fbpx

3 Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni Yang Benar! Begini Caranya

proposal kegiatan pentas seni

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum mengetahui contoh contoh proposal kegiatan pentas seni yang benar dan tepat, tentu kita semua setuju bukan jika jenis kegiatan seperti pentas seni ini pada dasarnya memang pantas dianggap sebagai salah satu contoh kegiatan bermanfaat yang dinilai memiliki daya tarik tersendiri. Dimana kegiatan pentas seni sendiri dalam hal ini sebetulnya merupakan istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan suatu acara pertunjukan atau pergelaran seni yang sengaja dipersiapkan sedemikian rupa dan dilakukan di depan banyak penonton.

Yang mana, pentas seni ini umumnya dapat berupa banyak jenis pertunjukan, baik itu mulai dari pertunjukan teater, musik, tari, seni rupa, dan berbagai bentuk seni lainnya. Mengingat jika tujuan dasar dari diadakannya pentas seni ini pun pada dasarnya juga adalah memang untuk menyampaikan pesan tertentu kepada penonton. Oleh sebab itu, kegiatan pentas seni seperti ini sering kali juga dijadikan sebagai sarana bagi para seniman maupun talenta muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka serta memperoleh apresiasi dari masyarakat.

Terlebih, secara garis besar bisa dibilang jika adanya kegiatan pentas seni seperti ini pun pada dasarnya juga memiliki sejumlah tujuan serta manfaat penting bagi para penonton maupun pihak penyelenggaranya. Dan adapun beberapa tujuan serta manfaat dari diadakannya kegiatan pentas seni ini, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Menghibur: Salah satu tujuan utama dari diadakannya pentas seni tentu saja adalah untuk memberikan hiburan kepada penonton. Dimana pertunjukan seni ini nantinya diharapkan dapat menjadi sarana bagi penonton untuk bisa melepaskan diri dari kepenatan kehidupan sehari-hari dan menikmati momen yang menyenangkan.
  2. Mendidik: Kegiatan pentas seni juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan. Mengingat jika pertunjukan pentas seni seringkali juga sengaja dibuat dengan adanya pesan moral atau nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada penonton, sehingga dapat menjadi sarana edukatif yang menarik pula.
  3. Menginspirasi: Melalui pentas seni, para seniman atau pihak penyelenggara umumnya dapat menginspirasi penonton dengan karya-karya mereka. Apalagi setiap pertunjukan seni, umumnya mereka akan mengandung keindahan dan keunikan, sehingga dinilai dapat lebih memotivasi penonton untuk lebih menghargai seni dan mengekspresinya.
  4. Mengungkapkan Ekspresi dan Emosi: Bagi sebagian orang, seni adalah salah satu cara untuk mengungkapkan ekspresi dan emosi. Dimana melalui pentas seni ini, seniman maupun pihak penyelenggara biasanya dapat mengekspresikan karya mereka secara lebih mudah sehingga membuat para penonton bisa turut serta merasakan dan memahami pengalaman tersebut.
  5. Memperkenalkan Budaya: Pentas seni juga dianggap sebagai sarana penting guna memperkenalkan budaya suatu daerah atau bangsa kepada masyarakat luas. Oleh sebab itu, banyak pentas seni sengaja mempertunjukan seni tradisional atau kontemporer sebagai bagian dari performernya.
  6. Memberikan Pengalaman Artistik: Adanya kegiatan pentas seni, umumnya dinilai juga dapat memberikan pengalaman artistik yang menyenangkan dan berkesan, baik itu bagi para penontonnya maupun pihak penyelenggara.
  7. Menghasilkan Pendapatan: Tidak dapat dipungkiri, jika diadakannya sebuah kegiatan pentas seni dalam hal ini sering kali bukan hanya untuk menunjukan sesuatu hal yang berkesan bagi para penontonnya, tetapi juga sekaligus bertujuan pula untuk menghasilkan pendapatan, baik bagi para seniman maupun pihak terlibat maupun untuk keperluan penggalangan dana.
  8. Mempererat Hubungan Sosial: Karena biasanya akan dihadiri dan melibatkan orang-orang dengan minat yang sama dalam seni, secara tidak langsung hal tersebut pun membuat sebuah kegiatan pentas seni juga kerap dijadikan sebagai  ajang untuk mempererat hubungan sosial antara seniman, penonton, maupun suatu komunitas seni.

3 Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni Yang Benar! Begini Caranya

Dan karena memiliki sejumlah tujuan serta manfaat, sebagaimana sudah disebutkan di atas, tentu wajar saja bukan jika hal tersebut secara tidak langsung membuat jenis kegiatan seperti pentas seni ini dianggap sebagai salah satu kegiatan penting, yang dalam setiap penyelenggaraannya setidaknya diharuskan untuk dapat meninggalkan kesan, terutama bagi para penontonnya. Yang mana agar nantinya kegiatan pentas seni tersebut dapat berjalan semestinya dan sesuai dengan tujuan diadakannya, tentu diperlukan sejumlah hal pendukung untuk menunjang kesuksesannya, yang diantaranya seperti beberapa hal berikut ini:

1. Konsep Acara: Sebelum mulai untuk mengadakan sebuah kegiatan pentas seni, tentu ada baiknya untuk selalu menentukan konsep acara yang ingin disajikan, termasuk jenis seni yang akan dipentaskan, tema acara, dan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton.

2. Lokasi dan Tanggal: Selain menentukan konsep acara, penting juga bagi kita untuk selalu memperhatikan lokasi serta tanggal penyelenggaraan kegiatan pentas seni. Dimana, ada baiknya untuk selalu memilih lokasi dan tanggal yang sesuai dengan konsep acara secara tepat.

3. Tim Penyelenggara: Untuk memastikan jalannya kegiatan seni berlangsung  lancar dan teratur, ada baiknya untuk selalu membentuk tim penyelenggara pula, yang umumnya akan terdiri dari berbagai bentuk tim dengan peran dan tanggung jawab beragam.

4. Melakukan Seleksi Seniman dan Talent: Bukan hanya perlu mempersiapkan acara dari segi teknis saja. Karena selain itu, untuk memastikan jika jalannya pentas seni dapat berjalan baik, kita juga perlu untuk menyeleksi seniman maupun talent yang akan terlibat, agar nantinya antara talent dengan konsep acara dapat berjalan dengan serasi.

5. Persiapan Artistik: Melakukan persiapan dari segi artistik juga sangat lah diperlukan sesaat sebelum menyelenggarakan kegiatan pentas seni, baik itu berupa kostum, set panggung, pencahayaan, efek khusus dan lain sebagainya agar nantinya dapat lebih sesuai dengan konsep acara.

6. Pemenuhan Kebutuhan Logistik dan Keamanan: Namun selain melakukan persiapan dari segi artistik, hendaknya penting pula bagi kita untuk mempersiapkan pula pemenuhan kebutuhan kegiatan pentas seni dari segi logistik dan keamanan. Baik itu mulai dari tempat parkir, toilet, hingga keamanan penonton.

7. Promosi Acara: Agar kegiatan pentas seni dapat berjalan lancar, sukses dan ramai, sebetulnya terdapat banyak hal dapat dilakukan, salah satunya bisa juga dengan melakukan promosi acara. Baik itu mulai dari media sosial, media massa atau media promosi lainnya, sehingga kegiatan pentas seni tersebut dapat menarik minat penonton.

8. Pemenuhan Izin dan Perizinan: Ketika akan mengadakan sebuah kegiatan pentas seni, pastikan jika kita sudah mengurus dan mendapatkan pula perizinan yang diperlukan dari pihak berwenang untuk menggelar acara. Mengingat jika pemenuhan izin ini sangat berpengaruh pada kelancaran acara pula.

9. Pemilihan Sponsor dan Pendanaan: Karena sebuah membutuhkan banyak keperluan untuk menunjang keberlangsungannya, tentu sebuah kegiatan pentas seni umumnya akan memerlukan biaya pengadaan yang besar. Dimana untuk membantu kelancaran dari segi biaya tersebut, umumnya kita memerlukan adanya sponsor serta pendanaan. Yang mana sebagai usaha untuk mendapatkan pendanaan, bahkan juga sekaligus pemenuhan perizinan, biasanya kita akan memerlukan peran dari sebuah proposal kegiatan.

Namun karena menjadi bagian yang terbilang krusial serta memerlukan perhatian ekstra, tentu dalam penyusunannya kita diharuskan untuk mempertimbangkan sejumlah hal penting pula. Tetapi agar nantinya penyusunan proposal kegiatan pentas seni tersebut dapat tersusun secara baik, terstruktur dan mudah dilakukan, ada baiknya bagi kita untuk menyimak cara menyusun proposal kegiatan pentas seni berikut ini terlebih dahulu:

1. Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni “Merayakan Ulang Tahun Sekolah”

Judul Proposal

“Merajut Masa Depan yang Cerah dalam Rangka Ulang Tahu Sekolah”

I. Latar Belakang

Dalam hal ini sekolah memang adalah salah satu tempat dimana para generasi penerus bangsa dibentuk dengan berbagai perbekalan, khususnya pada bidang akademis. Oleh sebab dalam rangka merayakan ulang tahun sekolah yang ke-x, kami mengusulkan adanya penyelenggaraan pentas seni dengan tema “Merajut Masa Depan yang Cerah”. Dimana kegiatan pentas seni ini nantinya akan melibatkan para warga sekolah, mulai dari guru hingga seluruh murid, dari kelas 1 sampai kelas 3, dan dukung pula oleh para alumni juga para orang tua dan wali murid sebagai bentuk dari apresiasi terhadap peran sekolah dalam membentuk karakter dan kecerdasan anak-anak.

II. Tujuan

  1. Mempererat hubungan antara siswa, guru, dan orang tua atau wali siswa.
  2. Menampilkan prestasi dan potensi dalam bidang seni yang dimiliki oleh para  siswa.
  3. Menunjukan betapa pentingnya pendidikan secara holistik dalam pembentukan karakter anak.
  4. Meningkatkan rasa bangga terhadap sekolah sebagai lembaga pendidikan.
  5. Memberikan pengalaman artistik, baik bagi pihak sekolah maupun tamu undangan.

III. Rencana Kegiatan

  1. Pembukaan: Sambutan dari kepala sekolah dan penampilan dari band sekolah.
  2. Pertunjukan Seni: Tarian, drama, musik, dan seni rupa oleh siswa dari setiap tingkat kelas.
  3. Pameran Karya: Memamerkan karya siswa, mulai dari lukisan, patung, dan karya seni lainnya yang dibuat oleh perwakilan setiap kelas.
  4. Penghargaan: Pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi dalam bidang seni dan akademik.
  5. Penutup: Penampilan bersama seluruh siswa dalam lagu kebangsaan dan mars sekolah.

IV. Anggaran

1. Anggaran yang dibutuhkan:

  • Sewa panggung: (Rp Jumlah)
  • Dekor panggung: (Rp Jumlah)
  • Peralatan pentas seni: (Rp Jumlah)
  • Kostum pengisi acara: (Rp Jumlah)
  • Konsumsi panitia: (Rp Jumlah)
  • Konsumsi bagi tamu undangan: (Rp Jumlah)
  • Promosi: (Rp Jumlah)
  • Lain-lain: (Rp Jumlah)
  • Total anggaran: (Rp Jumlah)

2. Sumber dana:

  • Dana dari sekolah: (Rp Jumlah)
  • Sumbangan orang tua/wali murid: (Rp Jumlah)
  • Sponsor: (Rp Jumlah)

V. Manfaat

  1. Meningkatkan rasa bangga juga kecintaan para siswa terhadap seni dan budaya.
  2. Memperkuat hubungan yang terjalin antara sekolah dengan para siswa, guru, maupun orang tua siswa.
  3. Meningkatkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan seni.
  4. Memperkenalkan potensi siswa dalam seni kepada masyarakat.
  5. Melatih rasa tanggung jawa dan keprofesionalan para siswa.

VI. Penutup

Dan demikian lah proposal kegiatan pentas seni dalam rangka merayakan ulang tahun sekolah yang ke-x ini kami buat. Dimana melalui adanya proposal kegiatan ini, besar harapan kami pihak sekolah mau untuk menyetujui serta mendukung keberlangsungan dari kegiatan pentas seni yang kami rencanakan ini, sehingga nantinya dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

2. Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni “Perpisahan Siswa Kelas XII”

Proposal Pelaksanaan Pentas Seni Perpisahan Siswa dan Siswi Kelas XII

1. Pendahuluan

Dalam rangka perpisahan para siswa dan siswi kelas XII, kami memiliki rencana untuk menyelenggarakan adanya kegiatan pentas seni untuk pelepasan para siswa kelas XII yang sebentar lagi akan meninggalkan (nama sekolah) dan akan melanjutkan perjalanan mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dimana adanya kegiatan pentas seni ini, sebetulnya bukan hanya dimaksudkan untuk momen perpisahan saja, melainkan juga sekaligus sebagai sarana bagi para siswa siswi mengekspresikan bakat seni mereka dan berbagai momen bersama untuk mengenang masa-masa indah selama di sekolah.

Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk memberikan momen perpisahan yang berkesan bagi siswa dan siswi ini sebagai bentuk apresiasi atas perjalanan mereka selama ini. Mengingat jika kegiatan pentas seni guna perpisahan siswa dan siswi kelas XII ini bisa dibilang memang merupakan salah satu cara untuk mengenang masa-masa indah yang telah dilalui bersama, sebelum meninggalkan kenangan yang tak terlupakan sebelum melangkah ke fase berikutnya dalam pendidikan mereka.

2. Tujuan

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menampilkan bakat seni mereka.
  • Menyediakan wadah serta fasilitas bagi para siswa memperkuat bakat seninya.
  • Menciptakan momen yang berkesan dan menghibur bagi siswa kelas XII dalam merayakan perpisahan mereka.
  • Mempererat hubungan antar siswa sebelum mereka berpisah dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.

3. Rencana Kegiatan

  • Pertunjukan musik dari siswa-siswi dari kelas IX dan XI yang tergabung dalam band sekolah
  • Menampilkan tarian daerah dari siswa-siswi yang mengikuti ekstrakurikuler tari.
  • Drama atau sketsa komedi yang dibawakan oleh siswa-siswi dari ekstrakurikuler teater.
  • Paduan suara yang dilakukan oleh para siswa-siswi kelas XII sebagai salam perpisahan.

4. Waktu dan Tempat

  • Waktu: (Tanggal dan waktu pentas seni: 24 Februari, pukul 10.00-selesai)
  • Tempat: (Lokasi diadakannya pentas seni: Lapangan indoor SMA XX)

5. Anggaran

  • Total anggaran yang dibutuhkan sebesar: (Rp Jumlah)
  • Rincian anggaran:
    • Penyewaan tempat dan peralatan panggung: (Rp Jumlah)
    • Konsumsi untuk para peserta dan penonton: (Rp Jumlah)
    • Perlengkapan dan dekorasi panggung: (Rp Jumlah)
    • Kostum dari pengisi pentas seni: (Rp Jumlah)
    • Lain-lain (biaya promosi, transportasi, dll.): (Rp Jumlah)
  • Sumber dana:
    • Sumbangan wali murid: (Rp Jumlah)
    • Dukungan dana dari sekolah: (Rp Jumlah)
    • Sponsor: (Rp Jumlah)

6. Penutup

Kami berharap adanya kegiatan pentas seni dalam rangka momen perpisahan siswa siswi kelas XII ini dapat menjadi suatu momen berkesan, baik itu bagi para siswa siswi kelas XII sendiri dalam mengakhiri perjalanan mereka di sekolah, maupun bagi para siswa siswi kelas IX dan XI, guru hingga para orang tua wali murid yang turut terlibat serta menjadi tamu undangan. Dimana dengan diselenggarakannya kegiatan pentas seni ini, kami juga berharap dapat sekaligus meningkatkan semangat persaudaraan di antara mereka serta memotivasi mereka untuk meraih prestasi di masa depan pula.

Dan dengan ini, demikianlah proposal kegiatan pentas seni ini disusun. Yang mana, tentu besar harapan kami pihak sekolah mau menindaklanjuti proposal kegiatan ini dan menyetujui serta mendukung keberlangsungan dari kegiatan pentas seni ini.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami, [Penanggung Jawab Acara] [Sebagai tanda tangan]

3. Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni ” Memperingati Hari Pahlawan”

Proposal Kegiatan Pentas Seni Dalam Rangka “Memperingati Hari Pahlawan”

A. Pendahuluan

Seiring dengan semangat perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, umumnya kita akan memperingatinya sebagai hari pahlawan pada tanggal 10 November. Dimana peringatan ini bisa dibilang merupakan salah satu momentum penting untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan meneladani semangat mereka dalam membangun bangsa. Yang mana dalam rangka memperingati hari pahlawan tersebut kami mengajukan proposal kegiatan pentas seni.

Yang mana kegiatan ini diharapkan nantinya dapat menjadi wadah untuk mengenang jasa para pahlawan, menggugah semangat nasionalisme, sekaligus meningkatkan apresiasi terhadap nilai-nilai kepahlawanan. Dan melalui kegiatan pentas seni, kami juga ingin menyampaikan pesan-pesan inspiratif tentang semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kepada masyarakat luas, khususnya para generasi muda. Oleh sebab itu, kegiatan pentas seni ini nantinya akan melibatkan berbagai seniman dan talenta lokal untuk menampilkan karya-karya seni yang mengangkat tema kepahlawanan.

B. Latar Belakang 

Di tengah dinamika perkembangan zaman, nilai-nilai kepahlawanan tentunya perlu untuk terus dihidupkan dan diperkuat dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Dimana salah satu cara yang dirasa cukup efektif untuk mendukung hal tersebut adalah melalui diadakannya kegiatan pentas seni yang bertemakan tentang kepahlawanan. Mengingat jika jenis kegiatan seperti pentas seni tersebut dalam hal ini dinilai memiliki daya tarik dan kekuatan tersendiri untuk menyampaikan pesan-pesan moral, inspiratif, dan edukatif secara lebih menarik.

Oleh karena itu, kami memiliki rencana untuk mengadakan kegiatan pentas seni dalam rangka “Memperingati Hari Pahlawan” ini, baik itu sebagau usaha untuk menyampaikan pesan-pesan moral, inspiratif, dan edukatif, maupun  sebagai perwujudan rasa apresiasi dan penghargaan kepada para pahlawan, yang dapat dilihat pula sebagai salah satu upaya untuk menginspirasi masyarakat, khususnya generasi muda, agar mau lebih mengenal, menghargai, dan meneruskan perjuangan para pahlawan demi kejayaan bangsa dan negara.

C. Tujuan

  • Mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan.
  • Menggugah semangat nasionalisme dan kebangsaan.
  • Memperkenalkan kembali nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda.
  • Meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya Indonesia.

D. Rencana Kegiatan

  1. Pertunjukan Teater: Drama musikal tentang perjuangan para pahlawan yang dipentaskan oleh teater lokal.
  2. Pentas Tari: Pertunjukan tari-tarian daerah yang menggambarkan semangat kepahlawanan.
  3. Konser Musik: Konser musik dengan lagu-lagu patriotik yang menginspirasi.
  4. Pameran Seni: Pameran lukisan dan patung dengan tema kepahlawanan.
  5. Lomba Seni: Lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak dengan tema pahlawan.

E. Waktu dan Tempat

  • Tanggal: 10 November 20XX
  • Waktu: 09.00 – 16.00 WIB
  • Tempat: Lapangan Pahlawan, Kota XXX

F. Anggaran

Total anggaran yang dibutuhkan sebesar (Rp Jumlah) yang akan digunakan untuk:

  • Honor seniman dan crew: (Rp Jumlah)
  • Sewa tempat:(Rp Jumlah)
  • Perlengkapan panggung: (Rp Jumlah)
  • Promosi acara: (Rp Jumlah)
  • Kebutuhan lainnya: (Rp Jumlah)

G. Manfaat

  • Mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.
  • Memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme.
  • Memberikan hiburan dan inspirasi positif kepada masyarakat.

H. Kesimpulan

Kegiatan pentas seni yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari pahlawan ini diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengenang jasa para pahlawan, menggugah semangat nasionalisme, dan meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya Indonesia. Oleh sebab itu, besar harapan kamu agar kegiatan ini dapat mendapatkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak.

Dan dengan ini, demikianlah proposal kegiatan pentas seni “Memperingati Hari Pahlawan” ini kami susun dengan sebaik-baiknya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Demikianlah contoh proposal kegiatan pentas seni yang dapat dijadikan sebagai contoh atau referensi dalam menyusun proposal acara seni, agar nantinya proposal kegiatan tersebut dapat memiliki struktur yang baik dan benar. Dimana dalam penyusunan proposal kegiatan tersebut, hendaknya selalu pastikan bila setiap bagiannya dapat memberikan gambaran menyeluruh serta jelas tentang konsep acara yang dikehendaki. Sehingga nantinya maksud dari anda menyusun proposal tersebut pun dapat tersampaikan dengan baik serta mudah di mengerti oleh pihak yang dituju. Baik untuk tujuan mendapatkan izin, dukungan, hingga pendanaan.

 

Jika membahas tentang pentas seni, tentu terdapat banyak hal perlu diusahakan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilannya. Dimana diantaranya banyaknya usaha tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan adanya bingkisan atau mercahndise untuk dibagikan kepada para penonton pentas. Baik itu sebagai perwujudan dari rasa terimakasih dan apresiasi karena telah hadir maupun kenang kenangan. Yang mana, karena akan diperuntukkan guna untuk keperluan berupa merchandise atau bingkisan, tentu ada baiknya jika barang barang yang akan diberikan memiliki tampilan menarik serta fungsional, contohnya seperti tas custom buatan Karya Bintang Abadi. 

Dimana Karya Bintang Abdi sendiri sebetulnya dalam hal ini adalah sebuah jasa pembuatan tas custom terbaik juga terpercaya yang dikenal memiliki detail tampilan tas pesanan terbaik, kualitas dan kuantitas terjamin, waktu pengerjaan cepat dan tepat waktu, hingga harga terjangkau. Terlebih karena dapat dibuat secara custom, tas yang dihasilkan pun tentu juga dapat dipastikan akan memiliki spesifikasi sesuai dengan keinginan, kebutuhan, serta budget milik customer. Sehingga hal tersebut tentu akan membuat customer semakin puas akan hasil tas customnya.

Jadi bagi anda yang memiliki kebutuhan akan tas custom guna beragam kebutuhan, ada baiknya untuk segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi saja. Karena selain dapat memberikan kepuasan bagi para konsumen dari segi produknya yang unggul, pabrik tas ini juga dikenal tidak pernah lupa untuk memberikan pelayanan terbaik yang meliputi proses pemesanan aman, serta cara pemesanan cepat dan mudah, baik secara online maupun offline.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar nantinya tidak ketinggalan berbagai informasi menarik juga up to date seputar tas. Semoga bermanfaat dan happy weekend!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp