus lentur, memiliki sifat yang mirip dengan kardus karton yaitu mudah di bentuk dan dilipat. Namun yang membedakan adalah biasanya jenis ini banyak dimanfaatkan sebagai kemasan untuk makanan atau minuman cepat saji dengan lapisan anti jamurnya.

Dari kedua jenis kardus tersebut tentu keduanya tidaklah asing karena penggunaannya yang sering dijumpai pada berbagai kebutuhan sehari hari dengan berbagai variasi bentuk dan desain berbeda. Tetapi taukah anda bila dengan menggunakan bahan kardus ini, anda dapat membuat sebuah tas cantik untuk berbagai keperluan, contohnya sebagai goodie bag. Lalu bagaimana cara membuat tas dari kardus tersebut? Simak tahapannya berikut ini:

Cara Membuat Tas Dari Kardus Paling Simple! Cek Selengkapnya

Kardus sebagai bahan serbaguna memang adalah pilihan tepat untuk dijadikan sebagai bahan ajang berkreasi seperti digunakan sebagai tas. Dan berikut ini adalah tahapan cara membuat tas dari kardus sendiri yang paling simple dan mudah untuk di praktikkan:

1. Siapkan alat dan bahan

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat tas dari kardus, tentu saja hal yang harus diperhatikan serta dipersiapkan terlebih dahulu adalah alat dan bahan untuk membuat tas tersebut. Adapun alat serta bahan tersebut diantaranya sebagai berikut:

Alat: 

  1. Gunting: Dalam hal ini, penggunaan gunting tentu saja di fungsikan sebagai alat pemotong kertas kardus menjadi bentuk yang dibutuhkan.
  2. Penggaris: Penggunaan penggaris dimaksudkan agar ukuran antar sisi kardus dapat sama besar dan juga dapat di potong secara rata dan rapi.
  3. Jarum: Untuk tas dari kardus biasanya akan dilengkapi dengan strap, dan jarum di sini dapat membantu untuk mengkreasikan strap tersebut agar memiliki tampilan lebih menarik.
  4. Stapler: Penggunaan stapler akan di gunakan untuk membantu lem dalam merekatkan antar bagian tas kardus.
  5. Porforator: Porforator adalah sebuah ATK yang biasanya digunakan sebagai pembolong kertas, sehingga lubang yang dihasilkan dapat terlihat rapi dan bulat sempurna.

Bahan: 

  1. Kardus bekas: Untuk kardus, disarankan menggunakan kardus bekas saja namun dengan catatan kardus masih dalam keadaan baik untuk menjamin kekuatannya.
  2. Kertas sampul coklat: Kertas sampul disini yang dimaksud adalah kertas tipis berwarna cokelat yang akan digunakan sebagai perekat pada bagian pinggir tas.
  3. Kertas bergambar (kertas kado): Penggunaan kertas bergambar atau kertas kado adalah untuk melapisi bagian permukaan kardus agar tampak lebih cantik.
  4. Plastik mika(plastik kado bening): Untuk bagian ini sebetulnya opsional, tetapi memang lebih di sarankan menggunakan plastik mika agar tas lebih awet terlebih bila terkena air.
  5. Tali: Untuk penggunaan tali disini akan di manfaatkan sebagai strap tas.
  6. Manik manik: Meskipun sudah ada kertas kado yang menghiasi permukaan, namun tidak ada salahnya untuk menambahkan manik manik sebagai hiasan, atau bisa juga di kreasikan untuk bagian strap tas.
  7. Lem: Penggunaan lem akan membantu stapler untuk merekatkan antar bagian tas maupun menempel manik manik sebagai hiasan.

2. Gunting kardus sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dibutuhkan

Setelah alat dan bahan telah lengkap disiapkan, maka langkah pertama untuk mengawali proses pembuatan tas dari kardus ini adalah dengan memotong kardus tersebut menjadi beberapa bagian. Dalam hal ini ukuran pemotongan kardus dalam segi ukuran dan bentuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta bentuk tas yang dihendaki.

Pada umumnya tas dari kardus atau kerap dikenal sebagai paper bag akan berbentuk persegi maupun persegi panjang, namun tidak sedikit juga yang mengkreasikannya dengan berbagai bentuk, sebut saja seperti bentuk setengah lingkaran maupun oval.

