fbpx

10 Ide Pantun Pembuka Acara Seminar Yang Bagus

pantun pembuka seminar

bagikan artikel ini kepada teman

Dalam suatu gelaran acara, biasanya pada pelaksanaannya akan terdapat berbagai rangkaian acara yang telah tersusun secara rapi juga terstruktur untuk nantinya dilakukan bersama. Dimana dari keseluruhan rangkaian acara tersebut, umumnya akan diawali dengan adanya sebuah pembukaan acara sebagai bagian dari sambutan sekaligus ungkapan rasa terimakasih dari pihak terkait kepada tamu undangan atau audiens yang telah bersedia hadir. Yang mana ucapan pembuka acara tersebut biasanya akan dibantu disampaikan oleh adanya peran seorang MC atau pembawa acara.

Namun karena menjadi bagian awal dari keberlangsungan sebuah acara, tentu hal tersebut secara tidak langsung telah membuat bagian pembukaan suatu acara menjadi salah satu bagian terpenting untuk diperhatikan oleh pihak penyelenggara, khususnya oleh seorang yang ditugaskan sebagai MC atau pembawa acara. Dimana mereka memiliki kewajiban untuk dapat memandu keberlangsungan acara, terlebih mulai dari bagian pembukaan hingga akhir acara, serta memastikan bila seluruh rangkaian acara yang telah tersusun dapat berjalan dengan baik, lancar, serta asik.

Dan karena memiliki peranan penting dalam menunjang keberlangsungan sebuah acara tersebut lah, umumnya seorang pembawa acara akan menyiapkan beberapa hal sebagai bekal untuk membawakan sebuah acara agar terkesan menarik juga menyenangkan, terlebih pada bagian pembukaannya. Karena bisa dibilang bila bagian pembukaan acara merupakan salah satu penentu acara tersebut akan berjalan dengan kesan seperti apa. Dan adapun hal hal yang perlu diperhatikan seorang pembawa acara dalam membuka suatu acara adalah, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Intonasi dan teknik berbicara 

Saat akan membawakan sebuah acara, pastikan bila anda sudah berlatih tentang hal dasar sebagai pembawa acara terlebih dahulu, dimana hal tersebut meliputi tentang teknik berbicara beserta intonasinya. Yang mana ketika berbicara atau memberikan sambutan, pastikan bila anda sudah menggunakan intonasi yang tepat, yaitu tidak datar namun cukup lantang. Karena sebetulnya penggunaan intonasi yang tepat dapat sekaligus membangun suasana . Selain itu pastikan pula bila anda sudah mengatur kecepatan berbicara dengan baik, sehingga tidak terlalu cepat atau lambat dan juga memiliki pelafalan yang jelas.

2. Gesture atau bahasa tubuh 

Mengingat seorang pembawa acara akan menjadi pusat perhatian, maka wajib bagi anda untuk memperhatikan pula gesture atau gaya tubuh yang digunakan selama memandu acara di depan para audiens. Karena dengan menggunakan bahasa tubuh yang tepat, tentu anda akan terlihat lebih menarik juga profesional.

3. Penguasaan materi dan cara penyambutan 

Sebelum acara dimulai, umumnya seorang pembawa acara diharuskan untuk menguasai materi acara terlebih dahulu, baik itu terkait rangkaian acara, tema acara, hingga siapa saja pihak pihak yang sekiranya terlibat. Dan bukan hanya harus menguasai materi saja melainkan seorang pembawa acara pun juga harus mengetahui dengan jelas tentang bagaimana cara penyambutan beserta pembawaan acara yang baik namun tetap menyenangkan.

Terlebih khususnya pada bagian pembukaan acara, karena seperti sudah disinggung berulang kali, bila sesi pembukaan acara merupakan salah satu bagian paling penting dalam sebuah gelaran acara. Maka dari itu, akan lebih baik rasanya bila seorang pembawa acara melakukan sesi pembukaan acara sebaik mungkin. Misalnya seperti menggunakan beberapa ide pantun berikut ini sebagai pembuka acara agar terkesan bagus juga menyenangkan.

10 Ide Pantun Pembuka Acara Seminar Yang Bagus

Sebetulnya selain sebagai bentuk salam, adanya pembuka dalam suatu acara pun juga kerap kali dijadikan sebagai cara untuk menarik minat audiens agar semakin tertarik dengan keberlangsungan acara. Tidak terkecuali pada jenis gelaran acara seperti seminar yang umumnya akan memiliki banyak peserta didalamnya dan perlu dilaksanakan secara asik namun tetap serius, agar tidak berjalan membosankan. Dimana untuk membangun suasana yang asik tersebut, tentu diperlukan adanya awalan atau pembukaan acara yang menarik pula.

Karena tidak dapat dipungkiri bila bagian pembuka pada sebuah gelaran acara merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan penyampaiannya, sebab akan mempengaruhi keberlangsungan sebuah acara, tidak terkecuali pada jenis acara seperti seminar. Dan untuk menyajikan sebuah pembuka acara yang menarik serta bagus, tentu ada banyak cara bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan salah satu karya sastra legendaris juga populer sejak dulu, apalagi jika bukan pantun.

Dimana pantun sendiri pada dasarnya merupakan sebuah karya sastra yang tergolong dalam puisi lama dengan ciri khas utama berupa adanya rima a-a-a-a dan a-b-a-b . Selain itu, pantun juga dikenal sebagai karya sastra yang memiliki berbagai macam jenis dengan peruntukan beragam pula sehingga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya seperti pantun sebagai bagian dari pembukaan sebuah acara seminar agar terkesan lebih menarik juga menyenangkan. Seperti beberapa contoh pantun pembuka seminar berikut ini:

1. Pantun 1 

Bersepeda ke jalan mh thamrin

Bersama sama dengan ikrar dan rini

Selamat datang para hadirin

Mari kita mulai seminar hari ini

2. Pantun 2 

Berpergian kita bersama mama

Menggunakan baju indah yang sama

Mari semua kita bersama sama

Perhatikan seminar hari ini dengan seksama

3. Pantun 3

Jalan jalan ke pasar membeli sayur mayur

Banyak sayur ada dibawah pohon waru

Mari kita panjatkan puji syukur

Agar seminar berjalan dengan seru

4. Pantun 4 

Ibu memasak banyak olahan ikan

Ikan dimasak dengan semangat

Untuk para hadirin seminar sekalian

Tidak lupa saya sampaikan salam terhormat

5. Pantun 5 

Pohon tinggi memiliki banyak akar

Namun tidak banyak dengan tangkai

Mari kita mulai acara seminar

Mengingat sekarang sudah mulai ramai

6. Pantun 6 

Bunga cantik enak dipandang

Memiliki harum semerbak yang menenangkan

Mari kita tumbuh dan berkembang

Dengan tema seminar yang menyenangkan

7. Pantun 7 

Dari jauh nampak cahaya lentera

Dari kapal yang sedang berlayar

Selamat datang dan salam sejahtera

Semoga acara seminar dapat berjalan lancar

8. Pantun 8

Lihat langit banyak bintang bersinar

Indah pancarannya membuat hati hangat

Selamat datang para peserta seminar

Semoga selalu bahagia dan sehat

9. Pantun 9

Besok saya pergi ke Bandar

Jangan lupa selalu berkabar

Selamat datang para peserta seminar

Semoga nanti pulang bertambah pintar

10. Pantun 10 

Makan ikan pari terasa enak ketika diasap

Apalagi jika ditambahkan dengan banyak cabai

Para hadirin mari kita bersiap

Agar acara seminar bisa segara dimulai

Nah itu dia beberapa contoh ide pantun pembuka seminar yang bagus untuk dijadikan sebagai referensi, khususnya bagi anda yang masih merasa cukup kebingungan untuk memberikan kesan menarik sekaligus menyenangkan saat membuka sebuah gelaran acara. Mengingat pantun sendiri bisa dibilang juga termasuk dalam salah satu cara jitu membuat sebuah pembukaan acara seperti seminar menjadi lebih asik tetapi tetap serius.

 

Namun taukah anda, bila sebetulnya untuk membuat sebuah gelaran acara khususnya seminar dapat berjalan dengan baik dan penuh antusias dari para pesertanya, bukan hanya dengan cara melakukan pembukaan acara secara asik saja yang bisa di lakukan. Melainkan sebagai pihak penyelenggara anda pun juga dapat semakin memancing minat para peserta tersebut dengan cara menyediakan adanya sebuah bingkisan atau seminar kit untuk nantinya dibagikan kepada para peserta di akhir acara.

Yang mana adanya bingkisan tersebut pun tentu bukan hanya sebagai pancingan untuk menarik minat para audiens saja, tetapi juga sekaligus sebagai perwujudan dari kenang kenangan dan rasa terima kasih atas kehadiran juga antusiasme yang telah diberikan oleh para peserta. Maka dari itu, dalam pemilihan jenis barang guna keperluan tersebut umumnya kita diharuskan untuk memikirkan jenis barang dengan tampilan menarik, namun tetap fungsional dan memiliki ciri khas tersendiri. Contohnya seperti tas custom buatan Karya Bintang Abadi. 

Tas yang pada dasarnya termasuk dalam jenis barang krusial tentu sangatlah pas bila dijadikan sebagai sebuah bingkisan. Terlebih bila tas tersebut dibuat secara custom pada sebuah pabrik tas custom terbaik seperti Karya Bintang Abadi yang dikenal memiliki detail tampilan produk tas terbaik, kualitas dan kuantitas terjamin, serta harga bersaing. Sehingga dijamin anda akan mendapatkan tas custom sesuai dengan keinginan serta kebutuhan yang diharapkan, baik dari segi tampilan, kualitas maupun harganya.

Selain itu, Karya Bintang Abadi pun juga dikenal sebagai pabrik tas custom terbaik yang memiliki proses pemesanan aman karena sudah berlegalitas serta cara pemesanan cepat juga mudah yang didampingi secara langsung oleh  para customer service ramah juga tanggap, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera percayakan kebutuhan tas custom anda pada jasa pembuatan tas custom ini dengan segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan tas custom dengan hasil maksimal serta memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami dan jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik juga up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp