fbpx

5 Fakta Unik Bahan Kanvas CPE Untuk Tas Yang Jarang Diketahui

bahan kanvas CPE

bagikan artikel ini kepada teman

Diantara banyaknya jenis bahan yang bisa diolah menjadi sebuah tas taukah anda tentang apa itu bahan kanvas CPE? Dimana bisa dikatakan jika jenis bahan satu ini sebetulnya merupakan salah satu jenis bahan yang cukup banyak digunakan dalam industri fashion, khususnya pada bidang pembuatan tas dengan kinerja tinggi contohnya saja seperti tas untuk keperluan traveling hingga berbagai kegiatan outdoor. Yang mana adanya hal tersebut pun tentunya juga tidak terlepas dari bahan kanvas CPE ini yang dikenal sebagai jenis bahan polimer termoplastik dengan sifat ketahanan baik terhadap berbagai kondisi lingkungan seperti suhu ekstrem, ozon, hingga bahan kimia.

Dan wajar saja jika bahan satu ini memiliki beberapa karakteristik unggulan tersebut, mengingat bila dalam hal ini sendiri pada dasarnya kanvas CPE atau kanvas Chlorinated Polyethylene memang lah sebuah jenis bahan kanvas yang terbuat dari bahan polymer dan dibuat melalui proses polimerisasi klorinasi dari etilena atau etilena-propilena. Dimana pada proses pembuatannya tersebut akan melibatkan penggunaan klorin dalam jumlah tertentu untuk mengklorinasi polietilena atau polietilena-propilena agar nantinya dapat menghasilkan polimer yang memiliki sifat tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan dengan baik.

Oleh sebab itu hasil dari proses ini umumnya diketahui akan menghasilkan material polimer yang disebut Chlorinated Polyethylene (CPE). Yang mana CPE ini nantinya akan memiliki kekuatan, ketahanan, dan ketangguhan yang baik terhadap suhu ekstrem, ozon, bahan kimia, serta memiliki sifat tahan abrasi yang baik. Dan dikarenakan hal tersebut pula lah bahan kanvas CPE ini kerap kali sering dijumpai digunakan dalam berbagai jenis produk, di mana kekuatan dan ketahanan terhadap lingkungan eksternal menjadi pertimbangan utama.

Namun meskipun banyak dijumpai pada berbagai aplikasi di industri karena kekuatan dan ketahanannya, sebagaimana selayaknya jenis bahan pada umumnya, dapat diketahui jika bahan kanvas Chlorinated Polyethylene (CPE) ini pun pada dasarnya juga memiliki sejumlah kekurangan. Dan adapun beberapa kekurangan dari jenis bahan ini yang setidaknya penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan pula, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Kekurangan bahan kanvas CPE:

  1. Biaya Produksi yang Tinggi: Proses pembuatan bahan kanvas CPE pada dasarnya memang lah menggunakan teknologi khusus dan bahan baku tertentu. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika pada akhirnya hal tersebut membuat biaya produksi bahan ini dinilai bisa lebih tinggi dibandingkan dengan bahan kanvas lainnya.
  2. Tidak Ramah Lingkungan: Beberapa polimer, termasuk CPE, dalam proses pembuatannya diketahui menggunakan jenis bahan-bahan kimia tertentu yang dinilai tidak ramah lingkungan. Selain itu, limbah dari produksi CPE pun ternyata juga dapat menjadi masalah lingkungan bila tidak diperhatikan dengan baik.
  3.  Kurangnya Ketersediaan Pilihan Warna: Bahan kanvas CPE mungkin memiliki banyak kelebihan , terutama dalam hal kekuatan serta ketahananya, namun sayangnya kanvas CPE juga diketahui memiliki keterbatasan dalam hal pilihan warna yang tersedia, terutama jika dibandingkan dengan bahan kanvas lain yang dianggap lebih mudah diwarnai.
  4. Rentan terhadap Panas Tinggi: Meskipun CPE tahan terhadap suhu ekstrem, namun siapa sangka jika ternyata bahan ini bisa rentan juga terhadap suhu sangat tinggi. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan jika bahan ini mungkin saja tidak cocok untuk diaplikasikan pada produk yang membutuhkan ketahanan terhadap panas ekstrem.

5 Fakta Unik Bahan Kanvas CPE Untuk Tas Yang Jarang Diketahui

Namun meskipun memiliki sejumlah kekurangan yang menyertainya, namun tidak dapat dipungkiri jika kelebihan dari jenis bahan satu ini memang dirasa lebih unggul. Sehingga tidaklah mengherankan bukan jika pada akhirnya hal tersebut membuat jenis bahan kanvas CPE ini masih saja banyak digunakan dalam proses pembuatan suatu produk. Mengingat bila dirinya tetaplah memiliki sejumlah sifat unggulan, diantaranya seperti tahan terhadap cuaca ekstrem, bahan kimia, abrasi, serta ozon. Dan adapun beberapa contoh penggunaan dari bahan ini, diantarnya adalah:

1. Tenda dan Perlengkapan Luar Ruangan: Bahan kanvas CPE sering digunakan dalam pembuatan tenda camping, tenda pameran, payung pantai, dan perlengkapan luar ruangan lainnya, dimana tentu saja hal tersebut dikarenakan ketahanannya terhadap cuaca buruk yang baik.

2. Penutup Perlindungan Cuaca: Jenis bahan kanvas CPE umumnya juga banyak digunakan untuk membuat penutup perlindungan cuaca, contohnya saja seperti penutup kendaraan, penutup peralatan konstruksi, penutup kolam renang, hingga perlengkapan perlindungan dari elemen cuaca lainnya.

3. Produk Tahan Air: Karena sifatnya yang tahan terhadap air, bahan kanvas CPE tentu kerap kali juga banyak digunakan dalam pembuatan produk tahan air, misalnya saja seperti tas tahan air, jas hujan, sepatu tahan air, dan produk-produk lain yang sekiranya membutuhkan ketahanan terhadap kelembapan.

4. Industri Konstruksi dan Peralatan Berat: Dianggap memiliki daya tahan serta kekuatan baik, tentu wajar saja bukan bila pada akhirnya hal tersebut juga turut menjadikan bahan kanvas CPE ini banyak digunakan dalam perlindungan peralatan konstruksi, penutup truk muatan berat, hingga perlengkapan perlindungan untuk peralatan berat di lingkungan kerja yang berat.

5. Peralatan Perlindungan Kimia: Dikarenakan ketahanannya terhadap bahan kimia, pada akhirnya membuat bahan kanvas CPE juga sering digunakan untuk membuat peralatan perlindungan kimia, contohnya saja seperti pakaian pelindung atau sarung tangan untuk lingkungan industri yang memerlukan perlindungan terhadap bahan kimia berbahaya.

Dan dengan beberapa kelebihan terhadap berbagai kondisi eksternal tersebut, maka tidak dapat dipungkiri bila hal tersebut telah berhasil menjadikan bahan kanvas CPE sebagai salah satu bahan pilihan terpopuler dalam berbagai aplikasi industri, perlindungan, dan kegiatan luar ruangan. Terlebih sebagai jenis bahan unggulan, kanvas CPE pun juga diketahui memiliki beberapa fakta unik sehingga membuatnya semakin diidolakan, yang diantaranya seperti berikut ini:

1. Tahan Terhadap Sinar UV

Fakta unik yang pertama dari bahan kanvas CPE adalah dirinya yang dikenal memiliki sifat tahan terhadap sinar UV. Yang mana hal tersebut umumnya memang mengacu pada sifat khusus dari bahan ini yang memungkinkannya untuk dapat menahan atau bahkan mengurangi efek buruk dari paparan sinar ultraviolet (UV). Dimana bisa dibilang jika sinar UV sendiri adalah bagian dari spektrum cahaya matahari yang tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi memiliki energi cukup tinggi untuk dapat merusak material tertentu, karena dapat menyebabkan perubahan warna, degradasi sampai kerapuhan pada berbagai jenis material, terutama pada produk yang digunakan di luar ruangan.

Oleh sebab itu, bahan kanvas CPE yang memiliki ciri khas unik berupa tahan terhadap sinar UV, biasanya akan dibuat dengan mengandung bahan tambahan atau formulasi tertentu yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Dimana formulasi tersebut diketahui dapat melibatkan penambahan bahan penghalang UV, penghambat oksidasi, atau aditif lain yang sekiranya memang mampu membantu melindungi produk berbahan kanvas CPE dari kerusakan akibat radiasi UV. Baik untuk mempertahankan kekuatan, warna, serta integritas struktural, dsb dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Cocok Untuk Pembuatan Produk Tahan Air

Selain dapat menahan sinar UV dengan baik, bahan kanvas CPE diketahui juga memiliki fakta unik berupa dirinya yang dirasa sangat cocok untuk digunakan sebagai material pembuatan berbagai jenis produk tahan air, misalnya seperti payung, jas hujan, tas waterproof, dsb. Dimana adanya hal tersebut tentu tidak terlepas dari bahan kanvas CPE yang dikenal memiliki kemampuan menahan penetrasi air dan kelembapan dengan baik. Oleh sebab itu, bahan satu ini dianggap cocok dipakai sebagai material pembuatan produk yang sering dipakai dalam kondisi cuaca buruk.

3. Tahan Terhadap Oksidasi dan Ozon

Untuk fakta unik bahan kanvas CPE kali ini bisa dibilang memang cukup jarang dimiliki oleh jenis bahan pada umumnya. Dimana dapat diketahui bila bahan ini sebetulnya memiliki sifat berupa tahan terhadap oksidasi dan ozon yang mengacu pada kemampuan material ini untuk dapat bertahan atau tidak terpengaruh secara signifikan oleh proses oksidasi maupun paparan ozon tersebut. Yang mana maksud dari Oksidasi sendiri dalam hal ini adalah sebutan bagi reaksi kimia, di mana suatu zat bereaksi dengan oksigen dan membuat suatu barang menjadi mengalami kerusakan, perubahan warna, atau degradasi struktural karena interaksi tersebut.

Oleh sebab itu, wajar saja bukan bila pada akhirnya hal tersebut menjadikan bahan kanvas CPE ini begitu diandalkan, mengingat bila karena kombinasi antara sifat tahannya terhadap oksidasi dan ozon mampu membuat bahan ini begitu cocok dimanfaatkan dalam berbagai pengaplikasikan produk, di mana ketahanan terhadap kondisi lingkungan eksternal yang keras sangatlah dibutuhkan guna menunjang kinerja produk tersebut agar semakin baik.

4. Penggunaan dalam Konstruksi Kapal

Bahan kanvas CPE diketahui merupakan salah satu jenis bahan polimer yang fakta uniknya ternyata juga banyak digunakan dalam berbagai industri termasuk industri konstruksi kapal. Dimana dapat diketahui jika penggunaan bahan kanvas CPE pada konstruksi kapal ini biasanya melibatkan pemanfaatan sifat-sifat khususnya yang berguna dalam lingkungan maritim. Contohnya seperti bahan kanvas ini yang tahan terhadap air sehingga sering digunakan untuk membuat selimut tahan air pada kapal-kapal guna melindungi kapal dan muatannya dari pengaruh air hujan maupun berbagai kondisi cuaca lainnya yang keras di laut.

5. Kemampuan Pemrosesan yang Baik

Kemampuan pemrosesan baik yang dimiliki oleh bahan kanvas CPE menjadi fakta unik selanjutnya sekaligus terakhir dari bahan ini. Dimana dapat dikatakan jika fakta uniknya satu ini, sebetulnya mengacu pada sifat-sifatnya yang memungkinkan bahan satu ini untuk dapat diolah atau diformulasikan ke dalam berbagai bentuk struktur produk sehari hari, sesuai dengan kebutuhan tanpa mengurangi kualitas atau kekuatannya. Meskipun nantinya harus melalui proses secara termal dalam rentang suhu tertentu tanpa mengalami degradasi atau kerusakan signifikan.

Oleh sebab itu, wajar saja bukan bila dikarenakan alasan tersebutlah bahan kanvas CPE ini dapat sangat mudah ditemukan keberadaannya dalam berbagai jenis produk sehari hari. Terlebih bahan kanvas CPE pun ternyata juga dapat menerima penambahan aditif, seperti zat pewarna dan sebagainya dengan baik, sehingga memungkinkan produsen untuk dapat modifikasi sifat fisik atau kinerja bahan ini sesuai dengan kebutuhan tertentu.

Nah, itu dia beberapa fakta unik seputar bahan kanvas CPE yang agaknya masih cukup jarang diketahui oleh banyak orang. Dimana dapat disimpulkan jika ternyata jenis bahan satu ini ternyata memang lah sangat multifungsi, mengingat kemampuan pemrosesannya yang baik dan memungkinkan fleksibilitas dalam penggunaannya semakin luas dalam berbagai industri dan aplikasi. Terlebih dirinya pun juga diketahui memiliki beberapa karakteristik unik serta unggul yang membuatnya bisa disesuaikan dengan beberapa jenis kebutuhan khusus.

 

Dikenal sebagai jenis bahan multifungsi dengan sejumlah keunggulan luar biasa, tentu tidaklah mengherankan buka jika pada akhirnya hal tersebut membuat bahan kanvas CPE ini begitu populer di tengah berbagai jenis industri, tidak terkecuali industri mode. Dimana dapat diketahui jika ternyata bahan satu ini ternyata juga sudah sejak lama banyak dimanfaatkan oleh para produsen tas untuk membuat koleksi produk yang dikenal berspesifikasi baik. Dan bagi anda yang sekiranya juga menginginkan tas berbahan kanvas CPE dengan hasil memuaskan serta sesuai keinginan juga kebutuhan, kini anda dapat membuat tas tersebut secara custom pada Karya Bintang Abadi .

Yang mana Karya Bintang Abadi sendiri dalam hal ini adalah nama dari sebuah pabrik tas custom terbaik, terpercaya, juga berpengalaman yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Sehingga dipastikan memiliki banyak pengalaman memuaskan untuk menangani berbagai kebutuhan tas customer akan beragam model serta desain tas custom yang diketahui selalu memiliki detail terbaik, kualitas dan kekuatan terjamin, waktu pengerjaan cepat, hingga harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan serta budget customer.

Terlebih bukan hanya itu saja, karena sebagai pabrik tas custom andalan, Karya Bintang Abadi pun juga dikenal tidak pernah gagal dalam memberikan pelayanan terbaik, yaitu dengan cara menyediakan adanya pemesanan tas custom secara aman, mudah, cepat dan tepat, melalui dampingan customer service ramah juga sigap dalam membantu segala kebutuhan tas custom customer, baik secara online maupun offline. Dan lewat segala kelebihan serta kemudahan yang dimilikinya tersebut, tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat dan happy weekend!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp