4 Perbedaan Kanvas dan Blacu! Mana Bahan Terbaik Untuk Tas

perbedaan kanvas dan blacu

bagikan artikel ini kepada teman

Pemakaian tas untuk berbagai jenis kegiatan sehari hari tentu membuat model dan bahan pembuatannya juga ikut beragam bukan? Ada beberapa bahan dengan tampilan dan kekuatan terbaik dapat menjadi pilihan, terutama untuk model tas yang difungsikan untuk membawa banyak barang dan diperuntukkan dalam mobilitas tinggi. Salah satu model tas sederhana dengan tampilan vintage juga casual namun memiliki nilai fungsionalitas tinggi dengan harga jual murah adalah tote bag. Dan umumnya terbuat menggunakan bahan sejenis kanvas atau blacu. Lalu apa yang menjadi perbedaan dari kedua jenis bahan tersebut?

Namun sebelum mulai membahas perbedaan dari kedua bahan pembuatan tote bag ini, bukan kah akan lebih baik bila kita sama sama memahami terlebih dahulu pengertian dari masing masing bahan tersebut. Karena bila dilihat dari segi tampilan, keduanya memang tidak memiliki perbedaan yang kentara. Dan berikut ini adalah penjelasan dari apa itu bahan kanvas maupun blacu:

Bahan Kanvas 

perbedaan kanvas dan blacu

Bahan kanvas merupakan bahan yang terbuat dari susunan katun atau linen dan beberapa jenis diantaranya mengandung bahan poliester. Dalam teknik pembuatannya bisa dibilang kanvas memiliki ciri khas, yaitu dengan menggunakan dua lapisan benang yang di pilin menjadi satu. Hal ini tentunya menjadikan bahan kanvas memiliki karakteristik tebal dan juga rapat, sehingga menghasilkan kekuatan bahan yang baik.

Kanvas sendiri sebetulnya sudah ada sejak lama dan pada awal kemunculannya difungsikan sebagai media lukis, namun seiring berjalannya waktu bahan kanvas mengalami perkembangan, baik dalam segi penggunaan maupun komponen bahan pembuatannya. Dari yang awalnya digunakan untuk melukis, kini banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan tas, sepatu, hingga pakaian.

Penggunaan bahan kanvas untuk berbagai produk pun juga disesuaikan dengan jenisnya, mengingat kanvas memang hadir dengan beberapa jenis yang dapat dibedakan dari karakteristik bahannya, seperti berikut ini:

  1. Baby Kanvas: Merupakan kain kanvas yang lembut dan memiliki fleksibilitas baik. Cocok dan nyaman digunakan untuk membuat tas maupun pakaian
  2. Kanvas Ripstop: Memiliki ciri khas pola kotak kotak dan bahan yang ringan karena tidak begitu tebal
  3. Kanvas Sueding: Memiliki lapisan berbulu dan paling berbeda dari jenis kanvas lainnya. Dengan ciri khasnya tersebut menjadikan tekstur dari kanvas ini terasa lembut dan memberikan kesan lebih tipis padahal dengan ketebalan yang sama.
  4. Kanvas Marsoto:Dibandingkan jenis kanvas sebelumnya, jenis ini memang dibandrol dengan harga lebih mahal. Teksturnya juga halus juga lembut. Namun tetap kuat dan tidak mudah sobek.
  5. Kanvas PE: Kanvas jenis ini adalah yang paling umum digunakan sebagai bahan tas karena daya tahan dan kekuatannya yang terbaik, hal ini dikarenakan bahan pembuatannya yang dicampur menggunakan poliester.

Bahan Blacu 

perbedaan kanvas dan blacu

Bahan balcu merupakan bahan kain yang masih mentah atau kain greige yang berarti belum melalui proses finishing. Hal ini lah yang membuat bahan ini memiliki tampilan terkesan kusam dengan warna putih kecokelatan. Sebetulnya ada juga kain blacu yang berwarna putih bersih, namun biasanya warna putih yang dihasilkan tersebut di dapat dari proses pemutihan menggunakan cairan pemutih untuk bahan kain.

Bahan ini umumnya terbuat dari bahan katun, namun ada juga yang terbuat menggunakan gabungan komponen lain seperti rayon dan juga poliester. Berbeda dari bahan kanvas yang proses pembuatannya menggunakan dua lapisan benang sehingga lebih tebal, bahan blacu ini justru memiliki bahan dengan ketebalan yang cenderung tipis dengan jangka serat yang lebar. Tetapi seperti halnya dengan bahan kanvas, bahan ini juga dilengkapi dengan beberapa jenis, yang dibedakan dari spesifikasinya, seperti berikut ini:

  1. Blacu PE: Sama seperti Kanvas PE, blacu PE juga terbuat dari kombinasi bahan poliester dengan katun. Untuk blacu PE sendiri terdapat dua jenis yaitu natural dengan warna khas putih tulang dan satu lagi blacu putih.
  2. Blacu Twill: Bahan blacu ini merupakan bahan setengah matang atau grey. Memiliki serat miring dan cukup kuat untuk digunakan sebagai bahan pembuatan tas, maupun sepatu.
  3. Blacu Kanvas: Memiliki beberapa jenis OZ sebagai ukuran kekakuan suatu bahan. Untuk blacu kanvas sendiri juga termasuk setengah matang dengan ukuran 10 Oz dan 14 Oz sebagai bahan blacu premium.
  4. Blacu Katun Paris: Memiliki ciri khas permukaan yang kasar dan memiliki ketebalan tipis. Jenis bahan blacu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan produk dengan kesan vinntage.
  5. Blacu Katun Tebal: Memiliki ketebalan lebih baik bila dibanding dengan jenis blacu lainnya. Penggunaan bahan ini juga sering di peruntukan membuat goodie bag.

4 Perbedaan Kanvas dan Blacu! Mana Bahan Terbaik Untuk Tas

Dari sekian banyaknya jenis bahan untuk pembuatan tas, kedua bahan ini rasanya sama sama memiliki popularitasnya masing masing bukan? Bila dilihat dari segi tampilan saja, baik kanvas maupun blacu terlihat mirip dan tidak nampak perbedaannya terlebih bila tidak disentuh secara langsung. Kerap dipilih menjadi bahan pembuatan tas dengan model tote bag, nyatanya kedua bahan ini memiliki beberapa perbedaan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan, sebagai berikut ini:

1. Ketebalan bahan

Perbandingan pertama yang terlihat dari ke dua jenis bahan ini terletak pada ketebalan bahannya. Dan untuk hal ini bahan kanvas memiliki nilai lebih unggul dibandingkan dengan bahan blacu. Pada umumnya kanvas dibuat menggunakan teknik benang dua lapis atau bisa juga dengan dua benang yang di pilin menjadi satu dan membuat bobot bahannya sedikit lebih berat serta memberikan ketebalan secara rata pada seluruh permukaannya.

Lain halnya dengan blacu yang bisa dibilang merupakan salah satu bahan dengan kualitas rendah. Terbuat dari bahan kapas yang dipintal hingga menjadi benang lalu ditenun tanpa menggunakan teknik dua lapis benang menjadikan blacu memiliki ketebalan yang lebih tipis bila dibandingkan dengan kanvas. Namun dengan ketebalan yang cenderung tipis, menjadikan bahan blacu lebih fleksible untuk di bentuk menjadi satu produk.

2. Serat dan tekstur bahan

Perbedaan kanvas dan blacu selanjutnya yang mudah terlihat adalah pada serta bahan dan tekstur yang dihasilkan oleh masing masing bahan ini. Bila membahas serat bahan yang dimiliki, kanvas memiliki serat yang lebih rapat dan rapi, hal ini bisa juga karena dipengaruhi oleh faktor jenis benang yang digunakan pada proses tenun.

Sedangkan untuk bahan blacu sendiri serat yang dimiliki cenderung lebih lebar bahkan karena renggangnya serat pada bahan ini menjadikan kesan menerawang pada blacu. Namun meskipun renggang, untuk pola serat pada bahan ini tetap ditenun dengan rapi sehingga tetap kuat saat digunakan.

Selanjutnya untuk tekstur, dalam hal ini sebetulnya bisa dibilang tekstur yang dimiliki oleh suatu bahan tergantung dari seberapa rapat dan rapi serat dari bahan tersebut. Pada bahan kanvas tentu akan ditemui tekstur yang lebih halus bila dibandingkan dengan blacu, mengingat cara pembuatan yang dilakukan menghasilkan serat bahan rapat dan juga teratur. Berbeda dengan bahan blacu yang serat bahannya lebih renggang, sehingga menghasilkan tekstur lebih kasar.

3. Ketahanan

Ketahanan dari kedua jenis bahan ini juga dapat menjadi perbedaan kanvas dan blacu  selanjutnya. Seperti kita ketahui bila kanvas merupakan jenis bahan yang terbuat dari linen, katun dan campuran poliester sebagai komponen bahan kuat. Bila di lihat dari bahan bahan pembentuknya maka dapat disimpulkan bila kanvas memiliki ketahanan serta kekuatan lebih baik.

Bahkan ada beberapa jenis kanvas yang di gadang gadang memiliki ketahanan hampir sama baiknya dengan bahan denim yang dikenal awet juga kuat. Hal ini juga menjadi dasar bahan kanvas kerap dijadikan berbagai produk dengan fungsionalitas tinggi contohnya seperti tas.

Itu untuk ketahanan dari bahan kanvas, namun lain halnya dengan bahan blacu. Seperti sudah disinggung pada beberapa perbedaan diatas, dengan karakteristik dan juga bahan pembuatannya, maka bisa diartikan bila secara ketahanan juga kekuatan blacu jelas berada di bawah kanvas. Namun meskipun begitu tidak sedikit juga produk yang dibuat dengan bahan ini, salah satunya tas dengan model tote bag.

4. Harga

Mengingat dari karakteristik yang di miliki kedua bahan tersebut, rasanya sudah bisa ditebak bukan bahan mana yang memiliki harga lebih mahal. Bila diingat kembali dari segi kualitas dan tampilan bahan tentu jawabannya bahan kanvas memiliki harga lebih mahal bila dibandingkan dengan blacu.

Untuk bahan kanvas sendiri dapat dibandrol kurang lebih dari harga 17 ribuan tergantung dari jenis yang dipilih. Sedangkan untuk harga bahan blacu sendiri kurang lebih mulai dari harga 13 ribuan dan tergantung juga dari jenis bahan blacu. Mengingat berbeda jenis maka akan berbeda pula harga yang didapatkan

Itu dia 4 perbedaan kanvas dan blacu yang dapat anda simak terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Sebetulnya kedua bahan ini memiliki harga jual yang tidak begitu jauh berbeda, dari segi tampilan pun juga baik kanvas maupun blacu tidak memiliki perbedaan yang terlihat signifikan. Sama sama memiliki warna putih gading yang menjadikan kedua bahan ini banyak dipilih untuk menghasilkan produk dengan kesan vintage atau calssic yang kental.

 

Tote bag memang menjadi salah satu model tas yang erat berkaitan dengan bahan kanvas maupun blacu. Selain karena dirasa memiliki bentuk sederhana dan praktis digunakan, faktor lain yang mempengaruhi tas model ini banyak digandrungi juga karena harga yang terbilang murah bila dibandingkan dengan tas model lain. Dengan fakta tersebut tentu tidak heran bila menjadikan tote bag banyak dipilih untuk dijadikan sebagai media promosi, souvenir,dsb.

Meskipun terlihat sederhana dan simple, namun dalam proses pembuatannya untuk menghasilkan produk berkualitas dengan ketahanan serta tampilan baik tentu di perlukan adanya kehati hatian juga ketelitian. Dalam hal ini, untuk menjamin kualitas serta mutu dari tas tersebut, ada baiknya memilih merk tas atau bahkan pabrik tas custom yang berpengalaman dan juga terpercaya. Terlebih apabila tote bag tersebut akan digunakan sebagai media promosi sebuah usaha guna meningkatkan brand awareness.

Dari sekian banyaknya pabrik tas custom yang menawarkan jasanya, Karya Bintang Abadi menjadi salah satu pabrik tas terbaik yang dapat diandalkan. Karena bukan hanya berpengalaman saja dengan usianya yang sudah lebih dari 10 tahun, namun juga sudah dipercaya oleh banyak client dari seluruh wilayah di Indonesia. Memiliki banyak pilihan model tas dengan desain menarik juga trendi atau dapat dicustom sesuai dengan keinginan dari client.

Selain itu yang menjadikan pabrik tas custom ini semakin kuat dan dikenal, juga karena kualitas produknya yang tidak main main. Selalu memperhatikan material bahan pembuatan dan kondisi produk pesanan dengan melakukan quality control serta mempekerjakan tenaga ahli berkompeten yang selalu mengerjakan pesanan tas secara detail juga teliti.

Adapun pemesanan tas yang mudah dan cepat baik secara online maupun offline, dengan bantuan customer service ramah untuk menjelaskan terkait detail produk, alur pemesanan hingga saat melakukan pemesanan. Proses pengerjaan yang dibutuhkan Karya Bintang Abadi untuk menyelesaikan pemesanan tas anda juga tidaklah lama, kurang lebih sekitar 14 hari atau tergantung dari jumlah pesanan juga kerumitan model tas.

Memiliki minimal pemesanan sebanyak 50 pcs, dengan harga bersaing bahkan akan semakin terjangkau apabila anda melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Untuk proses pengiriman, sebagai client anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memastikan pesanan tas anda sampai dengan keadaan aman dengan jasa ekspedisi terpercaya. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi customer service untuk melakukan pemesanan tas pada Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom andalan dan terpercaya.

Terimakasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami.  Pastikan untuk share pada orang terdekat anda agar selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel menarik lainnya!

 

 

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!