fbpx

5 Perbedaan Workshop dan Seminar Yang Belum Kamu Ketahui!

perbedaan workshop dan seminar

bagikan artikel ini kepada teman

Baik workshop maupun seminar agaknya menjadi dua agenda kegiatan yang cukup sering di selenggarakan juga di ikuti oleh masyarakat luas guna memperoleh berbagai hal positif dan benefit. Tetapi taukah anda bila kedua kegiatan atau acara tersebut sebetulnya cukup berbeda? Namun sebelum membahas terkait perbedaan workshop dan seminar itu sendiri, tentu tidak ada salahnya bila kita menyimak terlebih dahulu apa saja manfaat dari dua jenis kegiatan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Manfaat yang akan didapat dari mengikuti workshop dan seminar 

Seperti kita ketahui bila dalam kegiatan workshop maupun seminar umumnya akan dilengkapi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang asik sehingga sangat menarik untuk di ikuti dan tentunya akan mendatangkan berbagai manfaat positif diantaranya seperti:

1. Menambah wawasan dan skill 

Jadi manfaat pertama yang akan didapatkan dari mengikuti workshop dan seminar yang pertama adalah bertambahnya wawasan serta skill yang dimiliki oleh peserta. Dengan mengikuti dua kegiatan tersebut tentu anda akan mendapatkan pengetahuan lebih terkait topik yang ingin di pelajari sekaligus sebagai tempat untuk mengasah skill sehingga akan memberikan dampak yang baik pada pengembangan diri.

2. Dapat bertemu dengan pakar yang ahli

Kedua kegiatan tersebut biasanya akan di hadiri dan diisi oleh pemateri yang memang memiliki keahlian pada bidang sesuai topik pembahasan, oleh karena itu dengan mengikuti workshop dan seminar tersebut anda memiliki kesempatan untuk belajar langsung dari pakarnya. Bahkan selain bisa mendengarkan pemaparan atau penjelasan dari ahlinya secara langsung, anda juga bisa melakukan sesi tanya jawab yang membuat proses belajar menjadi lebih mudah dan detail.

3. Ajang untuk mendapatkan relasi baru 

Manfaat dari mengikuti workshop atau seminar juga bukan hanya akan berimbas pada penambahan pengetahuan, wawasan atau sikll saja, melainkan juga pada pengingkatan relasi atau networking yang secara tidak langsung juga dapat terjalin dengan baik. Mengingat dalam kegiatan tersebut tentu akan di hadiri oleh beragam orang dengan ketertarikan topik yang sama sehingga selain mendengar ilmu dari pembicara, anda dan peserta lain juga dapat saling berbagai pendapat, ilmu atau pengalaman masing masing sehingga dapat menjalin relasi dengan baik.

Itu dia 3 manfaat utama saat mengikuti workshop maupun seminar yang sangat bermanfaat bagi pengembangan diri, namun meskipun memiliki manfaat atau benefit yang serupa, tetap saja seperti sudah disebutkan sebelumnya bila baik workshop maupun seminar sendiri dibedakan oleh beberapa hal, yang diantaranya seperti berikut ini:

5 Perbedaan Workshop dan Seminar Yang Belum Kamu Ketahui!

Sekilas keduanya memang tampak sama dan menyebabkan banyak orang menjadi salah kaprah, namun faktanya baik workshop maupun seminar sendiri ternyata memiliki beberapa perbedaan yang cukup kontras bila diperhatikan secara seksama, seperti perbedaan workshop dan seminar yang sudah di rangkum berikut ini:

1. Kegiatan yang dilakukan oleh peserta

Perbedaan workshop dan seminar yang pertama dan bisa cukup mudah untuk dikenali terdapat pada jenis kegiatan yang dilakukan oleh para peserta selama mengikuti acara tersebut. Pada umumnya pada sebuah workshop para peserta akan dituntut untuk lebih aktif, dikarenakan didalam rangkaian kegiatan sebuah workshop para peserta biasanya bukan hanya akan mendapatkan teori saja, melainkan juga diharuskan untuk praktik sehingga dapat memahami dengan betul dan detail terkait hal yang sedang dipelajari tersebut.

Sedangkan lain halnya dan akan nampak berbeda bila acara tersebut berupa seminar, yang dimana para pesertanya juga di harapkan bisa aktif melainkan dalam perwujudan lain. Karena umumnya pada sebuah seminar peserta akan lebih di fokuskan untuk menjadi pendengar dan memahami materi yang disampaikan oleh pembicara secara seksama dan dapat memberikan feedback sebagai respon terhadap materi yang disampaikan pada saat adanya sesi tanya jawab saja.

Dari perbedaan pertama ini tentu dapat disimpulkan bila diantara workshop maupun seminar tentu memiliki nilai lebihnya masing masing yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan serta jenis materi atau hal yang mau dipelajari. Karena tentu perbedaan rangkaian kegiatan yang dimiliki keduanya akan memberikan hasil pemahaman yang berbeda pula.

2. Tujuan diadakannya

Selain dari jenis kegiatan yang berbeda, tujuan dari diadakannya dua acara tersebut juga bisa dibilang berbeda pula dan menjadi perbedaan workshop dan seminar selanjutnya yang bisa disimak. Adanya perbedaan rangkaian kegiatan seperti disebutkan pada poin sebelumnya tentu dipengaruhi secara kuat oleh tujuan diadakannya acara tersebut.

Karena umumnya sebuah workshop akan di buat dengan tujuan untuk mendorong para pesertanya dapat menemukan solusi dari suatu topik atau pembahasan yang diangkat sebagai tema dengan berbagai metode pembelajaran, salah satunya dengan mempraktikannya secara langsung. Dan dengan adanya hal tersebut tentu membuat peserta dapat mengetahui cara mengerjakan secara langsung topik atau hal yang sedang dipelajari tersebut.

Sedangkan pada seminar, umumnya akan dibuat dengan tujuan sebagai sarana belajar, membagi ilmu pengetahuan, saling bertukar pengalaman juga ilmu, tempat untuk melakukan pembahasan dalam rangka mengidentifikasi masalah sekaligus pemecahan masalahnya yang disampaikan secara lisan serta didampingi oleh orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Oleh sebab itu seminar memiliki rangkaian kegiatan yang lebih singkat dan sederhana tanpa adanya sebuah praktik secara langsung melainkan cenderung hanya menggunakan simulasi sebagai contoh.

3. Durasi

Dikarenakan memiliki perbedaan dalam segi tujuan diadakan serta jenis rangkaian kegiatan yang dimiliki, tentu menjadikan kedua acara itu memiliki durasi waktu yang berbeda pula. Dan tentu saja diantara workshop maupun seminar, durasi waktu yang paling lama dipegang oleh workshop yang dalam prosesnya memakai beragam cara atau metode.

Karena umumnya di sertai dengan kegiatan praktik juga, menjadikan workshop memiliki durasi lebih panjang yaitu berkisar antara 5 sampai 9 jam perhari dan biasanya workshop sendiri juga bukan hanya di lakukan dalam 1 hari atau 1 kali pertemuan saja, melainkan bisa saja hingga 2 sampai 3 kali pertemuan, tergantung dari topik yang di angkat sebagai tema workshop. Semakin rumit atau complex tema maka akan memakan waktu lebih lama pula.

Namun lain halnya dengan seminar yang biasanya justru memiliki waktu lebih singkat. Umumnya sebuah seminar akan diadakan dalam satu hari dan kebanyakan hanya dilakukan dalam 1 kali pertemuan saja dengan durasi waktu 2 hingga 4 jam perhari saja. Hal ini dikarenakan dalam sebuah seminar hanya difokuskan pada penjelasan atau pemaparan materi yang dilakukan oleh pembicara dan di akhiri dengan sesi tanya jawab sebagai cara untuk berbagai ilmu dan mengecek tingkat pemahaman peserta.

4. Jenis peserta

Untuk perbedaan workshop dan seminar selanjutnya datang dari jenis peserta yang mengikuti kedua acara tersebut, meskipun sama sama kerap kali dijadikan sebagai ajang untuk belajar, namun nyatanya kedua jenis peserta dari kedua acara tersebut umumnya berasal dari kalangan peserta yang berbeda.

Pada umumnya para peserta yang memilih mengikuti workshop ketimbang seminar adalah kategori orang yang sudah cukup menguasai topik yang dibawakan atau memang ingin memperdalam pengetahuan serta kemampuan terkait topik tersebut. Dan karena hal tersebut pula lah sebuah workshop memiliki sesi praktik juga beberapa kali pertemuan dalam durasi waktu lebih lama.

Sedangkan untuk para peserta seminar umumnya dihadiri oleh orang awan yang mulai tertarik untuk mengenal topik terkait dan berniat untuk mempelajarinya. Namun meskipun begitu, ada beberapa kategori seminar yang juga di khususkan untuk orang orang ahli sebagai usaha untuk mencari solusi dari suatu masalah yang dijadikan topik dalam pembahasan tersebut.

5. Jumlah biaya yang dibutuhkan

Bila dilihat dari beberapa poin pembeda sebelumnya, maka tidaklah heran bila kedua acara tersebut memiliki perbedaan dalam hal jumlah biaya juga. Mengingat workshop yang memiliki sesi praktik tentu memerlukan berbagai perlengkapan, alat, dan bahan yang di gunakan selama kegiatan belum lagi ditambah dengan kebutuhan pendukung lain seperti konsumsi maupun bingkisan, sehingga membutuhkan biaya lebih banyak.

Dan lain halnya dengan seminar yang umumnya memiliki biaya lebih sedikit dikarenakan tidak menyertakan praktik dalam rangkaian kegiatan sehingga budget dapat di alokasikan guna keperluan lainnya seperti konsumsi, bingkisan, maupun sewa tempat bila dibutuhkan.

Dengan beberapa hal yang sudah di sebutkan di atas tentu menjadikan workshop maupun seminar menjadi cukup jelas terlihat perbedaannya, baik dalam hal jenis kegiatan, durasi waktu hingga biaya yang dibutuhkan. Selain itu perbedaan kuota untuk peserta keduanya juga cukup memiliki perbedaan karena umumnya workshop akan memiliki jumlah peserta yang lebih dibatasi dan dibagi menjadi beberapa sesi agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. Sedangkan seminar biasanya memiliki jumlah kuota peserta lebih bebas.

Dan dengan adanya perbedaan tersebut, tentu di harapkan anda menjadi bisa lebih memahami dan mudah untuk menentukan pilihan ingin membuat atau mengikuti acara yang mana, karena sudah pasti bila keduanya akan memberikan hasil yang cukup berbeda pula.

 

Baik workshop maupun seminar sebetulnya sama sama memiliki peran penting dalam usaha pengembangan diri dan asik untuk di ikuti, terlebih bila pihak penyelenggara dengan sengaja menyediakan bingkisan atau souvenir sebagai bentuk kenang kenangan bagi para pesertanya. Namun baik sebagai pihak penyelenggara maupun peserta tentu menginginkan sebuah barang yang bermanfaat dan memiliki fungsionalitas tinggi untuk di jadikan sebagai bingkisan.

Dan dalam hal ini pemilihan barang seperti tas custom tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih bila anda mempercayakan kebutuhan tas custom guna bingkisan tersebut ke pabrik tas custom terpercaya dan andalan seperti Karya Bintang Abadi. Karena bukan hanya akan mendapatkan tas dengan tampilan serta kualitas yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan saja, melainkan juga harga affordable sesuai dengan budget yang dimiliki.

Pabrik tas custom ini selalu menghadirkan banyak pilihan model serta desain tas yang di kerjakan oleh tenaga ahli di pabrik sendiri dan selalu menetapkan standarisasi pada setiap proses produksi tas pesanan yang masuk guna menjamin kualitas, mutu serta tampilan tas. Dan dengan kelebihannya tersebut, maka tidaklah heran bila banyak customer dari berbagai kalangan seperti perorangan hingga berbagai kelembagaan dan instansi pemerintahan sudah mempercayakan segala jenis kebutuhan tas acaranya pada pabrik tas custom ini selama lebih dari 10 tahun berdiri.

Bukan hanya memanjakan para customernya dengan berbagai keunggulan produknya, melainkan Karya Bintang Abadi juga selalu memastikan bila para customer maupun calon customer mendapatkan pelayanan terbaik dengan cara pemesanan mudah serta cepat, baik secara online maupun offline dengan bantuan customer service yang ramah dan juga sigap dalam menyediakan segala kebutuhan tas custom anda. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan tas custom terbaik.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan dan dapat selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp