fbpx

6 Fakta Unik Mengenai Bahan Denim Untuk Tas

bahan denim

bagikan artikel ini kepada teman

Diantara banyaknya jenis bahan kain yang terkenal dalam industri mode dunia, bisa dibilang jika denim merupakan salah satu yang paling populer karena dikenal memiliki berbagai jenis pemanfaatan dengan berbagai keunggulannya. Dimana adanya hal tersebut, sebetulnya pun juga tidak terlepas dari bahan denim yang dalam hal ini diketahui sebagai jenis kain yang umumnya terbuat dari komponen bahan katun berkarakteristik kuat dan tahan lama, dengan pola anyaman khas bernama pola twill, yang dikenal memiliki ciri khas berupa bentuk serat diagonal sehingga tampak lebih estetis sekaligus kuat.

Dan dikarenakan sifat utama dari bahan denim ini yang dikenal kuat, tahan lama, serta relatif mudah untuk dirawat tersebutlah. Wajar saja bukan bila pada akhirnya membuat jenis bahan denim ini sering digunakan dalam pembuatan berbagai jenis produk item fashion, mulai dari pakaian seperti celana jeans, jaket, rok, hingga beragam aksesoris pendukung gaya lainnya, contohnya seperti tas hingga sepatu. Terlebih seiring berjalannya waktu dan bersamaan dengan perkembangan industri mode, kini bahan denim pun juga diketahui sudah mengalami banyak kemajuan, baik dari segi tampilan maupun kualitasnya yang membuatnya semakin dinilai baik.

Mengingat jika diantaranya banyaknya jenis bahan kain, bisa dibilang jika bahan denim ini juga dikenal sebagai sebuah bahan yang memiliki sejarah panjang, karena diketahui sudah mulai berkembang sejak sekitar abad ke-17 lalu hingga saat ini. Dimana pada awalnya, kain denim ini sebetulnya justru dikenal dengan nama “serge de Nimes”, karena jenis bahan ini yang mulanya memang dikembangkan di kota Nimes, Prancis, dan memang jauh lebih dikenal dengan sebutan “serge de Nimes”, hingga kemudian seiring berjalannya waktu pun mulai disingkat menjadi nama “denim” yang dipakai sampai saat ini.

Yang mana pertumbuhan serta pamor dari bahan denim ini pun diketahui mulai semakin menanjak, setelah pada pertengahan abad ke-19, seorang pengusaha tekstil asal Jerman bernama Levi Strauss bersama dengan penjahit Jacob Davis mulai menggunakan kain denim ini untuk membuat celana para pekerja penambang emas di California. Dimana dapat dikatakan jika pada era tersebut lah, merupakan momen dimana jenis bahan denim ini menjadi semakin popular dan terus berkembang menjadi bagian tak terpisahkan dari mode global karena terus mengalami evolusi, baik dalam segi desain, warna, hingga gaya.

Karena pada awal kemunculannya, bahan denim dalam hal ini memang dikenal sebagai bahan yang hanya memiliki satu variasi warna saja, yaitu warna indigo atau biru. Hingga pada akhirnya seiring berjalannya waktu mulai dikembangkan, dan saat ini diketahui telah memiliki banyak variasi warna memukau, diantaranya seperti hitam, putih, biru muda, tua, dsb. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan bukan jika dikarenakan hal tersebut, bahan denim pun dikenal sebagai jenis material multifungsi dalam industri fashion dunia. Terlebih, selain dinilai modis serta stylish, bahan ini pun juga diklaim kuat serta tahan lama pula dengan berbagai fakta uniknya, seperti berikut:

6 Fakta Unik Mengenai Bahan Denim Untuk Tas

Selain dikenal memiliki variasi warna yang semakin beragam, faktanya bahan denim dalam hal ini pun juga diketahui sudah hadir dengan beberapa jenis pula, yang umumnya dapat digunakan untuk berbagai peruntukkan, tergantung dari karakteristiknya. Namun sebelum membahas lebih lanjut terkait fakta unik dari bahan unggulan satu ini, adapun berikut adalah beberapa jenis dari bahan denim yang dinilai paling sering digunakan, diantaranya seperti:

1. Denim Katun: Jenis paling umum dari bahan denim ini adalah katun denim, dimana pada jenis satu ini umumnya denim akan terbuat dari serat katun yang kuat dan tahan lama namun lembut, sehingga membuatnya banyak dipakai sebagai bahan dasar untuk pembuatan celana jeans dan tipe pakaian lainnya.

2. Denim Stretch: Sebagaimana namanya, denim jenis ini memang diketahui memiliki tambahan serat elastan atau spandex dalam komposisinya. Yang mana karena adanya hal tersebut, membuat bahan ini dikenal memiliki kemampuan elastisitas lebih tinggi, sehingga dinilai dapat memberikan kenyamanan lebih dan memudahkan pergerakan saat dipakai.

3. Selvedge Denim: Dibuat menggunakan metode anyaman khusus yang menghasilkan bagian pinggiran lebih kuat dan rapi. bahan jenis Selvedge denim ini sering dianggap sebagai denim berkualitas tinggi dan memiliki ciri khas garis warna yang khas di pinggirannya.

4. Raw Denim: Dikenal juga sebagai “unwashed” atau “dry denim”, jenis raw denim ini diketahui tidak mengalami proses pencucian setelah proses pembuatan, sehingga memungkinkan pengguna untuk membentuk dan memperoleh cetakan yang unik pada celana atau pakaian berbahan denim.

5. Acid Wash Denim: Jenis bahan denim ini dikenal memiliki proses pengolahan khusus menggunakan asam, dimana adanya hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan efek warna dan tampilan yang khas. Oleh sebab itu denim dengan jenis ini seringkali memiliki efek pucat dan bercak-bercak mencolok yang membuatnya tampak semakin eyecatching.

6. Distressed Denim: Tidak kalah unik dibandingkan jenis denim sebelumnya, jenis denim satu ini diketahui diolah dengan sengaja menciptakan tampilan yang tampak sudah lama dipakai atau rusak, dengan efek robekan, pengikisan, atau bleaching sehingga membuatnya tampak rebel namun tetap stylish dan modis.

7. Bull Denim: Dibandingkan dengan jenis lainnya, bisa dibilang jika jenis bull denim ini dikenal sebagai tipe yang paling tebal dan kuat. Oleh sebab itu biasanya jenis bahan denim satu ini umumnya lebih sering digunakan sebagai material utama pembuatan tas, furnitur, dsb yang sekiranya memerlukan kekuatan ekstra dengan mengandalkan beberapa kelebihan sekaligus fakta uniknya berikut ini:

1. Warna Indigo yang Menarik

Fakta unik pertama yang dimiliki oleh bahan denim ini dan bisa dibilang jarang atau bahkan tidak dimiliki oleh jenis bahan lainnya adalah denim yang dalam hal ini diketahui memiliki ciri khas berupa warna indigonya. Dimana bisa dibilang jika warna indigo yang dimilikinya tersebut adalah hasil dari diekstraksi bahan alami melalui proses tradisional karena melibatkan fermentasi daun tanaman Indigofera untuk menghasilkan zat berwarna menawan yang digunakan untuk merendam benang katun sehingga nantinya memiliki warna khas.

Oleh sebab itu proses pewarnaan bahan denim berwarna indigo ini memerlukan waktu lama karena melalui proses perendaman berulang-ulang untuk memungkinkan oksigen membuat warna menjadi biru dan cukup unik karena serat-serat dalam kain yang tidak sepenuhnya menyerap warna, sehingga dapat menciptakan tampilan khas dengan garis-garis putih pada permukaan tertentu. Yang mana bisa dikatakan jika warna indigo pada bahan denim pun sebetulnya bukan hanya sekadar warna saja, tetapi juga merupakan bagian penting dari sejarah, proses produksi, dan estetika dari bahan denim itu sendiri.

2. Polanya yang Khas

Selain dikenal memiliki warna yang khas, adapun fakta unik lainnya dari jenis bahan satu ini adalah denim yang diketahui juga memiliki pola khas serta berbeda dari jenis bahan kain pada umumnya. Dimana dapat diketahui jika pola khas pada bahan denim tersebut adalah sebuah pola anyaman bernama twill yang umumnya memiliki serat diagonal atau garis miring yang membentuk sudut sekitar 45 derajat dan membuatnya dianggap mampu memberikan kekuatan tambahan pada kain. Karena diagonalitas serat tersebut membuatnya dinilai lebih tahan terhadap tarikan.

Selain itu, adanya pola anyaman twill pada bahan satu ini pun juga dinilai bukan hanya dapat menghadirkan daya tahan kuat saja, melainkan juga sekaligus dapat memberikan tekstur visual yang menarik pada denim, karena garis-garis diagonal yang terlihat pada kain tersebut mampu menonjolkan sentuhan estetika unik dan berciri khas, sehingga cukup membedakan denim dari jenis bahan kain lainnya

3. Berdurabilitas Tinggi

Sebagai jenis bahan yang memiliki proses pembuatan juga ciri khas cukup berbeda dengan jenis bahan kebanyakan, bisa dibilang hal tersebut secara tidak langsung membuat denim juga hadir dengan fakta unik berupa adanya durabilitas tinggi. Dimana yang dimaksud dengan durabilitas tinggi sendiri dalam hal ini adalah gambaran untuk bahan denim ini yang dikenal memiliki kekuatan serta ketahanan terhadap aus, robek, atau faktor keausan lainnya. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika hal ini membuat denim menjadi pilihan yang sangat baik guna peruntukkan produk fashion dengan tingkat pemakaian tinggi, seperti tas, celana, dsb

4. Dikenal Timeless

Timeless adalah fakta unik selanjutnya dari jenis bahan denim yang merujuk pada karakteristik khusus tentang bahan ini yang menunjukkan ketahanan atau keabadiannya dalam konteks mode dan gaya dari waktu ke waktu. Terlebih dapat diketahui, jika denim sendiri juga dikenali sebagai bahan yang serbaguna dan dapat diadaptasi ke berbagai gaya, baik itu gaya kasual atau formal dengan ketahanannya yang tinggi terhadap keausan serta kerusakan. Dimana sifat ini menjadikannya sebagai investasi yang baik karena dapat bertahan lama, bahkan dari generasi ke generasi. Oleh sebab itu keklasikannya dianggap tetap relevan meskipun dari masa ke masa.

5. Penggunaannya Tersebar di Seluruh Dunia

Menjadi salah satu jenis bahan paling populer dalam industri mode dunia, tentu menjadikan fakta unik denim mengenai penggunaannya yang tersebar di seluruh dunia sangat pas untuk disebutkan. Dimana adanya hal tersebut pun juga dibuktikan dari bagaimana bahan ini telah menjadi simbol mode global yang digunakan oleh berbagai budaya, di berbagai belahan dunia, dan oleh berbagai kelompok sosial sebagai perwujudan dari daya tarik universalnya.

Yang mana adanya fenomena tersebarnya penggunaan denim di seluruh dunia ini pun sebetulnya juga tidak hanya mencerminkan kepopuleran bahan itu sendiri, tetapi juga sekaligus dengan bagaimana denim telah menjadi bagian integral dari mode global sehingga secara tidak langsung dapat menghubungkan berbagai budaya dan merangkul keanekaragaman gaya hidup menjadi satu. Terlebih penggunaan denim juga diketahui tidak terbatas pada satu gaya hidup atau aktivitas tertentu saja. Sehingga membuatnya lebih mudah diterima dengan baik dan digunakan oleh berbagai kalangan.

6. Selalu Memiliki Inovasi dalam Warna dan Tekstur

Selalu memiliki inovasi dalam warna dan tekstur adalah fakta unik terakhir dari jenis bahan denim ini. Yang mana adanya hal tersebut sebetulnya mencakup terkait perkembangan teknologi pewarnaan dan percobaan dengan berbagai jenis finishing yang bisa diterapkan pada proses pembuatan bahan ini guna memberikan tampilan dan tekstur yang berbeda. Sehingga wajar saja bukan jika karena hal tersebut, bahan denim dianggap memungkinkan para desainer untuk dapat selalu mengeksplorasi berbagai gaya maupun konsep baru dalam setiap kreasi produk fashionnya menggunakan jenis bahan denim ini.

Nah itu dia beberapa fakta unik dari bahan denim sekaligus sedikit tentang sejarah ditemukanya. Dimana karena setiap jenis bahan ini memang diketahui memiliki karakteristik serta kegunaan yang berbeda. Sehingga tentu ada baiknya jika penggunaan dari bahan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan tergantung pada preferensi desain, kebutuhan fungsional, dan gaya yang ingin dihasilkan dalam pakaian atau produk yang akan dibuat. Agar nantinya produk fashion yang dibuat menggunakan bahan denim tersebut bukan hanya memiliki tampilan stylish saja, melainkan juga dapat sekaligus dipergunakan secara maksimal.

 

Dikenal sebagai jenis bahan yang memiliki banyak keunggulan, mulai dari segi tampilan maupun kekuatan dan pemanfaatannya, tentu wajar saja bukan bila pada akhirnya hal tersebut membuat denim begitu gencar dipilih banyak orang, baik itu oleh para konsumen atau produsen produk fashion untuk dijadikan sebagai bagian dari koleksi produknya. Misalnya saja seperti jenis bahan denim yang kini juga sudah mulai banyak dipilih guna peruntukkan pembuatan tas bersifat komersil, contohnya seperti tas untuk keperluan bingkisan, souvenir, maupun media promosi yang umumnya bisa dibuat berdasarkan kebutuhan serta keinginan customer.

Dimana umumnya tas guna keperluan tersebut bisa didapatkan dengan cara yang mudah, yaitu mempercayakan pada sebuah jasa pembuatan tas custom berpengalaman, terbaik juga terpercaya seperti Karya Bintang Abadi yang bisa dipastikan memiliki banyak pengalaman memuaskan untuk menangani berbagai kebutuhan tas customer akan tas customnnya. Terlebih dirinya pun juga dikenali selalu menyediakan beragam model serta desain tas custom yang diketahui selalu memiliki detail terbaik, kualitas dan kekuatan terjamin, waktu pengerjaan cepat, hingga harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan serta budget customer.

Dan sebagai pabrik tas custom andalan, Karya Bintang Abadi pun juga diketahui  tidak pernah gagal dalam memberikan pelayanan terbaik, yaitu dengan cara menyediakan adanya pemesanan tas custom secara aman, mudah, cepat dan tepat, melalui dampingan customer service ramah juga sigap dalam membantu segala kebutuhan tas custom customer, baik secara online maupun offline. Maka dari itu, tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp