fbpx

Busa Bantalan Tas Ransel: Jenis dan Kelebihannya

jenis bantalan tas ransel

bagikan artikel ini kepada teman

Merupakan salah satu model tas yang sejak dahulu sudah banyak digunakan juga di andalkan, tentu membuat pamor dari sebuah tas ransel begitu besar ditengah masyarakat. Dimana adanya hal tersebut pun tentu juga tidak terlepas dari tas model ransel yang dianggap memiliki nilai fungsionalitas tinggi dan juga praktis serta ringkas. Oleh sebab itu, agar nantinya sebuah tas ransel dapat dimanfaatkan secara maksimal serta sesuai dengan kebutuhan dan preferensi, adapun beberapa hal yang setidaknya perlu untuk diperhatikan juga dipertimbangkan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Ukuran dan Kapasitas: Saat mencari tas ransel ada baiknya untuk selalu menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Dimana dengan memastikan tas memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung barang-barang secara maksimal, tentu nantinya kita dapat lebih merasa lebih terbantu juga praktis.

2. Desain dan Fungsi: Beberapa tas ransel diketahui memiliki banyak variasi dalam desain maupun fungsi. Oleh sebab itu, hendaknya saat mencari tas ransel ada baiknya bagi kita untuk mempertimbangkan pula terkait desain juga fungsi tas. Dimana tas model ransel dengan fungsi tambahan seperti adanya kantong air minum, lapisan anti air, slot khusus untuk laptop atau berbagai fitur-fitur pendukung lainnya, tentu lebih direkomendasikan.

3. Kualitas Bahan: Karena umumnya bisa dibuat menggunakan berbagai jenis bahan, maka dalam pemilihannya ada baiknya untuk selalu memperhatikan pula terkait bahan pembuatan tas. Dimana tas ransel dengan bahan yang kuat dan tahan lama seperti nilon, cordura, atau polyester seringkali lebih diinginkan karena dianggap lebih kokoh serta tahan lama.

4. Faktor Estetika: Selain memperhatikan sisi fungsionalitasnya, agaknya tidak ada salahnya pula bagi kita untuk memilih tas ransel berdasarkan gaya dan preferensi pribadi. Mengingat bila saat ini pun diketahui sudah terdapat berbagai macam pilihan desain, warna, dan juga gaya tas ransel yang tersedia untuk dijadikan sebagai pilihan.

5. Kenyamanan Penggunaan: Karena nantinya akan memiliki kinerja tinggi, tentu ada baiknya bagi kita untuk selalu memastikan kenyamanan penggunaan dari tas ransel tersebut pula. Dimana memilih tas model ransel dengan bantalan atau busa empuk adalah salah satu bagian terpenting yang dianggap sangat penting dalam menunjang kenyamanan tas.

Yang mana busa pada tas ransel sendiri dalam hal ini sebetulnya merujuk pada lapisan atau bantalan yang umumnya terdapat di bagian tali bahu, punggung, atau bagian lainnya dari tas ransel yang sekiranya diperlukan guna meningkatkan kenyamanan saat dipakai. Dan dapat dijelaskan, jika maksud dari adanya busa ini pun pada dasarnya memang difungsikan sebagai bantalan atau pelindung yang membantu menyebar beban secara lebih merata agar nantinya dapat mengurangi tekanan pada area-area tertentu pada tubuh pengguna.

Dimana umumnya untuk penempatan dan jenis busa pada tas ransel pun biasanya juga bisa bervariasi, tergantung pada merek, model, dan tujuan penggunaan dari tas tersebut. Dan karena merupakan salah satu fitur utama dalam konstruksi sebuah tas model ransel, adapun beberapa jenis dari busa bantalan tas ransel beserta kelebihannya yang diketahui banyak di pakai dalam industri pembuatan tas, khususnya tas ransel diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Busa Bantalan Tas Ransel: Jenis dan Kelebihannya

Karena menjadi salah satu bagian penting juga utama dalam konstruksi sebuah tas ransel, tentu secara tidak langsung hal tersebut membuat pemilihan busa yang tepat guna keperluan pembuatan tas ransel menjadi hal penting untuk selalu diperhatikan pula, dengan tujuan untuk memastikan kenyamanan serta dukungan optimal pada kinerja tas nantinya. Dan adapun beberapa hal yang setidaknya perlu diperhatikan dalam memilih busa untuk tas ransel tersebut, diantaranya adalah:

1. Tebal dan Kepadatan: Busa tas dengan karakteristik yang lebih tebal dan padat biasanya dinilai lebih baik juga direkomendasikan untuk di pilih, karena dapat memberikan dukungan secara maksimal dalam penggunaannya. Namun, jangan lupa untuk selalu memastikan pula jika ketebalan dari busa tersebut nantinya tidak akan membuat tas menjadi lebih berat atau kaku.

2. Kenyamanan: Karena faktor kenyamanan penggunaan tas menjadi salah satu hal penting yang perlu untuk di utamakan. Maka ada baiknya untuk selalu memilih busa tas yang sekiranya memiliki karakteristik sesuai sehingga nyaman saat digunakan. Mengingat saat ini pun diketahui juga sudah ada beberapa jenis busa tas yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan bentuk tubuh pengguna dan dapat memberikan kenyamanan ekstra.

3. Ventilasi: Bukan hanya teksturnya saja yang perlu diperhatikan, karena untuk menunjang kemaksimalan penggunaan hendaknya kita juga turut memastikan pula jika busa tas tersebut memiliki ventilasi cukup, agar nantinya udara bisa beredar dengan baik di sekitar area yang tertutup oleh busa. Dimana hal ini sebetulnya dimaksudkan pula untuk membantu mengurangi kelembaban, sehingga penggunaan dapat terasa lebih nyaman.

4. Kekuatan dan Durabilitas: Untuk memastikan bila sebuah tas ransel dapat memiliki daya tahan baik serta usia pemakaian lama, hendaknya kita juga diharuskan untuk dapat memilih busa tas dengan karakteristik kuat dan durabilitas baik pula untuk menahan tekanan dan penggunaan dalam jangka waktu lama. Sehingga meskipun nantinya tas digunakan secara intensif, busa pada tas pun tidak cepat rusak atau kehilangan kepadatannya.

5. Kualitas Bahan Busa: Jangan lupa untuk selalu memastikan terkait kualitas dari bahan busa pula, mengingat jika seiring berjalannya waktu pun, kini diketahui jika sudah terdapat berbagai jenis busa yang bisa digunakan atau dipilih sebagai bagian penunjang konstruksi tas ransel. Dimana adapun beberapa jenis bantalan tas ransel beserta dengan kelebihannya, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Busa EVA (Ethylene Vinyl Acetate)

jenis bantalan tas ransel

Jenis bantalan tas ransel pertama adalah busa tas EVA (Ethylene Vinyl Acetate), dimana dapat dijelaskan jika yang dimaksud dengan busa EVA sendiri dalam hal ini adalah salah satu jenis busa yang pada dasarnya paling sering digunakan dalam pembuatan berbagai produk, termasuk tas ransel. Yang mana sebetulnya busa ini terbuat dari bahan sintetis berbobot ringan, elastis, serta memiliki struktur sel tertutup (closed-cell) yang membuatnya memiliki beberapa karakteristik atau kelebihan dalam pembuatan tas ransel.

Kelebihan utama dari busa EVA ini sebagai bantalan tas ransel, diantaranya adalah:

  1. Ringan: Busa EVA dikenal memiliki berat bobot yang ringan, sehingga dinilai sangat cocok untuk digunakan sebagai bagian pendukung pada tas ransel, karena selain dapat menunjang kenyamanan busa ini pun juga diketahui tidak menambah beban berlebih pada tas pula.
  2. Fleksibel dan Lentur: Jenis busa EVA ini diketahui juga mudah untuk dibentuk dan lentur, sehingga memungkinkannya untuk disesuaikan dengan beragam desain, namun juga sekaligus dapat memberikan kenyamanan saat dipakai.
  3. Tahan terhadap Air: Mayoritas busa EVA memiliki sifat tahan air yang tentunya membuatnya sangat cocok digunakan untuk melengkapi sebuah tas ransel, khususnya dengan kinerja berat dan kerap dipakai dalam lingkungan yang mungkin lembab atau basah.
  4. Pemantulan Panas yang Rendah: Bukan hanya tahan terhadap air saja, karena selain itu busa EVA pun juga dikenal memiliki kemampuan yang baik pula dalam menahan panas dan memiliki tingkat pemantulan panas rendah. Sehingga membuatnya dinilai lebih nyaman digunakan, meskipun dalam jangka waktu lama.
  5. Dapat Dicetak atau Dikembangkan dalam Berbagai Warna: Selain unggul dalam hal ketahanan, ternyata jenis busa EVA ini juga memiliki keunggulan dalam hal estetika pula. Dimana busa ini diketahui juga bisa dihasilkan dalam berbagai warna dan dapat dicetak custom, sehingga bisa disesuaikan dengan desain atau tampilan tas yang diinginkan.

2. Busa Memori (Memory Foam)

Busa Memori atau juga dikenal sebagai Memory Foam, adalah jenis bantalan tas ransel selanjutnya yang terkenal karena kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan bentuk tubuh pengguna. Dimana busa Memori ini sebetulnya diciptakan dari bahan poliuretan dengan kepadatan tinggi dan sensitivitas terhadap suhu. Sehingga memiliki kemampuan untuk merespons panas tubuh. Yang mana saat terkena panas tubuh ketika sedang digunakan atau mengalami tekanan, busa ini akan mulai melunak dan menyesuaikan diri dengan bentuk yang memberi tekanan padanya dan akan kembali ke bentuk aslinya secara perlahan.

Kelebihan utama dari Busa Memori (Memory Foam) sebagai bantalan tas ransel, diantaranya adalah:

  1. Kenyamanan: Karena kemampuannya untuk menyesuaikan bentuk tubuh pengguna, tentu hal tersebut membuat jenis busa satu ini dianggap dapat mengurangi titik tekan pada area tertentu, sehingga dinilai bisa memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi terhadap pengguna.
  2. Dukungan yang Lebih Baik: Jenis busa Memori ini juga dinilai mampu memberikan dukungan yang lebih baik, mengingat jika dirinya memiliki kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan kontur tubuh, meskipun telah digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  3. Reduksi Tekanan: Bisa dibilang jika jenis busa satu ini merupakan salah satu jenis busa yang juga banyak di gunakan untuk menunjang kenyamanan tas, karena dirinya diketahui juga dapat membantu mengurangi tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh, mengandalkan kemampuannya dalam mendistribusikan berat secara lebih merata.
  4. Responsif terhadap Suhu: Selain memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan bentuk tekanan, jenis busa ini diketahui memiliki kelebihan dalam hal merespons panas tubuh pula dan membuatnya dinilai dapat memberikan sensasi yang lebih nyaman pula.
  5. Tahan Lama: Meskipun busa ini bisa cukup lembut, namun dalam kondisi normal, busa memori cenderung dikenal tahan lama, mengingat jika dirinya pun memiliki kemampuan untuk kembali ke bentuk semula setelah tidak ada tekanan.

3. Busa Closed-Cell Polyethylene Foam

jenis bantalan tas ransel

Nama busa Closed-Cell Polyethylene Foam agaknya juga tidak bisa dihiraukan begitu saja jika kita sedang membahas tentang jenis bantalan tas ransel terbaik juga berkualitas unggul. Karena sebetulnya dapat dijelaskan jika yang dimaksud dengan busa Closed-Cell Polyethylene Foam dalam hal ini sendiri adalah sebutan bagi jenis busa yang umumnya terbuat dari bahan polietilena dan memiliki struktur sel tertutup, atau struktur sel-sel busa ini yang tidak terhubung satu sama lain. Dimana adanya hal tersebut umumnya membuat udara tidak dapat menembus ke dalam busa tersebut dan menjadikan busa ini memiliki sifat tidak mudah menyerap air serta  memiliki kepadatan relatif tinggi.

Kelebihan utama dari Busa Closed-Cell Polyethylene Foam sebagai bantalan tas ransel, diantaranya adalah:

  1. Ketahanan Terhadap Air: Karena struktur selnya yang tertutup, tentu secara tidak langsung hal tersebut membuat busa ini memiliki kelebihan berupa tahan terhadap penetrasi air. Oleh sebab itu, wajar saja bukan bila hal tersebut membuat jenis busa ini dinilai sebagai pilihan tepat, khususnya untuk pengaplikasian pada tas ransel di lingkungan yang lembab.
  2. Kekuatan dan Kepadatan: Diketahui memiliki kepadatan yang tinggi, hal tersebut pun umumnya juga membuat busa ini dikenal cukup kuat untuk menahan tekanan dan guncangan. Dimana kepadatannya pun juga diketahui dapat memberikan dukungan baik, khususnya dalam situasi penggunaan yang memerlukan stabilitas.
  3. Isolasi: Busa Closed-Cell Polyethylene Foam umumnya juga sengaja dirancang memiliki sifat isolasi yang baik terhadap suhu, suara, dan getaran. Dimana adanya hal ini tentu bisa menjadi kelebihan tambahan, terutama dalam hal penggunaan tas ransel untuk perlindungan barang-barang bersifat sensitif.
  4. Ringan: Meskipun memiliki kepadatan yang tinggi, umumnya jenis busa ini tetap dikenal ringan, sehingga sering kali menjadikannya dianggap sebagai pilihan yang baik untuk digunakan pada tas ransel tanpa menambah terlalu banyak beban.
  5. Tahan Lama: Kebanyakan tas yang menggunakan jenis busa ini diketahui memiliki daya tahan baik terhadap pemakaian, tidak mudah rusak, serta kemampuan baik dalam mempertahankan bentuk serta kepadatannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Busa PU (Polyurethane)

Sebagaimana namanya, pada contoh atau rekomendasi jenis bantalan tas ransel kali ini memang datang dari sebuah jenis busa yang terbuat dari bahan poliuretan. Dimana dapat dikatakan jika jenis busa PU ini sebetulnya merupakan salah satu jenis bahan busa tas yang sudah umum digunakan dalam pembuatan berbagai produk, termasuk bantal, kasur, furnitur, dan tentunya juga sebagai bahan bantalan pada sebuah tas ransel.

Kelebihan utama dari busa PU (Polyurethane) sebagai bantalan tas ransel diantaranya adalah:

  1. Empuk dan Nyaman: Jenis busa PU sering kali dipilih karena dikenal memiliki tingkat kenyamanan yang diberikannya. Dimana dapa diketahui jika busa ini dinilai mampu memberikan bantalan dengan kesan yang empuk serta nyaman saat digunakan, terutama pada bagian-bagian yang bersentuhan langsung dengan tubuh, contohnya seperti pada tali bahu atau bagian punggung tas ransel.
  2. Tahan Lama: Bukan hanya terkenal dengan kenyamanannya saja, karena biasanya jenis busa PU pun juga dikenal memiliki sifat tahan lama, yang artinya busa tersebut dapat mempertahankan kepadatannya dan kenyamanannya dalam jangka waktu lama bahkan, meskipun dengan penggunaan yang intensif sekalipun.
  3. Ringan: Meskipun memberikan bantalan yang cukup baik, namun agaknya hal tersebut tetap membuat jenis busa PU ini umumnya dikenal memiliki bobot ringan, sehingga nantinya ketika dipakai sebagai bagian penunjang tas ransel tidak menambah beban yang signifikan.
  4. Dukungan yang Baik: Diketahui memiliki permukaan atau tekstur yang relatif lembut, busa PU mampu ternyata juga dikenal dapat memberikan dukungan yang cukup baik pula, terutama dalam hal menopang berat atau menyesuaikan bentuk tubuh pengguna agar merasa tetap nyaman meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu lama.

5. Busa Air Mesh

jenis bantalan tas ransel

Penggunaan busa Air Mesh sebagai jenis bantalan tas ransel dinilai sangat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan kenyamanan tambahan dan ingin mengurangi kelembaban serta panas yang mungkin terjadi ketika menggunakan tas ransel dalam waktu yang lama, terutama di daerah yang berpotensi menimbulkan keringat atau iritasi kulit. Dimana hal tersebut sebetulnya tidak terlepas dari jenis busa Air Mesh ini yang umumnya memang dirancang khusus untuk meningkatkan ventilasi dan kenyamanan pada tas ransel, khususnya saat bersentuhan langsung dengan tubuh pengguna, seperti bahu, punggung, atau pinggang.

Kelebihan utama dari busa Air Mesh sebagai bantalan tas ransel diantaranya adalah:

  1. Ventilasi yang Baik: Busa Air Mesh pada dasarnya memang dirancang dengan struktur yang memungkinkan dirinya memiliki sirkulasi udara lebih baik. Dimana lubang-lubang kecil pada busa tersebut biasanya memungkinkan udara untuk mengalir, sehingga dapat mengurangi penumpukan panas serta kelembaban di area yang tertutup oleh busa.
  2. Mengurangi Kelembaban: Karena kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi udara tersebutlah, jenis busa Air Mesh ini juga dianggap dapat membantu mengurangi kelembaban yang dapat terjadi saat tas ransel digunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga nantinya penggunaan tas pun dapat terasa lebih nyaman.
  3. Kenyamanan: Struktur busa yang lebih lembut tentu membuat jenis busa ini dikenal nyaman meskipun bersentuhan pada kulit. Oleh sebab itu jenis busa satu ini dinilai sangat cocok digunakan pada bagian-bagian sensitif, seperti bahu atau punggung.
  4. Ringan: Busa Air Mesh umumnya dirancang dengan bobot ringan pula, sehingga nantinya tidak akan menambah beban yang signifikan pada tas ransel.

Nah itu dia beberapa contoh jenis bantalan tas ransel yang banyak digunakan untuk menyempurnakan konstruksi sebuah tas model ransel. Dimana pemilihan jenis busa untuk tas ransel sebetulnya dalam hal ini pun diketahui dapat dipengaruhi oleh preferensi pribadi, kebutuhan penggunaan, dan tujuan penggunaan tas pula. Oleh sebab itu, hendaknya setiap pemilihan jenis busa beserta dengan kelebihannya tersebut, ada baiknya untuk selalu disesuaikan kembali berdasarkan dengan kebutuhan, agar nantinya mampu memberikan tingkat kenyamanan dan dukungan sesuai keinginan juga kebutuhan.

 

Menjadi salah satu model tas paling andalan, tentu tidaklah mengherankan bukan bila model tas satu ini dianggap sebagai salah satu model tas multifungsi. Yang mana dikarenakan hal tersebut juga lah, pada akhirnya membuat tas model ransel kerap kali dianggap sebagai salah satu jenis tas yang cocok untuk dipakai dalam keperluan bersifat komersil, contohnya seperti tas sebagai souvenir menarik maupun media promosi jitu karena dirasa fungsional. Namun agar nantinya tas ransel tersebut dapat dijadikan sebagai souvenir hingga media promosi yang tepat, tentu dibutuhkan tas dengan spesifikasi unggul.

Dimana untuk mendapatkan model tas ransel berspesifikasi unggul yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan penggunaan tersebut, sebagai konsumen kini anda dapat mengandalkan pabrik tas custom seperti Karya Bintang Abadi untuk membantu proses produksi tas. Karena dengan mempercayakan segala kebutuhan tas custom pada pabrik tas ini, anda sebagai customer dijamin akan merasa lebih diuntungkan juga dimudahkan dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh pabrik tas custom terbaik ini. Mulai dari banyaknya pilihan model serta desain tas, detail tampilan terbaik kualitas dan mutu produk terjamin, hingga harga terjangkau.

Dan tidak hanya berhenti sampai di situ saja, karena selain itu proses pemesanan tas di Karya Bintang Abadi pun juga dijamin aman karena perusahaan sudah memiliki legalitas yang jelas dan sah secara hukum juga cara pemesanan cepat dan mudah karena didampingi oleh customer service ramah juga sigap dalam membantu segala kebutuhan tas custom customer, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp