fbpx

10 Contoh Tema Briefing Pagi yang Bagus Sebelum Kerja Dimulai

briefing pagi

bagikan artikel ini kepada teman

Menjadi salah satu budaya perusahaan yang banyak dijalankan juga dipertahankan keberlangsungannya, dalam hal ini dapa dikatakan jika briefing sendiri sebetulnya adalah suatu proses komunikasi yang umumnya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memberikan informasi, instruksi, atau bahkan panduan kepada individu maupun timnya, dengan tujuan mempersiapkan diri mereka dalam menjalankan tugas, proyek, atau suatu kegiatan tertentu. Oleh sebab itu umumnya sebuah briefing biasanya memang dilakukan sebelum pelaksanaan tugas atau proyek tersebut, sehingga nantinya semua pihak yang terlibat dapat memahami tujuan, ruang lingkup, dsb dengan baik.

Dan meskipun hingga saat ini memang tidak ada ketentuan khusus mengenai kapan seharusnya briefing diadakan, namun umumnya sebagian besar perusahaan akan memilih pagi hari sebagai waktu melakukan briefingnya secara rutin. Yang mana pagi hari dianggap sebagai waktu paling efektif, selain karena biasanya para pekerja masih dalam keadaan fresh juga semangat, pagi hari dianggap juga sebagai waktu permulaan sebelum mulai menjalankan seluruh tugas dan tanggung jawab yang perlu di kerjakan pada hari itu, sehingga tentu lebih relate dengan pernyataan yang sebelumnya sudah di bahas.

Dimana dalam pelaksanaannya sendiri, biasanya briefing diketahui dapat dilakukan secara lisan, tertulis, atau bahkan kombinasi dari keduanya, tergantung pada konteks juga kebutuhan. Yang mana agar maksud atau tujuan dari diadakannya briefing ini dapat terwujud secara maksimal, hendaknya kita juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam pelaksanaannya. Dan adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah briefing dapat berjalan dengan baik diantaranya adalah seperti berikut ini:

1. Komitmen juga konsisten terhadap waktu 

Untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab juga disiplin tinggi pada diri setiap individu, ada baiknya pelaksanaan sebuah briefing selalu memperhatikan kekonsistenan juga komitmen terhadap waktu. Dimana dalam, hal ini ada baiknya untuk selalu menerapkan kebiasaan berupa memulai briefing sesuai dengan yang sudah di tentukan dan tidak mempedulikan berapa orang yang sudah atau belum hadir. Sehingga nantinya para peserta briefing pun dapat lebih menghargai waktu sekaligus memberikan pelajaran bagi mereka yang kerap telat.

2. Jangan memakan waktu terlalu lama 

Agar diadakannya briefing dapat berjalan secara efisien ada baiknya untuk selalu mempertimbangkan pula terkait lama waktu pelaksanaannya, sehingga tidak terlalu lama dan membuat pembahasan menjadi melebar yang akhirnya mengurangi jam kerja produktif atau pun terlalu singkat hingga membuat pesan tidak tersampaikan secara maksimal. Yang mana bisa dikatakan jika rentang waktu paling ideal dalam melakukan briefing sendiri adalah 10 sampai maksimal 20 menit.

3. Lakukan dengan cara berdiri

Selain dilakukan dengan cara biasa, agar sebuah briefing dapat berjalan efektif ada baiknya bagi setiap peserta mengikuti briefing dalam posisi berdiri. Karena dengan posisi seperti ini biasanya akan membuat karyawan atau peserta briefing menjadi lebih fokus pada pembicara atau pemimpin briefing, serta lebih mudah untuk diajak bersemangat entah itu berteriak atau melakukan gerakan tertentu.

4. Buat briefing per divisi atau per tim 

Bukan hanya memperhatikan waktu juga mempertimbangkan posisi saja yang perlu dilakukan, karena agar nantinya briefing dapat berjalan dengan lancar juga efektif, ada baiknya pula untuk melakukan briefing dalam jumlah peserta sedikit dan per divisi saja. Sehingga nantinya penyampaian informasi pun dapat dilakukan secara lebih teknis, fokus juga efektif.

5. Lakukan dengan singkat, padat dan jelas

Karena harus dilakukan secara efektif, maka ada baiknya untuk melakukan briefing dengan singkat, padat dan juga jelas. Dimana dalam kurun waktu tersebut hendaknya kita sudah bisa menyampaikan berbagai informasi juga motivasi kepada para peserta breifing secara maksimal dengan tema yang baik pula. Contohnya seperti beberapa tema briefing yang bagus digunakan sebelum mulai bekerja berikut ini:

10 Contoh Tema Briefing Pagi yang Bagus Sebelum Kerja Dimulai

Karena memiliki banyak tujuan penting, diantaranya seperti untuk memastikan pemahaman bersama, menguatkan koordinasi juga sinergi, memperkuat komunikasi, pengambilan keputusan, forum untuk evaluasi dan pemantauan, memotivasi tim, dsb. Tentu secara tidak langsung hal tersebut juga membuat adanya briefing pagi dianggap memiliki banyak kelebihan pula. Dimana adapun beberapa kelebihan dari diadakannya sebuah briefing pagi sebelum memulai bekerja, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Memulai hari dengan pemahaman yang jelas: Pada sebuah briefing bagi umumnya para peserta akan diberikan berbagai penjelasan juga evaluasi terkait hari kemarin dan apa saja yang akan perlu dikerjakan pada hari itu. Dimana hal tersebut tentunya akan memberikan kesempatan kepada tim atau individu untuk memulai hari kerjanya dengan pemahaman lebih jelas tentang apa yang perlu dicapai dan prioritas apa saja yang harus ditempatkan. Sehingga membantu mereka untuk dapat lebih fokus dan produktivitas sejak awal hari.

2. Masalah segera teratasi: Briefing pagi dapat digunakan pula untuk mengidentifikasi suatu masalah atau hambatan yang mungkin sering atau akan muncul saat pekerjaan dimulai. Yang mana dengan diadakannya briefing pagi ini, tentu dapat memungkinkan tim untuk segera merespon dan mengambil tindakan yang sekiranya diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga tidak mengganggu kemajuan selama hari kerja.

3. Koordinasi tim lebih baik: Pagi hari dianggap sebagai waktu yang paling baik juga efektif untuk memastikan bahwa semua anggota tim berada di tempat dan dalam keadaan fresh untuk dapat memahami segala hal terkait pengarahan secara baik. Oleh sebab itu adanya briefing pagi juga dianggap memiliki kelebihan untuk membantu  koordinasi dan kolaborasi lebih efisien.

4. Meningkatkan keterlibatan tim: Diadakannya briefing pagi dalam hal ini diketahui juga dapat menjadi kesempatan untuk memotivasi tim, berbagi visi, dan menekankan pentingnya peran masing-masing individu dalam mencapai tujuan bersama. Sehingga bisa dikatakan jika melalui briefing ini kita dapat meningkatkan keterlibatan tim dengan semangat kerja yang lebih maksimal lagi.

5. Menciptakan konsistensi: Bukan hanya dapat membuat kinerja menjadi semakin efektif, karena selain itu adanya briefing pagi pun juga dianggap dapat membantu menciptakan konsistensi dalam komunikasi dan pemahaman di antara anggota tim. Dimana tentunya hal tersebut akan membantu kita untuk menghindari adanya kebingungan atau kesalahpahaman yang mungkin muncul antara tim atau individu jika komunikasi terjadi secara acak sepanjang hari.

6. Penilaian kemajuan: Selain dapat di gunakan sebagai forum untuk menjelaskan planning atau target yang harus di kejar pada hari itu maupun hari mendatang. Adanya briefing pagi umumnya diketahui juga dapat sekaligus digunakan untuk mengevaluasi kemajuan proyek atau tugas yang sedang berlangsung dan menilai apakah tujuan harian atau mingguan sudah tercapai atau belum.

Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan dari adanya briefing pagi sendiri sebetulnya dalam hal ini juga bisa tergantung pada pelaksanaannya juga. Dimana penting pula untuk setidaknya menjadwalkan waktu yang cukup, guna menjaga agar briefing tetap berjalan fokus dan efisien untuk semua anggota tim yang hadir. Terlebih karena dianggap sebagai sebuah momen untuk membantu mencapai tujuan dan bukan hanya sekadar rutinitas saja. Tentu dalam hal ini pengadaan sebuah briefing hendaknya dipersiapkan secara matang, tidak terkecuali terkait dengan temanya. Dan adapun berikut ini adalah beberapa contoh tema briefing pagi yang baik:

1. pentingnya semangat dan bertekat tinggi untuk meraih kesuksesan

“Hari ini adalah kesempatan baru untuk meraih kesuksesan. Mari kita mulai dengan semangat dan tekad yang tinggi!”. Tema ini mengandung pesan tentang pentingnya semangat dan juga tekad tinggi bagi seseorang untuk mencapai tujuan mereka. Karena dengan menjalani setiap hari secara semangat dan tekad kuat tentu dapat menjadikan hari menjadi produktif dalam mencapai hasil yang lebih baik.

2. Perlunya tim yang kuat untuk menghadapi segala tantangan

“Kita adalah tim yang kuat, dan bersama-sama, kita bisa mengatasi segala tantangan. Percayalah pada kemampuan kita!”. Maksud dari tema ini adalah memberikan dorongan dan keyakinan kepada anggota tim untuk memiliki kemampuan yang cukup untuk mengatasi segala rintangan atau hambatan yang mungkin muncul dengan merangsang semangat kerja sama, dan membangun keyakinan bahwa mereka memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan apa pun itu di kemudian hari.

3. Memulai pencapaian besar dari tugas kecil lebih dulu

“Ingatlah bahwa setiap tugas kecil yang kita selesaikan hari ini adalah langkah menuju pencapaian tujuan besar kita.”. Dalam hal ini, tema tersebut dimaksudkan bahwa setiap pekerjaan atau tugas kecil yang kita lakukan saat ini bisa saja pada suatu hari akan memiliki dampak positif terhadap pencapaian tujuan besar dan kesuksesan jangka panjang yang ingin kita capai. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menghargai dan menjalankan tugas-tugas sehari-hari dengan tekun dan penuh dedikasi.

4. Perlunya memberikan yang terbaik untuk meraih kesuksesan

“Kesuksesan bukanlah kebetulan; itu adalah hasil dari kerja keras, disiplin, dan tekad. Mari kita berikan yang terbaik hari ini.”Menjadikan kalimat tersebut sebagai tema pada briefing dimaksudkan untuk menjelaskan bila kesuksesan bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan atau acak. Dimana untuk mencapai kesuksesan dalam hal apa pun itu, tentu dibutuhkan upaya dan dedikasi yang nyata juga terbaik. Karena tanpa usaha yang sungguh-sungguh, tentu peluang mencapai kesuksesan akan menjadi lebih kecil.

5. Pentingnya menghadapi segala rintangan sebagai peluang untuk bertumbuh

“Jangan biarkan rintangan atau kegagalan menghentikan kita. Mereka adalah peluang untuk belajar dan tumbuh.” Adalah tema yang mengandung pesan motivasi untuk mengajak seseorang tidak cepat merasa putus asa atau menyerah ketika menghadapi rintangan atau kegagalan dalam menghadapi suatu masalah. Karena tidak dapat di pungkiri jika perjalanan menuju kesuksesan, seringkali mengharuskan kita untuk menghadapi rintangan, kesulitan, atau bahkan kegagalan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, jangan pernah menyerah ketika menghadapi hambatan, dan justru lihatlah hal tersebut justru sebagai kesempatan untuk belajar.

6. Kebutuhan mendukung satu sama lain untuk raih tujuan

“Kita semua memiliki peran penting dalam mencapai tujuan kita. Mari kita berkolaborasi dengan baik dan mendukung satu sama lain.” Tema satu ini sebetulnya memiliki maksud bahwa setiap individu atau anggota tim umumnya memang memiliki peran dan tanggung jawab mereka sendiri. Namun tetap perlu diingat jika kolaborasi dan kerja sama antar anggota tim tersebut dengan cara menggabungkan keahlian dan upaya mereka sangat lah penting juga dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama dengan lebih efektif.

7. Jadikan visi besar kita untuk meraih dunia

“Pikirkan tentang visi besar kita. Bayangkan bagaimana dunia akan menjadi lebih baik jika kita berhasil. Itu adalah sumber motivasi kita.” Dapat dikatakan jika tema satu ini sebetulnya mengacu pada konsep penting dalam hal motivasi, karena pesan ini pada dasarnya mencoba untuk menginspirasi tim atau individu dengan mengingatkan mereka pada tujuan besar atau visi yang mereka ingin capai untuk meraih masa depan yang diinginkan.

8. Bekerja keraslah untuk raih keberhasilan

“Keberhasilan datang kepada mereka yang bersedia bekerja keras dan tidak pernah menyerah. Mari kita jadi orang-orang itu.” Tema ini mengajak individu atau tim untuk dapat mengadopsi sikap kerja keras, ketekunan, dan tekad dalam mencapai tujuan atau kesuksesan. Karena keberhasilan tidak datang dengan mudah atau secara instan.

9. Gunakan setiap kesempatan untuk bertumbuh

“Kita mungkin menghadapi tantangan, tetapi kita juga memiliki potensi besar. Gunakan setiap kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.” mengandung pesan motivasi yaitu mengajak orang untuk menghadapi tantangan dengan keyakinan bahwa mereka memiliki potensi yang besar untuk berhasil.

10. Jadikan hari ini sebagai langkah besar menuju kesuksesan

“Pikirkan tentang apa yang dapat kita capai jika kita berkomitmen sepenuh hati dan bekerja dengan semangat. Hari ini adalah langkah pertama menuju tujuan kita.” Dimana tema ini secara keseluruhan menggambarkan pentingnya visi, komitmen, semangat, dan tindakan dalam mencapai tujuan untuk mencapai apa pun yang kita rencanakan.

Nah itu dia beberapa contoh dari tema briefing pagi yang baik dan dianggap dapat memberikan motiviasi pada setiap individu atau tim yang hadir. Dimana untuk masalah menentukan tema ini, sebetulnya penting bagi kita untuk dapat menggabungkan antara kata-kata motivasi dengan konteks serta tujuan diadakannya briefing. Karena melalui motivasi yang diberikan tersebut, tentu diharapkan nantinya dapat membantu lebih meningkatkan semangat dan kinerja para anggota tim. Oleh sebab itu, pada kasus ini penting pula untuk selalu menjaga fokus dalam mengarahkan pembaruan, sehingga nantinya dapat mencapai hasil yang maksimal.

 

Selain dengan mengadakan briefing pagi secara rutin, adapun hal lain yang juga bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa semangat pada diri karyawan dalam melakukan seluruh tugas dan tanggung jawabnya adalah dengan cara pengadaan sebuah souvenir sebagai fasilitas pendukung kegiatan mereka. Yang mana dalam hal ini selain dapat berwujud atk, souvenir yang dimaksud tersebut pun juga dapat berwujud tas yang dibuat secara custom pada sebuah jasa pembuatan tas custom terbaik seperti Karya Bintang Abadi. Sehingga nantinya tas tersebut dapat memiliki tampilan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sekaligus tujuan pengadaannya.

Namun kenapa harus Karya Bintang Abadi? Tentu saja harus, karena pabrik tas ini sebetulnya adalah salah satu pabrik pembuatan tas custom terbaik juga terpercaya yang memiliki paket komplit dalam hal produksi tas custom. Mulai dari tim yang solid juga ramah dan cekatan sampai harga affordable dengan beragam model tas pilihan, sehingga seluruh pesanan tas custom dijamin akan memiliki kualitas dan mutu unggulan yang memuaskan. Oleh sebab itu wajar saja bukan jika terdapat banyak customer telah menaruh kepercayaan untuk menyerahkan segala kebutuhan tas customnya pada pabrik tas custom ini.

Terlebih karena di buat langsung oleh tenaga ahli di pabrik sendiri menggunakan material berkualitas, tentunya hal tersebut juga menjadikan pesanan tas yang dikerjakan Karya Bintang Abadi memiliki mutu terjamin. Pelayanan yang diberikan oleh pabrik ini kepada customer maupun calon customer pun juga dikenal memuaskan dengan cara pemesanan aman, mudah dan cepat baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik dan up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp