fbpx

Definisi Conference: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

pengertian conference

bagikan artikel ini kepada teman

Menjadi jenis acara yang pengadaannya sudah ada sejak lama dan dianggap efektif untuk membantu menyelesaikan suatu permasalahan, tentu membuat banyak orang mau tidak mau mengandalkan adanya conference untuk menemukan kesepakatan bersama dan mencari sebuah solusi dari permasalahannya, terlebih bila masalah yang di angkat sebagai topik pembahasan tersebut merupakan jenis permasalahan serius yang melibatkan banyak orang dan nantinya akan berdampak luas.

Namun dikarenakan akan membahas suatu hal yang sifatnya penting tentu dalam pelaksanaannya, sebuah conference tidak bisa di persiapkan secara sembarangan bukan. Apalagi mengingat bukan hanya topik atau tema pembahasannya saja yang bersifat serius, melainkan juga para peserta atau pihak terlibat didalamnya yang umumnya akan didominasi oleh orang orang penting dan bisa dibilang merupakan pakar dalam bidangnya.

Oleh sebab itu bagi anda yang berniat untuk mengadakan suatu conference, ada baiknya untuk memperhatikan 3 hal dasar yang perlu disimak agar terselenggaranya acara conference dapat berjalan dengan lancar. Dan adapun hal krusial tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Sesuaikan tanggal pelaksanaan dengan baik dan tepat 

Meskipun bukanlah merupakan perkara yang sulit, namun ada baiknya saat akan mengadakan sebuah conference pastikan bila anda memilih tanggal atau waktu yang pas, sehingga nantinya seluruh peserta atau tamu undangan dapat hadir secara lengkap atau tidak bertabrakan dengan jadwal acara lainnya.

2. Tunjuk media yang berkompeten dan sesuai dengan topik pembahasan 

Umumnya ada beberapa acara conference yang dalam pelaksanaannya membutuhkan adanya sebuah publikasi, dimana dalam hal ini tentu membutuhkan adanya peran awak media untuk meliput serta memberitakan apa yang terjadi. Dan untuk meminimalisir isi berita yang dirasa terlalu berlebihan atau tidak seusai dengan isi conference, maka ada baiknya bagi anda untuk mencari dan menunjuk media media berkompeten saja.

3. Pastikan bila narasumber atau tamu undangan sesuai dengan topik pembahasan

Biasanya dalam sebuah conference akan diisi oleh beberapa rangkaian acara seperti presentasi, demonstrasi, hingga tanya jawab dan evaluasi. Yang mana agar seluruh rangkaian acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan semestinya tentu anda diharuskan untuk dapat menunjuk orang orang yang sekiranya tepat untuk diikut sertakan. Dimana hal ini sendiri bisa dibilang merupakan salah satu faktor terpenting penunjang keberlangsungan acara conference.

Itulah dia 3 hal basic namun krusial yang wajib diperhatikan saat akan mengadakan sebuah acara coference agar keseluruhan rangkaian acara dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Namun setelah mengetahui tentang tips mempersiapkan acara coference tersebut, apakah sebetulnya anda sudah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan coference itu sendiri? Jika belum maka simak ulasan terkait pengertian conference, tujuan pengadaan beserta jenis jenisnya berikut ini:

Definisi Conference: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Merupakan salah satu jenis kegiatan yang bisa dibilang penyelenggaraannya sudah cukup sering dilakukan juga di temui pada beberapa macam acara, baik secara online maupun offline di Indonesia maupun negara bagian lainnya, sudahkah hal tersebut telah membuat anda menjadi memahami dengan betul terkait pengertian dari conference itu sendiri beserta dengan tujuan pengadaan dan jenis jenisnya yang ternyata juga cukup beragam?

Karena meskipun dianggap sebagai kegiatan yang cukup familiar untuk digelar atau bahkan diikuti, nyatanya masih banyak orang ternyata belum begitu memahami dengan baik tentang apa itu conference dan berbagai informasi pendukungnya. Oleh sebab itu, untuk dapat menambah pengetahuan serta pemahaman lebih mendalam tentang conference, maka ada baiknya bagi kita untuk menyimak ulasan singkat terkait pengertian conference, tujuan pengadaan beserta jenis jenisnya berikut ini:

Apa Itu Conference?

Conference atau yang secara kebahasaan dapat diartikan sekaligus disebut dengan nama konferensi sebetulnya secara garis besar memiliki pengertian berupa sebuah pertemuan antara dua belah pihak atau bahkan lebih yang umumnya sengaja dirancang atau diselenggarakan sebagai ajang untuk berunding dan bertukar pendapat secara terstuktur juga formal mengenai suatu hal untuk mencapai sebuah mufakat bersama. Yang mana umumnya jenis kegiatan ini akan banyak diadakan untuk membahas atau memecahkan suatu permasalahan penting dan general.

Dimana pengadaan dari jenis kegiatan ini bisanya akan dilakukan secara berkala namun tidak intens, misalnya seperti dilakukan selama setahun sekali, dikarenakan umumnya sebuah conference juga akan dilengkapi dengan adanya evaluasi dari hasil kerja sebelum diadakannya conference maupun evaluasi terkait permasalahan yang akan dibahas. Contohnya seperti conference yang dihadiri oleh para pemimpin negara atau pejabat untuk membahas  suatu permasalahan serius terkait pemerintahan wilayahnya.

Yang mana tentunya mereka diharuskan untuk melihat perkembangannya terlebih dahulu sebelum melakukan conference lanjutan untuk menemukan solusi terbaik dari masalah tersebut. Dan dari pengertian conference yang telah dijelaskan ini, tentu tidak dapat dipungkiri bukan bila conference memang pantas termasuk ke dalam jenis kegiatan penting. Namun selain menjadi ajang untuk berunding masalah negara, sebetulnya conference sendiri masih memiliki beberapa tujuan pengadaan lainnya, yang diantaranya seperti:

Tujuan Dari Diadakannya Conference

Umumnya tujuan pengadaan dari conference memang ada beragam, namun bisanya tujuan tersebut akan disesuaikan atau tergantung dari topik yang menjadi pembahasan. Dan adapun tujuan dari pengadaan conference berdasarkan topik pembahasannya tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Conference akademik

Sesuai namanya, umumnya conference kali ini memang diadakan karena berkaitan erat dengan bidang akademik, yang mana dalam pengadaannya memiliki tujuan untuk membagikan pengetahuan sekaligus mendapatkan feedback terkait topik pembahasan. Dimana umumnya conference ini akan banyak dihadiri oleh para akademisi atau pakar dan ilmuwan sebagai ajang pertemuan juga mempresentasikan hasil penelitian serta merundingkan hal yang sekiranya masih kurang.

2. Tujuan Conference Bisnis

Bila conference akademik akan banyak dihadiri oleh para akademisi, maka sama halnya dengan conference bisnis yang umumnya juga akan berisikan para pengusaha atau pebisnis dengan tujuan pengadaan untuk membahas segala hal terkait dunia bisnis sebagai usaha menambah keterampilan pengembangan bisnis, baik dalam hal pelayanannya maupun mempromosikan produk. Dimana dengan adanya conference bisnis ini para pihak yang terlibat pun juga dapat sekaligus memperluas jaringan dan memperbanyak mitra kerja.

3. Tujuan Conference  Perdagangan

Tidak jauh berbeda dengan conference bisnis, dimana umumnya tujuan pengadaan dari conference ini pun juga dijadikan sebagai ajang untuk membagikan serta mencari tau tentang segala hal informasi yang berkaitan dengan perdagangan, baik itu dari segi pelayanan hingga produk terbaru. Dimana dalam prosesnya, akan dihadiri oleh orang orang yang sudah expert dalam bidangnya, sama seperti dengan tujuan conference lainnya.

Jenis-Jenis Conference

Bila pada tujuan pengadaan, conference hanya dibagi menjadi 3 bagian saja berdasarkan topiknya. Maka lain halnya dengan jenis jenis conference yang ternyata memiliki beberapa versi dari dua sumber berbeda. Dimana untuk jenis conference berdasarkan buku Manajemen Event (2020) oleh Sa’diyah, terdapat tiga jenis konferensi yang diantaranya adalah:

1. Conference Pers

Untuk jenis conference ini umumnya merupakan sebuah pertemuan para jurnalis dengan narasumbernya sebagai usaha untuk mengumpulkan berbagai informasi terkait topik yang akan dipublikasikan ke media. Biasanya untuk jenis conference ini akan diadakan secara mendadak sebelum atau sesudah adanya acara penting terkait topik pembahasan, dengan tokoh penting sebagai narasumber.

2. Conference Video

Ditengah gempuran perkembangan teknologi yang semakin pesat, tidak terkecuali pada berbagai media komunikasi nyatanya telah membuat jenis conference juga semakin bertambah. Dimana untuk saat ini sendiri conference juga dapat dilakukan menggunakan video, yang mana jenis conference satu ini memang tengah banyak digunakan untuk berbagai jenis keperluan pembahasan terlebih saat adanya pandemi covid beberapa waktu lalu. Karena dalam jenis conference ini umumnya para peserta tidak diharuskan berada dalam satu lokasi yang sama, sehingga terasa lebih fleksibel juga praktis.

3. Conference Kasus

Conference kali ini adalah jenis yang biasanya digunakan untuk mendukung penyelesaian atau bimbingan suatu permasalahan, dimana dalam prosesnya akan melibatkan seseorang atau suatu kelompok untuk memberikan kemudahan dalam pemecahan masalah dengan bentuk pemberian informasi atau saksi yang mana hal tersebut sangat lah dibutuhkan untuk mengambil suatu keputusan dalam penyelesaian masalah.

Sedangkan untuk jenis conference menurut University of London sendiri dibagi menjadi 5 jenis yang diantaranya sebagai berikut:

4. Conference Simposium

Simposium dapat dikategorikan kedalam jenis conference informal karena umumnya dalam penyelenggaraannya akan menghadirkan beberapa pembicara yang mempersentasikan atau melakukan penjabaran tentang suatu masalah dengan spesifik untuk selanjutnya di pecahkan bersama dengan cara tanya jawab.

5. Conference Seminar

Seminar juga bisa dikatakan sebagai salah satu jenis conference karena dalam prosesnya memiliki tujuan untuk memberikan informasi sebagai usaha untuk menambah pengetahuan serta keterampilan. Dimana informasi tersebut akan dibawakan oleh seorang pembicara dan nantinya akan diberikan kepada para peserta yang hadir.

6. Conference Kolokium

Conference kali ini termasuk dalam jenis conference yang interaktif. Karena dalam muatan acaranya akan berisikan banyak diskusi, presentasi hingga demonstrasi tentang suatu topik pembahasan dan umumnya akan dihadiri oleh para akademisi.

7. Conference Lokakarya

Lokakarya atau workshop pun agaknya juga termasuk dalam salah satu jenis conference selanjutnya, dimana umumnya dalam jenis ini para peserta didalamnya diharuskan untuk saling berkomunikasi secara aktif sambil melakukan berbagai macam kegiatan dengan satu tujuan yang sama.

8. Conference Roundtable

Dan jenis conference terakhir adalah conference roundtable, dimana untuk jenis ini umumnya akan membahas beragam isu isu aktual dengan melibatkan adanya diskusi terbuka antara para ahli sebagai peserta, sehingga nantinya akan terjadi adanya diskusi dua arah.

Nah, itulah dia sedikit ulasan terkait pengertian conference beserta dengan tujuan pengadaan dan jenis jenisnya. Dimana dengan adanya ulasan tersebut diharapkan kita semua dapat sama sama lebih memahami secara mendalam tentang segala hal terkait conference.

 

Selain dengan memberikan fasilitas memadai bagi para peserta yang menjadi tamu undangan dalam suatu gelaran acara confrence, agaknya memberikan sebuah bingkisan atau souvenir sebagai kenang kenangan sekaligus bentuk ucapan terimakasih kepada para hadirin juga merupakan hal baik untuk dilakukan oleh para pihak penyelenggara, sebagai usaha untuk memberikan kesan baik kepada setiap peserta yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menghadiri acara conference tersebut.

Dimana untuk perwujudan barang guna keperluan bingkisan acara conference pun bisa beragam bentuknya. Namun agaknya jenis barang seperti tas bisa dijadikan sebagai pilihan paling tepat untuk saat ini, mengingat tas sendiri merupakan salah satu jenis barang fungsional dengan model dan desain beragam yang penggunaannya sudah sangat umum dijumpai. Tetapi agar tas guna keperluan tersebut tidak tampak monoton, tentu akan lebih baik bukan bila tas tersebut dibuat secara custom saja di Karya Bintang Abadi selaku pabrik tas custom terbaik dan terpercaya.

Sudah malang melintang dalam bidang pembuatan tas custom selama lebih dari 10 tahun, agaknya tidak mengherankan bukan bila Karya Bintang Abadi selalu memiliki model serta desain tas kekinian yang di buat menggunakan bahan berkualitas juga dikerjakan secara langsung oleh SDM berkompeten. Sehingga seluruh produk pesanan tas dijamin memiliki detail tampilan terbaik, kekuatan serta keawetan terjamin, cepatnya waktu pengerjaan, hingga harga affordable yang sesuai dengan ekspetasi customer akan tas customnya.

Bukan hanya itu saja, karena Karya Bintang Abadi pun juga tidak pernah lupa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada customer maupun calon customer dengan menjamin kenyamanan dan keamanan proses pemesanan tas custom customer yang akan didampingi oleh para customer service ramah juga sigap baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil terbaik dan paling memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

model tas bulan Maret
Informasi

10 Model Tas Trendy di Bulan Maret 2024

Sejak dahulu, bisa dibilang jika perkembangan yang terjadi dalam dunia mode memang lah sangat pesat. Dimana, diantara banyaknya jenis barang fashion yang diketahui selalu mengalami

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp