Diantara banyaknya tahapan atau proses dalam pengadaan suatu event, agaknya pencarian sponsorship menjadi salah satu tugas dengan tantangan terbesar untuk dilakukan. Dimana sponsor sendiri sebetulnya memang bisa dikatakan sebagai satu diantara banyaknya hal terpenting dalam menunjang keberlangsungan sebuah event agar dapat berjalan lancar dan sukses. Yang mana dalam proses pencariannya tentu pihak bersangkutan diharuskan untuk cermat dan bekerja keras karena cara mendapatkan sponsor untuk event terbilang cukup sulit dilakukan.
Namun sebelum mencari tau tentang bagaimana cara mendapatkan sponsor untuk event dengan mudah, tentu ada baiknya bagi kita untuk sama sama mengetahui lebih dulu terkait apa itu yang dimaksud dengan sponsor beserta dengan jenis jenisnya. Dimana hal ini tentu perlu diketahui terlebih dahulu agar nantinya proses pencarian sponsor untuk gelaran suatu event dapat berjalan dengan lancar dan lebih maksimal.
Secara singkat, sponsor sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah bentuk dukungan dari suatu perusahaan yang diberikan kepada seseorang atau bahkan organisasi terutama bagi mereka yang sedang mengadakan suatu gelaran acara atau event. Dimana dukungan tersebut dapat berupa barang, jasa atau uang, dan berbasis kesepakatan. Yang mana nantinya dari dukungan yang diberikan oleh pihak sponsor tersebut dapat diganti dengan publisitas atau promosi dari pihak penyelenggara atau penerima sponsor sehingga keduanya sama sama mendapatkan keuntungan.
Dan perlu kita ketahui bersama, bila untuk jenis sponsor sendiri umumnya dibedakan menjadi beberapa jenis yang diantaranya adalah sebagai berikut:
- Sponsor utama: Adalah sponsor yang memberikan dukungan paling besar dengan lebih dari 50% anggaran event. Dimana umumnya feedback yang akan diperoleh oleh pihak sponsor adalah berupa penempatan logo, penyebutan nama, serta promosi secara langsung, dsb.
- Sponsor umum: Mengambil porsi dukungan cukup besar dalam suatu perhelatan event dengan besar pas atau kurang dari 50 % anggaran.
- Sponsor resmi: Bila pada jenis sponsor sebelumnya memberikan dukungan dalam bentuk uang tunai, maka lain halnya dengan jenis kali ini yang umumnya justru memberikan dukungan dalam bentuk produk sesuai dengan usahanya. Misalnya dukungan dalam hal pemberian hadiah, giveaway, ataupun merchandise.
- Sponsor teknis: Seperti namanya, untuk sponsor kali ini umumnya akan memberikan dukungan berupa pengadaan bantuan dalam bentuk layanan serta kelancaran dari berlangsungnya acara dari segi teknis.
- Sponsor partisipasi: Biasanya untuk jenis sponsor ini bisa dikatakan lebih fleksibel, karena dapat memberikan dukungan dalam bentuk uang, barang atau jasa, namun umumnya hanya dalam jumlah kecil atau sekitar 10 % saja.
Nah, itu dia beberapa jenis sponsor yang setidaknya perlu atau bahkan harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan proses pencarian sponsor dengan menerapkan cara mendapatkan sponsor untuk event berikut ini:
Daftar Isi
Toggle10+ Cara Mendapatkan Sponsor Untuk Event Paling Mudah
Merupakan bentuk dukungan dari suatu pihak kepada sebuah perhelatan acara, tentu secara tidak langsung memang membuat tugas mencari sponsor menjadi tugas besar dengan tanggung jawab berat pula. Namun meskipun begitu tentu bukan berarti bila tugas pencarian sponsor untuk event ini tidak dapat dilakukan dengan mudah. Karena nyatanya kesulitan tersebut dapat teratasi secara baik dengan cara menyimak sedikit ulasan terkait cara mendapatkan sponsor untuk event paling mudah berikut ini:
1. Indentifikasi calon sponsor dan Cari yang memiliki target audiens sama
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebagai cara mendapatkan sponsor untuk event adalah dengan melakukan identifikasi terlebih dahulu terkait kesamaan target audiens milik sponsor tersebut dengan pengunjung event yang akan diadakan. Hal ini dikarenakan umumnya para sponsorship tentu akan jauh lebih tertarik dan mudah diajak bekerja sama atau berkolaborasi dengan jenis event yang pada dasarnya memang memiliki kesamaan audiens dengan miliknya. Yang mana hal tersebut akan membuat mereka mendapatkan eksposur juga brand awareness lebih tinggi.
2. Sesuaikan sponsor dengan konsep event
Selain mencari sponsor yang memiliki kesamaan target audines dengan gelaran event, cara mendapatkan sponsor untuk event secara mudah selanjutnya juga dapat dilakukan menggunakan cara menyesuaikan konsep acara dengan sponsor. Dimana pencarian sponsor yang relevan dengan konsep event dimaksudkan untuk membantu memudahkan anda dalam hal penawaran kerja sama nanti. Yang mana adanya relevansi tersebut secara tidak langsung dapat memberikan value proposition lebih menarik bagi sponsor, sehingga nantinya mau berkolaborasi dengan baik.
3. Tentukan jenis sponsor sesuai kebutuhan
Seperti sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya, dimana untuk sponsor sendiri umumnya terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya seperti sponsor utama, umum, resmi, teknis, hingga sponsor partisipasi yang biasanya dibedakan berdasarkan bentuk serta jumlah dukungannya. Yang mana dalam hal cara mendapatkan sponsor event ini anda diharuskan untuk dapat menentukan secara cermat terkait jenis sponsor dengan kebutuhan agar nantinya seluruh kesepakatan dan rangkaian acara dapat berjalan dengan baik juga lancar.
4. Buat daftar calon sponsor yang potensial
Cara mendapatkan sponsor event selanjutnya yang perlu dilakukan setelah melakukan identifikasi terkait target audiens, konsep event dan jenis kebutuhannya adalah membuat daftar sponsor yang dirasa potensial untuk diajak berkolaborasi. Dimana dalam penyusunan daftar ini sponsorship ini, tidak ada salahnya bagi anda untuk memasukkan daftar perusahaan lama yang mungkin sebelumnya sudah pernah bekerja sama dan ingin diajak kembali.
Namun yang perlu diingat, saat membuat daftar sponsor potensial ini jangan lupa untuk membuat banyak daftar sekaligus dan cantumkan data data penting juga rinci, yang diantaranya seperti nama perusahaan, nomor telepon, alamat, email, website serta produk atau jasa yang dimiliki juga target audiensnya agar memudahkan proses pengajuan proposal, dsb.
5. Buat proposal penawaran yang tampak menarik dan profesional
Secara garis besar proposal dapat diartikan sebagai sebuah dokumen yang berisikan penawaran untuk bekerja sama. Yang mana dalam pembuatan proposal penawaran ini anda diharuskan untuk dapat menyusunnya sebaik mungkin dengan tampilan menarik juga isi yang profesional sebagai cara mendapatkan sponsor untuk event selanjutnya. Karena dengan tampilan proposal yang layak, tentu akan membuat pihak calon sponsor berpikiran bila event yang akan diadakan tersebut memang memiliki value tinggi dan pantas disponsori.
Oleh sebab itu, saat membuat proposal guna penawaran kerja sama dengan sponsorship tersebut ada baiknya bagi anda untuk selalu mencantumkan secara jelas juga rinci terkait segala hal tentang latar belakang juga tujuan pengadaan event, rencana pelaksanaan event, feedback serta benefit yang akan didapatkan, budget plan, dsb. Yang keseluruhannya harus disusun secara rapi, menarik dan mudah dipahami.
6. Buat badan email yang menarik dan kirim proposal ke calon sponsor
Setelah penyusunan proposal selesai dilakukan dan dipastikan memiliki isi juga tampilan menarik serta profesional, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menentukan akan mengirim proposal tersebut melalui media apa yang sekiranya paling memungkinkan untuk cepat dibaca oleh calon sponsor. Dan pemilihan media seperti WhatsApp atau email agaknya merupakan yang paling tepat untuk saat ini.
Namun sebelum mulai mengirim proposal penawaran kerja sama tersebut, pastikan lebih dulu bila anda sudah membuat template berupa subjek, judul, serta salam pembuka, perkenalan, dan penutup yang baik juga terkesan ramah. Dimana hal ini dimaksudkan untuk menunjukan keseriusan dan ketertarikan anda dalam menggaet calon sponsor tersebut dalam gelaran event.
7. Tindak lanjuti proposal yang telah dikirim
Jika langkah pengiriman proposal pada pihak calon sponsor sudah dilakukan, step selanjutnya yang perlu dilakukan sebagai cara mendapatkan sponsor untuk event dengan mudah adalah senantiasi melakukan follow up pada pihak bersangkutan untuk memastikan kembali bila proposal yang dikirim betul sudah diterima dan dibaca.
Selain itu tindak lanjut terkait proposal ini pun juga perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti bila calon sponsor tersebut tertarik dengan penawaran kerja sama yang diberikan atau tidak. Namun saat melakukan tindak lanjut atau follow up ini, pastikan bila anda juga selalu memberikan jeda dengan tidak menghubunginya terlalu sering tetapi tetap intens.
8. Lakukan pendekatan secara persuasif
Selain dengan melakukan tidak lanjut atau follow up secara berjangka, upaya lainnya yang dapat dilakukan agar proposal kerja sama dapat di acc adalah dengan melakukan pendekatan secara persuasif. Secara garis besar pendekatan persuasif sendiri dapat diartikan sebagai komunikasi khusus yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat, atau perilaku seseorang baik secara verbal dan non verbal.
Oleh sebab itu tindakan ini agaknya cukup penting untuk dilakukan pula secara berkala, baik dengan cara menghubungi via telepon, WhatsApp, email, atau bahkan bertemu secara langsung untuk meyakinkan juga membuktikan keantusiasan anda mengajak pihak calon sponsor bekerja sama atau berkolaborasi.
9. Lakukan negosiasi dengan sponsor
Bukan hanya dengan mendekatkan diri secara persuasif saja sebagai cara mendapatkan sponsor untuk event dengan mudah, karena selain hal tersebut anda pun juga dapat menggunakan cara bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan terbaik. Dimana untuk melakukan hal ini, anda harus memikirkan jalan juga kesepakatan yang sekiranya menarik dan dapat menguntungkan kedua belah pihak secara adil.
10. Presentasikan proposal dengan baik dan percaya diri
Dan bila sekiranya calon sponsor sudah memiliki ketertarikan lebih dengan penawaran yang anda berikan sebelumnya, maka usahakan untuk segera membuat janji temu agar anda dapat secepatnya mempresentasikan proposal tersebut secara langsung. Dimana umumnya dengan cara ini, para calon sponsor akan memiliki tingkat ketertarikan semakin tinggi dan pada akhirnya bersedia untuk memberikan dukungan pada event anda.
Tetapi jangan lupa, saat melakukan presentasi tersebut pastikan bila materi yang akan disampaikan sudah tersusun sebaik mungkin, sehingga berisikan hal hal yang menarik minat juga mudah dipahami. Selain itu pastikan juga bila ada melakukan presentasi dengan baik dan percaya diri untuk semakin meyakinkan calon sponsor akan keputusannya.
11. Selalu jalin hubungan baik dengan pihak sponsor
Cara mendapatkan sponsor untuk event yang terakhir adalah dengan cara selalu menjaga jalinan komunikasi sebaik mungkin dengan pihak calon sponsor maupun sponsor yang sudah pernah bekerja sama. Hal ini dimaksudkan agar nantinya di waktu mendatang saat akan mengadakan sebuah event lagi, anda dapat memanfaatkan adanya hubungan baik tersebut untuk membuat sebuah kolaborasi kembali dengan cara yang lebih mudah juga singkat tentunya.
Dan itulah dia cara mendapatkan sponsor untuk event dengan mudah yang bisa disimak lalu diterapkan sebagai usaha untuk membantu keberlangsungan event yang akan anda adakan agar dapat berjalan lancar dan semestinya. Jadi meskipun tergolong sebagai tugas yang cukup berat untuk dilakukan, namun berbekal cara di atas, diharapkan anda dapat merasa lebih dimudahkan dalam prosesnya.
Untuk mendukung sebuah gelaran acara atau event dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebetulnya bukan hanya dapat ditunjang oleh adanya banyak sponsor saja, melainkan juga dapat didukung oleh adanya bingkisan menarik juga fungsional untuk dibagikan kepada para pengunjung. Dimana dalam hal ini adanya bingkisan tersebut bukan hanya dimaksudkan sebagai barang kenang kenangan atau ucapan terimakasih saja melainkan juga dapat sekaligus dijadikan sebagai salah satu media promosi jangka panjang.
Oleh sebab itu, dalam pemilihan jenis barang guna keperluan komersil tersebut ada baiknya bagi pihak penyelenggara untuk dapat memperhatikannya secara seksama, yaitu dengan cara memilih jenis barang yang tepat, baik dari segi tampilannya yang tampak menarik, hingga nilai fungsionalitas tinggi dan juga kualitas terbaik, misalnya seperti tas custom buatan pabrik tas custom berpengalaman, terpercaya dan andalan bernama Karya Bintang Abadi.
Karya Bintang Abadi sendiri sebetulnya adalah sebuah pabrik tas yang memiliki banyak pilihan model serta desain tas kekinian. Dimana dalam setiap proses produksinya selalu di buat menggunakan bahan berkualitas oleh SDM berkompeten. Sehingga baik dari detail tampilan, kekuatan, kerapihan, keawetan, lama waktu pengerjaan, hingga harga tidak perlu lagi diragukan lagi, karena Karya Bintang Abadi memastikan bila seluruh tas pesanan yang dibuat akan memiliki spesifikasi terbaik juga sesuai dengan ekspetasi anda.
Selain itu pabrik tas ini juga tidak pernah lupa untuk memastikan para customernya mendapatkan pelayanan terbaik dengan cara pemesanan aman, cepat dan mudah, baik secara online maupun offline melalui dampingan customer service ramah dan sigap. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil terbaik dan paling memuaskan.
Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi terkini juga menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!