Fakta Unik Bahan Tas PVC & Perbedaan Dengan Bahan PU

bahan pvc tas

bagikan artikel ini kepada teman

Salah satu jenis bahan yang banyak di pilih dalam pembuatan tas adalah bahan bernama PVC atau bisa juga di sebut sebagai Poly Vinyl Chlorid. Bahan ini cukup populer dan banyak di gemari dalam dunia fashion baik lokal maupun mancanegara. Memiliki tampilan seperti bahan kulit dan cukup fleksible sehingga banyak di manfaatkan menjadi bahan pembuatan sepatu, pakaian, dan yang paling umum adalah di jadikan sebagai tas. Banyak di pilih untuk di jadikan tas karena di rasa memiliki kualitas yang cukup unggul, dengan harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan kulit asli.

Bahan PVC memiliki permukaan yang mengkilap dan sedikit kaku dengan tekstur cukup halus karena tidak memiliki serat atau alur kasar seperti yang di miliki kulit asli maupun bahan kulit PU yang sama sama merupakan bahan kulit sintetis. Selain itu bahan PVC ini juga memiliki ketahanan yang baik sehingga lebih awet untuk di gunakan dalam jangka waktu lama.

Meskipun terbuat dari bahan dengan banyak keunggulan, tas berbahan PVC tentu saja juga tetap perlu di perhatikan perawatannya, terlebih bila ingin tampilan tas terlihat menarik dan awet dalam waktu lama. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat di lakukan dalam melakukan perawatan pada tas bahan PVC untuk mempertahankan ketahanan dan tampilannya, diantaranya:

1. Rutin membersihkan tas 

Tas dengan bahan sebagus apapun bila ingin terlihat menarik dan tahan lama tentu membutuhkan perawatan rutin, tidak terkecuali dengan tas bahan PVC. Untuk tas berbahan PVC bisa di bersihkan menggunakan sabun seperti sabun mandi atau sabun cair bila nodanya terlanjur menempel. Namun bila tidak ada noda membandel, tas bisa dibersihkan menggunakan lap kain bersih dengan permukaan halus.

2. Hindarkan tas dari paparan sinar matahari langsung 

Setelah menggunakan tas berbahan PVC dalam waktu lama atau setelah melakukan pembersihan, ada baiknya bila tas di keringkan terlebih dahulu untuk menghindari kelembaban yang membuat tas mudah bau serta berjamur. Namun perlu di ingat dalam proses pengeringan, pastikan bila tas tidak terkena sinar matahari langsung untuk menghindari kerusakan tas secara berkala.

3. Simpan tas di suhu ruangan tepat dan tidak bertumpuk

Saat menyimpan tas, pastikan suhu ruangan penyimpanan berada di suhu yang tepat sekitar 19 sampai 23 derajat. Selain itu juga pilihlah tempat yang memiliki ruang cukup, sehingga tas tidak di simpan secara bertumpuk dan mengakibatkan tas menempel satu sama lain atau berjamur yang membuat permukaannya mengelupas.

Fakta unik bahan tas PVC

Sebagai bahan yang banyak di pilih untuk membuat tas, tentu ada baiknya bila kita juga mengetahui beberapa fakta menarik yang dimiliki bahan PVC, diantaranya:

1. Lebih tebal dari jenis kulit sintetis lain

Bahan PVC memang di kenal memiliki bahan yang tebal, hal ini dikarenakan PVC terdiri dari beberapa lapisan penyusun berupa lapisan kain, busa, kulit dan di bagian permukaannya juga terdapat lapisan berbahan plastik. Dengan lapisan yang di miliki, menjadikan PVC memiliki struktur bahan lebih keras, tebal dan tahan lama.

2. Waterproof

Bahan PVC banyak di pilih sebagai bahan pembuatan tas karena memiliki sifat yang tidak banyak di miliki oleh jenis bahan lain, yaitu waterproof. Sifat bahan ini di dapatkan oleh bahan PVC dari struktur bahannya yang berlapis, bahkan di bagian permukaan terdapat lapisan berbahan plastik yang membuat tas dengan bahan PVC lebih tahan terhadap air, baik dalam intensitas ringan maupun sedang.

3. Warnanya tidak mudah luntur

Bahan PVC juga dikenal memiliki banyak pilihan warna, mulai dari warna bold sampai cerah dan nyentrik. Dengan banyaknya pilihan warna yang di miliki, maka ketahanan warna yang tidak mudah luntur menjadi poin penting bukan? Dan bahan PVC dengan beberapa lapisan tentu memiliki sifat warna tidak mudah luntur tersebut.

4. Cara perawatan yang mudah

Berbeda dari kulit asli yang memerlukan berbagai perawatan khusus, tas dengan bahan PVC justru sebaliknya bahkan cenderung lebih mudah. Cukup di bersihkan secara rutin menggunakan kain kering atau setengah basah dengan permukaan halus.

5. Tidak mudah menyerap noda

Bahan PVC memiliki pori pori kecil bila di bandingkan dengan jenis bahan lain. Hal ini tentu membuat tas yang terbuat dari bahan PVC tidak mudah kotor karena daya serap pada noda yang membuat kotor lebih minim.

6. Daya tahan lama

Karena tersusun dari beberapa lapisan, tentu menjadikan bahan PVC lebih awet dan dapat di gunakan dalam waktu lama, terlebih bila di bandingkan dengan bahan kulit PU.

Selain bahan PVC, ada pula bahan kulit sintetis lainnya yang umum di gunakan untuk membuat tas kulit dengan kualitas baik namun harga terjangkau, yaitu adalah bahan kulit PU. Lalu apa saja perbedaan yang di miliki oleh kedua jenis bahan ini?

Perbedaan dari bahan PVC dan PU:

bahan tas pvc bahan tas pvc

Sebetulnya baik bahan PVC maupun PU sama sama merupakan bahan kulit sintetis buatan manusia, namun meskipun begitu tentu tetap saja kedua bahan ini memiliki ciri khas masing masing yang menjadi perbedaan di antara keduanya. Lalu apa saja yang membedakan kedua jenis bahan ini? Simak beberapa poin berikut untuk mengetahui perbedaan dari bahan PVC dan PU yang diantaranya:

1. Lapisan penyusun bahan

Sama sama terdiri dari dua lapisan bahan yang terdiri dari lapisan dasar dan lapisan aditif. Namun untuk PVC biasanya memiliki lapisan dasar berupa kanvas maupun katun dan lapisan aditif bernama plasticizer yang membuat permukaan bahan menjadi sedikit kaku. Sedangkan pada bahan PU biasanya memiliki lapisan dasar dengan bahan kulit berkualitas biasa dan lapisan aditif menggunakan bahan kimia yang membuat PU memiliki kesan kulit lebih lembut.

2. Tingkat breathable

Perbedaan selanjutnya di miliki dua jenis bahan ini terletak pada tingkat breathablenya atau sirkulasi udara. Pada bahan PVC biasanya di kenal memiliki sirkulasi kurang baik. Hal ini di karenakan PVC terbuat dari lapisan yang lebih tebal dan banyak, sehingga pori porinya sedikit sulit untuk di lewati udara dengan baik. Tidak heran bila tas dengan bahan PVC sebaiknya sering di angin anginkan karena lebih mudah lembab dan bau.

Sedangkan untuk bahan PU dengan lapisan yang lebih sedikit dan tipis bila di bandingkan dengan PVC tentu membuat bahan kulit ini memiliki sirkulasi udara atau breathable lebih baik.

3. Pori-pori pada bahan

Antara bahan PVC dan PU ternyata juga memiliki perbedaan pada bagian pori porinya. Pada bahan PVC sendiri tersusun dari pori pori bahan yang halus dan teratur sehingga memiliki nilai rendah dalam kemiripan pada kulit asli. Namun lain halnya dengan bahan PU yang dibuat memiliki pori pori cukup banyak dan membuat tampilannya sekilas lebih mirip dengan kulit asli. Sayangnya dengan pori pori yang cukup banyak dan lebar, membuat bahan PU lebih mudah kotor dan menyerap noda lebih cepat.

4. Harga

Untuk harga sendiri keduanya tentu di bandrol dengan harga lebih terjangkau bila dibandingkan dengan kulit asli. Namun bila hanya membahas keduanya, tentu saja bahan PVC memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding bahan kulit PU. Hal ini bisa dipengaruhi karena pemilihan bahan penyusun dan hasil yang terlihat pada bahan.

Bahan PU sendiri di bandrol dengan harga yang lebih tinggi daripada PVC karena di rasa lebih mirip dengan kulit asli. Selain itu permukaan pada bahan ini juga lebih bertekstur karena adanya banyak pori pori dan lebih lunak serta fleksible di banding bahan PVC.

Itu dia beberapa hal tentang bahan tas PVC yang cukup umum untuk digunakan, terutama untuk tas kulit dengan harga yang terjangkau. Selain karena di bandrol dengan harga lebih terjangkau bila di bandingkan dengan kulit asli, alasan lain bahan PVC kerap di pilih adalah karena kualitasnya yang masih baik untuk di gunakan membuat sebuah tas dengan keawetan serta ketahanan cukup tinggi. Selain itu bahan PVC juga di kenal memiliki banyak pilihan warna yang lebih eyecatching saat digunakan untuk menghasilkan sebuah tas.

 

Cara memilih tas berkualitas baik memang salah satunya adalah dengan memperhatikan jenis bahan pembuatannya, baik tas dengan bahan kulit maupun bahan kain seperti kanvas atau cordura. Terlebih bila tas tersebut ingin di jadikan sebuah souvenir atau kado, tentu tidak bisa sembarangan pilih kualitas tas bukan?

Seperti saat ini, yang sudah memasuki bulan Desember yang berarti momen Natal dan tahun baru juga sudah di depan mata. Biasanya pada momen Nataru banyak orang berlomba untuk berburu kado yang di peruntukan bagi orang orang terkasih atau juga untuk di bagikan sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur pada sesama melalui berbagai acara atau kegiatan bakti sosial. Dan salah satu jenis barang yang kerap di pilih untuk dijadikan sebagai kado tersebut adalah tas, karena dirasa lebih bermanfaat dan dapat di gunakan dalam jangka waktu lama.

Namun ketika momen natal dan tahun baru bukankah akan lebih spesial bila menjadikan tas yang di buat secara custom dan khusus sebagai kado tersebut? Tentu saja tas yang di buat dengan custom dan di sesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan akan terasa lebih istimewa bila di jadikan kado atau souvenir pada momen spesial Nataru. Dan dalam menwujudkan hal ini tentu di butuhkan adanya konveksi tas custom yang dapat diandalkan. Salah satu konveksi tas tersebut adalah Karyabintangabadi.id yang dengan sepenuh hati selalu membantu berbagai kebutuhan tas custom para clientnya untuk segala kebutuhan acara.

Menyediakan tas dengan berbagai model, desain, ukuran serta jenis bahan pembuatan beragam yang di kerjakan secara detail juga teliti oleh tenaga profesional dan berkompeten guna menghasilkan dan memastikan tas berkualitas unggul. Selain itu adapun cara pemesanan mudah, proses pengerjaan cepat dan melalui quality control serta pengiriman barang ke tangan client dengan aman adalah beberapa keunggulan yang di miliki Karyabintangabadi.id sebagai konveksi tas yang dapat di andalkan secara penuh.

Memiliki pelayanan cepat dan tepat dengan bantuan customer service yang akan membantu anda sebagai client maupun calon client dalam memahami detail produk, estimasi harga sampai saat melakukan pemesanan. Jadi tunggu apalagi? Segera percayakan kebutuhan tas custom anda pada Karyabintangabadi.id untuk hasil tas yang unggul dan maksimal.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!