Saat melakukan pemotongan kardus, pastikan bila sudah mengukur sama besar terlebih dahulu agar besar potongan kardus sama rata. Jangan lupa juga untuk menyisakan sisi pinggiran kardus sebesar setengah sampai 1 cm sebagai space untuk merekatkan antar bagiannya nanti. Siapkan 5 bagian sisi kardus untuk bagian sisi depan belakang, kanan kiri serta bawah.

3. Susun kardus yang sudah di potong menjadi satu bentuk tas

Jika masing masing bagian kardus sudah dipastikan memiliki sisi sama besar dan terpotong secara rapi , maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mulai menyusun bagian bagian tersebut menjadi satu kesatuan bentuk tas utuh. Pastikan bagian bagian tersebut tersusun dengan teratur dan seusai.

Jika sudah maka rekatkan antar bagian tersebut menggunakan potongan kertas coklat yang sudah disiapkan dengan ukuran paling tidak 2 cm. Tempelkan kertas coklat tersebut pada bagian pinggir tas mengitari tas secara rapi menggunakan lem sebagai perekat, pastikan bila tidak ada bagian kertas coklat yang terlipat dan menumpuk pada bagian tertentu  dan sudah merekatkan antar bagian secara rata juga kuat.

4. Lapisi permukaan kardus dengan kertas bergambar

Bila menginginkan tampilan tas dari kardus lebih cantik juga tidak monton, maka langkah selanjutnya adalah dengan melapisi potongan kardus tersebut menggunakan kertas bergambar atau lebih praktisnya menggunakan kertas kado dengan warna serta motif sesuai selera.

Ketika melapisi kertas kado, anda bisa melakukan pada bagian permukaannya tepatnya pada bagian yang akan dijadikan sebagai bagian luar tas saja, jadi tidak perlu menyeluruh. Dalam hal ini pastikan kertas kado dapat melapisi bagian tas secara rapi agar tampilannya terlihat jauh lebih rapi.

5. Lapisi kardus menggunakan plastik kado bening (opsional)

Langkah berikut ini sebetulnya opsional, jadi dapat dilakukan atau tidak. Namun memang disarankan akan lebih baik langkah satu ini turut dilakukan guna mempertahankan tampilan tas dari kardus tetap dalam keadaan baik dalam waktu lebih lama. Karena penggunaan plastik mika atau plastik kado bening di sini dimaksudkan agar permukaan tas lebih bisa terlindungi dari goresan atau cipratan air yang beresiko merusak permukaan atau bahkan menyobek tas tersebut. Untuk cara pembuatanya sendiri tidaklah jauh berbeda saat melapisi potongan kardus dengan kertas kado sebelumnya.

6. Lubangi sisi depan dan belakang pada bagian tengah atas pojok untuk strap

Apabila seluruh bagian sisi tas dapat dipastikan merekat sempurna, begitu juga dengan lapisan kertas kado maupun plastik mika pada bagian luarnya, maka tahap selanjutnya adalah dengan melubangi sisi depan belakang tas dibagian pojok tengah atas sebagai kaitan untuk strap tas menggunakan porforator agar lebih rapi. Dalam hal ini adapun beberapa jenis tali yang dapat digunakan sebagai strap diantaranya adalah:

  1. Tali kur: Tali ini memiliki permukaan yang cukup halus untuk digunakan sebagai sebuah handel. Tali kur biasanya banyak digunakan pada penggunaan pada tali jaket.
  2. Tali pita: Pita juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai strap tas kardus. Untuk jenis pitanya sendiri, anda bisa menggunakan jenis pita satin atau grosatin dengan ciri berkilau dan lebar.
  3. Tali rami: Biasa disebut juga sebagai tali goni karena memiliki serta yang serupa dengan bahan goni. Tali ini dirasa cocok karena memiliki kekuatan baik sehingga tidak mudah putus.
  4. Tali Bisker: Tali jenis ini biasanya terbuat dari kraft coklat dengan lem atau benang jahit. Memiliki bentuk lebar sebagai daya kekuatan untuk mengangkat beban pada tas.
  5. Tali kertas: Persisi sama dengan namanya, jenis tali ini tentunya dibuat menggunakan berbagai macam kertas yang sudah melalui proses daur ulang dengan bentuk tali berupa untiran yang dikuatkan dengan lem. Tali ini dirasa cocok sebagai strap tas dari kardus karena nampak lebih serasi.

Selain dengan menggunakan beberapa jenis tali diatas, anda juga bisa mengkreasikan sendiri strap untuk tas dari kardus tersebut dengan menggunakan benang kasur atau nilon lalu di susun dengan manik manik agar terlihat lebih menarik dan cantik. Dalam pemasangan strap tas ini, bisa dilakukan dengan cara mengikatkan ujung ujung tali dengan beberapa kali simpul saat sudah masuk dalam lubang agar tidak menerobos lubang dan mudah lepas.

7. Kreasikan tas kardus dengan berbagai pernak pernik

Setelah strap pada tas kardus sudah terpasang dengan baik dan dipastikan kuat, maka selanjutnya adalah membuat kreasi menggunakan berbagai pernak pernik pada bagian permukaan tas agar terlihat lebih menarik, anda dapat menempelkan berbagai bentuk pernak pernik menggunakan lem dan susun secara estetik mungkin agak tampilan tas jauh lebih eyecatching. Jika sudah, cara membuat tas dari kardus sudah selesai dan anda bisa segera menggunakan tas tersebut untuk berbagai keperluan.

Demikian cara membuat tas dari kardus yang simple dan mudah untuk dipraktikkan namun dengan hasil yang cantik dan eyecatching untuk digunakan. Tetapi perlu diingat, karena terbuat dari bahan kardus tentu kekuatan maksimal yang dimiliki juga akan berbeda dengan tas rajut, tas tali kur atau tas dari bungkus kopi, sehingga untuk penggunaannya tentu perlu untuk disesuaikan sehingga tidak mudah rusak dan termanfaatkan dengan baik.

 

Tas dengan segala kegunaan serta keunikannya memang memiliki arti penting bagi kehidupan manusia. Mulai dari penggunaan secara pribadi sebagai koleksi maupun sebagai sebuah barang untuk media promosi dan souvenir. Memiliki nilai fungsional tinggi ,maka tidak heran bila tas di jual dengan harga cukup pricey terlebih untuk kualitas unggulan. Namun agaknya hal itu tidak berlaku untuk pabrik tas custom satu ini, yang kerap dijadikan sebagai pilihan para pelaku usaha maupun penyelenggara sebuah acara guna memenuhi segala kebutuhan tas customnya.

Melayani segala jenis pesanan tas custom para customer dari seluruh wilayah di Indonesia dengan produk tas yang tidak pernah mengecewakan, berbekal dari 10 tahun lebih pengalamannya sebagai pabrik tas andalan, dengan menghasilkan berbagai produk tas unggulan dan berhasil menjadi pabrik tas terbaik.

Sebagai salah satu pabrik tas terbaik di Jogja maka sudah pasti bila Karya Bintang Abadi adalah pilihan untuk mempercayakan segala kebutuhan tas custom berbagai acara, mulai dari sebagai seminar kit, souvenir, bahkan hingga media promosi suatu usaha, dikarenakan beragamnya jenis pilihan model tas dengan harga terjangkau dan dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Menghadirkan berbagai koleksi tas, mulai dari goodie bag, tote bag, waist bag, pouch, tas laptop hingga tas ransel dengan desain trendi sehingga membuat tampilan penggunanya tampak lebih kekinian juga fashionbale seperti dapat dilihat pada katalog produk. Bukan hanya tampilannya saja yang jamin memukau, namun juga kualitas sari setiap produknya juga tidak perlu diragukan, karena dibuat menggunakan bahan pilihan bermutu unggul oleh para tenaga ahli di pabrik sendiri sehingga kekuatan serta ketahannya pun sudah pasti aman.

Selain dari tampilan dan kualitas produk terbaik ada pula keunggulan yang dimiliki Karya Bintang Abadi untuk para customer maupun calon customernya yaitu pelayanannya yang memuaskan, baik secara online maupun offline dengan bantuan para customer service ramah untuk menjelaskan segala jenis pertanyaan terkait detail produk hingga saat melakukan pemesanan tas secara cepat dan mudah. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi customer service Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan pelayanan terbaik juga produk tas yang memuaskan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar selalu up to date berbagai informasi menarik dan kekinian seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

model tas bulan Maret
Informasi

10 Model Tas Trendy di Bulan Maret 2024

Sejak dahulu, bisa dibilang jika perkembangan yang terjadi dalam dunia mode memang lah sangat pesat. Dimana, diantara banyaknya jenis barang fashion yang diketahui selalu mengalami

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp