fbpx

Pengertian Seminar Kit dan Apa Saja Isi Seminar Kit

seminar kit adalah

bagikan artikel ini kepada teman

Seminar kit memang menjadi salah satu hal yang cukup dinantikan oleh para peserta seminar, selain dari materi serta narasumber yang mengisi acara tersebut. Oleh sebab itu dalam mempersiapkannya, panitia atau pihak penyelenggara di tuntut untuk dapat memikirkan dan menghadirkan barang atau item yang dirasa paling sesuai baik dalam segi tampilan, kualitas, fungsionalitas hingga budgetnya dengan memperhatikan tips pemilihan seminar kit yang baik berikut ini:

1. Pilih item yang sesuai dengan tema 

Tips dalam memilih item guna keperluan seminar kit yang pertama dan harus di perhatikan adalah dengan menyesuaikan jenis item tersebut dengan tema seminar yang diangkat karena nantinya item tersebut tentu akan di buat dengan desain visual sesuai dengan tema kegiatan, dan diharapkan dapat mendukung proses pembahasan serta pembelajaran terkait. Dengan item yang sesuai tema seminar, tentu akan membuat seminar kit juga terasa lebih berkesan dan bermanfaat bagi peserta hingga acara selesai.

2. Perhatikan karakter peserta 

Ketika akan memilih item untuk melengkapi seminar kit, panitia juga di haruskan untuk memperhatikan karakter dari pesertanya. Contohnya bila seminar tersebut memiliki tema dan peserta yang di dominasi oleh para pekerja kantoran maka ada baiknya untuk memberikan seminar kit berupa ATK, flashdisk, powerbank, maupun tas laptop yang bisa dipastikan akan berfungsi untuk kegiatan sehari hari.

Namun bila seminar tersebut akan di hadiri oleh kalangan anak muda baik usia sekolah atau kuliah maka sebaiknya pilih barang yang lebih relate seperti misalnya tote bag, topi, kaos, atau tumbler. Dengan memilih barang sesuai dengan karakter peserta atau audiens tentu membuat seminar kit dapat termanfaatkan lebih maksimal.

3. Sesuaikan dengan durasi waktu 

Dalam hal ini menyesuaikan jenis barang dengan durasi waktu seminar juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang penting. Bila seminar hanya memakan waktu satu hari atau satu kali pertemuan maka isi dari seminar kit dapat di susun lebih sederhana dan tidak membutuhkan terlalu banyak barang. Namun lain halnya bila seminar akan di adakan dalam jangka waktu lama dan memerlukan beberapa kali pertemuan, maka isi dari seminar kit di harapkan dapat lebih lengkap.

4. Sesuaikan dengan anggaran 

Tips terakhir dan paling utama adalah memilih item seminar kit yang sesuai dengan budget atau anggaran yang tersedia untuk menghindari adanya over budget yang justru akan membuat kacau rangkaian acara. Namun pastikan juga bila barang yang dipilih tersebut bukan hanya sesuai dengan budget saja, tetapi juga harus memiliki kualitas serta mutu yang terjamin sehingga dapat memberikan kesan baik bagi penerimanya.

Itu dia beberapa tips memilih isi seminar kit yang perlu untuk diperhatikan agar menghasilkan seminar kit yang baik dan bermanfaat bagi peserta yang menerimanya. Namun setelah membahas terkait tips tersebut, sudahkah anda tau tentang apa itu seminar kit dan apa saja isinya? Bila belum, maka simak penjelasan singkat berikut ini:

Pengertian Seminar Kit dan Apa Saja Isi Seminar Kit

Ketika menyelenggarakan sebuah acara atau seminar tentu terdapat banyak hal untuk diperhatikan dan tidak melulu berkaitan dengan tema atau konten yang akan di angkat maupun narasumber siapa yang akan di tunjuk untuk mengisi acara tersebut, melainkan juga pada semianr kit yang harus di persiapkan semenarik mungkin dengan nilai fungisonalitas tinggi dan dapat di gunakan dalam jangka waktu lama. Karena tidak dapat dipungkiri bila hal tersebut merupakan salah satu yang di nantikan oleh para peserta saat mengikuti sebuah seminar.

Menjadi bagian penting dan begitu di nantikan, namun taukah anda apa yang dimaksud dengan seminar kit itu sendiri dan apa saja isi yang terdapat didalamnya? Bila dirasa belum begitu mengetahui terkait kedua hal tersebut, maka menyimak penjelasan singkat perlu untuk dilakukan guna menambah pengetahuan dan wawasan anda terkait seminar dan segala isinya seperti berikut ini:

Seminar kit adalah?

Agar semakin mudah dalam memahami pembahasan terkait hal seminar kit ini, tentu persoalan pertama yang akan dibahas terlebih dahulu adalah pengertian dari seminar kit itu sendiri. Jadi seminar kit adalah sebuah atau beberapa item barang yang dijadikan satu, di gabungkan dalam satu bundel atau paket (kit) dan di maksudkan sebagai souvenir atau bingkisan untuk diberikan kepada para peserta atau bisa juga sponsor yang sengaja di persiapkan oleh panitia kegiatan.

Pemberian bingkisan atau seminar kit ini kepada para peserta yang datang pun juga dengan tujuan sebagai kenang kenangan, tanda terimakasih atau bisa juga sekaligus dijadikan sebagai media promosi jangka panjang yang bisa di gunakan dalam kegiatan sehari hari. Maka dari itu dalam pemilihan barangnya, para panitia atau pihak penyelenggara umumnya akan memberikan identitas pengenal seperti logo dan memperhatikan dengan baik spesifikasi barangnya seusai dengan tips memilih seminar kit yang sudah di jelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Bila dilihat dari pengertiannya maka dapat disimpulkan bila seminar kit merupakan sebuah bingkisan yang terdiri dari satu atau beberapa item dengan fungsionalitas tinggi dan dapat di fungsikan sebagai fasilitas atau benefit tambahan berbentuk fisik yang dapat digunakan oleh para peserta seminar, baik selama berlangsungnya kegiatan seminar maupun setelah acara selesai dan seterusnya dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu pembagian seminar kit ini  bisa di lakukan saat awal acara maupun di akhir acara tergantung dari isinya sendiri.

Apa saja isi dari seminar kit?

seminar kit adalah

Setelah mengetahui pengertian dari seminar kit, tentu akan kurang rasanya bila tidak turut membahas terkait apa saja isi didalamnya yang terlihat begitu menarik dan beragam. Dan adapun isi dari bingkisan seminar tersebut umumnya terdiri dari barang barang berikut yang di antaranya:

1. Alat tulis

Untuk item pertama yang kerap kali dijumpai pada isi sebuah seminar kit adalah berupa beberapa bagian dari alat tulis kantor (ATK). Namun diantara banyaknya macam alat tulis yang ada, bolpoin atau pena merupakan yang paling umum dipilih dan biasanya dalam penggunaannya pihak penyelenggara akan menggunakan bolpoin yang di buat secara custom sehingga memiliki atribut lembaga atau perusahaan penyelenggara sebagai usaha untuk promosi jangka panjang.

2. Note book

seminar kit adalah

Selain beragam macam alat tulis, buku atau note book juga menjadi salah satu item yang paling banyak di sukai oleh para peserta dan tidak jarang keduanya dijadikan satu bundel lalu di buat dengan desain yang tampak serasi dengan atribut lembaga atau perusahaan terkait.

Biasanya untuk note book yang digunakan sendiri memiliki variasi ukuran antara A4, A5, atau bisa juga A6 dengan berbagai bentuk jilid mulai dari jilid ring hingga hard cover yang kuat juga rapi. Dan adanya note book serta alat tulis pada isi seminar kit tentu juga dapat dimanfaatkan oleh para peserta untuk mencatat poin penting selama berlangsungnya acara seminar.

3. Flashdisk

seminar kit adalah

Di era serba canggih saat ini, menjadikan flashdisk sebagai salah satu item untuk mengisi seminar kit merupakan pilihan yang tepat karena banyak diminati dan berfungsionalitas tinggi serta dapat membantu mempermudah pengguna dalam menyimpan data pekerjaan, dsb. Mengingat flashdisk sendiri adalah alat penyimpanan memori yang mudah dan praktis untuk digunakan.

Umumnya sebelum di bagikan pada para peserta, pihak penyelenggara akan mengisi flashdisk dengan dokumen atau materi lengkap terkait materi yang di berikan baik berupa teks, gambar, hingga video terlebih dahulu yang sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara bagi para peserta sehingga bisa di pelajari ulang kapan saja setelah acara seminar selesai.

4. Tumbler

Item fungsional lain yang juga banyak dipilih dan tidak ketinggalan menjadi favorit adalah tumbler, terlebih kini penggunaan barang ini pun juga tengah menjadi item yang populer dikalangan masyarakat mulai dari anak sekolah hingga para pekerja sekalipun.

Umumnya tumbler yang di pilih oleh pihak penyelenggara akan dibuat secara custom dengan tambahan adanya logo, nama lembaga atau perusahaan terkait yang memiliki tampilan simple serta warna netral. Dan dengan memilih tumbler sebagai bingkisan pun juga sekaligus membantu usaha mengurangi tindakan pencemaran lingkungan dengan cara mengurangi sampah botol minim plastik sekali pakai.

5. Sertifikat

Umumnya pada setiap kegiatan seminar para penyelenggara akan menyediakan bentuk apresiasi pada setiap peserta yang sudah mengikuti acara seminar dengan memberikan sebuah sertifikat, dan adanya sertifikat ini juga tentunya sangat dibutuhkan oleh para peserta sebagai bukti telah menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Oleh sebab itu biasanya dalam isi sebuah seminar kit juga akan di sertakan sertifikat didalamnya.

6. Tas

seminar kit adalah

Barang terakhir yang umumnya akan dijumpai pada sebuah seminar kit adalah tas, bukan berada di dalamnya namun lebih tepatnya tas akan menjadi wadah dari berbagai item seminar kit yang diberikan oleh pihak penyelenggara kepada para pesertanya.

Pemilihan model tas pun bisa beragam mulai dari goodie bag, tote bag, tas ransel, dsb yang dapat di sesuaikan berdasarkan kebutuhan, dan budget. Tas yang di gunakan pun juga tentu bukan tas polos saja, melainkan tas yang dapat di custom dengan model, warna, ukuran, hingga atribut yang menjadi identitas lembaga atau perusahaan penyelenggara seminar tersebut.

 

Mengingat tas sebagai wadah sekaligus wajah utama dari seminar kit sehingga membutuhkan tampilan baik dan dapat memberikan kesan yang bagus pula bagi penerimanya, tentu dalam pemilihan tas pun agaknya pihak penyelenggara juga tidak bisa sembarangan pilih. Dan baik dalam hal ini pun sebetulnya juga bukan hanya di dasarkan pada tampilan tas saja, melainkan juga kualitas dan mutu dari tas itu sendiri.

Oleh sebab itu, untuk bisa mendapatkan produk tas custom yang memenuhi standar tersebut, dibutuhkan adanya vendor tas terpercaya dan berpengalaman yang dapat di andalkan untuk mengerjakan segala kebutuhan tas custom tersebut. Dan salah satu pabrik tas custom yang dapat di jadikan sebagai vendor terpercaya tersebut adalah Karya Bintang Abadi yang sudah malang melintang dalam usaha tersebut selama lebih dari 10 tahun.

Ketenaran serta keberhasilan dari pabrik tas custom ini dalam menghandel segala kebutuhan tas customnya pun di buktikan dari banyaknya customer yang sudah mempercayakan kebutuhan tas customnya pada Karya Bintang Abadi, mulai dari perorangan hingga berbagai lembaga dan instansi pemerintahan dalam segala jenis acaranya. Beragam model tas yang kekinian dan up to date pun juga dapat di lihat pada katalog produk tas milik Karya Bintang Abadi yang selalu menjadi unggulan dan tidak pernah ketinggalan jaman.

Bukan hanya memberikan kepuasan pada para customer dengan menyediakan berbagai produk tas berkualitas saja, tetapi Karya Bintang Abadi juga selalu memastikan akan memberikan pelayanan terbaik dengan cara pemesanan mudah dan cepat baik secara online maupun offline yang didampingi langsung oleh customer service ramah dan sigap.

Dan itu dia beberapa pembahasan terkait seminar kit, mulai dari pengertian hingga apa saja isinya, beserta dengan tips memilih seminar kit yang benar sekaligus rekomendasi vendor tas seminar tepat yang dapat dijadikan sebagai referensi. Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik lainnya seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp