fbpx

Perbedaan Simposium dan Seminar Yang Nggak Diketahui Selama Ini!

perbedaan simposium dan seminar

bagikan artikel ini kepada teman

Pembahasan terkait perbedaan simposium dan seminar agaknya memang menjadi suatu hal yang menarik untuk di bincangkan. Namun sebelum itu, mengingat keduanya merupakan dua jenis kegiatan yang penyelenggaraannya sendiri cukup umum di jumpai di Indonesia, khususnya seminar tentu akan semakin menarik bukan bila kita juga menyertakan hal informatif lainnya terkait gelaran kedua acara tersebut, misalnya seperti hal hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan acara simposium atau seminar tersebut.

Terlebih pada dasarnya meskipun merupakan dua hal berbeda, namun bisa dibilang bila keduanya memiliki ciri atau karakteristik nyaris serupa yaitu sebagai sebuah kegiatan berkumpul yang memiliki peserta juga sesuatu untuk dibahas didalamnya. Oleh sebab itu, dalam persiapannya pun umumnya baik simposium maupun seminar sendiri juga tidak memiliki terlalu banyak perbedaan. Dan adapun hal hal yang harus diperhatikan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan topik yang akan dibawakan 

Baik simposium maupun seminar, keduanya memiliki syarat wajib dan utama untuk dipenuhi terlebih dahulu sebelum penyelenggarannya, yaitu adalah adanya topik atau tema pembahasan dimana hal ini akan menjadi kunci utama berjalannya kedua jenis kegiatan ini. Karena tentu tidaklah mungkin simposium dan seminar akan berjalan bila tidak adanya topik dan tema pembahasan yang jelas, mengingat tujuan pengadaan dari kedua acara ini adalah satu untuk berdiskusi tentang suatu ide gagasan dan satu lagi sebagai wadah untuk berbagi ilmu terkait suatu materi pengajaran.

2. Menentukan serta memastikan tempat, waktu dan peserta 

Selain menentukan topik yang akan diangkat, adapun hal lain yang juga menjadi suatu hal wajib juga penting untuk diperhatikan adalah adanya tempat dan waktu penyelenggaraan yang jelas juga jenis peserta sesuai dengan ketentuan. Dimana dalam hal ini ketiga hal tersebut merupakan komponen pendukung keberlangsungan acara simposium dan seminar. Oleh sebab itu, sebaiknya tetapkan tanggal juga tempat pelaksanaan sebaik mungkin.

Begitu pula dengan jenis pesertanya, pastikan bila untuk simposium para peserta berasal dari kalangan yang memang memiliki expert dalam bidangnya, sedangkan untuk seminar pastikan bila para peserta merupakan orang yang memang tertarik untuk menambah ilmu juga pengetahuan terkait materi yang di bincangkan.

3. Mempersiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan 

Agar sebuah acara simposium maupun seminar dapat berjalan dengan baik serta lancar, pastikan bila segala jenis fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan berlangsungnya acara sudah dipersiapkan sebaik mungkin. Dalam hal ini fasilitas yang dimaksud sendiri bisa meliputi tempat pelaksanaan yang nyaman, tersedianya meja juga kursi, lengkapnya alat peraga serta publikasi yang memadai, hingga bingkisan sebagai kenang kenangan yang dirasa memiliki tampilan pantas namun tetap fungsional.

Nah, itulah dia beberapa hal wajib yang perlu diperhatikan serta di persiapkan terlebih dahulu sebelum mulai menyelenggarakan acara simposium atau seminar. Namun sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, bila baik simposium maupun seminar sebetulnya merupakan dua jenis kegiatan yang berbeda meskipun tampak mirip, dan adapun perbedaan diantara keduanya yang mungkin hingga kini masih jarang diketahui adalah sebagai berikut:

Perbedaan Simposium dan Seminar Yang Nggak Diketahui Selama Ini!

Secara garis besar bisa dikatakan bila antara simposium dan seminar memang sama sama memiliki pengertian berupa sebuah acara atau kegiatan yang diselenggarakan untuk mempertemukan banyak orang dalam suatu ruangan dengan tujuan untuk membahas tentang suatu hal. Oleh sebab itu, agaknya wajar saja bila tidak sedikit orang menganggap bila simposium merupakan sebuah istilah atau bentuk penyebutan lain dari seminar. Padahal, sebetulnya baik simposium atau seminar sendiri nyatanya merupakan dua hal yang berbeda.

Meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membantu meningkatkan pengetahuan sekaligus juga sebagai wadah memperluas jaringan. Namun tetap saja antara simposium dan seminar merupakan dua jenis kegiatan yang didalamnya memiliki beberapa perbedaan, dimana mungkin perbedaan perbedaan tersebut bisa dibilang masih belum banyak di ketahui selama ini. Dan bagi anda yang merasa penasaran dengan apa saja perbedaan simposium dan seminar tersebut, ada baiknya untuk menyimak ulasan singkat berikut ini:

1. Pengertian

Simposium

perbedaan simposium dan seminar

Untuk dapat memahami dengan baik terkait perbedaan simposium dan seminar, maka hal pertama yang setidaknya perlu untuk disimak terlebih dahulu adalah bagian pengertian dari simposium dan seminar itu sendiri. Dimana dalam hal ini untuk simposium sebenarnya dapat diartikan sebagai sebuah pertemuan yang sengaja di selenggarakan dan akan dihadiri serta berisikan sejumlah ahli atau pakar dari bidang tertentu untuk membahas suatu topik khusus dalam bentuk diskusi terbuka. Sehingga dapat disimpulkan bila sebetulnya simposium merupakan jenis kegiatan yang berkaitan dengan diskusi atau perdebatan atas sebuah pembahasan ide.

Seminar 

perbedaan simposium dan seminar

Sedangkan untuk seminar sendiri dapat diartikan sebagai salah satu bentuk pertemuan yang bersifat akademik, dimana dalam penyelenggaraannya umumnya akan diadakan secara rutin dan di pimpin oleh seorang ahli dalam suatu bidang yang memiliki pengalaman mempuni untuk dibagikan atau diberitahukan kepada para peserta seminar. Umumnya sebuah acara seminar dapat diselenggarakan oleh beragam pihak, baik mulai dari instansi pendidikan, perusahaan, dsb, dimana pesertanya pun dapat berasal dari berbagai kalangan. Jadi dapat disimpulkan bila seminar lebih mengarah pada kegiatan pengajaran atau berbagai ilmu, bukan diskusi seperti simposium.

2. Tujuan acara dan materi yang dibahas

Simposium 

Melalui pengertian yang sudah dijabarkan di atas, tentu dapat di ketahui bukan bila kedua jenis acara tersebut sebetulnya memiliki tujuan acara serta materi pembahasan yang berbeda. Mengingat baik simposium dan seminar sendiri juga umumnya di hadiri oleh dua jenis peserta yang berasal dari kalangan berbeda. Dimana untuk simposium sendiri pada dasarnya memiliki tujuan acara berupa untuk memecahkan atau menguraikan suatu masalah, ide, gagasan maupun teori. Oleh sebab itu, bisanya dalam sebuah simposium materi pembahasan pun akan bersifat jauh berat dan khusus serta perlu melibatkan para ahli di bidangnya untuk presentasi juga berdiskusi.

Seminar 

Namun lain halnya bila kita membahas tentang seminar, dimana dalam hal ini untuk seminar sendiri umumnya memiliki tujuan pengadaan yang lebih sederhana ketimbang simposium, yaitu sebagai sebuah wadah untuk membagikan pengalaman, ilmu, pengetahuan, trik dan tips dari seorang ahli yang berperan sebagai pembicara atau pengajar kepada seluruh orang yang menjadi peserta dalam sebuah acara seminar. Materi pembahasan yang diangkat pun biasanya juga terkait hal umum, contohnya seperti tentang bisnis, pendidikan, atau pengembangan diri. Oleh sebab itu secara keseluruhan sebuah acara seminar akan terlihat seperti ajang untuk belajar juga sharing.

3. Tata cara

Simposium 

Untuk perbedaan simposium dan seminar terakhir yang agaknya juga belum banyak diketahui adalah terkait tata cara dari simposium dan seminar. Dimana untuk simposium sendiri yang didalamnya berisikan para ahli atau pakar bidang tertentu biasanya akan memiliki cara kerja berupa sebuah diskusi panel atau diskusi yang berjalan dua arah dengan adanya pihak pembicara juga penyanggah untuk dapat menyimpulkan serta menemukan sebuah kesepakatan.

Selain itu, umumnya sebuah acara simposium juga akan dihadiri oleh lebih sedikit orang, dimana rata rata hanya memiliki 4 hingga 6 peserta saja. Sedangkan pada akhir masa diskusi biasanya para peserta simposium bukan hanya akan mendapatkan gagasan dan kesepakatan baru saja, melainkan juga akan diberikan sesuatu untuk dijadikan sebagai sebuah kenang kenangan berupa souvenir atau bingkisan dengan nilai tertentu.

Seminar 

Sedangkan untuk tata cara dalam sebuah seminar sendiri, seperti sudah disinggung dalam poin sebelumnya, dimana pada sebuah acara seminar umumnya akan dipimpin oleh seorang ahli yang berperan sebagai pembicara dan dihadiri oleh banyak orang dari berbagai kalangan sebagai peserta atau penerima materi dan bahan ajar. Oleh sebab itu, dalam seminar dapat disimpulkan bila tata caranya akan lebih banyak kepada komunikasi satu arah, dimana sang pembicara akan memberikan ilmu, sedangkan para peserta akan mendengarkan serta menerima ilmu tersebut.

Dan hampir serupa dengan simposium, dimana para pihak yang telah terlibat dalam sebuah acara seminar pun umumnya juga akan mendapatkan sesuatu untuk dijadikan sebagai bentuk ucapan terimakasih, apresiasi sekaligus kenang kenangan. Yang diantaranya berupa ucapan terimakasih, salam tempel, serta bingkisan untuk pihak pembicara dan sertifikat serta seminar kit untuk para pesertanya yang umumnya berisikan jenis barang fungsional.

Nah, itu dia beberapa perbedaan simposium dan seminar yang agaknya masih belum banyak diketahui selama ini. Dan dari sedikit ulasan tersebut, tentu diharapkan kedepannya anda dapat menjadi lebih mudah untuk mengetahui serta memahami perbedaan dari kedua jenis kegiatan berkumpul tersebut. Sehingga nantinya bila anda ingin membuat acara, baik simposium maupun seminar, anda dapat mempersiapkannya dengan baik dan tepat, tidak terkecuali dalam hal jenis bingkisan atau seminar kit yang dibutuhkan.

Dimana dalam persiapannya tentu dibutuhkan adanya sebuah barang fungsional yang dirasa tepat untuk dijadikan sebagai bingkisan simposium maupun seminar kit, namun tetap memiliki ciri khas khusus sehingga tujuan dari pengadaan barang tersebut sebagai ucapan terimakasih sekaligus kenang kenangan dapat terwujud secara maksimal. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, agaknya akan baik bagi anda untuk mempercayakan kebutuhan tersebut pada sebuah jasa pembuatan tas custom seperti Karya Bintang Abadi.

Mengingat tas sendiri merupakan salah satu barang dengan peran penting yang berfungsionalitas tinggi, sehingga akan sangat memuaskan rasanya bila di combain dengan model, desain, serta atribut yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan pihak penyelenggara. Yang mana bila anda mempercayakan kebutuhan tas tersebut pada Karya Bintang Abadi, dijamin bila seluruh tas pesanan anda akan memiliki detail tampilan terbaik, kualitas, mutu dan kuantitas terjamin, waktu pengerjaan cepat, serta harga affordable.

Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas guna segala keperluan komersil. Karena di Karya Bintang Abadi anda juga dijamin bukan hanya akan mendapatkan tas dengan mutu unggul saja, melainkan juga pelayanan terbaik, berupa proses pemesanan aman juga cara pemesanan cepat dan aman yang dibantu oleh para customer service ramah juga sigap, baik secara online maupun offline.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik serta up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

model tas bulan Maret
Informasi

10 Model Tas Trendy di Bulan Maret 2024

Sejak dahulu, bisa dibilang jika perkembangan yang terjadi dalam dunia mode memang lah sangat pesat. Dimana, diantara banyaknya jenis barang fashion yang diketahui selalu mengalami

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp