fbpx

5 Contoh Ice Breaking Yang Menarik dan Seru

contoh ice breaking

bagikan artikel ini kepada teman

Saat menjalani sebuah pekerjaan atau aktivitas, khususnya yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi dan dalam waktu lama, kebanyakan dari kita agaknya memang akan rentan merasakan adanya kepenatan. Dimana rasa penat yang kerap kali muncul tersebut pun pada dasarnya akan rentan timbul disaat kita mengalami tingginya tekanan yang didapatkan, baik dari pekerjaan, hubungan sosial di sekitar, atau bahkan juga karena bekerja terlalu keras serta lama tanpa diimbangi adanya istirahat yang cukup. Sehingga secara tidak langsung, hal tersebut pun secara perlahan telah menyebabkan stres berkepanjangan dan pada akhirnya menimbulkan rasa penat, baik pada fisik atau mental.

Yang mana, adanya kepenatan dalam hal ini pun jika dibiarkan terus berlanjut tentu nantinya juga dapat berdampak negatif pada kesejahteraan fisik dan mental seseorang. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mulai belajar mengidentifikasi penyebab kepenatan dan mencari cara untuk mengatasinya. Dimana diantaranya banyaknya cara untuk menghilangkan rasa penat tersebut, agaknya melakukan jenis kegiatan asik dan seru seperti ice breaking bisa dibilang merupakan salah satu hal atau usaha yang disarankan untuk dilakukan guna membantu mengurangi atau bahkan juga sekaligus menghilangkan rasa penat yang timbul.

Mengingat yang dimaksud dengan ice breaking sendiri sebetulnya dalam hal ini pada dasarnya memang mengarah pada sebuah teknik atau kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan atau kekakuan seseorang dari tekanan pekerjaan yang sedang dikerjakannya maupun karena faktor lain, contohnya seperti baru bertemu dengan orang baru atau berada lama dalam situasi yang canggung. Dimana tujuan utama dari melakukan ice breaking ini pun memang adalah untuk menciptakan suasana yang lebih santai, terbuka, dan ramah sehingga memungkinkan adanya komunikasi, interaksi, atau pun sikon yang lebih nyaman untuk melakukan sesuatu.

Terlebih, jika berbicara tentang manfaat ice breaking dalam konteks pertemuan atau acara, ternyata adanya ice breaking sendiri biasanya juga sering kali sengaja dilakukan di awal acara atau pertemuan, sebagai cara untuk memecah kebekuan dan membangun hubungan sosial antara peserta acara. Oleh sebab itu ice breaking juga dianggap termasuk ke dalam jenis kegiatan yang dikenal sebagai aktivitas pembangunan tim atau aktivitas pembelajaran interpersonal. Dan pada akhirnya hal tersebut pun membuat secara tidak langsung membuat adanya ice breaking kerap diterapkan di berbagai konteks, diantaranya seperti:

1. Pertemuan Bisnis: Dalam pertemuan bisnis, ice breaking kerap kali digunakan untuk memulai pertemuan dengan maksud agar nantinya suasana pertemuan tersebut dapat terasa lebih santai, sekaligus untuk membangun hubungan antara peserta yang mungkin belum saling kenal atau akrab.

2. Pelatihan dan Workshop: Adanya kegiatan seperti ice breaking ini, ternyata sering kali juga akan dijumpai pada awal sesi pelatihan atau workshop. Dimana adanya hal tersebut tentu dimaksudkan untuk membantu peserta merasa lebih nyaman dalam keterlibatan acara, juga membantu mereka dalam membangun kohesi antara anggota kelompok.

3. Acara Sosial dan Rekreasi: Bisa dibilang jika kegiatan seperti ice breaking adalah salah satu bagian yang umum dilakukan pada jenis acara acara sosial dan rekreasi. Yang mana, adanya hal ini kerap kali memang sengaja dilakukan untuk membantu menciptakan terjadinya suasana menyenangkan dan mendukung adanya interaksi sosial yang lebih akrab.

4. Seminar dan Pertemuan Kelompok atau Diskusi: Jenis kegiatan ice breaking umumnya juga akan banyak dijumpai pada jenis kegiatan seperti seminar maupun pertemuan kelompok dan diskusi. Yang mana, keberadaan dari kegiatan ini pada dasarnya memang ditujukan untuk membangun hubungan antara pembicara dan peserta, peserta dengan peserta, serta membantu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. dalam pertemuan kelompok atau diskusi.

5. Sesi Orientasi: Menjadi salah satu jenis kegiatan penghilang penat yang asik dilakukan, adanya ice breaking dalam hal ini umumnya juga akan sering kali menjadi bagian dari sesi orientasi di tempat kerja, sekolah, atau perguruan tinggi. Dimana, diadakannya kegiatan ini tentu saja dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa atau karyawan baru dapat merasa lebih nyaman dan terhubung dengan lingkungan baru mereka secara lebih leluasa dan santai.

5 Contoh Ice Breaking Yang Menarik dan Seru

Dan karena banyak dijumpai atau di terapkan dalam berbagai jenis kegiatan, sebagaimana sudah disebutkan di atas, tentu dapat disimpulkan jika adanya ice breaking dalam hal ini pada dasarnya memang lah sebuah jenis kegiatan yang memegang peran penting untuk menunjang adanya rasa rileks serta keberhasilan suatu pekerjaan atau kegiatan. Dimana, secara garis besar sendiri sebetulnya dapat dikatakan jika keberadaan dari diadakannya kegiatan ice breaking ini memang dapat mendatangkan sejumlah manfaat. Yang mana, adapun beberapa manfaat dari kegiatan melakukan ice breaking, tersebut diantaranya adalah:

1. Memecah Ketegangan Awal: Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, adanya ice breaking dalam hal ini memang dapat mendatangkan manfaat untuk memecah ketegangan awal dan kekakuan di antara pribadi, khususnya bagi mereka yang sama sama baru berada dalam satu ruang lingkup dan belum begitu akrab. Dimana, dengan melakukan ice breaking ini, nantinya diharapkan dapat tercipta adanya suasana yang lebih santai dan ramah.

2. Membangun Hubungan: Melalui kegiatan seperti ice breaking ini, umumnya akan memungkinkan setiap individu untuk memiliki kesempatan saling berkenalan dan berinteraksi antara satu sama lain dengan cara yang lebih informal. Dan adanya hal ini tentu dapat mendatangkan manfaat untuk membantu mereka membangun hubungan sosial yang lebih baik di antara satu sama lain.

3. Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi: Dengan melakukan kegiatan seperti ice breaking ini, ternyata diketahui dapat memungkinkan para individu untuk berkomunikasi secara lebih bebas dan terbuka. Dimana, adanya hal ini tentu akan membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal, memperkuat koneksi antar individu, serta membangun adanya kolaborasi yang lebih efektif, karena menjadi lebih nyaman dalam bekerja bersama dan berbagi ide.

4. Meningkatkan Partisipasi dan Keterlibatan: Menghadirkan adanya sesi ice breaking ternyata dalam hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk membantu seseorang dalam meningkatkan tingkat partisipasinya dalam suatu acara atau kegiatan. Karena dengan menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan santai melalui kegiatan ice breaking ini, diharapkan nantinya seseorang dapat merasa lebih nyaman dan aktif terlibat dalam aktivitas yang sedang berlangsung.

5. Memperbaiki Mood dan Energisasi: Kegiatan Ice breaking dalam hal ini kerap kali juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk memulai sebuah acara atau pertemuan dengan energi positif. Karena biasanya kegiatan ice breaking yang dilakukan akan berupa aktivitas menyenangkan, sehingga nantinya dapat meningkatkan mood peserta acara serta mendorong mereka untuk berpikir secara lebih kreatif.

Yang mana, dengan demikian tentu dapat disimpulkan jika adanya jenis kegiatan seperti ice breaking ini pun bukan lagi hanya dianggap sekedar sebagai kegiatan menyenangkan saja, tetapi sebagai sebuah kegiatan yang juga memiliki beragam manfaat signifikan bagi seorang individu atau pun kelompok. Karena keberadaan dari kegiatan seperti ini pada dasarnya memang dapat menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi interaksi sosial, memperkuat hubungan, dan meningkatkan keterlibatan seseorang dalam berbagai konteks. Dan karena dikenal sebagai kegiatan bermanfaat, berikut ini kami memiliki contoh ice breaking menarik dan seru yang dapat dicoba:

1. Melakukan Yel Yel

Melakukan yel yel adalah contoh ice breaking yang bisa dibilang sangat disarankan untuk dilakukan sesaat sebelum memulai suatu kegiatan atau acara, agar nantinya aktivitas tersebut dapat dimulai dengan banyak energi positif serta semangat. Karena dengan melakukan yel yel ini, umumnya kita akan melibatkan adanya gerakan fisik dan vokal yang energik. Yang mana, hal ini secara tidak langsung dianggap dapat membantu meningkatkan mood para peserta menjadi semakin baik dan menciptakan suasana yang tentunya jauh lebih menyenangkan. Karena akan memungkinkan para peserta untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui gerakan, kata-kata, atau lagu

Selain itu, melakukan aktivitas yang lucu atau menyenangkan seperti yel yel ini ternyata juga dianggap dapat membantu memecah kebekuan dan ketegangan di antara peserta, terutama di awal pertemuan atau acara. Mengingat saat akan melakukan yel yel, umumnya para peserta pun akan dituntut untuk berpartisipasi secara aktif, sehingga memungkinkan mereka untuk dapat merasa terlibat dalam aktivitas secara bersama-sama, yang secara tidak langsung dapat menjadi sarana untuk menunjukkan kepribadian mereka dan membangun hubungan dengan cara yang unik, sekaligus efektif guna mengarahkan energi positif menuju tujuan bersama.

2. Bermain Sambung Kata

Selain melakukan yel yel, contoh ice breaking selanjutnya yang juga bisa dilakukan untuk meningkatkan mood atau juga mengurangi kepenatan adalah dengan cara melakukan permainan berupa sambung kata. Dimana bermain sambung kata dalam hal ini dianggap dapat menjadi ice breaking karena aktivitas ini memungkinkan peserta untuk berinteraksi secara santai sambil merangsang kreativitas dan komunikasi antar satu sama lain. Karena bermain sambung kata umumnya adalah jenis permainan yang santai dan menyenangkan. Sehingga para peserta dapat terlibat dalam permainan tanpa tekanan, serta membantu mereka menciptakan suasana yang santai dan ramah.

Terlebih jenis kegiatan aktivitas ini pun nantinya juga akan memungkinkan peserta untuk berinteraksi satu sama lain secara langsung serta berpikir bersama. Sehingga nantinya bukan hanya akan menghilangkan kekakuan di antara peserta yang mungkin belum saling kenal atau belum begitu akrab saja, melainkan juga sekaligus akan turut serta merangsang kreativitas peserta juga membantu meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal mereka agar semakin baik, nyaman dan terbuka untuk berinteraksi satu sama lain. Karena dalam permainan ini tidak ada yang terlalu dominan atau terlalu pasif, sehingga semua peserta pun bisa merasa lebih menghargai satu sama lain.

3. Mengisi Tic Tac Toe

Mengisi Tic Tac Toe agaknya juga merupakan contoh ice breaking yang dapat dilakukan untuk mengurangi kepenatan sekaligus memperkuat hubungan antara invdividu. Mengingat, untuk memainkan permainan ini umumnya kita memang diharuskan untuk membentuk sebuah kelompok, yang dapat dimanfaatkan untuk memecah kebekuan dan membangun interaksi sosial. Karena sebagaimana kita ketahui, permainan Tic Tac Toe sebetulnya memang adalah sebuah permainan menyenangkan yang sangat sederhana dan akrab bagi kebanyakan orang, sehingga tidak memerlukan adanya banyak ketentuan atau penjelasan panjang.

Terlebih ketika dimainkan dalam kelompok, Tic Tac Toe pun dianggap juga akan menjadi permainan yang kolaboratif, dimana para peserta nantinya memang diharuskan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Yang mana, adanya hal ini tentu juga dapat sekaligus membantu para peserta merasa lebih terbantu dalam membangun hubungan antara individu. Karena mereka perlu berkomunikasi satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai kemenangan. Oleh sebab itu, meskipun Tic Tac Toe bisa menjadi kompetitif, namun permainan ini pun juga dikenal cenderung santai dan memungkinkan peserta untuk tetap bersantai dan menikmati interaksi.

4. Bermain Tebak Gambar

Contoh ice breaking selanjutnya yang bisa dibilang juga cukup banyak dilakukan oleh orang orang untuk menghilangkan penat adalah dengan bermain tebak gambar. Dimana, permainan tebak gambar sendiri dalam hal ini bisa dibilang memang adalah salah satu jenis permainan yang cukup menyenangkan dan menghibur. Karena dapat membantu menciptakan suasana yang santai dan positif di antara peserta, serta membantu mereka merasa lebih nyaman dan terhubung satu sama lain. Mengingat, permainan ini umumnya akan membuat setiap individu tetap aktif untuk mencoba menebak gambar, namun tidak melibatkan adanya tekanan.

Selain itu, dalam permainan tebak gambar umumnya setiap pemain juga sering kali dapat berkolaborasi untuk mencoba menebak gambar dengan cara berdiskusi, bertukar ide, dan bekerja sama. Yang mana, adanya hal ini tentu secara tidak langsung akan membuat mereka semakin mampu untuk memperkuat kemampuan kerjasama antara satu sama lain, sekaligus membantu menciptakan suasana yang lebih santai dan ramah, karena dapat memecah kebekuan, membangun hubungan, dan menciptakan kondisi pertemanan yang menyenangkan.

5. Jenga Game

Bermain Jenga dalam hal ini juga merupakan salah satu contoh ice breaking yang mudah dilakukan namun dianggap cukup mampu untuk menghilangkan kepenatan, mencairkan suasana, serta memperkuat hubungan antara individu. Mengingat jika permainan Jenga ini nantinya akan melibatkan interaksi antara peserta ketika mereka bergantian memilih dan mengeluarkan blok dari menara. Yang mana, adanya hal ini tentu secara tidak langsung akan memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk berbicara satu sama lain, berkomunikasi, dan mungkin membangun hubungan yang lebih hangat serta kuat.

Apalagi, agar nantinya permainan ini dapat berhasil, para peserta pun umumnya juga diharuskan untuk saling bekerja sama dalam menjaga keseimbangan dan stabilitas menara. Dimana, adanya usaha tersebut tentu secara perlahan akan membantu menghilangkan kekakuan di antara peserta karena fokus pada permainan dan tujuan bersama untuk menjaga menara tetap stabil, sekaligus membantu membangun kerjasama di antara peserta yang tentu nantinya juga akan membantu mereka merasa lebih nyaman saat diharuskan untuk bekerja bersama.

Nah, itulah dia sejumlah contoh ice breaking menarik dan seru yang bisa coba dilakukan untuk menghilangkan penat sekaligus memfasilitasi interaksi, kerjasama, dan percakapan antara satu individu dengan individu lainnya, guna menciptakan suasana yang menyenangkan dan santai. Namun, meskipun begitu penting untuk diingat pula jika pengadaan ice braking hendaknya selalu di sesuaikan dengan tujuan yang ingin diraih. Apakah itu untuk melepas penat saja, memecah kebekuan, memperkenalkan diri satu sama lain, membangun kerjasama, atau tujuan lainnya. Sehingga nantinya pemilihan kegiatan untuk ice breaking pun dapat sesuai dengan kebutuhan.

 

Untuk membantu menghilangkan penat, meningkatkan kekompakan, membangun interaksi, menanamkan rasa loyalitas dan juga bertanggung jawab, sebetulnya bukan hanya dapat diusahakan melalui menghadirkan bermacam jenis permainan yang menarik dan seru sebagai ice breaking saja. Melainkan bisa juga dengan cara sengaja menyiapkan sebuah barang atau bingkisan menarik serta multifungsi bagi mereka sebagai wujud dari penghargaan. Dimana jenis barang multifungsi dan menarik yang dimaksud tersebut pun umumnya dapat berupa berbagai macam barang, namun salah satu yang paling direkomendasikan adalah tas, khususnya tas custom.

Yang mana, bisa dibilang jika jenis barang multifungsi seperti tas custom ini agaknya merupakan pilihan paling tepat yang paling disarankan. Mengingat model dari tas guna keperluan ini sendiri juga ada beragam jenisnya, diantaranya seperti totebag, slingbag, waistbag, pouch, hingga tas ransel. Dan agar tas untuk keperluan ini dapat menjadi barang yang selalu dikenang oleh penerimanya sekaligus menarik juga fungsional tentu akan lebih bagi anda untuk mempercayakan kebutuhan pembuatan tas custom tersebut pada sebuah pabrik tas custom terbaik seperti Karya Bintang Abadi. 

Karena dengan mempercayakan kebutuhan tas pada Karya Bintang Abadi, nantinya anda akan disugguhi oleh banyaknya pilihan model serta desain tas, detail tampilan rapi, kualitas dan mutu terjamin, kecepatan pada proses produksi, harga terjangkau, serta pengerjaan juga pelayanan terbaik yang dilakukan oleh SDM berkompeten dalam bidangnya. Selain itu, proses pemesanan tas di Karya Bintang Abadi pun juga dijamin aman, cepat dan mudah karena didampingi oleh customer service ramah juga sigap, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik dan up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp