fbpx

Tas Bahan Polyester, Apa Saja Jenis Serta Kelebihan dan Kekurangannya

tas bahan polyester

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum mengenal lebih jauh tentang jenis dan juga kelebihan serta kekurangan dari bahan polyester, tentu ada baiknya jika kita lebih dulu membahas tentang apa yang dimaksud dengan tas bahan polyester itu sendiri beserta dengan tips cara membersihkannya. Dimana dapat disebutkan bila tas bahan polyester ini sebetulnya dikenal sebagai salah satu tas dengan spesifikasi unggulan. Mengingat bahan baku utama yang digunakannya sendiri adalah jenis bahan polyester yang diketahui merupakan salah satu jenis bahan terbaik dengan beragam kelebihan.

Yang mana dalam hal ini dapat kita ketahui, bila jenis bahan polyester ini merupakan salah satu jenis bahan yang komponennya mengandung serat berbahan senyawa kimia berupa ethylene glycol dan asam tereftalat lalu dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate yang berasal dari kandungan minyak bumi. Dimana diketahui jika jenis bahan polyester ini sebetulnya baru ditemukan pertama kali pada tahun 1939 lalu di kembangkan serta disempurnakan bentuk seratnya di tahun 1941, hingga pada akhirnya pada tahun 1951 mulai di perkenalkan pada publik Amerika dan seluruh dunia.

Dan seiring berjalannya waktu juga bersamaan dengan berbagai inovasi yang sengaja di lakukan, saat ini, polyester sendiri sudah terbagi menjadi 3 tipe, yaitu Polyethylene Terephthalate (PET), Poly1,4-cyclohexylene dimethylene terephthalate (PCDT), dan Benang sintetis yang diketahui memiliki spesifikasinya masing masing. Yang mana meskipun terbagi menjadi beberapa tipe bahan, namun tetap saja umumnya sebuah tas yang terbuat dari bahan polyester dikenal memiliki cara perawatan juga pembersihan mudah, yaitu dengan beberapa langkah sederhana berikut ini:

1. Keluarkan isi tas

Pertama, pastikan untuk mengosongkan tas dan menghilangkan semua barang di dalamnya terlebih dahulu. Dimana hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam membersihkan keseluruhan tas secara lebih mudah juga maksimal, khususnya pada bagian dalamnya.

2. Rendam tas sebelum di cuci

Setelah segala isi didalamnya di keluarkan, maka langkah selanjutnya adalah rendam sebentar tas polyester tersebut menggunakan air bersih bersuhu hangat di dalam ember, dengan maksud untuk meluruhkan noda noda yang sekiranya membandel sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Bersihkan permukaan luar

Jika tas sudah di rendam selama beberapa saat dan dirasa sudah cukup meluruhkan noda noda, maka langkah selanjutnya adalah bersihkan permukaan luar tas menggunakan spons atau kain lembut yang dicelupkan ke dalam larutan pembersih khusus tas untuk membersihkan permukaan luar tas. Namun jangan lupa untuk menghindari menggosok terlalu keras, terutama jika tas memiliki cetakan atau desain khusus, guna menghindari adanya kerusakan pada permukaan bahan maupun struktur tas.

4. Bilas dan keringkan

Jika tas sudah selesai dicuci, maka tahap selanjutnya adalah tas perlu untuk di bilas menggunakan air bersih yang mengalir. Dimana dalam proses ini penggunaan air bersih yang dimaksud sendiri tidak perlu yang bersuhu hangat. Namun jangan lupa untuk memastikan bila semua residu sabun telah hilang secara menyeluruh dari setiap bagian tas, baik pada bagian dalam maupun luar tas.

5. Jemur tas hingga kering

Untuk menutup rangkaian proses pencucian, langkah selanjutnya yang wajib dilakukan yaitu adalah dengan mengeringkan tas tersebut hingga benar benar kering merata dengan cara di jemur. Namun di jemur dalam hal ini bukanlah diletakkan dibawah sinar matahari secara langsung. Melainkan tas harus dikeringkan menggunakan cara di angin anginkan hingga kadar air menurun dan kering atau bisa juga dibantu dengan penggunaan hair dryer guna mengeringkan bagian sudut sudut tas yang di rasa cukup sulit untuk kering. Mengingat paparan sinar matahari langsung dapat menimbulkan berbagai masalah pada tas, mulai dari pudarnya warna hingga rusaknya tekstur tas.

6. Simpan tas di tempat yang tepat 

Setelah seluruh rangkaian cara membersihkan tas polyester selesai dilakukan, maka langkah terakhir adalah tas bisa mulai di simpan di tempat yang tepat. Dimana maksud dari tempat yang tepat tersebut tentunya merujuk pada sebuah tempat atau ruangan penyimpanan tas dengan suhu ruang yang pas, space memadai, serta keadaan yang bersih, guna menghindari resiko kerusakan tas baik karena jamur, debu, atau cara penempatan salah.

Dan itu dia beberapa cara mudah membersihkan tas bahan polyester yang dalam praktiknya tentu bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun perlu diingat, bila sebelum melakukan proses pembersihan tersebut, hendaknya tetap perhatikan bentuk fisik dari tas, panduan membersihkan serta jenis bahan polyester yang digunakannya pula. Karena meskipun dikenal sebagai bahan dengan perawatan mudah, tetapi ada baiknya untuk tetap memperhatikan beberapa detailnya, mengingat bahan polyester sendiri juga diketahui memiliki beberapa jenis, yang diantaranya seperti berikut ini:

Tas Bahan Polyester, Apa Saja Jenis Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika polyester adalah sebuah bahan yang tersusun dari tipe serat sintetis dan memiliki berbagai jenis serta variasi. Dimana umumnya setiap jenisnya tersebut tentu akan memiliki karakteristik juga peruntukkan yang berbeda pula. Dan adapun beberapa jenis bahan polyester yang umum digunakan dalam industri mode, khususnya sebagai bahan baku utama membuat berbagai produk tas diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Jenis jenis bahan polyester:

1. Polyester berlapis PVC

Jenis polyester ini sebetulnya adalah sebuah kombinasi antara bahan polyester dan lapisan PVC (polyvinyl chloride) yang sengaja di satukan untuk menghasilkan bahan dengan sifat tahan air dan tahan luntur. Dimana biasanya jenis polyester ini umumnya akan sering dijumpai sebagai material pembuatan payung, jas hujan, tas tahan air, dan berbagai jenis peralatan outdoor lainnya.

2. Polyester Berbulu (Fleece)

Polyester berbulu atau kerap juga disebut dengan nama polyester Fleece adalah jenis bahan polyeter yang terbuat dari serat polyester dan sengaja dirancang dengan tekstur mirip seperti bulu atau rambut halus. Yang mana jenis fleece ini dikenal memiliki kelembutan dan kehangatan yang tinggi, sehingga sering digunakan dalam pembuatan pakaian dan produk tekstil yang dirancang untuk menjaga kehangatan. Misalnya seperti jaket, sweater, kaus berkerah, pakaian dalam termal, selimut, sarung tangan, syal, dsb.

3. Polyester Microfiber

Seperti namanya, polyester microfiber adalah jenis bahan polyester yang memang terbuat dari serat polyester dengan ukuran sangat halus dan tipis. Dimana serat-serat mikro tersebut umumnya akan berukuran jauh lebih kecil dari serat polyester standar. Sehingga nantinya dapat menciptakan tekstur bahan polyester yang sangat halus dan lembut. Yang mana karena serat-serat halusnya tersebut, kain microfiber sering kali terasa seperti beludru atau sutra saat disentuh. Dan sering ditemukan dalam berbagai produk, mulai dari pakaian, seprai, handuk, selimut, dsb. Karena sifatnya yang lembut dan nyaman, membuatnya memiliki daya serap yang baik pula.

4. Polyester Berlubang (Mesh)

Polyester berlubang atau bisa disebut juga dengan nama polyester mesh adalah jenis bahan polyester selanjutnya yang terbuat dari serat polyester dengan konstruksi khusus sehingga memungkinkan terciptanya lubang-lubang kecil atau jala-jala dalam kain. Dan karena seringkali memiliki tekstur yang terbuka dan dapat terdiri dari lubang-lubang kecil atau besar yang membuatnya hadir dengan ventilasi, kekuatan, serta daya tahan baik, maka wajar saja bukan jika jenis bahan polyester ini pada akhirnya banyak dijumpai pada produk seperti jersey olahraga, sepatu, hingga tas.

5. Polyester woven

Polyester woven adalah salah satu jenis bahan polyester yang umumnya terbuat dari serat polyester tenun sehingga bila diperhatikan secara mendetail akan tampak memiliki pola anyaman dan membentuk struktur kain yang kuat juga tahan lama, dapat dicap, dicetak, atau bahkan diwarnai dengan berbagai pola serta warna sesuai dengan kebutuhan. Dan karena sifatnya yang tahan aus juga tahan terhadap kerusakan fisik tersebut lah, biasanya jenis bahan polyester ini sering digunakan dalam berbagai jenis produk seperti pakaian, selimut, peralatan luar ruangan, hingga tas, dan banyak lagi.

6. Polyester PE

Jenis bahan polyester kali ini adalah jenis bahan yang memiliki struktur kimia dan mengandung unit polietilena polyester PE. Dimana susunan bahan tersebut umumnya sering digunakan dalam proses pembuatan plastik dan berbagai produk polimer, seperti botol plastik, film plastik, serat tekstil, dan bahan kemasan, karena memang bahan ini yang dikenal dengan sifat tahan air dan tahan lunturnya, serta juga dapat di daur ulang sehingga bisa membantu mengurangi dampak lingkungan.

7. Polyester Lacoste CVC Pique

Polyester Lacoste CVC Pique adalah jenis bahan polyester yang diketahui terbuat dari campuran serat polyester dan serat katun. Dimana campuran dari serat tersebut membuat jenis bahan polyester kali ini dikenal dengan keawetan khas polyester dan juga kelembutan khas serat katun. Yang mana sebetulnya, dapat dikatakan pula jika jenis bahan ini pun juga memiliki daya serap keringat yang baik, sehingga banyak dipakai sebagai bahan baku pembuatan produk berupa kaos polo, kemeja, dsb.

8. Polyester Lacoste PE Pique

Polyester Lacoste PE Pique adalah jenis bahan polyester terakhir yang diketahui terbuat dari serat polyester dengan tekstur berlubang yang mirip dengan kain pique klasik. Dimana Pique sendiri sebetulnya adalah istilah dalam dunia tekstil yang mengacu pada kain dengan pola atau tekstur dalam berbagai macam bentuk geometris, seperti bentuk segi tiga, segi empat, atau berlian, yang dihasilkan dari cara kain tersebut ditenun. Dan membuatnya di kenal memiliki daya tahan serta kemampuan untuk mempertahankan bentuk dengan baik juga sirkulasi udara lancar. Oleh sebab itu jenis bahan ini sering digunakan dalam pembuatan polo shirt, baju olahraga, dan pakaian kasual lainnya.

Dan karena setiap jenis bahan polyester memiliki karakteristik uniknya masing masing sehingga banyak digunakan dalam berbagai pengaplikasian produk sehari hari, tentu wajar saja bukan bila pada akhirnya bahan polyester ini pun dikenal sebagai salah satu jenis bahan serbaguna dalam berbagai industri. Yang mana selayaknya bahan baku pembuatan tas lainnya, umumnya jenis bahan seperti polyester yang dikenal sebagai salah satu bahan baku populer, khususnya dalam hal pembuatan tas ini pun dilengkapi pula dengan beberapa kelebihan serta kekurangannya sendiri. Dan adapun kelebihan juga kekurangan dari bahan ini, diantaranya adalah seperti berikut ini:

Kelebihan bahan polyester:

Tas yang terbuat dari bahan polyester umumnya memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer di kalangan produsen tas maupun customer. Dan beberapa kelebihan utama dari bahan polyester tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Tahan terhadap air

Polyester dikenal sebagai salah satu bahan yang memiliki sifat tahan air cukup baik, yang mana wajar saja bukan jika dikarenakan hal tersebut, bahan polyester ini dinilai bisa menjadi pilihan yang baik sebagai bahan baku pembuatan tas. Terutama bila tas tersebut nantinya akan difungsikan atau memiliki peruntukkan sebagai tas guna jenis kegiatan outdoor dan membutuhkan adanya ketahanan baik dari basah atau lembab.

2. Ringan

Dikenal sebagai jenis bahan dengan bobot ringan, umumnya hal tersebut membuat bahan polyester ini kerap dipakai sebagai bahan baku pembuatan tas, khususnya jenis tas dengan kinerja berat misalnya seperti tas model ransel, tas gym, hingga traveling. Dimana dikarenakan bobot bahannya yang ringan tersebut, dinilai dapat membuat tas yang terbuat dari bahan ini terasa tetap nyaman saat dibawa bepergian, karena bobotnya bahannya yang tidak akan menjadi beban tambahan bagi tas.

3. Kuat dan tidak mudah sobek

Selain memiliki ketahanan cukup baik terhadap air, bahan polyester pun juga dianggap sebagai bahan baku pembuatan tas yang kuat dan tahan sobek. Dimana hal tersebut sebetulnya di dapatkan polyester karena serat sintetisnya yang dikenal tahan lama dan tahan aus. Sehingga cenderung tahan terhadap gesekan atau bahkan kerusakan dan robekan.

4. Kemampuan mempertahankan bentuk

Bahan polyester dikenal juga sebagai bahan yang cenderung mampu mempertahankan bentuknya dengan baik, bahkan setelah digunakan dalam waktu yang lama. Dimana tentunya hal tersebut menjadikannya pantas di gunakan sebagai pilihan tepat untuk membuat produk tas yang diharuskan memiliki struktur kuat dan kokoh, contohnya seperti tas laptop atau tas perjalanan.

5. Mudah dibersihkan

Memiliki susunan serat rapat dan permukaan bahan yang sedikit licin, hal tersebut ternyata membuat bahan polyester ini dikenal sebagai salah satu bahan pembuatan tas yang mudah dibersihkan juga di rawat. Yaitu cukup dengan menggunakan kain basah atau spons saja yang diusapkan secara perlahan pada permukaannya untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel. Dengan catatan noda tersebut bukanlah tipe noda membandel.

6. Memiliki beragam pilihan warna

Selain dikenal sebagai bahan yang fleksibel karena bisa dipakai untuk beragam peruntukkan, polyester juga dikenal memiliki banyak variasi warna pilihan. Mulai dari warna cerah mentereng hingga warna bold. Yang mana tentunya hal tersebut dirasa dapat memberikan lebih banyak kebebasan bagi para customer untuk memilih tas berbahan polyester dengan warna seusai seleranya.

7. Harganya terjangkau

Meskipun memiliki banyak kelebihan, siapa sangka jika bahan tas yang masih termasuk ke dalam jenis bahan berkualitas tinggi ini justru diketahui memiliki harga yang masih terbilang terjangkau. Oleh sebab itu, hal tersebut membuatnya dikenal sebagai pilihan bahan bagus yang ekonomis.

Kekurangan bahan polyester:

Meskipun tas bahan polyester memiliki banyak kelebihan, tetapi tidak dapat dipungkiri jika faktanya bahan ini juga tetap saja memiliki beberapa kekurangan yang perlu untuk dipertimbangkan, dimana adapun beberapa kekurangan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kurang breathable

Sebagian jenis bahan polyester diketahui cenderung tidak memiliki kemampuan bernapas yang baik, dimana itu berarti bahwa udara juga kelembapan mungkin bisa saja terperangkap di dalam tas dan tentunya akan menjadi masalah jika kita menyimpan barang-barang yang rentan terhadap kelembapan di dalam tas dalam waktu lama dan terpapar sinar matahari pula.

2. Tidak terlihat anggun

Dibandingkan dengan jenis bahan seperti dolby, denim, atau kulit, bahan polyester ini memang dinilai tidak memiliki keanggunan karena dirinya yang terlihat lebih kasual juga sporty. Oleh sebab itu, bagi anda yang menyukai tas dengan tampilan cantik, menawan, juga elegan, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan lagi penggunaan bahan ini.

3. Sifat elektrostatik

Beberapa jenis polyester memiliki sifat elektrostatik yang dapat menyebabkan penumpukan debu atau serbuk halus. Yang mana hal tersebut agaknya akan membuat tas yang terbuat dari bahan ini terasa sedikit lebih sulit untuk dijaga kebersihannya, terutama dari debu.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang bahan polyester beserta dengan kelebihan juga kekurangannya sebagai salah satu material pembuatan tas populer. Dimana meskipun ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, namun penggunaan tas bahan polyester ini seringkali juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang baik dan tepat karena dianggap praktis serta ekonomis tentunya.

 

Dari pembahasan terkait bahan polyester di atas, tentu dapat disimpulkan bila tas yang dibuat menggunakan bahan ini memang dipercaya akan memiliki daya tahan baik serta dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Dimana untuk mendapatkan tas polyester dengan spesifikasi terbaik, terlebih guna keperluan bersifat komersil, kini anda dapat mempercayakan kebutuhan tas tersebut pada sebuah jasa pembuatan tas custom terpercaya dan terbaik seperti Karya Bintang Abadi yang dapat diandalkan secara penuh dengan hasil produk tas terbaik dan memuaskan karena memiliki spesifikasi sesuai dengan keinginan juga kebutuhan customer.

Yang mana karena sudah berdiri sejak tahun 2007, tentunya hal tersebut juga membuat pabrik tas ini menjadi memiliki banyak pengalaman terbaik untuk menangani berbagai kebutuhan tas customer akan beragam model serta desain tas customnya. Terlebih lagi untuk membuktikan kredibilitasnya Karya Bintang Abadi juga selalu memastikan jika seluruh pesanan tas yang masuk akan dikerjakan secara serius oleh SDM berkompeten dalam bidangnya, sehingga baik detail, kualitas dan kekuatan bahan, kinerja maupun lama waktu pengerjaan dapat disesuaikan dengan request serta kebutuhan customer.

Bukan hanya itu saja, karena sebagai pabrik tas custom andalan, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui tidak pernah gagal untuk memberikan pelayanan terbaik dengan cara pemesanan tas custom yang mudah, cepat, tepat dan aman melalui dampingan customer service ramah juga sigap dalam membantu segala kebutuhan tas custom customer, baik secara online maupun offline. Dan lewat segala kelebihan serta kemudahan yang dimilikinya, tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat dan happy weekend!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp