fbpx

Kenali 7 Jenis Resleting Tas Terbaik Hingga Terkuat

jenis resleting tas

bagikan artikel ini kepada teman

Diantara banyaknya bagian penting dalam sebuah tas, bisa dibilang jika resleting adalah salah satunya yang paling penting. Dimana dalam hal ini dapat dikatakan jika resleting tas sendiri sebetulnya adalah sebuah komponen atau aksesori pada tas yang pada dasarnya berfungsi sebagai penutup atau pembuka bagi suatu kompartemen atau ruang penyimpanan di dalam tas. Yang mana biasanya resleting ini pun juga diketahui memiliki ciri khas berupa adanya gigi-gigi kecil dan saling terkait, serta umumnya terbuat dari logam, plastik, atau bahan lainnya yang dianggap kuat dan tahan lama karena nantinya akan digunakan dengan cara menjalankan slider melalui gigi-gigi resleting.

Dan dapat diketahui jika resleting atau zipper sendiri sebetulnya pertama kali ditemukan oleh seorang penemu bernama Whitcomb L. Judson pada akhir abad ke-19, hingga tepatnya pada tahun 1891, Judson mulai mematenkan C-curity fastener sebagai suatu mekanisme yang diketahui mirip dengan resleting modern. Yang mana pada awalnya mekanisme tersebut pun hanya dipasarkan sebagai solusi untuk memudahkan penggunaan sepatu saja, hingga pada akhirnya mulai dilakukan pengembangan dan bisa dipakai secara lebih efektif serta praktis guna berbagai peruntukkan produk sehari-hari, mulai dari pakaian hingga tas.

Dimana adanya pengembangan pengembangan tersebut, yaitu berupa hadirnya desain resleting yang lebih fungsional dan praktis, sebetulnya baru di mulai pada awal abad ke-20 oleh seorang pria bernama Gideon Sundback yang diketahui memiliki profesi sebagai insinyur di Swedia dan Amerika. Yang mana pada tahun 1913, Sundback juga mulai mematenkan desain resleting dengan gigi-gigi logam yang bisa terkunci bersamaan secara lebih baik dan efisien. Dan dapat dikatakan jika penemuan ini merupakan pondasi awal dari resleting modern yang digunakan sampai saat ini pada berbagai produk, termasuk pakaian dan tas.

Selain itu, seiring berjalannya waktu pun resleting juga diketahui bukan hanya berkembang dalam hal peruntukkannya saja, melainkan juga pada bagian ukuran, warna, hingga jenisnya yang umumnya dapat dijumpai pada berbagai item fashion, khususnya tas. Mengingat jika resleting pun juga telah dianggap sebagai salah satu bagian penting dalam sebuah desain tas, karena dinilai dapat membawa beragam keuntungan besar, baik terkait keamanan, aksesibilitas, maupun kepraktisan penggunaan tas. Dan adapun beberapa jenis reselting tas terbaik juga terkuat yang banyak direkomendasikan untuk digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kenali 7 Jenis Resleting Tas Terbaik Hingga Terkuat

Memiliki sejarah perkembangan yang panjang serta dianggap sebagai salah satu komponen penting dalam sebuah tas, berikut ini adalah beberapa fungsi serta manfaat dari adanya resleting pada tas, yang di antaranya adalah:

1. Keamanan barang: Fungsi utama dari resleting pada sebuah tas dapat dikatakan adalah untuk memastikan penyimpanan barang-barang secara aman di dalam tas. Dimana dengan menutup tas menggunakan adanya resleting, tentu kita dapat menjaga barang-barang di dalam tas secara lebih aman dan mudah, agar tidak jatuh atau keluar saat tas digunakan atau dipindahkan.

2. Kemudahan akses: Selain dapat memastikan keamanan barang, adanya resleting juga dinilai memungkinkan akses yang lebih mudah dan cepat kepada barang-barang di dalam tas. Karena dengan hanya membuka resleting, kita bisa dengan cepat mengambil atau meletakkan barang yang diperlukan tanpa harus membuka seluruh bagian tas.

3. Perlindungan dari faktor eksternal: Adanya resleting pada sebuah tas, ternyata juga dinilai dapat membantu melindungi barang-barang bawaan di dalamnya dari pengaruh eksternal, misalnya saja seperti basahnya air hujan hingga kotornya debu. Sehingga barang barang yang tersimpan di dalam tas berresleting pun bisa dibilang lebih terjamin kebersihannya.

4. Estetika dan penampilan: Selain fungsional, siapa sangka jika adanya resleting pada sebuah tas ternyata juga dapat sekaligus digunakan untuk menambah nilai estetika pada desain tas pula. Dimana desain resleting yang menarik serta sesuai dengan gaya tas, dinilai dapat semakin memperindah penampilan sebuah tas secara keseluruhan.

Terlebih saat ini sendiri, bisa dibilang jika resleting pun juga sudah hadir dalam berbagai ukuran hingga jenis yang memungkinkan produsen untuk menyesuaikan resleting tas dengan berbagai kebutuhan tasnya. Contohnya seperti 7 jenis resleting terbaik dan terkuat berikut ini:

1. Resleting Coil (Coil Zipper)

jenis resleting tas

Jenis resleting tas terbaik juga terkuat yang pertama banyak di sebut dengan nama resleting Coil atau Coil Zipper. Dimana bisa dikatakan jika jenis resleting ini adalah salah satu yang paling umum digunakan pada berbagai macam model tas, karena dirinya yang diketahui memiliki keunggulan utama berupa adanya fleksibilitas, sehingga memungkinkan resleting ini untuk dapat menyesuaikan bentuk tas dengan baik, dan membuatnya dianggap lebih cocok digunakan pada model model tas yang memiliki desain menarik serta unik.

Selain itu, resleting coil ini pun juga diketahui hadir dengan bobot ringan dan relatif tahan terhadap kerusakan, karena gigi-giginya yang dapat melengkung dan fleksibel saat terpapar tekanan atau bahkan benturan. Oleh sebab itu, wajar saja bukan bila jenis resleting coil ini biasanya akan banyak di jumpai atau digunakan pada berbagai jenis model tas ransel, tas tangan, tas olahraga, hingga tas kanvas karena keandalannya serta kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan baik pada berbagai desain tas.

2. Resleting Vislon

Resleting Vislon adalah jenis resleting tas terbaik juga terkuat selanjutnya. Dimana bisa dibilang jika resleting Vislon ini merupakan salah satu jenis resleting yang umumnya banyak terbuat dari gigi-gigi plastik dengan ukuran lebih besar dan tebal dibandingkan dengan resleting coil konvensional, maka dari itu dirinya dinilai memiliki tingkat kekokohan serta ketahanan terhadap keausan dan korosi lebih baik dibandingkan dengan resleting logam. Selain itu, karena terbuat dari bahan plastik, resleting ini pun juga diketahui cenderung tahan terhadap air, kelembaban, serta reaksi terhadap bahan kimia tertentu.

Oleh sebab itu, resleting vislon lebih sering digunakan pada jenis tas-tas outdoor. Terlebih dikarenakan adanya gigi-gigi slider berukuran lebih besar, hal tersebut pun secara tidak langsung juga memungkinkan penggunaan resleting ini menjadi lebih mudah, bahkan ketika pengguna menggunakan sarung tangan sekalipun. Mengingat jika resleting Vislon ini memang banyak dijumpai pada produk produk tas dengan daya tahan baik terhadap kondisi lingkungan ekstrem yang sering digunakan di luar ruangan.

3. Resleting Metal (Metal Zipper)

jenis resleting tas

Jenis resleting Metal (Metal Zipper) adalah jenis resleting tas terbaik juga terkuat selanjutnya yang diketahui terbuat dari gigi-gigi logam, seperti aluminium, tembaga, atau baja nirkarat. Oleh sebab itu jenis resleting ini memang kerap kali dikenal dengan kekuatan yang tinggi dan daya tahan baik terhadap penggunaan berulang. Karena gigi-gigi logam miliknya dinilai dapat memberikan kekuatan ekstra, sehingga membuatnya mampu menahan tekanan serta gesekan lebih baik daripada beberapa jenis resleting lainnya meskipun dalam penggunaan yang terbilang intensif sekalipun.

Terlebih meskipun memiliki kekuatan yang tinggi, resleting metal ini ternyata juga dikenal memiliki tampilan yang kokoh dan kuat pada tas, sehingga menjadikannya dianggap sangat lah cocok untuk dipakai pada jenis tas-tas dengan desain eksklusif serta lugas. Namun sayangnya, karena terbuat dari bahan logam, umumnya hal tersebut pun juga membuat jenis resleting metal ini rentan terhadap korosi jika terpapar air atau kelembaban secara berlebihan. Oleh sebab itu, resleting jenis metal ini diketahui kurang cocok bila digunakan pada model tas dengan fleksibilitas tinggi.

4. Resleting Invisible (Invisible Zipper)

Seperti namanya, contoh resleting tas terbaik juga terkuat kali ini memang adalah sebuah resleting berjenis Invisible yang dirancang untuk tidak terlihat saat tertutup dan tersembunyi di dalam gulungan kain. Dimana resleting ini umumnya memiliki gigi-gigi yang terletak di bagian belakang atau sisi dalamnya, sehingga tidak terlihat dari luar ketika resleting ditutup. Dan dapat dijelaskan jika cara kerja dari resleting invisible ini sebetulnya adalah dengan menggunakan kait atau gigi-gigi yang biasanya terbuat dari bahan berwarna sama atau serasi dengan kain di sekitarnya.

Oleh sebab itu saat resleting ditutup, kedua sisi kain akan bergabung rapih untuk menyembunyikan resleting di dalam lipatan. Yang mana dikarenakan hal tersebut pula lah resleting Invisible ini sering digunakan pada model tas yang sengaja dirancang memiliki desain elegan guna memberikan tampilan lebih bersih dan tidak mengganggu estetika desain dari tas.

5. Resleting Waterproof (Waterproof Zipper)

jenis resleting tas

Rekomendasi resleting tas terbaik juga terkuat selanjutnya datang dari sebuah reselting berjenis Water-Resistant Zipper. Dimana sesuai dengan namanya, resleting kali ini memang adalah sebuah jenis resleting yang dirancang khusus untuk dapat memberikan perlindungan terhadap air atau kelembapan. Dimana umumnya mereka diketahui memiliki konstruksi dan lapisan tambahan berupa adanya  PVC (Polyvinyl Chloride) atau TPU (Thermoplastic Polyurethane) yang membungkus resleting untuk mencegah air masuk melalui celah-celah gigi-gigi resleting.

Selain itu gigi-gigi resleting sering kali juga akan sengaja dirancang untuk saling menutup dengan sangat rapat, menggunakan teknologi penyegelan atau pengelasan pada sambungan-sambungan untuk mencegah air masuk melalui celah-celah di sekitar resleting tersebut, sehingga mampu mencegah air atau kelembapan masuk secara maksimal. Oleh sebab itu, wajarnya sebuah jenis resleting Waterproof ini akan banyak dijumpai pada tas-tas outdoor dengan kinerja tinggi, yang umumnya memang memerlukan perlindungan ekstra terhadap barang-barang  dari kerusakan akibat air.

6. Resleting Laminated (Laminated Zipper)

Resleting laminated (Laminated Zipper) merupakan jenis resleting tas terbaik juga terkuat selanjutnya yang diketahui memiliki spesifikasi mirip seperti Water-Resistant Zipper karena dibuat dengan lapisan tambahan pula guna meningkatkan ketahanannya terhadap air, kelembaban, dan elemen lingkungan lainnya. Yang mana biasanya lapisan tersebut juga akan banyak terbuat dari jenis bahan seperti PVC (Polyvinyl Chloride) atau TPU (Thermoplastic Polyurethane) guna menjaga isi tas tetap kering dan aman dari berbagai faktor basah maupun kelembaban dari luar. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika jenis resleting ini juga banyak digunakan pada tas-tas outdoor, tas hiking, dan tas tas lainnya yang sekiranya memiliki kinerja tinggi.

7. Resleting Reverse Coil

jenis resleting tas

Reverse Coil adalah contoh atau rekomendasi jenis reselting tas terbaik juga terkuat yang terakhir, dimana Reverse Coil ini bisa dibilang adalah salah satu jenis resleting yang memiliki desain khusus karena gigi-giginya menghadap ke dalam atau ke arah kantong resleting. Yang mana adanya hal tersebut tentu dianggap membuat isi dibagian dalamnya lebih terlindungi dari debu, kotoran, atau bahkan elemen lainnya yang sekiranya dapat mempengaruhi kondisi barang di dalamnya dibandingkan dengan resleting konvensional lainnya.

Oleh sebab itu, hendaknya sebuah jenis resleting Reverse Coil ini umumnya banyak digunakan pada berbagai jenis tas berkinerja tinggi seperti tas ransel, tas gunung, tas traveling, dan jenis tas lainnya, di mana perlindungan ekstra terhadap resleting sangat dibutuhkan untuk menjaga keawetan tas dan melindungi barang-barang di dalamnya dari lingkungan yang kotor atau berdebu.

Nah, itu dia beberapa jenis resleting tas terbaik dan terkuat yang dapat di jadikan sebagai pilihan. Dimana memilih jenis resleting yang terbaik untuk tas tentu ada baiknya jika selalu di sesuaikan dengan kebutuhan, spesifik tas, lingkungan penggunaan, dan preferensi desain. Selain itu jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan pula terkait kualitas material dan konstruksi resleting yang digunakan untuk memastikan kekuatan serta daya tahan yang dibutuhkanm agar nantinya resleting tersebut dapat berfungsi secara maksimal pada tas.

 

Untuk mendapatkan tas dengan kualitas unggulan dan berkinerja baik, tentu bukan hanya bagian resletingnya saja yang perlu di perhatikan. Karena selain itu, tentu kita diharuskan pula untuk selalu mempertimbangkan berbagai aspek pendukung lainnya, tidak terkecuali sampai pada hal tempat pembuatannnya, terlebih bila tas tersebut nantinya akan diperuntukkan guna keperluan bersifat komersil, contohnya seperti tas untuk souvenir, seminar kit, hingga media promosi, dsb. Dimana umumnya untuk tas guna keperluan tersebut, kini ada baiknya jika dibuat secara custom saja pada sebuah jasa pembuatan tas seperti Karya Bintang Abadi.

Tetapi kenapa harus Karya Bintang Abadi? Tentu saja harus, karena dengan mengandalkan Karya Bintang Abadi, selaku salah satu pabrik tas custom terbaik juga andalan. Anda sebagai customer dijamin akan mendapatkan lebih banyak kepuasan karena kondisi pesanan produk tas yang dijamin memiliki detail tampilan terbaik, kualitas terjamin, waktu pengerjaan cepat dan harga terjangkau. Dimana seluruh pesanan tas tersebut pun juga akan di kerjakan langsung oleh SDM berkompeten sehingga tas yang dihasilkan dipastikan akan memiliki spesifikasi unggul.

Terlebih untuk Karya Bintang Abadi juga diketahui tidak pernah lupa untuk selalu memastikan bila setiap customer maupun calon customer mendapatkan pelayanan terbaik dengan proses pemesanan aman juga cara pemesanan mudah dan cepat yang akan didampingi oleh customer service ramah dan sigap dalam membantu segala kebutuhan pemesanan tas customer baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil terbaik juga memuaskan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik serta up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp