fbpx

Pengertian Makalah, Tujuan, dan Manfaatnya Untuk Seminar

karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu

bagikan artikel ini kepada teman

Seminar yang dapat diartikan sebagai sebuah acara pertemuan yang memiliki suatu pembahasan dengan dipimpin atau berada dibawah seorang yang ahli dalam bidangnya tentu memiliki berbagai tujuan dan isi didalamnya. Baik itu berupa beberapa peran dari orang yang terlibat guna mendukung jalannya seminar maupun tema dan karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu dalam hal ini disebut dengan nama makalah.

karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu

Menjadi suatu jenis acara yang banyak diselenggarakan, seminar sendiri sebetulnya memiliki beberapa jenis yang dapat dikategorikan berdasarkan tujuan diadakannya baik itu dalam dunia pendidikan maupun profesional seperti beberapa contoh jenis kegiatan seminar berikut ini:

1. Seminar internasional

Seperti namanya, umumnya jenis seminar ini diadakan atau di selenggarakan oleh lembaga bersekala internasional. Untuk para pesertanyanya sendiri juga dapat berasal dari berbagai negara yang terpilih dan memiliki kepentingan sesuai dengan tema seminar. Cakupan dari jenis seminar ini pun tentu lebih luas karena dapat melibatkan beberapa negara dalam penyelenggaraannya.

2. Seminar nasional

Bila untuk jenis seminar internasional memiliki cakupan yang lebih luas karena dapat melibatkan berbagai negara. Namun lain halnya dengan seminar nasional, yang seperti namanya hanya dapat diadakan oleh lembaga lokal tertentu atau bekerja sama dengan pihak lain dan memiliki peserta yang berasal dari peneliti hingga masyarakat umum saja.

3. Seminar proposal 

Untuk jenis seminar ini umumnya akan diadakan oleh instansi pendidikan dan biasanya di lakukan pada tingkat pendidikan terakhir kuliah semester akhir dengan tujuan untuk menyampaikan rencana penelitian peserta sebagai tugas akhir pada dosen. Seminar proposal ini merupakan salah satu syarat kelulusan dan akan memiliki seminar lanjutan yang dinamakan seminar skripsi.

4. Seminar teknologi 

Memiliki tujuan yang sama dengan namanya, seminar ini memang diadakan untuk memberikan dan berbagi berbagai informasi seputar dunia teknologi guna menambah wawasan serta pengetahuan para pesertanya di bidang tersebut.

5. Seminar budaya 

Sebagai negara yang memiliki banyak keaneka ragaman budaya, maka tidak heran bila di Indonesia sendiri kerap kali diadakan sebuah seminar budaya yang umumnya akan membahas terkait ilmu maupun berbagai aspek penting tentang ilmu budaya dengan tujuan meningkatkan minat masyarakat dalam melestarikan budaya lokal tersebut.

Sebetulnya untuk jenis seminar yang kerap diadakan di Indonesia sendiri masih banyak ragamnya selain dari yang sudah disebutkan, namun beberapa contoh diatas memang yang paling umum dijumpai dan memiliki jumlah peserta banyak. Selain dari tujuan diadakannya, keberhasilan dan kesuksesan sebuah seminar biasanya juga dapat di dasari oleh tema yang digunakan.

Dan dalam hal ini, untuk dapat menyampaikan tema dengan baik bukan hanya diperlukan adanya peran narasumber atau pembicara yang ahli dalam bidangnya saja, melainkan juga harus disertai dengan adanya makalah atau karya tulis ilmiah yang baik dan akurat untuk dijadikan sebagai bahan ajar guna membantu mempermudah penyajian materi bagi pembicara maupun kemudahan peserta dalam menangkap ilmu yang dibagikan.

Lalu sebetulnya apa itu yang dimaksud dengan makalah, serta apa tujuan dan manfaatnya hingga memiliki peran penting dalam sebuah seminar? Simak penjelasan singkat berikut ini:

Pengertian Makalah, Tujuan, dan Manfaatnya Untuk Seminar

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bila karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu dalam hal ini disebut sebagai makalah merupakan salah satu hal krusial yang wajib ada dan harus diperhatikan sebaik mungkin penyusunannya, mengingat seberapa pentingnya peran makalah dalam menentukan keberhasilan sebuah acara seminar selain dari unsur pendukung lainnya.

Namun sebetulnya sudahkah anda memahami secara jelas apa itu yang dimaksud dengan makalah beserta dengan tujuan serta manfaat dibuatnya untuk sebuah seminar? Bila belum, maka menyimak beberapa penjelasan singkat berikut ini terkait hal hal tersebut rasanya perlu untuk di lakukan, agar dapat lebih memahami peran penting dari sebuah karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu, seperti berikut ini:

Apa yang dimaksud dengan makalah?

Supaya dapat lebih mudah di pahami, maka pembahasan pertama terkait karya ilmiah untuk seminar atau dalam hal ini disebut sebagai makalah akan di mulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Jadi makalah sendiri secara garis besar dapat di artikan sebagai salah satu jenis karya tulis yang sifatnya ilmiah dan dibuat untuk suatu tujuan, oleh sebab itu banyak orang menggambarkan atau menyebutkan makalah dengan nama lain karya ilmiah.

Makalah sendiri umumnya memiliki beberapa jenis isi atau tema yang dapat disesuaikan dengan peruntukannya. Dan guna peruntukkan dalam sebuah seminar, biasanya makalah akan diisi oleh serangkaian topik atau pembahasan yang sesuai dengan tema seminar dan digunakan sebagai bahan ajar guna membagi atau menambah pengetahuan kepada seluruh pesertanya.

Biasanya karya ilmiah akan dibuat dengan empat bagian yang terdiri dari pendahuluan, tinjauan, diskusi dan kesimpulan, oleh karena itu biasanya pada sebuah seminar setelah tahap penjelasan yang dilakukan oleh narasumber atau pembicara selesai, akan di lanjutkan dengan adanya sesi tanya jawab antara narasumber dengan para peserta seminar sebagai bentuk pematangan pemahaman dan sharing.

Karya ilmiah yang digunakan dalam seminar juga akan di buat sendiri oleh pembicara selaku orang yang bertugas mengisi dan memberikan pengajaran dalam seminar, dan umumnya isi dari karya tulis tersebut berasal dari pengalaman pribadi, hasil penelitian dan juga berbagai sumber akurat lain yang digabungkan menjadi satu agar menjadi satu kesatuan informasi utuh yang lebih mudah untuk di sampaikan dan di pahami.

Untuk jenisnya sendiri, makalah juga dibagi menjadi 3 bagian yang umum di sebut dengan makalah deduktif atau makalah yang berisikan suatu kajian teori sesuai dengan tema seminar, lalu ada makalah induktif atau makalah yang di buat berdasarkan pada data lapangan atau hasil penelitian dengan isu seusai tema seminar dan yang terakhir adalah makalah campuran atau makalah yang memiliki isi gabungan dari kedua jenis makalah sebelumnya, dan umumnya jenis campuran ini yang paling banyak di gunakan oleh para pembicara dalam sebuah seminar.

Lalu apa tujuan dari dibuatnya makalah dalam sebuah seminar?

Jika dilihat dari pengertiannya tentu sudah terlihat cukup jelas tujuan dari adanya sebuah makalah yang memang merupakan salah satu komponen penting dalam seminar, tetapi sebetulnya tujuan dari di buatnya makalah tersebut tentu bukan hanya berhenti disitu saja, karena nyatanya masih ada tujuan lain dari buatnya suatu karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu diantaranya:

1. Memperluas wawasan dari penulis dan peserta seminar 

Tujuan dari adanya sebuah makalah dalam suatu seminar sebetulnya memang untuk memperluas dan menambah pengetahuan, tetapi bukan hanya di tujukan bagi para peserta selaku penerima materi saja, namun secara tidak langsung juga turut berlaku bagi narasumber atau pembicara selaku penulis dan penyaji makalah itu sendiri.

Hal ini bisa saja terjadi mengingat dalam proses pembuatan makalah yang bukan hanya dibuat dari pengalaman pribadi saja melainkan juga dari hasil penelitian dan berbagai sumber akurat lain yang digabungkan menjadi satu mengharuskan penulis untuk melakukan riset dan membaca banyak jurnal dengan tujuan mematangkan materi agar mudah untuk dipahami peserta yang secara tidak langsung membuat wawasan penulis juga semakin luas.

2. Semakin meningkatkan kemampuan penulisan dan penyampaian penulis makalah 

Tujuan dari adanya makalah pun bukan hanya dari penambahan wawasan saja, melainkan juga dapat melatih dan meningkatkan kemampuan penulisan makalah bagi penulisnya yang dalam hal ini merupakan tugas dari seorang pembicara atau penyaji materi seminar.

Umumnya para pembicara akan selalu berusaha membuat karya tulis ilmiah yang baik agar mudah untuk di sajikan dan di pahami oleh para peserta seminar, oleh karena itu semakin tingginya jam terbang dan semakin seringnya intensitas dalam menulis sebuah makalah tentu akan membuat penulis menjadi terbiasa dan memiliki hasil karya tulis yang baik dan mudah untuk dipahami untuk dipelajari baik ketika di sampaikan secara langsung maupun di baca.

3. Memancing para peserta untuk lebih kritis dan teoritis 

Seperti sudah disinggung beberapa kali, bila dalam sebuah makalah biasanya akan berisikan berbagai penjelasan, pembahasan, rumusan masalah, kesimpulan, dsb dari sebuah topik yang sesuai dengan tema seminar untuk di sampaikan pada peserta yang hadir, dan dengan adanya makalah tersebut tentu akan memancing dan membuat para peserta menanggapi lebih kritis serta teoritis perkara yang di sampaikan oleh pembicara untuk di pikirkan kembali atau bahkan mulai untuk di eksekusi dan menghasilkan sebuah kemajuan.

Oleh karena itu umumnya dalam sebuah karya tulis ilmiah guna kepentingan seminar akan di tulis dengan bahasa yang lebih ringan sehingga dapat menjelaskan, memaparkan atau mendiskripsikan suatu topik lebih jelas dan rinci namun tetap mudah untuk di pahami dan diterima dengan baik oleh peserta.

Dan apa saja manfaat adanya makalah bagi sebuah seminar?

Setelah mengetahui pengertian serta tujuan dari makalah bagi sebuah seminar, rasanya akan kurang afdol bila tidak mengetahui juga manfaat dari adanya makalah dalam sebuah seminar seperti berikut ini:

1. Menambah pengetahuan dan wawasan

Seperti kita ketahui bila salah satu tujuan diadakannya suatu seminar adalah untuk membagikan berbagai pengetahuan dan informasi baru bagi para pesertanya yang dibantu oleh adanya peran sebuah karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu makalah dan berisikan berbagai informasi serta pembahasan terkait tema seminar itu sendiri yang disampaikan secara baik dan jelas oleh pembicara.

Dan adanya hal tersebut tentu membuat para peserta menjadi lebih mudah untuk memahami pembahasan dari topik utama tersebut dan berpengaruh pada penambahan pengetahuan serta wawasan yang bermanfaat dan dapat mulai di terapkan.

2. Memancing munculnya ide baru

Selain menambah pengetahuan atau wawasan, adanya makalah juga akan memberikan manfaat lain, karena makalah yang dibuat dengan berisikan berbagai macam penjelasan dan pembahasan terkait topik tertentu untuk disampaikan pada para peserta dan umumnya akan di lengkapi juga dengan sesi tanya jawab secara tidak langsung akan membuat para peserta yang menerima materi akan menjadi lebih aktif dalam berpikir sehingga memungkinkan untuk memancing ide ide baru yang bisa coba di lakukan dan menjadi suatu kemajuan.

3. Memudahkan penyampaian materi seminar

Manfaat adanya makalah juga sebetulnya bukan hanya dapat dirasakan oleh para pesertanya saja, melainkan juga bagi pembicara selaku penyaji materi. Karena dengan adanya makalah yang sudah di susun sedemikian rupa sebelumnya akan membuat pembicara menjadi merasa lebih mudah saat menyampaikan materi. Pembahasan yang dibawakan pun juga akan tersampaikan dengan lebih tersturktur, runtut, rinci dan mudah untuk dipahami oleh para peserta, sehingga tujuan dari diadakannya seminar benar benar dapat terwujud dengan baik.

Dan itu dia sedikit pembahasan terkait pengertian, tujuan dan manfaat dari karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar. Meskipun terlihat sebagai bagian sederhana, namun tidak dapat dipungkiri bila makalah merupakan hal penting dan merupakan penunjang keberhasilan diselenggarakannya sebuah seminar. Terlebih penyusunan makalah sendiri yang tidak dapat disebut mudah, karena membutuhkan orang ahli dalam bidangnya dan menggabungkan berbagai informasi dari banyak sumber untuk menjadi sebuah makalah yang baik.

 

Keberhasilan sebuah seminar dalam memikat para peserta sebetulnya bukan hanya berasa dari tema dan penyampaian materi yang di gunakan saja, melainkan bisa juga diusahakan dengan adanya barang untuk dijadikan sebagai bingkisan atau seminar kit yang ditujukan bagi para peserta yang menghadiri seminar tersebut guna memacu semangat, menarik perhatian, sekaligus kenang kenangan.

Dan salah satu barang yang dapat dijadikan sebagai pilihan tepat guna keperluan bingkisan seminar tersebut adalah tas. Merupakan barang dengan fungsionalitas tinggi tentu menjadikan barang ini begitu dinantikan oleh para peserta seminar. Selain itu model dari tas juga ada beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Namun untuk menjadikan tas sebagai sebuah bingkisan seminar tentu di perlukan adanya tas dengan spesifikasi terbaik agar dapat memberikan kesan yang baik pula bagi penerimanya, tetapi tetap dengan harga yang affordable. Dan tentu dengan mempercayakan kebutuhan tas custom seminar tersebut pada Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan tas dengan spesifikasi tersebut adalah keputusan tepat.

Dengan mempercayakan kebutuhan tas tersebut pada Karya Bintang Abadi, anda sebagai pihak penyelenggara dijamin akan merasa lebih di mudahkan dengan hasil produk tas memuaskan. Bukan hanya memuaskan dari segi harga yang terjangkau saja, melainkan juga dari tampilan serta kualitas dari produk tas itu sendiri.

Hal ini dikarenakan Karya Bintang Abadi selalu memastikan bila tas akan dibuat menggunakan material pembuatan berkualitas dan dikerjakan secara langsung oleh tenaga ahli dengan menetapkan standarisasi dan quality control pada setiap proses produksi sehingga menghasilkan produk tas dengan kualifikasi dan spesifikasi terjamin.

Bukan itu saja, karena pabrik tas custom yang sudah berdiri sejak tahun 2007 ini juga selalu memperhatikan dan memberikan pelayanan terbaik bagi para customer maupun calon customer dengan cara pemesanan mudah dan cepat yang didampingi oleh customer service ramah untuk membantu segala kebutuhan pemesanan secara online dan offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas seminar dengan hasil memuaskan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik dan up to date seputar tas lainnya. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp